M3764 – Yohanes 16:33 Apa Yang Akan Terjadi?

I. SIAPA YANG TAHU?
Manusia hanya bisa me-ngira2 tetapi Tuhan yang maha tahu, tahu dengan tepat apa yang akan terjadi pada pribadi, kelompok kita istimewa tubuh Kristus lokal dan global dan seluruh semesta alam.
Kalau mulai ada gejala manusia tahu sedikit2 yang akan datang, misalnya kalau tsunami mau datang (sebab sudah mulai terjadi) atau kalau gunung berapi mau meletus, tetapi tidak semua orang bisa diberitahu.
Tetapi Tuhan yang maha tahu, tahu jauh sebelum ada gejala2, bahkan sebelum dunia ini jadi. Dia tahu semua  yang akan datang dan bisa memberitahu semua kekasihNya, apalagi yang bersembunyi dalam kemah Allah Maz 27:5. Sebab itu kita bisa sejahtera sebab:
1. Dia tahu semua yang akan datang dengan tepat, tidak pernah salah.
2. Dia sanggup memimpin kita di tengah-tengah segala perkara yang akan terjadi.
3. Dia mengasihi kita, sehingga kalau kita mau taat dipimpin olehNya kita akan aman bahkan  untung paling besar dalam segala perkara yang akan terjadi.
Seluruh peristiwa yang akan datang sudah dikatakan Tuhan dan ditulis dalam Alkitab dengan lengkap (tidak akan ditambahi lagi Wah 22:18-19)  dan cukup untuk manusia istimewa untuk umatNya, anak-anak Allah.  Tetapi semua yang tertulis itu ada di dalam bentuk termeterai. Misalnya Dan 12:4, Wah 6 dll. Sesudah sampai waktunya Meterai itu akan dibukakan bertahap oleh beberapa hamba-hamba Allah yang disuruh Tuhan, sampai akhirnya semua rahasia yang dimeteraikan dalam Alkitab itu terbuka semua pada saatnya Mat 10:26-27. Apa yang sudah dibuka oleh Tuhan, kita perlu mendapatkannya dan Roh Kudus sanggup membawa pembukaan yang betul itu pada orang-orang yang tinggal di dalam Kristus (dalam Ruangan Suci).
Pembukaan2 baru itu ada yang relatif, artinya rahasia-rahasia itu sudah lama dibuka Tuhan, tetapi bagi orang itu baru, sebab ia baru mengerti.
Ada pembukaan baru yang absolut, yang betul2 baru yang meterainya baru dibuka saat itu. Kalau kita sungguh2 rindu, tinggal dalam Kristus, dan mencarinya maka Roh Kudus akan membawa kita sampai pada pembukaan baru yang absolut dan yangrelatif, dan orang yang mendapat pengertian dan pembukaan baru dari Tuhan, ia juga akan mendapat kesempatan untuk mengalaminya 2Raj 2:10. Berjalanlah terus di dalam Roh, maka pasti Tuhan akan memberi rahasia-rahasia itu kepadanya pada saat yang tepat, seperti yang diberikan Tuhan kepada Abraham (waktu Sodom Gomora akan dibakar Kej 18:17) atau sepertikepada Nuh (waktu air bah akan datang Kej 7:1-4)).
II. DENGAN IMAN, BUKAN DENGAN PENGLIHATAN, 2Kor 5:7.
Biasanya apa yang akan terjadi pada pribadi kita, kita tidak diberitahu semua meskipun Roh Kudus yang didalam kita tahu, supaya kita taat dan bergantung penuh kepada Tuhan dengan indah, sebab kita harus hidup dengan iman supaya iman kita tumbuh, bukan dengan penglihatan. 2Kor 5:7. Kita harus percaya kepada Tuhan, bahkan sampai sudah berada dalam Surga untuk kekal, kita tetap percaya penuh kepada Allah kita. (Lucifer tidak percaya bahwa Tuhan sudah memberikan yang terbaik baginya, ia berusaha sendiri untuk mendapatkan yang lebih baik, yaitu dengan berontak hendak menyamai Tuhan sendiri). Tetapi meskipun kita tidak tahu, Roh Kudus sanggup memimpin kita dengan teliti dan tepat diantara perkara-perkara yang akan terjadi asal kita hidup suci (sehingga Roh Kudus bisa bicara dan bekerja dengan bebas di dalam kita; kalau ada dosa Roh Kudus tidak bisa bekerja, bahkan terpaksa pergi). Kita harus hidup suci dan selalu taat dipimpin Roh untuk melakukan kehendak Tuhan yang sesuai dengan Firman Tuhan. Misalnya Samuel waktu disuruh Tuhan mengurapi seorang raja akan gantinya Saul, ia sudah disuruh ke rumah Isai,tetapi belum diberitahu siapa nama anaknya yang harus dilantik olehnya 1Sam 16:1. Tetapi sebab Samuel taat hidup dipimpin Roh, maka Roh Kudus sanggup memimpinnya sehingga dengan tepat Samuel menemukan Daud dan Daud yang dilantik, sesuai dengan kehendak Allah.
 
III. RENCANA ALLAH TENTANG HARI2 YANG AKAN DATANG.
Allah kita itu maha tahu dan maha kuasa, maha bijak. Sebelum dunia ini dijadikanNya, Ia sudah membuat rencana total dan lengkap untuk menciptakan bumi dan semesta serta manusia dan mahluk2 lain. Satuan ukuran Allah adalah mingguan atau 7 hari yaitu Sabat (7 = sempurna).
Semua yang direncanakanNya pasti akan jadi dengan sempurna. Sejak kejatuhan Hawa dan Adam (yang juga sudah diketahuinya dan sudah masuk dalam rencanaNya) Allah merencanakan 7 hari atau 7000 tahun (1 hari bagi Allah = 1000 tahun, 2Pet 3:8) untuk membuat rencanaNya ini sampai selesai. Kita sekarang ada pada akhir rencana Allah yaitu dalam fase penamatan. Semua sudah berjalan baik dengan tepat, manusia sudah ditebus dan yang percaya sudah diolah dan akan diteruskan sampai pada fase penyempurnaannya.
Dunia yang penuh dengan dosa ini adalah sekolah untuk menumbuhkan orang beriman, yaituumat Allah yang diolah dan dibentuk dalam kesucian sampai menjadi sempurna seperti Kristus, sebab itu pada puncak rencana Allah, kesucian akan meningkat sampai menjadi jadi sempurna di tengah-tengah dosa yang juga meningkat sampai sempurna Wah 22:11. Kesucian yang murni itu justru teruji dalam dosa yaitu bisa tetap suci, tidak jatuh dalam dosa dan waktu kesucian disempurnakan, ujiannya juga adalah ujian tingkat sempurna yaitu dosa yang meningkat sampai sempurna. Semua meningkat jadi sempurna, baik kesucian dan dosa. Puncak2 ini terjadi dalam Minggu ke-70 Daniel yang terpisah jauh (kancrit) dari nubuat 70 Minggu Daniel. Dalam Minggu ke-70 Daniel ini semua disempurnakan dan diselesaikan. Minggu ke-70 Daniel ini menjadi ukuran dan patokan dalam rencana Allah dan semua itu sudah dinubuatkan (diberitakan lebih dahulu) oleh Allah sekalipun dalam bentuk “termeterai” yang akan dibukakan meterainya secara bertahap.
Apa yang kita lihat sekarang baik dalam kesucian dan dalam dosa arahnya akan menuju pada minggu terakhir ini. Ini puncak2 kesucian (yaitu Gereja akan disempurnakan dan suasananya menjadi seperti Surga di bumi, seperti yang dinubuatkan dalam Wah 12:1 suatu ajaib di langit) tetapi dosa juga akan naik sampai puncaknya sehingga dunia menjadi seperti Neraka di bumi dalam zaman Antikris sangat keji, dahsyat dan begitu gelap penuh penderitaan seperti di Neraka, ini icip2 Neraka!).
Jadi kalau kita mengerti tentang Minggu ke-70 Daniel, maka kita tahu arahnya dari semua pengolahan dalam Gereja dan dunia. Keadaan Minggu ke-70 Daniel jadi patokan, ukuran dari semua yang terjadi dalam Gereja dan dalam dunia. Kalau kita sudah tahu (dari Tuhan) kita tidak akan bingung atau kuatir, sebab kita tahu arahnya ke mana dan dengan Tuhan kita dipersiapkan sehingga kita bukan saja aman tetapi justru mengalami pengolahan yang berhasil dan kesukaan yang besar. Gereja akan menuju kepada zaman keemasannya (menjadi sempurna) bukan oleh karena kuat dan gagahnya sendiri tetapi dengan kuasa dan hikmat Roh Kudus. Zak 4:6 sesuai dengan rencana Allah dalam nubuatan Firman Tuhan (Minggu ke-70 Daniel dll).
IV. MACAM-MACAM PERISTIWA YANG AKAN TERJADI.
1. OCCULTISME akan meningkat makin dahsyat. Sebab kemampuan manusia terbatas, tetapi ingin lebih banyak, setan menawarkan pertolongannya yang hebat dengan syarat yang “ringan” (tetapi sebetulnya dahsyat yaitu jiwanya jadi pembayarannya masuk Neraka yang kekal). Dari dahulu iblis sudah menipu manusia dengan umpan2 yang manis dan luar biasa sehingga orang-orang masuk dalam perangkapnya. Setan itu berani berdusta, menjanjikan pertolongan dalam segala perkara. Memang ia punya kemampuan lebih dari manusia dalam segala perkara, tetapi jauh lebih rendah dari Tuhanpenciptanya; Perbedaannya itu seperti bumi dan langit. Yes 55;8-9. Tetapi dibandingkan dengan manusia, memang ternyata iblis jauh lebih canggih dan tidak terkalahkan oleh manusia. Sebab itu kalau orang Kristen menghadapi iblis (Ef 6:12) tanpa Kristus, ia akan dilahap dan akhirnya dibinasakan iblis 1Pet 5:8.
Di mana-mana occultisme makin meningkat dan merajalela. Bentuk2nya macam-macam dan terus ada siasat yang baru, sebab iblis juga kreatif sehingga sulit dihadapi dengan kepintaran dan kekuatan manusiawi, bahkan tidak bisa dikalahkan oleh manusia. Tetapi dengan Kristus akan menjadi mudah dan kita akan menang melawan iblis dan semua kaki tangannya Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Sebab itu belajar meningkat dalam hidup yang penuh dan dipimpin Roh seperti ligabis. Memang akhir zaman kita harus jadi ligabis dan terus meningkat. Hanya dengan Tuhan Yesus yaitu dengan Firman Tuhan, Roh Kudus dan bersekutu dalam tubuh Kristus kita bisa menghadapi dan mengalahkan iblis. Ingat 12 macam bentuk hidup dalam Ruangan Suci. Yoh 15;5 dan 7 KPR ini menjadi inti atau prinsip untuk menghadapi segala perkara dengan yang akan datang, yaitu dengan Kristus Pil 1:21, Gal 2:20.
12 macam bentuk hidup dalam Ruangan Suci adalah:
1. Orang suci (+ 7 KPR).
2. Putra Allah, hidup dipimpin Roh Rom 8:14 yang terus tumbuh, kalau bisa sampai menjadi golongan anak sulung Ibr 12:3 (Ruangan Maha Suci).
3. Murid Kristus, terus berubah sampai seperti Kristus 1Kor 11:1.
4. Lima gadis bijaksana (bukan yang bodoh).
5. Carang yang lekat dan ber-buah2 Yoh 15:2,5.
6. Dewasa rohani bukan kanak-anak 1Kor 3:1-5, Ibr 5:14.
7. Calon mempelai Kristus 2Kor 11:2.
8. Imam2 Allah. 1Pet 1:9.
9. Raja2 di hadapan Allah, punya kuasa atas iblis, dunia dan daging Wah 1:7.
10. Prajurit2 Kristus yang taat 2Tim 2:3-4.
11. Domba yang ber-biak2 =/= kambing Mat 25:33.
12. Orang-orang pilihan. 1Tes 1:4, Mat 22:14, 24:22.
Terus menerus berdoa dalam Roh dan kebenaran dan kalau perlu puasa dan bisa hidup menikmati 7 KPR. Sebab dengan pimpinan Roh Kudus kita tidak sulit menghadapi dan memerangi occultisme yang berbentuk apapun, terus saja berdoa dalam Roh dan kebenaran dan taat akan pimpinanNya,pasti menang. Kita juga masih punya “bumper kemurahan Tuhan” yaitu sekalipun keliru jalan atau berdosa, Tuhan masih melindungi untuk sesaat. (mobil yang punya bumper waktu ketabarak, tidak lansung ringsek tetapi bumpernya saja yang menahan semua ini). Misalnya Simson sekalipun berdosa 3 kali masih Tuhan tolong, tetapi jangan keras hati, akibatnya dahsyat tanpa ampun lagi bagi Simson dan ia mati pada kali yang ke-4. Jangan menghinakan atau mempermainkan kemurahan Tuhan Rom 2:4.
2. SEGALA MACAM DOSA DAN KEJAHATAN akan makin meningkat dan melimpah, apalagi dicampur dengan occultisme menjadi sangat jahat dan keji. Ini meliputi semua segi hidup seperti bidang ekonomi, politik, peperangan, dan macam-macam dosa yang menyebabkan kerusakan2 dalam hidup nikah, keluarga (terpengaruh pergaulan jahat dalam internet, narkoba dll).
3. BER-MACAM-MACAM CELAKA karena malapetaka, bencana alam,cuaca, kelaparan, bala2 penyakit. Ada begitu banyak hal-hal yang jahat dan malapetaka yang terjadi, tetapi Tuhan sanggup menjaga, melindungi umatNya.
Ada dua tahap perlindungan orang beriman dalam segala kejahatan dan malapetaka yang luar biasa yaitu Tahap I. Maz 91:7. Seribu jatuh di kiri, sepuluh ribu jatuh di kanan, itu tidak akan sampai pada kita, sebab Tuhan menguasai segala keadaan Mat 28:18; 10:30-31. Dia memelihara kita dengan teliti. Kalau umat Tuhan sampai kena, kalah danmati atau celaka itu tidak kebetulan Yer 15:2. Kalau 36 orang yang mati waktu menyerang kota AI (Yus 7:5) 250 orang yang mati karena api turun dari langit Bil 16:35, 50.000 orang yang mendukung Absalom dan mati 2Sam 18:7-9. Juga karena kesombongan Efraim mati 42.000 Hak 12:6, dll, semua itu tidak kebetulan, sebab “rambutnya sudah dihitung Tuhan”, itu semua terjadi karena ada sebabnya (Tuhan menguasai segala faktor dan keadaan dalam dunia ini) dan Tuhan tidak pernah salah, apalagi kalau seluruh kelompok mati, itu dalam izin dan kehendak Tuhan. Sebab itu jangan hidup sembarangan tetapi hiduplah takut akan Tuhan, sehingga hidupnya suci dan diperkenan di hadapan Allah Maz 115:9-11. Jangan menuruti kehendak orang berdosa atau orang jahat seperti 50.000 orang yang ikut Absalom untuk membunuh Daud, mereka celaka sendiri bahkan sampai neraka, dengan pemimpinnya juga si Absalom anak dan pemberontak yang keji. Kalau kita hidup benar, berkenan pada Tuhan, kita akan dipelihara dan hidup cukup lama untuk bisa memakaikesempatan ini untuk tumbuh dan berkenan pada Tuhan se-tinggi2nya bukan celaka seperti ini. Umat Tuhan menang sebagian celaka dalam segala macam perkara ini.
Tahap II yaitu dalam Minggu ke-70 Daniel, disini keadaan kejahatan dan dosa sampai puncak2nya, tetapi juga pemeliharaan Tuhan sampai puncak2nya yaitu tidak ada yang mati dalam masa ini 1Kor 15:51,52 bahkan mengalami kelimpahan kuasa dan mujizat Tuhan lalu langsung ikut dalam pengangkatan.
Sebab itu kita harus belajar makin mahir hidup dipimpin Roh baik dalam berkata (ini salah satukuncinya Yoh 3:2; 1:26), berpikir dan bertindak, se-bisa2nya selalu dipimpin roh, dalam perkara besar kecil, karena hidup seperti ini paling aman dalam pimpinan Roh. Mari terus berjalan dalam Roh seperti Putra manusia yang bisa tumbuh terus sampai sempurna menjadi jalan dan contoh bagi kita. Mat 4:1, Luk 4:1,18.
 
V. BAGAIMANA MENGHADAPI SEGALA PERKARA INI.
1. Rohani harus terpelihara dalam kesucian dan terus taat, seperti carang dalam pokok dengan 12 macam bentuk hidup dalam Ruangan Suci dan bisa menikmati 7 KPR. Sebab kalau hidup dalam dosa, semua pertolongan dan rencana Allah, menjadi kacau dan sia2, sebab Firman dan janji2 Tuhan tidak berlaku kalau hidup dalam dosa. Ini salah satu tanda dari orang yang hidup dipimpin Roh, tidak saja terpelihara secara jasmani (sehat, aman, berkecukupan) tetapi juga rohaninya tumbuh, sebab batas akhir zaman akan meningkat, tembok halangan akhir zaman makin tinggi Maz 18:30.
2. Kita perlu mengerti dan tahu tentang rahasia akhir zaman. Ini orang-orang yang dapat karuniaTuhan Mat 13:11 dan orang seperti ini juga akan mengalami rencana Allah yang indah di akhir zaman 2Raj 2:10, ikut polarisasi dalam bagian yang makin suci bukan yang hanyut dalam dosa. Jangan perimbangan rohani dan jasmani lemah atau jelek (rohani:jasmani 2:1, bahkan makin indah, bukan 1:2, tetapi mendahulukan mendapat kerajaan Surga Mat 6:33). Jangan sampai lemah sehingga mudah  diseret arus dunia ini dan penuh kekuatiran sehingga hancur Ay 3:25-26. Orang seperti ini akan tetap sejahtera, tidak panik dan kacau, sebab tahu apa yang akan terjadi dan ada dalam perlindungan dan jaminan Tuhan yang paling kuat.
3. Ikut serta mengerjakan rencana penamatan Allah. Kalau kita terus dipimpin roh dalam jalan Tuhan, ini namanya bersedia baik2 dalam Ruangan Suci, maka kita bisa ikut mengerjakan rencana Allah untuk menyelesaikan proyek penamatan Allah. Jangan lupa ikut serta menggenapkan 3 angka kedatangan Tuhan yaitu memberitakan Injil, memenangkan jiwa dan saling menumbuhkan dalam tubuh Kristus. Rencana Allah itu luar biasa indah dan aman serta ajaib. Justru dalam aktif melakukan pekerjaan Allah dalam proyek akhir zaman ini, kita akan mengalami hal-hal yang mulia dan akan ikut polarisasi, masuk dalam zaman keemasan Gereja, lalu pengangkatan, lalu Pesta Kawin Anak Domba, Kursi Pengadilan Kristus, perang Harmagedon, kerajaan 1000 tahun lalu Surga Bumi Baru yang kekal dalam keindahan dan kesukaan abadi; sangat indah rencana Allah yang heran. Ikutlah serta dalam pekerjaan Tuhan, Tuhan sanggup memelihara jasmani dan rohani kita, memberikan segala fasilitas yang kita butuhkan, jasmani dan rohani.
KESIMPULAN.
Dalam Minggu ke-70 Daniel kita akan mengalami Hujan akhir, pembukaan Firman Tuhan lengkap, Gereja yang betul2 tertib 2Kor 10:6 (dimana setiap salah dihukumkan seperti dalam Kis 5), perjamuan suci setiap hari (kalau sekarang berbahaya kecuali betul2 diperhatikan, jangan dalam dosa, apalagi kalau pelayanan tetapi diantara orang yang sudah bisa hidup suci) kuasa dan mujizat yang limpah, suasana Surga di bumi dalam pengurapan yang limpah dan tanpa batas, persekutuan tubuh Kristus global terbentuk dengan betul, jabatan2 nyata, juga pelayanan orang sempurna dan kemenangan yang besar (iblis, Antikris dikalahkan), sungguh2 suatu kehidupan iman yang terindah!
Semua ini bisa dimulai dialami sekarang, sebab Roh Kudus atau Allah tidak berubah dan kita sudah diisi dan punya ketiga Pribadi Allah dalam diri kita. Bersedialah Mat 24:42, jangan sampai tidak mengerti, tidak bersedia, hanyut dalam arus dunia dan binasa, sebab ini berarti celaka kekal. Belajar Firman Tuhan baik2 dan taat, terus penuh dan dipimpin Roh.
 
Nyanyian: Berachah no 1002.
Kalau taat dipimpin Roh.