M3857 – Kejadian 19:1-31. Dosa Sodom, Dosa Akhir Zaman.

Catatan:

Akhir zaman itu seperti zaman Nuh dan Lot Luk 17:26-30. Sebab itu apa yang ditulis dalam Alkitab tentang hal itu, menjadi nasehat dan pelajaran bagi kita juga 1Kor 10:11. Kita akan belajar sedikit tentang Abraham dan Lot, istri Lot, anak2 Lot, calon menantu Lot, turunan Lot orang Moab, Amnon dan orang2 Sodom Gomora.

KEJ 19:1-3. LOT YANG BERCABANG HATI.

Lot sukses di Sodom, ia bisa duduk di Pintu Gerbang, berarti ia termasuk penduduk yang mulia dan dihormati. Tetapi Lot masih mempunyai pengertian rohani yang cukup (dahulu ber-sama2 Abraham), ia bisa mengenali 2 orang itu dan mengajak masuk ke rumahnya dengan sungguh2 sampai mereka mau dan membuatkan pesta untuk mereka. (Dua utusan itu Firman dan Roh Kudus Maz 43:3. Banyak orang sudah menerima limpah Firman Tuhan {seperti Yudas dari Tuhan Yesus} dan Roh Kudus seperti ligabo, tetapi akhirnya binasa sebab mendua, bercabang hati! Yak 4:8, seperti Laodikea Wah 3:16). Ini orang rohani yang tinggal dalam jalan lebar, dalam dunia 2Pet 2:6-8.

Orang2 seperti ini akan terpisah dari orang2 yang sungguh2 cinta Tuhan, Wah 22:11 sebab hati dan cara hidupnya berbeda, sebab cinta dunia dan isinya.

KEJ 19:4-11. DOSA SODOM GOMORA SUDAH MELEBIHI PUNCAK2NYA.

Sebab itu Allah yang adil menghukumnya sampai habis.Mula2 Lot tidak tahan akan dosa2 yang begitu keji, tetapi kesukaan duniawi di Sodom itu sangatmeriah sehingga kuat menarik Lot dan mengikatnya di dalamnya. Padahal dosa2 Sodom sudah melebihi batas Kej 18:20. Salah satu tanda dosa yang melebihi batas adalah dosa homo yang keji dan terang2an sudah menjadi pola hidup seluruh penduduk Sodom, sehingga tanpa malu orang2 Sodom, tua muda datang untuk memaksa mengambil 2 orang yang elok itu (ini malaikat2 yang menyatakan diri seperti manusia) untuk disodomi.

Mereka mengepung rumah Lot dan memaksanya untuk mengeluarkan kedua tamunya. Lot langsung menawarkan 2 gadisnya untuk diperkosa ramai2, sebagai ganti tamunya. Suatu pikiran yang keji dari Lot, tetapi sekarang Lot jugasudah begitu biasa untuk pola hidup orang Sodom. Tetapi orang2 Sodom jauh lebih senang dengan homo, tingkat zina tertinggi dan mereka mau memaksa Lot, tetapi 2 malaikat itu menarik Lot dan menghukum orang2 Sodom dengan mata kabur sehingga tidak bisa menemukan pintu rumah Lot, sekalipun marah2.

Tawaran Lot itu begitu keji dan sangat menggoncangkan hati orang normal, jugaorang berdosa tingkat yang biasa. Tetapi bagi orang Sodom ini sudah biasa bahkan normal, sebab dosa2nya sudah sampai pada puncak2nya. Juga perbuatan Lot dengan anak2nya adalah dosa tingkat puncak, sehingga lahirlah Amnon dan Moab. Ini dosa yang begitu menjijikkan bagi rata2 orang Kristen zaman sekarang, kecuali untuk Gereja jalan lebar. Anggur yang diberi anak2nya tidak akan bisa membuatnya jadi sangat keji; terbukti Uria meskipun mabuk tidak berbuat pada istrinya sendiri sebab menyangkal diri 2Sam 11:13. Lot berbuat sebab memang pikirannya sudah rusak dan keji; (meskipun masih punya pengertian2 rohani, tetapi itu sia2).

Ini hasilnya orang yang mendua, suam, hanyut dalam dosa yang keji2. Jangan mendua, pasti tercerai dari yang benar seperti Lot dari Abraham yang mencintainya, kemudian Lot tumbuh sangat keji dalam dosa 1Kor 11:19, Wah 22:11.

Dosa zina itu dapat dibagi dalam 7 tingkatan (lihat buku zina dan tingkatan2nya dari Penerbit Bukit Zaitun) dan tingkat tertinggi adalah homo atau lesbian. Sekarang lazim disebut LGBT, yaitu Lesbian (wanita dengan wanita), Gay (laki2 dengan laki2),  Bisexual (bisa berzina dengan jenis yang sama atau lain), Trangender (identitasnya laki2 tetapi ke perempuan dsb), ada lagi intersex, di tengah2 atau bisa keduanya.

Baik dalam Wasiat Lama dan Wasiat Baru, ini adalah dosa yang keji, yang harus dibuang dari antara umat Tuhan, bukan dijinakkan atau dibiasakan. Ini adalah dosa sebab:

  1. Ini dosa yang sangat keji. Rom 1:26-28.
  2. Dalam Wasiat Lama hukumannya mati, tidak bisa ditawar lagi. Im 20:13, dalam Wasiat Baru, hukumannya Neraka.
  3. Mengubah yang wajar, yang diciptakan Allah, jadi tidak wajar Rom 1:26-27.
  4. Termasuk dosa yang melebihi batas Kej 18:20, tingkat dosa yang tertinggi, puncaknya.

Tampaknya dosa ini lebih rendah dari binatang 2Pet 2:12, sebab diantara binatang tidak ada yang homo (binatang itu adalah robotnya Tuhan, semua dosanya itu ada jenis dan ukurannya, tetapi manusia adalah mahluk bebas sehingga dosanya bisa dikembangkan dan ber-tambah2 sampai puncak), bahkan PBB membentuk badan khusus yang bernama UNFE (United Nations Free & Equality) untuk mempromosikannya dan untuk itu mereka memberi biaya US 8 juta (= Rp. 107 milyard) untuk mempromosikan di negara2 Asia yang belum populer termasuk di Indonesia, Filipina dll. Ini betul2 tanda akhir zaman sudah di muka pintu.

Memang LGBT ini bisa timbul pada manusia sebagai akibat dosa dan seperti penyakit ini juga bisa disembuhkan.  Bagi orang yang mau percaya, Tuhan Yesus  bisa menyembuhkan, sama seperti dosa2 lain (misalnya sombong, iri, zina, benci dll). Jangan keinginan dosa ini dituruti, tetapi disangkali dan dibuang dengan kuasa nama Tuhan Yesus.

KEJ 19:12-14. CALON MENANTU LOT.

Mereka cukup menghargai Lot, tidak me-ngata2i tetapi menganggap bergurau sebab sama sekali tidak percaya. Ada orang2 Kristen yang tidak peduli dengan Firman Tuhan, apalagi pengangkatan, dianggap hanya salah satu tafsiran saja. Mereka tetap dalam dosanya, tetapi tidak lama kemudian mereka mati terbakar.

Diantara orang2 yang mendua, akan timbul orang2 seperti ini dan ikut dalam cara hidup akhir zaman yang keji2 ini. Dahulu ada tetapi sedikit, sekarang jadi wabah bahkan ditularkan, dipromosikan, memang dosa bisa menular. Gembala2 domba Lot yang banyak itu di mana? Kej 13:7. Memang orang yang mendua, tidak bisa memenangkan jiwa, mengeluarkan orang dari dunia, sebab dia sendiri ada dalam ikatan dunia dan perhambaan iblis. Abraham punya 318 orang hamba yang setia dan kuat, bisa menang melawan raja Kedorlaomer Kej 14:14. Raja Sodom kalah dengan raja Kedorlaomer, tetapi Abraham bisa mengalahkannya. Manusia tidak akan bisa mengalahkan kejahatan dan dosa, juga orang2 yang mendua, tetapi orang2 seperti Abraham dan anak buahnya bisa memerdekakannya.Orang Kristen yang tidak bisa memenangkan jiwa, mungkin juga suam atau duniawi seperti Lot, tidak bisa memenangkan orang2nya sendiri.

KEJ 19:15-17. KELUARGA LOT LEPAS TAPI BINASA.

Masih ada sedikit sisa2 iman dalam Lot, sebab itu kalau ia bisa terlepas dari hukuman, ini  adalah hasil doa syafaat Abraham (Ayat 29), tetapi akhirnya tetap binasa. Sebab tidak sungguh2 mau mati dari dosa. Ini seperti orang2 beriman yang masih ingin masuk Surga tetapi juga tetap cinta dunia sehingga jadi suam dan tertinggal,  tidak sampai mati dalam dosa seperti banyak orang2 Kristen yang terpisah dalam jalan lebar dan mati dalam dosa2nya. Orang2 ini masih hidup, tetapi tertinggal, masuk  dalam zaman Antikris dan mereka akan mati dalam sengsara yang besar. Orang yang tertinggal masih bisa selamat kalau bertobat kembali dan mengakui nama Tuhan, lebih2 kena shock pengangkatan, mereka kehilangan ber-juta2 orang Kristen yang terangkat. Lot lepas, masih hidup tetapi akhirnya binasa.

KEJ 19:18-23. DARI SODOM KE ZOAR, TETAP DI JALAN LEBAR.

Ini sebabnya Lot tetap binasa dengan anak2nya, sebab mereka telah lekat dengan dunia, sehingga sekalipun menghadapi shock yang besar, masih tetap ada percintaan duniawi, sehingga mereka minta ke Zoar (yang seharusnya juga dibakar seperti Sodom, karena sama jahatnya, tetapi lebih kecil). Lot tetap cinta kehidupan Sodom, yang juga ada di Zoar; percintaan ini tidak dibuang!

Ini pertobatan dari luar, keluar dari Sodom, tetapi Sodom tetap dalam hatinya sebab itu ia memilih Zoar, yang sama seperti Sodom tetapi lebih kecil “hanya” dalam hati. Ia tidak mau naik gunung kesucian Tuhan, terlalu tinggi (orang yang betul2 bertobat, hatinya disucikan, sehingga bisa terus tumbuh, naik dalam kesucian, itu bertobat sungguh2, sampai dalam hati). Penduduk Zoar dan keluarga Nuh masih hidup, tetapi tidak bertobat sungguh2, masih tetap lekat dengan dosa2 yang keji, meskipun untuk sementara tidak dilakukan. Orang2 dosa yang masih hidup dalam zaman Antikris akan kembali berdosa dan akhirnya dibinasakan semua dalam kedatangan Tuhan kedua dalam perang Harmagedon.

Orang yang telah jatuh cinta pada dunia, seringkali hanya bertobat dari luar, akhirnya binasa dan masuk dalam Neraka kekal. Jangan cinta dunia, kalau tidak mau mati dari dosa, sulit lepas Luk 5:39, Pkh 12:1. Matikan segala perkara kedagingan, semuapercintaan yang salah Gal 5:24. Bertobatlah sungguh (MAK DSS = Di Mana saja, dalam hal Apa saja, dan Kapan saja, Dulu, Sekarang dan Selamanya) sehingga bisa minum Perjamuan Suci dengan betul, berlayak, tidak pura2, sebab ini jalur yang betul untuk pengangkatan Luk 17:34-37.

KEJ 19:24-25. SODOM, EDEN YANG CELAKA.

Lot melihat dan menilai Sodom itu seperti Eden, sebab itu ia sangat tertarik ke sana dan tega meninggalkan Abraham yang cinta kepadanya, berpisah dari persekutuan yang manis Kej 13:10. Abraham tidak mau ikut Lot ke Sodom sebab Abraham tahu dosa itu Neraka, tidak ada sejahtera di dalamnya Rom 3:17. Abraham yang dengan segenap hati ikut Tuhan sudah punya sumber kesukaan yang asli dan indah dalam hatinya Yoh 4:13-14; 7:38. Ia penuh dengan sejahtera dan kesukaan Tuhan Rom 14:17, Pil 4:4,7. Meskipun sepi di padang gurun tetapi dengan Tuhan itu indah Mat 11:28-30. Salib Tuhan itu sepi untuk daging, tetapi Surga bagi rohnya. Memang kesukaan dosa yang sesaat itu seperti “Eden” tetapi sesungguhnya neraka! Sekarang betul2 nyata Sodom jadi lautan api. Bukan suatu fantasi.

Sebab itu tinggallah di jalan sempit dengan segenap hati, maka sungai sukacita itu akan mengalir dengan deras. Yez 37:1-5. Ini juga dikatakan dalam Yoel 2:3.

 

KEJ 19:26. INGATLAH ISTRI LOT. Luk 17:32.

Mula2 Lot adalah orang benar 2Pet 2:7 yang punya pengertian baik dan perbuatan baik,  menyambut dan mau menuruti dua malaikat.

Tetapi Lot dan istrinya tetap cinta sodom tetapi taat juga pada perintah 2 malaikat, sekalipun mereka tidak bergairah, harus dipaksa dan didorong untuk keluar dari Sodom. Apalagi istri Lot yang sangat berat meninggalkan hartanya yang begitu banyak dan sudah mengikatnya kuat2. Sebab itu ia menoleh dan jadi tiang garam, dan menurut Mat 5:13 ini adalah garam yang tidak asin yang tidak masuk Surga. Istri Lot itu mungkin tua2 Sidang atau orang2 tokoh dalam Gereja.  Inilah orang2 yang dekat dan lekat dengan orang2 rohani, tetapi sebetulnya garam yang tidak asin, tidak bisa memenangkan jiwa, tidak bisa mengasinkan sekitarnya. Kalau bicara soal dunia tentang mode, uang, keramaian dunia sangat bergairah. Jugangrasani orang2 rohani pintar (sebab punya cukup pengertian Alkitab, tetapi tidak suka cara hidup orang suci yang seperti Abraham di padang gurun). Mereka tetap orang penting tetapi hatinya di dunia. Pada akhir zaman akan terpisah dalam polarisasi dan nyatalah bahwa mereka tiang garam yang tidak asin. Sebab itu sungguh2lah ikut Tuhan sehingga punya pengalaman2 manis dengan Tuhan di dalam kesucian! Satu tanda kalau hatinya sepenuhnya untuk Tuhan adalah hidup dalam kesucian, sukacita dengan 7 KPR bahkan bisa meningkat sampai 7 KPR plus (2 gomer manna, pengurapan ganda dst). Semua yang pura2 halus atau kasar (munafik) akan tersisih dan celaka untuk kekal, sayang. Kurang sedikit tetapi tidak dapat.

KEJ 19:27-29. NYATA BENAR BEDANYA.

Memang mula2 dosa dan dunia itu manis, sehingga banyak orang tergiur dan tertipu seperti Hawa dan Lot, dan percintaan dosa, daging, dunia ini membuat matanya buta dan kabur. Sebetulnya Lot sudah merasa dukacita besar di Sodom. 2Pet 2:8.

Tetapi sayang Lot tidak bertindak tegas, ia tetap dalam percintaan dosa yang celaka itu. Mengapa tidak bisa mengambil tindakan tegas? Luk 12:57. Sebab hati tetap cinta dunia, sehingga Firman Tuhan tidak menjadi kesukaan, lebih sering jadi kewajiban (terpaksa)sehingga tidak jadi daging, tidak jadi keyakinan, tidak jadi pondasi yang kuat sebab selalu ingin ber-macam2 keramaian dan kemeriahan dunia, sampai2 kalau bisa Gerejapun dijadikan meriah seperti dunia, bukan meriahnya salib dan kesucian. Kalau cinta dosa atau dunia, itu bisa cepat naik sampai ke tingkat puncak sebab cinta dunia dan dosa itu namanya keras hati, seperti kanker, cepat matinya. Jangan sampai tertipu oleh sang pembohong itu. Yoh 8:44.

KEJ 19:30-31. AMMON, MOAB DITOLAK SE-LAMA2NYA.

Hasil dosa tingkat puncak, dosa homo, dosa zina yang sangat keji 1Kor 5:1 seperti dosa Ammon dan Moab ini ditolak untuk se-lama2nya. Ul 22:3, Neh 13:1 (Rut perempuan Moab, kalau bertobat, ia menjadi satu dengan suaminya, bukan dia yang dihitung, tetapi suaminya, ini Wasiat Lamaj).

Begitu dosa akhir zaman, akan melimpah dan meningkat sampai puncak2nya sehingga banyak orang akhir zaman yang binasa untuk se-lama2nya masuk Neraka.

Lot ini sudah direbut oleh Abraham (dan Tuhan setuju dan menyelamatkan Lot) tetapi tetap  binasa, sebab sudah jatuh cinta pada dunia dan segala kesukaan dosa yang sesaat Ibr 11:25. Percintaan itu kuat seperti maut, cinta apa saja, cinta Tuhan Yesus, juga cinta akan dosa sehingga jadi satu dengan setan dan iblis Kid 8:6. Memang kalau masih dalam dunia masih ada harapan, kalau mau bertobat sungguh2, masih bisa direbut, apalagi dalam keluarga Kis 16:31. Tetapi pada akhir zaman keadaannya dahsyat, sesudah polarisasi jadi sulit, sebab perbedaan sangat besar, seperti Lot dan Abraham, sulit direbut; sehingga rumah yang harusnya selamat semua, jadi ter-pecah2 Luk 12:52-53. Beberapa ayat2 ini bernubuat tentangakhir zaman, seperti ayat2  dalam 1Kor 15:53. Tetapi sekarang masih ada kesempatan merebut jiwa2 di sekitar kita, untuk menggarami dan menerangi supaya semuanya selamat Kis 16:31. Jangan tunggu terlambat sebab Abraham (+Tuhan) pun gagal merebut Lot, sebab sudah lekat dengan dosa dalam Sodom yang sudah sampai puncak2 dosanya seperti Minggu ke-70 Daniel! Rebut sekarang, jangan terlambat, percayalah akan nubuatan Firman Tuhan. Sekalipun sahabat erat dan penuh cinta (Abraham berani mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Lot) tetapi pada zaman Sodom, ia gagal merebut Lot. Juga Putra manusia Yesus gagal menyelamatkan Yudas yang cinta mammon, sebab dia sendiri tidak mau lepas, padahal dahulunya adalah murid dan rasul. Juga orang dalam zaman Nuh, meskipun melihat mujizat berlaku di muka matanya, bahtera sudah siap dengan ajaib, mereka tetap lekat dengan dosa2nya, tidak mau percaya akan datang hukuman, sebab itu mereka binasa untuk se-lama2nya seperti Amnon dan Moab.

KESIMPULAN.

Homo, LGBT adalah salah satu tanda bahwa dosa sudah dekat di puncak2nya. Juga dosa benci, bunuh, tipu, uang, kesombongan, occultisme dll makin meningkat di seluruh dunia dan kelihatan sangat berani dan keji. Kalau sekarang tidak bertobat sungguh2, akan terlambat. Jangan mendua seperti Lot, dengan tidak terasa ia termasuk dalam golongan yang kebal akan pertobatan, sebab keras hati dalam dosa. Jangan sia2kan kesempatan yang ada sekarang. Akan datang perpisahan yang tidak bisa ditolak, seperti Lot dan Abraham dan akibatnya, Lot kehilangan keselamatannya untuk kekal.

Tumbuhlah dalam kesucian, itu kesukaan yang asli dan mendalam seperti yang dialami Abraham dan banyak orang beriman zaman sekarang.

Ingat usaha dan rencana setan jadi kenyataan (dosa meningkat sampai puncaknya) tetapi rencana Allah lebih dari itu, pasti digenapi dengan se-penuh2nya, sampai jumlah2nyapun genap. Hari ini, jangan keraskan hati Ibr 3:15, cintailah Tuhan dengan segenap hati Pil 1:21, jangan cinta dunia, dosa, daging dan kesukaannya, matikan habis2an, itu hidup yang terindah di dunia dan sampai kekal. Gal 2:20.