M3632 – Lukas 21:32 Lolos dan Terangkat (25 Ags'13)

Download MP3 Khotbah: M3632

LUKAS 21:32. LOLOS DAN TERANGKAT.

LUK 21:32. SEMUA NUBUATAN FIRMAN TUHAN AKAN TERJADI.
Ini kata Allah, generasi manusia tidak akan lenyap sebelum semuanya terjadi. Satu kali semua manusia di bumi lenyap, tidak ada lagi manusia lahiriah seperti kita. Semua akan mati dan bangkit, baik orang jahat, maupun orang benar Yoh 5:28,29. Semua akan bangkit dan masuk dalam kerajaan Surga atau neraka, masing2 golongannya. Sebagian yang masih hidup akan terangkat, ikut dalam pertemuan di awan2 bersama-sama orang benar yang bangkit. Ini tidak terjadi begitu saja, sebelumnyaakan ada ujian akhir bagi Gereja 1Pet 4:17, dan ini juga disebut baptisan api Mat 5:13, Luk 12:49. Ini terjadi kalau Wah 22:11 sudah digenapi, yaitu dosa bertambah sampai puncak2nya sebab hukuman dikendorkan atau dipinggirkan seperti pada akhir Kerajaan 1000 tahun. Tetapi kesucian juga meningkat sebab:
1. Hukum dalam Gereja jadi keras 2Kor 10:6 dan
2. Kuasa Allah untuk bisa hidup dalam kesucian ditambahkan dengan sangat limpah dalam Hujan akhir. Luar biasa. Dosa dan kesucian sama-sama meningkat dengan dahsyat. Pada saat pengangkatan maka sebagian (ligabis atau orang beriman yang bersedia dan orang-orang benar yang bangkit), masuk dalam pesta di Surga (Perjamuan Malam Pernikahan Anak Domba); tetapi iblis, setan, Antikris, pengikutnya dan semua orang dosa masuk dalam pesta Neraka di dunia, sebagian jadi korban (dianiaya Antikris), dan yang lain menganiaya; bisa menganiaya, itulah pesta untuk iblis, setan-setan, antikris dan pengikutnya.
LUK 21:33. FIRMAN TUHAN ITU KEKAL.
Semua yang dikatakan dalam Alkitab akan jadi, sebab itu beruntunglah orang yang percaya dan memperhatikan serta memegangnya. Di dalam Kristus kita bisa memilih nasib yang baik mulai sekarang. Orang yang percaya dan memegang Firman Tuhan akan beruntung, ia akan mengalami semua yang terindah dan termulia untuk kekal.
Mulailah memilih jalur yang betul. Tuhan sudah memberitahu jalur yang ke Surga dan Neraka dengan jelas, gamblang Mat 7:13-14. Dalam hidup se-hari-hari, jalan ini tidak bisa dilihat dengan mudah seperti apa yang dibaca. Kalau yang dibaca itu tampaknya mudah, bisa langsung ke Surga (atau Neraka). Tetapi dalam hidup se-hari-hari, kalau mata rohani tidak terbuka, akan bingung. Tetapi ayat2 lain menjelaskan, jalan sempit itulah jalan salib Luk 9:23, Rom 12:1-2 hidup dalam kesucian, lekat pada Tuhan selalu Yoh 15:5, hidup dipimpin Roh. Ini jalan sempit yang betul, yang akhirnya pasti masuk Surga.
Kita bisa melihat ada Gereja jalan lebar dan Gereja jalan sempit seperti yang dinubuatkan dalam Wah 2-3. Ini juga pasti jadi. Dalam Wasiat Lama ini seperti Yehuda dan Israel, Israel adalah Gereja jalan lebar, semuanya akan binasa, kecuali 7000 lutut yang belum pernah bertelut pada iblis dan juga orang-orang yang bertobat sesudah Elia menurunkan api. Tetapi pada akhir kerajaan Israel, sebagian besar masuk Neraka. Tetapi orang-orang di jalan sempit, banyak yang selamat, labih-lebih yang setia sampai ke akhir.
Secara pribadi ada orang yang mau pikul salib dan ikut Tuhan Yesus inilah orang-orang yang bersukacita menderita karena Kristus (ini anugerah Allah, Pil 1:29) bisa terbeban, sukacita, tidak bersungut-sungut tetapi bergembira karena dianggap layak menderita karena Tuhan Kis 5:41, Mat 5:9-11. Ini orang-orang yang berani menderita karena taat akan Firman Tuhan, yaitu orang-orang di jalan sempit yang dianiaya dan ditekan. Tetapi juga ada orang-orang yang menolak salib Pil3:18-19, ini orang-orang yang hidup di jalan lebar yang menganiaya orang-orang yang di jalan sempit. Ini seperti Saul dan Daud, Daud di jalan sempit, Saul di jalan lebar, sebab Daud mau menyangkal diri untuk taat pada Firman Tuhan, bahkan juga terhadap Saul sikapnya itu dicocokkan dengan Firman Tuhan, mengampuni, tidak mau menjamah orang yang (bekas) diurapi dan itu berarti salib. Tetapi Saul menindas Daud sesuka hatinya, menurut hawa nafsunya, kesombongan, ketamakan dan kehendak hatinya. Kita termasuk yang mana? Yang penting yang di jalan sempit itu mau menyangkal diri, mau menderita karena kebenaran, mau taat akan Firman Tuhan dan menurut pimpinan Roh. Ini orang-orang yang ada di jalan sempit, tidak peduli pangkat, kepintaran dan uangnya, inilah orang-orang yang berkenan pada Tuhan, yang akan tetap selamat sampai masuk Surga.
Orang yang di jalan lebar itu menuruti daging, tidak mau tat akan Firman Tuhan, tetapi menuruti daging, menuruti hawa nafsunya seperti Saul. Firman Tuhan berkata yang mau terbeban dan suka pikul salib di jalan sempit memang lebih sedikit.Kita harus memilih mau menurut jalur yang mana. Yang plin plan akan hanyut dalam jalan lebar. Firman Tuhan itu pasti jadi, kekal. Kalau kita mengutamakan Firman Tuhan, mau taat akan Firman Tuhan terus menerus, itu berarti kita mau pikul salib di jalan sempit dan kalau terus setia di jalan sempit, akhirnya pasti di Surga kekal.
 
LUK 21:34. JANGAN SAMPAI HANYUT.
Dunia makin rusak dan orang-orang hanyut dalam kesukaan hawa nafsu jalan lebar, termasuk juga orang-orang Kristen dalam jumlah yang cukup banyak 1Tim 4:1, 2Tes 2:3. Ini orang-orang yang akan tertinggal. Sebagian akan mati dalam dosa, sebagian yang lain (masih banyak) akan mati dalam aniaya Antikris lalu bangkit masuk dan ikut memerintah dalam kerajaan 1000 tahun, tentu dalam tingkat yang terendah. Jangan ikut hanyut dalam arus jalan lebar. Caranya?
1. Harus punya pendirian Mat 7:24-29. Orang yang tidak mau tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18 itu tidak akan mengerti dengan baik dan sebab itu tidak punya pendirian yang betul dan kuat dan mudah hanyut oleh air bah dosa dan ajaran-ajaran yang keliru, setengah betul dan sesat.
Sebab itu kita harus mengerti Firman Tuhan dengan betul Mat 13:23 supaya bisa tumbuh dan ber-buah2 dan jangan tertipu dan terseret oleh ajaran yang keliru dan sesat dan arus dosa yang begitu menyenangkan tetapi penuh dengan kesukaan dosa sesaat, atau anggur Sodom Gomora Ul 32:32-33. Pengertian yang betul itu sangat penting, sebab ini menentukan adanya pendirian yang betul dan sikap tindakan-tindakan yang betul dst. Sebab itu jangan berhenti belajar Firman Tuhan, beri waktu yang cukup bahkan tebus waktu Ef 5:16 supaya pengertian rohani kita terus tumbuh meskipundosa bertambah-tambah juga ajaran-ajaran yang tidak tepat, keliru dan sesat. Orang yang tidak tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan dan tidakpenuh, dan tidak berjalan dalam Roh akan mudah terombang-ambing dalam segala macam angin ajaran manusiawi yang salah Ef 4:14. Labih-lebih dalam zaman komunikasi ini, segala macam kejahatan dan ajaran2 manusiawi membanjiri seluruh dunia dengan begitu cepat, seolah-olah tidak lagi bisa dibendung.
2. Pelihara persekutuan yang baik dalam kasih dan kesucian Tuhan 1Yoh 1:7 dan sehati dalam ajaran yang benar 1Kor 1:10, Pil 2:1-2, Mrk 3:25. Kalau kita tidak bisa sehati, sepikir, sejiwa, setujuan dalam tubuh Kristus, maka celah2 itu akan dipakai oleh iblis untuk memecah belah. Jangan beri tempat kepada iblis. Kalau ada pendapat-pendapat yang lain, yang tampaknya baik dan mengagumkan atau yang melawan apa yang sudah kita pegang dan yakini Luk 1:1, 2Tes 2:5; 3:6, 2Kor 6:17, Tit 1:9. Hati-hati jangan mudah menurut ajaran-ajaran yang baru, tetap taat akan pimpinan yang sudah nyata dan teruji Ibr 13:7,17 dan bicarakan ber-sama-sama dalam terang Firman Tuhan dan kasih Kristus Yoh 3:19-21. Jangan setuju dengan perbuatan dosa atau ajaran yang keliru. Kalau sudah yakin itu perbuatan atau ajaran yang salah, salahkan! Ef 5:11. Jangan ikut dengan yang salah, tetap pada pendirian yang betul yaitu sesuai dengan Firman Tuhan dalam peneguhan Roh Kudus dalam hati yang tulus. Orang yang tidak punya pendirian yang betul itu susah, jadi bingung dan kacau, sebab itu perlu mempunyai pemimpin yang benar, percaya dan taat padanya yang sudah terbukti kesaksian hidupnya benar dan mengajar sesuai dengan Firman Tuhan. Ibr 13:7,17. Paling baik belajar terus dengan hati tulus, jangan terpengaruh oleh segala perkara2 duniawi, perasaan hati, hubungan-hubungan dalam pergaulan, pengaruh dalam pekerjaan dll,tetapi nomer satu percaya kepada Tuhan, berdoa terus dalam Roh dan kebenaran; orang yang sungguh-sungguh tulus dan mau taat pada Firman Tuhan, maka Roh Kudus sanggup (Dia maha kuasa) memimpinnya sampai mendapat dan mengerti kebenaran dan orang seperti ini tidak akan sampai bisa ditarik keluar dari persekutuan tubuh Kristus yang betul.
Tiang-tiang Pagar Halaman tidak mudah dicabut atauditarik keluar, pasti semua tiang-tiang lain akan kena pengaruhnya dan berteriak-teriak, berdoa dan menasehati supaya jangan direbut dosa, dunia, iblis dan ajaran-ajaran yang salah! Ini persekutuan yang betul di dalam Tuhan. Apalagi papan2 dalam Kemah; untuk mencabut satu Papan itu susah sekali, hampir-hampir tidak mungkin kecuali seluruhnya roboh dan itu perkara besar, Tuhan tidak akan mengizinkan, labih-lebih kalau orang-orang itu sungguh-sungguh dan tulus di dalam Tuhan.
Jangan lupa masing-masing harus menggarami pancinya masing-masing (orang-orang sekitarnya, labih-lebih dalam persekutuan tubuh Kristus) untuk mengingatkan yang benar, dengan tulus dan dengan banyak berdoa dalam Roh dan kebenaran, pasti Roh Kudus bisa menolong orang-orang yang mau, kembali dalam jalan yang betul, jalan sempit, hidup dan perbuatan yang benar, ajaran-ajaran yang benar. Yoh 16:13. Jangan hanyut ikut jalan yang salah, baik dalam dosa atau dalam ajaran-ajaran yang salah, sebab akibatnya untuk kekal. Lot hanyut dalam keramaian dan kesukaan Sodom. Juga orang Galatia yang sudah penuh Roh Kudus juga bisa terpengaruh oleh Injil yang lain Gal 1:6-10. Orang Galatia begitu bodoh, yang mulai dengan Roh begitu baik dan setia, lalu mau diakhiri dengan cara daging? Gal 3:3-4,1. Jangan lepas dari salib Kristus. Kadang-kadang ada orang yang tidak mau dinasehati, kita harus mendoakannya dengan kasih dan terbeban ber-sama-sama dengan Tuhan Yesus 1Yoh 2:1. Orang-orang yang tidak mau menurut jangan diajak berkelahi, jangan benci, pegel dan marah, tetapi dengan kasih Kristus dan dengan hikmat dan kuasaNya, rebut dia dari dalam dosa Jud 23 dan dari segala ajaran-ajaran yang salah Yak 5:19-20. Jangan gegabah bertindak sembarangan, tetapi dengan kasih ilahidan minta pimpinan Roh Kudus (tunggu pimpinan Roh dan terus berdoa dan berjalan dalam Roh) untuk menolong domba-domba dan saudara-saudara yang terpengaruh oleh ajaran-ajaran lain atau dosa-dosa dunia yang jahat ini. Sebab kalau tidak ditolong, maka akhirnya injil yang lain itu akan membawa orang-orang yang mau menerimanya, ke dalam kebinasaan yang kekal dalam neraka abadi! Jangan segan bicaralah untuk menolong menariknya keluar dari api celaka yang kekal. Jud 23.
LUK 21:35. JANGAN TERJERAT.
Kalau kita tinggal di dalam Kristus, di dalam persekutuan tubuh Kristus yang betul, tidak akan mudah terjerat, baik dalam dosa, dunia, iblis, dll, atau ajaran-ajaran yang salah.
Belajar tetap hidup dalam kesucian Tuhan, meskipun banyak orang di sekitar hidup dalam dosa dan kejahatan dan berhasil, tetap jaya. Jangan marah, iri, pegel, benci dan bertindak menurut kehendak sendiri. Jangan sampai hanya melihat yang jahat, lalu jatuh dalam dosa (bereaksi dosa dalam hatinya) atau ingin berbuat yang sama, itu celaka! Apalagi kalau ikut kena segala perkara-perkara yang jahat. Tetaplah hidup suci, jangan bereaksi dosa dan jangan bertindak sendiri, tunggu pimpinan Roh Kudus dan terus menunggu dalam doa dan dalam Firman Tuhan dan persekutuan tubuh Kristus.
Dalam saat sekarang seringkali kita, labih-lebih pemimpin harus bertindak untuk menghadapi dan mengatasi kejahatan di sekitar kita. Jangan bertindak sendiri, apalagi kalau bertentangan dengan Firman Tuhan, tetapi selalu dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan. Banyak berdoa dalam Roh dan kebenaran (jangan ada reaksi atau inisiatif dosa).
Seringkali kita harus menunggu lama untuk jawaban, pertolongan Tuhan, tetapi itu justru menjadi latihan untuk iman dan semua segi hidup kita. Tuhan tidak pernah terlambat atau keliru menolong kita. Berjaga-jaga menunggu kedatangan Tuhan berarti kita harus ber-sama-sama dibersihkan dari semua hidup, tabiat dan ajaran yang salah. Sebab dalam Minggu ke-70 Daniel, di dalam Gereja akan ada hukum atau peraturan yang keras dan setiap dosa ditindak tegas langsung oleh Tuhan 2Kor 10:6. Kalau sekarang kita tidak mendisiplinkan diri kita sendiri dalam kesucian Tuhan sesuai dengan Firman Tuhan, maka bisa celaka dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan, bisa kena hukuman keras yang berlaku sesuai dengan Firman Tuhan, sebab semua peraturan dalam Gereja akan dilakukan dengan sangat disiplin dalam kesucian Tuhan, juga dengan pelayanan orang-orang sempurna, baptisan api atau masa hukuman rumah Allah di dalam rumah Tuhan sehingga Gereja dibersihkan Yez 9:6-8.
Di luar Gereja, justru Tuhan tidak bertindak (baru nanti sesudah pengangkatan), sebab dosa dibiarkan meningkat sampai puncak2nya Wah 22:11. Tentu akibatnya juga akan kena dan menekan Gereja Tuhan, tetapi Tuhan menyembunyikan dan memelihara GerejaNya dalam perlindungan Tuhan Yes 26:20, Maz 27:5. Dalam tempat perlindungan Tuhan ini berarti hidup suci di hadapan Tuhan sehingga Tuhan betul-betul bertindak dengan kuasaNya yang besar untuk melindungi GerejaNya, sehingga Gereja tetap menang dan tidak ada yang mati 1Kor 15:51 untuk ikut dalam pengangkatan. Justru dosa yang meningkat luar biasa itu dibiarkan Tuhan untuk mengolah dan menyucikan umatNya, supaya kita tetap percaya dan setia kepada Tuhan dan tumbuh, berbuah-buah sampai akhir. Jadi Gereja akan tetap kena kesukaran dan aniaya, tetapi Tuhan selalu melepaskannya. Ini menjadi pengolahan dan ujian bagi orang-orang beriman, tetapi dengan Tuhan tetap lolos dan satu kali ikut pengangkatan.Seperti Saul yang jahat tetap jaya dan menang, hidup juga 40 tahun, itu untuk mengolah Daud. Juga demikian tiga binatang Antikris pertama sukses, jaya, berhasil itu menjadi pengolahan dan ujian bagi Gereja sehingga yang lulus masuk dalam kesempurnaan dan pengangkatan.
Di dalam Gereja keadaannya sangat keras, lebih daripada Hujan awal (seperti Kis 5), tetapi orang-orang yang tulus dan lulusjustru sangat bergembira dan sukacita dengan segala kuasa, berkat, mujizat, kesembuhan, pertolongan Tuhan langsung dan lewat orang-orang sempurna dan tubuh Kristus.
LUK 21:36a. MAMPU MELEPASKAN DIRI.
Jangan keluar dari jalur yang betul (jalan sempit), tetap di dalamNya. Meskipun banyak kejahatan, aniaya, kesukaran dari luar dan Gereja juga ikut mengalaminya dalam batas-batas tertentu, jangan takut. Tuhan membiarkan Antikris menang dan juga orang-orang dosa di dalam dunia, dengan akibat-akibat langsung dalam Gereja, tetapi tidak akan lebih dari kekuatannya. Pertolongan Tuhan lebih dari cukup sehingga semua dilepaskan dan diselamatkan, tetapi tetap ada aniaya dalam batas2 yang cukup menjadi pengolahan dan ujian akhir bagi Gereja (= Baptisan api) sehingga Gereja bisa tumbuh dengan sangat cepat, dalam 3,5 tahun bisa tumbuh (144.000 orang) menjadi sempurna, cepat seperti Putra manusia Yesus di bumi menyelesaikan tugasNya dan jadi sempurna.
LUK 21:36b. BISA BERDIRI DI HADAPAN PUTRA MANUSIA YESUS.
Mengapa disebut Putra manusia Yesus, padahal posisiNya sudah tidak di dunia, sejak bangkit dari kematian 2000 tahun yang lalu, sebab Tuhan Yesus tetap menjadi contoh, jalan dan kepala kita, kepala Gereja. Dia menjadi ukuran dan pegangan kita untuk tumbuh terus sampai masuk dalam rencana penamatan dan kesempurnaan ini.
Tetaplah di jalur yang betul, sebab orang yang pindah ke jalan lebar, seringkali tidak bisa kembali, apalagi kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel akan takut, bisa mati di tempat, langsung ditindak hukuman yang keras Kis 5:13, tidak berani masuk kembali dalam jalan sempit dan juga seringkali sudah tidak mau dan tidak bisa Luk 5:39, Pkh 12:1.
Kalau kita sadar ada dosa atau pikiran daging yang salah, kalau sudah tahu, langsung buang dan tinggalkan, supaya kita tetap di jalur yang betul, sebab makin lama makin sulit kembali ke jalur yang betul.dan itu berarti binasa untuk kekal! Jangan seperti Yudas, Saul, Simson, Salomo yang membiarkan daging bekerja sehingga nafsunya dikuatkan dan jatuh dalam dosa, mereka terjerat dan celaka. Tetapi berusahalah seperti Daud yang selalu mau bersih2, memeriksa diri sehingga disucikan dari permulaannya Maz 139:23-24. Kalau kita tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, maka kalau toh ada yang tidak benar, Roh Kudus akan segera menyatakannya, juga seringkali lewat tubuh Kristus yaitu dengan saling menasehati Pil 2:1-2, saling menolong Yak 4:17, supaya jangan sampai terlambat. Sebab itu persekutuan tubuh Kristus itu penting dipelihara, jangan biarkan ada celah dan jangan biarkan iblis masuk Ef 4:27. Bicarakan semua dalam terang Yoh 3:19-20 supaya Roh Kudus yang bekerja dan menolong menyelamatkan. Kalau persekutuan tubuh Kristus kuat, tidak bisa mencabut satu Tiang atau satu Papan, semua terikat teguh dalam kesucian dan kasih Kristus. Terus hidup penuh dan dipimpin Roh seperti ligabis, jangan berubah menjadi ligabo (Liga Gadis Bodoh), supaya bisa tetap setia di jalur yang betul dan bisa bertemu dengan Putra manusia Yesus di awan2 dan masuk dalam Surga yang kekal dan mulia.
Nyanyian:
Berjaga berdoa dalam jalan sempit
Lihatlah dunia s’perti laut berg’lora.
Tuhan Yesus kata masuk dalam baht’ra (Gereja Hujan akhir)
Akhirnya ikut pengangkatan.