M4452 – Matius 25:41, Wahyu 14:11 Bagaimana Celakanya di Neraka?

I. DEFINISI

Neraka adalah tempat hukuman yg kekal bagi iblis dan semua yg ikut iblis.

Kalau kita belajar dan tahu tentang Surga saja, itu berbahaya, sebab ada Neraka tempat penghukuman yg ke-kal, supaya kita memilih dgn betul dan hidup berkenan pada Tuhan sesuai dgn FirmanNya, sebab upah dosa itu maut, dalam Neraka kekal Rom 6:23. Kita bisa memilih percaya Tuhan Yesus atau tidak, hidup suci atau dosa, me-milih berkat atau kutuk dan akhirnya masing2 akan mendapat Surga atau Neraka sesuai pilihan dan hidupnya.

Neraka itu ada, orang yg percaya tidak ada Neraka atau Surga, itu sudah disesatkan dan ditipu iblis, sehingga bisa berbuat apa saja di dunia, lalu mati lenyap. Ada banyak ajaran yg sesat dgn macam2 bentuknya. Firman Tuhan itulah kebenaran Yoh 17:17. Ini yg kita pegang, ada Surga dan ada Neraka, dan itu adalah akibat atau penuaian dari hidup di dunia.

Keduanya kekal. Amat sangat un-tung orang yg masuk Surga karena percaya pada Tuhan Yesus Yoh 3:16, tetapi celaka yg masuk Neraka, tem-pat siksaan dan penderitaan dimana api dan ulatnya tidak mati untuk ke-kal. Ini rumah bapak iblis untuk orang berdosa.

II. SIAPA YG MASUK NERAKA?

Neraka adalah tempat iblis dan anak2-nya (1Yoh 3:10) dan pesuruh2, ham-ba2nya Yoh 8:34, Rom 6:16.

Yang masuk Neraka adalah orang berdosa sebab tidak percaya Yoh 3:17-19, yaitu:

1. Orang dosa.

2. Yg sudah percaya tapi undur, mulai dalam Roh, berakhir dalam daging Gal 3:3-4, ini orang yg tidak setia sampai mati, undur terus sampai mati Wah 2:10, Mat 24:13.

Ini adalah orang2 yg berbalik 2Pet 2:20-22, tidak mau bertobat lagi sam-pai habis kesempatannya, tetap hidup dalam dosa, akan binasa masuk Ne-raka Wah 21:27. Ini benih ular dan ular Mat 23:33. Kerajaan 1000 tahun adalah bukti terbesar dan terakhir dari orang yg tidak mau percaya, sekalipun diberi kesempatan ideal 1000 tahun, tetap tidak mau percaya dan binasa Yes 26:10. Ini adalah hasil pilihan manusia sampai saat terakhir.

III. TAHAPAN2 NERAKA

Ingat kata kunci Surga dan Neraka yai-tu suci dan dosa (lihat M4449 tentang “Bagaimana senangnya di Surga). Di-mana ada dosa, disitu Neraka akan te-rasa dan dapat tempat Rom 3:17 yaitu penderitaan dan sengsara karena do-sa dan di dalam dosa. Ini terus ber-tambah dan ada akibat atau penuai-annya, maka kita dapat melihat ta-hapan2 Neraka, yaitu:

1. Neraka di dunia. Dosa sudah mulai di dunia, sebab itu juga Neraka sudah mulai di dunia. Biasanya orang tidak tahu dan tidak yakin, sebab iblis pem-bohong itu mengubahkan hidup da-lam kesukaan dosa itu seperti Surga dgn memberi limpah kesukaan dosa (Ibr 11:25), sehingga tampaknya se-perti Surga, lebih2 pada permulaan-nya.

2. Neraka dalam alam roh = Hades (686). Banyak orang menganggap bah-wa ini barulah Neraka, padahal ini su-dah tahap II, sambungan dari Neraka di dunia! Bahkan akan dilanjutkan da-lam tahap III, yaitu:

3. Tasik api = Gehena (= G1067). Ini juga Neraka dalam alam roh, tetapi ini lebih dahsyat dan untuk kekal. Selu-ruh isi Neraka Hades dari segala zaman akan dilemparkan kesini Wah 20:14-15.

Ini disebut mati kedua. Keadaan orang2 disini dan sikonnya ber-beda2.

Ada perbedaan yg nyata dan berta-hap, terus menerus meningkat dalam 3 tahapan Neraka ini, baik dalam si-konnya, penyiksaannya, waktunya dll, misalnya dalam Neraka di dunia, orang2 itu masih bisa berubah, masih bisa bertobat dan keluar daripadanya (hanya disini, se-olah2 Neraka perco-baan, icip2 supaya bertobat, seperti penjahat yg di salib yg bertobat).

IV. NERAKA DI DUNIA

Ini tidak disadari, tetapi sudah ada. Bahkan iblis mengubah dgn tipu daya-nya supaya orang bisa melihatnya sebagai Surga di dunia dgn kelimpah-an kesukaan dosa Ibr 11:25, sehingga mereka berani terus meningkat dalam dosa2nya, sampai puncak2nya, seper-ti dalam zaman Nuh dan Lot, begitu juga pada akhir zaman Luk 17:26-30.

Kita akan melihat beberapa ciri2 dan keadaannya, supaya kita tidak kena tipu iblis dan kesukaan dosa da-lam dunia ini dan makin jauh dari do-sa, daya tarik dan ikatan2nya dari Neraka di dunia ini.

1. Di mana? Roh orang dosa itu ada di dalam Neraka di dunia sekarang ini (Neraka II, III, ada di alam roh).

Jadi orang dosa, rohnya ada dalam Neraka di dunia, kalau mati, rohnya langsung masuk Neraka betul yg kekal, yaitu Neraka tahap II dalam alam roh. Tetapi kalau mau bertobat, masih bisa kembali pada Tuhan Yesus, rohnya masuk dalam alam roh Sur-gawi (Ef 2:6, Kol 1:13), lepas dari Ne-raka dan dosa. Tetapi kalau sudah ma-ti, dimana ia berada saat terakhir, itu akan terus dilanjutkan, tetap disana (Neraka atau Surga) sampai kekal, tidak bisa berubah lagi.

Icip2. Hidup dalam dosa itu permu-laan Neraka, tidak ada sejahterah, pahit Rom 3:17, Ams 14:12-13.

Jangan hidup dalam dosa, akan pahit, tiada sejahtera, bosan, kosong, penuh keinginan2 dosa, tetapi tidak puas, ini icip2 neraka. Kalau toh se-nang dgn kesukaan dosa, itu hanya sementara, sebab tinggal dalam dosa itu berarti tinggal dalam Neraka Ibr 11:25. Sebab itu hiduplah suci, jangan di dalam dosa, apalagi keras hati da-lam dosa, itu berarti rohnya mulai ma-suk Neraka. Jangan tertipu oleh iblis. Ingat kalau sudah masuk Neraka lalu mati, bagaimanapun juga tidak bisa kembali, seperti orang kaya di Neraka yg mencari pengemis Lazarus, tetapi sekarang ia ada di Surga; keadaannya jadi terbalik, Lazarus sukacita, bahagia dalam Surga, tetapi orang kaya itu dalam Neraka tahap II, sebab ia mati, waktu rohnya tetap dalam dosa di Neraka Luk 16:24-25.

2. Waktunya. Orang yg berada dalam Neraka di dunia ini, hanya dalam umur hidupnya, yaitu sebab orang itu ada dalam ikatan dosa. Kalau ia ber-tobat, ia keluar dari Neraka, kerajaan setan dan masuk dalam kerajaan Allah Kol 1:13.

Kita merdeka dalam Kristus. Se-sudah mati, orang dosa langsung ma-suk Neraka Hades (tahap II) untuk ke-kal, sudah tidak bisa berubah.

Selanjutnya sesudah kiamat, roh yg di Hades, masuk dalam bekas tubuhnya yg di dalam kubur, lalubangkit, lalu masuk Neraka berikutnya, tahap III, yaitu Tasik api = Gehena.

3. Tubuh orang2 di Neraka dunia ini adalah tubuh biasa, sebab masuk da-lam dunia nyata. Segala penderitaan-nya sebagai orang dosa, kita kenal, tetapi orang sering tidak sadar, bahwa rohnya ada dalam Neraka di dunia (Kol 1:13 >< Luk 11:20; 16:16). Dalam Neraka betul (Hades), yaitu sesudah mati, orang2 ini berada dalam roh, tubuhnya (mayatnya) ada di kubur. Dalam Tasik api, orang2 berada dalam tubuh kebangkitan orang dosa = bangkai hidup (Yes 66:4) inilah orang yg lengkap, yaitu tubuh dan rohnya, sebab sudah mengalami kebangkitan II.

4. Hubungan. Orang yg dalam Neraka di dunia, sebab tubuhnya masih di bumi. Sebab itu mereka masih bisa bertemu dan berhubungan (berseku-tu) dgn semua orang, termasuk dalam Gereja dan terutama bisa bersekutu dgn Tuhan Yesus, sehingga bisa berto-bat dan diselamatkan; Jangan sampai masuk dan terikat dalam dosa, dunia dan iblis, sebab itu sudah mulai masuk Neraka di dunia (tahap I). Banyak orang tidak sadar, kalau hidup dalam dosa itu berarti dalam neraka dunia (sebaliknya orang hidup dalam kesu-cian itu hidup di Surga dgn Kristus Ef 2:6, bahkan dapat meningkat dalam tingkatan2 yg makin tinggi seperti tingkatan dalam Kemah Suci).

Tempat roh kita ini masih bisa pindah2, ber-ubah2, dalam Kristus (dalam tingkatan Surgawi) atau dalam dosa (tingkatan rohani dalam neraka dunia) dan keadaan terakhir waktu mati, itu menentukan masuk dalam tahap neraka atau Surga selanjutnya. Orang ini bebas bisa bertemu dgn semua orang dan Tuhan (juga bisa bertemu dan dicari setan 1Pet 5:8). Tetapi dalam Neraka dalam alam Roh, ia tidak bisa berhubungan atau berse-kutu dgn orang2 di dunia danorang2 di Surga sebab ada jurang yg besar antara Neraka (Hades dan dalam du-nia roh) dan Surga dalam dunia roh (Surga Bumi Lama), misalnya orang Text Box: M4452 / 12 Mar 2023     hal 2      kaya dalam Neraka Hades Luk 16:26, ia hanya bisa melihat dan ber-kata2, dgn Abraham di Surga, tetapi tidak bisa bersekutu.

5. Sikonnya adalah dunia nyata yg se-karang. Sebab banyak orang tidak sa-dar kalau hidup dalam dosa itu ada dalam Neraka dunia, batinnya men-derita, kalau senang itu kesukaan da-ging yg hanya sesaat   Ibr 11:25. Dan kalau tidak bertobat, dosa itu akan mengikat, memperhambakan sehing-ga sukar lepas, kalau sampai mati tidak bertobat seperti Yudas, Saul, 10 pengintai Israel dll, rohnya masuk Neraka Hades. Hati2, jangan terlam-bat untuk bertobat, makin lama makin keras hatinya, makin terikat, makin sulit, kalau tiba2 mati, akan masuk Neraka Hades. Sebab itu hari ini harus bertobat kalau ada dosa Ibr 3:15, sebab dalam Hades dan Gehena = Tasik api, tidak bisa berubah lagi, ke-kekalan sudah mulai sesudah mati, baik dalam Hades juga dalam Surga Bumi Lama.

6. Keadaan di Neraka dunia, orang-nya masih dalam tubuh manusiawi yg sekarang, ia menderita seperti orang lain, tetapi rohnya yg terikat dalam dosa, sudah terikat di Neraka. Tetapi kalau ia bertobat, ia bisa pindah, ma-suk kerajaan Surga Luk 11:20; 16:16.

Jadi dalam dunia, kita sendiri yg menentukan nasib keselamatan kita, yaitu kalau mau percaya dan taat pada Tuhan Yesus Luk 12:57 akan se-lamat, tetapi tahap II dan tahap III hanya merupakan kelanjutan saja, tidak bisa berubah, sebab kesela-matan ditentukan hanya di dunia.

7. Penyiksa dalam Hades, di dunia. Semua yg terjadi itu dalam penge-tahuan dan izin Allah, tidak ada yg kebetulan, Tuhan sangat teliti Mat 10:30. Untuk orang berdosa, maka se-tan dgn segala cara akan menyesatkan dan membinasakan orang itu, lewat orang lain, sikon, malapetaka, penya-kit, bencana dan apa saja, tetapi tetap diawasi Tuhan 1Sam 2:6. Semua ini menjadi hajaran (kadang2 ada hal2 yg baik terjadi,untuk sementara, sebagai umpan setan). Juga orang beriman yg berdosa, Tuhan izinkan setan mence-lakakannya sebagai hajaran, sesuai dgn izin Tuhan dan dosa2nyaAy 1:12. Tetapi orang beriman yg benar, juga diizinkan Tuhan diganggu, aniaya le-wat macam2 cara, tetapi kalau ia te-tap  tinggal dalam Kristus, tidak be-reaksi dosa, lulus, maka semua itu akan berubah, pulih kembali dan ia naik kelas di hadapan Tuhan seperti Ay 42:12-17.

V. NERAKA DALAM DUNIA ROH (HADES)

Sesudah mati, manusia langsung di-adili, rohnya masuk Surga (Surga Bumi Lama) atau neraka ini (Hades) Ibr 9:27.

Tubuhnya (“bungkusnya, kurungan-nya” jadi mayat) ada di dalam kubur.

Bagaimana keadaan rohnya di Neraka.

1. Ini sudah Neraka dalam alam roh, tidak bisa berubah dan untuk kekal. Kesempatan untuk memilih Surga ha-nya di dunia selagi hidup, ini sa-tu2nya kesempatan. Tidak ada api pencucian (ini hanya di dunia 1Pet 1:7; 4:12, Luk 12:49, Zak 13:9, bukan untuk hidup sesudah mati. Maut ada-lah musuh terakhir 1Kor 15:16, api penyucian adalah harapan palsu yg menyesatkan 2Kor 4:17-18, Rom 8:17-18, Luk 16:25. Hades tidak bisa tam-pak dgn mata, sebab ini dunia roh, meskipun sudah ada sekarang.

2. Waktunya sesudah mati, tidak bisa kembali sama sekali.

3. Pribadinya dalam roh, sangat men-derita, segala dosa menyiksanya ha-bis2an, tidak bisa bertobat, tidak bisa dikurangi, tertuduh, menyesal, kece-wa, marah, benci dll, semua makin menyiksanya lebih2 sebab ia sekarang mengerti dgn jelas kalau ini untuk kekal, tidak bisa diubah lagi, sangat sedih dan menyesal habis2an.

4. Hubungannya. Terbatas, sekalipun dalam roh, sebab ada hukum2 dan peraturan Allah. Hanya bisa berhu-bungan dgn iblis cs dan orang2 dosa lain, tidak ada hubungan dgn Surga (orang beriman dan Allah, malaikat dll). Keselamatan dan bahagia itu dari Allah, sekarang putus hubungan sama sekali, hanya bisa menderita tanpa ada pertolongan atau penghiburan sa-ma sekali. Abraham sama sekali tidak bisa menolong orang kaya dalam Ha-des Luk 16:25-31, hanya bisa beri ke-terangan, tetapi pertolongan dll sudah habis waktunya, (tetapi Abraham masih bisa berdoa syafaat bagi orang2 di dunia seperti Kristus 1Yoh 2:1).

Orang di dunia tidak boleh hu-bungan dgn orang mati Ul 18:11-12. Hanya dgn Tuhan dan Firman dgn iman. Kita tidak hidup dgn penglihat-an 2Kor 5:7. Orang yg dihubungkan dukun dgn orang mati dalam Hades (dalam alam berzakh) itu ditipu setan, sebab orang dalam Neraka Hades ti-dak boleh datang menemuinya, setan yg datang seperti dalam 2Sam 26:7-20, setan pura2 seperti Samuel, justru untuk menipu, menyesatkannya sam-pai Saul bunuh diri (tidak bertobat) dan langsung masuk Neraka.

5. Sikon dalam Neraka, kerajaan iblis, tidak ada keselamatan atau perto-longan tetapi dianiaya dgn segala se-tan, tetapi tetap disini, tidak bisa pin-dah ke manapun (iblis cs bisa bebas ke dunia untuk menggoda dan meme-nangkan jiwa manusia, bahkan juga ke Surga menuduh orang berdosa Wah 12:7-10), tetapi roh orang dosa disini tidak bisa ke mana2.

6. Keadaannya. Dalam roh, mereka tersiksa oleh sikon, iblis dan satu sama lain, sekalipun hanya dalam roh, tetapi itu sangat berat. Semua aniaya penderitaan ada disini, tetapi tidak ada bunuh diri di Neraka yg manapun, roh manusia tidak bisa mati, roh itu kekal. Segala macam siksaan batin sampai di puncaknya, tetapi keadaan-nya tidak bisa berubah atau dikurangi (dalam zaman Antikris, orang yg ter-tinggal dan bertobat kembali, dianiaya amat sangat sampai mati, tetapi se-bab bertobat, menolak cap Antikris, mereka selamat. Disini tidak lagi ada keselamatan).

7. Penyiksaannya. Roh2 setan mera-suk dan menyiksa secara rohani (se-bab orang dosa disini hanya dalam roh). Kalau mereka lihat Surga seng-sara dan penyesalannya makin besar, apalagi yg pernah mengajar dan me-nyanyi tentang Surga, tetapi tetap hidup dalam dosa, sekarang ada di Neraka. Lihat dunia, sedih, marah, benci, kecewa dll. Lihat teman2nya di Neraka, lebih2 yg menipu, terjadi per-kelahian besar, tidak ada yg mence-gah, justru makin diadu, dahsyat.

VI. DALAM TASIK API GEHENA

Pada akhir kerajaan 1000 tahun, se-mua orang dalam Hades bangkit dgn tubuh kebangkitan orang dosa, yaitu bangkai hidup kekal, dan terjadi kia-mat, lalu bangkai hidup ini mengha-dap Tahta Putih Yg Besar, dihakimi dan diberi hukumannya sesuai per-buatannya dalam dunia Wah 20:12-15. Bagaimana keadaannya dalam Ge-hena ini?

1. Tempatnya dalam Tasik api di dunia roh.

2. Waktunya sesudah Tahta Putih Yg Besar.

3. Dalam tubuh kebangkitan yaitu bangkai hidup kekal.

4. Tidak ada hubungan lagi dgn Surga Bumi Baru (Surga Bumi Lama sudah lenyap) 2Tes 1:9. Di Surga mereka ti-dak ingat lagi orang2 di Tasik api, te-tapi yg di Tasik api tetap bebas meng-ingat2, sehingga makin tersiksa.

Sikon, keadaan dan penyiksaannya maksimal. Sekarang dalam roh dan tubuh mereka bisa merasakan siksaan tubuh lebih dari manusia di dunia (sa-kit, nyeri, tidak karuan semua, semen-tara rohnya terus tersiksa seperti di Hades). Di sini ada sejumlah ulat khusus yg kekal, yg tidak bisa mati, me-nyiksa tubuh kebangkitan orang dosa ini, dan terus menerus untuk kekal se-suai dgn perbuatannya di dunia (Mrk 9:44-48, Yes 14:11; 66:24). Juga ada jatah hukuman api khusus, wai, asap siksa naik ke atas se-lama2nya Wah 14:11a.

Jangan lupa dosa dalam Neraka (mulai dari Hades) terus tumbuh sampai sempurna, tidak ada lagi pengha-langnya, yaitu Allah dan GerejaNya. Semua dosa sempurna itu bertumbuh mulai dari dosa kecil. Sekarang semua akan jadi orang dosa sempurna se-perti iblis, begitu jahat satu sama lain saling menyiksa habis2an, baik dgn duel atau saling keroyok antara orang2 yg sempurna dalam dosa. Se-gala macam sakit di dunia ada disini, bahkan lebih lagi sebab ada jatah hukuman dari Tahta Putih Yg Besar. Bangkai hidup ini tidak bisa mati, juga tidak bisa habis sampai kekal, tidak bisa dibayangkan atau dimengerti dgn pikiran kita, sangat menderita untuk kekal. Mereka merasakan sakit ter-aniaya seperti manusia, tetapi terus hidup kekal seperti Allah, terus ter-siksa dan teraniaya ini kesimpulan dari sengsara dalam Neraka 1Pet 4:6.

KESIMPULAN

New Normal akhir zaman sulit dime-ngerti, seperti orang sempurna dalam dosa, kekejian dan aniaya Antikris. Apalagi New Normal dalam neraka Hades dan Gehena, sangat2 dahsyat untuk kekal Wah 14:11, sebab itu jangan tertipu iblis, jangan plin-plan, tidak mau ambil keputusan yg betul, tidak mau menygkal diri, sebab apa katanya nanti, itu salah besar dan tertipu setan, masuk Neraka. Seka-rang kita harus bersedia Mat 24:42. Tidak sulit asal percaya dan mau taat, Roh Kudus akan menolong kita dan Firman Tuhan  mencelikkan mata kita dalam pimpinan Roh Kudus, kita akan bisa bersukacita sekarang di dunia  yg makin jahat ini, terus sampai Surga Bumi Baru yg sangat mulia. Jangan sampai masuk dalam aniaya dan pen-deritaan dalam neraka 3 tahap yg mengerikan itu.

Scroll to Top