M3507 – 2Korintus 5:17, Kolose 3:9-10, Efesus 4:24 Tabiat Lama & Baru – 1 (11 Mar '12)

Download MP3 Khotbah: M3507

PENDAHULUAN

Orang berdosa di hadapan Allah adalah orang (manusia) lama dalam hidup lama yaitu anak2 iblis. Sesudah lahir baru ia berubah menjadi orang (manusia) baru, atau manusia rohani, orang benar/ suci, anak2 Allah. Orang-baru itu punya tabiat baru yaitu seperti Putra manusia Yesus. Tabiat baru ini kalau tumbuh, makin lama makin mirip sampai akhirnya sama, se-penuh2nya seperti Kristus. Sebaliknya tentu tabiat lama itu seperti iblis dan makin lama makin penuh yaitu waktu dosanya sempurna seperti iblis. Seharusnya semua orang Kristen itu memakai (mempunyai) tabiat baru seperti Kristus.

I. MENGAPA TABIAT BARU KURANG NYATA DAN KURANG DIPERHATIKAN?

  1. DALAM DUNIA yang lebih penting adalah prestasi danpenampilan yang tampak, tentang tabiat sebenarnya tidak jadi yang utama. Misalnya dokter baik tetapi bodoh, pasiennya mati. Montir baik dan murah, tetapi mobilnya remnya rusak. Pegawai baik tetapi keliru2 terus. Orang baik tetapi tidak bisa cari uang, dst. Memang yang ideal kalau orangnya juga baik, tetapi sebab yang betul2 baik terlalu sedikit, asal tidak keterlaluan, masih bisa diterima. Misalnya pintar, berhasil, tetapi sombong. Sebab itu dalam Gereja yang tidak punya saringan Firman Tuhan dan Roh Kudus, hal2 ini juga masuk dan dianggap biasa. Apalagi dengan alasan: “belum sempurna, masih boleh”.
  2. TIDAK MENGERTI pikiran Kristus/ Firman Tuhan. Kalau mengerti, akan ngeri. Orang-lama itu pabrik dosa. Ada sedikit bahan baku, langsung diproduksi jadi dosa. Bahkan tanpa apa2pun, bisa produksi dosa dari dalam pikirannya sendiri. Sedikit tersinggung atau salah paham, keluar macam2 dosa. Haman tidak dihormati Mordekhai, langsung disiapkan pembunuhan Mordekhai dan seluruh bangsanya, dahsyat, ini orang-lama! Orang lama itu terus menerus menghasilkan dosa, makin lama hidupnya makin banyak dosanya, sebab itu sesudah air bah umur mansuia dipotong drastis. Manusia baru diciptakan 1500 tahun,dosa2nya sudah naik melebihi batas sehingga dibinasakan seperti akhir zaman Luk 17:26. Tabiat lama itu juga pos setan, bahkan bentengnya. Bahkan tabiat lama itu juga Neraka di bumi. Sebab itu orang percaya jangan pakai tabiat lama tetapi tabiat baru. Hidup dengan tabiat baru itu penuh sukacita, disertai Tuhan, bahagia, rohaninya bisa tumbuh pesat dan rencana Allah yang indah2 akan jadi dalam hidupnya, seperti Surga. Berapa banyak orang Kristen hidupnya pahit, menderita, melarat, sebab hidup dengan tabiat lama. Ini salah dan inilah hidup yang tidak memperkenankan Tuhan!
  3. TIDAK TAHU BEDA TABIAT LAMA DAN TABIAT BARU
    Banyak orang mengira tabiat baru itu sama dengan orang baik Luk 18:19, salah! Masih jauh dari itu, apalagi kalau definisi baik itu menurut manusia bukan menurut Firman Tuhan. Banyak orang berpikir ada banyak orang baik dalam dunia tetapi Tuhan berkata tidak ada seorangpun, kebaikan manusia hanya seperti kain larah Yes 64:6. Jadi semua orang baik dalam dunia ini tidak baik di hadapan Allah, tidak cukup baik menurut standard Surga sehingga tidak bisa masuk Surga! Masih banyak orang Kristen tidak mengerti, sebab itu mereka tidak peduli dengan tabiat baru. Banyak yang tidak mengerti tabiat baru, sebab banyak orang kurang suka menyelidiki Firman Tuhan apalagi mentaatinya. Sebab itu banyak yang tidak mengerti dan tersesat Mrk 12:24. Misalnya ada orang kaya yang baik, murah hati, semua orang hormat padanya tetapi di hadapan Allah ia seorang pencuri! Tabiat baru adalah tabiat yang sesuai dengan Firman Tuhan seperti Kristus, yang diturunkan Tuhan ke dalam semua orang yang percaya dan lahir baru.
  4. TIDAK BISA HIDUP DALAM TABIAT BARU. Ada yang tahu artinya tabiat baru tetapi banyak yang lemah dan tidak bisa menjalaninya sehingga tetap memakai tabiat lama dan ternyata “tidak apa2” baikdi dalam dunia dan di dalam Gereja. Sebab semua sama2 begitu, maka hal ini menjadi mode; Kristen tetapi tabiatnya lama.
    Kalau orang Kristen yang lahir baru mau hidup dalam tabiat baru pasti bisa, sebab tidak sulit, apalagi kalau mengerti dari Firman Tuhan dan tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, tekun ibadah dan pelayanan, maka ia bisa hidup baru dan tumbuh dengan cepat sampai seperti Kristus.
  5. TUJUAN HIDUPNYA: DUNIA, yaitu perkara2 yang fana. Sebab orang yang mengejar dan bercintakan hal2 fana itu hidup dalam tabiat lama seperti Achan, Yudas, Gehazi dll, mereka tidak peduli dengan hidup baru, yang penting dapat isi dunia.

II. KEINDAHAN TABIAT BARU YAITU SEPERTI PUTRA MANUSIA YESUS

Beberapa orang berpikir terlalu berat memakai tabiat baru sebab penuh penyangkalan diri, lagipula harus hidup dalam kesucian, sebab itu mutlak untuk hidup baru. Sesungguhnya hidup baru itu seperti orang mempunyai perhiasan emas itu jauh lebih berharga dan lebih indah daripada tabiat lama yang seperti tembaga. Perkara2 dari Allah itu mulia dan untung di dunia sampai kekal. Apa saja keindahannya?

  1. YESUS MENJELMA DALAM KITA Gal 4:19. Kalau sifat kita seperti Kristus, maka orang melihat Kristus di dalam kita, bukan kita lagi, dengan segala sifat2 baru yang baik, tegas dan suci.Seringkali karena tabiat lama yang jelek dan penuh dengan dosa, orang2 Kristen menjadi batu sontohan sehingga nama Tuhan dihojat, apalagi oleh orang2 yang dirugikannya Rom 2:24. Tabiat lama itu menjadi batu sontohan, sehingga orang tertolak dari Surga Mat 23:13,14, Mat 18:7. Kalau mereka melihat orang dengan tabiat baru (lebih2 dengan prosentasi yang tinggi), seperti melihat Tuhan Yesus, suatu hidup yang cocok dengan Alkitab, ini betul2 Kristen seperti Kristus. Kis 11:26.Melihat orang dengan tabiat baru itu seperti menghiasi pengajaran Allah Tit 1:10, sehingga mereka rindu, cinta dan menghormati Firman Tuhan. Tabiat baru bukan hanya manis dan indah tetapi juga tegas dan keras terhadap dosa tetapi tidak munafik, dandengan bijak sehingga orang tidak hanya melihat tegas, keras dan suci tetapi juga tampak hikmat Allah dan suatu kehidupan yang sesuai. Tabiat baru itu tentang seluruh segi hidup, bukan saja tentang tabiat2 yang kita sudah mahir, tetapi juga tabiat2 yang dahulu penuh kelemahan, sekarang berubah menjadi baru, kuat dan tidak lemah lagi.
  2. TANDA PERTUMBUHAN SEPERTI KRISTUS. Kristus itulah ukuran yang sempurna, ini target Tuhan bagi kita 1Kor 11:1, Ef 4:24. Makin kita tumbuh dalam tabiat baru itu berarti pertumbuhan yang betul seperti Kristus dan itu berarti makin mendekati target. Orang yang lidahnya tidak bersalah seperti Kristus itu berati sempurna. Yak 3:2. Begitu dengan semua tabiat baru lainnya, kalau semua sudah sampai ukuran penuh, berarti sampai target. Sebab itu kita harus mengerti kebenaran Firman Tuhan tentang semua tabiat baru, supaya kita bisa hidup baru dalam semua segi.Orang yang mau hidup seperti Kristus itu akan mengerti Firman Tuhan. Orang yang mengerti Firman Tuhan dan mau taat hidupnya akan makin seperti Kristus. Belajar Firman Tuhan baik2. Kesan banyak orang Kristen tentang belajar Firman Tuhan itu sepertinyasangat sulit. Kalau sudah punya gelar theologia S1 sampai S3 baru bisa mengerti baik2. Ini kesan ilmiah, cara sekuler. Belajar mengerti Firman Tuhan itu bukan terutama dengan kepintaran manusiawi (yang biasanya diukur dengan gelar2S1 atau S3 theologia) tetapi dengan kesucian dan ketaatan. Ini jelas sekali dikatakan oleh Firman Tuhan Mat 13:11, Mrk 4:11, Luk 10:21. Bahkan orang yang cinta Tuhan akan mengerti rahasia Allah yang dalam2 Kol 1:26. Rahasia Firman Tuhan yang dalam2 itu untuk orang suci bukan untuk orang pintar kata Firman Tuhan. Jangan minder dan dipojokkan oleh pikiran ilmiah dan sekuler seperti ini. Jangan berpikir salah, yaitu kalau punya gelar baru bisa mengerti rahasia Alkitab yang dalam2, ini bukan dari Tuhan, itu pikiran ilmiah. Justru orang pintar2 tetapi tidak suci, belajar terus namun tidak pernah mengenal akan yang benar, apalagi rahasia Allah yang dalam2 2Tim 3:6-7. Beberapa orang berpikir kalau tidak punya gelar theologia itu kaum awam, kalau punya gelar baru bisa profesional. Ini pikiran ilmiah, bukan pikiran Kristus dan tidak Alkitabiah. Justru orang suci itu yang hidup dipimpin Roh, mereka yang bisa mengerti rahasia Allah yang dalam2 dengan pertolongan Roh Kudus sebagai Guru pribadi. 1Yoh 2:20,27. Hiduplah suci dan nikmati rahasia2 Firman Tuhan yang indah, dalam dan membawa perubahan dan berkat yang besar. Sampai dimana kita mengerti sampai disitu kita bisa tumbuh bahkan sampai sempurna Mat 13:23.Nikmati dan berpestalah dengan segala rahasia2 Allah yang dalam2, heran dan penuh kuasa yang bisa mengubahkan kita menjadi seperti Kristus Ef 2:17-20. Roh Kudus yang membawa kita pada segala kebenaran. Yoh 16:13. Hidup suci, tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan sampai yang terdalam 2Pet 3:18, maka kita akan lebih cepat berubah dalam tabiat baru seperti Kristus.
    Memang dengan Firman Tuhan, Roh Kudus, salib, kemauan, iman dan persekutuan tubuh Kristus kita akan lebih cepat tumbuh dalam tabiat baru.
  3. TABIAT BARU ITU LEBIH DARI SUKSES. Orang sukses masih bisa ditolak dari Surga Mat 7:23, tetapi orang yang hidup dalam tabiat baru tidak pernah ditolak dari Surga bahkan sangat mulia; makin seperti Kristus, makin mulia di Surga untuk se-lama2nya. Tabiat baru itu sangat indah, sangat berharga dan mulia, sebab ini adalah bagian dari orang itu sendiri, hasil pengolahan dan pertumbuhan iman. Orang yang makin rohani tabiat barunya makin nyata seperti Kristus. Tetapi sukses dalam pelayanan itu diberi oleh Tuhan. Kalau perlu keledai bisa diberi hikmat untuk jadi pengkhotbah bagi nabi Balhum. Mujizat, tanda2 ajaib, kemenangan, kuasa, karunia2 Roh dll itu diberikan Tuhan. Kalau orangnya berdosa, itu dicabut kembali seperti Simson, Saul, raja Yoas bin Yoahaz, diberi menang 3 kali saja. 2Raj 13:19, tetapi Daud yang tabiatnya berkenan kepada Tuhan, perang menang terus. Punya tabiat baru itu sangat mulia.
  4. ORANG YANG HIDUP DALAM TABIAT BARU ITU MANIS DAN BAHAGIA
    Tabiat baru itu berarti suci, tidak ada reaksi dosa, berkenan kepada Tuhan, jadi berkat bagi orang lain dan dirinya sendiri menikmati hidup yang manis dan bahagia. Misalnya suami-isteri yang setia seperti Kristus itu bisa menikmati pernikahan yang manis dan bahagia. Suami atau isteri yang khianat hidupnya pahit seperti Neraka. Tabiat baru itu tidak bereaksi dosa, tidak pegel, benci, jengkel, marah, dendam, tersinggung dll, tetap suci dan itu senang, puas, damai, bahagia. Kesucian itu elok Maz 48:2 dan seperti di Surga, sebab kata kunci Surga adalah suci Wah 4:8. (Bandingkan kata kunci dunia adalah duit). Semua sifat baru itu manis dan bahagia. Memang harus mau pikul salib, mematikan daging tetapi itu justru membuat hidup sukacita dan bahagia. Kalau daging hidup mungkin ada sukacita sesaat, tetapi kemudian pahit untuk seterusnya. Ams 14:12-14/ 8:36, Pkh 7:6; 9:18 dll.
  5. TABIAT BARU MENJADI BERKAT DAN DIBERKATI. Bagi orang lain jadi berkat, sebab tidak ada reaksi dosa, tidak merugikan justru menolong, menguatkan, menasehati dll sehingga rohaninya disucikan dan bertumbuh. Tabiat baru itu selalu menguntungkan orang lain. (Kadang2 tabiat baru itu belum tumbuh, semua segi hidup, sehingga kadang2 belum terasa. Musa baru bertobat, lemah lembutnya belum tampak jelas, tetapi sesudah beberapa saat ia menjadi paling lembut di dunia Bil 12:3, perlu waktu untuk tumbuh). Tetapi orang yang hidup baru tetap menjadi berkat, bisa dipercaya, tidak merugikan, tidak sembunyi2. Orang2 akan bersukacita dengan orang yang menjadi berkat (kecuali orang yang punya maksud jahat, seperti orang2 Yahudi terhadap Tuhan Yesus sangat iri dan benci). Orangnya ini sendiri diberkati Tuhan Kis 20:35. Tumbuhlah dalam tabiat baru itu indah bagi semua orang dan bagi Tuhan.
  6. IMANUEL. Tuhan berkenan dan menyerai orang ini. Allah tidak akan meninggalkan orang2 yang berkenan kepadaNya. Kalau kita memperkenankan Allah, maka Allah akan lebih menyenangkan kita, menyertai, menjaga danmemberkati kita. Orang dengan tabiat baru kalau tidak dijaga Tuhan, dimakan habis oleh serigala di sekitarnya. Tuhan akan beri hikmat, perlindungan dan kuasaNya, sehingga tanpa izin Tuhan tidak akan satu rambutpun lepas. Semua yang hidup baru akan mengalami keindahanini, limpah sukacita, berkat2 jasmani danrohani, lebih2 ia juga akan mengalami rencana Allah yang indah2 dalam hidupnya Ef 2:10. Makin seperti Kristus makin indah.
  7. TABIAT BARU MENGHASILKAN PAHALA DAN KEMULIAAN BESAR
    Sebab jadi berkat, pahala besar akan mengikutinya Wah 14:13. Sifat2 baru yang tiada bercacat celah itu membuatnya seperti mempelai perempuan yang elok dan terhias Ef 5:2, Wah 22:2. Seberapa banyak kita tumbuh dalam tabiat baru seperti Kristus, itu menjadi ukuran kemuliaan kita untuk kekal.

Begitu banyak keindahan tabiat baru dalam Kristus. Sebab itu sebaiknya kita belajar lebih banyak dari Firman Tuhan sehingga bisa tumbuh lebih baik dan lebih cepat.

III. PROSES LAHIR BARU

Tanpa pengertian, asal percaya, ini bisa terjadi; tentu diperlukan seorang “bidan” rohani yang dipimpin Roh, untuk melahirkannya Yoh 3:3,5 maka Roh Kudus akan melakukannya, yaitu melahirkan orang ini jadi orang baru.
Cara Allah itu luar biasa seringkali tidak bisa dimengerti Yes 55:8-9 supaya bisa dimengerti, Allah menjelaskan dengan beberapa cara.

  1. Kelahiran
    Dilahirkan satu kali lagi secara rohani, lahir kembali, lahir baru. Yoh 3:3-6.Dengan lahir:
    – Yang lama lenyap, yang baru terbit 2Kor 5:17.
    – Dalam kelahiran diturunkan sifat2 induknya 2Pet 1:4.
    – Tabiat baru muncul, ada lengkap tetapi dalam bentuk benih, masih harus ditumbuhkan (bukan dipulihkan), contoh telur dan burung, anak macan dan macan.
  2. Mati dan bangkit
    Orang lama itu seperti mati di hadapan Tuhan Ef 2:1.Waktu kita berubah yaitu bangkit dari kematian. Kol 2:13, Rom 6:14 sehingga bukan saya lagi. Gal 2:19-20. Kita bisa hidup cara baru. Perlu penyerahan dan penyangkalan diri (sebab ada tubuh daging) sehingga tabiat orang baru makin lama makin tumbuh dan nyata seperti Kristus.
  3. Pindah. Kol 1:13 berarti:3.1. Dulu anak iblis, sekarang jadi anak Allah (1Yoh 3:10) dan sifat2nya berubah seperti Allah Bapanya.3.2. Kerajaan dan hukum2nya berubah, dari hukum dosa dan maut menjadi hukum Roh.
  4. Berubah. Rom 12:2, Ef 4:23-24. Tuhan bisa buat tiba2.- Alam nyata: ulat -> kupu2.- Alam roh Ibr 1:9, Kis 9:21-22.
    Kesimpulan: orang-dalam berubah, benih ilahi di dalamnya tumbuh sampai dewasa dan sempurna, contoh: Paulus Kis 9:21-22, Rom 16, 1Sam 10:3.
  5. Tanggalkan yang lama, pakai yang baru. Kol 3:9-10. Lahir baru untuk yang percaya dan mau itu tidak sulit, seperti orang ganti baju manusia lama ditanggalkan, lalu manusia baru dipakai. Sangat mudah untuk orang yang percaya Tuhan Yesus. Contoh: Zakheus, perempuan Samaria dll.

Begitu banyak keindahan tabiat baru yang seperti Kristus. Kristus. Sebab itu kita ingin belajar lebih banyak dari Firman Tuhan sehingga bisa tumbuh lebih baik dan lebih cepat.

KESIMPULAN

Kalau orang percaya, mau, ia pasti dapat hidup dalam tabiat baru, sebab di dalam kita sudah ada semua tabiat baru lengkap asal terus ditumbuhkan dengan:

  1. Kemauan
  2. Kuasa Roh Kudus (tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran).
  3. Tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan.
  4. Dengan iman.
  5. Dengan bersekutu dalam persekutuan tubuh Kristus, kekuatan kita naik berlipat kali ganda, sehingga kita bisa kuat dan bersukacita hidup dalam tabiat baru di dalam hukum Roh.

Meskipun kita masih hidup dalam tubuh daging (yang sangat kuat ditarik oleh keinginan daging, dunia, siasat, kemanisan, pergaulannya) dan iblis, tetapi dengan kuasa Allah kita sanggup hidup suci dan masuk dalam rencana Allah yang heran dan mulia.
Hidup baru itu begitu indah, mulia, menguntungkan sampai kekal.
Dengan pertolongan Roh Kudus kita bisa terus memperbaiki hidup kita, supaya semua tabiat lama atau campuran bisa dibuang, semuanya diganti tabiat baru dalam ukuran yang terus meningkat sampai penuh, maka hidup ini akan menjadi sangat indah, dipimpin dan dijamin oleh Allah yang maha besar. Perbaikilah dan tumbuhlah dalam tabiat baru.
Jangan biarkan satupun atau sedikitpun tabiat lama tinggal dalam hidup kita. Asal kita mau terus di jalan salib dan dengan Allah yang maha kuasa, kita pasti bisa disucikan dan tumbuh dalam tabiat baru yang heran, indah dan bahagia sampai kekal.

Nyanyian:

Seperti Yesus