M3842 – Mazmur 90:12. Tahun Baru.

Hidup ini singkat dan terbatas. Kita harus menghitung hari2 kita sedemikian rupa supaya kita menjadi berbudi. Bagaimana caranya?

  1. Waktu habis umur kita, beban, target selesai.
  2. Menghadap Tuhan (mati atau pengangkatan) dalam keadaan selamat dan TMSP.
  3. Bersedia. Secara pribadi, umur berbeda. Secara umum sama, kalau Tuhan datang, semua kena, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel, masa sulit.
  4. Miliki tujuan dan arah hidup, jangan hidup sia2 tanpa arah.

Dari pihak Allah:

Untuk setiap orang percaya, umat Tuhan, DIA punya suatu rencana tertentu untuk setiap umatNya. Ef 2:10. Hidup ini seperti satu sekolah harus sampai selesai. Seperti perang harus menang. Seperti perlombaan harus nomor 1. Jangan tertipu oleh macam2 perkara sampai mandeg apalagi mundur, sayang.Kita harus hidup dengan iman, cocokkan dengan Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus maka akan jadi indah.

 

Dari pihak manusia.

Kita tidak tahu what next (apa yang akan terjadi), sampai berapa umur ini. Tidak tahu berapa banyak perkara yang harus dicapai dan diselesaikan. Ada beberapa macam cara hidup untuk menjadi contoh yaitu:

BEBERAPA MACAM CARA HIDUP.

Paulus punya suatu sikap atau cara. Kisah 20:24.

Dia tidak peduli hidupnya, tidak sayang dirinya asal bisa melakukan kehendak Tuhan. Ini yang utama.Sebab ia percaya bahwa sehat, sakit, sembuh dan umur (yaitu kesempatan) semua itu ada dalam tangan Tuhan, jangan kuatir, jangan pusing, yang penting kita bisa menyelesaikan rencana Tuhan dalam hidup kita.

Paulus mengalami banyak penderitaan dan pencobaan. Dalam Kis 13 di Lystera ia dirajam sampai mati, tetapi Tuhan membangkitkan, langsung besoknya ia meneruskan perjalanannya untuk Tuhan. Seharusnya ia masuk rumah sakit, dan istirahat  6 bulan, difoto, kepala, dada dll sebab dirajam. Tetapi dia jalan terus. Dalam Kis 16 ia dianiaya begitu banyak dipenjara Filipi. Tetapi ia bersukacita memuji Tuhan dan malam itu juga Tuha melepaskan dia dengan gempa dari Tuhan, tetapi malam itu juga ia langsungmembaptiskan keluarga kepala penjara, luar biasa. Ia tidak berhenti. Banyak penderitaan, tetapi ia berjalan terus. Ini cara hidup Paulus.Seharusnya Paulus sudah lama mati berkali-kali, tetapi ia tidak mati, sebab umur dalam tangan Tuhan. Akhirnya dipenjara di Roma iamati syahid, tetapi ia sudah menyelesaikan tugasnya.2Tim 4:6-7.

 

Begitu indah. Hasilnya bisa dinikmati sampai sekarang. 14 Buku wasiat Baru ditulis Paulus. Ia mati dan menerima mahkota kebenaran dan kesukaan yang besar. Jangan terlalu sayang akan hidup ini, pelihara secukupnya dan selesaikan beban dan tanggungan Tuhan.

Abraham menyelesaikan tugasnya sampai ke akhir. ia tidak tahu bagaimana besok. Tetapi apa yang ada dikerjakan baik2. Dan Tuhan pimpin selanjutnya. Ia tidak terpengaruh oleh Lot yang mencari keduniawian. Ia terus taat sampai mengorbankan Isak, terus taat,  sampai mati sepuas-puas umurnya Kej 25:7-8.

Yusuf umur lebih kurang 17 tahun masuk sumur. Tuhan tahu waktunya masih panjang (sampai 110 tahun, tetapi Yusuf tidak tahu, apalagi saudara2nya mengira ia sudah mati. Tetapi Yusuf tetap mengerjakan semua baik2 setiap hari. Apa yang ada, yang bisa dikerjakan,  kerjakan baik2 memperkenankan Tuhan, maka Tuhan akan memimpin langkah demi langkah sampai ke akhir. Jalannya ber-liku2, tetapi Yusuf mengerjakannya baik2. Ia hati2 dengan uang. Dengan persundalan, dengan segala perbuatan jahat sampai akhirnya masuk istana dalam kelimpahan besar. Ia tetap hati2 dan menyangkal diri. Ia sangat rindu pada bapaknya. Pertanyaan pertama sesudah mengakui dirinya pada saudara2nya adalah apakah bapak masih hidup? Kej 45:3. Tetapi Yusuf dalam kelimpahan 9 tahun tetap menyangkal diri, tidak pulang cari bapaknya, tetapi ia menunggu pimpinan Roh Kudus, sebab itu Yusuf indah sampai ke akhir. Yang penting jalan dalam Roh, dipimpin Roh, memperkenankan Tuhan. Sekalipun tidak tahu apa2 tentang yang akan datang, jangan takut,  Tuhan tahu, Tuhan bisa tolong. Sebab itu waktu umur 30 tahun masuk istana, umur 39 tahun bertemu bapa dan keluarga, umur 110 tahun mati. Ada banyak waktu (110-39=71 tahun), ia tetap melakukan kehendak Tuhan dengan baik. Yakub hidup macet lebih kurang 22 tahun + 17 tahun di Mesir Kej 47:28.. Sesudah istri dan anak (Yusuf) “mati” ia mogok.Tidak ada apa2 yang dibuatnya, sayang, tidak ada ceritanya. Ia menuruti perasaan hatinya yang sangat terluka, padahal Jusuf tidak mati.Sayang. Coba Yakub tetap sungguh2 beribadah pada Tuhan dan melakukan kehendakNya dengan ber-api2, dengan iman (yakin Tuhan baik sekalipun faktanya istri dan putranya hilang), maka ia akan melakukan perkara2 besar dengan Tuhan, yaitu:

  1. Renjana Tuhan akan jadi lebih indah dalam hidupnya (meskipun sudah dikurangi menipu bapaknya karena dorongan ibunya).
  2. Juga mungkin waktu bertemu Jusuf bisa dipercepat sebab keduanya Yakub dan Jusuf sudah siap.

Tetapi untung sesudah itu Yakub masih bisa berfungsilagi. Ada nubuatan tentang semua anak2nya, dan beberapa hal yang masih bisa dibuatnya,.

Nuh sangat bodoh. Sudah mencapai puncak2 yang sangat tinggi, Tuhan berkenan Kej 6:22. Tetapi sayang, belum selesai perang atau pertandingannya ia sudah mabuk sampai telanjang dan mengutuki anaknya gara2 mabuk. Hidupnya merosot tajam. Kelihatannya ia tetap selamat tetapi kemuliaannya sudah hilang sangat merosot. Sayang. Tidak semua orang bisa tahan diberi kelimpahan, tetapi Jusuf tahan dan tidak berdosa.

Salomo sepenggal jalan lalu jatuhnya dahsyat sekali. Waktu taat dalam kesucian ia sempat melakukan hal2 besar seperti membangun bait Allah, tetapi sesudah itu ia hidup seperti binatang karena kelimpahannya Ams 30:2 sebab lebih buas dan lebih hina dari siapapun juga. Tidak heran kebenaran yang dipegang baik2 adalah hidup pas2an Ams 30:8. Kelimpahan dan kuasa menjadi malapetaka bagi Salomo yang bodoh itu. Jangan jatuh dalam kelimpahan, bisa celaka dan binasa.

Daud jadi indah sampai tua sampai terakhir, sebab cinta Firman Tuhan dan taat.

Jangan sia2kan hidup ini, tumbuhlah baik2, sebab hidup di dunia ini kesempatan satu2nya.

BAGAIMANA KITA HARUS MEMAKAI HIDUP DI AKHIR ZAMAN INI?

Kita sudah melihat contoh2 yang lalu, ini hidup dalam hari2 yang biasa, sebagian dalam Wasiat Lama, sebagian dalam Wasiat Baru, tetapi kita hidup dalam masa yang paling dahsyat dan sulit yaitu penamatan rencana Allah. Allah pasti sanggup menyelesaikan rencanaNya yaitu 3 angka kedatangan Tuhan akan digenapkan. (Angka I: seluruh dunia mendengar Injil Mat 24:14, Angka II: Jumlah orang yang percaya genap Rom 10:25 dan Angka III: Jumlah orang sempurna genap Wah 14:1).

Kita harus bersedia (Mat 24:42) dan memperhatikan 3,5 tahun I dari Minggu ke-70 Daniel, (jangan tunggu hari pengangkatan, terlambat, harus bersedia untuk 3,5 tahun sebelumnya) sebab disini finishing itu terjadi bagi orang yang bersedia. Orang yang tidak bersedia akan gugur dalam keadaan yang makin jahat di akhir zaman ini, apalagi masuk dalam masa penamatan, tidak akan tahan. Dalam hari itu akan terjadi:

  1. Ada dua jalur dalam kekristenan (seperti biasa Mat 7:14-15), ambil jalur bersedia, supaya jangan jatuh di hari2 yang jahat ini.Akan terjadi Polarisasi (terbagi 2 kelompok yang tujuannya, macamnya sangat berbeda dan berlawanan, yang suci tambah suci, yang najis tambah najis Wah 22:11), mula2 masih bisa pindah2, sebab Gereja masih campuran dan beda yang suci dan najis tidak banyak. Tetapi sesudah Polarisasi, beda antara yang suci dan najis sangat besar, tidak bisa diseberangi lagi. Yang sekarang tidak mau bersedia di jalan sempit akan gugur.
  2. Gereja yang makin suci juga makin ditertibkan dan hukuman rumah Allah berlaku atasnya. 1Pet 4:17. Tuhan sendiri yang menyucikan dengan sangat tertib seperti Kis 5, bahkan ada yang mati. Seringkali kita segan dan takut bertindak untuk menertibkan Gereja, tetapi kalau Tuhan sendiri yang bertindak, semua yang najis dihukumkan dengan keras, sehingga Gereja akhir zaman terus meningkat dalam kesucian.
  3. Karena kesucian meningkat tinggi sekali, maka segala fasilitas akhir zaman yang heran2 bermunculan. Hujan akhir yang sudah mulai sejak abad 20 akan mencapai puncak2nya yang tinggi sesuai dengan tingkat kesucian yang ada. Banyak orang limpah dengan pengurapan yang besar bahkan tidak terbatas Yoh 3:34, Firman Tuhan terbuka semua Mat 10:26-27. Kuasa dan mujizat Allah terjadi dengan limpah seperti janji Tuhan Yesus Yoh 14:12, timbul pelayanan orang sempurna dari tahta Allah Yoh 1:52 yang makin lama makin banyak.
  4. Persekutuan tubuh Kristus global akan terbentuk (ini dimungkinkan sebab ada ketertiban yang tinggi dalam kesucian) sebab orang bersekutu bukan karena hal2 luar (1 Sinode, 1 suku bangsa, 1 kelompok dll) tetapi karena sebab2 dari dalam yaitu karena 1 Roh 2Kor 12:18, persekutuan Roh Ef 4:3.
  5. Secara jasmani keadaan Gereja global berkelimpahan sebab semua milik bersama, seperti dalam Hujan-Awal Kis 2:44-45; 4:32, tetapi kejujuran sangat tinggi apalagi disertai hukum2 yang sangat keras 2Kor 10:6.
  6. Gereja akhir zaman menjadi heran dan ajaib sebab 3 Pribadi Allah bekerja ber-sama2 dengan harmonis dan efektif sehingga Gereja menjadi suatu ajaib. Sebab itu kita harus memperhatikan supaya dalam hidup kita ada juga pekerjaan dari 3 Pribadi Allah. (Sebetulnya 1 Pribadi Allah saja sudah cukup, tetapi sebab suci dan kasih mereka bersatu dalam apa saja yang direncanakan dan dibuat, sehingga Mereka membagi diri dan pekerjaanNya, tetapi tetap menjadi satu dengan harmonis dan efektif.

6.1. Pekerjaan ajaib dari Allah Bapa. Yer 29:11, Ef 2:10, 1Kor 12:6. Dengan ber-macam2 cara yang unik dan ajaib, Bapa membuat jalan dan cara hidup yang indah sehingga bisa diolah dan dibentuk jadi sempurna atau paling sedikit meningkat sangat tinggi. Dalam segala keadaan, lebih2 dalam 3,5 tahun I, liku2 perjalanan hidup masing2 itu sangat ajaib.Sebab itu kita harus mahir berjalan dengan Allah seperti Nuh Kej 6:9, sebab tanpa Allah tidak mungkin bahtera terbentuk. Juga tanpa bisa berjalan dengan Allah, kita tidak akan sampai pada tingkat2 kedewasaan dan kesempurnaan rencana Allah. Belajar mulai sekarang dalam hal2 kecil/ besar, jasmani rohani selalu menurut Allah lebih dahulu supaya rencana Allah yang sempurna bisa jadi.

Kadang2 lewat lembah maut dan ancaman2 dll tetapi tetap lolos dan hidup 1Kor 15:51. Lebih ruwet tetapi lebih heran dari cara2 Tuhan mengolah Yusuf, Daud, Elia, Elisa, Petrus dll. Jalan Allah selalu suci dan sesuai Firman Tuhan dan ajaib. Perlu penyerahan penuh seperti robot Gal 2:20. Jangan takut hal2 jasmani, nafkah, kesehatan, umur, dll, Tuhan sanggup mencukupi semuanya dengan ajaib.

6.2. Penuh dan dipimpin Roh sehingga timbul buah Roh, karunia2 Roh, pimpinan, kesukaan Roh dll. Latih terus dalam kemahiran berjalan dalam Roh dan menyalurkan buah2 dan karunia Roh. Kekuatan dan kemampuan kita sangat kecil dan sangat terbatas untuk menghadapi pekerjaan iblis akhir zaman (Wah 12:12). Dengan karunia2, buah, dan pekerjaan Roh Kudus kita bisa berbuat jauh lebih banyak dan lebih heran. Ingatlah dalam berpikir, berkata dan bertindak selalu dipimpin Roh sehingga muncul karunia2 Roh menurut pimpinan Roh yang heran.

6.3. Pekerjaan Putra Allah, yaitu jabatan2 rohani bagi mereka yang matang dan mampu diberi jabatan yang indah2, baik jabatan2 pemimpin Ef 4:11 dan jabatan2 lainnya. Akan ada kerjasama dengan sangat tertib dalam kasih Kristus, sehingga spesialisasi dan kerjasama ini membawa Gereja dalam kesempurnaan. Ef 4:12. Di dalam Kristus kita tergantung satu dari yang lain, tidak takut diboikot atau dibiarkan dll, sebab hukum yang keras dan pengurapan yang limpah ada dalam semua anggota tubuh Kristus global dan lokal. Sekarang orang melayani masih digerakkan dengan kehendak pribadi yang bisa menghambat, mogok, iri dsb. Tetapi dalam 3,5 tahun ini tidak ada lagi hal2 seperti ini, bisa dihukum Tuhan dengan keras. Sekarang kita sudah harus belajar bekerjasama dengan tulus, suci dan kasih, maka Tuhan akan bekerja dengan heran.

Dalam hari2 ini biasanya kita melihat pekerjaan Roh Kudus dan Firman Tuhan lebih nyata Maz 43:3, tetapi akhir zaman ini juga pekerjaan ajaib dari Bapa makin nyata seperti dalam Wah 12:1, memimpin setiap orang dengan tegas dan nyata dalam pelayanan yang luar biasa, apalagi ditambahdengan pelayanan orang sempurna.

Kita harus bersedia untuk siap masuk dalam rencana penamatan Allah.

Carilah dahulu kerajaan Allah dan hidup dalam kebenaranNya, maka segala perkara2 jasmani akan ditambahkan pada kita Mat 6:33. Kalau mungkin waktu kita hanya 10% untuk perkara2 yang kekal, jangan takut menambah sampai 20% dan lebih, dengan menebus waktu Ef 5:16 KJI yaitu membuang semua waktu2 yang kurang perlu! Istimewa untuk memenangkan jiwa2 dan menumbuhkannya, memuridkannya untuk menggenapkan 3 Angka kedatangan Tuhan itu. Jangan mengejar popularitas sehingga hanya mau melakukan perkara2 yang besar. Kecil, besar kalau dipimpin Roh, lakukan. Seperti Filipus di Samaria ada KKR dan besar, tetapi Tuhan suruh mengejar rata orang Habsyi seorang diri untuk menginjilinya sampai percaya lalu taat. Lebih2 pada akhir zaman, biasakan mendahulukan Kristus, maka Tuhan akan beri kesempatan untuk bisa mendapat kesempatan atau waktu yang lebih besar yaitu 30-40%, apalagi orang2 yang rohani dan full time bagi Tuhan. Jangan hitung2an (ijir), tetapi pakai lebih banyak waktu yang bisa kita tebus untuk tumbuh dalam rencana Allah di akhir zaman ini.

Hidup dalam dosa itu banyak buang waktu, juga sakit, cari, kejar perkara2 dunia, seringkali iblis menjerat sehingga waktu kita habis. Minta pimpinan Roh dan hancurkan segala gangguan dan tipu daya iblis. Kita tidak tahu berapa waktu yang kita miliki, tetapi pakailah dengan bijak, maka kita bisa menebuslebih banyak waktu lagi. Hati yang suci dipimpin Roh dan waktu yang limpah sangat penting untuk bisa melakukan hal2 besar dan meningkat makin suci dan berkenan pada Tuhan Maz 60:14.

Target.

Kita tidak tahu berapa waktu kita dan bila Minggu ke-70 Daniel mulai, tetapi mulailah se-baik2nya dengan Bapa, Putra dan Roh Kudus. Perhatikan ketigaNya supaya kita bisa dipimpin dengan efektif.

Dalam hari2 itu peningkatan rohani dihitung dalam hari, sekarang mungkin dengan tahun, tetapi kita harus menilai lebih progresif dengan bulan demi bulan, kasus demi kasus dalam pimpinan Roh Kudus. Beri waktu lebih banyak untuk masing2 7 Kebutuhan Pokok Rohani dan dengan ketat memelihara kesucian dengan salib Kristus Rom 6:6, sekalipun sekitar kita terus meningkat dalam dosa. Kita sanggup dengan Tuhan, jangan ragu2. Hitunglah hari2 yang kita miliki (sekalipun tidak tahu) sebab jumlahnya makin kurang, karena itu pakailah dengan efektivitas ilahi dalam pimpinan 3 Pribadi Allah. Kalau orang2 Wasiat Lama memakai hidupnya hanya sampai + 20-30% dari rencana Allah, dan yang bisa sampai 100% jadi sempurna hanya 3 orang. Tetapi orang Wasiat Baru akhir zaman dalam masa penamatan ini dengan efisiensi ilahi, 144.000 orang bisa mencapai 100% dari rencana Allah (menjadi sempurna), sungguh suatu perbandingan yang luar biasa. Yang sedikit di bawahnya(misalnya 97-98%) itu lebih banyak, misalnya 300,000 orang. Mungkin yang 95% bisa 700,000, yang 92% bisa 1,000,000 dst. (sebab lebih ke bawah lebih banyak jumlahnya Luk 13:23-24, ingat 120 orang di kamar loteng, 70 murid2, 12 rasul dan 3 yang paling dekat dengan Tuhan Yesus). Kalau kita tidak menggunakan kesempatan ini, kita rugi. Jangan lupa juga 2 karunia khusus akhir zaman (Wasiat Baru) yaitu balita (bahasa lidah + tafsirannya) itu harus dipakai dengan limpah, sebab ini keistimewahan dari Wasiat Baru yang membawa kepada kesempurnaan!

Ada orang yang tidak peduli dan terus mengejar hal2 yang fana, mereka ada di jalur jalan lebar. Tetapi yang percaya dan mau taat untuk lebih banyak mengejar yang rohani itu ada di jalan sempit yang betul. Percayalah bahwa fasilitas yang kita perlukan tetap akan limpah, apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel dengan milik bersama. Usahakan dalam tahun ini untuk tumbuh lebih cocok dalam rencana Bapa, Putra dan Roh Kudus dengan limpah dalam setiap segi hidup. Jangan tersisih oleh Polarisasi dan hukuman rumah Allah, tetapi majulah dengan cepat dari hari2 yang lalu.

Nyanyian:

Tambah hari tambah cinta Yesus.

Tambah hari tambah kupercaya.

Tambah hari tambah benci dosa.

Tambah hari tambah kuberbuah.