M3858 – Nahum 1:7-15. Allah Yang Seimbang.

Seimbang.

Seringkali orang2 membayangkan Allah itu hanya setengah yaitu kebaikan, kemurahan dan kasihNya. Itu betul tetapi baru setengah. Sebab Allah itu seimbang, murah, tetapi juga keras Rom 11:22; keras bagi mereka yang jatuh dalam dosa dan murah bagi yang tetap tinggal dalam kemurahanNya. Keras bagi yang jatuh, atau lebih jelas, keras bagi yang tidak mau bertobat tetapi terus berkanjang dalam dosa. Mengapa? Sebab orang yang sudah percaya pada Tuhan itu sudah lahir baru dan pasti bisa hidup dalam kesucian, merdeka dari dosa, sebab sudah diampuni, dimerdekakan oleh Tuhan Yesus Yoh 8:36 dan keadaannya sudah berubah menjadi seperti Kristus, yaitu menjadi orang baru yang bisa hidup dalam kesucian! Orang lama, anak2 iblis tidak bisa hidup dalam kesucian, sebab orang lama itu hamba dosa, dikuasai hukum dosa dan hukum maut (lihat buku hukum dosa dan maut). Tetapi orang baru pasti bisa, kalau tidak bisa itu sebab tidak mau, sebab kalau mau pasti bisa, karena Firman Tuhan tidak pernah keliru atau gagal, pasti jadi (cerita: cara menangkap monyet). Kepadanya berlaku kekerasan Allah (Allah memusuhi, melawannya se-olah2 Allah itu baginya terlalu keras sebab ia hidup dalam dosa) sehingga jadi binasa kecuali bertobat. Tetapi bagi orang yang mau bertobat, mau hidup suci dan melakukan kehendak Allah, bagi orang ini berlaku hukum kemurahan yang makin ber-tambah2. Baginya Allah terus murah hati, untung, senang, diberkati terus jasmani rohani, selalu limpah dengan kemurahan Allah.

Allah memerintahkan untuk mengatakan berkat dari Gerisim dan kutuk dari Ebal Ul 27:12-26; 28:1-9. Sebab itu Tuhan juga membuat Surga dan Neraka. Karena manusia itu mahluk bebas, bisa memilih nasibnya dari dirinya sendiri. Yang percaya dan taat akan Tuhan akan diberkati Tuhan di dunia sampai dalam Surga. Yang tidak mau percaya Tuhan, tetap hidup dalam dosa2nya, akan mendapat Neraka di dunia dan di dalam alam berzakh. Jangan hanya pegang setengah kebenaran dan takutlah akan Allah yang adil dan baik.

NAH 1:7a. TUHAN ITU BAIK, TEMPAT PERLINDUNGAN PADA HARI KESUKARAN.

Allah jauh lebih baik daripada orang atau mahluk yang paling baik. Kita akan mengalaminya dan menjadi bahagia kalau percaya dan taat akan hukum2Nya Luk 11:28. Tetapi orang yang berdosa, melawan Allah, itu berartisepakat dengan iblis dan di pihak iblis, sebab hanya ada 2 pihak. Hukuman pasti jatuh sebab Allah adil tetapi Ia tetap murah kalau orang itu mau bertobat, sekalipun baru pada jam yangterakhir seperti penjahat yang di salib Luk 23:43, ini seperti orang menerusi api 1Kor 3:15. Tetapi kalau berdosa dan tidak mau bertobat sampai terakhir seperti iblis, jangan harap ada kemurahan, hanya kekerasan dan binasa.

Allah adil. Untuk orang berdosa, anak2 iblis,sudah ada hukumannya. Untuk orang beriman yang undur seperti Lot, Saul, Salomo, Allah itu cemburu sebab cinta. Cemburu yang adil, bukan seperti manusia yang seringkali menuruti perasaan hati dan kecurigaannya, sehingga biasanya ber-lebih2; Dia tidak marah ngawur, tetapi dengan benar dan adil, sebab itu jangan main2. Sebab cinta, Dia cemburu pada umatNya yang sudah jadi anakNya, tetapi kalau berdosa dan tidak mau bertobat, Allah cemburu dan membalas. Tetapi kalau kita mengasihi Dia dalam kesucian, pasti hidup ini menjadi indah, jadi istri atau mempelai Kristus, Allah yang maha besar dan maha kuasa, itu luar biasa indah dan senang.

NAH 1:7b. DAN IA MENGENAL ORANG2 YANG BERHARAP KEPADANYA.

Kalau seorang harap Tuhan dengan sungguh2, ia menyucikan dirinya 1Yoh 3:2 dan selalu mentaati FirmanNya, sebab harap Tuhan, selalu mau memperkenankanNya. Maka Tuhan akan menyatakan kebaikanNya yang luar biasa kepadanya. Kebaikan Tuhan itu luar biasa. Kebaikan orangtua kepada anak, itu sudah sangat besar, apalagi kebaikan Allah yang jauh lebih baik daripada orangtua yang terbaik.

Kalau Allah tidak adil, hanya murah, maka semua yang di dunia, di Gereja, termasuk Surga juga rusak Yes 26:10. Sebab manusia itu mahluk bebas (bisa jadi seperti Allah, bisa jadi seperti iblis, maka selalu ada yang cinta dan taat pada Allah dan ada yang melawan dan menjadi seperti iblis yang mau membunuh dan menghancurkan). Sebab itu Allah adil dan murah, maka dimana ada Tuhan, ada sejahtera, damai dan sukacita, sebab yang jahat dihukum dan yang benar dapat kemurahanNya.

Dalam dunia sekarang, semua masih tercampur ber-sama2, satu kali akan terpisah dan masuk dalam kekekalan di Surga yang penuh dengan kesukaan dan di neraka di mana asap siksanya naik ke atas se-lama2nya.

Percayalah akan Allah dan takutlah, maka kita akan masuk dalam kesukaan yang besar dan kekal, sejak di dunia sekarang Ef 2:6.

NAH 1:8-12a. HUKUMAN DAHSYAT BAGI YANG MELAWAN ALLAH.

Ayat 8. Tetapi dengan air bah yang meliputi, ia akan mengakhiri (mereka) sama sekali dari tempatnya dan kegelapan akan mengejar musuhNya.

Mereka diakhiri sama sekali. Memang ada orang jahat yang hidup panjang (Saul memerintah selama 40 tahun, sama dengan Daud) tetapi tetap ada perhitungan Allah yang adil. Permulaan Saul amat indah, Samuel (lebih2 Tuhan) bercintakan Saul, mengharapkan pertobatannya. Ia sudah diberi kesempatan maksimal, sudah ditambah, tetapi tetap keras hati sehingga akhirnya binasa 1Sam 15:35. Hidup Saul penuh kegelapan dan kepahitan karena dosa2nya, sampai2 mereka mencari orang untuk menghibur raja 1Sam 16:14-17. Ini aneh, raja cari penghiburan. Sebab hidup dalam dosa melawan Allah, maka Tuhan akan mengakhirinya dalam hukuman dosanya.

Salomo yang hidup dalam dosa, hatinya kosong, menciptakan sendiri rekreasi dan anggurnya Pkh 2:1-11. Ada 37 kata sia2 dalam Pengkhotbah, dan kesimpulan dari semua kesukaan dosa adalah sia2 (ayat 11) dan tertawa itu gila (ayat 2). Ini orang yang diakhiri Tuhan dengan kegelapan yang mengejarnya.

Jangan percaya kesukaan dosa, itu siasat dan rayuan iblis seperti kepadaHawa, hasilnya hanya air mata dan kepahitan sepanjang umur hidupnya.

Adam dan Hawa shock dan putus asa,  tidak berkutik dan tidak ada ceritanya, meskipun hidup 930 tahun, tidak ada buahnya. Adam dan Hawa masih hidup sampai bapaknya Nuh, tetapi tidak tampak hasil2 perjuangannya, dengan kata lain gagalmencegah dosa dan kejahatan dalam anak cucu turunannya.

Ayat 9: Apakah yang engkau bayangkan untuk melawan Tuhan. Ia akan mengakhiri sama sekali, penderitaan tidak akan muncul kedua kalinya.

Jangan pakai kesempatan hidup ini untuk yang sia2 yaitu yang melawan Tuhan. Segala usaha melawan Tuhan itu sia2, hanya melelahkan tubuh dan jiwanya saja. Lakukanlah hal2 yang berkenan pada Tuhan, bukan hal2 yang melawan FirmanNya, sia2, celaka dan pahit! Kalau mau bertobat, Tuhan ampuni seperti Niniwe (meskipun bukan umat Tuhan); tetapi kalau terus melawan Tuhan, akhirnya dibinasakan Tuhan, dan tidak akan ada kesempatan lagi, hancur habis dalam neraka. Kalau masih mau bertobat, Tuhan memberi kesempatan, tetapi kalau hatinya keras, apalagi sudah sempurna dalam dosa, tidak bisa dan tidak mau bertobat dan juga tidak ada ampun lagi. Satu kali hukuman Allah sudah jatuh, habislah ia untuk se-lama2nya, tidak perlu dihukum bolak balik, dahsyat, binasa kekal dalam Neraka.

Orang yang keras hati, terus menerus berdosa, tidak mau bertobat, akan meningkat sampai sempurna dosanya dan tidak lagi mau bertobat. Ini yang dicari iblis. Jangan keras hati, itu membuat dosa tumbuh dengan cepat. Hari ini kalau sudah tahu, sadar, langsung bertobat Ibr 3:15.

Ayat 10. Karena ketika mereka terjerat ber-sama2 (mbulet) seperti duri dan ketika mereka mabuk seperti pemabuk, mereka akan dimakan habis seperti jerami yang sangat kering.

Seperti domba Abraham, Ishak yang tidak bisa lepas karena mbulet dalam semak duri. Kej 22:13. Itulah hidup yang keras hati dalam dosa;orang seperti ini sudah masuk jerat setan seperti Lot, Saul dll. Mula2 ada sukacita dosa yang sesaat. Ams 14:12-13, Ibr 11:25, tetapi penuh dengan kepahitan dan sakit hati yang mengikat mereka, terjerat, mbulet seperti domba dalam belukar duri, betul2 celaka. Lihat orang yang kena narkotik, roh dan tubuhnya hancur, jiwanya pahit melulu dan terjerat penuh dengan duri2 kepahitan sampai dalam jiwanya. Juga HIV, juga teror, juga judi, juga LGBT dll perkara dunia, semua pahit, mbulet dan penuh duri dalam jerat iblis, celaka kekalKelihatannya duduk senang2, tetapi hatinya menderita dan pahit. Jangan hidup sia2 seperti Salomo, Yerobeam, Yudas, Lot dll seperti pemabuk yang telanjang. Misalnya Nuh, sayang, dari puncak yang indah, tertipu anggur dunia sampai jatuh dalam kemabukan dan telanjang dari kesuciannya. Hidupnya jadi sia2, meskipun masih selamat, tetapi kosong. Lot tidak selamat, juga Yudas, Saul, Yerobeam, Achab, Izebel dll, mereka dibakar habis seperti jerami.

Ayat 11. Dan ada seorang keluar daripadamu, yang membayangkan kejahatan melawan Tuhan, seorang penasehat yang jahat (Belial).

Kalau seorang tidak mau keluar dari cengkraman setan, ia justru dipakai setan jadi penasehat Belial, jahat, keji bahkan seperti iblis sendiri! Orang2 seperti ini akhirnya menjadi Antikris, mula2 rasul tetapi mendua cinta uang dan dosa lain, akhirnya jadi pengkhianat dan penasehat keji, perbuatannya sangat hina seperti iblis, pembunuh2 yang kejam dan keji, menjatuhkan banyak orang lain dalam dosa dan kekacauan. Ams 16:29.

Ini sudah terjadi ber-kali2 dari zaman dahulu (zaman Nuh, zaman Lot, zaman Niniwe) dan juga pada akhir zaman ini! Dosa kejahatan dan kekejian akan meningkat luar biasa. Terorisme itu jahat sekali, menjadi penasehat2 Belial, sangat jahat dan mendidik orang lain jadi sama jahatnya seperti dia dan banyak yang tertipu terseret olehnya. Jangan main2! Yang tidak punya pendirian, ikut2an, suam, plin plan, akan terseret dalam arus yang keji. Bertobatlah sungguh2, penuh dan dipimpin Roh terus, punya pondasi Firman Tuhan yang teguh dan limpah dengan 7 KPR. Kalau tidak mau akan diseret oleh segala macam kekejian yang memuncak sampai seperti iblis, dalam akhir zaman dan dipimpin oleh Antikris.

12.a. Demikianlah Firman Tuhan, meskipun mereka tenang dan banyak, tetapi mereka akan dipotong sampai jatuh, ketika Ia melewati(nya).

Ternyata mereka itu banyak dan tenang, se-olah2 menang, luar biasa. Memang kejahatan menang di mana2, itu sudah diketahui Tuhan lebih dahulu (sudah dinubuatkan, itu bukan berarti dibuat oleh Tuhan, tetapi Tuhan tahu lebih dahulu). Orang2 dunia akan ke-heran2an dan dahsyat, tetapi kita akan tetap menang sesuai dengan nubuat ini. Kita harus punya pendirian, pengertian dan kuasa, yaitu kalau kita selalu penuh dan dipimpin Roh. Ini harus tumbuh dalam hidup kita mulai sekarang, sebab yang main2, kosong, plin plan akan terseret ikut arus dosa (yang akan menjadi pengikut Antikris!). Mereka yang terus meningkat dalam kesucian akan mengalami kemenangan yang luar biasa dengan Tuhan, sebab itu bertekunlah berdoa dalam Roh dan kebenaran sehinggapenuh dengan kuasa Allah, pasti menang, Tuhan yang di dalam kita, lebih besar dari yang jahat2 dan yang kejam Rom 8:31, 1Yoh 4:4.

Kalau kita lewat, menghadapi mereka, kalau dengan Tuhan Yesus pasti menang, mereka akan dipotong, jatuh. Jangan ragu2. asal kita tetap hidup dalam kesucian yang terus menerus meningkat makin tinggi, maka Tuhan akanbeserta dengan nyata. Iblis itu bekerja dengan segala macam jalan, menghalalkan segala macam cara, dengan kesukaan2 dosa (uang, puji, sex, LGBT, benci, dendam dll) juga dengan kejahatan dan ancaman dengan occultisme, kuasa gelap, segala cara dihalalkan. Tetapi dengan Tuhan kita akan tetap menang sekalipun di tengah2 tsunami dosa yang dahsyat dalam segala seginya. Meskipun digoda, dirayu, diberi segala, dijahati, dibenci dll, tidak akan jatuh dalam dosa, tidak sakit hati tetapi bisa mengampuni dan memberkati, tetap sejahtera, tetapi Tuhan yang akan menghukumkan orang2 yang melawan kita, yang tidak bertobat; kuasa Tuhan bekerja dengan limpah.

Terakhir Tuhan akan lewat dengan kita dalam perang Harmagedon dan Gog Magog dan mereka dipotong sampai habis.

NAH 1:12b-15. YEHUDA PULIH DAN BERPESTA.

Yang diceritakan hanya Yehuda, bukan tentang Israel yang sudah rusak total dari permulaan, di bawah Yerobeam. Tetapi Yehuda tetap bertahan dalam kesucian dan taat menyembah Allah. Memang waktu Salomo, Yehuda bertebaran berhala sehingga Tuhan marah besar terhadap Salomo. Tetapi sesudah itu timbul banyak raja2 yang setia pada Tuhan, bahkan indah seperti Hizkia, Yosafat (ada cacatnya), Uzia, Yotam, Yosia dll. Meskipun akhirnya Zedekia raja Yehuda kalah dan ditawan, tetapi sesudah 70 tahun mereka kembali ke Yerusalem dan berpesta di hadapan Tuhan.

12b. Sekalipun Aku telah menyengsarakan kamu,Aku tidak akan menyengsarakan kamu lagi.

Ini sebaliknya dari ayat 9, satu kali mereka menderita, langsung habis dalam Neraka kekal. Ini untuk Antikris dan orang2 yang berkeras hati dalam dosa sampai akhir hidupnya, juga bagi mereka yang menjadi sempurna dalam dosa, semua dihancurkan dan menderita satu kali lalu habis dalam Neraka kekal.

Ini juga berarti pemulihan, waktu dosa meningkat tinggi Wah 22:11, banyak umat Tuhan kena dan jatuh 1Tim 4:1, bahkan dosa2 itu sampai masuk dalam Gereja, sehingga akhirnya timbul Gereja jalan lebar dan jalan sempit Wah 2-3. Bahkan trend orang Kristen jadi duniawi dan dosa, seperti Yehuda juga kalah dan ditawan, tetapi di dalamnya masih ada cukup banyak orang2 yang tetap taat pada Tuhan seperti Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dan banyak orang2 yang akhirnya sempat kembali dan membangun Yerusalem dan bait Allah Ezr 3:12-13. Mungkin penurunan mutu rohani merosot tajam, sehingga hancur danwarna kekristenan rusak. Ini seperti orang Yehuda yang dikalahkan dan ditawan oleh Asyur lalu Babil. Begitu dalam kejatuhan akhir zaman, banyak orang Kristen jadi cemooh dan batu sontohan sebab hidupnya rusak diperbudak dosa, jadi begitu keji, bahkan lebih jahat dari orang dunia 1Kor 5:1, Mat 12:45. Tetapi diantaranya masih ada orang2 yang sungguh2 cinta Tuhan seperti Daniel, Ezra, Mordekhai, Nehemia dll diantara bangsaYehuda dan Tuhan memakainya untuk menobatkan dan memulihkan yang lain,lalu menyempurnakan GerejaNya. Gereja yang campuran akan dipisahkan 1Kor 11:19, berubah menjadi Gereja jalan lebar dan sempit yang makin disucikan dan dimurnikan dalam penderitaan dan kesukaran akhir zaman yang dahsyat 2Tim 3:1-6, sehingga yang suci tambah suci dan yang dosa tambah dosa. Gereja jalan sempit akan makin dimurnikan dan ditumbuhkan sampai kepada kesempurnaan. Jangan takut tantangan2 dan kesukaran yang dahsyat, tetapi juga jangan ikut trend duniawi dan kedagingan dari banyak orang Kristen, tetapi tetap setia dalam kebenaranFirman Tuhan dan terus penuh dan dipimpin Roh. Orang yang mengerti dan berakar dalam Firman Tuhan, punya pondasi yang kuat (2 gomer manna) dan penuh Roh Kudus (pengurapan 2 kali ganda dalam Hujan akhir) akan tahan menghadapi arus yang jahat ini, tetap murni dan masuk dalam penamatan rencana Allah yang heran itu. Rencana Allah pasti digenapkan dan jadi dan masuk dalam pengangkatan. Bersedialah, tetap di jalan sempit dalam pimpinan Roh Kudus.

Ayat 13. Sebab Aku akan memecahkan kuknya lepas daripadamu dan akan memutuskan ikatan2mu sampai hancur.

Ini menubuatkan tentang Gereja Tuhan (yang rusak) yang mau dipulihkan (tidak otomatis) sehingga bisa bebas dari pengaruh dosa2 dunia, dan kekejian yang ada di sekitarnya. Tentu yang tetap hidup berkenan pada Tuhan dalam kesucian seperti Daniel dll akan menjadi lebih indah, lebih tinggi tingkatnya dalam tangan Allah. Tuhan sanggup terus menyucikan (memisahkan) GerejaNya sekalipun ada di tengah2 banjir dosa akhir zaman Kel 33:16. Dengan Tuhan kita bisa diasingkan, dilepaskan total, luar biasa. Ini janji Tuhan. Rencana Allah pasti jadi, Gereja akan masuk dalam kesucian dan kesempurnaanNya. Semua ikatan dosa akan hancur sampai ber-keping2, bebas.

Ayat 14. Dan Tuhan memberi perintah tentang engkau, tidak akan ada lagi namamu yang ditaburi.

Orang2 yang hidup dalam kesucian, juga yang dipulihkan, tidak lagi ditaburi dengan dosa, keinginannya, pikiran dosa, dan perkara2 duniawi yang keji. Betul2 bebas, tidak mau diisi dengan pikiran yang jahat, dipisahkan total. Mulailah sejak sekarang sebab jangan mau ditaburi seperti itu, sebab penaburan itu cocok dengan daging Yoh 3:19, akan tumbuh menjadi perbuatan2 dosa Yak 1:15. Tetapi orang2 yang punya kelimpahan Roh Kudus, Firman Tuhan dan kuasa Allah akan lepas dari segala penaburan iblis dan dunia ini, tetap dalam kesucian dan terus tumbuh sampai seperti Kristus. Nama baik Ams 22:1, Pkh 7:1 jangan dikotori, ditaburi dengan segala kenajisan dosa dan dunia ini. Nama2 umat Tuhan dalam tubuh Kristus global akhir zaman, tidak lagi dinajiskan atau ditaburi dengan noda2 dosa dan kekejian. Semua makin meningkat dalam kesucian dan dalam kemuliaan Gereja akhir zaman.

14.b. Akan Kupecahkan patung pahatan itu, keluar dari rumah berhala2mu dan patung tuangan, Aku akan membuatkan kuburanmu karena engkau hina.

Akan terjadi hukuman rumah Allah 1Pet 4:17. Semua berhala2 akan dihancurkan dan dikeluarkan dan mereka yang pura2 akan binasa, dibuatkan kuburannya seperti Ananias Safira Kis 5:6,10. Ini juga dinubuatkan dalam Yez 9:6. Orang2 yang pura2 dalam Gereja yang sudah dimurnikan akan kena hukuman mati dan dikuburkan, dahsyat. Ini terjadi sesudah pemisahan (Wah 22:11) dan pemurnian (1Pet 4:17, 2Kor 10:6, Yez 9:4). Jangan tunggu hari itu baru bertobat, terlambat, kena hukuman dahsyat, dibuatkan kuburannya. Harus bersedia mulai sekarang.

Ayat 15.a. Lihatlah di atas gunung2, kaki dari orang yang membawa kabar baik, yang memberitakan damai.

Injil akan sampai di seluruh dunia Mat 28:19, Mrk 16:15, Kis 1:8. Betapa bahagia orang yang ikut ambil bagian dalam pengabaran Injil, ia akan ikut dalam rencana Allah yang heran. Pakai kesempatan yang ada Rom 10:15. Jadilah garam yang asin, pelita yang bercahaya untuk sekitar masing2, Luk 10:28, Mat 9:13, bahkan diutus Tuhan sampai ke seluruh bumi.

15.b. O Yehuda laksanakanlah pesta2mu yang sudah ditentukan, lakukanlah nadzarmu, sebab orang2 jahat tidak akan lagi lewat melalui engkau, ia dipotong sama sekali.

Pesta2 kemenangan mulai timbul, sebab kuasa Roh Kudus dalam Hujan akhir dan pembukaan Firman Tuhan total akan terjadi Mat 10:26-27. Gereja akan limpah dengan sukacita dan kemenangan Allah yang luar biasa. Jangan kecil hati melakukan kejahatan yang meningkat luar biasa. Gereja akhir zaman akan jadi pemenang, bukan tawanan yang kalah. Orang yang sekarang hidup dalam kemenangan dalam hidup dan pelayanannya (oleh kuasa Allah se-mata2) akan termasuk dalam golongan yang berpesta besar ini.

Luar biasa, pesta2 yang sudah ditentukan, yaitu zaman keemasan tubuh Kristus global (akhir zaman) akan berlangsung dan semua orang jahat termasuk 3 Antikris pertama akan dipotong sama sekali lalu terjadi pengangkatan, hari bahagia dengan penebusan tubuh (kebangkitan orang mati 1Tes 4:16) Rom 8:23 yang dinanti seluruh umat Tuhan!

KESIMPULAN.

Jangan setengah hati atau suam, rugi besar, orang seperti ini, kalautoh masih selamat, paling untung hanya selamat lewat api Antikris. Tetapi kalau sekarang kita mau terus hidup dalam kesucian yang terus meningkat tinggi dan terus taat dipimpin Roh, bukan menurut kedagingan(tidak lagi berdosa atau bereaksi dosa dalam pencobaan dan godaan apapun), maka dalam Hujan akhir dan fasilitas akhir zaman yang limpah kita akan dipisahkan dari dunia dan orang2 yang bercabang hati, dimurnikan dan ikut dalam kesukaan pesta2 ilahi yang sudah direncanakan Allah. Dosa dan hukuman rumah Allah akan memisahkan yang setia 1Kor 11:19. Harus dimulai sekarang.

Nyanyian:

Kutahu siapa yang pimpin hari depan hidupku

Semuanya oleh Tuhan, tlah diatur sempurna.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top