M3689 – 2Raja-Raja 13:1-9 Joahaz Ditolong Tuhan Tetapi Binasa

2RAJ 13:1. Joahaz dan Yoas
Dalam pemerintahan Joahaz anak Josafat raja Jehuda, Joahaz anak Yehu naik raja.
Keluarga Yosafat jadi rusak sebab ia kagum akan Ahab lalu bersekutu bahkan menjadi satu. 1Raj 22:4. Tuhan sangat marah padanya 2Taw 19:2. Jangan sampai kagum karena hanya melihat kebesaran duniawi (uang, kedudukan, kemewahan dll) sebab ini menghasilkan langkah2 yang salah sehingga dihukum Tuhan. Jangan kagum akan kebesaran duniawi, tetapi kegumlah akan Tuhan Allah yang maha besar dan tetap hidup berkenan kepada Tuhan, itu yang membuat hidup dan keluarga kita menjadi yang terbaik!
Joahaz anak Yehu. Yehu mula-mula sangat menyemburukan Tuhan sehingga membinasakan tanpa ampun, Ahab, Isebel dan semua putra-putranyanya, begitu juga semua imam2 baal dan penyembahnya, serta kuilnya dll dihancurkan semua. Tuhan sangat berkenan, tetapi sayang dua anak lembu emas tidak dibuang juga.
Sudah begitu baik Yehu sudah membuang hampir 75 persen perkara2 jahat, tetapi sayang, dua lembu emas dan dosa Jerobeam  tidak dibuang, sehingga sekalipun mula-mula indah, tetapi kemudian ia mengalamai banyak  kekalahan dari raja Hazael sebab tinggal dalam dosa Yerobeam 2Raj 10:28-32. Hidupnya banyak kepahitan dan kesedihan karena kekalahan dari raja Hazael (yang dilantik Elisa untuk menyerahkan Israel yang berdosa dan jahat).
Jangan setengah hati ikut Tuhan; kalau sudah bagus, teruskan semua sampai penuh, jangan hanya sampai lebih kurang 75 persen seperti Yehu.
 
2RAJ 13:2. JOAHAZ BERBUAT JAHAT DI HADAPAN TUHAN.
Joahas anak Yehu, berada dalam posisi yang tidak menguntungkan sebab:
1. Ia tidak mengenal kebenaran atau Taurat (hukum-hukum Tuhan di Yehuda, sebab mereka bermusuhan). Ia hanya mengenal sedikit-sedikit, sebetulnya ia bisa berdoa dan ditolong Tuhan dalam ayat 4, tetapi sesudah itu ia berdosa kembali. Sebetulnya ada hal yang menguntungkan, bapaknya (Yehu) adalah seorang reformator yang membersihkan Israel, tetapi tidak semua dibersihkan dan berakhir jelek sebab terjerat dalam dosa-dosa yang belum dibersihkan, yaitu mereka ikut pada pengajaran Yerobeam.
Mereka memakai dan menerima pengajaran Yerobeam, yang dianggap dan diyakini benar, padahal sesat. (karena kelihaian Yerobeam dan iblis menipu orang Israel).
2. Dalam hatinya tidak ada kerinduan yang tulus akan Allah.
Dalam posisi seperti ini, biasanya kemungkinan untuk sesat dan binasa itu besar sekali.
Apakah Allah adil? Allah adil! Kalau mereka mau, Allah sanggup (Dia maha kuasa, maha tahu) untuk membimbingnya keluar dari lingkungan yang jahat dan kesesatannya. Ada banyak contoh. Seperti Hizkia, bapaknya sangat jahat dan melawan Allah, tetapi Hizkia percaya dan sungguh-sungguh mencari Tuhan, Hizkia lepas dari lingkungan yang jahat dan jadi indah. Juga Rut, Kornelius, Rahab, dll, kalau ada kerinduan, Allah sanggup memimpin mereka keluar dari lingkungan yang jahat dan yang sesat. Kalau mereka tidak lepasatau keluar dari lingkungannya yang sesat, memang mereka tidak mau dan Allah sudah tahu lebih dahulu seperti orang-orang Yerikho. Mereka tahu sedikit tetang Allahnya orang Israel tetapi tidak mau percaya kepadaNya. Orang Gibeon, tahu dan berusaha masuk dalam orang Israel dan berhasil meskipun melalui kelalaian Yusak yang tidak bertanya2 kepada Tuhan. Yus 9:14. Kalau kita bisa percaya sungguh-sungguh itu suatu keungutungan yang besar untuk kekal. Jangan disia-siakan pegang baik-baik untuk seterusnya Ibr 2:3.
Jadi orang yang ada dalam lingkungan pengajaran Firman Tuhan yang banyak kelirunya mereka bisa bersikap seperti Joahaz atau seperti Hizkia. Kalau mau sungguh-sungguh percaya, Tuhan sanggup melepaskannya seperti Hizkia. Kalau tetap keras hati dalam dosa mereka tetap di dalam ajaran dan lingkungan yang sesat seperti Yoahaz, akhirnya binasa. Tergantung hati masing2.
Tidak semua mau percaya Rom 10:16, Kis 28:24. Kalau sampai mati tetap dalam pengajaran “Yerobeam” mereka akan binasa untuk kekal.
 
2RAJ 13:3. ISRAEL DISERAHKAN PADA HAZAEL DAN BENHADAD.
Joahaz mengerti ini dosa Yerobeam dan makin lama makin bertumbuh besar dosanya sampai melebihi batas sehingga Tuhan marah dan hukuman dijatuhkan, yaitu mereka dikalahkan dan disiksa oleh raja Hazael dan anaknya raja Benhadad, begitu lama sampai dijajah dua raja berturut-turut.
Semua dosa itu terus bertambah-tambah, apalagi dengan pengertian atau pengajaran yang salah, yang menganggap ajaran yang salah (lembu emas dan Imamat Yerobeam yang sesat itu betul), mereka makin bebas meningkat dalam dosanya. Mereka yakin itu betul, padahal salah. Dahsyat! Mereka tersiksa dibawah Hazael dan putranya, itu semuadianggap nasib.
Betapa celaka orang yang tidak mau bertobat, dan tidak mengerti sehingga hidup dengan sia-sia.
 
2RAJ 13:4-5 JOAHAZ BERDOA DAN DIDENGARKAN TUHAN.
Dalam kesukarannya, Joahaz mencari Tuhan sebab kebutuhannya, tidak ada lagi pertolongan dari manapun. Mereka sungguh-sungguh berharap Tuhan. Tuhan yang tahu lebih dahulu, bahwa sesudah mereka tertolong, mereka akan kembali lagi dalam dosa, tetapi Tuhan tetap menolongnya, memberi kesempatan untuk bertobat sungguh-sungguh. Apalagi ini orang banyak, ada kemungkinan bahwa masih ada diantara orang-orang diantaranya yang mau bertobat sungguh-sungguh seperti dalam gereja Sardis Wah 3:4. Bahkan sekalipun hanya satu orang yang akan bertobat, Tuhan masih melakukan tindakan-tindakan (kadang2 besar)untuk menolong orang itu, sebab satu orang yang bertobat itu punya harga dan berarti sangat besardihadapan Tuhan.
Tetapi mereka yang tidak mau bertobat sampai akhir, dibiarkan Tuhan seperti orang-orang Yerikho dan Kanaan yang mati dalam dosanya. Kalau mereka ada yang mau bertobat, Tuhan tahu dan pasti Tuhan memberi kesempatan baginya untuk bertobat dan diselamatkan. Allah itu adil, juga bagi orang-orang yang sampai mati tidak pernah mendengar Injil. Sebab Allah sudah tahu lebih dahulu bahwa mereka tidak akan mau bertobat. Seringkali mereka sudah mendengar sedikit seperti orang Yeriko sudah mendengar tentang Tuhan melepaskan Israel dari Mesir, tetapi mereka tetap tidak mau bertobat (kecuali keluarga Rahab).
Tuhan mengirim penolong2 (= juru selamat KJI), tetapi kemudian mereka kembali undur. Pertolongan Tuhan ini bisa dalam kesembuhan, uang, penderitaan dll, Tuhan memang bisa menolong apa saja, tetapi bagi orang-orang yang tidak sungguh-sungguh percaya, akhirnya sia-sia, sebab mereka kembali berdosa, tidak bertobat sungguh-sungguh. Mujizat dan tanda ajaib untuk pertolongan itu sangat berarti, tetapi kalau tidak diteruskan dengan sungguh-sungguh bertobat dan percaya, itu akhirnya juga sia-sia.
Khorazim, Baitsaida dan Kapernaum mendapat mujizat dan pengajaran paling banyak, tetapi mereka tidak bertobat Mat 11:20. Mereka ada sama2 dalam Neraka, bahkan tersiksa lebih dahsyat dari Sodom Gomora yang tidak mendapat mujizat. Mat 11:21-24.  Tentang Sodom Gomora kalau dengan mujizat mereka akan bertobat, mengapa Tuhan tidak memberi mujizat? Tuhan sudah melawat mereka dengan cara yang lain. Waktu mereka ditawan raja Kedarloumer, mereka sudah melihat mujizat Tuhan yang heran, sebab Abraham dengan 318 orang, bisa mengalahkan Kedarlaumer yang hebat yang bisa mengalahkan Sodom Gomora, dan lima raja ini) Kej 14:9,14. Sesudah tertolong, mereka begitu berterimakasih pada Abraham. Kalau pada waktu itu Abraham membuat kebaktian gereja, pasti mereka mau ikut serta, tetapi sesudah semua beres, mereka kembali dalam dosa-dosanya! Seperti Yoahaz ini. Tuhan sudah tahu lebih dahulu, sebab itu tidak diberi mujizat seperti Khorazim, percuma.
Orang yang hanya cari Tuhan waktu perlu, nasibnya bisa seperti Joahaz, seperti orang-orang Khorazim cs dan seperti Sodom CS. Sebab itu jangan hanya cari Tuhan hanya waktu perlu, tetapi percaya sungguh-sungguh dan bertobat, hidup suci meskipun dalam keadaan aman, damai, tidak ada problem, supaya jangan kemudian undur dan binasa. Tentang kebutuhan, Tuhan sanggup menolong asal kita sungguh-sungguh bertobat dan percaya. Kalau ada permohonan yang belum dijawab, periksa diri dan kalau ada yang salah, bertobat. Kalau ujian, hadapi sampai lulus, tetapi tentang kebutuhan jasmani, jangan kuatir Tuhan bisa tolong sampai limpah, Dia sanggup asal rohani beres sungguh-sungguh bertobat dan percaya.
 
 
2RAJ 13:6 JOAHAZ TETAP KERAS HATI MENURUTI DAGING.
Jangan jadi kristen “payung” hanya cari pyung waktu hujan, akhirnya waktu hujanpun tidak ada “payung” yang didapatkan dan tetap basah kuyup. Tuhan punya rencana yang indah untuk kekal bagi yang mau percaya dan mau bertobat sungguh-sungguh. Ambil putusan yang betul Luk 12:57 dan setia sampai ke akhir Mat 24:13, apalagi kalau dapat kesempatan setia sampai mati dalam penderitaan seperti Kristus Pil 2:8, seperti Yohanes pembabtis dan rasul2 tetap setia sampai mati 2Tim 4:7-8, orang-orang tingkatannya makin mulia, sebab kalau menderita karena Kristus dan tetap setia, itu adalah ukuran ketaatan dan menghasilkan pahala dan tingkatan rohani yang mulia Rom 8:17-18, 1Pet 4:14 yang akan terus berlangsung di surga untuk kekal Wah 14:13. Cari dahulu kerajaan surga sampai dapat dan tetap dipegang, lalutumbuh terus didalamnya dengan kebenaran Mat 6:33, maka segala usaha dan kebutuhan jasmani kita akan diberikan dengan cukup/ limpah, sebagai fasilitas untuk hidup didunia ini, supaya makin tumbuh di dalam Tuhan.
Joahaz, ternyata sesudah ditolong, akhirnya kembali dalamdosa, bahkanmakin maju dalam dosa, dalam berhala2nya. Selain lembu emas ada lagi patung asyera dll. Dosa-dosanya terus bertambah-tambah, hidup makin lama, dosa-dosanya bisa sempurna dalam dosa seperti zaman Nuh mereka hidup sampai 1000 tahun tetapi hidup dalam dosa, sehingga makin lama makin keji makin jahat sampai sempurna dalam dosa lalu dihukum Tuhan dengan air bah.
Mengapa mereka tidak mau tetap hidup suci, taat, melakukan Firman Tuhan? Sebab ini butuh penyangkalan diri, pikul salib, berani korban dan menderita. Kalau hatinya hanya mencari dunia, kesukaan dan kemuliaannya maka mereka hanya mau berkorban untuk mendapat dunia ini dan tidak mau korban untuk mencari Tuhan. Sebab itu kalau cinta dunia, tidak suka dan tidakmau pikul salib karena Tuhan dan tidak bisa hidup suci, tetapi limpah dengan dosa, akhirnya binasa. Orang cari dunia akan hidup dijalan lebar, tidak mau di jalan sempit. Tetapi orang yang mau percaya dan selamat sampai kekal, mau tinggal tetap di jalan sempit dan pasti kuat dan tahan, sebab ini jalan bahagia dan penuh sukacita, lebih2 untuk orang yang percaya dan cinta Tuhan.
 
2RAJ 13:7 SISA SEDIKIT.
Ini semua bukan kebetulan sebab diperhitungkan Allah dengan teliti (juga Ayub yang diuji sampai lulus, itu ada perhitungannya). Sisa tentara Yoahazhanya 50 orang berkuda, 10 rata perang dan 10000 tentara berjalan kaki, dan juga hatinya ketakutan dan ngeri, sebab semua yang lain sudah dibunuh dengan seenaknya seperti mengirik lembu, dahsyat. Sisanya sudah sedikit, sekaligus gemetar tinggal tunggu matinya. Ini seperti orang yang sakit tinggal tunggu matinya. Sudah begitu mendertita seperti permulaan neraka, tetapi mereka tetap tidak mau bertobat sungguh-sungguh, sebab keras hatinya. Akibat pengajaran yang salah dari Yerobeam dan imamat yang dibalik2 itu begitu dahsyat, sehingga tidak punya pengharapan. Ini orang-orang yang celaka dan bodoh, tidak punya pengertian, sesat dan keras hati.
Ayub sisa lebih sedikit lagi, sampai hampir2 tidak ada sisa. Anak mati, istri menghujat, tubuhnya rusak oleh penyakit sekujur tubuhnya, teman2 menuduh, yang lain meninggalkannya, sisa Ayub hampir habis. Tetapi Ayub mengerti kebenaran dan hatinya tulus mencari Tuhan, meskipun keadaannya lebih mengenaskan dari Joahaz, Ayub tetap percaya kepada Tuhan Ayub 13:15 KJI. Hasilnya orang yang percaya, setia dan taat, ia jadi dua kali lebih besar dari semula dan hidup sampai gilir yang keempat. Orang yang punya pengajaran Firman Tuhan yang betul dan setia, taat sampai dalam hati, bisa mengalami ujian berat tetap taat dan akhirnya menjadi sempurna. Jangan takut ujian berat, Tuhan tidak akan membiarkan dicobai, lebih dari kekuatan 1Kor 10:13. Dan sesudah lulus sangat mulia, di dunia bahkan disurga kekal. (Jusuf, Daniel, Ayub dll).
Jangan menguatirkan hal-hal jasmani, itu mudah bagi Allah asal kita bisa memakai dengan baik, sebab yang penting yang kekal. Dia sanggup mencukupi kebutuhan jasmani, percayalah. Jangan pikirkan siasat atau trik tertentu, sebab Tuhan yang pegang kuncinya!
 
2RAJ 13:8 SISANYA SAMPAI HABIS.
Ini akhir hidup Joahaz tidak ada sisanya lagi. Semua yang indah sudah tidak ada lagi. Begitu orang-orang yang tetap tinggal dalam ajaran dan imamat yang salah seperti ajaran Yerobeam akhirnya habis sama sekali, tidak ada kesucian, tidak ada tabiat yang betul, tidak ada kebaikan, tidak ada perkara2 dari atas yang tersisa, semua habis seperti Joahaz dan raja-raja yang berikutnya yang tidak bertobat. Begitulah orang yang kena ajaran sesat dan masuk dalam imamat (pelayanan) yang keliru dan sesat, sudah tidak ada hal-hal rohani atau perkara2 dari atas (Kol 3:1-3) tersisa dalam hidupnya, begitu penuh dengan dosa kenajisan dan siap masuk dalam neraka dalam tingkat yang paling dahsyat.
Kalau sudah tahu salah dari permulaan, jangan diteruskan,berhenti dari dosa Yerobeam. Beberapa orang sadar dan keluar dari Israel dan pindah ke Yehuda 2Taw 11:13-16. Dari permulaan kalau tahu salah segera pindah, masih bisa tertolong dan menjadi indah, sebab ini akibatnya sampai kekal. Sebagian tidak pindah karena alasan hak milik tanah pusaka dll. Tetapi orang yang mengerti berani kehilangan yang fana asal yang kekal jangan hilang. Jangan dianggap ringan hal-hal yang palsu, keliru, istimewa ajaran Firman Tuhan yang salah, sebab akibatnya untuk kekal.
 
2RAJ 13:9 AKHIRNYA JOAHAZ PINDAH KE ALAM KEKAL..
Heran Joahaz memerintah cukup lama tujuh belas tahun, tetapi seluruh hidupnya disia-siakan. Tujuh belas tahun diatas tahta tidak dipakai baik-baik sebab keras hati tidak mau bertobat, apalagi ditambah pengertian dari ajaran yang salah, begitu celaka akibatnya. Padahal kalau seorang bisa hidup suci dan taat dipimpin Roh, maka setiap hari hidup itu bisa menaikkan tingkat rohaninya, dan menambah buah2 hidupnya. Seperti Elia coba diizinkan mati ia hanya punya kemuliaan sebagian saja. Tetapi sebab permintaannya ditolak, ia “dipaksa”, hidup lebih lama, maka kemuliaannya menjadi penuh, ia pulang dalam kesempurnaan, luar biasa. Dengan ukuran tentara bisa dikatakan, kalau Elia mati sebagai kapten, tetapi sebab ditolak permintaannya, ia menjadi jendral, Tuhan itu luar biasa. Jangan hidup sia-sia. Orang yang bisa hidup suci dan dipimpin Roh akan dapat terus meningkat dan ber-buah2, siapa tahu bisa menjadi sempurna, apalagi kalau datang Hujan-akhir dalam Minggu ke-70 Daniel. Tetapi yang pasti, sekarang ini pakai semua kesempatan yang ada, hidup dalam kesucian dan taat dipimpin Roh melakukan kehendak Allah dalam jalan sempit, sesuai rencana Allah, pasti hasilnya terus meningkat makin mulia untuk kekal.
Jangan rohaninya makin habis, sampai mati penuh dengan segala kenajisan dan kekejian, siksa, penderitaannya akan lebih dari Sodom Gomora dalam Neraka.
 
KESIMPULAN.
Jangan sungguh-sungguh cari Tuhan hanya waktu perlu, seperti hujan cari payung, lama2 tidak ada payung, makin habis semua yang dari Atas dan makin limpah dengan segala kenajisan dosa, celaka di Neraka kekal.
Kalau sudah tahu salah dan sesat dari permulaan, maka orang yang sungguh-sungguh percaya, seharusnya lekas ambil keputusan, buang, tinggalkan segala ajaran Yerobeam dan imamatnya, supaya hidup ini tidak sia. Setiap orang yang mau sungguh-sungguh mencari Tuhan, Tuhan akan beri perhatian pribadi padanya, sebab itu jangan main-main dan plin plan, ambil keputusan, ikut Tuhan sungguh-sungguh dengan resiko apapun maka hidup di dunia jadi bahagia, apalagi di Surga kekal, amat mulia untuk selamanya.
 
Nyanyian:
Tambah hari tambah cinta Yesus,
Majulah jalan ke Surga, tambah hari nyanyilah.