M3959 – Kisah Para Rasul 2:1-4, Imamat 25:8-10. Pentakosta Dan Yobel

PERBANDINGAN.

Ada 5 hari raya orang Israel Im 23. Arti rohaninya adalah Firman Tuhan bagi Gereja, bahkan nubuat.

Hari raya Pentakosta dihitung sesu-dah hari raya buah Sulung, dihitung 7×7+1 hari = hari ke-50 itulah hari Pentakosta, yaitu hari raya panen. Israel bersyukur dengan berkat panen dari Tuhan. Secara rohani kita melihat sejak hari Pentakosta sesudah kenaik-an Tuhan Yesus, Roh Kudus dicurahkan dan sejak hari itu ada penuaian jiwa besar2.

Tahun Yobel dihitung sesudah 7x Sabat tahunan + 1, yaitu 7×7+1 tahun = Sabat tahunan ke-50 adalah tahun Yo-bel, hari pembebasan yang besar. Ba-rang2 yang dijual (tanah, rumah) itu kembali kepada pemiliknya dan budak orang Israel bebas dengan sendirinya pada hari Yobel. (Israel yang jatuh bangun, tidak pernah merayakan tahun Yobel, hanya ada janji2nya saja).

Jadi Pentakosta adalah hari ke-50, panen besar dan Yobel adalah tahun ke-50, tahun pembebasan. Apa hu-bungannya antara semua hari raya dan tahun Yobel yang menjadi puncaknya? Yaitu pada hari Grafirat tahun ke-50, itulah hari dimana Nafiri dibunyikan dan terjadilah pengangkatan. Mengapa hari ini? Inilah hari kelepasan, pene-busan.

Pada waktu baptisan Roh Kudus (sejak Pentakosta) maka roh kita sudah ditebus tetapi tubuh kita belum, kita menunggu penebusan tubuh Ef 4;30, Rom 8:23. Roh Kudus memeteraikan kita sehingga kita bisa tetap jadi milik Tuhan, tumbuh dalam kesucian seperti Dia, maka satu kali kita akan sampai pada tahun Yobel. Semua orang Israel dengan sendirinya akan mengalami tahun Yobel, asal ia masih hidup ber-ibadah dan benar kepada Tuhan di negeri Perjanjian. Begitu juga kita yang sudah mengalami tebus roh dan tetap dalam kesucian di jalan sempit, dengan sendirinya mengalami tebus tubuh dalam tingkat dan bentuk yang sesuai dengan keadaan masing2, yaitu:

  1. Yang mati dalam kebenaran, ia akan ikut dalam kebangkitan orang benar, lalu ikut pengangkatan Yoh 5:28-29. Ini kebangkitan pertama Wah 20:5-6 bu-kan kebangkitan orang dosa.
  2. Orang yang hidup benar dipimpin Roh pada hari pengangkatan akan ber-ubah dan terangkat 1Kor 15:51-52.
  3. Orang2 yang tumbuh sampai sem-purna, akan langsung mengalami tebus tubuh jadi tubuh kemuliaan, pada saat pribadi, yaitu ketika ia menjadi sem-purna seperti Henokh dan Elia.

Semua akan mengalami tebus tu-buh sehinga berubah menjadi tubuh kemuliaan, baik yang mati akan bangkit dan yang masih hidup akan langsung berubah dalam sekejab dan yang men-jadi sempurna akan berubah pada saat pribadi, ketika ia menjadi sempurna.

Dalam tubuh kemuliaan, kemuliaan masing2 tidak sama, sesuai dengan tingkat kemuliaan pada waktu tumbuh di dunia yaitu seberapa banyak ia tumbuhseperti Kristus dan berbuah jiwa2. Orang2 yang mati dan bangkit, ada yang dalam tingkat Ruangan Suci, ada yang dalamtingkat Halaman seperti orang2 yang mati dalam zaman Antikris dan sebelumnya, asalkan waktu mati, ia beres dari dosa2nya.  (Perlu pembe-resan setiap hari, istimewa waktu mati Ams 4:12 siap menghadap Tuhan). Te-tapi dalam Minggu ke-70 Daniel, ada Polarisasi Wah 22:11, sehingga orang yang suam atau mendua (setengah hati) akan hanyut dalam dosa, makin tumbuh dosanya dan binasa, tidak ikut pengangkatan. Tetapi yang mau taat akan tetap suci, tidak terpengaruh oleh arus dosa akhir zaman dan terus tum-buh (dalam hujan Akhir dan semua fasilitas akhir zaman yang limpah dan kuat) sehingga cepat meningkat dan ber-buah2 yang menentukan tingkat kemuliaannya untuk kekal. Yang di-angkat hidup2an tidak ada yang tingkat Halaman.

Jadi hubungan Pentakosta dan Yo-bel ini adalah arahnya, supaya sesudah dimeteraikan oleh Roh Kudus (pene-busan rohnya) kita menuju pada pene-busan tubuh yang akan jadi bagi orang yang sudah ditebus rohnya dan tetap dalam jalur keselamatan Allah. Pada waktu ini ia bisa meningkat terus, bahkan sampai sempurna.

 

GARIS BESAR FAEDAH PENTAKOSTA.

Ini adalah pencurahan Roh Kudus dari Bapa oleh Putra manusia bagi umat Tuhan Yoh 14:16, Mat 3:11. Faedahnya ini luar biasa besarnya, dapat disim-pulkan: Kehadiran Putra manusia di dunia untuk murid2Nya, digantikan Roh Kudus yang membuat setiap mu-ridNya bisa hidup seperti Putra manu-sia Yesus sendiri. Ini betul2 luar biasa bahkan sangat besar. Murid2 sudah merasa hasilnya! Sebelum menerima Roh Kudus, mereka takut, putus asa tidak bisa berbuat apa2. Sesudah pe-nuh Roh Kudus, terjadi kegerakan baru yang luar biasa meskipun dilawan habis2an oleh semua orang Parisi Imam dan orang Yahudi, mereka tetap berhasil dan Gereja dibangunkan.


Faedah Roh Kudus
dapat dibagi dua yaitu:Begitu juga kita harus mengerti dan menerimaNya supaya kitapun dapat memperoleh faedah yang luar biasa ini. Faedah Roh Kudus itu dapat juga diringkas dengan: Roh Allah yang maha besar jadi penolong pribadi yang ting-gal di dalam kita! Yoh 14:16-17,26. Faedahnya itu terlalu besar, kebanyak-an tidak bisa habis mempelajaridan mengalaminya. Sampai dimana kita mengerti, sampai di situ kita bisa mengalaminya (maksimal). 1Sam 14:30. Sebab itu perlu mempelajari baik2 dalam pengurapan Roh Kudus.

  1. Di dalam diri kita sendiri, kita diubah menjadi seperti Kristus, bukan lagi orang lama.
  2. Bagi orang lain lewat kita, sehingga mereka diselamatkan dan bisa meng-alami seperti kita sendiri, bahkan terus bertumbuh.

Juga dalam Yes 66:22 dikatakan yang kekal adalah nama dan benih. Nama berarti pribadi kita, dan satu sama lain tidak sama, masing2 tumbuh makin seperti Kristus dan itu menjadi ukuran kemuliaan masing2 untuk kekal. Roh Kudus menolong kita tumbuh dengan efektif setinggi mungkin.

Begitu juga mengasihi jiwa di seki-tar kita (dan kemana Tuhan mengutus kita) sehingga mereka diselamatkan dan ditumbuhkan seperti Kristus dan orang2 yang kita menangkan ini men-jadi benih rohani kita.(Jangan lupa, Tu-han tidak punya cucu, setiap orang yang kita menangkan harus punya hu-bungan dan pengalaman pribadi de-ngan Allah sebagai anak2 atau putra-Nya). Orang2 ini menjadi mahkota ke-muliaan kita untuk kekal dalam Surga Bumi Baru 1Tes 2:19-20. Kita akan melihat faedah ini supaya kita mengerti dan bisa mengalami keuntungan yang sangat besar yang betul2 disediakan Tuhan bagi kita umatNya!

III. FAEDAH PENTAKOSTA BAGI MASING2 UMAT TUHAN.

  1. Lahir baru, mati lepas dari dosa, merdeka, jadi orang baru. Roh Kudus membuat kelahiran baru ini Yoh 3:3,5 sampai kita bisa hidup merdeka dari dosa dan bisa hidup suci dengan terus menerus lekat pada Pokok yang benar, termasuk hidup dipimpin Roh dan pikul salib. Semua orang dosa adalah anak iblis dan diikat dosa. Bisa hidup suci itu banyak sekali keuntungan dan keindah-annya seperti hidup di Surga, sekalipun dalam sikon dan tantangan yang besar sesuai dengan kekuatan masing2 dan zamannya (ingat sikon akhir zaman yang dahsyat untuk semua orang Wah 2:10). Kesucian itu seperti gunung (Maz 48:2) makin tinggi tingkatnya, makin kuat dan tetap suci dalam sikon dan pencobaan yang lebih berat! Jangan ber-sungut2 dan menyesali sikon yang makin berat, itu berarti Roh Kudus memimpin kita makin meningkat, naik ke atas gunung kesucian sampai akhirnya pada kesempurnaan. Tuhan tidak pernah mencobai kita ber-lebih2 1Kor 10:13 tetapi untuk menumbuhkan umat Tuhan yang mau taat dipim-pinNya.
  2. Sejahtera Pil 4:7. Ini tanda khas yang penting meskipun sederhana. Orang bodoh seringkali mengabaikan sejah-tera Allah yang melebihi segala akal ini, asal dapat uang, populer, kesukaan daging atau keinginan kita yang lain. Ini jelas salah. Kita harus selalu ada dalam sejahtera Allah. Kalau tidak ada sejah-tera itu berarti orang yang salah, ada dosa, keluar dari jalan Tuhan dst. Ka-dang2 orang ber-kata2 dalam bahasa lidah tetapi hatinya gelisah, tidak sejahtera, itu berarti tidak beres, itu bahasa Roh tanpa Roh (Syndrom botol parfum kosong).

Ini sejahtera roh yang heran, seringkali tidak bisa dimengerti dengan akal, misalnya seperti Paulus dalam penjara yang penuh dengan derita tetapi iabisa tetap sejahtera dan sukacita Kis 16:25.

Apakah kita sudah mengalaminya, mintalah sekarang, sebab ini sudah la-ma disediakan Tuhan bagi umatNya. Misalnya dalam sikon tidak adil, kacau, penuh ancaman dll kita bisa tetap sejahera. Kalau kita berjalan betul di-pimpin Roh, kita bisa menikmatinya. Ini tanda khas orang yang berjalan di-pimpin Roh. Sudah punya sejahtera Roh?

  1. Sukacita Rom 14:17, Pil 4:4, Neh 8:11. Ini kesukaan yang manis sekali Kis 2:13, tetapi biasanya juga bersamaan dengan fungsi dan faedah Roh Kudus yang lain, misalnya dapat hidup suci, bisa pikul salib, mengampuni dll ter-masuk 7 KPR. Sukacita dari Roh ini unik dan makin meningkat. Misalnya orang bisa bersukacita kalau semua jalan baik, tetapi kalau ada sedikit kesukaran sudah jengkel, pegel, putus asa dan hilang sukacitanya. Misalnya kalau ke-sukaran dan kepahitan itu sampai 1 Kg baru hilang sukacita itu. Tetapi orang yang lebih kuat dalam Roh (Kis 1:8, Zak 4:6) sekalipun kesukaran itu sampai 2 atau 3 Kg masih bisa bersukacita, bah-kan yang kuat, bisa berpada, bisa pikul salib, dll dan tetap lekat dengan Tuhan sehingga limpah 7 KPR, sehingga bisa bersukacita selalu meskipun kesukaran-nya sangat berat. Kalau sudah lemas, putus asa minta mati seperti Elia, itu berarti sukacitanya habis! Orang yang lebih kuat, sekalipun dalam perbudak-an seperti Yusuf, dalam penjara, dalam bahaya maut seperti Petrus Maz 91:7 dll tetap ada sukacita. Nikmati. Terus-lah berdoa dalam Roh dan hidup benar (jangan lupa salib, itu nikmat). Paulus dan Silas bisa menyanyi dalam penjara, Petrus bisa tidur Kis 12:6-7; 16:25) dan selalu dijaga Tuhan dan pada waktunya dilepaskan dengan kuasa Allah (kecuali boleh mati oleh Tuhan). Kelepasan dari Tuhan bisa jangka pendek seperti Pau-lus dalam penjara atau jangka panjang seperti Yusuf dalam perbudakan dan pencobaan.

Pakai dan nikmati faedah yang be-sar ini. Sungai air hidup bisa mengalir terus Yoh 4:14, bahkan kalau tumbuh bisa makin dalam sukacitanya Yez 47. Ini dari Roh Kudus, nikmati, pakai ja-ngan susah. Pasti bisa, teruslah berdoa dalam Roh dan hidup benar (jangan bereaksi dosa), tetap dipimpin Roh, ini indah!

Juga dalam pakaian, makanan, uang, pergaulan (di luar dan di dalam Gereja!). Orang2 mencari pergaulan tanpa “duri” (orang yang mmebuat ba-nyak susah) supaya tenang dan suka-cita. Tetapi dengan Roh Kudus dalam segala keadaan yang diizinkan Tuhan bisa sejahtera dan sukacita, bukan stress dan depresi atau marah. Bisa berdoa dalam Roh dan kebenaran itu luar biasa. Ini pentakosta!

Sebelum murid2 penuh Roh Kudus hal ini mustahil bagi mereka. Tetapi sesudah penuh dengan Roh Kudus, mereka sanggup memikul semuanya dengan sukacita.

  1. Lapar dan haus akan Firman Tuhan. Mat 5:6. Petrus hidup dan melayani hanya dengan doa dan Firman Tuhan Kis 6:4. Daud dipuaskan dengan Firman Tuhan seperti madu, seperti uang, emas, seperti roti dan makanan yang lezat, seperti terang dst Maz 1;1-3; 119:97,111,127 dst. Sementara orang2 berdebat untuk mengurangi jatah Fir-man Tuhan, tetapi kalau ada pekerjaan Roh Kudus, itu justru menjadi kenik-matan. Roh Kudus bisa membuat Firman Tuhan dan doa itu sesuatu yang sangat nikmat.

Kadang2 orang Kristen atau Gereja dianggap kuno, tidak mengikuti zaman, tidak pakai fasilitas modern seperti segala macam alat musik, tehnologi dll. Memang kanak2 butuh perkara2 du-niawi yang netral ini, tetapi orang yang punya sungai air hidup, Firman Tuhan dan kuasa Allah, tidak tergantung dari ini. Kalau ada kita boleh pakai semua yang netral tetapi kalau tidak ada tetap berjalan terus dengan sukacita Surgawi bukan dengan pincang!

Orang bisa menikmati Firman Tu-han dan doa itu sesuai dengan kelim-pahan pengurapan Roh Kudus di atas-nya. Ini Pentakosta! Jangan kita dipuas-kan dalam Gereja dengan cara2 dunia-wi, itu aneh di hadapan Tuhan. Yang betul hidup di dunia dipuaskan dan dilengkapi dengan kesukaan Surgawi! Orang yang tidak dapat menikmati kesukaan Firman Tuhan dan doa dalam Roh dan kebenaran, akan banyak pro-tes (kalau vokal) atau diam2 lari ke So-dom atau Gereja jalan lebar! Justru doa, Firman Tuhan, 7 KPR ini kesukaan dan menumbuhkan kita kalau limpah dengan Roh Kudus seperti ligabis. Liga-bo selalu mencampur dan akhirnya ca-ra2, kesukaan duniawi lebih kuat menariknya Luk 5:39 sampai mabuk Ul 32:32,33 dan mati rohani.

  1. Hikmat, kuasa, buah Roh, karunia2 roh dll. Terlalu panjang mencerita-kannya dalam waktu yang pendek, te-tapi ini rentetan kesukaan, kepuasan dan fasilitas canggih yang kita dapatkan dalam Roh Kudus yang heran dan mulia itu. Bayangkan, Allah jadi penolong pribadi kita, itu luar biasa. Berdoalah terus dalam Roh dan hidup benar dan terus taat dipimpin Roh. Yang belum dapat, minta baptisan Roh Kudus. Ba-nyak orang kecanduan HP sebab cang-gih dan luar biasa padahal ini bisa meracuninya, isinya lebih banyak hal2 neraka daripada Surgawi. Tetapi fasili-tas dan pertolongan yang diberi Roh Kudus itu jauh lebih dahsyat dan lebih canggih dari apapun dalam dunia! Pakai semua kuasa dan karunia2 Roh seperti Putra manusia hidup penuh dan dipimpin Roh Mat 4:1, Luk 4:1,18. Sebab itu hidupNya selalu berkeme-nangan dan menjadi ajaib. Jangan cari variasi dan cara2 duniawi dalam ibadah dan pelayanan kita (tehnology, hibur-an, makan minum, keuntungan2 ter-tentu, acara2 duniawi dll), tetap ber-padalah dan hiduplah seperti Kristus itu luar biasa. Contoh yang jelas dalam se-gala segi hidup, dalam segala penco-baan, sampai terakhir, dapat dilihat dengan nyata dalam hidup Putra manu-sia Yesus, itu amat indah, luar biasa, canggih, penuh kemenangan, sukacita dan sejahtera. Bacalah 4 Injil tentang hidup Putra manusia Yesus di dunia.
  2. Dan lain2 hikmat, kuasa, iman, pengertian ilahi, dll.

BER-BUAH2, BENIH ILAHI.

Jiwa2 yang kita layani dengan banyak pengorbanan karena kasih Kristus itu menjadi kesukaan, kemuliaan dan mah-kota kita 1Tes 2:19-20. Banyak orang tidak mau diberi mahkota, kesukaan dan kemegahan yang kekal. Yang disu-kai adalah kesukaan yang sesaat Ibr 11:25 dan fana seperti orang kaya temannya Lazarus. Sesudah mati mere-ka sangat berdukacita Luk 16:25, bah-kan masih hidup sudah pahit dan men-derita Ams 14:12-13, Rom 3:17. Perca-yalah akan Firman Tuhan, mencintai orang2 sekitar kita, isi rumah kita bah-kan yang jauh2 sampai mereka disela-matkan dan tumbuh, itu mahkota dan kesukaan yang kekal. Tidak rugi, kerja-kan karena Kristus, Tuhan akan melim-pahkan fasilitas rohani dan jasmani untuk mengerjakan pekerjaan Tuhan ini. Menangkan jiwa2 dan gembala-kanlah Yoh 15:8; 21:15-17. Orang2 yg penuh Roh Kudus bisa mengerti dan punya dorongan yang tulus yang kuat dan terus bergairah kalau ada Roh Kudus. Seperti murid2, mereka tidak takut apapun sesudah mereka penuh Roh Kudus di kamar loteng, dan begitu selanjutnya, selalu bergairah dengan tulus. Tidak semua bisa pelayanan jabatan (rasul, nabi, penginjil, gembala, guru) tetapi semua bisa menggem-balakan domba2 Tuhan. Diperlukan ba-nyak gembala kecil untuk melayani hal2 kecil dalam hidup baru se-hari2 sesudah bertobat. Setiap jiwa2 perlu dilayani secara pribadi dan bersama dalam tubuh Kristus (Gereja), semua sama2 diperlukan. Kalau kita menda-patkan Roh Kudus, itu sangat besar faedahnya dalam segala perkara, tetapi seberapa besar faedahnya itu ber-be-da2 untuk setiap orang,tergantung dari pengertian, keyakinan dan penerimaan masing2 (kemampuan menerima fae-dah Roh Kudus itu ukurannya ber-beda2 seperti sendok, cingkir, drum, kolam dst).

KESIMPULAN.

Pekerjaan Roh Kudus di dalam kita dan juga untuk menghasilkan benih itu akan kekal sampai Surga Bumi Baru dan masing2 akan menikmati kesukaan dan kepuasan dari pekerjaan Roh Kudus yang luar biasa di dunia sampai kekal. Jangan buang kesempatan indah selagi masih hidupdalam dunia. Jangan tamak dengan perkara2 yang fana, sehingga waktu untuk yang kekal dihabiskan untuk yang fana, juga hati (kecintaan), uang, pikiran penderitaan dan ketekun-an (mau tekun dan menderita untuk yang fana bukan untuk yang kekal) dst. Hiduplah untuk Kristus se-tinggi2nya sampai tingkat yang setinggi mungkin sampai kekal. Di dunia saja begitu in-dah kesukaan dari Roh Kudus,  apalagi di Surga dalam kemuliaan sesuai de-ngan ukuran rohani masing2. Jangan lupa bagi kita sekarang di akhir zaman ada kesempatan untuk mendapat ting-kat2 kemuliaan tanpa mati, bahkan jadi sempurna. Itu kemuliaan yang sangat besar dan indah untuk abadi. Jangan sia2kan penolong yang terbesar dan termulia, Allah yang maha besar!