M4453 – Markus 10:17, 21 Pilih Surga atau Neraka? (Bisa dan harus Memilih di Dunia Sekarang)

Pemuda kaya ini ingin masuk Surga, dia bertanya caranya, dan Tuhan Ye-sus sudah menjawab, Ia sudah banyak melakukan Firman Tuhan, tetapi ia tidak mau taat akan apa yang masih kurang dan tidak dapat kerajaan Surga, kecuali berubah dan taat.

Surga-Neraka itu sudah ada sekarang di dunia ini. Tetapi banyak orang tidak sadar tentang Surga dan Neraka di du-nia sekarang, masihbanyak orang ber-iman yg belum sadar, mereka tidak mau hidup baik2 sepenuhnya men-taati syarat untuk masuk Surga mere-ka berpikir, penentuannya akan diten-tukan sesudah mati, itu salah fatal! Hidup yg sekarang di dunia ini menen-tukan masuk Surga atau Neraka kekal. Mereka yg tidak bersedia sekarang, dgn hidup dalam kesucian karena per-caya Tuhan Yesus, sesudah mati pasti 100% terlambat dan masuk Neraka.

Surga di dunia.

Seharusnya kita sekarang sudah harus masuk dan tinggal terus dalam Surga di dunia, yaitu hidup suci dalam kera-jaan dan hadiratnya selalu. Ini yg ha-rus kita pelihara dan pertahankan, bahkan kita bisa naik terus makin tinggi dalam kemuliaan kesucianNya di hadapan Tuhan.

Kita harus setia sampai ke akhir Wah 2:10, Mat 24:13 memperta-hankan kedudukan kita dalam Surga sejak di dunia, yaitu dalam kesucian di dalam Kristus dalam pimpinan Roh Kudus sesuai Firman Tuhan. Ini tidak sulit bahkan mudah kalau kita me-ngerti dan terus mau taat akan pim-pinan Roh Kudus sesuai dgn Firman Tuhan, sebab Roh Kudus akan mem-beri kita kekuatan dan pengurapan sehingga kita mengerti kebenaran Fir-man Tuhan dan sanggup melakukan-nya Fil 4:13, Zak 4:6.

Di dalam Kristus kita sekarang su-dah dapat hidup dalam kesucian, bah-kan dengan sungai air hidup yang me-ngalir dari dalam hati kita, penuh ke-sukaan Surgawi Yoh 4:13; 7:38 dan limpah dengan 7 KPR. Dengan demi-kian rohani kita akan terus bertumbuh dan berbuah jiwa2, yaitu menyela-matkan orang2 di sekitar kita, sehing-ga makin banyak orang diselamatkan dan Tuhan boleh lekas datang.

Neraka di dunia.

Juga ini sudah ada sekarang di dunia kita, dan itu adalah tipu muslihat dan perangkap iblis. Sebab kalau seorang masuk dalam neraka di dunia, yaitu hidup dalam dosa, maka kalau ia tidak bertobat sampai mati, ia sudah pasti masuk neraka kekal se-lama2nya dan tidak bisa berubah, tidak bisa kembali bertobat, sebab sesudah mati tidak lagi ada kesempatan seperti yang dijelaskan dalam Luk 16. Sebab itu kita harus betul2 mengerti dengan jelas dan terang tentang Surga dan neraka di dunia dan tetap tinggal dalam Surga di dunia, yang sungguh2 indah dan bahagia, terus bertekun di dalamnya yaitu dalam kesucian di dalam Kristus dan selalu taat dipimpin Roh.

Iblis mengubah dgn tipu dayanya supaya orang tidak bisa melihat jerat neraka di dunia ini, tetapi melihat hi-dup di dunia ini seperti Surga di dunia dgn kelimpahan kesukaan dosa, se-hingga mereka berani terus mening-kat dalam dosa2nya, sampai puncak2-nya, seperti dalam zaman Nuh dan Lot, begitu juga pada akhir zaman Luk 17:26-30, tahu2 masuk jerat iblis, sudah tinggal di Neraka dunia Luk 21:34-35, Ibr 11:25.

Kita harus bisa mengenali ciri2nya neraka di dunia dgn jelas, supaya jangan sampai masuk dalam jerat iblis ini.

Hati2 tertipu dan terjerat oleh iblis, sebab jatuh cinta akan kesukaan dosa yg makin limpah di akhir zaman ini, bahkan sampai mabuk dan buta, sehingga terus mengikatkan dirinya sendiri dalam dosa, yaitu sudah ma-suk dalam Neraka dunia ini, sebab menikmati kesukaan yg berdosa yg lezat bagi daging Rom 13:14.

Mengapa kita mengatakan neraka di dunia? Sebab semua orang berdosa itu ada dalam kerajaan gelap iblis yaitu Neraka, sekarang, dalam dunia ini. Tetapi sesudah percaya dan lahir baru, maka kita pindah dari kerajaan gelap iblis yaitu Neraka, masuk dalam kerajaan Allah yaitu Surga di dalam Kristus, PutraNya Kol 1:13-14 (Yoh 8:36, Rom 6:1-2, Gal 5:1).

Yang pindah adalah roh kita, sebab roh kita yg sudah ditebus, tetapi tubuh belum ditebus, masih berdiri dan ada dalam dunia yg nampak ini, menunggu tebus tubuh waktu Tuhan Yesus datang atau waktu kebangkitan Rom 8:23.

Jadi sesudah lahir baru, roh kita sudah ada dalam kerajaan Surga te-tapi tubuh kita masih dalam dunia. Bahkan kita, roh kita inilah bait Allah, karena Roh Kudus adalah kerajaan Surga, rumah atau bait Allah, dan kita ada di dalam bait Allah, jadi bait Allah dalam Roh Kudus 1Kor 3:16.

(Lihat pelajaran Kidung Agung No.7, tgl 15 Mar 2023)

Jadi orang percaya, yg sudah lahir baru, sudah disucikan dari segala dosanya, ada dalam Rumah Allah atau ada dalam kerajaan Surga dari Allah dan roh kita sudah ada dalam kera-jaan Allah di bumi. Ada banyak orang sudah masuk kerajaan Allah (Surga di bumi) begitulah masing2 roh kita su-dah ada dalam kerajaan Surga di du-nia sekarang, sekalipun tubuh kita masih di dunia. Kalau hal ini kita pe-lihara dan pertahankan sampai mati, maka roh kita akan masuk Surga dan untuk selamanya kita akan terus ada di Surga II lalu III untuk kekal. Sebab itu kita harus mengerti, sejak di dunia sekarang kita harus selalu ada dalam kerajaan Allah dalam kesucian dipim-pin Roh.

Kita akan melihat beberapa ciri2 dan keadaannya, supaya kita tidak kena tipu iblis dan kesukaan dosa dalam dunia ini dan makin jauh masuk dalam dosa, kena daya tarik dan ikatan2nya dari Neraka di dunia ini.

I. CIRI2 NERAKA DI DUNIA

Lihat catatan khotbah M4452

II. NERAKA DALAM DUNIA ROH (HADES)

Sesudah mati, tubuhnya (“bungkus-nya, kurungannya” jadi mayat) ada di dalam kubur. Rohnya langsung masuk alam roh dan rohnya ditentukan se-suai dgn tempatnya terakhir di dunia, kalau di dunia dalam Surga dunia (ta-hap I) ia langsung masuk Surga (Surga Bumi Lama) atau kalau terakhir roh-nya di Neraka dunia (tahap I), ia langsung masuk Neraka (Hades), semua dalam alam roh Ibr 9:27.

Bagaimana keadaan rohnya di Neraka.

1. Dimana? Rohnya tetap di Neraka dalam alam roh, tidak bisa berubah dan ini akan terus dalam tahap ber-ikutnya untuk kekal. Kesempatan un-tuk memilih Surga atau Nerakahanya di dunia selagi hidup, ini satu2nya kesempatan. Tidak ada api pencucian (ini hanya di dunia 1Pet 1:7; 4:12, Luk 12:49, Zak 13:9, bukan untuk hidup sesudah mati. Maut adalah musuh terakhir 1Kor 15:16, api penyucian adalah harapan palsu yg menyesatkan 2Kor 4:17-18, Rom 8:17-18, Luk 16:25.

Hades tidak bisa tampak dgn mata, sebab ini dunia roh, meskipun sudah ada sekarang.

2. Waktunya sesudah mati, tidak bisa kembali sama sekali.

3. Tubuhnya jadi mayat dalam kubur dan rohnya masuk dalam alam roh. Rohnya sangat menderita, segala dosa dan setan menyiksanya habis2an, ti-dak bisa bertobat, tidak bisa diku-rangi, sekalipun sudah tertuduh, me-nyesal, kecewa, marah, benci dll, se-mua makin menyiksanya lebih2 sebab ia sekarang mengerti dgn jelas kalau ini untuk kekal, tidak bisa diubah lagi, sangat sedih dan menyesal habis2an, tetapi sudah tidak bisa berubah!

4. Hubungannya. Sangat terbatas! Se-kalipun dalam roh, sebab ada hukum2 dan peraturan Allah. Hanya bisa melihat ke dunia, Surga dan Neraka da-lam roh, tetapi tidak bisa berhu-bungan. Kalau berhubungan dgn iblis cs dan orang2 dosa lain, masih bisa, sama2 di Neraka Hades.

Dgn dunia nyata, hanya bisa me-lihat tetapi tidak bisa berhubungan sa-ma sekali.Dgn Surga (orang beriman dan Allah, malaikat dll) masih bisa melihat dan ber-kata2 sedikit, tetapi sama sekali tidak bisa datang berse-kutu. Keselamatan dan bahagia itu dari Allah, sekarang putus hubungan sama sekali, tidak bisa berhubungan dgn Allah, hanya bisa menderita tanpa ada pertolongan atau penghiburan sa-ma sekali. Abraham sama sekali tidak Text Box: M4453 / 19 Mar 2023     hal 2      bisa menolong orang kaya dalam Ha-des Luk 16:25-31, hanya bisa memberi keterangan, tanpa pertolongan dll. Ke-sempatan dan waktunyasudah habis sama sekali, (tetapi Abraham masih bisa berdoa syafaat bagi orang2 di dunia seperti Kristus 1Yoh 2:1).

5. Sikon dalam Neraka. Dalam kera-jaan iblis (Neraka), tidak ada kese-lamatan atau pertolongan tetapi mu-lai dianiaya oleh segala setan, tetapi tetap adadisini, tidak bisa pindah ke manapun (iblis cs bisa bebas ke dunia untuk menggoda dan memenangkan jiwa manusia, bahkan juga ke Surga menuduh orang berdosa Wah 12:7-10), tetapi roh orang dosa disini tidak bisa ke mana2.

6. Keadaannya. Dalam roh, mereka tersiksa oleh sikon, iblis dan satu sama lain, sekalipun hanya dalam roh, te-tapi itu sangat berat. Semua aniaya penderitaan ada disini, tetapi tidak ada bunuh diri di Neraka yg manapun, roh manusia bisa dianiaya sampai pa-rah tidak bisa mati, roh itu kekal. Segala macam siksaan batin sampai di puncaknya, tetapi keadaannya tidak bisa berubah atau dikurangi (dalam zaman Antikris, orang yg tertinggal dan bertobat kembali, dianiaya amat sangat sampai mati, tetapi sebab ber-tobat, menolak cap Antikris, mereka selamat, tetapi tetap dianiaya terus, tanpa batas, sampai se-lama2nya. Disini tidak lagi ada keselamatan).

7. Yg bekerja. Roh2 setan merasuk dan menyiksa secara rohani (sebab orang dosa disini hanya dalam roh). Kalau mereka lihat Surga sengsara dan penyesalannya makin besar, apalagi yg pernah mengajar dan me-nyanyi tentang Surga, tetapi tetap hidup dalam dosa, sekarang ada di Neraka. Lihat dunia, sedih, marah, benci, kecewa dll. Lihat teman2nya di Neraka, lebih2 yg menipu, terjadi per-kelahian besar, tidak ada yg mence-gah, justru makin diadu, dahsyat.

III. TASIK API GEHENA

Pada akhir kerajaan 1000 tahun, se-mua orang dalam Hades bangkit dgn tubuh kebangkitan orang dosa, yaitu bangkai hidup kekal, dan terjadi kia-mat (Surga yg sekarang dan bumi terbakar habis dan lenyap 2Pet 3:10), lalu bangkai hidup ini menghadap Tahta Putih Yg Besar, dihakimi dan diberi hukumannya sesuai perbuatan-nya dalam dunia Wah 20:12-15. Bagaimana keadaannya dalam Gehena ini?

1. Tempatnya dalam Tasik api, cam-puran dunia roh dan dunia nyata yg rusak.

2. Waktunya sesudah Tahta Putih Yg Besar.

3. Dalam tubuh kebangkitan yaitu bangkai hidup kekal.

4. Tidak ada hubungan lagi dgn Surga Bumi Baru (Surga Bumi Lama sudah lenyap) 2Tes 1:9.

Di Surga mereka tidak ingat lagi orang2 di Tasik api, tetapi yg di Tasik api tetap bebas meng-ingat2, sehing-ga makin tersiksa.

Sikon, keadaan dan penyiksaannya maksimal. Sekarang dalam roh dan tubuh mereka bisa merasakan siksaan tubuh lebih dari manusia di dunia (sa-kit, nyeri, tidak karuan semua, semen-tara rohnya terus tersiksa seperti di Hades). Di sini ada sejumlah ulat khusus yg kekal, yg tidak bisa mati, me-nyiksa tubuh kebangkitan orang dosa ini, dan terus menerus untuk kekal se-suai dgn perbuatannya di dunia (Mrk 9:44-48, Yes 14:11; 66:24). Juga ada jatah hukuman api khusus,wai, asap siksa naik ke atas se-lama2nya Wah 14:11a.

5. Sikonnya yg paling dahsyat, adalah tetangganya, sebab dosa dalam Neraka (mulai dari Neraka di dunia, kalau tidak bertobat, lalu dalam Hades dan Gehena) terus tumbuh sampai sempurna, tidak ada lagi penghalangnya, yaitu Allah dan GerejaNya. Semua do-sa sempurna itu dimulai dari dosa ke-cil. Sekarang semua akan jadi orang dosa sempurna seperti iblis, begitu jahat, tidak bisa bergaul baik2, tetapi terus berkelahi satu sama lain saling menyiksa habis2an, baik dgn duel atau saling keroyok antara orang2 yg sempurna dalam dosa sejak dari Neraka tahap I.

6. Keadaannya. Ada macam2 keadaan yg celaka untuk kekal. Segala macam sakit di dunia ada disini, bahkan lebih lagi sebab ada jatah hukuman dari Tahta Putih Yg Besar. Bangkai hidup ini tidak bisa mati, juga tidak bisa ha-bis sampai kekal, tidak bisa dibaygkan atau dimengerti dgn pikiran kita (ini suatu new normal dari kekekalan), sa-ngat menderita untuk kekal. Mereka merasakan sakit teraniaya seperti ma-nusia, tetapi terus hidup kekal seperti Allah, terus tersiksa dan teraniaya ini kesimpulan dari sengsara dalam Neraka 1Pet 4:6.

7. Yg bekerja, penyiksanya. Semua dosanya sempurna dan jadi algojo seperti iblis. Ini perangdan aniaya antara algojo, sulit dimengerti tetapi ini akan jadi.

IV. BISA DAN HARUS MEMILIH SURGA ATAU NERAKA

Ini bagian terpenting dari pelajaran tentang Surga dan Neraka. Sebab se-mua pasti memilih Surga, kecuali do-sa sempurna seperti iblis dan kita ha-rus tahu caranya bagaimana kita bisa memilih dgn betul. Sebab banyak yg sudah memilih tetapi ternyata masuk Neraka karena bodoh atau tertipu iblis.

Patokannya adalah:

1. Kata kunci Surga dan Neraka. Un-tuk masuk Surga harus percaya Tuhan Yesus, sampai lahir baru dan tumbuh terus dgn setia sampai ke akhir, tetap dalam kesucian dipimpin Roh. Jangan hidup dalam dosa, itu berarti Neraka. Jangan lupa, jangan biarkan dosa apa-pun masuk dalam hidup dan hati kita, bersihkan, MAK DSY (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Da-hulu, Sekarang, dan Yg akan datang). Juga limpah dgn 7 KPR (SSS DIAM = Salib, Suci, berSekutu, Doa, Iman, Alki-tab, dan Melayani). Yg menonjol da-lam 7 KPR adalah:

a. Alkitab. Orang yg jalannya akan sampai ke Surga itu selalu lapar dan haus akan Firman Tuhan Mat 5:6, ia cinta Firman Tuhan, menyelidikiNya seumur hidup dan mentaatiNya.

b. Selalu penuh dan taat dipimpin Roh, Ef 5:1, Rom 8:4. Tanpa Roh Ku-dus, murid2pun bubar, padahal sudah dipimpin Tuhan Yesus sendiri selama 3,5 tahun, masih tidak berdaya. Baru pada waktu Roh Kudus masuk dan tinggal di dalam mereka pada hari Pentakosta Yoh 14:16. Juga setia dalam tubuh Kristus sampai mati, jangan ter-pecah2.

2. Ingat akan waktunya bertemu Tu-han, baik secara pribadi (kalau mati Amos 4:12) atau ber-sama2 (kalau ikut pengangkatan), sama2 tidak tahu waktunya Mat 24:36 harus siap Mat 24:42.

3. Cara hidup kita juga harus terus di jalan sempit, sehingga ada dalam ren-cana Allah. Pada akhir zaman banyak Gereja hidup cara jalan lebar Wah 2-3. Kita harus mencocokkan diri dan Ge-reja kita seperti Gereja2 jalan sempit, sekalipun ada kekurangan, harus dibe-tulkan sehingga pasti masuk Surga. Jangan tetapi tertipu cara2 Gereja jalan lebar. Jangan ibadah hanya me-riah seperti jalan lebar yg bisa mena-rik banyak orang, tetapi jalannya salah (ada dosa dan tidak berkenan pada Tuhan, meskipun se-olah2 rohani Mat 7:21-23. Kita harus menjaga Gereja kita tetap di jalan sempit seperti Ma-ria, jangan seperti Marta yg sangat ri-but segala aktivitas “rohani”, tetapi sia2 Luk 10:40-42. Orang lebih senang cara Marta, suasana meriah, cocok se-leranya seperti di dunia, senang,  isti-mewa indah secara luar, tetapi tidak cocok dgn kehendak Tuhan. Seperti Maria, hidup dalam kesucian, cinta Firman Tuhan sehingga punya pondasi yg teguh Mat 7:24-28, dan gairah pe-layanan dari Roh Kudus dalam ke-sucian, memenangkan jiwa, sehingga ber-buah2, terus taat dipimpin Roh. Ini hidup cara Maria. Untuk apa me-riah cara dunia dan sukacita di luar, tetapi ada dosa dan kosong dalam hati. Cara Maria adalah puas dalam kesucian, Firman Tuhan dan dipimpin Roh, sehingga ada air kehidupan me-ngalir dalam hati, terus dalam rencana Allah sampai Tuhan datang.

KESIMPULAN

New Normal penderitaan dan seng-sara akhir zaman sulit dimengerti, apalagi new normal dalam Neraka kekal! Lebih jahat dariorang sempurna dalam dosa, dgn kekejian dan aniaya Antikris. Apalagi New Normal dalam neraka Hades dan Gehena, sangat2 dahsyat untuk kekal Wah 14:11, sebab itu jangan tertipu iblis, jangan plin-plan, tidak mau ambil keputusan yg betul, tidak mau menygkal diri, sebab mereka senang dalam kesukaan dosa, lalu tentang Surga-Neraka, apa kata-nya nanti, itu salah besar dan tertipu setan, masuk Neraka. Sekarang kita harus bersedia Mat 24:42. Tidak sulit asal percaya dan mau taat, Roh Kudus akan menolong kita dan Firman Tuhan  mencelikkan mata kita dalam pim-pinan Roh Kudus, kita akan bisa bersu-kacita sekarang di dunia  yg makin jahat ini, terus sampai Surga Bumi Ba-ru yg sangat mulia. Jangan sampai ma-suk dalam aniaya dan penderitaan da-lam neraka 3 tahap yg mengerikan itu.

Scroll to Top