M3809 – Matius 10:28-33. Jangan Takut Kesukaran Dan Bahaya.

MAT 10:28a. JANGAN KAMU TAKUT TERHADAP MEREKA YANG MEMBUNUH TUBUH.

Ancaman orang berdosa/ jahat itu sudah sejak manusia pertama yaitu Kain yang membunuh Habil Kej 4:8. Iblis yang bekerja dalam orang berdosa adalah pembunuh dari mulanya Yoh 8:44. Lebih2 pada akhir zaman di mana Tuhan mengizinkan dosa dan kesucian meningkat sampai pada puncaknya Wah 22:11. Mengapa Tuhan mengizinkan hal ini sampai dunia jadi ribut dan kacau? Sebab:

  1. Sudah mendekati saatnya penamatan dunia ini.
  2. Pengolahan dan ujian bagi umat Tuhan juga meningkat sehingga yang lulus akan ikut dalam kesempurnaan rencana Allah.

Kalau Tuhan mengizinkan, Ia juga mempersiapkan umatNya supaya bisa lulus dalam pelajaran2 (pengolahan) dan ujian yang makin besar. Jangan takut. Perlengkapan akhir zaman pasti diberikan lebih dahulu yaitu Hujan akhir (sehingga ada pengurapan dobel, dua kali ganda bahkan limpah tanpa batas seperti Yoh 3:34), pembukaan Firman Tuhan Mat 10:26-27 sehingga orang2 bisa, bahkan wajib mengambil 2 gomer Kel 16:22 seperti Elia sebelum masuk dalam penyempurnaannya 1Raj 19:7. Juga jabatan2 nyata (Ef 4:11-12 untuk menyempurnakan sidangNya), Polarisasi di luar dan di dalam Gereja, yang jahat dan yang suci makin bertambah nyata. Frekuensi Perjamuan Suci meningkat sampai setiap hari Kis 2:46. Timbul orang sempurna dan pelayanan orang sempurna dll. Juga tanda2 dosa dan kejahatan dalam dunia makinmeningkat, malapetaka, peperangan dll. Pada waktu Minggu ke-70 Daniel mulai maka 4 Meterai dan 4 Sangkakala yang mula2 akan terjadi. Yang penting kita harus meningkat dan makin mahir dipimpin Roh, untuk lulus dalam semua pencobaan dan ujian akhir ini (masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:7) sehingga bisa ikut dalam rencana penamatan Allah, ikut dalam pengangkatan, tidak tertinggal.

Syarat minimum akhir zaman akan meningkat, sebab itu, tingkat rohani kita harus meningkat, sehinggakita bisa ber-jaga2 dan siap seperti ligabis (Lima Gadis Bijaksana). Tanpa pengurapan dobel dan Firman Tuhan 2 gomer serta makin mahir dipimpin Roh, sekalipun orang beriman akan takut dan gugur dalam akhir zaman ini.

KEMATIAN.

  1. Ini ditentukan oleh Tuhan 1Sam 2:6. Kalau Tuhan mengizinkan, baru kematian itu datang seperti pada Habil, Stefanus, Yohanes Pembaptis dll. Tetapi kalau Tuhan tidak mengizinkan, itu tidak terjadi, misalnya seperti Petrus yang terlepas, juga Paulus yang sudah dirajam sampai mati, tetap hidup (kembali) Kis 14:19-20. Kita tidak perlu takut, sebab Tuhan memelihara setiap kita baik2 Mat 10:30,31. Tetapi kita harus selalu bersedia Amos 4:12.

Orang yang mati itu selalu ada sebabnya (meskipun kadang2 kita tidak tahu mengapa), biasanya karena jatah umurnya habis atau dipotong karena dosa.

Dalam Wasiat Lama kita melihat umat Tuhan yang mati dibunuh adalah mereka yang berdosa tetapi yang benar akan selalu menang dan tertolong sekalipun dalam bahaya Maz 91:7. Orang benar tetap terpelihara.

Dalam Wasiat Baru ada perbedaan rencana Allah dalam Hujan awal dan Hujan akhir.

Di dalam rencana Tuhan untuk Hujan awal kita melihat banyak yang mengalami mati syahid tetapi dalam Hujan akhir rencana Allah bagi umatNya adalah pengangkatan sehingga Tuhan menjanjikan tidak ada yang mati 1Kor 15:51-52. Ini untuk Gereja akhir zaman dalam Minggu ke-70 Daniel dan ini akan digenapkan Tuhan.

Minggu ke-70 Daniel sebelum pengangkatan hanya 3,5 tahun. Yang ikut pengangkatan bukan hanya orang2 dari 3,5 tahun ini, tetapi sudah bersedia jauh sebelumnya, bisa 70-80 tahun sebelumnya, tidak mati, tetapi ikut pengangkatan dalam Minggu ke-70 Daniel ini. Seperti Paulus dan rasul2 yang banyak menghadapi bahaya, tetapi Tuhan sanggup memelihara mereka sebab:

  1. Mereka termasuk orang2 yang akan ikut pengangkatan, sekalipun sebelum Minggu ke-70 Daniel,
  2. Kalau mereka hidup itu berguna bagi umat Tuhan Pil 1:24. Mereka jadi berkat dan mereka sendiri tumbuh rohaninya dalam tingkat2 kemuliaan yang makin tinggi dan itu untuk kekal.
  3. Masing2 memang punya jatah umur dari Tuhan, kecuali habis seperti Elisa 2Raj 13:14.

Tuhan sanggup memelihara semua (Dia tahu lebih dahulu) yang akan ikut pengangkatan, istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel khususnya Gereja Minggu ke-70 Daniel yang mengalami puncak2 kejahatan dan Polarisasi Wah 22:11.

Dalam Hujan awal, dalam banyak ancaman dan bahaya mereka diizinkan mati karena Tuhan, tetapi dalam Hujan akhir, sekalipun banyak tantangan2, umat Tuhan dalam Gereja Hujan akhir tidak akan mati, sebab ada janji khusus untuk itu (1Kor 15:51-52) dan ikut dalam pengangkatan hidup2an.

MAT 10:28b. TIDAK DAPAT MEMBUNUH JIWA (ROH).

Jiwa atau roh yang dihukum dalam Neraka itu karena dosa Rom 6:23. Sebab itu kalau kita hidup dalam kesucian dengan Tuhan sampai akhir hidup kita, kita akan terpelihara dan tidak sampai kena hukuman dalam Neraka ini.

MAT 10:28c. TETAPI TERUTAMA TAKUTLAH AKAN DIA YANG BERKUASA MEMBINASAKAN KEDUANYA, BAIK JIWA MAUPUN TUBUH DI DALAM NERAKA.

Orang yang takut akan Tuhan akan masuk dalam kemuliaan yang kekal dalam Surga. Tetapi orang yang tidak takut akan Allah akan masuk dalam Neraka dan dibinasakan baik tubuh dan jiwanya dalam Neraka yang kekal yaitu Tasik Api Wah 20:12-13. Ini menceritakan tentang orang2 berdosa sesudah kebangkitannya akan menghadap Tahta Putih yang Besar lalu dibinasakan dalam Tasik api dalam tubuh kebangkitan orang berdosa (bangkai hidup yang kekal Yes 66:24) sehingga menderita sengsara dalam tubuh tetapi hidup kekal seperti Allah yaitu di dalam rohnya. 1Pet 4:6.

 

MAT 10:29-31. JANGAN TAKUT.

  1. Burung pipit yang harganya setengah duit itu dipelihara Tuhan dan tidak ada yang jatuh ke bumi tanpa kehendak Bapamu.
  2. Rambut di kepalapun sudah dihitung Tuhan dan tidak akan gugur seperti burung pipit itu.
  3. Anak2 Allah lebih berharga dari burung pipit. Tuhan membandingkan satu rambut kita itu lebih berharga dari burung pipit itu. Kita tidak perlu takut tetapi kita harus memenuhi syaratnya dalam ayat2 berikut ini.

 

MAT 10:32-33. JANGAN MENYANGKAL TUHAN TETAPI MENGAKUINYA.

Orang yang mau mengakui Tuhan di hadapan manusia akan diakui Tuhan dan dipelihara, sebab itu kita perlu hidup benar, berjalan dengan Tuhan dalam masa hidup kita  yaitu berjalan dalam Roh, berjalan dengan Tuhan. Bukan saja nanti dalam Minggu ke-70 Daniel, tetapi mulai sekarang. Paulus dan Rasul yang berjalan dengan Tuhan, meskipun mengalami banyak tantangan2 bahaya tetap terpelihara kecuali Tuhan mengizinkan sesuai dengan rencana Allah dalam Hujan awal. Tetapi dalam Hujan akhir rencana Tuhan lebih indah yaitu masuk dalam rencana penamatan Allah, laluikut dalam pengangkatan dan tidak mati, istimewa untuk semua anggota Gereja Hujan akhir. Sebab itu kita harus belajar mahir berjalan dalam Roh sesuai dengan Firman Tuhan seperti Putra manusia Yesus Mat 4:1, Luk 4:1,18. Juga Rasul2 dan setiap orang beriman sejak hari Pentakosta Gal 5:16-17, Rom 8:13-14. Justru inilah definisi putra2 Allah yang betul, yang harus nyata di akhir zaman ini, istimewa dalam Hujan akhir. Kekuatan manusia terbatas meskipun ada akal dan kekuatannya, kita harus harap pada Tuhan dan melatih diri kita untuk terus berjalan dalam Roh. Gemuruh kedahsyatan zaman Antikris itu sudah mulai terdengar di mana2 di seluruh dunia, sebab itu kita harus bersedia Mat 24:42 seperti ligabis (ikut pengangkatan) yaitu dengan berjalan dalam Roh. Berjalan dalam Roh itu berarti:

  1. Berjalan dalam kesucian, di jalan sempit. Ini adalah hidup dalam Ruangan Suci (ingat 7 KPR, cara hidup dalam Ruangan Suci). Sekalipun dalam hidup se-hari2, kita harus tetap berjalan dalam Roh, justru kita akan melihat pimpinan dan pertolongan Tuhan dalam semua yang kita perbuat, baik jasmani dan rohani. Maz 1:3.
  2. Kunci untuk berjalan dalam Roh adalah berdoa senantiasa, tanpa berhenti 1Tes 5:17. Ini akan jauh lebih mudah kalau kita bisa berdoa dalam Roh, dan terus menerus hidup benar (cara akhir zaman Yoh 4:23-24). Bahkan ini menjadi kesukaan dan kekuatan yang luar biasa bagi orang beriman Neh 8:11, Pil 4:4,7, yaitu selalu ada dalam pimpinan Roh Tuhan.
  3. Taat dipimpin Roh. Kita harus peka untuk mendengar suara Roh dan taat selalu. Kepekaan ini ditumbuhkan dengan:
  4. Kemauan dan kerinduan untuk selalu hidup berkenan kepadaNya. Orang yang sungguh2 mau, Roh Kudus pasti akan memimpinnya dengan sukacita, sebab memang itu misiNya dalam dunia ini. Rom 8:14, Yoh 14:16-17.
  5. Tumbuh dalam kebenaran Firman Tuhan dan pengurapan Roh Kudus. 2Pet 3:18, sebab Roh Kudus dan Firman Tuhan itu tidak bisa dipisahkan Maz 43:3, Yoh 16:14-15. Ini akan memimpin kita dalam jalan2 yang indah sesuai rencana Allah. Sebab itu kita perlu bertekun dalam keduanya seperti rasul2 Kis 6:4. Tebus waktu dan pakai setiap kesempatan2 yang ada untuk terus berdoa tanpa stop (“disel”). Orang yang berjalan dalam Roh (ini berarti berjalan dengan Tuhan Kej 6:9) akan mengalami hidup yang berkemenangan dalam kesucian, penuh hikmat dan kuasa Allah, sehingga hidupnya menjadi indah dalam rencana Allah.

Dalam Kis 16:6-40, dst kita melihat bagaimana rasul Paulus dalam situasi yang sulit dipimpin Roh sehingga ia bisa mengalami sesuai dengan rencana Allah; seperti Putra manusia Yesus hidup dipimpin Roh, hidupnya begitu efektif, sehingga dalam 3,5 tahun semua bebannya diselesaikan dengan sempurna, tanpa cacat dan dosa.

  1. Tingkatkan kepekaan kita dengan selalu taat akan suara Roh. Memang kita harus terus menyangkal diri, mematikan daging ini sehingga kita bersikap netral untuk taat pada suara Roh, bukan terikat untuk menuruti kehendak daging (Gal 5:17). Berjalan dalam Roh itu berjalan dalam jalan sempit, penuh penyangkalan diri tetapi justru itu indah, penuh sejahtera dan sukacita Tuhan serta hasil yang indah2 dalam segala perkara jasmani dan rohani.
  2. Doa dan puasa Mat 17:21. Kadang2 ada hal2 yang lebih sulit, kita bisa menambah dengan puasa, tetapi tentu tetap dalam kesucian dipimpin Roh.

Kalau kita limpah dengan Firman Tuhan dan pimpinan serta pengurapan Roh Kudus, maka kita bisa mendengar suara Roh dengan jelas dan kuat untuk taat, dan dengan demikian kita makin mahir dipimpin Roh, bisa menjawab setiap pertanyaan, bisa menang atas setiap pencobaan, dan lepas dari segala kesukaran dan bahaya, dalam perlindungan dan berkat kuasa Allah yang heran. Ini tidak bisa kita selesaikan dalam 1 hari atau 1 bulan, tetapi kita perlu dipersiapkan lebih lama, ber-tahun2.

Tubuh daging ini menjadi suatu pelatihan yang efektif. Putra manusia Yesus sendiri dipersiapkan cukup lama dalam tubuh manusiawi ini yang selalu menarik orang2 ke dalam dosa. (Malaikat tidak mempunyai tubuh dosa dan hidup rohaninya dibandingkan dengan manusia dalam dunia, itusangat mudah, tetapi juga pertumbuhannya tidak banyak. Manusia yang taat adalah lebih mulia dari malaikat Ibr 2:7, 1Kor 6:3). Putra manusia Yesus waktu berumur 12 tahun sudah berprestasi sangat tinggi, tetapi masih perlu diolah dan dipersiapkan sampai umur 30 tahun baru diizinkan Bapa untuk keluar pelayanan.

Putra manusia Yesus sudah mahir dipimpin Roh dan terus dalam kesucian (jadi Anak domba yang tidak bercacat cela) sehingga setiap kali berkata dan bertindak selalu tepat sesuai kehendak Bapa dan lulus, selesai dengan cepat dan sempurna. Begitu juga Yusuf, Daud, Yohanes Pembaptis dll, diolah cukup lama sampai mahir dipimpin Roh (+ 30 tahun juga), tetapi sesudahnya menjadi sangat indah sesuai rencana Allah.

Problem2 yang kita hadapi ini menjadi latihan yang baik, sebab semua tidak kebetulan, tetapi dirancang khusus oleh Allah untuk pribadi kita masing2, sehingga kita bisa tumbuh dengan baik. Ingat kita dapat anugerah yang cukup dan ber-beda2 untuk menanggung sengsara karena Kristus Pil 1:29, misalnya anugrah sengsara bagi Paulus itu limpah 2Kor 11:16,33; sebab itu Paulus tumbuh dengan cepat dan indah 1Kor 15:10. Petrus dll juga mendapat anugerah sengsara tetapi yang berbeda, dan mereka menang dan mengalami rencana Allah yang indah2. Jangan sampai jatuh dalam dosa dalam menghadapi problem apapun setiap hari, baik problem rumah tangga, pekerjaan, sekolah, pelayanan, pergaulan dan apa saja. Semua problem itu sudah dirancang khusus untuk kita sebagai anakNya 1Kor 10:13supaya kita lulus, meningkat dan makin mahir berjalan dalam rencana Allah di dalam dunia akhir zaman, yang makin lama makin sulit dan berat. Setiap hari kita harus menang, jangan jatuh dalam dosa, tetapi taat melakukan kehendak Allah, baik berkata, bertindak juga dalam berpikir. Maka dalam kesukaran2 yang akan datang, dalam pimpinan Roh, kita akan tetap menang.

 

KESIMPULAN.

Kesukaran dan bahaya akan makin bertambah banyak dalam segala segi 2Tim 3:1-4. Makin banyak orang gugur dalam dosa 1Tim 4:1, 2Tes 2:3 bahkan banyak orang ketakutan melihat segala perkara yang akan terjadi Luk 21:26. Tetapi kalau kita mengerti kebenaran Firman Tuhan tentang segala kesukaran dan bahaya ini dan bersedia baik2 seperti ligabis yaitu penuh dan dipimpin Roh, maka kita tidak akan takut, justru kita akan bersukacita, sebab Gereja akan mengalami zaman keemasan dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel. Ke-3 Oknum Allah akan menyatakan diri dengan luar biasa dan ajaib dalam GerejaNya seperti yang dinubuatkan dalam Wah 12:1 dan masa penebusan (tubuh) itu sudah dekat dan indah Luk 21:27-28. Hari Penebusan tubuh yang sudah ditunggu segenap dunia Rom 8:23 itu sudah dekat kalau segala perkara2 ini terjadi, yaitu masuk dalam Minggu ke-70 Daniel. Allah sudah merencanakan penamatan rencanaNya dengan indah dan ajaib, asal kita taat dipimpin Roh dalam kesucian untuk melakukan kehendak Allah setiap hari (lulus dalam setiap pencobaan) dalam hidup kita.

Sekalipun hiruk pikuk kedahsyatan akhir zaman ini sudah terdengar, orang2 yang ber-jaga2 tidak takut, sebab sudah bersedia seperti ligabis. Terus bersedia, makin mahir berjalan dengan Tuhan, rencana Allah pasti jadi.

 

Nyanyian:

– O Tuhan saya ingin sperti Engkau.

– B’ri minyak padaku.

– Yesus datang giralnglah, Dia datang seg’ra.