M4141 – Efesus 6:12. Perang Melawan Iblis

ADA IBLIS, SETAN, BANYAK?

Iblis itu bukan hanya satu pribadi, te-tapi pasukannyasangat banyak, suatu kerajaan, sehingga ada pemerintah, kuasa2, penguasa kegelapan dan roh2 jahat di tempat tinggi yaitu dalam dunia roh. Kita tidak perlu pusing akan susunan pemerintah iblis, ada banyak oknum dan kuasanya, tetapi itu tidak berarti sama sekali di hadapan Allah dan di hadapan orang2 yang ada Allah di dalam hidupnya, pasti bisa menang 1Yoh 4:4, Mrk 16:17.

Kita harus sadar bahwa kita ini terus berperang melawan iblis dan tenta-ranya. Makin lama aktivitas iblis makin kuat, apalagi nanti sesudah ia diusir keluar dari Surga, ia akan berperang habis2an dengan marah yang besar, sebab tahu waktunya hampir habis Wah 12:12. Sekarang ini kita sudah  menghadapinya, dan itu perkara yang dahsyat, mengerti atau tidak, langsung melawan iblis atau tidak langsung menghadapi kaki tangannya, kita harus menghadapinya dalam segala bentuk dan modelnya, kalau kalah, akhirnya masuk Neraka! Kita harus menang. Jadi meskipun biasanya ia tidak tampak, ia ada seperti juga Allah selalu ada di mana2, dan biasanya tidak tampak kecuali dalam beberapa kasus saja seperti Putra manusia Yesus melihat iblis dalam pencobaannya Mat 4:3. Memang bagi manusia se-olah2 hanya ada dunia yang tampak, tetapi dunia yang tidak tampak itu tetap nyata ada, bahkan itu sumber dari segala yang tampak. Kalau seorang kalah atau me-nang dalam dunia yang tidak tampak, itu yang menentukan dalam dunianya yang tampak.

Dalam Dan 10:12-15. Diceritakan bahwa malaikat Jibrail (Gabriel) yang diutus Tuhan kepada Daniel, dicegat, di-halang2i oleh penghulu kerajaan Parsi 21 hari. Ini salah satu contoh ada-nya pertempuran dalam dunia roh (di-mensi dan caranya lain dari pertem-puran dalam dunia nyata). Jadi dunia yang tidak nampak itu sungguh2 ada, bahkan sangat menentukan keadaan dunia yang tampak.

ALLAH DAN IBLIS. Yoh 10:10.

Allah dan iblisl bertentangan, sebab itu selalu berperang. Kalau ber-hadap2an iblis sudah pasti kalah dan hancur, sebab itu iblis selalu mencari jalan dan siasat, tidak berani langsung. Di dalam manusia, iblis bisa menang melawan Allah. Bagaimana caranya? Kalau orang itu berbuat dosa dari dirinya sendiri atau dipimpin setan, maka setan punya pintu masuk dalam orang itu atau sudah tinggal di dalamnya Ef 4:27, Yoh 8:34. Setan penuh siasat dan ia mau saja tinggal bersama dengan Roh Kudus di dalam manusia, yaitu dalam ligabo yang penuh Roh Kudus, tetapi ligabo juga menuruti iblis dan memberi tem-pat kepadanya, inilah orang2 yang mendua dan bercabang hatinya. Tetapi Allah tidak mau tinggal ber-sama2 dengan iblis 2Kor 6:14, Yak 4:7,8. Sebab itu orang yang mendua, yang memberi tempat kepada iblis, maka iblis masuk di dalamnya dan akhirnya Roh Kudus keluar daripadanya, sehingga Roh Kudus “kalah” di dalam manusia.

Mengapa bisa begini? Sebab Allah tidak mau memaksa manusia,  manusia harus mengambil keputusan untuk percaya dan menerima, taat pada Tu-han, baru Allah masuk di dalam dia. Juga Allah tidak mau tinggal dalam manusia ber-sama2 dengan iblis, Allah ingin sendiri2, Allah atau iblis! Tetapi iblis dan setan2 mau tinggal ber-sama2 Allah dalam manusia. Juga kalau ma-nusia tidak mau menerima iblis, iblis berusaha dengan merayu atau dengan paksa untuk masuk dalam manusia, bahkan ia menghalalkan segala cara; Sebab itu kalau manusia memilih untuk menurut daging, dosa, iblis, Roh Kudus terpaksa keluar daripadanya dan iblis “menang”. Jadi iblis sendiri selalu ber-usaha menipu, merayu atau memaksa-kan diri untuk masuk, menghalalkan segala cara. Sebab itulah, di dalam orang berdosa, iblis bisa “menang” melawan Allah, tetapi segera orang itu bertobat dan berseru kepada Tuhan, sekalipun dgn lemah, Roh Kudus akan masuk dan mengusir iblis dgn sangat mudah dan iblis tidak akan tahan, kecuali ia bisa menipu dan merayu orang itu untuk memilihnya lagi.

III. BAGAIMANA MENGALAHKAN IBLIS.

Dunia yang tidak tampak, itu permu-laan dan sumber dari dunia yang tam-pak. Sebab itu kita harus mengenal iblis dan setan2 sejak daridalam dunia yang tidak tampak dan mengalahkannya. Caranya sederhana, yaitu tetap di pihak Tuhan Rom 8:31. Ini berarti hidup dalam kesucian dan taat dipimpin Roh. Kalau Allah beserta, iblis pasti di-injak2 seperti yang nyata dalam Luk 10:17-19. Murid2 mengalahkan iblis lalu terjadi mujizat dan orang2 bertobat. Putra manusia Yesus sudah melihat iblis jatuh seperti kilat dari langit, kalah. Kita dengan mudah bisa mengalahkan iblis asal dengan Tuhan, sebab itu jangan sampai kena tipu dayanya, sehingga berdosa lalu renggang atau lepas dari Tuhan, akan kalah. Jangan sampai dalam dunia nyata, waktu diganggu dan dipanasi oleh kaki tangan iblis jadi marah, benci, atau ingin dosa2 tertentu atau bereaksi dosa lain. Jangan bodoh, teruslah dipimpin Roh, supaya terus menerus lekat pada Tuhan = lekat dalam kesucian dan dipimpin Roh baik dalam bicara, berkata dan berpikir. Kalau kita jadi satu dengan Tuhan 1Kor 6:17, kita akan terus menang dan itu indah dan sejahtera, puas. Kalau tanpa Tuhan, kita bukan apa2, akan mudah ditipu dan dikalahkan oleh iblis.Jangan berjalan sendiri, tidak akan kuat dan tidak bisa menang Kel 33:15.  Kekuatan kita untuk mengalahkan iblis, hanya kalau Tuhan yg menjadi kekuatan kita. Ingat kita harus menang dalam dunia yang tidak tampak yaitu tetap dalam kesucian dan ketaatan dalam pikiran kita, maka dalam dunia yang tampak, akan terus menang dan tetap suci.

ORANG2 YANG DIPAKAI SETAN.

Kita harus bisa mengerti hal ini, sebab biasanya setan menipu dan menga-lahkan orang beriman lewat orang2 di sekitar kita, yang diperalat oleh setan. Siapa saja yang bisa dipakai iblis?

  1. Orang rohani di sekitar kita. Banyak orang tidak sadar dan tidak bisa mem-bedakan sehingga terjebak dan kalah, sebab dikalahkan kaki tangan iblis yang merayu, menarik keluar dari jalan dan kehendak Allah sehingga masuk dalam jalannya sendiri dan masuk dalam do-sa, dalam perhambaan setan. Contoh orang2 rohani yang dipakai iblisadalah Petrus Mat 16:22,23, Yohanes dan Ya-kobus Luk 9:54-55 KJI, Yudas Luk 22:3 dll. Mereka tidak datang dengan ma-rah2 atau kalap seperti orang gila, tetapi justru seperti malaikat terang 2Kor 11:14. Petrus datang dengan be-las kasihan untuk menolong Putra ma-nusia Yesus. Yohanes, Yakobus datang dengan pembelaan yang kuat, untuk melawan orang2 Samaria yang meno-lak Kristus. Ini cara kerja iblis dalam orang2 rohani itu. Sebab itu banyak orang tidak sadar, tidak tahu, tidak bisa membedakannya. Bahkan Yudas pun tidak dikenali murid2 (lebih2 sebab me-reka belum dibaptis dengan Roh Ku-dus). Tidak ada yang berpikir bahwa Yudas dipakai iblis, bahkan mereka merasa bahwa mereka sendiri yang salah, padahal Firman Tuhan jelas berkata bahwa iblis sendiri masuk serta menguasai dan memimpin Yudas. Putra manusia Yesus dipimpin Roh Luk 4:1,18 tahu dan menghadapinya dalam pim-pinan Roh, tidak dengan marah2 atau dengan berkelahi, tetapi dengan hik-mat dan kuasa Roh. Lihat contoh Luk 22:21-22, Yoh 13:21,25-28. Meskipun sudah diberitahu, murid2pun masih belum bisa mengerti. Setan itu lihai bagi orang yang bodoh dansangat se-nang memakai orang2 rohani di sekitar kita, sehingga tidak dicurigai, tidak tampak terang2an, bahkan begitu baik seperti malaikat terang! Sebab itu orang yang tidak bisa mengerti dan tidak bisa membedakan akan mudah disesatkan.

Bayangkan iblis bisa masuk sampai lingkaran paling dalam dan dalam per-temuan yang paling intimdalam Per-jamuan Suci, Yudas dan iblis ada di sana. Betapa dahsyat dan lihai siasat iblis! Hati2lah, sebab dalam lingkaran yang paling dalam, iblis juga bisa ada disitu, di dalam orang rohani yang bodoh atau munafik. Seringkali kita mengusir setan dari antara kita dan pasti ia terpukul dan lari, tetapi kalau ada orang rohani yang memberi tem-pat bagi iblis, iblis bisa tetap ada di-antara kita, dalam lingkaran paling dalam, paling rahasia dan memakai orang itu jadi alatnya. Coba Putra manusia Yesus tidak bisa membedakan. Ia akan jatuh dan gagal dalam tugasnya untuk menjadi korban tebusan.

  1. Orang2 yang munafik.

Petrus dll itu tulus, tetapi bisa dipakai iblis, sebab mereka sendiri tidak sadar. Tetapi orang2 munafik ini memang hi-dup dalam dosa yang di-tutup2i sendiri dan iblis bisa memakainya lebih leluasa dan sebagian dari mereka ada yang tidak sadar, ada yg sadar dan senang.

(Ingat ada 3 tingkat setan bekerja da-lam manusia, yaitu: 1. Hinggap seperti pada Petrus, 2. Merasuk seperti orang2 munafik ini, orang Parisi dll, 3. Dikuasai iblis penuh, yaitu orang yang sempurna dalam dosa).

Saul penuh dengan roh setan, mes-kipun jadi raja dari umatTuhan. Juga orang2 Parisi, beberapa dipakai setan dengan sangat keji. Mereka mengerti Firman Tuhan, bahkan duduk di kursi Musa dan bisa mengajar dengan baik sehingga Tuhan berkata, turut dan taati apa yang dikatakannya, tetapi jangan turuti perbuatannya Mat 23:2,3,33. Sebab itu mutlak perlu untuk selalu penuh dan dipimpin Roh. Waktu mu-rid2 belum dibaptis dengan Roh Kudus, mereka tidak sadar, tidak mengerti, bahkan bisa dipakai iblis dalam tingkat I (hinggap) dan tidak bisa membedakan. Tetapi sesudah penuh Roh Kudus, me-reka bisa mengenali jauh lebih mudah!

Orang2 munafik seperti ini, diikuti banyak umat Tuhan yang bodoh seperti mereka yang ikut orang2 Parisi ini, juga yang ikut raja Saul, Absalom dll.

Jangan berkelahi dengan mereka dengan banyak dosa, tetapi perangi iblis yang tidak tampak, yaitu dengan tetap dalam kesucian, tidak bereaksi dosa, tetapi terus penuh dan taat di-pimpin Roh Rom 8:14,31, 1Yoh 4:4. Ha-dapi mereka, lawan dan bongkar segala pekerjaan setan, tetapi tetap dalam pimpinan Roh. Orang2 munafik ini sudah langganan dipakai iblis untuk menyesatkan dan menjatuhkan orang, sehingga orang2 yang ikut dengan mereka jadi 2 kali isi Neraka Mat 23:15.

  1. Orang2 berdosa yang belum kenal Tuhan. Banyak mereka tidak mengerti, bahkan mencari kekuatan dan keun-tungan dengan kuasa gelap. Sebab tidak mengerti dan karena mereka adalah hamba2 setan, maka mereka mudah jadi korban pekerjaan setan. Sebagian menganggap ilmu putih itu tidak apa2, tidak seperti ilmu hitam, tetapi keduanya sama dan dengan mu-dah mereka dipakai setan. Menghadapi orang2 seperti ini jangan lupa terus berdoa dalam Roh dan kebenaran minta hikmat dan kuasa Allah. Jangan berkelahi dengan mereka, tetapi ja-ngan takut serangan dan jangan kena tipu dayanya. Lebih2 dukun dan ber-macam2 bentuk dan modelnya. Dalam menghadapi orang2 yang dipakai setan ini, kalau sudah diberitahu Roh Kudus, terus berdoa dalam Roh dan minta pimpinanNya. Kalau mereka datang, apalagi mengacau dan mengganggu, langsung diusir Mrk 1:23. Ini juga yang dibuat oleh Paulus Kis 16:16-18; 13:8-11. Kalau sudah tahu orang2 itu dipakai setan, jangan bekerjasama, itu bodoh dan akan dirusak iblis. Kalau bisa le-paskan mereka dari pekerjaan setan.

Kalau ragu2, berdoa saja terus me-nerus dalam Roh, jangan bereaksi dosa dan minta pimpinanRoh dan taat. Ka-dang2 mereka memakai jimat atau benda2 dari setan, baik dalam tempat umum atau dalam pelayanan, atau di-pakai oleh orang2 yang bekerja dalam lingkungan kita. Tahu atau tidak, ber-doa dan tetap hidup benar, terus di-pimpin Roh, supaya jangan kita dise-satkan dan dijebak dalam dosa. Kalau tahu, jangan ragu2 mengusir setan Mrk 16:17.

  1. Malapetaka, peristiwa2 supra natu-ral dll. Iblis dan setan2 juga bisa mema-kai malapetaka atau kejadian2 terten-tu, atau masuk dalam binatang, po-hon2, benda2 (patung, cincin permata dll) atau dengan ber-macam2 cara, ritual, jampi2, mantra, bertapa, semedi dll. Juga penyakit bisa akibat pekerjaan setan (guna2 dll). Semua cara ini bisa dipakai iblis untuk masuk dan me-nguasai manusia dengan tipu daya, kuasa dll. Di mana2 ini bisa terjadi, tetapi jangan takut, asal kita tinggal di dalam Tuhan, lebih2 kalau penuh dan dipimpin Roh. Banyak kali tanpa kita ketahui, kita ada dalam perlindungan Tuhan. Kalau toh terasa ada serangan, jangan kuatir, ber-seru2lah pada Tu-han. Setiap orang percaya (sekalipun baru) punya kuasa untuk mengusir se-tan, jangan ragu2, bertindaklah dengan iman Mrk 16:17. Kadang2 serangan2 datang dengan macam2 cara, bahkan membawa pada mara bahaya, tetapi jangan takut. Biasanya Roh Kudus memberitahu atau hati jadi gelisah, terus berdoa dan minta hikmat dan kuasa Allah dan lawan dengan iman dalam nama Tuhan Yesus.

SERANGAN2 SETAN.

Biasanya ini terdiri dari 2 macam atau kombinasinya yaitu dengan kuasa gelap dan siasat, tipu daya.

  1. Tipu daya iblis. Ini cara yang banyak makan korban, sebab cara2nya licin, ti-dak kentara bahkan tampaknya baik2 dan menolong padahal menjerat. Ada ber-bagai2 jerat dan tipu daya dan selalu diperbarui dan di-tambah2i. Iblis lebih cerdik dari manusia biasa dan le-bih kuat, sehingga ia bisa terus me-nguasai dan menjajah manusia sebagai hambanya (Yoh 8:34) kecuali orang2 yang sudah dimerdekakan dari perbu-dakan iblis karena percaya pada Tuhan Yesus Rom 6:18, Yoh 8:36. Yang pen-ting, jangan beri celah, kesempatan iblis masuk dalam pribadi, keluarga dan pekerjaan Tuhan. Tetaplah dipimpin Roh, lekat dengan Tuhan sehingga kita dilindungi Tuhan dan bisa membeda-kan orang dekat atau orang jauh yang mau diperalat iblis dan menghadapinya dengan betul dalam pimpinan Roh seperti Putra manusia Yesus terhadap serangan2 iblis lewat segala macam orang.

Menghadapi tipu daya iblis cs yang sangat kreatif, lihai, manis merayu, itu tidak mudah! Caranya adalah dengan mengerti makin banyak Firman Tuhan 2Kor 2:11; 11:2-3, dan dipimpin Roh Yoh 14:26; maka Firman Tuhan itu bisa hidup oleh Roh Kudus 2Kor 3:6, sehingga Firman Tuhan terus bicara dan membongkarmenjawab segala tipu daya iblis. Firman Tuhan itu luar biasa, menjadi jawaban yang lengkap untuk semua tipu daya iblis. Roh Kudus meng-ingatkan Firman Tuhan yang tepat, se-hingga kita bisa mengerti ayat tsb dengan tepat oleh Roh Kudus dan kita bisa mengenali orang2 yang dipakai setan dan tipu dayanya dengan tepat. Jangan lengah. Memang mula2 iblis menawarkan banyak pertolongan dan cara2 yang baik dan masuk akal untuk menyelesaikan problem atau kebutuh-an kita, tetapi sesudah itu dijerat dalam posisi yang terjepit dan jatuh dalam dosa. Jangan mau pakai saran, nasehat, pertolongan iblis! Nanti habis ditolong masuk jerat dan jatuh dalam dosa dan jadi korban tipu daya iblis.

  1. Serangan kuasa gelap. Meskipun se-rangan iblis banyak sekali dengan tipu daya dan rayuannya, tetapi serangan kuasa gelap tidak boleh diabaikan, namun jangan takut. Selama kita lekat dengan Tuhan, dalam kesucian, tidak mungkin kuasa iblis kena pada kita, kecuali sebagai ujian yang diizinkan Tuhan seperti pada anak2 Ay 1:9-12. Tanpa izin Tuhan, setan tidak bisa men-jamah orang2 beriman, anak2 Allah yang maha kuasa. Kalau dijamah itu di dalam kekuatan kita dan kalau kita taat menurut Firman Tuhan pasti menang dan naik tingkat 1Kor 10:13. Tuhan tidak pernah merencanakan yang jahat bagi kita, tetapi sebab cinta Ia me-ngolah kita supaya makin meningkat. Memang pencobaan itu membuat se-dikit penderitaan 1Pet 1:6, tetapi hanya untuk sesaat seperti Kristus, yang se-sudah menderita dan lulus, bisa me-nolong orang lain Ibr 2:18. Orang yang mengerti maksud Allah yang baik akan bersukacita menghadapi pencobaan apapun dari setan Yak 1:2-4 dan bisa selalu bersyukur.

KESIMPULAN.

Nasib setiap orang ditentukan di dunia, akan ikut Allah atau iblis. Orang ber-dosa, matanya dibutakan oleh iblis 2Kor 4:4, sehingga hanya bisa melihat dunia yang kelihatan dan hidup untuk dunia, limpah dengan dosa, padahal hanya sementara lalu disambung da-lam neraka kekal. Tetapi yang matanya celik (sebab percaya pada Tuhan Yesus) dan mau tetap celik akan bisa melihat yang kekal dan terus mengejarnya Kol 3:1-3. Dunia ini tempat penentuan, dan dengan kasih dan kuasaNya Allah ingin menyelamatkan orang2, tetapi dengan tipu daya, iblis hendak menjerat dan membinasakan orang.

Tetapi orang yang celik hanya di dunia ini, mata hatinya dibutakan, ditipu, disesatkan iblis, sehingga hanya ribut dan penuh dengan perkara yang fana dan sementara Luk 12:20-21, se-muanya sia2 Mat 16:26.  Iblis dan se-tan2 itu ada dan sudah berhasil me-rebut kekuasaan yaitu dari orang2 dosa yang dikuasainya Mat 4:8-9, Luk 4:6, 2Tes 2:9, tetapi Putra manusia, Yesus sudah mengalahkan iblis 1Yoh 3:8, Dia menginjak kepala ular, dengan mutlak dan sempurna. Kej 3:15.