M3806 – Yesaya 29:11 Mengatur Rencana Jangka Pendek Dan Panjang

  1. MENGATUR HIDUP MASING2

Ada orang punya cita2 dan rencana hidup sampai jangka panjang, tetapi ada orang tidak punya rancana apa2 hanya mengalir terus sampai mati, hidupnya tergantung sikon. Ini namanya untung2an dan bisa tidak untung, sebab sikon makin jahat dan semua orang cari untung.

  1. RENCANA HIDUP YANG INDAH DARI ALLAH

Ada kabar baik dan semua orang beriman harus tahu bahwa Allah punya rencana yang baik untuk semua anak2Nya tanpa kecuali (sebab Dia adil, tidak membeda2kan orang Rom 2:11). Sejak lahir baru, Tuhan langsung membuatkan rencana (bahkan sebelum dunia ini Ef 1:4) 1Kor 12:6, Ef 2:10, Yer 29:11. Yaitu rencana jangka panjang lengkap dengan detail rencana jangka pendek. Bukan hanya kaum muda yang beru mulai melangkah, tetapi juga kaum tua bahkan yang sudah hampir berakhir, supaya jangan sampai salah jalan, meskipun saat2 terakhir, masih bisa diperbaiki se-bisa2nya, sebab sesudah mati sama sekali tidak bisa berubah. Penjahat yang disalib, yang akan terjerumus ke neraka, pada saat terakhir masih bisa merubah hidupnya tahu2 berbalik ke Surga, sangat untung.

 

III. RENCANA JANGKA PENDEK

Jangan hanya punya rencana jangka pendek, sebab bisa kehilangan rencana jangka panjang, artinya tesesat dari tujuan yang betul dan celaka.   Misal gara2 dalam rencana jangka pendek putus asa atau sebaliknya sukses, orang jadi lupa rencana jangka panjang, itu bisa berbahaya. Misal Mat 11:26.

 

Ilustrasi:

Rencana jangka pendek itu seperti stasiun2 yang dilewati, tetapi tujuan akhir yaitu jangka panjang harus sampai, misalnya dari Surabaya mau ke Jakarta, ada banyak stasiun yang dilewati, tetapi tujuannya adalah Jakarta. Kalau kereta api susah keluar rel, lambat atau cepat seharusnya sampai tujuan. Tetapi kalau kapal misal dari Surabaya ke Medan, tidak ada rel, jalan di laut bebas, tidak ada tanda2, kemungkinan tersesat lebih banyak, harus tahu jalannya dan, tahu dimana tujuan terakhir,  kalau tidak, bisa2 sampai Makasar atau Ambon. Ada orang kristen yang ikut arus atau trend, hidupnya seperti kapal, tersesat sampai ke neraka. Tetapi yang hidupnya seperti kereta api, ikut ril, sampai di tujuan. Jalan atau rel itu jelas yaitu:

1). Hidup menurut Firman Tuhan dengan pengertian yang betul.

2). Hidup suci dipimpin Roh.

3). Ajaran yang betul. Sebab ajaran yang salah, itu seperti jalan di laut, dikira sudah di surga, ternyata masih jauh, tahu2 tiba di Neraka.Kita perlu saling nasehat menasehati, perlu penggembalaan, pemuridan, ibadah, 7KPR dll.

Kalau kita taat akan Firman Tuhan dipimpin Roh, itu menjadi rel dari Tuhan dan Tuhan yang maha kuasa sanggup menuntun kita sampai ke akhirnya masuk di Surga. Ibr 7:25. Tuhan kita maha kuasa, maha tahu, Ia sanggup membuat kita mengerti hal ini, tergantung dari kita sendiri, mau taat dipimpin Tuhan atau tidak. Orang yang menurut Firman Tuhan, akan berbuah2 30, 60, 100 kali ganda, Mat 13:23 tetapi juga ia akan tahu tujuan hidupnya, sehingga tidak ngawur seperti jalan di atas laut. Pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan serta pengembalaan yang betul, itu menjadi peta dan kompas kita dan penyertaan Tuhan itu seperti peralatan yang canggih untuk tahu sampai di mana perjalanan kita ini, istimewa dengan pengertian Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus.

 

  1. RENCANA JANGKA PANJANG

Berulang2 Tuhan mengingatkan kita, apa gunanya dapat dunia yang indah tetapi tidak sampai tujuan utama Surga. Mat 16:16 Luk 12:20-21; 16:25. Semua orang2 ini akan sangat menyesal sebab tidak sampai di surga tetapi di neraka. Untuk apa semua kelimpahan yang fana di dunia ini ?

Sebab itu tujuan akhir harus jelas dan terus diperhatikan seperti Musa Ibr 11:27. Meskipun tidak tampak dengan mata, tetapi sebab mata rohani Musa celik, maka ia bisa melihat  tujuannya. Sebab itu ia mau menderita banyak perkara karena Tuhan asalkan sampai disurga. Juga keledai Ishakar sebab hanya melihat jangka pendek (beban2 yang berat itu), sebab tidak bisa melihat tujuan yang indah, ia mogok, tidak mau berjalan maju,tidak mau diberi beban apapun Kej 49:14-15. Tetapi sesudah ia bisa melihat tujuan hidup yang indah itu, ia menjadi sangat senang, mau menderita apapun, denganpenuh gairah ia mengangkat semua beban2nya, yang dahulu terlalu berat!

Rencana jangka panjang harus jelas dan harus jadi patokan yang tidak boleh kabur, supaya jangan keliru jalan, sebab surga jalannya hanya satu, tetapi ke neraka bisa lewat mana2. Lebih banyak kita mengerti Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus kita bisa melihat tujuan kita lebihjelas.

 

  1. APA ISI HIDUP JANGKA PENDEK

Rencana jangka pendek terdiri dari banyak

sukses, rencana2 yang indah, hedonisme dll, tetapi juga banyak  kesukaran2, problem kesehatan, problem rumah tangga, problem uang, menghadapi ke-gagalan2 dll. Termasuk juga sekolah (cara jasmani), membangun karir pekerjaan dan membangun rohani supaya tumbuh dan berbuah2. (Ingat binatang halal dalam Im 11:3 berkuku kembar berarti hidup di dunia ini adalah perjalanan kembar, secara rohani dan jasmani). Rencana jangka panjang secara jasmani misalnya pekerjaan, anak cucu, negara dan bangsa dan secara rohani untuk tumbuh dan ber-buah2 sampai akhirnya dalam Surga dan Neraka. Rasa2nya jangka pendek ini begitu banyak sampai banyak orang lupa rencana jangka panjangnya.

Misalnya Yusuf dalam jangka pendek ia mengalami problem dibenci saudara2nya sampai mau dibunuh sungguh2, dijual sebagai budak, di rumah Fotifar penuh godaan, kesempatan menuruti macam2 keinginan daging, masuk penjara, korban ketidak adilan dst.

Yang harus diperhatikan adalah

kita harus menyelesaikan semua problem hidup jangka pendek ini baik2 yaitu

  1. Menang, lulus. Kita harus bisa menyelesaikan semua problem dan rencana jangka pendek ini dengan baik,

tuntas Mat 6:11, Kis 20:26; 26:22 dll.

Kalau toh belum selesai, jangan merusak hari2 yang akan datang. Pkh 9:18.2. Tidak terjebak, atau berhenti  dalam problem2 jangka pendek tetapi terus maju menuju tujuan akhir.

Jangan terlalu lama dalam stasiun jangka pendek, tetapi berjalan terus supaya akhirnya sampai pada tujuan yang sebenarnya. Dengan 7KPR termasuk Firman Tuhan yang limpah (2gomer) dan berdoa sehingga ada kelimpahan pengurapan dan pimpinan Roh Kudus kita akan terus bisa bergairah pada tujuan akhir.

  1. Jangan berhenti dalam sukses atau kegagalan hari ini.

Sekalipun sukses, jangan berhenti, pakai semua sukses untuk maraih tujuan yang kekal. Juga segala kesukaran dan kegagalan hari ini.

Jangan kegagalan, kepahitan, penderitaan atau sukses dan gilang gemilang dari stasiun2 jangka pendek ini membuat kita lupa atau terlambat meneruskan ketujuan terakhir dalam surga mulia. Semua orang2 yang indah hidupnya sampai ke akhir adalah orang2 yang selalu bisa melihat tujuan akhir seperti Abraham Ibr 11:13-16 Musa Ibr 11:27, Kej 14-15. Allah mempunyai rencana lengkap bagi kita untuk jangka pendek dan panjang.

Andaikata Yusuf jatuh dalam salah satu problem jangka pendek misalnya mencuri di rumah Fotifar, atau berzinah dengan istinya, atau masuk dalam keributan sebagai budak, membalas dendam kepada saudar2nya, dll, maka rencana jangka panjang jadi rusak, cacat bahkan batal. Ini seperti Kereta Api yang keluar ril! Sebab itu ingatlah jangan sampai hidup ini jatuh dalam rencana jangka pendek, sehingga merusakkan atau membatalkan rencana jangka panjang. Kalau toh jatuh, terjadi kesalahan dan kerusakkan, perbaiki semua dosa dan kerusakan2 yang terjadi, kembali di jalan dan kehendak Tuhan. Sebab itu

Tinggallah tetap  dalam Kristus seperti Yoh 15:5 sehingga tidak akan pernah jatuh dalam dosa dan pencobaan2 ini 2 Pet 1:10 dan lepas dari orang2 jahat yang siap menjatuhkan dalam pencobaan2 2Tes 2:3. Banyak berdoa dalam Roh dan hidup benar sehingga Roh Kudus terus mengingatkan untuk tujuan jangka panjang dan tidak sampai kehilangan yang utama yaitu rencana jangka panjang.

Petrus jatuh, tetapi adalah kehendak Tuhan supaya ia memperbaikinya, bertobat dan bangun kembali Luk 22:31-32.

Saul jatuh dalam problem yang dihadapinya, sehingga rencana jangka panjang yang sudah disiapkan Allah baginya batal 1sam 13:13-14. Ia berulang2 jatuh misalnya karena iri akan Daud yang terus bersambung sebab dosa iri itu tidak dibuang, ia tidak menyangkal diri, tidak mau bertobat, dan tidak berharap Tuhan, akhirnya bukan saja rencana jangka panjang rusak dan batal, juga batal ke surga sebab bunuh diri, dosa langsung masuk neraka 1Kor 3:17. 1Sam 2:6, Wah 22:15, Luk 13:3, 1Kor 6:19, Pkh 11:9.

Simson jatuh dalam dosa zina. Sebetulnya masih banyak rencana indah2 bagi Simson, tetapi semua batal sebab dosanya. Begitu juga Gehazi, Yudas dll, apalagi orang2 Israel yang keluar dari Mesir, Tuhan sudah membuatkan rencana jangka panjang yang indah di Kanaan, semua rusak dan batal sebab tidak percaya dan sebab keras hati dalam dosa2nya.

Kita memang tidak tahu apa yang akan terjadi besok, apalagi jangka panjang dalam dunia ini, kita hanya tahu hari ini, sebab itu selesaikan setiap hari dengan baik dalam pimpinan Roh Kudus.

  1. Hari ini harus lulus, menang dengan pertolongan Tuhan.
  2. Hari2 yang akan datang kita serahkan dan percayakan dalam tangan Tuhan, sebab itu jangan keluar dari rencana Allah, terus berjalan dengan Tuhan yaitu hidup dipimpin Roh dengan banyak berdoa dan tekun belajar Firman Tuhan lebih banyak, Roh Kudus akan mengatur hari2 yang akan datang, dan mana2 yang kita perlu tahu dan ber-jaga2.
  3. Jangan gali lubang, tutup lubang, asal bisa survive, asal beres, lalu menghalalkan segala cara untuk lepas dari pencobaan sekarang. Tetapi kita harus membereskan setiap hari dengan baik, tetap dalam kesucian dan dipimpin Roh. (kalau toh jatuh, segera bereskan kembali).

Waktu Daud ada kesempatan membunuh Saul,

(bapak mertua, raja, orang yang pernah diurapi Tuhan Maz 119:105) tetapi Daud tidak mau, itu melawan Firman Tuhan Teman2nya menganggap itu suatu kebodohan sebab kalau Saul tidak dibunuh, masih ada sambungan rencana kejahatannya. Tetapi Daud tidak mau menghalalkan segala cara, asal lepas. Ia tetap taat akan Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus, sebab yakin, percaya bahwa Tuhan sanggup menghukum Saul sendiri dan ini membuat rencana jangka panjang Daud terpelihara. Lain dengan Hazael panglima raja Benhadad (sebab dinubuatkan Elisa akan menjadi pengganti dari raja) maka waktu sampai di rumah, rajanya yang sakit langsung dibunuh. Memang orang dunia yang tidak mau percaya Tuhan, menurut jalan yang mana saja, ia akan tetap binasa. Juga raja Salum membunuh raja Zakharia (2Raj 15:10,14) maka ia sendiri juga dibunuh oleh Menahim.

  1. Mengambil keputusan yang tepat, yaitu menurut pimpinan Roh. Misalnya Kis 16:7-8.

Jangan sembarangan menangani setiap problem, minta pimpinan Roh Kudus. Jangan sembarangan ambil keputusan, jasmani dan rohani (sebab selalu ada hubungan antara keduanya bagi masing2) baik dalam problem, juga dalam sekolah, kerja, jodoh, ibadah (gereja) pelayanan, belajar taat akan Firman Tuhan dalam semua problem jasmani dan rohani. Kalau kita menang, lulus, berhasil dalam semua problem, jangan mabuk, lalu berbuat perkara2 dosa seperti Nuh dan keluar ril. Tetaplah dalam pimpinan Roh, maka kita tidak perlu kuatir, sebab Tuhan menjaga dan memelihara kita dengan teliti, sebab satu rambutpun dihitung Tuhan.

  1. Selalu meng-ingat2 tujuan hidup. Jangan dilupakan, nanti tersesat. Sebab itu :
  2. Selalu penuh dengan Roh Kudus maka Roh Kudus akan selalu mengingatkan kita tentang tujuan hidup yang kekal seperti Musa Ibr 11:27, Abraham Ibr 11 dll.
  3. Terus berjalan maju dalam relnya Tuhan, maka akhirnya akan sampai di tujuan hidup yang kekal. Surga yang mulia, sebab itu berdoa dalam Roh dan kebenaran senantiasa, serta tekun dalam 7 KPR, maka kita terus diingatkan dan dikuatkan sehingga terus berjalan di relnya Tuhan.

Jangan menyelesaikan pencobaan atau kesulitan dengan dosa, semua rencana yang akan datang rusak, itu seperti keluar ril dan ikut jalan setan. Tuhan selalu punya jalan untuk setiap problem kita. Kalau toh ada dosa, bereskan segera dan tuntas, supaya kembali dalam ril jalan Tuhan supaya masih bisa bersambung dalam rencana Allah, bahkan sampai kekal masuk Surga!

 

  1. KESEMPATAN BESAR DI AKHIR ZAMAN.

Pada akhir zaman keadaan begitu ruwet, kacau dan bahaya, lebih2 pada waktu tiga Antikris muncul (diizinkan Allah dalam program polarisasi Wah 22:11), dengan angka kematian 25% dari semua penduduk dunia dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel (dalam 3,5 tahun II jumlahnya meningkat luar biasa, semua yang tertinggal dianiaya sampai mati oleh Antikris ke-4 Wah 13:7). Tetapi orang2 yang setia dan tinggal dalam Kristus (bisa tahan dalam Gereja akhir zaman, bahkan bersukacita sebab suasananya seperti Surga di bumi) akan mengalami perlindungan khusus sebab semua dipersiapkan untuk ikut pengangkatan 1Kor 15:51,52. Bahkan sejak sekarangpun, semua umat Tuhan tetap ada dalam tangan Allah yang maha kuasa, jangan kuatir Tuhan sanggup memelihara Maz 91:7.

Seringkali dalam menghadapi begitu banyak kesukaran dan bahaya, orang2 hanya bingung dan takut karena melihat kejahatan meningkat di mana2, bahkan di sekitar kita. Tetapi memang Tuhan mengizinkan sehingga timbul banyak problem dan banyak orang jahat dan kejahatan sukses dalam jumlah besar. Tetapi justru ini menjadi pengolahan bagi pertumbuhan cepat dan indah. Tuhan tidak lupa menyediakan semua fasilitas rohani dan jasmani, termasuk pembukaan Firman Tuhan yang makin mendalam dan pengurapan Roh Kudus yang makin limpah bahkan lipat kali ganda. Jangan lupa, kita juga harus mendapatkan fasilitas rohani akhir zaman ini antara lain:

– 2 gomer manna. Mat 10:26-27.

– Pengurapan dua kali ganda (ligabis).

(doa senantiasa dalam Roh dan kebenaran).

– Persekutuan dalam Roh Yoh 17:21.

– Mahir dipimpin Roh dalam jalan sempit 2Pet 3:10.

– Pelayanan jabatan yang efektif inilah 7 KPR plus.

Banyak tantangan2 dan pencobaan yang makin jahat itu untuk menumbuhkan kita dengan cepat. Setiap kali lulus dengan kemenangan di hadapan Tuhan, tidak bereaksi dosa dan bisa menangani sesuai Firman Tuhan, itu semua menjadi kebaikan dan pertumbuhan bagi rohani kita dan bisa ber-buah2. (Ingat syarat minimum meningkat dalam polarisasi akhir zaman ini Wah 22:11).

Kemenangan setiap hari dan lolos dari orang jahat 2Tes 3:2 mengubah dan menumbuhkan kita. Jangan takut ada problem setiap hari, sambil kita menyelesaikan pekerjaan dan tugas kita rohani dan jasmani.

Ingat, kita ini hidup dengan satu tujuan dari Tuhan, untuk mengolah dan menumbuhkan kita menjadi seperti Kristus dan masuk dalam kemuliaan yang kekal. Justru pertumbuhan yang luar biasa meningkat dalam polarisasi itu dimungkinkan dengan banyaknya dosa kejahatan dan kasus2 yang harus kita hadapi. Menang dalam hidup setiap hari, sehingga kita bisa menyelesaikan rencana jangka panjang Allah dan masuk dalam rencana penamatan Allah. Jangan takut, tekun dalam Firman Tuhan, mulai memiliki 7 KPR plus, maka kita akan terus dibentuk, diolah maju dalam ril Tuhan serta tumbuh, ber-buah2 sampai rencana Allah yang indah genap dalam hidup kita.

 

KESIMPULAN.

  1. Tetap dalam ril Tuhan.

Tuhan punya rencana yang indah bagi setiap orang beriman, asal tetap hidup berkenan pada Tuhan dalam ril kesucian Tuhan.

  1. Rencana jangka pendek dan panjang.

Dapatkan rencana Allah yang indah, bersambung dalam Surga dengan gilang gemilang untuk abadi.

  1. Selesaikan setiap hari dengan baik. tanpa dosa Ibr 3:15, Pkh 9:18 tetapi tumbuh terus.

Rencana jangka pendek yang kita hadapi dari hari ke hari dan rencana jangka panjang untuk seluruh hidup kita istimewa sampai fase terakhir di puncak (tetapi jangan turun lagi seperti Nuh!).

Hadapi setiap problem dan tugas pekerjaan yang harus kita selesaikan dengan baik, lulus, menang tanpa meninggalkan dosa atau cacat. Setiap problem dan bagian hidup yang kita jalani, harus mulus dalam pimpinan Roh Kudus, seperti lewat sebuah stasiun dengan baik, tetap dalam ril Tuhan, bahkan dengan buah2 yang memperkenankan Tuhan.

  1. Jangan terjebak atau macet dalam hidup rohani ini, maju terus.

Lebih baik sakit atau menderita sedikit secara jasmani atau menyangkal daging daripada membuat cacat untuk hidup yang akan datang. Sebab setiap dosa dan kesalahan itu merusakkan banyak perkara yang akan datang dan rencana Allah yang ada jadi merosot, sebab itu kita perlu selalu dipimpin Roh dan berjalan ber-sama2 dalam tubuh Kristus, sebab bersama itu lebih kuat, baik diantara suami istri, keluarga, kelompok kecil, seluruh Gereja, Sinode dan Gereja2 lokal dan global. Persekutuan ini penting, sebab kalau ada persekutuan yang betul 1Yoh 1:7 bahkan seperti Trinitas Yoh 17:21, maka kita bisa tumbuh dengan baik dan cepat kepada rencana kesempurnaan Allah.

Kalau kita mengerti hubungan antara rencana jangka pendek dan panjang itu lebih baik dan lebih mudah, tetapi meskipun tidak mengerti seperti Yusuf, kita terus maju per-lahan2.

Setiap kemenangan dan pekerjaan yang selesai sesuai Firman Tuhan, itu seperti satu bata yang akan ditumpuk terus, menggenapi dan melengkapi rumah rencana Allah yang indah untuk kekal.

Menang dalam setiap tugas, problem dan bagian hidup itu, itu menjadi hal2 positif untuk terus bertumbuh dalam Tuhan dan tetap dalam ril Tuhan (ada sejahtera dan sukacita Pil 4:4,7). Jangan ada hal negatif, tetapi hal2 positif yang akan ditumpuk seperti batu-batu jadi rumah kemuliaan kita dari Tuhan. Maka kita pasti sampai di akhir yang gilang gemilang dalam Tuhan Yesus.

Nyanyian:

– Satu kali akan ada, hari senang buat saya.

– Jalanku menuju ke Surga.