M3807 – Mat 10:1,7-8, Mark 3:14-15 Pelayanan Dan Jawatan Kesembuhan

KEHENDAK ALLAH DAN PERLENGKAPAN UNTUK KESEMBUHAN

  1. Tuhan menghendaki kita sehat dan sembuh (kalau sakit) dan umur kita terpelihara dalam tangan Tuhan. Kita mempunyai jatah umur dari Tuhan (meskipun masih bisa berubah), sebab itu kita tidak perlu kuatir, asal kita tinggal didalam Kristus selalu Yoh 15:5; 6:56.
  2. Untuk kesembuhan Tuhan menyediakan bilurNya 1Pet 2:24, Yer 30:17 dan kesembuhan dari Tuhan untuk kita itu seperti roti bagi anak2 Mat 15:26 sebab Dia adalah Tuhan penyembuh Kel 15:26.
  3. Kelas2 kesembuhan bagi umat Tuhan yaitu:

Kelas satu langsung sepenuhnya dari Tuhan saja. Kelas dua dibantu hal2 tertentu misalnya gizi, istirahat atau obat. Kelas tiga secara manusiawi, bisa netral, tetapi seringkali ini bercampur, dengan occultisme (ini tentu melawan Firman Tuhan).

  1. KALAU SAKIT APA YANG KITA LAKUKAN?

Nomor satu cari Tuhan, lalu minta kesembuhan baik kelas satu atau kelas dua. Ada yang tidak mencari Tuhan (seperti Asa meskipun ia mula2 berkenan pada Tuhan 2Taw 16:12), sebab itu tidak ada kesembuhan dari Tuhan, hanya dari para tabib dan akhirnya ia mati.

Nomor satu carilah Tuhan. Mengapa? Sebab :

1). Tidak ada yang kebetulan, Yer 15:2 sebab kalau Tuhan membiarkan atau mengijinkan, pasti ada sebabnya baik dosa (dihajar) atau ujian (seperti Ayub). Tentu kalau sudah tahu ada dosa harus segera hari itu juga dibereskan Ibr 3:15, supaya jangan dosa itu terus bertumbuh dan berkembang biak, sehingga akhirnya penyakitnya juga makin berat dan makin meluas. Kalau ujian, kita harus menghadapinya dengan Tuhan sampai lulus. Minta pimpinan Roh Kudus, jangan sampai jatuh dalam dosa.

2). Umur, sehat, sembuh itu ada dalam tangan Tuhan, datanglah pada Tuhan lebih dahulu, pasti untung, sebab yang berharap pada kekuatannya sendiri, apalagi harap pada iblis akan celaka Yer 17:5. Tuhan yang menentukan mati hidup serta kesembuhan setiap orang. Datanglah pada Tuhan lebih dahulu dan berharaplah kepadaNya, maka Tuhan akan menyembuhkan Maz 30:3.

3). Carilah dahulu kerajaan Allah (Allahnya) dan kebenaranNya maka segala kebutuhan kita akan ditambahkan pada kita. Jangan ragu2, ini kehendak Allah dan pasti jadi Mat 6:33.

4). Allah kita itu kekal, tidak berubah Ibr 1:12; 13:8, Yak 1:17, Maz 3:11; 102:27; Mal 3:6.

Sebab itu carilah Tuhan, harap dan percayalah akan segala janji2-Nya yang tidak berubah Luk 21:33.

  1. ORANG2 YANG MENGERJAKAN KESEMBUHAN ILAHI.
  2. Semua orang percaya. Mrk 16:17-18. Kalau 12 murid dipanggil Tuhan dan diberiNya kuasa untukmenyembuhkan orang sakit dll Mat 10:1 Mark 3:14, 15 ; 6:13.

Jadi semua orang percaya bisa menyalurkan berkat kesembuhan dari Tuhan, sebab:

  1. Ini adalah kehendak Tuhan. Tuhan memberi hak (tanpa “Akte Notaris”, tetapi anak2 Allah mengambilnya dengan iman) untuk memakai nama Tuhan untuk menyembuhkan orang sakit Mat 16:7-8.
  2. Kita ini hamba/ budakNya 1Kor 6:19-20.
  3. Sesudah dibaptis Roh Kudus, kita jadi imam2Nya yang harus melakukan pekerjaanNya 1Pet 2:9.
  4. Kita diberi kuasa untuk menjadi saksiNya sampai di seluruh dunia Kis 1:8.2. Dengan apa kita menyalurkan kesembuhan Tuhan? Dengan :

a). Iman, percaya akan janji Tuhan dan perintah Tuhan

b). Dengan kesucian yang tulus. Pelayanan tidak boleh dengan dosa atau maksud2 dosa 2Kor 6:17. Orang yang melayani Tuhan dengan dosa atau api yang lain (mengharapkan keuntungan2 tertentu dll) bisa mati dalam pelayanan seperti Nadab dan Abihu Im 10:1-2.

c). Sesuai dengan Firman Tuhan. Kita tidak boleh melakukan pekerjaan Tuhan dengan ngawur, tetapi semua ada peraturannya yaitu imamat untuk para imam2. Semua harus dicocokkan dengan Firman Tuhan. Termasuk dengan banyak berdosa supaya iman jadi kuat dan ada pengurapan Roh Kudus yang kuat Kis 1:8, 1Tes 5:17.

d). Dengan kerjasama dalam kesucian dan dalam Roh Kudus.

e). Tua2 sidang bisa memakai minyak Mark 6:13, Yak 5:14,15.

Semua orang percaya lain cukup dengan tumpang tangan, tetapi dengan tulus, dengan iman, sesuai Firman Tuhan.

Pelayanan kembar. Setiap orang beriman wajib melayani Tuhan untuk bersaksi,  menginjil, melepaskan dari dosa, mengusir setan dan menyembuhkan orang, lakukanlah! Mat 7:21. Ini adalah pelayanan kembar, menyelamatkan dan menyembuhkan Mat 10:1,7-8; 4:23, Mrk 3:14-15 KJI, Mrk 6:12-13; 16:17-18, Luk 9:2; 10:9, tugas ini diberikan Tuhan pada semua orang Kristen, semua diberi hak untuk melakukan hal ini.

Kalau praktek dokter itu banyak syaratnya, tetapi untuk menyembuhkan orang sakit dengan kuasa Allah diberikan pada setiap orang percaya. Kadang2 ada yang tidak tulus atau berakhir dengan daging, toh Tuhan masih memakainya seperti dalam Mat 7:23. Kita tetap harus tetap tulus dan melakukannya dengan benar,  tetapi semua bisa melakukannya bukan hanya pemimpin2 atau jabatan2 penyembuh saja.

Tuhan tidak membedakan orang percaya atau pelayan Tuhan yang mana, semua boleh dan diharapkan melakukan tugas ini dengan iman. Sebab itu sekalipun tidak diangkat untuk jawatan khusus penyembuhan, kita semua boleh dan bisa menyalurkan kuasa kesembuhan Allah.

Jangan ragu2 percayalah.

Berapa yang berhasil tergantung dari iman masing2 Mat 8:13. Kita tidak perlu ragu2 mengerjakannya, baik untuk dirinya sendiri keluarga dan orang lain, untuksiapa saja yang mau percaya dan mau didoakan. Jangan lupa, jangan minta bayaran, sebab itu melanggar peraturan Tuhan Mat 10:8.

Jangan mengharapkan apa2, apalagi menuntut!

  1. Tua sidang2 atau pelayan Tuhan. Yak 5:14,15. Jadi semua pemimpin2 jangan ragu2 mendoakan orang sakit dalam Nama Tuhan Yesus. Tua2 Sidang boleh pakai minyak sebagai tambahan.
  2. Dengan karunia Roh Kudus 1Kor 12:9.

Orang yang penuh dan dipimpin Roh itu bisa minta atau diberi pada kasus2 tertentu, karunia2 untuk menyembuhkan orang sakit. Disini kita menyalurkan kesembuhan dari Tuhan sebagai pemberian Roh Kudus  yang diberikan Roh Kudus pada orang tertentu yang sakit itu sebagai pemberian Tuhan lewat kita. Kalau kita yakin Tuhan menyuruh kita, maka lakukan dan orang itu akan sembuh; ini karunia atau pemberian Tuhan sesuai dengan kehendak Roh 1Kor 11:12. Janga ragu2. Semua orang yang sudah dibaptis dalam Roh bisa disuruh atau dipakai Tuhan untuk hal ini. Jadi semua orang beriman itu bisa mengambil kesembuhan dari Tuhan dengan iman, itu hak setiap orang percaya, setiap orang yang penuh Roh  Kudus, bahkan kita diperintahkan untuk hal ini. Betapa indah, setiap orang percaya bisa melakukan dan menerimanya!

  1. Jabatan kesembuhan. Ada orang2 khusus yang dipakai Tuhan untuk pelayanan kesembuhan. Sebagai jabatan, tidak semua orang di pakai seperti ini 1Kor 12:28,30. Sama seperti Nabi, rasul, guru, penginjil, gembala itu bukan utnuk setiap orang, tetapi hanya bagi orang2 yang dipilih Allah. Biasanya mereka sangat terbeban sebab ini jadi pelayanan utamanya. Ia pergi kemana2 seperti Putra Manusia untuk menginjil, menyelamatkan orang berdosa dan menyembuhkan penyakitnya. Orang2 yang merasa terbeban dan dipilih Tuhan untuk jabatan ini, hendaklah ia mengerjakan dengan sungguh2 dalam kesucian dan dengan taat akan pimpinan Roh Kudus, maka banyak orang akan sembuh dan percaya kepada Tuhan Yesus.
  2. Oleh Firman Tuhan. Dalam membaca atau mendengar Firman Tuhan,

ada kesembuhan. Maz 107:20. Mengapa bisa? Mendengar Firman Tuhan menimbulkan iman Rom 10:17 sehingga terjadi kesembuhan. Waktu orang itu menerima Firman Tuhan masuk dalam hatinya dan penyakitnya sembuh, sebab Firman Tuhan itulah AllahYoh 1:1. Sebab itu kalau seorang mendengar Firman Tuhan dengan baik seperti tanah yang baik, itu akan menghasilkan ber-macam2 buah yang indah Mat 13:23.

  1. Perjamuan Suci.

Ini juga bisa menghasilkan kesembuhan sebab orang yang makan tubuh dan darah Tuhan, Tuhan tinggal didalam dia, dan dia tinggal didalam Tuhan. Yoh 6:56. Kalau ada Tuhan dalam seseorang, tidaklah aneh kalau orang itu sembuh. Bahkan Tuhan adalah jawaban dari semua problem. Kalau kita percaya, kita akan sembuh. Jadi untuk penyakit, semua bisa mendoakan meskipun ada yang khusus diberi jawatan pelayanan kesembuhan. Yang penting harus percaya seperti dalam Kis 14:9.

  1. SAATNYA

Firman Tuhan itu berlaku untuk:

  1. Segala saat, sebab Firman Tuhan itu kekal Luk 21:33.

2). Saat pribadi.

Kadang2 ada masanya untuk sembuh  bagi seseorang. Lazarus dibiarkan sampai parah dan mati, baru Tuhan jamah Yoh 11:6. Ada orang buta tetap buta sampai waktunya datang ia disembuhkan Yoh 9:2-3. Biasanya Tuhan Yesus langsung menyembuhkan orang pada waktu itu, hanya beberapa saja yang tampaknya harus menunggu, karena sebab2 tertentu.

3). Saat2 yang limpah, istimewa waktu Hujan Awal, Hujan Akhir. Pada waktu pelayanan Putra Manusia Yesus plus Hujan Awal, kesembuhan terjadi begitu banyak, kebanyakan kelas satu dan limpah. Ini akan terulang waktu akhir zaman dalam Hujan Akhir karena kegerakan Roh kudus. Tetapi sesudah Tuhan Yesus menebus manusia di Golgota, setiap saat semua orang yang percaya bisa mendapatkan keselamatan dan kesembuhan oleh darah dan bilur Tuhan Yesus 1Pet 2:24. Kita melihat jumlahnya hari2 ini cukup banyak, campuran antara kelas satu dan kelas dua (yang penting nomor satu mencari Tuhan jangan seperti Asa!). Dalam Hujan Akhir pada waktu 3,5 tahun pertama Minggu ke-70 Daniel, kesembuhan kelas satu dan mukjizat akan begitu limpah sehingga praktis tidak ada penyakit dan gereja betul2 jadi ajaib. Wah 12:1.  Tetapi jangan menunggu Hujan Akhir (Meskipun sudah dekat),  sebab itu semua tergantung dariiman kita, sebab dari pihak Allah tidak ada perubahan. Tiga Pribadi Allah semua siap dan sedang bekerja dan Mereka tidak berubah baik dahulu sekarang dan dalam hari2  yang akan datang Ibr 13:8. Yang penting adalah iman dan iman ini adalah hasil pekerjaan Roh Kudus dalam orang yang mau percaya, maka kesembuhan dan mujizat akan terjadi.

Tuhan Yesus tidak berubah, Ia siap melakukannya, sebab itu percayalah. Kalau kita percaya, sekarang pun bisa jadi (dalam 3,5 tahun pertama, Minggu ke tujuh puluh Daniel, memang ada polarisasi Wah 22:11 dan gereja akhir zaman jadi tertib, murni, meningkat tinggi dalam kesucian, tidak campuran sehingga kuasa Roh Kudus bisa bekerja bebas dalam Hujan Akhir, dengan nyata dan kuat, diseluruh dunia, sudah mendidih). Hujan akhir itu seperti air mendidih, seluruh alasnya bergelembung dan me-luap2 sebab mendidih. Dalam proses mendidih ini, mula2 hanya ada beberapa tempat yang bergelembung. Begitulah kegerakan Roh Kudus dan kesembuhan dimulai sekarang terpencar-pencar di mana2 padalokasi2 tertentu sesuai dengan iman di lokasi tersebut, mulai sedikit mendidih di mana2. Sebab itu sekarangpun kegerakan Hujan akhir itu bisa terjadi secara lokal.

Percayalah dan limpah berdoa dalam Roh dan kebenaran, supaya iman tumbuh makin besar dan Roh Kudus mendapat kesempatan bekerja lebih bebas dan lebih kuat sehingga frekuensi kesembuhan kelas satu makin banyak.

BOLEHKAH KESEMBUHAN ILAHI DIPAKSAKAN?

Jangan! Sebab setiap orang menerima sesuai dengan imannya. Kita boleh memberi penjelasan, mendorong dan menguatkan lalu mengajaknya untuk berdoa. Tetapi masing2 menentukan sendiri, apakah ia mau percaya atau tidak dan dengan demikian sembuh atau tetap sakit. Sebab kalau yang sakit tidak sembuh, akibat terakhir adalah mati dan itu tergantung imannya. Tetapi kalau orangnya sendiri ngotot, yakin, itu baik dan doakan, maka Tuhan akan menyembuhkannya sesuai dengan FirmanNya.

Yak 5:15

Maka doa yang berasal dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu, dan Tuhan akan membangunkan dia, dan jika ia telah berbuat dosa, itu akan diampuni. (KJI)

 

Ini seperti yang dilihat Paulus sebab ia diyakinkan oleh Roh Kudus dalam Kis 14:9.

Orang ini mendengar Paulus berbicara dan Paulus yang terus memperhatikannya, melihat bahwa ia memiliki iman untuk disembuhkan. (KJI)

Juga Tuhan Yesus melihat Bartimeus ada iman dan Ia memanggilnya, mendoakannya dan ia sembuh.

  1. KALAU BELUM SEMBUH .

Jangan kecil hati sebab Firman Tuhan tidak bisa kadaluarsa, tetap berlaku Luk 21:33. Kita perlu :

1). Periksa diri, kalau masih ada dosa, bereskan, kalau ini ujian seperti Ayub, dll, hadapi sampai lulus. Mungkin juga ada maksud2 Tuhan tertentu yang belum kita mengerti, tunggulah dalam pimpinan Roh Kudus, sebab Tuhan selalu mempunyai maksud2 yang baik meskipun kita belum mengerti. Jangan lupa, jangan ber-sungut2 tetapi percayalah bahwa Dia cinta, baik, benar, tidak pernah terlambat, sebab itu bersyukur terus sambil berdoa terus menerus Luk 18:1  ber-sama2 dalam Roh dan kebenaran, sehingga iman terus ditumbuhkan Luk 17:5 dan kuasa pengurapan Tuhan makin limpah seperti Hujan Akhir, maka Tuhan akan memberi jawabanNya. Jangan pernah menyalahkan Allah, sebab Dia tidak pernah salah atau terlambat Ayub 34:12. Kesalahan selalu pada manusia atau ada maksud2Nya yang belum kita mengerti,tetapi bersyukur terus Ef 5:20.

 

  1. HALANGAN2 PELAYANAN KESEMBUHAN.
  2. Tidak disertai Tuhan, sebab ada dosa, ada maksud2 yang salah dll.
  3. Sebab tidak percaya. Kalau ada seorang percaya dan bertobat, meninggalkan dosa2nya, kita yakin Tuhan sudah mengampuni dosa2nya. Begitu juga kalau seorang yang sakit percaya pada Tuhan Yesus, yakinlah bahwa dengan mendoakannya dalam Nama Tuhan Yesus, Tuhan sudah menyembuhkannya; Mengampuni dan menyembuhkan itu sama mudahnya bagi Tuhan Mat 9:5; 8:17.

Orang yang tidak percaya bahwa Tuhan Juru selamatnya, ia akan terus jatuh bangun dalam dosa dan menderita. Begitu juga orang yang tidak percaya bahwa Tuhan adalah Penyembuhnya (Yehova Rapha), maka ia akan di-injak2 dan diperbudak oleh ketakutan akan penyakit dan kematian (Ibr 2:15) dan terus tersiksa oleh penyakitnya. Sebab itu percayalah dan terimalah sesuai dengan iman mu. Mat 8:13.

  1. Sebab terbesar itu bukan dari luar tetapi dari dalam pikiran sendiri (lebih2 oleh panah berapi si iblis, sebab itu tinggallah di dalam Tuhan dan percayalah). Akal ini selalu berkata: “Andaikata tidak berhasil, gagal, tidak sembuh, bagaimana?” Ini membuat imannya luntur. Charles Hunter tetap percaya (bahwa Tuhan bisa menyembuhkan) meskipun 2000 orang sakit yang pertama didoakan tidak sembuh, ia tetap percaya, Roh Kudus menolongnya dan sesudah itu ia melihat banyak kesembuhan dilakukan Tuhan waktu ia berdoa. Jangan ragu2, percaya saja, sembuh atau belum, tetap percaya. Sembuhkanlah dengan iman, kita ini anak Allah (anak Rajawali) yang diberi hak, bukan anak iblis (anak ayam).

 

TUJUAN

Apakah maksud semua hal ini?

Diantara manusia, problem kesembuhan seringkali jadi gangguan pada banyak orang, lebih2 kalau makin tua makin banyak gangguannya. Tetapi semua ini sudah termasuk dalam rencana Allah yang lengkap meskipun rumit untuk:

  1. Menyelamatkan umat manusia dan
  2. Menumbuhkannya dalam rencana Allah yang sempurna.

Kuasa kesembuhan ini perlu dipakai dalam penginjilan untuk semua orang yang percaya supaya makin diteguhkan imannya dan supaya umat Tuhan dalam tubuh yang sehat, mempunyai lebih banyak kesempatan untuk berkemenangan dalam semua segi hidup sehingga bisa terus bertumbuh makin seperti Kristus.Jangan ragu2, sebab semua orang percaya bisa memakai fasilitas ini dalam kesaksiannya. Kerjakan saja (asal orang itu mau percaya dan mau didoakan) lakukan saja dengan iman dan Tuhan akan menyembuhkan.

Juga untuk saling mendoakan, saling menyembuhkan satu sama lain dengan iman dan karunia2 Roh, sehingga dalam segala2nya nama Tuhan dipermuliakan, bukan nama kita (juga jangan sampai nama iblis dibesarkan) maka kita akan terus tumbuh di dalam Tuhan yang kita permuliakan.

Memang Tuhan memperlengkapi gereja yaitu umatNya dengan fasilitas lengkap, khususnya untuk tubuh kita supaya tetap sehat dan sembuh dalam umur yang diberikan Tuhan, sehingga kita bisa bergerak, berbuat kehendak Tuhan dengan se-penuh2nya supaya kita sendiri tumbuh dan ber-buah2. Juga dalam menghadapi serangan2 iblis. Memang iblis tidak berhak berbuat apa2 dalam tubuh roh kita. Secara langsung iblis tidak berdaya, sebab kita dijaga dan dilindungi Tuhan (kecuali iblis memberi penyakit bagi anak2nya sendiri). Tetapi secara tidak langsung iblis bisa membujuk anak2 Allah sehingga memakai tubuh ini dengan salah (makan ber-lebih2, yang tidak patut, makanan yang salah dsb) dan menggodanya sampai berdosa, maka dengan itu bisa timbul penyakit. Sebab itu jangan bodoh, ketahui segala tipu daya iblis 2Kor 11:2. Jadi tujuan Tuhan dengan janji2 umur, sehat, sembuh, adalah untuk memperlengkapi kita untuk menyelamatkan jiwa2 se-banyak2nya dan bertumbuh sampai seperti Kristus, yang akan terus berlanjut sampai kekal. Semua ini karena kasih Allah. Yoh 3:16.

 

  • KESIMPULAN.

Jangan tunggu pemimpin2, pendeta, rasul2 atau orang2 yang mendapat jabatan kesembuhan, tetapi semua orang beriman hendaklah jadi berkat  yang tulus untuk semua orang sakit disekitarnya yang mau didoakan dan percaya, untuk memuliakan nama Tuhan dan menyelamatkan jiwa2. Percayalah! Frekuensi kesembuhan itu terutamatergantung dari iman kita, meskipun sikon Hujan Awal dan Hujan Akhir ada pengaruhnya, tetapi sekarangpun kesembuhan bisa terjadi dengan nyata, sebab Tuhan tidak berubah, termasukjanji2Nya juga. Bagi orang yang tinggal di dalam Kristus dan bisa percaya, hidupnya bisa berada seperti dalam Hujan Akhir bahkan bisa menjadi sempurna seperti orang2 Wasiat Lama meskipun sikon dan fasilitasnya kurang mendukung (belum waktunya), tetapi mereka sudah menjadi sempurna karena iman Ibr 11:5. Tidak ada yang mustahil bagi orang yang bisa percaya Mar 9:23.Kita bisa berada dalam Hujan Akhir secara pribadi, dan kelompok2 kita, inibertebaran di mana2 seperti air yang mulai mendidih dan akhirnya akan terjadi di seluruh dunia sebentar sebelum pengangkatan.

Bagi2kanlah kebenaran Firman Tuhan pada saudara2 yang lain, supaya menjadi dorongan untuk dengan yakin berdoa dan tumpang tangan untuk kesembuhan. Kerjakan dengan iman dalam pimpinan Roh Kudus, dengan hikmat dan kuasaNya.

Jangan lupa terus folow up di rumah dengan terus mendoakannya dalam Roh dan kebenaran sehingga imannya  tumbuh. Kalau ada yang belum sembuh teruskan follow up dengan ber-tanya2 akan Tuhan 1 Taw 16:11, dan berdoa terus, sebab segala perkara yang terjadi akan menjadi kebaikan bagi orang yang cinta Tuhan. Rom 8:28.

Orang yang berjalan dalam Roh itu akan “biasa” bercakap2 terus dengan Tuhan, apalagi dalam bahaya atau sakit, kita datang dan bertanya pada Tuhan dahulu, bukan pada yang lain, sebab Tuhan itu sangat teliti memelihara, menjaga, melindungi kita sampai satu rambutpun dihitung oleh Tuhan. Berjalan dalam Roh adalah cara hidup yang terbaik, tehnologi Ilahi yang paling penting di akhir zaman ini, sebab bukan kita lagi yang hidup tetapi Kristus yang hidup dalam kita Pil 1:21.