M3785 – Mengapa Tuhan Yesus Tidak Langsung Naik ke Surga (Kisah 1:9-11)

Mengapa sesudah bangkit Tuhan Yesus tidak langsung naik ke Surga? Mengapa harus menunggu 40 hari di dunia?
Ada orang mengambil pelajaran yang salah dari hal ini dan mengatakan bahwa roh orang mati juga tinggal di bumi selama 40 hari baru berangkat. Sebab itu selama 40 hari perlu didoakan. Ini pasti tidak betul, sebab orang mati Ibr 9:27 langsung dihakimi detik itu juga lalu masuk Neraka atau Surga, juga jangan didoakan sesudah mati, itu sia2, kesempatannya sudah habis waktu mati, bahkan hubungan dengan orang mati dilarang Tuhan Ul 18:11-12 dan setan bisa muncul menipu dan menyesatkan.
I. BUKTI PUTRA MANUSIA YESUS BANGKIT, ADA BANYAK KESAKSIAN.
Ada lebih kurang 12 peristiwa yang dicatat dalam Alkitabyang menceritakan kebangkitan ini. Bahkan sebelum kematianNya, Ia sudah berkata beberapa kali tentang kebangkitanNya, misalnya Ia akan mendahului ke Galilea Mat 26:32; 28:7. Sesudah kebangkitanNya, ada banyak hal2 yang ditunjukkan Putra manusia Yesus, seperti menunjukkan luka di kaki tangan dan di rusukNya pada Thomas Yoh 20:27, juga Ia berkata bahwa roh, spirit (TL: hantu) tidak berdaging dan bertulang seperti yang mereka bisa lihat dan raba dari tubuh Putra manusia Yesus sesudah kebangkitanNya Luk 24:39 dsb.
Biasanya Allah tidak selalu memberi bukti2, sebab kita hanya percaya akan FirmanNya. Tetapi kadang2 Tuhan juga memberi bukti2. Tuhan tahu cara yang tepat dan kapan Ia perlu memberi bukti atau hanya dengan iman 2Kor 5:7. Tetapi kebangkitanNya ini menunjukkan bukti2 kebangkitanNya karena:
1. Biasanya Ia terus berjalan ber-sama2 dan dilihat orang banyak, tiba2 mati (dan semua melihatnya), sebab itu sesudah bangkit, Ia menunjukkan diriNya juga.
2. Orang Parisi, Imam2 dan orang Yahudi menyebar dusta palsu dengan menyuap tentara2 yang menjaga kuburanNya supaya merekaberkata, bahwa waktu mereka jaga dan tertidur, murid2Nya datang mencuri mayatNya dan berkata Dia sudah bangkit. Siasat ini berhasil meyakinkan orang2 Yahudi begitu kuat sehingga sampai sekarang masih ada yang percaya siasat jahat mereka. Mat 28:12-15. Tentu orang2 Yahudi yang jahat itu membayar dustanya dan ketidakpercayaannya dengan kebinasaan yang kekal dalam Neraka.
Umat Tuhan tetap percaya bahwa Putra manusia Yesus sudah bangkit dari nubuat2 sebelumnya dan dari peristiwa kebangkitan yang ditulis dalam Alkitab dan Roh Kudus memberi keyakinan ini dalam hatinya Rom 8:16; 9:1, Yoh 16:3.
Kalau Tuhan Yesus tidak bangkit, semua menjadi sia2. 1Kor 15:16-18. Tuhan Yesus menjelma menjadi Putra manusia dan mati menebus dosa kita, lalu sebagai Putra manusia, Ia sudah dibangkitkan oleh Bapa dan Roh Kudus Rom 6:4; 8:11 dan itulah menjadi bagian penting dari rencana Allah, yaitu juga membangkitkan manusia untuk masuk dalam hidup kekal di Surga. Yoh 5:28-29. Betapa indah, bahwa orang yang percaya itu juga akan dibangkitkan dan sesudahnya kita akan masuk dalam kemuliaan Allah yang paling besar untuk kekal. (Nyanyi: TG 97b).
II. RENCANA KESELAMATAN KITA.
Rencana ini tidak bisa lepas dari kebangkitan Putra manusia Yesus yang menjadi contoh, pembuka jalan dan patron bagi kita. Sebab satu kali kelak kita juga akan bangkit (kecuali pada akhir zaman orang2 percaya yang dipimpin Roh, yang bersedia, akan diubahkandalam sekejab tanpa kematian, ikut pengangkatan 1Kor 15:51-52).
Jadi keselamatan kita ini terutama bukan yang sekarang tetapi bersambung dengan yang akan datang. Sebab kalau iman dan keselamatan kita hanya yang sekarang, itu rugi dan sia2. 1Kor 15:19.Kalau ibadah kita hanya untuk hidup yang di dunia ini saja, maka orang2 berdoa yang tidak mau percaya, mereka bisa lebih baik nasibnya dari kita Maz 73. Bahkan seperti Stefanus, Yohanes Pembaptis, Paulus dll apa yang mereka cari kalau keselamatan itu hanya untuk yang di dunia ini.
Keselamatan yang kita harapkan itu terutama untuk hidup yang kekal, meskipun demikian juga di dunia Tuhan menambahkan fasilitas2 jasmani dan rohani yang kita perlukan dengan cukup bahkan juga dengan limpah, tetapi bukan fasilitas di dunia ini yang menjadi target atau patokan kita. Mat 16:26. Kemuliaan yang akan kita terima kelak itu tidak sebanding dengan pengorbanan kita sekarang Rom 8:18. Sebab itu untuk memelihara keselamatankita (yang kita terima dengan cuma2 Ef 2:8), kita harus mengusahakan dengan takut dan gentar, dengan sungguh2 supaya jangan keselamatan kita hilang Pil 2:1-2! Kebangkitan ini sangat penting, sebab justru dengan adanya kebangkitan, menunjukkan bahwa target atau tujuan keselamatan kita yang kekal itu di sebrang Sana dan tidak tampak Ibr 12:27.
Manusia yang tidak percaya, yang hanya memakai akalnya merasa bahwa iman orang Kristen itu sia2, sebab yang akan datang itu belum dan tidak tanpak. Tetapi yang percaya, hidup yang akan datang itu justru yang utama.
Berbahagialah orang yang percaya, sebab sesudah kebangkitan ia akan menerima kemuliaan yang amat besar dan kekal. Luk 1:45, Yoh 20;29.
Lalu mengapa. Sesudah percaya tidak mati saja, langsung masuk dalam kerajaan Surga kekal? Sebab hidup di dunia ini suatu pengolahan; sampai dimana rohani kita tumbuh (diukur pada saat terakhir) itu menjadi ukuran kemuliaan kita untuk kekal di Surga.
Sesudah mati kita sudah masuk Surga tetapi dalam roh, tetapi sesudah kebangkitan, kita mengalami penebusan penuh, dalam tubuh kebangkitan dengankemuliaan dan pahala yang kekal hasil pengolahan dalam dunia.
III. CONTOH HASIL PENEBUSAN KRISTUS.
Kita ditebus satu kali oleh Kristus waktu percaya, tetapi kita menerimanya secara bertahap.
1. Tebus roh langsung waktu percaya dan itu sudah penuh, kita berubah menjadi anak Allah, bukan lagi anak iblis Yoh 1:12, 1Yoh 3:10, 2Kor 5:17, 1Yoh 3:10. Tetapi perubahan itu dalam bentuk benih yang harus terus ditumbuhkan sampai sempurna seperti Kristus. Kita bisa menjadi seperti Kristus, menjadi allah Yoh 10:35.
2. Tebus tubuh belum, itu baru sesudah bangkit atau waktu pengangkatan. Tetapi tubuh ini sudah mulai mengalami perubahan sesuai dengan iman kita akan janji2 yang disediakan Tuhan. Misalnya tentang kesembuhan, berkat2 jasmani, perlindungan, dll hal berhubungan dengan tubuh kita. Kita sudah dilengkapi dengan janji2 Allah (sebab ini diperlukan untuk hidup dalam dunia ini, sekaligus itu untuk mengolah iman kita supaya tumbuh, misalnya waktu sakit, waktu kekurangan, waktu diancam dsb kita tetap percaya dan harap Tuhan sehingga iman kita bertumbuh).
Perubahan dalam tubuh jasmani itu sedikit demi sedikit sesuai dengan iman kita. Tetapi sesudah bangkit, kita mengalami perubahan total otomatis, kita langsung memakai tubuh kemuliaan yang begitu indah untuk kekal (kecuali yang tidak selamat, tidak masuk Surga. Tidak semua orang Kristen selamat. Mat 7:21,23). Semua keadaan tebus tubuh dengan lengkap, sekarang ini bisa kita dapatkan dengan iman sesuai dengan pertumbuhan rohani kita, dan kalau pertumbuhan itu penuh, maka tubuh kita akan langsung mencapai keadaan seperti tebus tubuh. Misalnya waktu lahir baru perubahan tubuh kita 0 atau 1, pada waktu rohanikita tumbuh sampai sempurna, maka tubuh kita langsung mengalami tebus tubuh, perubahan itu 100, sebab rohnya sudah mencapai kesempurnaan. (Pada waktu semua orang beriman bangkit, semua mengalami perubahan tebus tubuh 100, tetapi tingkat kemuliaan masing2 itu sesuai dengan ukuran tingkat rohani kita pada saat terakhir).
Jadi ada orang tingkat rohaninya naik sampai sempurna, ada yang hanya seperti menerusi api. 1Kor 3:15, Luk 23:43. Ada yang naik tetapi sebagian saja.
Kesempatan untuk pertumbuhan rohani ini hanya ada di dunia, roh kita bisa terus tumbuh, sebab itu jangan sia2kan kesempatan emas hidup di dunia ini. Tubuh ini mengikut saja selama di dunia. Tetapi waktu bangkit, semua tubuh orang beriman berubah menjadi tubuh kebangkitan atau tubuh kemuliaan yang penuh.
Tanda2 tubuh kemuliaan itu bisa dilihat sebagian dalam tubuh Putra manusia Yesus sesudah bangkit, misalnya tidak bisa sakit, tua, mati, tidak ada cacat, tidak perlu makan, tetapi bisa makan dan tidak ada penyakit apapun dalam tubuhnya (baik pengaruh negatif atau positif). Tidak perlu tempat tinggal, tidak lagi berjalan ber-sama2 dengan murid2 seperti dahulu, tidak perlu tidur, bisa tembus tembok, bisa tiba2 hadir/ hilang, bisa pindah ke mana saja tanpa waktu, bisa naik ke atas seperti waktu kenaikan dst. Semua tubuh kebangkitan orang beriman akan mengalami seperti ini, tetapi rohnya akan mendapat kemuliaan yang ber-beda2, sesuai dengan tingkat rohaninya selama di dunia dan diukur pada saat terakhir! Jangan sia2kan kesempatan untuk tumbuh dalam roh! Rencana Tuhan itu terlalu heran dan ajaib, berbahagialah yang percaya.
IV. MENGUATKAN RASUL2.
Rasul2 waktu Tuhan Yesus mati, sekalipun sudah diberitahu akan bangkit, jadi loyo dan ketakutan, bersembunyi dalam kamar terkunci, bahkan Petrus dll kembali jadi nelayan, se-olah2 mau bubar? Thomas sekalipun sudah diberi kesaksian tentang Kristus hidup, tetap tidak mau percaya. Rata2 mereka sulit untuk bisa mempercayai kebangkitan Kristus sehingga ditegur Tuhan Yesus Mrk 16:14. Pada waktu Tuhan Yesus menyatakan diri beberapa kali, mereka masih belum bisa percaya Luk 24:37-41, Ia minta makanan dan mereka memberi ikan, lalu ikan itu dimakan, juga sebagian sarang lebah Luk 24:42-44 KJI. Ber-kali2 Tuhan Yesus menasehati mereka supaya percaya dan mengerti. Kita melihat disini bahwa murid2 itu orang biasa yang memakai pikirannya juga sehingga sulit untuk percaya sekalipun mereka sudah berjalan dengan Tuhan selama 3 tahun, dan sesudah bangkit, sudah dinasehati ber-ulang2 panjang lebar dengan segala cara. Tetapi orang2 seperti ini bisa dipakai Tuhan, asal mau percaya dan taat akan suara Roh. Jadi kebangkitan Kristus juga menunjukkan kekurangan murid2Nya yang ternyata orang biasa2 saja. Tetapi mereka mau taat dan mau dinasehati dll sehingga akhirnya menjadi rasul2 yang dipakai Tuhan dengan luar biasa untuk mulai membangun Gereja Tuhan. Sebab itu kita yang mau, Tuhan juga sanggup memakai untuk menjadi kesaksian yang indah2, istimewa dalam hal ini untuk ikut menyelesaikan rencana Allah yang besar dan ajaib itu. Asal mau percaya dan taat terus dan penuh Roh dan dipimpin Roh, maka Tuhan juga bisa memakai kita. Jangan minder dan jangan sombong, sebab semua dari Tuhan dan patut Dia saja yang dipuji dan dipermuliakan.
V. PELAYANAN ORANG SEMPURNA DI DUNIA.
Pelayanan Tuhan Yesus sesudah kebangkitan ini juga menjadi contoh dan model (pola) dari pelayanan orang sempurna yang juga memakai tubuh kemuliaan (tanpa kematian, tetapi tubuhnya sudah selesai ditebus lengkap yaitu roh dan tubuhnya) suatu hidup dan pelayanan yang luar biasa antara Surga dan dunia.
Ini seperti yang diceritakan dalam Yoh 1:51. Malaikat = utusan, inilah pelayanan orang sempurna (Wah 12:5) yang naik turun dari Surga ke bumi ke tubuh Putra Allah atau tubuh Kristus global yang dipersiapkan untuk pengangkatan. Ini pelayanan yang luar biasa, sebab mereka ada di tahta Allah, tempat yang maha mulia dan turun ke dunia melayani tubuh Kristus (global) yang waktu itu rata2 tingkat rohaninya tinggi (hasil polarisasi Wah 22:11). Memang pelayanan Tuhan Yesus tidak seperti sebelum kematianNya, disini hanya orang2 dekat, paling banyak 500 orang 1Kor 15:6 melayani orang2 sempurna hanya orang2 tingkatan Ruangan Suci (hasil Polarisasi) yaitu tingkat rohani yang cukup tinggi dan dipimpin Roh. Ini orang2 dilayani dengan hikmat dan kuasa yang limpah sehingga cepat tumbuh menjadi sempurna. (Mereka yang di Halaman diserahkan pada Antikris Wah 11:2). Sebab itu dalam akhir zaman jangan tinggal di Halaman pasti celaka, atau mati dalam dosa atau kena bela dan hidup dan dianiaya Antikris sampai mati. Suatu keadaan yang celaka.
Tidak ada orang bisa melawan dan mengalahkan orang sempurna, juga tiga Antikris yang ganas, buas itu tidak berdaya. Antikris yang sesungguhnya melawan dua saksi saja kalah, apalagi tiga Antikris pertama melawan orang2 sempurna, mereka dibinasakan, sehingga mungkin sekali satu per satu dari tiga Antikris itu dibinasakan. Tetapi juga pelayanan ke dalam Gereja akhir zaman, pelayanannya sangat disiplin, lebih daripada Petrus terhadap Ananias, sehingga Gereja makin tertib dan cepat tumbuh. Orang2 ini bukan lagi hidup suci karena takut, tetapi memang mereka tulus dan sungguh2 sudah mencapai tingkat2 rohani yang tinggi (hasil Wah 22:11). Mereka yang mendua atau tidak tulus, sudah tersaring dan tersisihkan dalam proses Polarisasi). Sebab itu pelayanan orang sempurna dengan cepatmenambah jumlah orang sempurna sehingga genap, mempercepat kedatangan Tuhan. Juga suasana Surga turun dalam Gereja akhir zaman, Gereja jalan sempit, sebab di dalam mereka ada hadirat Tuhan tingkat Ruangan Maha Suci yang diturunkan dalam Gereja di dunia, sehingga ada kesukaan besar dan tanda2 mujizat, kuasa dan kasih yang besar dari tahta Allah.
Pelayanan Tuhan Yesus sesudah kebangkitan menjadi pola (model) dalam hujan Awal (Tuhan Yesus) dan hujan Akhir (orang2 sempurna ini) sehingga Gereja yang sudah lahir dalam hujan Awal bisa menjadi sempurna dalam hujan Akhir.
VI. FAEDAHNYA UNTUK KITA SEKARANG.
Tugas Putra manusia Yesus sudah selesai di dunia dan Ia kembali pada Bapa dalam babak pelayanan yang baru yaitu berdoa syafaat bagi kita dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa. 1Yoh 2:1, Ibr 7:25.
Di dalam dunia Tuhan Yesus membuat jabatan2 rohani dan Roh Kudus karunia2 dan buah Roh dll yang banyak, tetapi mereka tetap ber-sama2 berdoa syafaat bagi kita kepada Bapa Rom 8:26-27. Apa bedanya dan faedahnya bagi kita! Doa syafaat Abraham itu menutupi kekurangan Lot sehingga ia mendapat kelepasan dari hukuman Sodom tetapi kelepasan tidak digunakan baik2.
Tumbuhlah terus seperti Putra manusia Yesus, supaya kita mencapai tingkat yang tertinggi seperti Kristus, sebab pasti bisa dan itu dirindukan dan didukung Kristus dan seluruh Surga! Fasilitas rohani dan jasmani itu sudah ada sejak sekarang yaitu Roh Kudus dan Firman Tuhan namun belum terbuka penuh, tetapi itu tergantung dari kita (kita bisa lebih dari orang2 Wasiat Lama!). Kalau kita terus tumbuh (perhatikan persekutuan tubuh Kristus di dalam Roh Ef 4:3, 1Kor 12:13), maka kita bisa tumbuh juga sampai kesempurnaan. Pakai kesempatan ini baik2, tinggal meningkatkan diri masing2 dan Tuhan sudah siap membantu.
Mengapa Tuhan naik dengan cara ini? Sebab Ia akan datang kembali dengan cara yang sama dan Tuhan Yesus yang sama juga akan kembali mengangkat kita. Siapa yang diangkat? Mereka yang bersedia dalam Ruangan Suci. (Ada dua macam kedatangan Tuhan, secara pribadi waktu orang itu mati dan secara bersama waktu pengangkatan). Semua orang akan mengalah salah satu. Jangan sampai tertinggal, syarat untuk orang yang mati sebelum pengangkatan lebih ringan, yaitu percaya Tuhan Yesus dan beres, ia akan ikut bangkit. Yang ikut pengangkatan juga harus penuh dan dipimpin Roh, terus bersedia seperti ligabis.
KESIMPULAN.
Untuk apa Tuhan Yesus menunggu 40 hari sesudah bangkit baru naik ke Surga? Supaya mata kita celik, rohani tumbuh dalam persekutuan tubuh Kristus yang betul2 terpelihara dan bersekutu di dalam Roh sehingga bertumbuh seperti Maria Luk 10:41-42 dan Petrus Kis 6:4 di bawah kaki Tuhan Yesus sehingga bisa jadi berkat dan tumbuh makin mulia seperti Kristus dan ber-buah2 banyak.
Nyanyian:
Maju, maju Yesus beserta.