M4238 – Kedatangan Tuhan

DUA TAHAP KEDATANGAN TUHAN.

PENDAHULUAN.

Untuk siapa?

Tahap I: Tuhan Yesus datang untuk Gereja yang bersedia, yang akan ikut dalam pengangkatan. Juga untuk yang mati dalam Yesus, semua bangkit dan ikut pengangkatan.

Tahap II: Untuk seluruh dunia, yaitu kerajaan Antikris dan semua pengikutnya.

  1. Macam2 perbedaan (ada kurang lebih 20) dan
  2. Waktunya juga tidak bersama-sama, berbeda sangat jauh (3,5 tahun).

Tahap I: Pada pertengahan Minggu ke-70 Daniel dan

Tahap II: Pada akhir Minggu ke-70 Daniel.

Kalau keduanya dicampur, semua pengertian akan kacau sehingga kita tidak bisa bersedia dengan baik, bahkan kacau dan rugi besar untuk kekal. Sebab itu Tuhan memberitahu lebih dahulu pada kita Amos 3:7, Mat 11:26-27 dll. Perbedaan waktu sudah diterangkan dalam macam-macam tafsiranpre, mid, dan post trib.

MACAM-MACAM PERBEDAAN TAHAP I DAN II.

  1. Peristiwanya disebut.

Tahap I: Pengangkatan. 1Tes 4:17 (TL,TB,KJ) bertemu Tuhan di awan-awan, terkenal dengan rapture (= bhs. Inggris, berartiterpesona karena keindahannya, gairah, gembira).

Tahap II: Kedatangan Tuhan kembali atau yang kedua.

  1. Waktunya berbeda.

Tahap I: Di tengah-tengah Minggu ke-70.

tahap II: Sesudah Minggu ke-70. 2Tes 2:8.

  1. Kerahasiaan tanggal kedatanganNya.

Tahap I: Semua orang tidak tahu, kecuali sesudah masuk dalam Minggu ke-70 Daniel, Orang-orang yang hidup dalam terang, tidak di dalam gelap akan tahu. Inilah orang2 yang akan diangkat, dan  dipersiapkan. 1Tes 5:4-5.

Tahap II: Ini bukan lagi tanggal rahasia, apalagi Antikris dan orang-orangnya,mereka sudah tahu, lebih-lebih kena shock tanda-tanda pengangkatan yang misterius, mereka sangat perhatian dan ini bisa dihitung 1260 hari sesudah pengangkatan, misalnya Wah 11:2. Sebab kerajaan Antikris takut dan bingung, dan mempersiapkan perang Harmagedon untuk menghadapi kedatangan Tuhan, tentu dengan propaganda palsu yang dibuat-buat.

  1. Namanya.

Tahap I: Hari Tuhan yang mulia Kis 2:20, 1Kor 1:8; 5:5 dll.

Tahap II: Ini hari Tuhan yang besar dan dahsyat, hari murkaNya (hukuman dahsyat) Mal 4:5, Wah 6:17.

  1. Untuk siapa?

Tahap I: Khusus untuk orang beriman yang bersedia Mat 24:42,44 seperti lima gadis bijaksana dan sudah diproses dalam penamatan rencana Allah Ibr 9:28, Rom 9:28, juga untuk orang-orang yang mati dalam Yesus sejak zaman Adam. Semua orang ini ikut dalam pengangkatan.

Tahap II: Untuk semua orang di bumi, yaitu untuk kerajaan Antikris dan semua pengikutnya, yang akan dikalahkan dalam perang Harmagedon dan dihukum, termasuk juga iblis. Wah 1:7; 6:15-16.

Orang-orang yang tertinggal, tetapi bertobat kembali dan dianiaya Antikris sampai mati, sebab mereka tidak mau ikut Antikris dan tidak mau dimeteraikan dengan meterai Antikris, mereka sudah mati dibunuh, mungkin sekali mereka bangkit bersama-sama dengan 2 Saksi yang dibunuh oleh Antikris.

  1. Berapa golongan besar yang dihadapi.

Tahap I: Menghadapi dua golongan dari Tuhan, yaitu:

  1. Yang akan ikut pengangkatan, golongan 1551 (1Kor 15:51) sesudah mengalami ujian akhir atau masa hukuman rumah Allah dan lulus) dan
  2. Golongan yang tertinggal, yaitu yang jelek, jahat, yang tumbuh dalam dosa dan rencana iblis. Golongan yang baik diangkat, yang jelek ditinggal, bersama-sama dengan orang-orang dosa, anak-anak iblis.

Tahap II: Menghadapi satu golongan saja, yaitu semua orangyang ikut dan dikuasai oleh Antikris dan semua dibinasakan dalam perang Harmagedon. Ada sedikit orang yang tidak kena cap Antikris, yaitu 144.000 orang Israel dan juga kira-kira sejumlah itu dari bangsa lain yang juga menolak meterai Antikris.

  1. Cara kedatanganNya, kelihatan dan tidak.

Tahap I: Tuhan Yesus datang, tidak ada yang melihat, tetapi orang2 beriman yang diangkat, hilang misterius tidak tahu kemana mereka, tidak ada seorangpun yang bisa melihat orang2 yang hilang Luk 21:24-26. Antikris pasti berdusta, mengatakan mereka tahu dan sudah menghukumnya dll.Tahap II: Semua mata melihat Tuhan Yesus datang dengan jelas dan berusaha melarikan diri karena ketakutan Wah 1:7.

  1. Tuhan Yesus datang sebagai apa? (I).

Tahap I: Dia datang seperti “pencuri” mengambil “barang-barang berharga”, yaitu orang-orang yang indah di hadapan Allah, yaitu yang bersedia dan sudah diolah Yer 49:9.

Tahap II: Dia datang seperti Raja di atas segala raja dan Tuhan di atas segala tuan Wah 19:16.

  1. Datang sebagai apa? (II).

Tahap I: Ia datang sebagai Mempelai laki-laki Surgawi menjemput mempelai perempuan yang sudah bersedia Wah 19:7-9 (Mat 25:6).

Tahap II: Dia datang sebagai Hakim yang akan menjatuhkan hukuman. Semua orang berdosa akan kena hukumannya. 2Tim 4:1, (Wah 1:7).

  1. Datang untuk apa?

Tahap I: Untuk meluputkan orang-orang yang bersedia dari aniaya Antikris yang sudah ditentukan waktunya Luk 21:36.

Tahap II: Memberi pembalasan penuh pada mereka, tidak mau percaya dan tidak mau mentaati hukum-hukum Allah. 2Tes 1:8; 2:8.

  1. Datang di mana?

Tahap I: Datang di awan-awan (alam roh), tidak mendarat di bumi.

1Tes 4:17

Kemudian kita yang masih hidup dan tetap tinggal, akan diangkat naik bersama-sama dengan mereka di dalam awan-awan, bertemu dengan Tuhan di udara; dan demikianlah kita akan bersama-sama dengan Tuhan senantiasa. (KJI)

Tidak ada yang tahu.

Tahap II: Mendarat di bumi yaitu di bukit Zaitun. Zak 14:4 (Wah 19:19-21) seperti waktu Ia naik ke Surga Kis 1:11.

  1. Datang dengan siapa?

Tahap I: Ia datang dengan malaikat-malaikatNya 2Tes 1:7, Mrk 8:38, Mat 16:27, Luk 9:26.

Tahap II: Ia datang dengan orang-orang suci yang sudah naik dalam tahap I Jud 14, Zak 14:5.

  1. Apa yang ditunggu.

Tahap I: Pengharapan yang keberkatan Tit 2:13, 1Pet 4:13. Kesukaan yang besar 1Pet 1:7-8, 1Yoh 3:2, 1Tes 4:18.

Tahap II: Hari Murka yang dahsyat, celaka besar Wah 6:16-17. Lebih baik mati, padahal belum diadili, belum dihukum sudah takut, sebab mereka sudah tahu bahwa perbuatan mereka sangat jahat.

  1. Apa yang akan dialami orang yang menunggu:

Tahap I: Sukacita. Mereka yang diangkat akan menerima pahala dalam Kursi Pengadilan Kristus lalu masuk dalam Pesta Kawin Anak Domba; Sukacita bersama-sama Tuhan Yesus dan semua orang suci 1Tes 4:17, Wah 12:14,6 dipelihara Allah Mat 16:27 mendapat upah perbuatannya.

Tahap II: Ketakutan, meratap dan semua mati dibinasakan dalam perang Harmagedon Wah 19:15,21, 2Tes 2:8.

  1. Disertai kebangkitan orang benar.

Tahap I: Semua orang-benar bangkit 1Tes 4:16.

Tahap II: Tidak ada. Yang bangkit sebelumnya adalah 2 Saksi, mungkin juga bersama-sama mereka yang dibunuh oleh Antikris dan pengikutnya sebab tetap percaya Tuhan Yesus.

  1. Tanda khas kedatangan Tuhan.

Tahap I: Orang-orang hilang seperti asap, semua yang dipakai tertinggal 2Raj 2:13-14, Luk 17:34-36; 24:12, Yoh 20:6-7.Kubur pecah, isinya hilang Yez 37:12-13, Mat 27:52.

Tahap II: Tidak ada, justru mereka semua mati oleh pedang yang keluar dari mulut Tuhan Yesus dan mereka menjadi lautan mayat Wah 19:17-18.

  1. Akhir dari dosa.

Tahap I: Terlepas dari semua akibat dosa Luk 21:28 mengalami tebus tubuh yang indah, tubuh jadi mulia dan sempurna, tidak ada lagi dosa dan akibat-akibatnya Fil 3:21.

Tahap II: Merasakan akibat dosa se-penuh-penuhnya Rom 6:23. Tersiksa untuk selama-lamanya, baik dalam dunia, dalam tubuh manusiawi, yaitu dibinasakan dalam perang Harmagedon, lalu dilanjutkan dalam Neraka dan Tasik api kekal.

  1. Kesan terakhir.

Tahap I: Semua sudah selesai. Rom 9:28. Putra manusia Yesus sudah menyelesaikan tugasNya di Golgota Yoh 19:30. Orang beriman tugasnya berakhir secara pribadi waktu mati Ibr 9:27, Kis 20:24, 2Tim 4:7, Fil 1:6, tetapi umat Tuhan secara ber-sama2 pada waktu pengangkatan 1Tes 4:16-17, semua tugasnya sudah selesai, the end.

Tahap II: Sudah selesai untuk orang berdosa. Pekerjaan iblis dalam dunia diselesaikan, iblis dan setan2, Antikris dan nabi palsu, semua ditangkap dan dipenjarakan di tempatnya masing2 semua orang pengikutnya sudah diperangi sampai mati semua,dan Tuhan Yesus datang memerintah Wah 19:6.

  1. Untuk Gereja dan Israel.

Tahap I: Rencana Allah bagi Gereja sudah tamat.

Tahap II: Rencana Allah bagi orang  Israel dimulai lagi, yaitu dalam Kerajaan 1000 tahun dan tahta Daud didirikan Luk 1:32-33.

  1. Tanda2 dalam Mat 24.

Tahap I: Kedatangan Tuhan Yesus seperti kilat, tetapi tidak ketahuan Mat 24:27.

Tahap II: Tuhan Yesus datang, dan nampak oleh semua orang berdosa di bumi yang meratap Mat 24:30.

Jadi nyata sekali bedanya antara kedatangan Tuhan tahap I dan II, bahkan sangat bertentangan, tidak mungkin itu sama bahkan ada jarak waktu diantara keduanya, yaitu 3,5 tahun seperti yang disebut dalam Alkitab.

III. MENGAPA KITA PERLU TAHU DENGAN BETUL PERBEDAAN 2 TAHAP INI?

Sebab:

  1. Hari kedatangan Tuhan itu indah dan sangat mulia, tetapi tidak untuk semua orang Kristen, hanya untuk orang beriman yang mau berjaga-jaga dalam kesucian dan taat dipimpin Roh melakukan kehendak Tuhan sesuai dengan Firman Tuhan.

Bagi mereka yang tidak mau berjaga-jaga, hari itu menjadi hari celaka yang besar! Sebab itu sekarang, kita semua harus berjaga-jaga, baik yang akan mati dalam Yesus (lalu bangkit ikut pengangkatan) maupun yang termasuk generasi akhir zaman, yang akan ikut pengangkatan. Ini pasti akan jadi, kita harus tahu dan percaya dan bersedia!

  1. Orang yang berjaga-jaga akan menang terhadap Antikris, sejak permulaan Minggu ke-70 Daniel (3 Antikris pertama sudah keluar menurut Dan 7), bahkan dengan cara-cara yang ajaib dan luar biasa, sebab termasuk dalam golongan orang yang bersedia, golongan 1551 dan golongan Gereja yang ajaib dan penuh kemuliaan dalam pimpinan Bapa (matahari), Putra (bulan), dan Roh Kudus (12 bintang dengan Wah 12:1). Sesudah menang dan tumbuh dalam 3,5 tahun lalu ikut pengangkatan. Jangan takut, pasti menang sampai musuh terakhir, lepas, bebas dari maut 1Kor 15:26.
  2. Golongan orang beriman yang main-main, setengah hati dan bercabang, akan terseret dalam polarisasi dosa, tertinggal dalam pengangkatan dan masuk dalam zaman Antikris, yang paling dahsyat, yang tidak pernah terjadi dan tidak akan terjadi lagi, wai Mat 24:21. Ia akan sangat menyesal, tetapi pengangkatan tidak bisa diulang, dan kalau ia mau bertobat sungguh-sungguh dan mempertahankan imannya sampai mati, ia akan mengalami siksaan yang paling hebat oleh Antikris sampai mati. Orang2 selamat seperti menerusi api 1Kor 3:15; 5:5.Kalau tidak mau demikian, bertobat dan berjaga-jagalah mulai sekarang.Waktu itu, sesudah pengangkatan seluruh dunia ada dalam kekuasaan Antikris dan tidak ada seorangpun bisa lolos, meskipun mau bertobat, juga meskipun ada 2 orang Saksi yang heran, semua kena dan teraniaya sampai mati dengan cara yang paling mengerikan! Wah 13:7. Tidak bisa berjaga-jaga atau bersiap-siap lagi seperti sekarang, sebab pada waktu itu kesempatan sudah habis untuk bisa ikut pengangkatan dan lepas dari tangan Antikris sudah terlambat, kalau masih mau masuk Surga, mau bertobat, harus tinggal bertahan dalam aniaya sampai mati.Sekarang masih bisa lepas dari celaka besar ini, bahkan bisa mengalami nasib yang sangat indah dan mulia, kalau mau bertobat, bersedia, dipimpin Roh, hidup rutin dalam kesucian sesuai Firman Tuhan. Jangan buang kesempatan yang mulia ini!
  3. Tahap kedua adalah hari hukuman besar bagi semua orang beriman yang hidup sembarangan, tertinggal dan tidak lagi mau bertobat (yang mau bertobat, dianiaya Antikris sampai mati). Juga semua orang dosa, sekalipun sudah ikut Antikris, limpah dalam dosa, hasilnya tetap celaka dan dahsyat.

Ikut Antikris, tidak akan senang, hanya senang-senang sebentar dengan penuh was-was sebab meskipun ikut Antikris juga bisa mati dengan mengerikan, sebab semua orang penuh dosa yang kejam, keji dan banyak makan korban “sahabatnya” atau golongannya sendiri!

  1. Kesimpulan dari 2 tahap ini: Ada 2 kemungkinan di hari2 yang akan datang ini.
  2. Untuk orang beriman yang mau bersedia dalam kesucian, kedatangan Tuhan tahap I itu sangat indah dan ajaib (rapture berarti sangat mengagumkan terpesona dan indah, sukacita untuk selamanya tidak lagi berubah jadi sengsara atau pahit sedikitpun).
  3. Untuk yang tidak mau bersedia, wai, itu menjadi hari yang paling celaka di atas bumi ini, dalam hidup ini dan sangat menderita sampai mati.

Kalau kita mengerti perbedaan 2 tahap ini, pasti akan memilih yang terbaik, yaitu bersedia mulai sekarang. Memang ada lagi satu kesempatan terakhir sesudah pengangkatan orang2 yang tertinggal, tidak memilih yang terbaik, tetapi sekedar untuk lolos dari Neraka, bisa selamat untuk kekal, harus menderita dan bertekun dalam aniaya yang paling berat selagi ada bumi dan dunia ini. Wai tetapi ini satu2nya kesempatan dan kemungkinan untuk lepas dari Neraka kekal dan hanya “sebentar” maksimal 1260 hari! Tentu semua harus mau pikul salib yang paling berat, bayar harga berapa saja, asal tidak ketinggalan. mengagumkan, terpesona selama di dunia, lebih2 untuk kekal atau penderitaan yang paling dahsyat di dunia dalam zaman Antikris untuk “hanyut” 3,5 tahun! Surga dan Neraka itu sungguh ada! Mau pilih mana? Hidup indah, sangat bahagia dan …..?????

  1. Hari itu pasti datang, tidak ada yang bisa menghindar! Ini adalah penuaian dari semua yang kita buat di atas bumi, yang baik dan jahat. Istimewa bagi orang benar, yang setia sampai saat terakhir. Tingkatan rohaninya pada saat terakhir.menentukan kemuliaannya untuk kekal. Sebab itu sekarang selama masih ada kesempatan, biarlah kita menabur dalam Roh se-banyak2nya, sebab waktu penaburan hanya sebentar, di dunia, tetapi penuaiannya ber-lipat2 kali ganda untuk kekal dari Surga Gal 6:7-10. Pasti tidak rugi, sebab hidup suci dipimpin Roh itu sangat indah, tiada taranya, dengan sejahtera dan sukacita dari Allah Rom 14:17, Fil 4:4,7, sedangkan Putra manusia Yesus sendiri juga bisa menikmati kesukaan yang besar dalam tubuh manusiawiNya Luk 10:21, apalagi untuk kita bersukaria di Surga kekal. Jangan hidup sembarangan, teruslah menabur, sekalipun untuk daging itu sakit sampai menangis Maz 126:5-6.
  2. Jangan kuatir kebutuhan jasmani. Surga di dunia dan Surga yang kekal adalah tujuan yang utama Mat 16:26; untuk apa dapat seluruh isi dunia kalau semua ditinggal dan jiwanya masuk neraka Luk 12:20-21. Juga nasibnya begitu celaka. Baik orang-orang yang ikut iblis,Antikris di dunia, betul mereka bisa menuruti kehendak daging semaunya sendiri, dapat kesukaan dosa yang sesaat, tetapi hanya untuk sesaat dan tidak pernah puas atau sejahtera (Rom 3:17). Senang sesaat, tetapi penuh persaingan yang jahat dan kejam, diantara orang2 berdosa yang kejam, bahkan sekalipunkawan bisa dibunuh mati dengan bengis, sebab memang iblis bapaknya itu penuh dengan kekejaman dan pembunuhan! Apalagi kalau ikut iblis dalam rumahnya yang kekal di Neraka, wai asap siksanya naik ke atas se-lama2nya Wah 14:11.

Tetapi orang yang menabur baik, sekalipun dengan air mata (sebab harus menyangkal diri Gal 5:16-17), tetapi sukacita air hidup yang kekal akan mengalir dalam hatinya Yoh 4:14; 7:38.Pada akhir zaman yang dahsyat ini, kita akan menuai sangat indah dan mulia di dunia, dan bersambung untuk kekal di Surga mulia untuk se-lama2nya.

Untuk hal2 jasmani, Tuhan juga akan memelihara dan memberkati selagi hidup di dunia, meskipun ini hanya untuk sesaat di dunia. Percayalah, asalkan kita lebih dahulu mendapat Surga dan kebenaranNya Mat 6:33. Tetapi jangan gara-gara mengejar yang fana lalu timbul dosa, sebab akibatnyabinasa untuk kekal, itu sangat bodoh dan sangat rugi. Jangan kuatir akan kebutuhan yang fana seperti orang kafir Mat 6:32, pasti Tuhan cukupi, bahkan dengan ajaib dan mulia, sehingga justru dalam banyak pergumulan ini, rohani tumbuh dalam kesucian. Ini yang utama dan ini yang harus kita kerjakan dengan pengertian yang benar supaya kita lolos, lulus dan meningkat setinggi mungkin.

KESIMPULAN.

Jangan lupa, kesukaran-kesukaran akhir zaman yang makin lama makin banyak dan berat, tetapi itu juga menjadi ujian akhir  bagi kita semua, dan tetap tidak akan melebihi kekuatan kita, sebab Firman Tuhan 1Kor 10:13 tetap berlaku. Bagaimana caranya? Tuhan akan memberi jatah ujian yang cocok dengan keadaan kita terakhir ketika masuk masa Penamatan, yaitu mulai Minggu ke-70 Daniel. Minimum adalah tingkatan dalam Ruangan Suci. Sampai dimana masing2 bersedia, sampai disini ujian datang menimpa kita dan semua dalam kontrol dan pengawasan Allah. Kalau kita bersedia seperti tingkat SMP, ujian yang datang juga hanya tingkat SMP, ujian yang datang juga hanya tingkat SMP sampai SMA. Kalau kita bersedia sampai tingkat S1, ujian kita juga tingkat S1 sampai S2. Sebab butuh waktu untuk bisa tumbuh dan lulus. Sebab itu bersedialah sebaik mungkin. Bersedia:

  1. Bisa masuk golongan 1551 (ikut pengangkatan) atau tidak
  2. Kalau ikut, di finishing setinggi mana? Tergantung dari persediaan ini.

Sekarang ini kita harus tumbuhsetinggi mungkin, sebab ujian akhir ini sesuai dengan persiapan dan kemampuan kita dan menghasilkan kemuliaan yang sesuai denganpersiapan kita, yang akan kita nikmati sejak di dunia sampai kekal.

Kalau kita dapat kesempatan hidup di akhir zaman, (ini generasi akhir zaman 1Tes 4:15) itu adalah kesempatan yang sangat mulia dan istimewa, yaitu kita bisa mengalami zaman keemasan Gereja yang ajaib, Surga di bumi dan hidup tanpa mati (tetapi hanya untuk orang-orang generasi akhir zaman yang mau setia dan mau berjaga-jaga seperti lima gadis bijaksana), kesempatan yang luar biasa indahnya. Jangan sia-siakan apa yang sudah Tuhan rencanakan dan sediakan bagi kita masing-masing (seperti orang disuruh jaga seluruh isi rumahnya 1 bulan lalu sesudah itu kalau semua baik, ia diberi satu rumah besar. Jangan buang kesempatan yang baik ini, sampai dapat. Kalau kita hidup di akhir zaman (golongan Generasi Akhir Zaman 1Tes 4:15) itu seperti dapat kesempatan yang seperti ini, bahkan jauh lebih besar lagi, luar biasa!).

Nyanyian:

Hidup ini adalah kesempatan.