M3663 – AYUB 7:6. Waktu Manusia Cepat Berlalu dan Tidak Kembali

I. UMUR MANUSIA YANG PENDEK
Umur manusia itu pendek Yak 4:14, cepat berlalu dan tidak bisa kembali lagi. Sebab itu kita harus memakainya dengan tepat, sebab sekalipun pendek, tetapi sangat penting, sebab ini menentukan kekekalan kita.
Orang yang hidup sembarangan akan celaka dalam kekekalan sebab hanya ada dua tempat dalam kekekalan surga atau neraka.
II. RENCANA ALLAH
Sesudah lahir baru, Allah membuat rencana Allah yang terbaik untuk setiap orang ini. 1Kor 12:6, kita tidak tahu semua rencana Allahini dari permulaan sampai akhir, tetapi kalau kita mau taat, hidup kita akan jadi yang terindah. Tuhan tidak membedakan seorangpun. Ia membuat rencana yang terbaik buat setiap orang dan itu akan jadi kalau taat penuh. Banyak yang tidak taat sepenuhnya, sebab itu hasilnya tergantung dari ketaatan dan pengertian masing2 orang beriman. Tuhan tahu apa yang akan terjadi bagi setiap kita, yang baik atau yang jelek dan siapa yang tidak selamat.Yusuf diberi tahu Allah kepadanya dalam mimpi. Mengapa Tuhan tidak memberitahu hasil akhir hidup semua orang?
1. Kita harus percaya bahwa Allah membuat yang terbaik dalam hidup kita dan itu bisa kita capai dengan iman dalam kehendak Allah Maz 128:1. Percaya saja dan jalan terus dalam kehendak Allah pasti bahagia, pasti jadi hidup yang terindah 2Kor 5:17. Jadi harus hidup dengan iman, bukan berdasar penglihatan, nubuatan tentang akhir hidup.
2. Tuhan tahu apa yang akan jadi. Kalau jelek dan Tuhan bari tahu, orangnya akan terpengaruh dan putus asa. Kalau baik, bisa2 orangnya sembarangan sebab sudah tahu pasti jadi baik, akhirnya bisa batal dan rusak. Seperti Israel waktu keluar dari Mesir, Tuhan sudah menunjukkan jalan mereka akan berakhir di Kanaan, sangat indah, tetapi mereka tidak percaya dan bersungut2 bahkan menghina dan menantang Allah, apakah hidup padang gurun ini Kanaan? Bil 16:13-16.
Sebab itu biasanya Tuhan tidak menyatakan hasil akhir yang diketahui Tuhan lebih dahulu, tetapi memberitahukan kalau mereka mau percaya dan taat, pasti dengan Allah, kita akan mencapai tingkat yang paling indah.
III. PERCAYA DAN TAAT AKAN RENCANA ALLAH
Kita harus percaya keadilan, kebaikan, dan kasih Allah untuk setiap orang, termasuk kita. Sebab itu kita harus mengerti kehendak Allah dan percaya lalu taat Ef 5:17.
Yang merusak rencana Allah dalam kita adalah kalau kita ditarik untuk menuruti kehendak sendiri, kehendak daging yang bertentangan dengan kehendak Roh Gal 5:17. Lebih2 kalau ditipu iblis yang dengan mudah menipu pikiran manusiawi, bahwa jalan menurut akal dan kehendak sendiri itu lebih indah. Lucifer sudah dibuatkan rancana hidup yang indah, tetapi ia tidak percaya dan yakin kalau ia menurut rencananya sendiri, itu lebih indah, ia bisa mengambil tempat Allah. Inilah permulaan kejatuhan Lucifer menjadi iblis dan ini juga diajarkan pada kita, supaya ber-sama2 merampas tempat Allah Yes 14:13-14.
IV. KEGAGALAN MANUSIA HIDUP DI DUNIA
Sebetulnya tidak terlalu sulit untuk mencapaihidup yang terindah, kelas satu di dunia dan di surga kekal. Kalau kita mau menyerah seperti tanah liat di tangan Allah Penjunan dan taat diolah,maka Allah akan membentuk kita jadi benjana kelas satu. Taatlah akan pengolahan tanganNya yang kasih, adil, maha kuasa dan maha tahu Yes 64:8. Kesukarannya adalah manusia tidak percaya pada Tuhan dan tidak mau menyerah pada tanganNya. Hawa dibujuk iblis sehingga mau membuat sendiri rencana hidup yang lebih baik dari pada rencana Allah.
Mengapa manusia gagal, tidak mau menurut rencana Allah yang indah dan terbaik? Sebab:
1. Bodoh, tidak mengerti sehingga sesat dan binasa Mar 12:24, Ams 10:20b. Sebab itu kita harus belajar banyak Firman Tuhan dengan rajin, dengan tulus, supaya bisa mengerti dan berbuah2 sampai 100 kali ganda Mat 13:23.
2. Tidak percaya akan Firman Tuhan bahwa Allah itulah kasih. Seperti anak yang tidak percaya pada orang tuanya, hidupnya jadi berantakan. Sebab orang tua jauh lebih berpengalaman dan lebih pintar dari si anak. Anak2 yang percaya dan taat pada orang tuanya pasti hidupnya jadi lebih baik, paling tidak mungkin kelas dua atau tiga, bisa jadi kelas satu, sebab orang tua itu cinta dengan tulus dan lebih pintar, lebih pengalaman dari anaknya, tetapi banyak anak2 tidak mau percaya pada orang tuanya sehingga gagal. Tetapi sekalipun percaya dan taat pada orang tuanya, masih mungkin gagal sebab kemampuan orang tua tetap terbatas bahkan bisa gagal total sekalipun ada cinta. Kalau orang tua tidak pernah gagal dan tidak  terbatas, pasti anak2 yang taat akan  orang tuanya akan mendapat hidup kelas satu. Itu tidak mungkin untuk manusia, hanya ada pada Allah. Sebab itu kalau kita percaya penuh dan taat pada Allah, pasti kita bisa mencapai yang paling baik.
3. Memakai kuat sendiri.
Sudah tahu rencana Allah itu yang terbaik tetapi sering kali manusia berusaha dengan kekuatan sendiri. Ribkah sudah mendengar suara Tuhan bahwa Yakub akan jadi yang sulung, tetapi Ribkah tidak mau menyerah, tidak percaya akan kebijaksanaan Allah, ia bertindak sendiri untuk merebut hak kesulungan itu. Akhirnya ia menuai malapetaka yang dahsyat sampai ia sendiri mati dan melihat malapetaka itu, merusakkan hidupnya dan Yakub, rencana Allah batal selama hidup Ribkah. Juga Sarah yang mau memakai kekuatannya sendiri memasukkan Hagar, akibatnya malapetaka yang berkelanjutan dalam bangsa Israel terus menerus.
4. Tertipu iblis
Memang iblis itu penipu dan pembunuh Yoh 8:44. Ia membujuk supaya orang2 ikut dia ke neraka sebab iri akan manusia dan ingin merebut kedudukan manusia yang disediakan Allah.
Simson, Daud sudah tahu rencana Allah yang indah untuk hidupnya, tetapi terseret oleh kesukaan hawa nafsu zina sehingga keluar dari rencana Allah dan hampir binasa, untung bertobat. Yudas yang punya masa depan indah sebagai seorang rasul dari Tuhan, tetapi terseret keluar untuk menuruti cinta uang. Juga Absalom, Saul dengan kesombongannya jadi binasa.Jangan sampai tertipu oleh iblis dan umpannya.
V. SISA WAKTU
Sering kali kita dihadapkan pada fakta hidup yang jelek, jatuh bangun dalam dosa atau undur, sehingga tidak hidup dalam rencana Allah, tetapi rencana iblis yang jadi, itu celaka yang besar! Masa lalu yang jelek atau kurang baik tidak bisa diulangi lagi sebab sudah lewat. (Untung yang memelihara masa lalu baik2, apa yang sesuai dengan Firman Tuhan tidak akan hilang, tetapi akan ikut sampai dalam kekekalan Wah 14:13).
Sebab itu kita harus memperhatikan baik2 bagaimana kita mempergunakan sisa waktu hidup kita yang belum pasti sampai kapan.
Kalau sisa hidup kita masih panjang (seperti anak muda) dan sudah mengerti pokok ini dengan baik, itu untung, sebab lebih banyak waktu yang kita pakai, kita bisa mencapai tingkat setinggi2nya. Daud, Yusuf, Putra Manusia dll membutuhkan 30 tahun untuk mulai meningkatdengan baik, Luk 3:23. Kaum muda punya kesempatan lebih besar (masih ada yang pendek umurnya). Tetapi berapapun sisa umur kita, jangan kecil hati, dengan pertolongan Tuhan kita bisa mencapai yang maksimal.Jangan sia2kan hari2 hidup kita, pakai setiap hari baik2 supaya dalam hidup ini kita bisa meningkat setinggi mungkin (TMSP) kalau bisa sampai puncak kesempurnaan, sebab itu akan kita nikmati sampai kekal.
Jadi kita harus bisa:
1. Melihat tujuan hidup yang kekal, tumbuh setinggi2nya seperti Kristus dalam waktu yang sisa.
2. Bereskan semua akibat2 dosa masa lalu sebab itu akan membocorkan semua usaha yang akan datang kalau tidak dibereskan, rohani tidak naik, hidup tidak bisa efektip, baik dosa uang, zina, benci, kesombongan dll, apalagi yang merugikan orang lain. Setan akan menuduh terus dosa yang tidak dibereskan Wah 12:10.
3. Kita harus mengerti cara hidup berkenan dihadapan Tuhan Kol 1:10, sehingga kita bisa hidup dengan tepat dan efektip dalam sisa hidup ini, untuk mencapai tingkat rohani yang setinggi2nya!
VI. CARA HIDUP YANG TERBAIK
1. Setiap kali hidup sehari
Jangan buang waktu, pakai setiap hari2 baik2 seolah2 tidak ada waktu lagi. Jangan tunda apa yang bisa dibuat hari ini menurut kehendak Tuhan.
Biarlah kita membuka setiap hari sebagai hari yang baru; kemurahan dan rahmatNya selalu baru setiap hari, besar setianya Rat 3:22-23. Jangan ada cacat karena ada dosa, keras kepala, bodoh, tidak taat, malas dll, kalau toh ada langsung dibereskan dan dibuang sehingga setiap pagi kita bangun dalam hari yang baru, pakai baik2 setiap hari untuk terus tumbuh.
Hari2 yang indah dihadapan Tuhan itu seperti berjalan dalam jalan Tuhan (Maz 128:1) dan itu berartisetiap hari ada kemajuan, maka dalam sisa hidup ini ada kemajuan yang besar dan maksimal. Jangan ada hari2 yang busuk dihadapan Tuhan, jaga baik2 dengan pertolongan Roh Kudus sehingga setiap hari jadi harinya Tuhan, dibuat dengan Tuhan Maz 118:24. Isi hari itu baik2 Kis 2:42 saling bernasehat Ibr 3:13, Jangan ada kekerasan hati tetapi taat dan setia. Setiap hari harus jadi indah dengan Tuhan.
2. Dipimpin Roh
Ini cara hidup yang terbaik dalam sisa hidup kita. Dengan tekun setiap hari dimpin Roh, ini paling indah dan penuh suka cita dalam hadirat Tuhan Mar 16:11. Kalau kita penuh Roh Kudus kita bisa berjalan dalam Roh dengan tepat dan efektip seperti Nuh (Kej 6:29). Sehingga dalam waktu yang tepat ia bisa menyelesaikan program yang sangat besar yaitu bahtera keselamatan, luar biasa.
Hidup dengan Allah itu ajaib, heran dan efektip. Hidup dalam Roh itu berarti dalam kesucian, sehingga tidak ada yang cacat atau rusak. Kalau kita mau taat menurut kehendak Roh, mematikan kehendak daging setiap hari Luk 9:23, kita pasti bisa hidup dipimpin Roh. Ini juga termasuk hidup dengan 7 KPR (kebutuhan pokok rohani) setiap hari.
7 Kebutuhan Pokok Rohani ini mutlak perlu untuk membuat setiap hari jadi berkenan pada Tuhan sehingga kita tumbuh setiap hari, maka sisa hidup bisa menjadi indah dan tumbuh, mencapai jatah hari ini. Hidup dalam kesucian itu sangat efektif sebab Roh Kudus bisa bebas bekerja, memberi pimpinan, kekuatan, kesukaan, karunia2 Roh Kudus, buah Roh, hikmat, kuasa dll sehinga hidup ini menjadi seperti Putra manusia Yesus Luk 4:1,18. Hidup dalam dosa itu memboroskan waktu sangat banyak. Seringkali terjadi pergumulan yang ber-larut2 dan waktu habis, juga rencana Tuhan hari itu terbengkalai bahkan merusak rohani yang sudah baik. Sebab itu jangan beri tempat pada iblis Ef 4:27, jangan berdosa, tetapi hidup dalam kesucian dan dipimpin Roh melakukan kehendak Allah, baik dalam keluarga, menjadi garam dalam panci masing2 dan melakukan tugas lainnya yang kita terima. Tolak semua yang kita yakin bukan dari Tuhan apalagi tontonan yang sia2, bukan saja menghabiskan waktu tetapi meracuni hidup kita, menimbulkan dosa, menyebabkan kerusakan bahkan cacat yang kekal! Jangan beri tempat pada iblis yang pasti membuat dosa, tetapi terus dipimpin Roh. Kalau kita berjalan dengan Tuhan dalam jalan Tuhan Maz 128:1 itu luar biasa. Ini sudah direncanakan Allah untuk setiap orang beriman Ef 2:10, 1Kor 12:6, Yer 29:11. Orang yang mau taat dipimpin Roh, ia berjalan di jalan (ril) Allah, itu indah sebab terus meningkat dan paling cepat sampai di tujuan.
Bagaimana dengan nafkah, keluarga, sekolah dll. Tetap dikerjakan, sebab itu kehendak Tuhan selagi hidup di dunia 2Tes 3:10. Bekerjalah untuk hidup dan hidup dipimpin Roh sesuai kehendak Tuhan. Jangan hidup untuk bekerja mengejar yang fana saja. Tuhan juga akan membuat hidup jasmani kita efektif, baik dalam sekolah, pekerjaan, keluarga, kesehatan, lebih2 juga pelayanan dan ibadah, asal mau taat dipimpin Roh dan itu sesuai dengan Firman Tuhan.
Kerjalah dengan Tuhan, maka Tuhan akan memberi berkat yang cukup, menghemat waktu dan berbuah jiwa2 dari orang2 yang kita jumpai setiap hari.
3. Tebus waktu Ef 5:16. Kalau kita taat dipimpin Roh itu sudah termasuk menebus waktu, sehingga dalam satu hari kita bisa mencapai hasil yang limpah, bisa2 4-5 kali lebih banyak daripadahari2 dimana kita berjalan sendiri tanpa dipimpin Roh. Sebab itu untuk setiap kata, pikiran, tindakan, tanyakan pada Roh Kudus, minta pimpinanNya dan kalau sudah yakin (ada sejahtera dari Roh Kudus Rom 14:17) baru bertindak. Baru dengan demikian kita bisa memakai waktu kita baik2 (dengan sangat efisien) untuk tumbuh se-tinggi2nya. Menebus waktu dalam pimpinan Roh itu yang paling efektif, dengan hasil yang maksimal. Sebab Putra manusia Yesus dipimpin Roh, maka dalam 3,5 tahun Ia bisa menyelesaikan seluruh tugasNya dengan sempurna. Rata2 sekarang hamba2 Tuhan yang melayani sampai 50-60 tahun masih belum sempurna. Orang yang dipimpin Roh itu bisa 20-30 kali lebih cepat dan lebih efektif. Jangan takut semua kebutuhan se-hari2, itu sudah termasuk dalam hidup dipimpin Roh. Pelayanan Putra manusia Yesus 3,5 tahun tidak pernah minta2 atau hutang sekalipun pernah kelaparan, sebab Bapa di Surga mencukupi 13 orang yang terus keliling memberitakan kerajaan Surga.
 
KESIMPULAN.
Kedatangan Tuhan makin dekat, baik secara pribadi (= kematian, bertemu Tuhan Yesus juga) atau ber-sama2 (= pengangkatan). Jangan buang waktu, kesempatan, hidup hanya satu kali, satu kesempatan emas, sebab kalau dipakai itu lebih dari sekolah atau pendidikan manapun, sebab itu hiduplah setiap hari baik2 dipimpin Roh supaya kita meningkat setinggi mungkin sampai hari terakhir yang belum kita ketahui.
Hidup dipimpin Roh dalam kesucian melakukan kehendak Bapa, (baik di rumah, di Gereja juga dalam hidup sekuler dalam pekerjaan/ sekolah dll), akan membuat hidup kita indah dan tumbuh maksimal. Tebus waktu baik2, sebab hari2 ini sangat mahal dan tidak bisa kembali. Buang semua yang tidak perlu, jangan takut kebutuhan se-hari2, Tuhan akan pelihara, bahkan bisa limpah! Sebab itu berjalanlah dengan Tuhan dan dalam persekutuan tubuh Kristus dalam terang dan kasih Allah (1Yoh 1:7), berdoa terus dalam Roh dan hidup benar (ini kuncinya untuk bisa berjalan dalam Roh), terus minta hikmat, kuasa dan karunia2 Roh Kudus. Hidup yang meningkat dalam jalan Tuhan (jalan sempit, jalan salib, di atas Mezbah) itu bukan hidup yang menderita tetapi indah dan puas meskipun daging harus dimatikan terus menerus Rom 6:6. Jangan lupa kita hanya punya sisa waktu (yang tidak tentu habisnya), yang tidak bisa utuh kembali, meningkatlah dengan Tuhan. Jangan hanyut oleh pergaulan yang jahat, baik kanak2, kaum muda, dewasa dan tua. Jangan ragu2 mengambil keputusan yang tegas untuk terus berjalan dengan Tuhan. Jangan mau diajak untuk hal2 yang sia2, tetapi Injili semua orang di sekitar, garami, jangan sampai diracuni. Kita harus hidup suci dan melakukan kehendak Allah dalam sikon kita sehingga terus tumbuh, dan hasilnya akan mengikut kita sampai kekal. Wah 13:14.
 
Nyanyian:
Jam telah dekat, tahun lenyap lalu,
pikirkanlah nasib kekal.
Tebus waktu dan terus meningkat,
Berjalanlah dengan Tuhan.