M3760 – 2Korintus 5:17 Tabiat Lama Jangan Muncul Kembali

2KORINTUS 5:17. TABIAT LAMA JANGAN MUNCUL KEMBALI.
I. YANG LAMA SUDAH BERLALU, SEMUA MENJADI BARU. 2Kor 5:17.
(TL: Yang lama itu sudah lenyap, bahkan yang baru sudah terbit; TB: Yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang).
Itu suatu mujizat besar untuk kita, sebab ini adalah perubahan yang luar biasa yaitu:
1. Anak iblis berubah menjadi anak Allah 1Yoh 3:10, Mat 13:38.
2. Turunan Adam pertama (manusia pertama) berubah menjadi turunan Adam terakhir (manusia kedua). 1Kor 15:45,47. (Dapat tabiat turunan, kita bisa jadi seperti Kristus).
3. Lalang jadi gandum. Mat 13:38.
4. Jalannya ke Neraka (jalan lebar) sekarang jalannya ke Surga (jalan sempit) Mat 7:13-14.
5. Dahulu alat kejahatan sekarang alat kebenaran, Rom 6;13.
6. Dahulu budak dosa, sekarang budak Allah Rom 6:17, 1Kor 6:20.
7. Dahulu milik sendiri, sekarang milik Allah 1Kor 6:19.
8. Dahulu durhaka, sekarang beroleh rahmat Rom 11:30, 1Pet 2:10.
9. Dahulu gelap, sekarang terang Ef 5;8.
10. Dahulu bukan umat, sekarang menjadi umat Allah 1Pet 2:10.
11. Dahulu sesat, sekarang sudah kembali 1Pet 2:25.
12. Dahulu terikat, sekarang merdeka Yoh 8:36.
13. Dan seterusnya.
Ini sungguh-sungguh luar biasa. Dunia hanya mengenal: Macan tua ompong tetap macan sampai mati. Tetapi orang yang percaya itu dilahirkan sekali lagi jadi baru, rohnya lain sama sekali, luar biasa. Dahulu cocok untuk jadi penghuni neraka, sekarang bisa cocok jadi penghuni Surga.
II. BAGAIMANA PROSES INI TERJADI?
Yang lama sudah berlalu, ini terjadi dengan sekejab, semua lenyap. Kita bisa mati lepas dari semua yang jahat seketika! Tetapi tabiat baru itu baru datang. Dalam TL: Yang baru terbit, kalau terbit, itu berarti sedikit demi sedikit. Semua menjadi baru (KJI) itu juga bertahap seperti biji yang menjadi kecambah dst atau seperti bayi yang tumbuh, memang butuh waktu, tetapi jangan disamakan dengan jangka waktu pertumbuhan manusia. Lahir baru dalam beberapa bulan sudah bisa jadi cukup dewasa, apalagi kalau banyak penderitaan karena Kristus sehingga ada penyerahan penuh, tumbuhnya menjadi cepat sekali. Untuk jadi sempurna tetap butuh waktu lebih lama tetapi untuk jadi cukup dewasa sehingga bisa tahan pencobaan, bisa cepat, lebih2 karena ada Roh Kudus yang menolong sesuai dengan penyerahan dan ketaatannya.
Yang perlu diperhatikan adalah:
Manusia itu terdiri dari orang batiniah dan orang lahiriah (dichotomi), dan yang sudah ditebus adalah orang dalam, orang luar belum ditebus, sehingga masih bisa kena pengaruh dosa(sehingga bisa sakit, lemah, mati, berdosa dll. Kita menunggu tebus tubuh Rom 8:23 pada waktu pengangkatan dan kebangkitan). Sebab itu ada pergumulan antara daging (manusia lahiriah yang ingin menuruti daging) dan batin (roh kita yang ingin selalu taat Ibr 1:9), Gal 5:16-17.
Tetapi kalau kita mau hidup suci dan menolak menurut daging, kita sudah bisa (sesudah lahir baru), apalagi Roh Kudus selalu standby untuk menolong kita. Kita bisa mulai hidup dalam tabiat baru. Memang kalau daging dilazatkan, dikuatkan dengan pergaulan yang salah, dengan godaan2 dan ajakan teman2, dengan rangsangan dari gambar atau cerita atau film dsb, daging bisa jadi kuat, nafsu daging kuat, rohnya kalah dan timbul perbuatan dan tabiat daging. Rom 13:14.Kalau daging tidak dimatikan, tabiat lama bisa muncul kembali sekalipun sudah lahir baru Gal 5:1.Ini yang menimbulkan keanehan, sudah lahir baru, mengapa orang beriman itu kembali hidup dengan tabiat lama. Sebab itu sesudah lahir baru, rohani harus dipelihara, ditumbuhkan dengan selalu lekat pada Tuhan, mematikan (menyalibkan) keinginan daging dan biasanya perlu dibimbing seperti bayi dan kanak-anak.
III. PERTUMBUHAN.
Sesudah lahir harus tumbuh, kalau tidak tumbuh jadi lemah, sakit, lumpuh lama2 mati, baik secara jasmani dan rohani. Pengertian itu mutlak perlu dan 7 KPR (Kebutuhan Pokok Rohani) harus diberikan untuk tumbuh yaitu:
1. Tetap hidup suci, selalu penuh dan dipimpin Roh. Kalau toh jatuh dalam dosa, harus segera bertobat dan dibereskan.
2. Terus tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran supaya bisa tetap hidup dalam kesucian.
3. Terus menyangkal diri pikul salib di jalan sempit.
4. Tekun belajar Firman Tuhan dengan segenap hati dan dengan percintaan, supaya pengertian tentang Firman Tuhan tumbuh, jangan bodoh Mrk 12:24.
5. Tekun beribadah ke Gereja yang menjadi kandangnya dan masa teduh di rumah.
6. Tekun bersekutu dalam tubuh Kristus. 1Yoh 1:7.
7. Tekun bersaksi dalam setiap kesempatan dan cari kesempatan.
Kalau ini diperhatikan maka hidup yang baru bisa tumbuh dengan baik. Tandanya, ada sukacita dan sejahtera serta kekuatan untuk tetap hidup suci dan taat melakukan semua kehendak Tuhan istimewa hidup cara baru dalam kesucian seperti Kristus.
IV. BEBERAPA FAKTOR PERTUMBUHAN.
Dalam pertumbuhan ini perlu diperhatikan:
1. Kita harus terus hidup cara baru seumur hidup sampai mati.
2. Kita harus terus tumbuh  dengan patokan tumbuh seperti Kristus Ef 4:13, 1Kor 11:1. Ini target kita.
3. Kita tidak bisa tumbuh sendirian, tetapi tumbuh bersama di dalam tubuh Kristus. Misalnya tangan bayi itu kecil sekali, ia akan tumbuh dengan baik kalau lekat terus di tubuhnya.Kalau ia dipotong atau terpisah, tangan kecil itu tidak bisa tumbuh, tetapi mati. Begitu orang yang tidak setia dalam Gereja atau tubuh Kristus lokal (kandang bagi domba2 Luk 15:4), maka ia tidak bisa tumbuh dengan betul, bahkan jadi lemah, sakit dan mati, orangnya undur kembali.
Memang orang  yang tidak setia di tempat yang sudah diyakini dari Tuhan (1Kor 12:18), tidak bisa tumbuh dengan baik dan betul. Seringkali karena tidak cocok dengan macam-macam alasan lalu tidak setia dan tidak tumbuh. Belajar saling mengampuni dan taat akan Firman Tuhan supaya bisa bersekutu dengan betul dalam kesucian dan kasih Kristus. 1Yoh 1:7, supaya bisa tumbuh dengan baik.
4. Pertumbuhan ini sesuai dengan pengertian Firman Tuhan. Firman Tuhan itu bukan hanya teori, tetapi hidup dan berkuasa Ibr 4:12, tidak akan kembali sia2 Yes 55:10-11, tetapi seperti benih yang ditanam Tuhan dalam hati kita bisa terus bertumbuh Mrk 4:27; sebab itu kalau kita mau memperhatikan dan menerima Firman Tuhan dengan taat, rohani kita pasti tumbuh. Seluruh alam semesta ini hanya dibuat oleh Firman Tuhan dari tidak ada menjadi ada Ibr 11:3,begitu Firman Tuhan jadi makanan bagi roh kita, jadi daging dan kita tumbuh Wah 10:10.
Lebih banyak kita mengerti dan mau taat Yak 1:22,25 lebih cepat kita mengerti dan tumbuh.
V. PROBLEM BANYAK ORANG KRISTEN.
Pada beberapa orang tabiat baru itu hanya muncul dalam beberapa segi hidup, istimewa dimana ia bertobat sungguh-sungguh. Misalnya bertobat dari perzinaan, ia bisa berhenti total dari berzina, tetapi tabiat marah, suka uang, tidak jujur dsb masih nyata, tidak lenyap seperti perzinaannya. Atau seorang bertobat dai ketidak jujurannya, ia jadi jujur tetapi tetap sombong, suka berzina (meskipun sedikit2) dll, sehingga banyak orang yang sudah lahir baru (bahkan sudah pelayanan dengan sukses) tetapi masih ada tabiat2 lamayang jelek lekat kepadanya.
Tabiat lama masih dominant. Misalnya penjahat seperti Yefta, sudah bertobat, imannya kuat sekali dan dipakai Tuhan untuk memimpin orang Israel dengan kemenangan yang besar, tetapi mulutnya bicara seenaknya saja, sehingga ia menderita karena mulutnya. Jangan tabiat lama ini dibiarkan muncul kembali! Memang tabiat lama yang muncul itu tidak sama pada setiap orang, sehingga iblis bisa menghasut dan mengadu karena adanya tabiat lama yang masih bercokol di dalamnya. Kita harus saling mengampuni dan saling melayani dengan kasih dan kuasa Allah, supaya merdeka dari semua dosa dan tabiat lama dalam semua segi hidup!
Misalnya Saul yang heran tetapi iri, Simson yang penuh dengan Roh Kudus tetapi suka berzina, Barnabas yang membimbing Paulus jadi sakit hati, atau tidak mau kalah (sombong). Yudas yang sudah dididik secara pribadi jadi pencuri uang sampai menjual gurunya.
Mengapa tabiat lama yang sudah mati bisa bangkit atau muncul kembali? Atau dibiarkan tetap bercokol dalam hidupnya.
Ada suami yang suka pukul istri dan tidak setia. Ada istri yang suka ber-bantah2 tidak mau kalah, tidak mau tunduk pada suaminya. Ada anak yang kurang ajar pada orangtuanya. Ada saudara yang dendam dan benci. Ada yang suka meninggikan diri, iri, benci dll. Ada yang tidak disiplin, semaunya sendiri melawan semua peraturan.  Tentu juga ada yang indah dan berubah segala segi hidupnya, sehingga berkenan kepada Allah dan kepada manusia Luk 2:52. Mengapa ada yang tumbuh sesuai dengan janji2 Allah, ada yang tidak.
Apa yang salah? Kalau seorang bisa mengerti sebabnya menurut Firman Tuhan dan mau memperbaiki dengan pertolongan Tuhan, ia pasti akan berubah dan jadi cocok dengan Firman Tuhan dan berkenan pada Allah dan manusia.
VI. MENGAPA TABIAT LAMA TIDAK HILANG ATAU MUNCUL KEMBALI.
Kita perlu mengerti hal-hal ini supaya semua tabiat lama lenyap, dan bisa jadi baru dalam semua segi hidup, bahkan terus tumbuh sampai seperti Kristus.
Keinginan daging semua orang Kristen masih bisa muncul kembali. Sebab semua masih hidup dalam daging yang belum ditebus dan tidak disangkali, tidak dimatikan.  Kita harus mau mematikan daging terus menerus sepanjang hari, seumur hidup Rom 8:36. Seperti domba yang terus menerus disembelih. Mau terus menerus pikul salib seumur hidup sampai tembus Tirai. Luk 9:23. Ini tidak sulit asal kita mau terus menyangkal diri, mematikan tabiat lama itu dan memelihara hidup rohani di dalam pokok yang benar (dengan 7 KPR). Carang yang lekat, tidak perlu pusing dengan hujan atau panas atau angin dll, se-olah2 otomatis tetap segar dan terus tumbuh. Tetapi kalau tidak mau menyangkali, mematikan tabiat2 lama itu, ia akan muncul lagi!Kalau seorang tertipu iblis (seperti Daud, Yudas, Simson dll), sehingga tidak mau menyangkali keinginan yang salah itu, maka keinginan yang salah itu tumbuh kuat dan diperbuat! Tabiat daging muncul kembali! Orang yang tidak mau mematikan daging, akan menjadi lemah dan tidak berdaya. Tetapi kalau kita mau taat dan menurut Roh, Roh Kudus akan menguatkan kita dan kita jadi kuat, menang, teguh dan dengan mudah bisa tetap hidup suci dalam tabiat baru. Sebab itu setiap kali harus ada keputusan tegas (Luk 12:5-7) untuk mematikan daging; jangan beri tempat pada iblis, jangan menuruti daging dalam hati, terus tolak keinginan yang salah, maka kita jadi kuat, segar dan sejahtera.
Jadi tabiat lama masih bisa muncul dari daging meskipun roh kita sudah ditebus. Sekarang tergantung dari kekuatan daging dan roh kita. Kalau kita tetap dalam Kristus seperti Yoh 15:5, tetap mau mematikan tabiat daging dengan tegas, maka Roh Kudus selalu siap menolong kita (berdoalah), maka tabiat baru dengan mudah akan muncul dan tumbuh, makin lama makin nyata, tabiat lama tidak muncul kembali, lebih2 dengan kuasa Roh Kudus (doa dalam Roh dan kebenaran).
VII. TETAP TUMBUH DALAM HIDUP BARU, TANPA TABIAT LAMA.
Untuk itu kita perlu:
1. Mau,
2. Ada kuasa (lebih2 kalau banyak berdoa dalam Roh dan kebenaran Kis 1:8).
3. Ada pengertian dari Firman Tuhan (suka Firman Tuhan dan tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan).
Maka daging dan tabiat lama mati, muncul tabiat baru yang bisa terus tumbuh dalam kesucian.
Juga semua cacat lahir batin bisa disembuhkan 1Pet 2:24, apalagi dalam Hujan akhir (Minggu ke-70 Daniel) semua sudah dibayar lunas di atas salib.
4. Ada penggembalaan.
Semua pemimpin dalam Gereja adalah gembala Yoh 21;15-17, yang mempertanggungjawabkan keselamatan orang-orang yang dibebankan di atasnya Ibr 13:17 termasuk pertumbuhan rohani dalam tabiat baru dan merdeka dari tabiat lama. Penggembalaan ini bisa berhasil oleh 3 pihak (kalau ada Tuhan, setan pasti dikalahkan). Ada bagian Tuhan, bagian gembala dan bagian domba!
A. Bagian Tuhan tidak pernah kurang  atau keliru dalam hal apapun, jangan salahkan Tuhan Ay 34:12.
B. Bagian domba yaitu tetap tinggal dalam Pokok yang benar dan suka periksa diri dan kalau ada yang salah, mau dengan cepat memperbaiki:
1. Mau. Kalau mau dengan tulus, pasti tahu apa yang kurang dengan pertolongan Tuhan yang selalu standby dan dengan Tuhan kita bisa memperbaikinya, merdeka dari tabiat lama!
2. Dengan Firman Tuhan yang seperti kaca (terang, kuasa hidup dll). Orang suka baca Firman Tuhan seperti berkaca, tahu kekurangannya dan kalau mau memperbaiki pasti bisa lepas dari semua tabiat lama dan tumbuh dalam tabiat baru sampai targetnya seperti Kristus.
3. Suka berdoa dalam Roh dan kebenaran. Roh Kudus akan bicara dan kita akan mengerti mana2 yang salah dan bagaimana bisa hidup baru, Roh Kudus beri pengertian dan kekuatan untuk hidup baru dan terus tumbuh sampai target.
4. Mau dinasehati itu untung besar. Semua perlu penasehat, yaitu penolong, termasuk juga yang rohani.  Misalnya Daud bisa terima teguran Yoab yang cukup kasar2Sam 19:1-8.
Daud tidak menjawab teguran kasar ini tetapi langsung memperbaikinya dengan segenap hati. Sebab itu Daud jadi indah di hadapan Tuhan dan manusia Kis 13:22. Juga Petrus tidak menjawab satu katapun tetapi berubah Gal 2:14-16. Wai orang yang tidak bisa dinasehati atau ditegur, ini orang yang tidak mau berubah, tabiat lama yang kasar dan jahat akan bermunculan terus sekalipun dipakai Tuhan dengan heran! Mat 7:23. Kita perlu mendapat banyak nasehat, lebih2 dengan pelayanan dalam Roh. Masing2 orang beriman perlu punya penasehat pribadi, penasehat dari gembala2 (pemimpin2) kita, dari suami istri dan keluarga, bahkan dari orang-orang kecil kita bisa menerimanya, sebab ada checking dari Roh Kudus dalam hati kita seperti Kis 20:23; 21:4,11, Rom 8:16; 19:1.
5. Kalau perlu Allah ikut menghajar Ibr 12:6,10,11 dengan ukuran yang tepat. Jangan ber-sungut2 tetapi bersyukur dalam segala perkara, termasuk karena dosa dan ujian. Jadi kalau kita mau berubah sungguh-sungguh dengan tulus, pasti bisa berubah, bisa hidup baru dalam semua segi, bisa tumbuh dalam semua pencobaan dan makin seperti Kristus. Juga tabiat lama dari tubuh daging ini tidak muncul lagi.
C. Bagian gembala. Tolonglah kalau tahu ada yang salah, atau tabiat2 lama muncul Yak 4:17. Jangan jadi anjing bisu Yes 56:10. Rebut mereka Jd 23, Yak 5:19-20. Pemimpin atau gembala yang membisu (supaya dianggap “baik” oleh orang  yang bersalah)apalagi membenarkan yang salah seperti Imam Eli 1Sam 3:13 akan menanggung hutang darah Yez 33:6-8. Pemimpin2 harus mempertanggungjawabkan jiwa domba2 Tuhan Ibr 13:17. Sebab itu gembala dan domba harus melakukan bagiannya masing2, bagian Allah pasti beres dan sempurna. Domba2 yang tidak setia, jahat dan sombong, kalau ditegur marah, melawan, lari, ia akan celaka diterkam singa iblis yang selalu mengintainya 1Pet 5:8.
VIII. BERUBAHLAH.
Semua yang mau berubah jadi baru dan yang lama lenyap, pasti bisa kalau mau taat akan Firman Tuhan dan pasti berubah. Firman Tuhan itu hidup dan berkuasa! dan Allah yang mengolah kita, lebih2 Roh Kudus, adalah Allah yang maha kuasa.
Orang yang tidak mau bertobat, tidak mau berubah akan dikuasai kembali oleh tabiat lama dan kedagingannya, apalagi yang semaunya sendiri, tidak takut orang dan Allah 2Pet 2:10, ia akan tetap dalam sebagian atau seluruh tabiat lama.
Orang yang sungguh-sungguh mau taat, mau berubah, pasti bisa! Belajarlah banyak Firman Tuhan dan penuh dengan Roh Kudus dan pimpinanNya, Roh Kudus sanggup menolong kita dengan tepat dan sempurna, pasti Dia dan orang yang mau taat itu akan berhasil
IX. KESIMPULAN.
Selamat, tumbuh dan berubah seperti Kristus itu tergantung atau ditentukan masing2 kita sendiri, sekalipun kurang mengerti, kalau mau Roh Kudus akan memberinya dalam pengertian yang cukup, asal tulus (tidak cari kepujian, uang, dll) dan sungguh-sungguh cari Tuhan dengan pikul salib dan 7 KPR. Allah tidak pernah gagal dan orang yang mau taat juga tidak akan gagal dengan Tuhan. Semua sifat lama akan lenyap dan tidak muncul lagi dan tabiat baru akan tumbuh sampai sempurna.
Yang mau berubah, dengan Tuhan pasti berhasil.
Nyanyian:
Aku berubah, sungguhku berubah.