M3633 – Matius 24:32(-41) Pohon Ara Bertunas (1 Sept'13)

Download MP3 Khotbah: M3633

MATIUS 24:32(-41). POHON ARA BERTUNAS.

Mat 24:32. Perumpamaan tentang pohon ara, ini menjadi patokan yang harus kita perhatikan.
Ketika carangnya lembut dan daunnya bertunas, ini berarti mulai ada pertumbuhan, belum penuh, baru carangnya mulai tumbuh dan daunnya bertunas, ini tanda-tandanya musim panas sudah dekat, ini cerita tentang kedatangan Tuhan seperti yang disebut dalam seluruh pasal ini, juga langsung dalam Mat 24:37,38 dikatakan kedatangan Tuhan itu seperti zaman Nuh (Luk 17:26-27).
Mat 24:33 kalau hal-hal ini terjadi, maka kedatangan Tuhan ini sudah dekat di muka pintu.
Mat 24:34,35. Firman Tuhan pasti terjadi, baru semua orang (dalam tubuh manusiawi) di muka bumi akan lenyap. (tetapi manusia dalam tubuh kebangkitan sesudah mati, tidak akan mati tetapi kekal, di Surga atau di Neraka).
Mat 24:36. Tidak ada orang yang tahu tanggalnya, sebab itu jangan disesatkan orang yang berani mengatakaan tanggal kedatanganNya. Sebab itu kita harus bersedia, seolah-olah hari ini atau besok Ia datang (bisa secara pribdi atau masaal Amos 4:12).
Mat 24:39-41. Tanda2 pengangkatan. Jadi jelaslah bahwa semua ini mengingatkan kita untuk mengenali tanda-tanda pengangkatan, supaya kalau itu terjadi kita sudah siap untuk ikut, jangan sampai tertinggal
I. POHON ARA.
Pohon ara ini menceritakan tentang Israel, bahkan semua anak-anak atau turunan Abraham dari Ishak dan dari Ismail. Sebab Ismail juga diberkati Tuhan seperti yang dimintakan Abraham Kej 17:18-20. Berkat yang diberi Tuhan itu selalu berkat rohani dan jasmani, tidak hanya berkat jasmani. Tuhan tidak mau beri berkat jasmani tanpa rohani (keselamatan) sebab itu berarti mengelabui, karena apa gunanya dapat seisi dunia (jasmani) kalau rohaninya binasa, sia-sia Mat 16:26. Jadi berkat disini adalah berkat rohani yaitu keselamatn kekal dengan berkat jasmani secukupnya (untuk hidup di dunia ini) atau berkelimpahan (sesuai dengan kemampuan masing-sia untuk menerimanya, sebab kalau lebih, tidak tahan, berbuat dosa, bisa masuk Neraka). Jadi baik Ishak dan juga Ismael, turunannya diberkati Tuhan, mereka juga mendapatkan keselamatan dari Tuhan meskipun hari-hari yang lalu belum begitu jelas, sebab siapa saja bisa selamat. Pada waktu Hagar diusir keluar, mereka sudah kehausan dan pasti mati, tetapi sebab Tuhan sudah menjanjikan berkat kepada Ismail, maka mereka tidak mati, Tuhan tolong dan Ismael dapat berkat Tuhan, berkembang menjadi bangsa yang besar sampai sekarang. Israel menolak Mesias yaitu Tuhan Yesus bahkan membunuhNya dan sampai sekarang belum menerima keselamatan dari Tuhan. Tahun 1948 Israel menjadi satu bangsa dan dahulu hal ini dianggap bahwa Israel mulai bersemi, tetapi sampai sekarang kita menunggu (sudah 2013-1948= 65 tahun) tidak ada perubahan berarti. Ternyata yang di-tunggu2 tidak datang (kalau Israel sudah “bersemi” lalu Tuhan datang; Ternyata semua itu tidak demikian. Nanti dalam kerajaan 1000 tahun ini betul2 akan dipulihkan (Kis 13:21), tetapi sekarang ternyata belum. Ada sedikit sekali orang Yahudi yang percaya Tuhan Yesus, sebab hanya dengan cara ini seorang bisa selamat, tidak ada jalan lain Yoh 14:6, harus lewat dan percaya kepada Tuhan Yesus. Begitu juga turunan Ismael, sampai hari ini masih sedikit orang yang mau percaya pada Tuhan Yesus. Ini tidak bisa dipengaruhi tetapi percaya itu adalah keputusan pribadi Luk 12:57, Yus 24:15. Ternyata sekarang, akhir2 ini ada banyak orang Yahudi yang mau percaya Tuhan Yesus. Begitu juga dalam musim semi Arab, sesudah pemimpin-pemimpin yang lalu terguling, ada banyak orang dalam negeri tersebut, yang mau percaya Tuhan Yesus. Dalam Yes 19:23-25 Mesir, Asyur (yang sekarang menjadi negara-negara Timur tengah) mempuyai penggenapan jasmani dan rohani yang makin lama makin jelas. Ini semua menceritakan tentang turunan Ishak dan Ismael yang mulai bertunas dan berdaun menggenapkan nubuatan pohon ara ini. Satu kali mereka akan mengalami kepenuhan dari nubuat ini di dalam kerajaan 1000 tahun.
II. POHON ARA MULAI BERTUNAS.
[Beberapa negara-negara Timur tengah, lebih2 yang fanatik dalam tahun 70 sudah memutuskan untuk membasmi sampai habis. Tetapi ternyata makin lama, makin banyak sampai jutaan. Dalam salah satu negar Timur tengah ada 3 sampai 5 juta orang Kristen dan setiap bulan ada 3000 orang dibaptiskan. Di suatu negara yang lain mula-mula hanya ada 400 orang Kristen, sekarang menjadi 20 juta. Arab spring bukan hanya mengganti pemerintah yang berkuasa, tetapi ternyata sesudahnya, pertumbuhan orang-orang Kristen di situ tumbuh dengan pesat]. Ini seperti pohon-pohon ara itu yang mulai bertunas dan berdaun dan ini adalah tanda-tanda yang menyatakan bahwa kedatangan Tuhan atau pengangkatan sudah dekat. Kita harus sungguh2 ber-jaga2 supaya jangan tertinggal. Di samping kabar buruk yang bertambah-tambah di mana-mana, kabar baik juga ada. Di Afrika dalam hari-hari yang lalu, dimenangkan sampai 55 juta orang oleh Bonnke dkk dan mereka mengharapkan dalam waktu dekat bisa mencapai 100 juta. Sekarang timbul beberapa banyak hamba-hamba Tuhan baruyang mempunyai penginjilan yang besar-besar, jemaatnya sampai 50.000 setiap minggu bahkan Dr. Enoch Adejare Adeboye membuat tempat ibadah yang luasnya 1 x 1,5 Km dan akan membangun yang lebih besar lagi dengan ukuran 2 x 3 Km untuk pertemuan-pertemuan besar mereka. Pekerjaan Roh Kudus itu luar biasa dan bekerja di mana2.
Di Israel sendiri yang dahulu menolak kekristenan, sekarang mulai bersukacita dan menerima kekristenan. Beberapa banyak tanda-tanda yang dahulu tidak mungkin sekarang menjadi mungkin, belum lagi pertambahan yang meluas dari Afrika, itu semua mengingatkan kita untuk berjaga-jaga dengan sebaik-sebaiknya untuk menunggu kedatangan Tuhan. Kita tidak berjaga-jaga dengan nganggur atu melakukan hoby yang sia-sia, tetapi dengan sungguh-sungguh bertekun, bekerja keras minta pimpinan Roh Kudus untuk ikut serta dalam rencana penamatan Allah dalam pimpinan Roh Kudus.
III. DI MUKA PINTU.
Memang kita belum tahu dengan tepat hari kedatangan Tuhan. Tetapi setiap hari menunjukkan arah pertumbuhan yang makin dahsyat baik dalam dosa juga dalam kesucian dan ibadah. Selain berjaga-jaga untuk kedatangan Tuhan secara pribadi, tanda-tanda pengangkatan makin jelas. Jangan tunggu terlambat, sebab kalau seorang tidak bersedia, waktu masuk Minggu ke-70 Daniel, ia terlambat, tidak bisa mengikuti perubahan disiplin yang begitu besar, cepat berubah dan keras, melebihi disiplin Hujan-awal.
IV. BER-JAGA2LAH SEPERTI LIMA GADIS BIJAKSANA.
Kita harus ber-jaga2 seperti ligabis yang penuh dengan Roh Kudus dalam segala saat, segala tempat, segala keadaan. Ini hidup yang indah dan berhasil sebab dipimpin Roh. Kita harus belajar mengalami hidup dipimpin Roh, bukan dengan kuat gagah sendiri Zak 4:6, tetapi dengan kuasa Roh Kudus:
1. Dalam kesucian sampai dalam hati, angan-angan dan pikiran. Jangan berdosa atau berkelahi dengan saudara-saudara seiman sekalipun orang itu memusuhi, kita mengampuni dan mengasihi tetapi tetap cerdik! Mat 10:16.
Jangan terpancing oleh macam-macam tindakan yang salah sehingga bereaksi dosa. Belajar tetap dipimpin Roh, sebab justru Roh Kudus akan bertindak tepat, sempurna dan berbuah-buah; Kalau kita mau taat dipimpin Roh, maka kita akan mengalami tanda-macam pekerjaan Roh Kudus yang indah dan mulia ini.
2. Dalam kasih. Sulit membayangkan kasih di tengah-tengah kemarahan, emosi, kebencian dan kejengkelan dll, dalam menghadapi macam-macam perbutan dosa dan kejahatan. Jangan berkelahi dan berbenci-bencian, sebab Roh Kudus sanggup menyelesaikan semua problem asal kita mau taat dipimpin Roh bukan berkeras hati dalam kehendak dan kemauan kita sendiri. Jangan lupa kita perang dengan iblis bukan dengan manusia Ef 6:12. Pencobaan yang kita hadapi pasti tidak lebih dari kekuatan kita dan akan menjadi kebaikan yang indah-indah, bahkan kejutan-kejutan yang heran (1Kor 2:9) asal kita mau selalu menurut dan taat akan pimpinan Roh Kudus. Jangan menuruti logika, emosi, dorongan orang lain, arus di sekitar kita dll, tetapi ikuti pimpinan Roh Kudus. Roh Kudus selalu punya jalan yang tepat dan berkemenangan, sebab Dia Allah yang maha besar. Sebab itu terus berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran (jangan lupa dalam kebenaran, sebab tanpa kesucian kita tidak bisa memandang Allah dan tidak bisa mendengar suaraNya Mat 5,8; 1Sam 3:1; 28:6. Perhatikan hal-hal yang meng-halang2i kita mendapat suara Roh sehingga jalan dengan kebijaksanaan dan kehendak sendiri. Perlu banyak belajar mahir dipimpin Roh dalam Roh dan kebenaran, sehingga meskipun masih muda dan belum berpengalaman, tetapi karena dipimpin Roh, banyak orang muda2 dipakai Tuhan dengan heran. Jangan lupa kalau mulai dipakai Tuhan dengan heran, tetaplah rendah hati (jangan sombong, apalagi kalau sudah berhasil dalam hal-hal rohani atau jasmani lalu dipuji-puji beberapa banyak orang; juga fakta-fakta sukses meneguhkannya, maka orang mudah sekali menjadi sombong sehingga ditinggalkan Tuhan dan direndahkan, baik orang dunia seperti Nebukadnezar, apalagi orang-orang beriman, meskipun mulai dengan luar biasa dalam Roh, kalau sombong akan menjadi kosong dan sia2 dalam daging seperti Nuh, Saul, Salomo. Jangan sampai jadi sombong, tetapi jadilah rendah hati. Orang-orang muda yang mau hidup suci di tengah-tengah kubangan dosa sex dan keduniawian dan mau dipimpin Roh dalam Kesucian, Firman Tuhan, dan kasih Kristus, akan mengalami rencana Allah yang indah-indah. Tuhan akan bekerja dengan besar-besaran untuk menyelesaikan rencanaNya secepat-cepatnya. Roh Kudus bisa segera menyelesaikan semua problem dan rencana Allah, tetapi ia terganggu oleh orang-orang yang dipakaiNya. Kalau Allah melakukannya sendiri, semua rencana Allah akan segera selesai. Tetapi orang-orang yang dipakai Tuhan itu yang justrumenghambat, karena kebodohan, keras hati, keinginan yang salah dll dosa, tetapi Dia sabar memakainya supaya dapat pahala dan kemuliaan. Tetapi mereka yang melebih batas2 waktu Allah, tetapi tidak mau melakukan kehendak Allah, akan ditinggalkan dan Tuhan mencari orang lain yang bisa menghasilkan buah, dan taat untuk menyelesaikan rencana Allah Mat 21:43, Wah 3:11. Rencana Allah tetap berjalan dan tidak akan ditunda, tetapi justru dipercepat sesuai ketaatan tubuh Kristus. Seperti Yudas yang menuruti mammon akhirnya pergi ke tempatnya sendiri dan digantikan orang lain Kis 1:20.
3. TMSP (=Terus Meningkat Sampai Puncak). Jangan berhenti hidup dipimpin Roh. Dag Heward Mills berkata “Why you are still alive?”. Kita sudah belajar bahwa setiap hari kita hidup, Tuhan masih mempunyai rencana bagi kita dan rencana Tuhan selalu yang baik (terbaik tergantung dari ketaatan dan pengertian kita). Sekalipun di atas ranjang kesakitan, Tuhan tetap punya rencana yang indah, bertobat bagi yang sudah jatuh supaya bisadipulihkan setinggi-tingginya sekalipun sudah tidak ada harapan Mat 12:20, apalagi bagi yang setia dan tekun hidup di ril Allah yaitu penuh dan dipimpin Roh, maka rencana Allah baginya tidak habis, terus ada sampai mati, bahkan matipun di tangan (ditentukan) Tuhan. Jangan hidup sia-sia, satu haripun dalam dunia, di dalamnya ada rencana Allah yang indah. Bagi orang yang dipimpin Roh, tidak ada pensiun tetapi Terus Meningkat Sampai Puncak. Banyak berdoa dalam Roh dan kebenaran 1Tes 5:17 supaya bisa mendengar dan mengerti kehendak Allah Ef 5:17.
4. Rencana Allah yang terindah, mulia dan kekal. Andaikata kita mati Tuhan belum datang atau andaikata (ini tidak mungkin) Tuhan tidak datang, cara hidup berjaga-jaga seperti ligabis dalam ril Tuhan itu tetap cara hidup yang terbaik. Ini hidup yang puas dan sukacita sebab selalu dalam pimpinan Roh. Maz 16:11 dan tetap ada rencana Allah yang indah untuk pribadi kita. Yang taat dipimpin Roh akan mencapai rencana yang tertinggi dan termulia untuk kekal.
Ini suatu hidup yang puas; sampai mati dengan sepuas-puas umurnya Kej 25:8 dan itu betul-betul untung. Ingat setiap hari kita diberi hidup oleh Tuhan itu ada maksud dari Tuhan sekalipun dari luar tidak tampak ada apa-apa, tetapi pertumbuhan di dalam itu menambah ukurannya untuk kekal dan itu nyata sekali dalam Surga.
Rencana Allah pasti genap, sekalipun yang dipakai adalah orang-orang yang penuh kelemahan, tetapi Allah tetap sanggup mengolahnya sehingga bersama-sama membentuk rencana Allah yang global dansempurna dan lengkap, yaitu pengangkatan dan penamatannya dalam Surga Bumi Baru. Allah yang maha tahu itu sudah tahu lebih dahulu, siapa yang mau digembleng dan diolah dalam padang gurun untuk menyelesaikan rencana Allah. Tetapi kita yang tidak tahu apa yang akan terjadi esok, masih bisa mengambil rencana Allah yang terindah dengan cara mengerti kehendak Allah dan taat, dan semua itu dengan pertolongan Roh Penolong pribadi itu. Tuhan sudah tahu lebih dahulu dan bisa menjalaninya sendiri dengan sempurna, kita yang tidak tahu apa2 bisa menyempurnkan jalan Tuhan dalam kita dengan iman yaitu terus percaya dan taat akan pimpinanNya. Rencana Tuhan pasti jadi, ada banyak kesukaan dan kejutan indah yang menunggu kita di Surga. Jangan ditipu iblis seperti Hawa, yang menawarkan banyak hal-hal indah dan menyenangkan dari setan. Jangan percaya, bukan saja tidak indah dan sia-sia, tetapi pahit dan tangisan untuk kekal. Kalau kita mau sungguh-sunggh berjalan dengan Tuhan itu indah untuk kekal.
KESIMPULAN.
Pohon ara dalam Mat 24:32 itu jamak dalam Luk 21:30, itulah turunan Ishak dan Ismael yang mulai bertunas. Hal ini sudah mulai terjadi dan disamping tanda-tanda baik dan jahat yang kita lihat, kita harus bersedia baik-baik Mat 24:42 supaya jangan tertinggal dan masuk Neraka kekal. Bersedialah seperti ligabis dalam kesucian dan kasih, dipimpin Roh untuk bekerja mati2an atau maksimal (pasti tidak rugi) sebab hasilnya kemuliaan kekal dan sukacita kepuasan sekarang. Kalau toh kita mati sebelum Tuhan datang, tetap ada rencana yang indah dan mulia yang bisa kita capai kalau mau percaya dan taat akan pimpinan Roh Kudus, suatu hidup yang tiada taranya, hidup berjalan dengan Allah, bahkan lebih indah dari Nuh sebab Tuhan tetap punya rencana untuk TMSP.
Nyanyian:
Indah rencanaMu Tuhan,
di dalam hidupku.