M3786 – Memuji Tuhan Selalu ( Mazmur 34:2 )

MEMUJI TUHAN SELALU.
Maz 34:2
Saya hendak memuji Tuhan pada segala waktu. KepujianNya akan selalu ada di mulut saya. (KJI)
Maz 150:6
Segala yang hidup dan bernafaspun hendaklah memuji-muji Tuhan, haleluyah! (TL)
I. MENGAPA KITA PERLU MEMUJI TUHAN SELALU?
Sebab:
1. Ini kehendak Tuhan atas kita. Maz 34:2b; 150:6.
2. Patut Dia di-puji2, diagungkan dengan segenap hati sebab Dia maha besar dan kasih akan kita dan telah terbukti dan Ia tidak berubah 1Pet 2:9, Ibr 13:8.
3. Kita dapat keuntungan sangat banyak lebih daripada gaji orang yang kerja keras Maz 22:4. Hadirat Tuhan turun ke atas kita dan Tuhan itulah sumber dari se-gala2nya.
4. Di Surga, semua akan berhenti, tetapi kita masih akan terus memuji Tuhan se-lama2nya ber-sama2 malaikat dll yang sangat muliadan indah dalam me-muji2 Tuhan Luk 2:13-14.
5. Bisa me-muji2 Tuhan dengan betul, adalah tanda hidup yang betul, yaitu suatu hidup yang beres di hadapan Tuhan, berkenan kepadaNya dan ada sejahtera dan sukacita dari Allah dan semua beres di jalan Tuhan.
6. Ini juga suatu persembahan yang terus menerus 1Tes 5:17, Maz 63:6. Menyanyi dengan betul di hadapan Allah itu sama seperti doa dan menyembah Tuhan.
7. Ini sebetulnya suatu kesukaan dan kenikmatan yang bisa terus dinikmati setiap hari sampai kekal Yoh 4:14; 7:38. Tuhan Yesus menantang perempuan berzina itu dengan kesukaan yang lebih daripada kesukaan dosa zina yang sesaat Ibr 10:25 yang dikejarnya.
II. CARA MEMUJI TUHAN YANG BETUL yang begitu indah dan sangat banyak faedahnya, yaitu:
1. Dengan hati yang benar, bukan hanya di mulut (Mat 15:8) itu berkenan pada Tuhan, itu seperti korban lembu sembelihan Maz 69:31-32. Kalau ada dosa itu memutuskan hubungan, Tuhan tidak berkenan Yes 59:2, Ams 15:8. Selain benar, juga dalam Roh Yoh 4:23-24, 1Kor 14:15.
2. Dengan pengertian bukan hafalan. Maz 47:8.
3. Dengan segenap hati dan jiwa Maz 9:2; 108:2, bukan dengan terpaksa atau otomatis.
4. Dengan mulut, jangan dalam hati saja. Maz 63:4; 51:17, Ibr 13:15. Bahkan dengan suara yang nyaring, ramai2 Maz 81:1; 149:5 KJ.
Jangan ragu2, dengan bebas dan sukacita. Maz 81:1; 95:1. Bukan dengan takut atau pura2 tetapi dengan imandan kesukaan dari Tuhan, bersama jadi satu paduan suara yang merdu untuk telinga Tuhan dan sukacita itu akan menjamah, menggetarkan hati orang yang mendengarnya ikut sukacita supaya yang belum bertobat ikut bertobat dan me-muji2 Tuhan. Jangan takut nyanyi salah atau sumbang. Yang memimpin harus bisa menyanyi, tetapi semua umat Tuhan yang lain ikut menyanyi, sebab Tuhan dengar nyanyian hati, bukan seninya. (Orang dunia mengutamakan seninya).
Ekspresikan isi hati kita kepada Tuhan, selain Tuhan sukacita menerima persembahan “lembu” ini, juga menolong semua orang yang mendengar (misalnya nyanyi: senang selalu senang, duduk senang berjalan senang, hatiku skarang girang dsb). Juga murid2 menyanyi dengan sukacita dan ramai Luk 19:37; 24:53 (juga sesudah Perjamuan Suci mereka me-muji2 Tuhan Mat 26:30) dan dalam Kis 2:47.
5. Dengan iman dan yakin, menjadi kata2 iman Rom 10:8.
6. Nyanyi dalam Roh, 1Kor 14:15 yaitu dengan bahasa lidah:
1. Baik dengan nada dari ilham Roh atau
2. Nada yang sudah ada atau
3. diterjemahkan dalam bahasa kita, itu sangat menguatkan. Tentu kalau dari Roh Kudus, terjemahannya itu sesuai dengan Firman Tuhan. Juga dengan kebebasan dalam Roh, nyanyilah 2Kor 3:17. Dalam Wasiat Lama menari itulah kebebasan dalam Roh dalam Wasiat Baru. Jangan menari secara harfiah, jangan latihan menari, nanti jadi duniawi dan kedagingan, sebab itubukan maksud Tuhan, diterangkan dalam ayat sebelumnya 2Kor 3:14, selubungnya harus disingkapkan. Baik sendirian, baik bersama nyanyilah dengan kebebasan dalam Roh, tidak ada segan, takut, malu dll, tetapi bisa bersukacita dan menyanyi dengan bebas me-muji2 Tuhan, ini bisa terjadi, ini dalam pengurapan Roh Kudus, dengan pertolongan kuasa Tuhan yang mengurapi kita.
Waktu Daud nyanyi sambil menari dalam kebebasan Roh, yaitu bebas seperti “orang biasa” padahal ia raja, orang besar, kurang cocok kalau me-nari2 seperti orang kecil yang tidak berharga. Mengapa? Sebab Daud merasa kecil di hadapan Tuhan yang terlalu besar dan yangpatut dipuji. Daud bukan apa2 di hadapan Tuhan. Kadang karena merasa dirinya besar, terhormat, sehingga malu kalau nyanyi seperti orang kecil di hadapan orang2 sekitarnya. Atau ada banyak orang besar di sekitarnya sehingga segan dan merasa tidak hormat untuk menyanyi dengan bebas, sekehendak hati kita di hadapan orang2 besar itu. Minta kuasa dan pengurapanNya, supaya mata kita celik di hadapan Allah kita bukan apa2, patut me-muji2 Tuhan se-kuat2nya. Jangan lihat kiri kanan, orang2 di sekitar kita, tetapi lihat ke atas, Tuhan yang maha besar dan nyanyilah dengan nyaring dan dengan kebebasan Roh (orang2 yang penuh dan dipimpin roh bisa menyanyi dengan kebebasan Roh). 1Taw 15:(16)-27-29. Jangan menghina (seperti Michal) berkatnya hilang.
III. MENGAPA TIDAK BISA MEMUJI TUHAN.
1. Ada dosa, tidak bertobat, hubungan dengan Tuhan putus, sulit bisa menyanyi sendiri. Yes 59:2. Masih bisa ikut2an nyanyi di Gereja, kadang2 bisa bertobat dalam ibadah bersama. Tuhan tetap bermurah hati, asal mau bertobat, Dia ingin orang ini dipulihkan, anak terhilang pulang!
2. Tidak mengerti dan rugi, Mrk 12:24.
3. Ditipu iblis. Dicegah oleh kuatir, problem, kepahitan, jengkel, emosi dsb.
Yang penting, jangan simpan dosa, lalu serahkan semua problem itu kepada Tuhan, jangan bereaksi dosa, jangan pakai kekuatan sendiri, serahkan saja pada Tuhan dan tunggu pimpinanNya.
Kalau ada ancaman, kuatir, disakiti hati dsb, serahkan Tuhan, biarlah Dia berperang ganti kita Kel 14:14 (Dia mau asal kita ada di pihak Dia, jangan simpan dosa) dan mau taat dipimpin Roh. Serahkan semua dalam tangan Tuhan 1Pet 5:7, percayakan semua kepadaNya, Dia sanggup menolong apa saja, Dia maha kuasa dan tiada yang mustahil padaNya. Ay 42:2. Serahkan semua beban kepadaNya, maka kita bebas dan bisa menyanyi. Nyanyikan nyanyian yang sesuai (perlu punya perbendaharaan lagu yang banyak, dan ulangi lagunya sampai hafal, apalagi kalau kita nyanyi dengan iman dan pengertian). Misalnya kita menyanyi “serahkan 2x dibawah kakiNya Tuhan serahkan, percaya jangan bimbang apa yang Tuhan kata, serahkan di kakiNya dan puji Dia” atau “Tak tersembunyi kuasa Allah” dll. Biasanya Roh Kudus akan membantu kita menemukan nyanyian yang tepat sehingga kita bisa menyanyi dengan pengertian, dengan segenap hati dan dengan iman.
4. Tidak punya iman, sehingga tidak yakin akan janji Tuhan yang dinyanyikan. Kalau punya iman bisa bergairah menyanyikannya ber-kali2, menjadi kata2 iman. Rom 10:8.
5. Tidak bisa bersyukur. Percayalah akan Tuhan, enak atau tidak, sudah atau belum tertolong, bersyukurlah, tetapi ingat posisi kita harus di pihak Tuhan (hidup benar 1Pet 3:12).
Usahakan selalu ada sejahtera dari Tuhan Pil 4:7, belajar se-bisa2nya dipimpin Roh, maka kita bisa terus sejahtera dan sukacita dan benar (Rom 14:17) dan ada kebebasan Roh, 2Kor 3:17, sebab sandar dan harap Tuhan, kita bisa nyanyi dengan sukacita. Bisa menyanyi dengan betul adalah tanda yang indah dan menguntungkan.
6. Tidak bisa bersyukur selalu, Ef 5:20. Orang yang tidak tahu bersyukur, tidak mengerti anugerah Tuhan yang besar, sulit menyanyi.
Dalam segala perkara, enak atau tidak, sudah ataubelum tertolong, percayalah tidak ada yang kebetulan dan Tuhan di pihak orang benar, kita tidak perlu kuatir, Rom 8:31
7. Tidak bisa lemah lembut. Inilah ini kehendak Tuhan bagi semua umat Tuhan, supaya hati lembah lembut, maka hadirat Tuhan ada dekat dan bisa memuji Tuhan dengan bebas. Pil 3:5. Jangan kasar, keras, emosi, bengis dsb. Kalau emosi, kasar, apalagi jahat, bengis, kalau toh menyanyi, hati ini tertuduh, tidak ada kebebasan. Sebab itu biar kita selalu lemah lembut tetapi tetap punya pendirian yang teguh, hidup dalam kesucian di jalan sempit.
8. Tidak bisa mengampuni musuh, saudara2, suami, istri dll. Mat 6:12-15; 18:22. Jangan rencana membalas, Rom 12:19, nanti jadi dosa dalam hati, kacau, gelisah, sehingga tidak bisa nyanyi dan bisa ditinggalkan Tuhan. Jangan pahit atau jengkel dengan siasat orang jahat. Doakan dan serahkan Tuhan, sehingga kita tetap sejahtera tetapi tetap ber-jaga2, bijak, cerdik menghadapi mereka, tetapi bukan dengan kekuatan kita, melainkan bersandar pada pimpinan Roh Kudus. Dengan demikian kita tetap sejahtera dan bisa me-muji2 tuhan, sehingga ada hubungan yang indah dan terpelihara dengan Tuhan.
IV. FAEDAH ME-MUJI2 TUHAN.
Kalau kita menyanyi dengan betul, dengan 7 syarat di atas, faedahnya banyak sekali, antara lain:
1. Suatu persembahan yang sangat dihargai Tuhan. Kalau kita memuji Tuhan dengan betul itu seperti mempersembahkan satu lembu dan Tuhan sangat senang, ini kurang lebih Rp. 50 juta.
2. Tanda rohani yang baik dan berkenan pada Tuhan. Orang seperti ini ada sejahtera Allah Pil 4:7, mudah merasakan hadirat Tuhan Maz 16:11 sehingga dengan mudah bisa me-muji2 Tuhan dengan indah dan sukacita. MAK (di Mana saja, dalam keadaan Apa saja, dan Kapan saja) dan merasakan hadiratNya yang indah.
3. Tanda ada sejahtera dan sukacita. Yak 5:13. Kalau kita susah atau hatinya kosong, segera berdoalah dengan sungguh2 dalam Roh dan kebenaran (periksa diri supaya tetap atau kembali hidup benar), maka Roh Kudus akan menolong, sehingga kita kembali ada sejahtera dan sukacita, dan bisa menyanyi dengan segenap hati sampai hati kita pulih, bisa kembali berdoa terus atau melakukan pekerjaan/ pelayanan dengan sukacita dalam pimpinan Roh. Hidup akan menjadi ringan dan senang.
4. Masuk hadirat Tuhan Dengan pujian dan ucapan syukur. Maz 100:4, hadirat Tuhan akan turun Maz 22:4. Hadirat Tuhan itu sumber se-gala2nya, Maz 16:11, kesukaan dan pertolongan yang tidak terbatas. Sebab itu sukalah me-muji2 Tuhan, supaya tetap berada dalam hadiratNya, maka kita akan bersukacita dan tertolong dalam segala perkara. Nyanyilah terus dengan betul, sering2 nyanyi, kita akan ada terus dalam hadirat Tuhan, luar biasa.
5. Orang yang bisa bersyukur, lebih2 dalam problem, kesukaran, kekurangan dll maka jawaban Tuhan datang, mujizat terjadi. Ef 5:20.
6. Ber-kata2 pada dirimu sendiri.
Ef 5:19 Berkata-katalah pada dirimu sendiri dengan mazmur, nyanyian pujian dan nyanyian-nyanyian rohani, nyanyilah dan bunyikan musik di dalam hatimu kepada Tuhan. (KJI)
Nyanyi sendiri itu penting dan besar feadahnya. Ini agak aneh ber-kata2 pada dirinya sendiri dengan nyanyian, tetapi ini betul. Lebih2 kalau hati gelisah, keadaannya tidak baik. Ini juga disebutkan dalam:
Maz 42:12
Bahwa seperti seekor rusa rindu akan mata air, demikianpun jiwaku rindu akan Dikau, ya Allah! (TL)
Cari nyanyian yang cocok dengan pertolongan Roh Kudus dan bunyikan musik hati, yaitu nada2 sukacita dan kegirangan dari Roh Kudus.Jangan biarkan hati kita gundah, loyo atau sedih. Bicaralah pada diri kita sendiri dengan nyanyian dan musik hati, maka kita akan kuat, sebab kata2 yang kita katakan adalah kebenaran Firman Tuhan dalam nyanyian. Juga waktu malam, kalau jaga, nyanyilah Maz 77:7; 42:9; 149:5, sambil merenungkan kebenaran Firman Tuhan Yes 30:29.
7. Membawa kemenangan. Percaya dan nyanyikan kebenaran Firman Tuhan. Misalnya:
7.1. Beracha 2Taw 20:20 (25-27). Israel dapat kemenangan tanpa perang, sebab Tuhan yang berperang ganti mereka. Kel 14:14, luar biasa!
7.2. Juga Paulus dan Silas dengan hanya menyanyi me-muji2 Tuhan, mereka dapat kemenangan dari Tuhan, dengan gempa yang terarah tanpa korban, hanya pasungan dan pintu yang terbuka Kis 16:25.
7.3. Daud. Musuhnya seperti gelombang2 di atasnya dan dia seperti di dasar kita. Tetapi kalau kita bisa menyanyi dari dasar laut, meskipun sudah terkubur oleh banyak problem dan celakanya seperti Daud Maz 130:1,2; 42:8. Dan Tuhan menjawab nyanyian dari orang yang sudah tidak ada harapan, seperti Yunus.
Nyanyilah dengan iman, misalnya BilurNya 2x, maka kesembuhan dari Tuhan akan datang. Jangan ragu2, nyanyilah dalam Roh dan kebenaran (periksa diri) Tuhan akan memberi sesuai dengan imannya Mat 8:13, Mrk 9:23.
8. Backing vokal. 288 penyanyi yang menggairahkan seluruh sidang Tuhan. 1Taw 25:6-7. Kesempatan yang bisa nyanyi dan ingin me-muji2 Tuhan, nyanyilah dalam Paduan suara, singer, backing vocal (back-up choir), mengajak seluruh sidang me-muji2 Tuhan Maz 34:4. Nyanyi dalam pengurapan dan kebebasan dalam Roh, sehingga hadirat Tuhan turun dan menyambar dan menyalakan seluruh sidang Tuhan ikut menyanyi memuji Tuhan dalam kesucian, kesukaan dan hadirat Tuhan.
9. Setan lari, sebab hadirat Tuhan turun. Maz 22:4, 1Sam 16:23. Juga waktu seorang bermain di hadapan nabi Elisa yang sudah penuh dengan Roh Kudus, karena suasana puji2an itu, maka karunia Roh jadi makin nyata, timbul nubuatan tentang 3 raja yang berhimpun melawan raja Moab, nubuat kemenangan itu dinyatakan 2Raj 3:15.
Nyanyi yang sungguh2 dalam pimpinan Roh membuat kuasa dan karunia2 Roh makin nyata.
10. Nyanyi dengan anugerah Tuhan. Kol 3:16. Nyanyi dengan Mazmur dan nyanyian rohani dengan anugerah. Apa artinya? Anugerah itu bukan untuk ber-lazat2 dalam dosa tetap diampuni, itu salah. Rom 6:1! Tetapi oleh anugerah kita menjadi jauh lebih dari yang sebetulnya. Oleh anugerah Tuhan Paulus jadi begitu heran 1Kor 15:10. Begitu juga kita, misalnya oleh anugerah Allah jadi 9 padahal sebetulnya hanya 3. Luar biasa. Kita bisa menyanyi misalnya: Bahwa serta dengan Allah, kita lakukan perkara yang besar, Maz 60:14 dsb. Nyanyikan dengan anugerah Allah dan penuh syukur dan kembalikan segala puji bagi Dia.
11. Nyanyian2 kebenaran Firman Tuhan. Semua kebenaran Firman Tuhan yang betul bisa kita nyanyikan ber-ulang2 dengan sukacita dan iman dan syukur. Nyanyian2 ini justru mengingatkan dan mendidik kita (yang belum mengerti bisa bertanya, jangan nyanyi tanpa pengertian!). Misalnya “tunggu lebih lama pada Yesus” Maz 25:4, dll.
KESIMPULAN.
Banyak orang berpikir bahwa mendengar Firman Tuhan lebih penting dari me-muji2 Tuhan, sehingga kurang memberi waktu untuk me-muji2 Tuhan dengan nyanyian di rumah atau bersama. Ini salah. Segi dan faedahnya lain, saling melengkapi.
Menyembah dan memuji Tuhan ini sebab jalinan Firman Tuhan dan Roh Kudus yang keluar dari hati yang disucikan, dalam bentuk yang indah,harmonis dan penuh dengan kuasa! Orang yang suka bertekun dalam Firman Tuhan dan penuh dan dipimpin Roh, itu bisa dijalin dalam puji2an kepada Allah yang luar biasa, sehingga Tuhan duduk di tengah2nya.
Maria duduk di kaki Tuhan dan Tuhan duduk di atas pujian Maria2 yang menyanyikan Firman Tuhan ini.
Sebab itu biarlah kita bertekun dalam Firman Tuhan, selalu penuh dan dipimpin Roh dengan taat dan dari keduanya ini kita terus menyanyi dan menyembah Tuhan dengan nyanyian kebenaran Firman Tuhan dan musik hati oleh Roh Kudus. Ini suatu kombinasi yang indah, sukacita penuh dengan hadirat Tuhan, yang memancar dari hati kita, terus sampai dalam Surga yang kekal, bahkan kita akan menyanyi terus sampai se-lama2nya. Pertahankan nyanyian yang betul dan berkenan pada Tuhan, ini kombinasi dari dua utusan Tuhan yang heran itu Maz 43:3 sehingga kita terus ada di dalam hadirat Tuhan.
Nyanyian:
Kunyanyi trus sampai Tuhan datang.
Kunyanyi trus sampai dalam Surga
Kunyanyi 3x haleluya.
Kunyanyi trus sampai selamanya.