M4423 – Lukas 1:17 Siapa yang Dipakai utnuk Mempersiapkan Kedatangan Tuhan (Maria, Elizabet, Yohanes Pembaptis, dll)

I. BILA

Tuhan Yesus datang di dunia dua kali: I. Di Betlehem untuk menebus dosa manusia.

II. Tahap 1: Di awan2, menjemput Ge-rejaNya pulang.

II. Tahap II: Menghakimi orang2 di dunia (Kursi Pengadilan Raja).

Untuk kedatangan I Allah memakai beberapa orang untuk ikut serta da-lam proyek kedatangan Tuhan Yesus, yaitu Zakaria, Elizabet, Yohanes Pembaptis, Yusuf-Maria dll, yg jadi contoh untuk kita.

II. ELIZABET DAN ZAKARIA. Luk 1:6

Ini syarat orang2 yg dipakai Tuhan utnuk proyek kedatanganNya, yaitu orang2 yg hidup dan tumbuh dalam kesucian di hadapan Allah, tidak bercacat cela. Ini syarat kerjasama dgn Allah, lebih2 untuk mempersiap-kankedatanganNya Ef 5:27. Semua mutlak harus hidup suci di hadapan Allah (MAK DSY), lebih2 dalam puncak rencana Allah yg mula2 dan ygterakhir ini. Suci itu bertingkat (Maz 48:2) dan makin tinggi tingkatnya, ujiannya ma-kin berat, tetapi harus tetap lulus. Zakaria-Elizabet sekalipun tidak diber-kati dgn anak sampai hampir mati (Dalam Wasiat Lama, anak itu besar artinya, itu termasuk dalam rencana Allah; dalam Wasiat Baru melahirkan anak2 rohani itu berkat yg terutama! (Tidak punya anak tidak berarti jelek).

III. MARIA DAN YUSUF. Luk 1:28

Juga Maria adalah orang yg hidupnya sangat berkenan pada Tuhan, luar biasa, baik dalam kesucian bujang dan nikah Mat 1:18,25 dll, Yusuf juga seorang yg benar dan tulus Mat 1:19 (kesucian nikah itu lain daripada yg lain dan mereka yg tidak menjaga kesucian nikah itu seperti orang2 dalam zaman Nuh dan Sodom Go-mora ini (Kej 6:2, Kej 13:13; 18:20, Yes 1:10; 3:9, Rat 4:6, Luk 17:26-30). Rubin yg berzina kehilangan hak su-lungnya 1Taw 5:1, 1Kor 6:18, itu berkaitan dgn tumbuh jadi sempurna, yaitu menjadi golongan mempelai Kristus pada hari kedatangan Tuhan, yaitu hidup tanpacacat cela.  Ini mem-butuhkan kegerakan Roh Kudus hujan Akhir untuk mematangkan Gereja Tu-han. Hanya orang yg bersedia bisa ikut dalam kegerakan hujan Akhir ini Luk 5:36-39.  Juga untuk ini kita harus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan se-cepat2nya, sebab ini mutlak perlu untuk mematangkan Gereja, su-paya tidak gugur Mat 7:24-28, tetapi tumbuh dan lulus dalam ujian2 yg makin berat pada akhir zaman. Jangan ikut hanyut atau plin-plan dalam arus dosa yg limpah, lebih2 secara online, metaverse dll yg terus berkembang. Jangan buang waktu dgn ber-susah2 dalam banyak hal yg kurang perlu, tetapi banyak bersekutu dalam Firman Tuhan dan Roh Kudus supaya tumbuh ber-sama2 dgn cepat seperti Maria Luk 10:38-42. Dalam Gereja sebagian orang seperti Marta, sebagian seperti Maria; jangan ibadah hanya sibuk dgn mencari kemeriahan dan tontonan atau hiburan cara duniawi, untuk menghibur diri dan mencari kese-nangannya sendiri supaya puas, tetapi supaya makin mengerti rahasia Fir-man Tuhan dan taat, sebab ibadah itu adalah pengorbanan (menyangkal di-ri) untuk menyembah Allah dgn selu-ruh hidup dan tubuhnya Rom 12:1 menjadi korban yg kudus dan ber-kenan, sebagai persembahan bagi Tuhan. Persembahan yg berkenan pa-da Tuhan. adalah jiwa2 dan kita harus berani berkorban untuk memenang-kan jiwa2 bagi Tuhan, itu korban yg berkenan pada Tuhan.

“Dalam gelap” menurut Mat 10:27, ini berarti dalam tempat sem-bunyi daripada air bah dosa akhir za-man Yes 32:1-2 dan di tempat sem-bunyi dgn Kristus, duduk di kaki Tuhan untuk belajar Firman Tuhan, maka kita mendapatkan harta yg tersembunyi, rahasia2 Firman Tuhan akhir zaman yg penuh dan sempurna Yes 45:2-3 untuk bisa tumbuh dalam masa yg paling jahat Wah 22:11, sehingga bisa bertumbuh makin seperti Kristus, siap untuk ikut pengangkatan. Indah. Jangan lupa, bahwarahasia Allah yg kita dengar dgn telinga kita harus kita serukan dari sotoh kepada semua umat Tuhan supaya kita saling me-lengkapi, sehingga sempurna untuk siap bagi kedatangan Tuhan. Jangan sibuk sia2 seperti Marta, sebab ia tidak mendapat bagian yg baik itu, te-tapi tekun bersekutu dalam Roh Ku-dus dan Firman Tuhan sehingga kita mendapat bagian yg baik untuk terus tumbuh dalam rencana Allah yg mulia untuk kekal. 

Dalam Luk 1:28-29. Malaikat datang pada Maria.

Maria berpikir tentang beritayg heran, rahasia yg luar biasa. Nama Yesus dinyatakan dari permulaan, yg akan disebut 1. Putra Allah Yg Maha Tinggi, 2. Tuhan Allah dan akan mengaru-niakan tahta Daud BapaNya, Ia akan memerintah rumah Yacob se-lama2-nya (waktu itu Israel hilang kerajaan-nya) dan kerajaanNya tidak akan ber-akhir (Luk 1:30-34). Maria tidak bisa mengerti dan terus ber-pikir2 sebab nubuat itu luar biasa  (Luk 2:19). Dan yg paling mengejutkan hatinya adalah ia belum berhubungan dgn Yusuf Mat 1:18,23, mereka baru bertunangan (cara Wasiat Lama) bagaimana bisa hamil dan punya anak laki2 yg diberi nama Yesus. Ia tidak mau melanggar hukum Firman Tuhan untuk berhu-bungan dgn tunangannya sebelum menikah resmi. Kalau ini dipakai se-bagai alasan untuk berhubungan se-belum nikah, maka rencana Allah akan batal. Kesucian bujang dan nikah itu sangat penting diperhatikan untuk bisa ikut dalam rencana Allah yg mulia.

Ia belum nikah, tetapi kenyataan-nya, ia hamil 3 bulan waktu pulang da-ri Elizabet, Yusuf tahu dan sangat ber-dukacita, mau meninggalkannya dan Maria tidak bisa membela diri Mat 1:19. Tetapi malaikat sepertinya su-dah tahu pergumulan dalam hati Ma-ria dan berkata bahwa Firman Tuhan yg disampaikan itu tidak ada yg mustahil.

Luk 1:28 Penyerahan Maria yg penuh

Ia percaya, menyerah dan sebagai hamba Tuhan, ia taat sekalipun ada banyak resiko yg harus ditanggung-nya. Inilah orang yg dipakai Allah un-tuk kedatangan Tuhan Yesus yg perta-ma, begitu juga untuk kedatangan Tuhan Yesus untuk yg kedua, yaitu orang yg hidup dalam kesucian dan menyerah, taat akan pimpinan Roh Kudus sekalipun ada banyak resiko.

Dengan akal Maria bisa “membantu” Tuhan untuk berhubungan dgn tu-nangannya, supaya tidak salah dan dituduh,tetapi kalau itu terjadi, ren-cana Allah batal seperti Sarah meng-ambil Hagar untuk membantu ren-cana Allah. Ini cara manusiawiyg salah tanpa iman. Tunggu dan terus minta pimpinan Roh Kudus. Ini yg dilakukan Maria, terus dipimpin Roh sbb:

IV. KERJASAMA DALAM PERSEKUTUAN ROH DAN FIRMANNYA

Dalam hujan Akhir orang2 akan penuh dgn Roh dan kalau mau taat akan mahir berjalan dalam Roh. Kita perlu belajar hidup dipimpin Roh, juga tum-buh dgn limpah dalam Firman Tuhan sehingga bisa kerjasama dalam perse-kutuan Roh dan Firman Tuhan seperti yg kita lihat pada Maria dan Elizabet, sehingga hasilnya sangat indah, bah-kan sempurna.

Maria, Elizabet dll menjadi contoh bagaimana kita bisa dipakai dalam proyek kedatangan Tuhan II, proyek top, puncak rencana Allah yg paling indah dan mulia. Kita harus belajar untuk makin mahir hidup dipimpin Roh dalam perkara kecil dan besar, dgn sejahterahNya yg mengawali, me-mimpin kita Fil 4:7, lebih2 dalam menghadapi peningkatan yg dahsyat dalam dosa dan kejahatan di akhir za-man ini, sebab banyak orang jatuh 1Tim 4:1. Ayat2 berikut menceritakan bagaimana Maria peka dan terus dipimpin Roh, sehingga rencana Allah yg teliti dgn tepat jadi dalam hidup-nya. Ini adalah rencana yg sangat penting dan besar untuk sepanjang masa, digenapi oleh seorang gadis dan pemuda (Yusuf) yg sederhana, bukan ahli theologi seperti orang Parisi dan Doctor of the law, iman2 dll. Mengapa mereka bisa berhasil? Sebab mereka mahir dipimpin Roh, dan Roh Kudus yg menjadi Gurunya yg membawa kita pada segala kebenaran ilahi 1Yoh 2:20,27, Yoh 16:13.

Roh Kudus bisa bicara pada keledai (Bileam), apalagi pada manusia yg menjadi anak2 Allah. Dalam hujan Akhir dan kegerakan Firman Tuhan, kita akan dibawa masuk dalam raha-sia2 Firman Tuhan yg akan terus ter-buka sampai penuh, sehingga Gereja Tuhan yg dipimpin Roh (lima gadis bi-jak) akan dapat menerima dan me-ngerti dgn penuh dan tumbuh sampai matang dan jumlah orang yg sempur-na akan genap pada masa penamatan rencana Allah, juga semua tingkatan2 yg tinggi dan mulia di bawahnya genap.

Luk 1:39. Maria langsung berangkat sesuai pimpinan Roh Kudus

(Terbukti ini pimpinan Roh Kudus, sebab dalam hari2 berikut, nyata se-kali pimpinan Roh Kudus yg tepat dan sempurna). Tidak seperti Sarah yg memakai kekuatan sendiri untuk menggenapi rencana Allah dgn meng-ambil Hagar, se-hingga celaka itu ma-suk dalam rumah tangga dan seluruh generasi yg akan datang. 

Cara Maria yg indah ini dari Roh Kudus, sehingga ia dapat bersekutu dgn Elizabet yg juga dipimpin Roh. Mengapa Maria berhasil dgn sempur-na? Sebab Maria tetap memelihara kesucian bujangnya sebelum nikah, ia dapat mengerti dan mentaati pimpin-an Roh Kudus untuk pergi dari Nazaret Galilea jauh ke Yudea. Jangan me-nunda pimpinan Roh Kudus kalau su-dah jelas (kalau belum jelas, terus ber-tanya2 1Taw 16:11, ingat Fil 4:7).

Luk 1:40. Masuk rumah Zakaria

Maria memberi salam bukan hanya karena kebiasaan atau sopan santun, tetapi dalam pimpinan Roh Kudus dan yg terjadi perkara2 yg ajaib dan indah. Bukan hanya tugas usher, tetapi se-mua bisa juga melakukannyadalam pimpinan Roh Kudus, maka dalam perkara kecilpun Roh Kudus dapat melakukan hal2 yg indah dan besar bagi kita. Begitu juga dalam hal2 lain asal dalam kesucian, sesuai Firman Tuhan dan dalam pimpinan Roh Ku-dus, lakukan, maka hasilnya akan indah, dan kita akan terus maju dalam rencana Allah dalam hidup kita.

Luk 1:41. Hasil salam dalam pimpinan Roh Kudus

1. Elizabet dibaptis dgn Roh (masih versi Wasiat Lama, sebab ini sebelum Golgota, tanpa bahasa lidah). Tetapi ini luar biasa. Elizabet dapat kunjung-an Allah Roh Kudus di dalam Maria. Hidupnya langsung meningkat satu tahap lagi yaitu penuh Roh Kudus (dan kemudian terus meningkat). Sesudah ini Elizabet dapat bernubuat dan me-lakukan banyak hal dalam pimpinan Roh untuk dirinya sendiri untuk Maria, untuk mendidik dan mengasuh anak-nya sebagai pembuka jalan bagi Me-sias dll. Luar biasa.

2. Juga Yohanes ikut penuh Roh Ku-dus (Luk 1:15) sehingga sekarang ada persekutuan 4 orang di dalam Roh, luar biasa dan perkara2 besar dinya-takan Allah. Kalau ada persekutuan dalam Roh (dalam kesucian dan ke-taatan sesuai Firman Tuhan), maka akan timbul banyak hal2 baru dan indah, yg tidak kita pikirkan Rom 8:28, bahkan penuh dgn rahasia2 indah yg akan datang! Elizabet dan Yohanes juga menjadi orang2 yg dipakai Tuhan untuk menyiapkan kedatangan Tuhan.

Perhatikan disini pentingnya perseku-tuan tatap muka yg tidak terpikir lebih dahulu. Dgn logika Maria bisa berpikir bahwa tidak akan ada tam-bahan apa2 kalau dia bertemu Eliza-bet, sebab semua sudah disampaikan malaikat. Tetapi ternyata dalam per-sekutuan itu ada banyak hal baru yg indah, ditambahkan.

Orang yg bisa datang ibadah tatap muka, tetapi menolak bersekutu akan kehilangan hal2 yg indah dari Tuhan, sebab persekutuan dalam Roh dan Firman Tuhan akan menambahi kita dgn perkara2 dari Atas Kol 3:1-4 dan mempersiapkan untuk hari kedatang-an Tuhan dgn iman sesuai dgn raha-sia2 Firman yg dibuka Roh Kudus, juga dgn segala fasilitas jasmani dan roha-ni. Andaikata Maria tidak mau pergi jauh2 (dari Nazaret ke Yehuda, sendirian) ia kehilangan semua hal2 indah ini, juga Elizabet.

Luk 1:42 Elizabet bernubuat untuk Maria

Maria jadi berkat sehingga Elizabet penuh Roh Kudus. Sebaliknya Elizabet jadi berkat menyampaikan nubuatan Tuhan bagi Maria, sangat indah. Nu-buat ini sama dgn Luk 1:28 dan men-jadi peneguhan bagi Maria yg penuh tanda tanya, sebab kata2 malaikat itu terlalu tinggi bagi akal manusia, se-olah2 tidak mungkin. Kalau setiap kita bertemu dalam kesucian dan terus dipimpin Roh, maka akan ada hal2 indah yg dibuat Roh, bisa saling menguatkan dll.

Dalam rahim Maria sudah ada Bayi yg dikatakan malaikat itu, padahal umurnya baru 2 atau maksimal 3 hari (sebab Maria langsung berangkat), be-lum nampak ada tanda2 pasti keha-milan, juga kalau ditest juga belum positif. Ini meneguhkan Maria masuk dalam rencana Allah yg besar, Bayi yg ajaib itu sudah ada. Padahal Maria belum menikah, dan ini menggenapi nubuat Yes 7:14, bahwa gadis itu akan beranak dan dinamainya Imanuel, luar biasa. (Juga ini tanda bahwa menggu-gurkan sekalipun baru umur 1 hari, itu sudah pembunuhan).

Luk 1:43 Ibu Tuhanku datang kepadaku

Maria bukan tamu biasa (ia adalah familinya, tetapi jauh lebih muda). Tetapi Roh Kudus membuka satu ra-hasia yg amat besar, bahkan orang Parisi, ahli Tauratpun tidak tahu ra-hasia ini!

1. Bayi dalam Maria itu adalah Tuhan, ini suatu rahasia besar. Sebab Israel tidak tahu mereka membunuh Tuhan dan Mesiasnya dan keluar dari renca-na Allah, istimewa sebab keras hati dalam dosa2nya Mat 27:25. Yg per-caya pada Tuhan Yesus tetap selamat dan masuk dalam rencana Allah yg heran oleh kedatangan Tuhan Yesus pertama ini.

2. Ibu dari Tuhanku datang kepadaku, ini luar biasa, dilawat Tuhan, me-nguatkan nubuatan tentang Zakaria Elizabet dan Yohanes yg ada dalam Elizabet. Mereka sangat dikuatkan dan ini mengarahkan dan menguatkan pengasuhan Yohanes sejak dari dalam raham ibunya, sebagai pembuka jalan bagi Mesias yaitu Putra manusia Yesus Yoh 1:17 yg akan berjalan di hadapan Tuhan Sang Mesias, menyiapkan orang2 Israel yg mau bertobat dan percaya, menjadi suatu umat pada kedatangan Tuhan Yesus I (yaitu Gere-ja dilahirkan). Pada kedatangan yg kedua kalinya, Gereja dimatangkan untuk pengangkatan. Luar biasa.

Juga Maria dikuatkan, sebab tidak bisa dimengerti dgn akalnya bahwa Anaknya itu Putra Allah yg Maha tinggi dan akan duduk di kursi Daud, memerintah (jadi Raja) untuk kekal. (Waktu Putra manusia Yesus mati di salib, Maria pasti heran. Ibu anak2 Sabdi sudah pesan tempat kedudukan untuk anak2nya Mat 20:21). Memang rencana Allah itu sangat tinggi dan mulia untuk pikiran manusia Yes 55:8-9, tetapi pada waktunya Tuhan akan membuka semua rahasiaNya (semua rahasia Allah akan terbuka total dalam puncak dari hujan Akhir untuk masuk dalam penamatan rencana Allah Mat 10:26-27). Pasti dibukakan. Seperti Elia yg putus asa sebab ujiannya berat, sesudah dikuatkan, maka pada waktu-nya, tahu rencana Allah yg sempurna di gunung Allah.

Luk 1:44-45. Maria dikuatkan

Ujian bagi Maria belum selesai, masih ada lebih kurang 34 tahun lagi (Gol-gota), bahkan sesudah itu sampai akhirnya Maria mati, (tidak disebut ceritanya), tetapi ia dikuatkan terus dan makin meningkat dalam rencana Allah yg mulia, dari kemuliaan kepada kemuliaan 2Kor 3:18.

Luk 1:46-50 Tuhan mengangkat orang yg taat

Maria memuliakan Tuhan dan bersu-kacita. Ia tetap setia dan berkenan meskipun tetap miskin dan sederha-na, tidak ber-sungut2. Tidak semua orang taat akan menjadi kaya, bisa miskin/ kaya atau keduanya yg pen-ting tetap berkenan pada Tuhan da-lam segala sikon, maka rencana Allah akan jadi dgn indah.

Tuhan mencari dan menemukan Maria seorang yg sederhana dan ren-dah, tetapi hidupnya berkenan pada Tuhan, sehingga dipakai Tuhan luar biasa, sangat indah.Rom 2:11. Tuhan tidak membedakan orang. Bertekun-lah sungguh2 dgn setia hidup mem-perkenankan Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus sesuai dgn Firman Tuhan (7 KPR). Tuhan tahu orang yg tepat.

Luk 1:51-53. Tuhan berkuasa dalam segala perkara

Sombong itu dimulai dari dalam angan2 hatinya, hasilnya direndahkan (apalagi dalam perbuatan). Sebab itu jaga hati kita, sebab dosa, sekalipun dalam hati,itu kebencian Allah. Dia sanggup menurunkan orang yg sangat berkuasa dan mengangkat yg rendah hati; dan yg penting hidupnya berke-nan pada Tuhan 1Sam 2:6. Juga orang lapar akan dikenygkan, lebih2 dgn Fir-man Tuhan yg terus terbuka. Jangan kuatir dgn segala kebutuhan yg fana (seperti Yusuf-Maria), tetapi hiduplah betul2 berkenan pada Tuhan, selalu taat dipimpin Roh dan tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan.

KESIMPULAN

Masuk dalam golongan pengangkatan itu luar biasa indahnya, sangat ajaib Wah 12:1, ikut dalam proyek Allah akan cepat tumbuh maksimal. Sebab itu bersedialah sekarang dalam kesu-cian, selalu dipimpin Roh dan tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan Mat 24:42, sehingga kokoh Mat 7:24-28. Jangan hanya mencari tontonan2 penghiburan dan kesukaan dalam ibadah dan pelayanan, waktunya ha-bis sia2 (seperti Marta) tidak dapat yg baik, yaitu penuh dan dipimpin Roh, dan terus ber-tambah2 dalam penger-tian Firman Tuhan (ini butuh waktu sangat banyak di kaki Tuhan seperti Maria). Jadi kurban yg berkenan pada Tuhan, penuh dan dipimpin Roh dan tambah pengertian Firman Tuhan, itulah ibadah yg patut Rom 12:1-2.

Scroll to Top