M4001 – Efesus 5:16. Menebus Dan Memakai Waktu Dengan Baik

GRADASI PEMAKAIAN WAKTU.

  1. Pemakaian waktu yang normal de-ngan sepatutnya. Jangan lupa definisi bisa berubah tergantung dari orangnya; Anak2 Allah dan anak2 iblis seringkali pendapat dan definisinya berten-tangan. Apa yang baik menurut yang satu bisa jelek menurut yang lain. Apa yang normal menurut anak2 Allah bisa dikatakan fanatik dan ber-lebih2 oleh anak2 iblis! Pegang Firman Tuhan, jangan ikut pendapat orang banyak.
  2. Yang jelek: memboroskan waktu, membuang wkatu dan hidup sia2 se-perti Salomo, yang sangat jelek pema-kaian waktunya, sebab ia undur menu-ruti daging dan hawa nafsunya, hi-dupnya menjadi sia2 Pkh 1:14. Hidup dalam dosa, apalagi orang beriman yang jatuh seperti Salomo, cara pema-kaian waktunya jelek dan sia2.

Biasanya mereka banyak membo-roskan waktu (misalnya marah, benci, iri dll, apalagi dosa2 yang lebih dahsyat lainnya) juga karena kebodohan dalam segala segi itu juga memboroskan banyak waktu.

  1. Yang baik: Menghemat waktu, juga menebus waktu, bahkan “memper-banyak waktu”, dan ini hanya mungkin kalau kita berjalan penuh dengan Allah, dipimpin Roh. Kalau seorang hidup dalam kesucian dan punya hikmat (jasmani dan rohani) ia akan bisa banyak menghemat waktu dan ini tentu menguntungkan. Untuk mene-bus waktu, itu berarti menebusnya dengan sesuatu, misalnya uang (mem-bayar orang untuk melakukan peker-jaan kita, maka kita kehilangan uang, tetapi mendapatkan waktu). Bisa juga dengan barang2 lain atau dengan sesuatu yang lain, misalnya hari libur kita tukar waktu kita, daripadajalan2, kita pakai untuk hal2 lain yang berguna, istimewa untuk hal2 rohani. Ini menebus waktu, dibeli atau ditukar dengan yang lain.

Memperbanyak waktu atau be-kerja dengan efisiensi yang sangat tinggi sehingga apa yangbiasanya harus kita lakukan dalam 10 hari sekarang dengan cara baru ini bisa kita lakukan dalam 1 jam, maka kita bisa memakai waktu kita dengan sangat efisien, se-olah2 kita memperbanyak waktu atau melipatgandakan waktu kita. Ini biasanya dilakukan orang yang mahir dipimpin Roh sehingga sangat tinggi efisiensinya dan hasilnya luar biasa! Misalnya periuk maut murid2 nabi Elisa, bagaimana cara Elisa meno-longnya? Ia dipimpin Roh dan dengan cepat semua tertolong yaitu dengan mengisinya dengan tepung, maka semua selesai 2Raj 4:40-41. Kalau tidak, berapa waktu yang di-buang2 untuk menolong murid2nya yang karacunan dan belum tentu berhasil. Juga waktu istri murid nabi datang minta tolong, maka dengan satu per-tanyaan semua diselesaikannya, sebab Elisa berjalan dalam Roh. Elisa ber-tanya: engkau masihpunya apa? Janda itu berkata: hanya buli2 kecil berisi minyak. Lalu langsung Elisa bisa men-jawab: Pinjamlah bejana2 yang banyak dan tuangkanlah minyaknya 2Raj 4:3-4.

Semua orang yang dipimpin Roh akan memiliki efisiensi yang begitu tinggi sehingga mereka se-olah2 bisa melipatgandakan waktunya.

Jadi pemakaian waktu dengan sa-ngat efisien ini, semuanya bisa digo-longkan dalam menebus waktu.  Tuhan memberi fasilitas yang luar biasa ini, adalah sebagian dari kemampuan ilahi Tuhan sendiri, misalnya kalau Tuhan berkata: Jadilah terang, langsung te-rang ada. Jadilah tumbuh2an dan binatang, maka itupun langsung jadi dalam sekejab! Luar biasa. Tuhan itu maha kuasa.

Kalau kita berjalan dengan Allah, dipimpin Roh, maka kita bisa menebus waktu. Semua pimpinan Roh Kudus itu termasuk segala macam cara menebus waktu.

Contoh yang sempurna diberikan Tuhan Yesus yang hidup sebagai Putra manusia seperti kita, bukan sebagai Tuhan Allah, tetapi sebab dipimpin Roh Mat 4:1, maka caranya sangat efisien. Dalam 3,5 tahun terakhir waktu Ia mulai keluar pelayanan (dengan izin BapaNya), semua hidup dan pelayanan-Nya itu limpah dengan tanda2 dan cara2 pimpinan Roh yang luar biasa. Ini menjadi contoh bagi kita. Misalnya waktu ia mau dijerat dengan perta-nyaan tentang seorang perempuan yang ditangkap basah sedang berzina, Putra manusia Yesus menunggu pim-pinan Roh Kudus (sebab pada waktu itu, Ia menjadi manusia biasa seperti kita), sesudah Ia mendapatkan jawaban dari BapaNya, maka dengan satu kalimat semua rencana jebakan yang besar itu bubar dengan sendirinya. Yoh 8:9. Seluruh 3,5 tahun hidup dan pe-layanannya penuh dengan hal2 seperti ini yang menjadi contoh bagi kita, untuk juga belajar hidup dipimpin Roh.

UNTUK APA KITA MENEBUS WAKTU?

Tujuan satu2nya adalah supaya kita bisa melakukan kehendak Allah dan dengan demikian kita tumbuh menjadi seperti Dia, sempurna. Tuhan mempu-nyai rencana untuk semua manusia dan umatNya yaitu untuk diolah dan di-tumbuhkan menjadi seperti Dia. Melakukan kehendakNya dengan cara dan kekuatan kita sendiri sangat terbatas dan akan gagal.

Harus dengan cara dan kuasa Allah Zak 4;6. Dengan hidup dipimpin Roh kita bisa melakukan kehendaik Bapa dan dengan demikian kita menang me-ngatasi setiap problem dan lulus ujian sehingga kita tumbuh menjadi seperti Kristus dalam menyelesaikan tugas dan rencana Allah.

Dalam pelayanan 3,5 tahun pe-kerjaan dan tugas Kristus selesai, se-hingga ia bisa berkata: “sudah genap” dan Ia sendiri sebagai manusia tumbuh menjadi sempurna, menyelesaikan tugasNya menebus manusia.

Efisiensi Putra manusia Yesus itu paling tinggi. Henokh jadi sempurna dalam 300 tahun Kej 5:22-24. Musa dalam 40 tahun dan Elia dalam puluhan tahun. Efisiensi Putra manusia Yesus adalah top, paling tinggi. Dibandingkan dengan Henokh itu berarti 35 kali lebih cepat, dengan Musa dan Elia lebih kurang 11 kali. Ini se-olah2 mem-perbanyak waktu.

Pada akhir zaman Gereja Tuhan akan tumbuh sampai menjadi sem-purna dengan juga meningkatkan hi-dup dan pelayanan seperti Kristus, se-hingga dalam 3,5 tahun sebelum peng-angkatan, 144,000 orang menjadi sem-purna Wah 14:1. Dan orang2 yang sudah ber-jaga2, bersedia Mat 24:42 akan masuk dalam golongan orang2 yang tidak pernah mati dan beruba menjadi tubuh kemuliaan lalu ikut dalam pengangkatan hidup2an 1Tes 4:16-17, 1Kor 15:51.

Kita bisa mengalami efisiensi yang tinggi kalau kita mau hidup meniru Kristus. Pada waktu Kristus mulai pelayanan 3,5 tahun, Bapa di Surga memberi kesaksian bahwa Putra ma-nusia Yesus waktu itu hidup sebagai orang yang berkenan kepada Bapa Mat 3:17. Ini start, permulaan pelayanan Kristus selama 3,5 tahun. Begitu juga kita harus dipersiapkan, bersedia dan ini targetnya dari bersedia yaitu hidup yang diperkenan Allah. Juga Daud Kis 13:22, Ay 1:8, Musa dll mereka me-mulai pelayanannya dengan hidup sebagai orang yang diperkenan Allah. Ini kehendak Allah Kol 1:10. Kita harus senantiasa belajar hidup berkenan kepada Tuhan Rom 12:1,2, baik ibadah Ibr 12:20, baik pengorbanan Ibr 13:16, 1Pet 2:5, bahkan dalam segala segi hidup kita, yaitu kalau semuanya kita cocokkan dengan Firman Tuhan.

Sebab itu belajar terus berjalan dalam Roh untuk meningkatkan segala kemampuan kita, bukan untuk mencari puji dari manusia Yoh 12:43 seperti orang Parisi, atau mencari keuntung-an2 yang fana dan sia2, tetapi supaya kita berkenan pada Tuhan dan menjadi seperti Kristus.

 

III. KESEMPATAN HIDUP DI AKHIR ZAMAN.

Pada saat kita masuk Minggu ke-70 Daniel (3,5 tahun sebelum peng-angkatan) kita sudah harus dalam posisi diperkenan oleh Allah. Ini harus dikerjakan mulai sekarang dan kita akan masuk dalam golongan orang2 yang tidak mengalami kematian se-lama2nya.

Kalau kita “diturunkan Tuhan ke dunia” lewat pernikahan orangtua kita, itu bukan kebetulan, sebab Allah me-ngenal kita sebelum dunia ini dijadikan Ef 1:4, kita mendapat kesempatan yang heran dan besar. Banyak orang2 indah sebelum kita ingin mendapatkan ke-sempatan ini tetapi tidak mendapat-kannya seperti pada kedatangan Tu-han Yesus I. Orang2 Israel yang hidup waktu ini, me-nyia2kan kesempatan yang besar. Mereka sebetulnya bisa mengalami janji2 Tuhan yang indah sepeti ditulis dalam Mat 13:17, Luk 10:24. Tetapi meskipun mereka melihat dan mengalami pelayanan dari ke-hidupan Kristus, tetapi mereka menya-libkan Dia; Mereka tidak memakai ke-sempatan itu baik2, untukmenjadi untung dan mulia.

Begitu juga untuk kedatangan Tu-han Yesus II, kita yang hidup di akhir zaman ini mendapat kesempatan yang lebih besar lagi daripada kedatangan Tuhan Yesus I. Dalam kedatangan Tu-han Yesus I, orang2 yang beruntung ini tidak akan mati sebelum dilihatnya kerajaan Allah datang dengan kuasa-Nya Mat 16:28, Mrk 9:1, Luk 9:27. Ini luar biasa.

Ini luar biasa. Mereka sudah me-lihat kerajaan Allah datang, orang2 dilepaskan dari dosa Luk 11:20; 16:16 dan Gereja lahir, kerajaan Surga ada di muka bumi, ini luar biasa. Timbulnya Gereja di dunia itu luar biasa, dilahirkan oleh  salib Kristus di Golgota. Begitu juga pada kedatangan Tuhan Yesus II, orang2 yang hidup di akhir zaman ini, yang mendapat kesempatan yang heran itu akan mengalami kesempatan yang luar biasa ini, yaitu jutaan orang akan melihat dan mengalami rencana Allah disempurnakan dan Tuhan Yesus datang dan tidak mengalami kematian 1Kor 15:51. Ini kesempatan untuk orang2 yang lahir di akhir zaman yang mau ber-jaga2 dan bersedia dalam pimpinan Roh Kudus (hujan Akhir). Ini kesempatan hidup dalam Kristus yang luar biasa, yang tidak didapatkan orang2 suci yang indah2 sebelum kita.

Kalau kita masuk dalam hari I Minggu ke-70 Daniel dalam keadaan “diperke-nankan oleh Allah”, maka kita akan masuk golongan yang indah itu. Seka-lipun umurnya tua, ada sakit dan cacat, semua sembuh luar biasa, sebab kita masuk dalam golongan orang2 yang tidak pernah mati. Ini aneh untuk banyak orang, apalagi orang berdosa dan orang Kristen yang tidak mengerti, tetapi ini akan digenapi! Sebab itu bersedialah! Ini juga berarti kita lepas dari zaman yang sangat jahat pada saat ini!

FASILITAS YANG DISEDIAKAN TUHAN.

Hidup di akhir zaman ini tidak mudah, sebab dosa dan kejahatan akan sangat meningkat, begitu dahsyat Wah 22:11 sehingga orang beriman yang tidak ber-jaga2, mendengarnya saja sudah bisa kena serangan jantung dan mati Luk 21:26. Kalau sekarang kita tidak ber-sedia, tidak akan tahan, apalagi melihat dan mengalaminya, tanpa bersedia, tidak akan tahan, dahsyat sekali. Baik dosa dan kesucian akan mencapai pun-cak2nya, sehingga timbul Neraka dan Surga di dunia! (Kalau timbul orang2 berdosa yang sempurna, itu berarti “iblis” hidup di tengah2 kita, sangat jahat, keji, ganas dan timbul neraka di sekitarnya. Begitu juga ada orang2 yang suci, indah, penuh dan dipimpin Roh sehingga sekitarya menjadi seperti Surga, seperti Kristus di tengah2 kita, dengan segala hikmat, kuasa, mujizat, pengajaran dan kasihNya yang besar. Bersedialah dan masuk dalam golongan yang makin suci dan tumbuhlah terus, Tuhan akan menyediakan semua fasilitasnya, bagi yang percaya dan mau akan mengalaminya. Ini butuh waktu untuk tumbuh sampai fase ini.

Putra manusia Yesus membutuhkan 30 thn. Pada waktu berumur 12 tahun sudah bisa melayani dengan “luar biasa” di bait Allah, tetapi belum cu-kup, masih harus menunggu sampai 30 tahun. Begitu juga kita harus tumbuh sampai menjadi orang yang berkenan. Ini berarti kasihnya (tidak benci, penuh pengampunan, mulutnya jadi berkat, bukan men-jelek2kan apalagi hoax, dll seperti Kristus) dan pelayanannya be-tul2 indah berkenan pada Tuhan. Fasilitas2 yang diberikan Tuhan adalah :

  1. Hujan akhir. Sebab itu kita sudah harus disiapkan mulai sekarang, perlu waktu! Kita tidak tahu bila Minggu ke-70 Daniel mulai, pakailah kesempatan yang masih ada untuk bersedia. Jangan hidup dalam dosa, tetapi terus hidup penuh dan dipimpin Roh sehingga kita bisa menebus waktu dan tumbuh dengan cepat sampai posisi permulaan Minggu ke-70 Daniel! Ini kuncinya untukikut dalam pengangkatan bukan langsung ikut pengangkatan, tetapi masuk golongan pengangkatan.
  2. Kegerakan pengajaran. Rahasia Fir-man Tuhan akan dengan cepat terbuka semua secara bertahap sampai lengkap Mat 10:26-27. Ini adalah kegerakan Roh Kudus (bukan dengan akal dan tehnologi manusiawi). Ini bagi orang2 yang di dalam Mrk 4:11, Mat 13:11 yaitu yang hidup dalam kesucian, limpah dengan 7 KPR di Ruangan Suci. Orang2 yang tidak tumbuh tidak tahan akan Firman Tuhan yang benar, sebab ini melawan daging dan hidup jalan lebar 2Tim 4:3 (sound doctrine = ajaran yang paling baik, benar dan sempurna). Kegerakan pengajaran ini adalah ajaran yang benar dan sempurna untuk orang2 yang mau masuk dalam ren-cana Allah yang besar dan sempurna, sehingga orang2 ini tidak takut meng-hadapi perkara2 dahsyat dari pening-katan dosa dan kejahatan Mat 10:26. Ini orang2 yang bisa bertahan. Ini fasilitas Allah untuk orang2 yang dapat kesempatan yang indah ini, luar biasa. Jangan hanya cari susu, tetapi lang-sungkanlah kepada kesempurnaan Ibr 6:1. Jangan hanya pengajaran peng-injilan untuk mereka yang belum percaya dan bayi2 rohani. Itu tetap perlu untuk memenangkan jiwa, tetapi kita yang percaya harus tumbuh terus Ibr 5:11-14. Jangan terpengaruh aja-kan2 yang tidak tahan akanmakanan yang keras. Jangan hanya menuntut susu, seperti Marta, meriah, ramai, penuh variasi untuk kanak2 rohani, tetapilanjutkanlah kepada kesem-purnaan. Perlu makanan keras! Baru kita kuat menghadapi dunia yang sa-ngat jahat dan bisa menebus waktu Ef 5:16 dan masuk dalam golongan yang ikut pengangkatan.
  3. Golongan ligabis. Hanya ini yang akan ikut pengangkatan, bukan ligabo Mat 25:11-13. Jangan hidup dalam do-sa, kebencian, kedagingan, tetapi da-lam kesucian, kasih dan mahirdipimpin Roh dan limpah dengan ajaran Firman Tuhan. Ini berarti hidup dalam kesucian (bisa hidup suci, mahir pikul salib 1Pet 4:1, tidak lagi hidup dalam dosa atau daging), sukacita di jalan sempit (bukan protes terus minta yang meriah seperti di Sodom dan jalan lebar, tetapi mau duduk terus di kaki Tuhan seperti Maria Luk 10:39,42, Yes 30:7,15.

Bisa bersekutu dalam Roh dalam persekutuan tubuh Kristus dalam kasih dan kesucian 1Yoh 1:7, seperti Trinitas Yoh 17:21-23 sehingga bisa duduk bersama dengan manis Maz 133:1-3 (ini yang akan duduk bersama di Surga) dan kekuatannya naik lipat kali ganda Im 26:8, baik dalam kesucian hidup, pelayanan penginjilan dan pengajaran. Selalu bertekun berdoa dalam Roh dan kebenaran.

Ini hal2 yang tampaknya kecil, te-tapi ini perlu. Kesukaan kita bukan dari meriah dan kemewahan duniawi dalam Gereja, tetapi dari hadirat Tuhan dan kuasaNya, limpah dengan pembukaan Firman Tuhan dan pengurapan Roh Kudus.

KESIMPULAN.

Tuhan akan menyediakan semua fa-silitas yang diperlukan untuk orang2 yang bisa menerima kesempatan akhir zaman untuk kedatangan Tuhan Yesus II ini, sehingga tidak akan mati tetapi ikut dalam pengangkatan, luar biasa. Itu harus dimulai sekarang untuk bersedia dan tumbuh dalam rencana Allah untuk masuk dalam rencana kesempurnaanNya. Orang yang me-ngerti bisa melihat kesempatan ini ada di mukanya dan bisa memakainya. Orang yang tidak tahan pengajaran dan kesucian akan ikut dalam golongan Antikris yangmenyalibkan umat Tuhan tetapi tidak akan menang sampai datang zaman Antikris Wah 11:2.

Nyanyian: Beracha no 1001

Kalau kita dipenuhi dgn RK