M4135 – Matius 6:33. Fasilitas Rohani Dan Jasmani Orang-Orang Beriman

KEADAAN ZAMAN.

Menghadapi kesukaran2 zaman seka-rang, kita perlu membedakan:

  1. Zaman sekarang, keadaannya makin lama makin gelap.
  2. Zaman Minggu ke-70 Daniel, masa penamatan rencana Allah, dimana dosa, kejahatan dan kesucian me-ningkat sangat cepat, dalam semalam sudah bisa berubah banyak.

Kalau persiapan sudah cukup, lang-sung terjadi masa penamatan dan Tuhan datang (pengangkatan).  Orang2 yang tidak percaya, yang tidak bersedia akan kehilangan hal2 jasmani dan rohani! Perang antara orang benar dan iblis akan mencapai puncaknya dalam Minggu ke-70 Daniel. Gereja di jalan lebar akan gugur, bergabung dengan dunia, hanyut, tetapi Gereja jalan sem-pit yang bersedia akan terus meningkat dalam kesucian dantetap menang, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel, Ge-reja akan siap dan ikut pengangkatan bahkan sebagian menjadi sempurna. Fasilitas rohani pada waktu ini akan sangat limpah, sehingga pertumbuhan jadi secepat kilat dari Timur (Pintu Gerbang), Pintu Kemah sampai Barat (Tabut) lalu Tuhan datang Mat 24:27. Fasilitas jasmani juga meningkat, tetapi nomer 2, jangan dijadikan nomer 1, bisa terjerat dan jatuh, tetapi Tuhan tetap mensuplay.

TANDA ZAMAN. Mat 16:3

Menurut Wah 22:11 ukuran keadaan rohani dan duniawi akan sama2 me-ningkat dengan hebat sampai puncak2-nya. Kesukaran dan kejahatan dalam dunia akan meningkat tinggi, tetapi pe-ningkatan rohani juga sangat mening-kat, bahkan lebih tinggi sehingga Gereja tetap menang, sebab selalu ada solusi rohani yang lebih dari cukup, tetapi itu tergantung dari tingkat ro-hani masing2, yang bersedia dalam kesucian dipimpin Roh (limpah 7 KPR), dan akan terus berkemenangan. Orang2 yang bersedia akan terus hidup dipimpin Roh dan makin meningkat, baik berpikir, berkata, dan bertindak (Roh Kudus  memberi 9 karunia yang diperlukan) juga jabatan2 dariPutra dan perbuatan ajaib dari Bapa 1Kor 12:4-6.

III. SEGI-SEGI TERTENTU.

KESEHATAN.

Makin banyak kasus2 yang mena-kutkan. Kita perlu menjaga kesehatan secukupnya seperti Mat 15:32, Mrk 6:31, tetapi jangan takut, asal tetap hidup benar, ada pemberesan dan taat dipimpin Roh. Hadapi semua dengan iman, berdoa kalau perlu puasa. Kuasa dan mujizat Tuhan justru makin me-ningkat dan memang ada janji khusus untuk kesehatan (3Yoh 2), kesembuhan (1Pet 2:24) dan umur (1Sam 2:6) dari Firman Tuhan, lebih2 dalam mendekati masa finishing! Pegang janji2 Tuhan de-ngan betul dan yakin. Apalagi untuk ge-nerasi akhir zaman (80 tahun sebelum pengangkatan), yaitu bagi yang berse-dia baik2, bisa ikut pengangkatan tanpa kematian 1Kor 15:51-52. Kita tidak ta-hu bila Tuhan datang dan apakah kita termasuk orang yang ikut peng-angkatan, tetapi janji Tuhan itu tetap ada dan pasti akan digenapi.

KEAMANAN.

Bunyi gemuruh akhir zaman makin nyaring, tetapi kita masih belum tahu kapan pengangkatan, meskipun demi-kian harus bersedia, yaitu hidup makin mahir dipimpin Roh dalam Ruangan Suci (7 KPR); praktekkan terus setiap hari, supaya makin tepat dan makin lancar, penuh dengan hikmat, kuasa dan karunia2 Roh. Sebab itu  kita harus terus hidup dalam kesucian, tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18, Kis 20:20,27 dan punya perse-kutuan dalam Roh (1Yoh 1:7 dalam kesucian, sesuai Firman Tuhan dan da-lam kasih, bukan hanya akrab, tidak peduli ada dosa atau tidak, sesuai Fir-man Tuhan atau tidak). Tanpa perleng-kapan ilahi kita sulit menghadapi ke-adaan zaman yang makin jahat dan penuh bahaya,apalagi dalam hari2 yang akan datang. Dengan Tuhan yang Mahakuasa dan tidak terbatas, kita bukan hanya sanggup menghadapinya, tetapi akan mengalami kemenangan danpengalaman ilahi yang indah2, istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel dengan Tuhan sehingga jadi ajaib Wah 12:1, seperti Surga di bumi dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan.

KEUANGAN.

Keadaan akhir2 ini berubah amat ba-nyak, banyak orang bingung dan takut. Kita belum sampai pada kedatangan Tuhan, tetapi keadaan sudah makin dahsyat, kita harus bersedia, sebab se-waktu2 Minggu ke-70 Daniel bisa mulai atau masing2 bisa bertemu dengan Tuhan secara pribadi (Ibr 9:27). Jangan lupa yang fana akan lenyap Luk 12:20-21, jangan nomer 1 mengejar yang fana Mat 16:26, tetapi pada yang kekal Mat 6:33, Kol 3:1-4. Jangan kuatir, Tuhan mempunyai banyak janji untuk ke-luarga2 jasmani, lebih2 tentang keuangan Yes 60:5; 61:5-7. Jangan kuatir, Allah kita Mahakuasa dan sa-ngat teliti, tidak akan kekurangan, bahkan seperti pada waktu Israel keluar dari Mesir dan harus membuat dan menyempurnakan rencana Allah, membangun dan menyelesaikan Ke-mah Suci yang rumit dan mahal, Tuhan sanggup mencukupi segala yang dibu-tuhkan termasuk kemampuan untuk mendirikannya Pkh 2:26, Kel 12:36. Untuk semua rencana Allah pasti juga disediakan semua fasilitas yang dibu-tuhkannya Kej 47:25. Baik kebutuhan-nya juga kemampuan teknis yang ru-mitpun ditambahkan, seperti mem-bangun Kemah Suci (ini sangat sulit, tanpa pabrik dan peralatan yang cukup, bahkan dengan peralatan yang paling sederhana atau darurat). Tuhan sang-gup, lebih2 dalam zaman sekarang un-tuk menghadapi hari2 yang sulit dan berbahaya, tetapi canggih. Tuhan sang-gup memimpin kita lewat perubahan2 sistem baru dalam segala segi. Kita per-lu belajar secukupnya, tetapi bersan-darlah pada Tuhan, maka rohani dan jasmani akan tertolong dengan luar biasa.

SEGI ROHANI.

Jangan lupa hidup benar di hadapan Allah (MAK DSY) termasuk tidak cinta uang, sehingga kesukaannya bukan pada harta yang fana, tetapi pada yang kekal, yang di atas.

Berdoalah senantiasa dalam Roh 1Tes 5:17, Ef 6:18 supaya kita makin mahir dipimpin Roh. Dengan berdoa dalam Roh dan kebenaran (daging te-rus diperangi dan dimatikan), maka Roh Kudus membawa kita masuk da-lam konferensi tingkat tertinggi Rom 8:26-27, sehingga bisa mendapatkan pimpinan yang sempurna. (Kalau kita bisa mendengar betul dan taat penuh, maka kita juga akan berhasil 100% sebab pimpinan dan cara Allah itu 100% berhasil). Tetapi tujuan kita bukan untuk menjadi orang kaya, tetapi menjadi orang yang berkenan pada Tuhan. Justru dengan demikian kita akan limpah dengan fasilitas rohani dan jasmani.dan tidak sampai jatuh dalam dosa. Tetapi orang yang cinta uang, makin banyak uang makin banyak dosa Ams 30:8, makin terikat dan makin meningkat dalam segala macam dosa 1Tim 6:9-10.

Liku2 pekerjaan zaman sekarang makin rumit, kita harus makin peka mendengar suara Roh. Bukan hanya dibersihkan dari dosa2 besar, sehingga suci dan terus tumbuh dalam penger-tian Firman Tuhan, tetapi juga “rubah kecil” harus dibuang Kid 2:15. Sebab salah dengar suara Roh itu besar aki-batnya. Jangan marah, emosi, menuruti perasaan hati atau bereaksi dosa (istimewa yang di dalam hati, meskipun tidak kentara), supaya jangan kesa-lahan2 kecil (rubah2 kecil) ini, mem-buat kerugian yang besar.

Kita harus tepat dalam pimpinan Roh, supaya berhasil penuh. (Latih terus se-hari2 dalam segala perkara, sebab dipimpin Roh itu adalah cara hidup Putra manusia Yesus yang sem-purna Mat 4:1, Luk 4:1 dan juga akan membuat kita berhasil penuh dimana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja; sebab Roh Allah yang memimpin kita itu maha besar. Hadapi dengan Allah. Seperti Daud, yang belum pernah berperang, langsung perang dengan raksasa Goliat, tetapi heran, ia menang besar dan melepaskan orang Israel dari pembantaian orang Filistin, padahal Daud tidak bisa berperang sama sekali. Semua ini karena dipimpinTuhan, se-bab Daud bisa mendengar suara Tuhan untuk mengambil hal2 yang tidak lazim, hal2 yang aneh, tetapi berhasil 100%, misalnya mengambil 5 batu, dengan ali2, lalu datang pada Goliat yang bukan tandingannya, Daud menang mutlak.

Juga Ishak yang diserobot periginya (sumber airnya) ber-kali2, tetapi setiap kali ia berjalan dengan Tuhan, ia berhasil lagi menemukan sumber baru, padahal tanpa alat. Jangan takut pada persaingan yang kotor, tetapi dengan pimpinan Roh Kudus kita bisa bertindak dengan cerdik dan berhasil dengan indah.

Terus limpah Firman Tuhan Rom 10:17, sehingga makin mengerti suara Roh dan iman kita juga menjadi kuat dan bisa hidup dengan indah 2Kor 5:17 dan mendapatkan yang kita imani Mat 8:13.

SEGI JASMANI perlu diperhatikan baik2 secukupnya, segala perubahan2 baru ini.

Kita juga perlu mengikuti kemajuan dan perubahan2 dalam semua segi hidup secukupnya, juga dalam segi ekonomi dan keuangan. Jangan lupa Tuhan itu jauh lebih maju dari kema-juan2 yang luar biasa ini, asal kita bisa meningkatkan hidup dipimpin Roh. Kalau perlu kita buat seminar2 tentang kemajuan2 dan perubahan, tetapi te-tap berharap dan bersandar pada Tuhan dan cari kerajaan Surga lebih dahulu daripada semua yang lain, sebab Tuhan tetap di atas segala tuan dan Allah di atas segala ilah Ul 10:17.

Ada bagian Tuhan, ada bagian kita. Bagian kita juga harus dikerjakan, kita tidak boleh malas atau tidak bertang-gungjawab. Kita kerjakan bagian kita, selebihnya apa yang tidak dapat kita perbuat Tuhan akan menolong. Daud mengambil 5 batu dan ali2, tetapi yang mengalahkan Goliat adalah bagian Tuhan. Sebab itu kita juga perlu:

  1. Bekerja dengan rajin, penuh tang-gungjawab, teliti, dengan cerdik dan bijak, jangan sembarangan dan bodoh.

Seorang siswa bukan hanya berdoa, tetapi juga harusbelajar, atau pegawai atau majikan, harus berusaha sung-guh2 melakukan pekerjaannya, tetapi tetap berharap tuhan. Dalam Wasiat Lama orang Israel berperang dengan pedang dan perisai, tetapi kemenangan itu dari Tuhan 1Sam 17:47.

Dalam segala hal yahg kita lakukan, ada bagian kita dan bagian Tuhan. Semua yang jadi bagian kita harus kita lakukan dengan se-baik2nya, dengan tulus dan memperkenankan Tuhan, maka Tuhan akan menggenapkan ba-gianNya. Tanpa kita mengerjakan ba-gian kita dengan iman dan bertang-gungjawab, maka Tuhan tidak akan melakukan bagianNya.

  1. Menguasai bidang yang kita ker-jakan, baik secara teknis, administratif dsb.
  2. Dalam mengambil keputusan, tin-dakan, selain kita berpikir secara wajar, kita perlu minta hikmat dan pimpinan Roh Kudus yang tahu akibat dari setiap keputusan dan apa yang akan terjadi dalam hari2 yang akan datang. Sebab itu kita perlu terus berjalan dengan Roh, minta pimpinan Roh. Dalam pe-layanan kita banyak minta pimpinan Roh, tetapi dalam pekerjaan2 sekuler kita juga harus melihat dan belajar dari fakta2 yang ada sambil minta pimpinan Roh Kudus yang tahu lebih dalam dan lebih jauh dari fakta2 yang tampak. Kadang2 kita hanya berdiam diri se-perti dalam Kel 14:14. Kadang2 kita harus berperang ber-hadap2an, atau berputar dari belakang dan kalau kita mengikuti pimpinan Tuhan, hasilnya luar biasa, misalnya 2Sam 5:19-25. Jangan gagal seperti Rehabeam, sebab tidak bisa membedakan pimpinan Tuhan. 1Raj 12:12-20.
  3. Pekerjaan atau hal2 baru. Banyak orang terpaksa berhenti dari pekerjaan atau cara hidup yang biasa karena ada perubahan2 yang besar sekarang ini. Seringkali orang jadi bingung atau stress, apalagi kalau sudah sukses, ru-tin, mahir, pengalaman dalam peker-jaan lama dan keadaan berubah se-hingga terpaksa harus berubah men-jadi baru. Bagi orang beriman, semua ini tidak ada yang kebetulan. Tetapi kita harus berjalan dengan Tuhan, min-ta dipimpin Roh, maka kebingungan atau kekacauan ini bisa jadi kebaikan atau keuntungan yang jauh lebih besar Rom 8:28. Sebab itu terus menerus minta pimpinan Roh Allah yang Ma-hakuasa, Mahatahu, juga tahu yang akan datang dan cinta kita! Sebab itu hiduplah benar, berkenan pada Dia, terus menerus lekat dengan Tuhan, jangan biarkan dosa masuk dalam segi manapun, bahkan jangan biarkan ru-bah2 kecil mengganggu proyek atau kerjasama kita dengan Tuhan! Kid 2:15. Kita bisa minta bantuan doa saudara2 seiman, dan hendaklah mereka men-doakan sungguh2. Bahkan juga nasehat atau hikmat,”nubuat” dari Tuhan untuk saudara2 kita. 1Kor 12:7-11; 14:3. Belajar bersekutu, baik di Gereja se-sudah kebaktian, di Persekutuan Sel dan persekutuan pribadi. Jangan takut, sebab orang2 yang lekat dengan Tuhan itu ada dalam “garansi” Allah kita yang Mahakuasa, Dia sanggup menolong kita untuk menyediakan segala kebutuhan kita, tetapi jangan lupa bukan untuk menjadi orang kaya, tetapi untuk menjadi orang yang berkenan kepada Tuhan (Kol 1:10) dan untuk mencukupi segala kebutuhan kita.

Kadang2 ada orang yang banting setir ganti berjualan makanan, atau barang2 bangunan dll. Minta pimpinan Roh Kudus yang tahu yang akan datang dan punya resep yang 100% sukses! Kalau Gideon taat pada resep Tuhan, ia berhasil 100% (berubah dari 32.000 orang menjadi 300 saja! Hak 7:1-25). Juga Daud, Daniel, Petrus, Paulus dll. Allah tidak pernah gagal, Allah selalu berhasil 100%! Jangan lupa mengingat dan melakukan semua syarat2 yang lain dan tetap hidup berkenan kepa-daNya. Satu hal yang banyak terjadi dalam perubahan2 masa kini yaitu kita bisa lebih bebas mengatur waktu dan punya banyak kesempatan sehingga bisa menebus waktu Ef 5:17. Seringkali karena pekerjaan dan ikatan2nya, orang2 tidak bisa beribadah dan melayani dengan bebas. Tetapi dengan cara2 digital yang baru, bisa mengatur sampai seluruh dunia, dari rumah dan bisa menghemat atau menebus waktu lebih banyak!

  1. Kerjasama dan bersekutu dalam kesucian (kejujuran) dan kasih 1Yoh 1:7. Kita bisa bekerjasama dan ber-sekutu dalam ibadah, pelayanan, tetapi juga dalam pekerjaan sekuler. Tetapi kerjasama secara bisnis tetap harus dilakukan dengan jujur dan tulus, sebab itu harus ada perjanjian tertulis yang rapi dan baik, dan ada saksi2 untuk mencegah pertengkaran dan pekerjaan iblis di belakang!

Jangan sampai gara2 kerjasama bisnis lalu berkelahi, ber-benci2an dan dendam, bisa hilang keselamatannya! Hukum2 dan peraturan bisnis harus diperhatikan, lebih baik juga bertanya pada para ahli bisnis. Ingat bagian kita bisnis dengan betul, jujur, tulus, bagian Tuhan adalah membuat jadi ber-untung! Sebab kita tetap berharap dan lekat dengan Tuhan, lebih2 dalam bekerjasama dengan saudara2 seiman, harus lebih baik daripada kerjasama orang dunia.

DALAM SEGALA BIDANG YANG LAIN, BAIK rohani dan jasmani, dalam semuanya kita perlu mengikutsertakan Tuhan, sebab itu kita harus hidup benar di hadapan Allah dalam semua segi hidup kita (MAK DSY). Tuhan pasti akan senang, bahkan siap ikut campur me-nolong umat-Nya dalam segala segi hidup kita dan memberkati sehingga ber-buah2 dalam segala yang diper-buatnya Maz 1:3. Hari2 yang akan datang, dosa dan kejahatan akan makin meningkat, sebab itu tanpa Tuhan kita akan kocar-kacir dan jatuh, bahkan bisa tertipu iblis dan akhirnya hilang kesela-matan dan semuanya sia2 Mat 16:26. Sebab itu dalam segala perkara, rohani atau jasmani, kita harus selalu berjalan dengan Tuhan, sesuai Firman-Nya.

Nyanyian:

Apa padaku, kudapat dari Bapa.

Keadaanku juga dari Dia.

Apa kubuat itu guna Tuhanku

dan apa yang kuperlu

kut’rima lipat ganda.

 

Koor:

Bersuka-suka serta menyanyi.

Bersuka kar’na Allah hidup.

Ku tak cari duniawi, tapi jalan ke Surga.

Sebab kupandang Yesus

ku t’rus bersuka.