M3506 – Kejadian 2:8-14 Dari Eden sampai ke Firdaus (4 Mar '12)

Download MP3 Khotbah: M3506

I. DARI EDEN SAMPAI KE FIRDAUS

EDEN (= menyenangkan – Herbert Lockyer) adalah suatu taman yang ideal di bumi yang dibuat oleh Allah untuk tempat Adam dan Hawa sesudah diciptakan. Di dalamnya ada pohon kehidupan dan pohon pengetahuan baik dan jahat, tetapi tidak ada dosa dan segala akibatnya (seperti penyakit, menua,kematian, celaka, malapetaka, dll), semua berjalan baik dengan ideal. Mereka makan buah, kalau binatang makan daun2an, tidak ada yang liar, beracun atau buas. Tidak ada hujan, uap air naik dari bumi membasahi semua (Kej 2:5). Sesungguhnya inilah Surga di bumi yaitu Surga tingkat I. (Setara dengan Halaman dalam Kemah Suci).
Sebab itu kita mendapatkan Tuhan ber-jalan2 di Eden seperti halnya di Surga Kej 3:8, sebab ini adalah sambungan Surga di bumi, sekalipun hanya pada secuil tanah di bumi. Keadaannya se-olah2 Surga menyinggung bumi, sehingga secuil tanah bumi yang tersinggung itu mengalami kemuliaan Surga, maka keadaannya menjadi ideal. Ini dimungkinkan sebab keadaannya suci, tidak ada dosa di dalamnya (baru diciptakan Allah dalam keadaan suci dan amat baik Kej 1:31).
Keadaan ini mirip kerajaan 1000 tahun, tetapi disini seluruh bumi masuk dalam suasana Surga, diperintah langsung oleh Kristus dan orang2 suci, dicegah dari dosa dengan pemerintahan tongkat besi.
Sesudah Adam dan Hawa berdosa, mereka diusir keluar dari Eden, masuk di bumi. Akibatnya kutuk dosa kena seluruh bumi termasuk pada manusia, binatang, tumbuh2an dan benda di bumi, semua mengalami degenerasi (proses menjadi rusak) terus menerus. Juga Eden diangkat keluar dari bumi (hilang)sehingga hanya tinggal bekasnya yang menjadi sama seperti daerah bumi lainnya. Meskipun para Archeolog mencari2 dalam tempat yang diperkirakan sebagai tempatnya, tidak didapatkan apa2, juga tidak ada bekas2nya, tidak di dapatkan tanda2 Eden, sebab sudah ditarik kembali ke Surga. Eden sudah hilang seperti burung merak yang indah, waktu mati, tinggal bangkainya yang berbau busuk dan menjadi rusak.
Apakah Eden akan kembali lagi? tidak! Dalam bentuk lain, ya! Sebab prinsip surga tidak bisa hilang, karena Allah kekal; di mana ada Allah di situ ada Surga dan tingkat satu adalah seperti Eden.
FIRDAUS (Park = taman umum, Unger’s Bible Dictionary).
Ini tempat di Surga, tubuh manusiawi biasa tidak bisa masuk ke dalamnya. Sesudah penjahat yang disalib bertobat, maka rohnya akan masuk ke Firdaus yaitu Surga tingkat satu, tempat yang paling rendah di Surga, sebab ia baru bertobat belum sempat tumbuh. Luk 23:43. “Paulus” (atau temannya) naik sampai Surga tingkat tiga dan ia juga lewat Firdaus. 2Kor 12:2-4.
Ini adalah bagian dari Surga, tidak sama dengan dengan Eden, tetapi tingkatnya sama yaitu Surga tingkat I. Disini Pohon Pengetahuan baik dan jahat tidak ada, hanya Pohon kehidupan yang ada Wah 2:7. Yang bisa masuk di sini adalah roh orang2 yang selamat (sesudah seorang mati, langsung keluar vonis penghakiman Ibr 9:27 untuk masuk Surga atau Neraka).
Orang yang pada saat terakhir di dunia tingkatannya di Halaman (waktu mati akan masuk Surga tingkat satu yaitu Firdaus). Hati2, Halaman adalah tempat yang tidak aman, mudah jatuh kembali ke dunia.Juga orang2 yang mati dalam zaman Antikris, ini orang2 yang tertinggal, orang yang tidak rohani tetapi kemudian bertobat kembali, tetapi sesudah itu tidak bisa tumbuh lebih lanjut, mereka juga ada di Halaman yaitu di Mezbah korban Bakaran, Ini Surga tingkat satu yaitu Firdaus.

II. PERBEDAAN EDEN, BUMI DAN FIRDAUS

Urut2annya Eden/bumi/Firdaus.

  1. Waktu: Sudah lalu, sekarang sudah tidak ada/ masih ada/ sekarang ada sampai yang akan datang masih ada.
  2. Keberadaannya: Sudah hilang/ sekarang masih ada/masih ada di Surga sekarang.
  3. Catatan utama: Di Kejadian/ Kejadian sampai Wahyu/ Wahyu
  4. Yang tinggal: Adam dan Hawa sebelum jatuh/ semua umat manusia/ roh orang2 yang selamat yang masuk Surga tingkat satu.
  5. Surga tingkat satu/ satu sampai tiga/ tingkat satu.
  6. Keadaan manusia di dalamnya: Belum teruji/ sedang di olah dan diuji/ sudah diuji tetapi hasilnya hanya tingkat satu. Roh-roh orang yang selamat, yang tingkatnya lebih tinggi tidak di sini.
  7. Pohon yang ada. Pohon kehidupan + Pohon pengetahuan/ kedua pohon ini ada di dunia secara rohani/ hanya ada Pohon kehidupan.
  8. Darah Yesus tidak ada/ ada dan efektif untuk yang percaya/ sudah tidak ada dosa, tidak lagi memakai darah Tuhan Yesus.
  9. Tumbuh. Ada pertumbuhan rohani, tetapi terlalu sedikit/ tumbuh pesat/ tidak ada pertumbuhan.
  10. Sungai. Dari Eden mengalir jadi 4 kepala sungai/ sungai2 air hidup dari hati yang baru/ sungai kehidupan dari tahta Allah sampai di Firdaus juga.
  11. Grafik rohani dari orang2 di dalamnya: Naik turun di tingkat I/ naik turun tingkat satu sampai tiga/ tidak berubah, terus di tingkat satu.
  12. Iblis: Masuk sebentar sebagai ular yang menggoda Hawa/ terus ada sampai Kiamat/ Masuk sampai Wah 12:10.

TEMPAT YANG MENYENANGKAN

Kej 2:8-9
8. Dan Tuhan Allah menanam sebuah taman di sebelah Timur di Eden. Disitulah Ia menaruh manusia yang dibentukNya.
9. Dan keluar dari tanah Tuhan Allah menumbuhkan setiap pohon yang menyenangkan untuk dilihat dan baik untuk makanan, pohon kehidupan di tengah2 taman itu dan pohon pengetahuan baik dan jahat. (KJI)

Tuhan selalu membuat tempat yang ideal dan terindah untuk umatNya, sejak tempat pertama untuk Adam dan Hawa, sangat indah dan menyenangkan (Eden= suatu tempat yang menyenangkan). Sampai sekarang Tuhan jugamenyediakan tempat yang menyenangkan untuk orang yang percaya pada Tuhan, bukan sebagai tempat sengsara, tetapi tempat yang menyenangkan Mat 11:28-30. Kekristenan adalah tempat yang menyenangkan bagi manusia yang mau percaya pada Tuhan Yesus.
Iblis pembohong itu selalu mengatakan sebaliknya, ia mengatakan menjadi Kristen itu tidak enak, penuh sengsara, dukacita. Segera pada waktu seorang percaya pada Tuhan Yesus, ia dilepaskan dari dosa dan kerajaan Surga langsung datang kepadanya. Luk 11:20. Ia pindah dari kerajaan gelap si iblis, ke dalam kerajaan Putra Allah yang indah.
Begitu indah masuk dalam kerajaan Allah Kol 1:13. Ini suatu kesukaan yang besar,langsung jadi anak2 Allah Yoh 1:12 dan Roh Kudus sudah bekerja di dalam kita dan ini akan makin dalam dan makin limpah!Sejak kepada Hawa, iblis selalu berdusta dan memutar balikkan kebenaran, dan seperti Hawa, sekarang juga banyak orang tertipu. Ikut iblis ituNeraka sekalipun umpannya manis seperti buah Pohon pengetahuan baik dan jahat. Tetapi ikut Tuhan Yesus, memang harus pikul salib (Luk 9:23), harus mematikan daging, tetapi itu menyebabkan hidup menjadi suci, sehingga adadamai, sejahtera dan sukacita, yaitu suasana Surga.
Memang daging harus dimatikan, tetapi justru itu membuat hidup jadi seperti Surga.
Iblis selalu memutarbalikkan perkara. Ia selalu mempromosikan bahwa dosa itu manis dan suci itu penderitaan; kalau bisa berzina, menuruti daging, kaya, dihormati dst, ituenak, jauh lebih enak dari hidup suci. Ini tipu daya si setan.
Sesudah Hawa menuruti setan, ternyata semua itu dusta dan penderitaan dan air mata, jadi hidup yang pahit bagiHawa yang mempercayai dusta iblis.
Juga perempuan Samaria mula2 menuruti nafsu perzinaannya, senang sesaat sesuai, tipu daya iblis, tetapi sisanya seperti Neraka. Tetapi waktu ia percaya Tuhan Yesus hidupnya jadi seperti Surga.
Kita bisa bersukacita dengan sesungguhnya Pil 4:4,7. Di dalam hadiratNya ada suasana Surga Maz 16:11. Jangan sampai tertipu oleh iblis. Percayalah akan Firman Tuhan, itu kebenaran Yoh 17:17. Percaya dan taat ikut Tuhan Yesus hidup ini akan sukacita dan bahagia.
Tempat pertama sesudah ikut Tuhan Yesus itu juga seperti Eden Luk 11:20 baik Zacheus yang bertobat mengalami Surga tingkat pertama Luk 19:9, Juga penjahat yang disalib Luk 23:43, semua mengalami Surga.

Surga tingkat II

Kalau tetap setia ikut Tuhan kita akan meningkat makin tinggi dalam kerajaan Allah. Waktu murid2 penuh Roh Kudus, sukacita mereka luar biasa Kis 2:13 seperti orang minum anggur manis padahal tidak minum apa2. Ini Surga tingkat II dan sekarang dimulai.Se-waktu2 kita bisa bergemar dalam Roh seperti Putra manusia Tuhan Yesus Luk 10:21. Bahkan Tuhan berkata: bersukacitalah selalu Pil 4:4 dan ini justru jadi kekuatan kita Neh 8:11.
Apalagi kalau kita masuk dalam Surga tingkat tiga, itu kesukaan melulu Mat 25:21, Maz 16:11.
Tempat Iblis adalah kegelapan yaitu tempat tangisan dan gertak gigi Mat 25:30 (juga di sini ada tiga tingkat. Tahkta binatang atau Antikris itu tempat gelap dan penuh dengan kesakitan Wah 16:10-11).
Di dalam Kristus kita mendapatkan Eden kembali, juga Firdaus, bahkan kita bisa meningkat lebih tinggi lagi sampai pada Surga tingkat dua dan tiga. Kalau seorang menjadi mempelai Kristus atau menjadi sempurna seperti 144.000 orang yang bersama2 Kristus terus Wah 14:1-5 itulah tempat yang tertinggi, Surga tingkat tiga ber-sama2 Kristus terus menerus se-lama2nya.
DALAM EDEN MENGALIR SEBUAH SUNGAI.

Kej 2:10
10. Dan sebuah sungai mengalir keluar dari Eden mengairi taman itu dan dari sana ia terbagi dan menjadi empat kepala. (KJI)

Dari permulaan seorang percaya kepada Tuhan Yesus, sungai2 air hidup mengalir dalam hatinya Yoh 4:14. Di Eden itu sungai lahiriah, tetapi di dalam Kristus, itulah sungai2 yang mengalir dalam hatinya.
Sungai di Eden ini menjadi 4 kepala sungai, sehingga tampak empat sungai. Dalam Yoh 7:38 dikatakan ada sungai2 mengalir dalam hatinya. Hatinya dialiri oleh sungai ini menjadi sejahtera, penuh sukacita seperti yang dialami setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus.
Jangan sampai aliran sungai ini berhenti, peliharakanlah hati ini lebih dari segala perkara yang lain, sebab dari dalamnya akan terus mengalir sungai2 air hidup Ams 4:23. Jadi prinsip pekerjaan Tuhan itu sama. Kalau kita tetap hidup dalam kesucian kita akan seperti Eden dan akan ada sungai2 yang mengalir keluar.
Pengalaman Adam Hawa, dengan 4 sungai ini tidak ada. Tahu2 sesudah Hawa dibentuk Tuhan, maka cerita yang pertama adalah tentang Hawa dengan ular, lalu langsung jatuh dalam dosa dan mereka diusir keluar dari Eden.
Dalam peta sulit ditemukan 3 sungai pertama yaitu Pison, Gihon dan Hidekel, hanya Efrat yang masih jelas. Dalam Kej 2:14 Hidekel menurut Terj. Baru, Modern KJ, Green adalah Tigris. Beberapa ahli mengatakan bahwa sungai Pison dan Gihon adalah Kanaal (terusan2) diantara sungai Efrat dan Tigris. (Unger’s dll).
Tetapi yang diceritakan dalam Alkitab itu lain.
Dari Eden mengalir keluar empat sungai ke arah 4 mata angin. Yang Selatan sampai di Ethiopia Afrika. Lalu yang ke Timur sampai sebelah Timur Asyur. Yang ke Utara sungai Ferat dan ke Barat sungai Pison.
Jadi dari Eden mengalir 4 sungai ke 4 mata angin. Tetapi dalam peta yang sekarang itu tidak nyata bahkan banyak berbeda. Mengapa?
Sebab peta yang sesuai dengan Eden sudahhancur, berubah, sebab:

  1. Pada waktu Adam Hawa berdosa, mereka diusir keluar dan Eden diangkat kembali, air kehidupan lenyap, sungai2 itu menjadi kering, maka bentuk dan alur sungai itu berubah.Letaknya sudah kacau, tidak karuan dan kering, sebab air yang heran itu sudah tidak ada, hanya sisa jurang2 yang kering.
  2. Bumi terkutuk oleh dosa Hawa dan Adam. Lebih banyak lagi kerusakan2 yang terjadi.
  3. Waktu air bah zaman Nuh memenuhi seluruh bumi, maka bentuk peta dunia berubah; mungkin dahulu laut Merah masih bisa dilewati sungai ke Ethiopia, sekarang menjadi laut dan jurang tempat sungai itu sudah tidak ada dan berubah, sehingga tidak dikenali lagi. Dalam Wah 6:14 oleh bala2 itu gunung dan pulau tempatnya, petanya berubah.

Dalam Kerajaan 1000tahun waktu bumi dipulihkan Kis 3:21, semua ini bisa berubah kembali seperti pada permulaan waktu diciptakan Allah, sebab keadaan semula itu keadaan yang ideal,terbaik, karena Allah selalu membuat yang terbaik, tetapi kemudian rusak oleh kutuk dosa.
Secara rohani, peta yang diatur oleh Allah itu punya maksud yang heran dan itu tetap berlalu secara rohani, arti rohaninya akan digenapkan.
Apa artinya bagi kita?Dalam Kis 1:8, Mat 28:19-20 Tuhan menyuruh umatNya pergi ke seluruh bumi. Dalam Wah 7:1-2, Dan 7:2 ada 4 malaikat yang memegang ke-4 mata angin. Kalau injil diberitakan ke seluruh bumi, maka kepala2 sungai air hidup itu akan mengalir ke-4 mata angin di seluruh dunia. Setiap orang yang percaya pada Tuhan Yesus, dalam hatinya ada cabang2 sungai air hidup mengalir Yoh 7:38.
Jadi dalam peta Eden ini ada rencana Allah sampai ke seluruh dunia, yaitu Injil yang akan sampai ke seluruh dunia Mat 24:14. Kalau kita atau Gereja pergi memberitakan Injil sampai keseluruh dunia, maka 4 kepala sungai itu akan ikut mengalir menyertai, yaitu dengan air hidup, keselamatan di dalam Kristus.

SUNGAI I: PISON, ADA EMAS, BDELIUM DAN UNAM.

Kej 2:11-12
11. Nama yang pertama adalah Pison, yang pergi mengelilingi seluruh tanah Hawilah, dimana ada emas.
12. Dan emas dari tanah itu baik; disana ada Bdellium dan batu unam.

Emas cerita tentang kesucian.
Bdelium (TL: Mutiara) Bil 11:7 ini warna dari manna yaitu gambaran Firman Tuhan.
Unam. Ini permata bahu yang dipakai imam besar Kel 25:7. 12 suku bangsa Israel tertulis dalam permata ini, ini jadi beban imam besar dan ini dibawa ke hadapan hadirat Tuhan.
Semua ini menceritakan tentang imam besar yang memakai permata Unam dan serba emas (ciri2 Ruangan Maha Suci) dan manna yang ditaruh dalam buli2 emas dalam Tabut. Emas, manna dalam Tabut, permata Unam pada Imam besar semua menceritakan tentang Ruangan Maha Suci, yaitu rencana Allah untuk menyempurnakan umatNya yaitu Gereja, sampai sempurna seperti Kristus. Berita kesukaan yang diberitakan umat Tuhan, disertai oleh pekerjaan Roh Kudus dalam Hujan-awal dan Hujan-akhir, ini jalannya pengolahan Tuhan sampai pada menyempurnakan Gereja sehingga rencana Allah genap. Dari permulaan (sejak Allah membuat Taman Eden) rencana Allah sudah dinyatakan dan semua ini pasti akan digenapkan.

SUNGAI II: GIHON YANG PERGI KE MENGELILINGI TANAH KUSY.

Kej 2:13
13. Dan nama sungai yang kedua adalah Gihon, yang pergi ke mengelilingi tanah Kush* (KJI)
(KJ note: Etiophia).

Zef 3:10 TL mengatakan bahwa dari Kusy dibawa persembahan bau2 yang harum. Ini lambang doa orang suci, suatu bau yang harum bagi Tuhan. Wah 5:8 yaitu berdoa dalam Roh dan kebenaran. Ini kunci dari berjalan dalam Roh. Untuk apa kita bertekun berdoa? Supaya kita bisa berjalan dalam Roh sebab ini kunci sukses hidup Putra manusia Yesus di dunia Luk 4:1,18.
Bukan saja kita mempertahankan suasana Eden tetapi terusditingkatkan dalam tingkatan yang lebih tinggi, yaitu bisa berjalan dengan Allah, sehingga kita bisa melakukan hal2 yang besar bagi Tuhan Maz 60:14 dan tahan pada akhir zaman, tidak hanyut dalam dosa2nya tetapi makin tumbuh dalam kesucian terus ber-tambah2 Wah 22:11 dan ikut dalam pengangkatan Wah 11:2. Seperti pedupaan yang dibawa masuk dalam Ruangan Maha Suci, Im 16:12, Ibr 9:3-4, begitu orang yang suka berdoa dalam Roh dan kebenaran itu bisa berjalan dengan Tuhan dan tumbuh dengan cepat masuk dalam proyek Allah, mati ikut dalam pengangkatan. Bahkan ada yang menjadi sempurna.Belajar terus berjalan dalam Roh dan terus tumbuh, maka rencana Alalh akan digenapkan dalam hidup kita, keluarga, Gereja lokal sampai global.

SUNGAI III DAN IV: HIDEKEL DAN EFRAT.

Kej 2:14
14. Dan nama yang ketiga adalah Hiddekel*, yang mengalir ke arah Timur dari Assyria dan sungai yang keempat adalah Efrat. (KJI)
(B,M,G: Tigris).

SUNGAI III: HIDEKEL mengalir sampai di Timur Asyur. (dalam peta2 sekarang Efrat dan Tigris (ini dianggap Hidekel) berjalan ber-sama2 dari Barat laut menjadi satu sungai yang bermuara di teluk Persia. Tetapi dalam ayat ini Hidekel berjalan sampai ke sebelah Timur dari Asyur. Injil sampai di seluruh dunia Mat 28:19-20 maka rencana Allah digenapkan dan Tuhan datang Mat 24:14. Tiga angka target kedatangan Tuhan akan digenapkan dan Injil akan sampai di seluruh dunia.
Asyur akan bertobat dan menjadi umat Tuhan (juga Mesir di Barat) Yes 19:25. Tugas kita harus digenapkan, mulai dari isi rumah, lingkungan (atau panci) kita dan sampai semua tugas yang dibebankan Tuhan di atas kita. Kita harus bersehati untuk menyelesaikan beban yang Tuhan tanggungkan atas kita dan sekaligus kita tumbuh 2Tim 2:20-21. Ini kehendak Tuhan bagi kita Mat 7:21 sambil melakukan kehendak Tuhan, kita tumbuh dalam pelayanan. Supaya kita kerjakan baik2 dan terus tumbuh dalam rencana Allah.
SUNGAI IV: EFRAT.
Ini batas terjauh, waktu Israel mencapai puncak rencana Allah, mereka sampai pada ukuran yang penuh Kej 15:18, Ul 11:24, 2Sam 8:3. Gereja akan disempurnakan. Waktu sungai Efrat dikeringkan, Antikris dan tentaranya menyeberang dan melawan Kristus dan tentaranya Wah 16:12-16 lalu terjadi perang Harmagedon, maka rencana Allah dalam Gereja, dalam dunia ini diselesaikan lalu masuk dalam zaman kerajaan 1000 tahun (rencana Allah bagi Israel diselesaikan dalam kerajaan 1000 tahun) lalu perang Gog dan Magog, maka semua rencana Allah genap dan kita masuk dalam Surga Bumi Baru yang kekal.

KESIMPULAN

Eden sudah lenyap, Firdaus sudah ada di dalam Surga. Meskipun Adam dan Hawa gagal, tetapi rencana Allah tidak akan gagal. Semua rencana Allah digenapkan di dalam Kristus. Kalau kita mau dipimpin Roh melakukan kehendak Allah, kita akan mengalami Eden kembali dalam hati kita dan akan mengalir sungai2 air hidup yang membawa kita masuk dalam rencana Allah sampai ke seluruh bumi yaitu rencana Allah bagi tubuh Kristus global digenapkan. Sungai air hidup yaitu pekerjaan Roh Kudus membawa kita dalam:

  1. Kesucian yang terus meningkat sampai puncak2 tertinggi bahkan sempurna Wah 22:11. Bisa menanggung beban jiwa2, istimewa 3 angka target kedatangan Tuhan. Mem-bagi2kan rahasia Firman Tuhan, istimewa tentang kesempurnaan dan akhir zaman.
  2. Injil sampai seluruh dunia sehingga orang kafir berubah menjadi umat Tuhan.
  3. Limpah doa dalam Roh dan kebenaran sehingga mahir berjalan dalam Roh seperti ligabis.
  4. Tumbuh dalam pelayanan sampai ukuran yang penuh.

Betapa indah rencana Allah, kalau kita mau ikut serta, hidup ini akan disertai Tuhan dan kita akan tumbuh dalam rencana Allah yang indah2 dan Tuhan akan menyediakan segala fasilitas yang kita butuhkan, bukan saja kembali seperti di Eden, tetapi lebih dari itu sampai tingkat yang kedua. Hidup dan berjalan dengan Tuhan dan akhirnya masuk dalam rencana kesempurnaan Allah. Ini sangat indah Kej 49:14-15. Kalau kita bisa melihat hal ini, kita akan mengalami rencana Allah yang indah, lebih daripada segala rencana besar di dalam dunia. Satu kali kita akan masuk bukan saja di Firdaus, tetapi sampai duduk di tahta Allah dengan Kristus Wah 3:21.

Nyanyian: Tabernakel no 102.

Indah seperti di Eden