M3937 – Matius 25:14-30. Hamba Yang Baik Dan Yang Jahat (Malas) (Perumpamaan Talenta).

MAT 25:14. SEMUA DIBERI TALENTA,

Tidak ada orang yang tidak diberi. Tidak ada orang yang bisa memberi alasan, saya tidak bisa apa2. Pasti bisa berbuat sesuatu, harus ikut ambil andil pelayanan dalam “rumah2 bapaknya”, yaitu menjalankan talentanya. Harus ikut bersaksi atau melayani Tuhan. Yang tidak mau disebut malas dan jahat (Allah benar danadil, ada sebab2 yang benar). Semua harus ikut dalam pelayanan (biarpun paling sederhana), tentu dengan hidup tulus dan benar.

Yang tidak mau ikut dalam pelayanan yang paling sederhana (1 talenta), itu bisadisebabkan karena:

  1. Belum lahir baru.
  2. Bodoh, tidak mengerti.
  3. Sebab merasa belum bisa memenuhi syarat pelayanan
  4. Hidup dalam dosa, termasuk penuh dengan keinginan dan ikatan dosa.
  5. Tidak takut pada Tuhan.

Ini pokok penting, sebab yang “malas”, bisa kehilangan keselamatan jiwanya.

Semua harus ikut pelayanan (meskipun yang paling sederhana), tetapi tetap harus memenuhi syaratnya, tinggal di dalam Tuhan. Misalnya dalam Persekutuan Sel, kelompok kecil, semua harus ikut pelayanan. Kalau tidak itu berarti “lumpuh”, atau sakit, bisa mati rohani seperti penerima 1 talenta (kita adalah anggota tubuh Kristus, semua anggota, bahkan setiap sel dalam tubuh itu berfungsi kecuali lumpuh, sakit atau mati)..

MAT 25:15. SEMUA SUDAH MENERIMA TALENTA, MINIMAL 1.

Semua mendapat talenta dari Tuhan. Talenta ini berarti:

  1. Keselamatan jiwanya untuk kekal, sebab percaya Tuhan Yesus dan lahir baru. Ini perkara yang terbesar.
  2. Hidup. Ini dari Tuhan 1Sam 2:6. Masing2 mendapat jatah umur tertentu untuk melakukan kehendak Tuhan Mat 7:21 (disamping hidup cara jasmani), sehingga rohaninya tumbuh dan mendapat pahala dalam hidup yang kekal.
  3. Dipelihara Tuhan. Mat 6:25-34 (31-32). Burung di udara dan bakung di lembah, semua dipelihara Tuhan. Tentu kita harus bekerja 2Tes 3:10, sebab Tuhan tidak mau kita hidup malas, sia2, tidak bertanggungjawab, kecuali yang melayani Tuhan full timer.

Perbedaan 1,2, dan 5 talenta:

Biasanya orang yang punya 5 talenta itu kemampuannya banyak, punya kesempatan dan waktu banyak untuk pelayanan, bahkan dikenal banyak orang. Tetapi yang punya 1 talenta, seringkali merasa tidak bisa apa2, juga waktunya sangat terbatas untuk ibadah dan pelayanan (belum bisa atau belum mau memberi waktu).  Tetapi paling sedikit setiap orang percaya sudah mendapat 3 hal di atas (a+b+c dan waktu atau kesempatan sedikit untuk ibadah danpelayanan. Meskipun demikian, kalau mau, pasti ia bisa bersaksi, memberitakan Injil. Ini 1 talenta, pasti semua orang percaya sudah mendapatdari Tuhan. Kalau ia mau menggunakan 1 talenta ini, Tuhan akan menambahi lagi sesuai dengan Mat 13:12, baik dalam hal jasmani dan rohani. Jangan sampai disembunyikan dan tidak dijalankan seperti perbuatan hamba yang jahat dan malas itu.

Diantara ini ada 2,3,4 talenta.

Biasanya yang pelayanannya besar, adalah yang menerima banyak talenta. Tetapi semua sudah menerima minimum 1, kalau tidak mau menjalankannya, itu sikap yang berbahaya, bisa hilang keselamatannya dan masuk Neraka.

Harus mau pelayanan se-bisa2nya yaitu hidup benar, tulus dan menjadi garam atau terang dunia Mat 5:13-16, Mat 7:21.

MAT 25:16-17. YANG MAU MENJALANKAN TALENTANYA.

Orang2 ini mau berusaha dan berhasil. Yang penting adalah mau taat, mau menjalankan talenta2 Tuhan, maka Tuhan sanggup menolongnya dan pasti berhasil sesuai dengan ukurannya masing2.

MAT 25:18. TIDAK MAU TAAT MENJALANKAN TALENTANYA.

Ia menyembunyikan talentanya se-olah2 tidak dapat apa2, padahal sudah dapat 1 talenta. Dimasukkan lubang, ditutupi banyak alasan. Hati2 dengan cara hidup seperti ini, sebab Tuhan akan menuntutnya. Ini seperti salah satu bagian tubuh, berkata tidak bisa bergerak, pasti salah! Dalam orang yang sehat, setiap bagian tubuh pasti bisa bergerak dan ada tugas dan faedahnya.

MAT 25:19. SEMUA HARUS MEMBERI PERTANGGUNGJAWABAN.

Mau tidak mau semua harus taat, harus berubah! Satu kali kelak semua harus memberi pertanggungjawaban kepada Tuhan.

Orang yang percaya Tuhan Yesus akan masuk Surga sebab sudah ditebus oleh darah Tuhan Yesus, ia adalah milik Tuhan dan harus memuliakan Allah sekalipun hanya dengan 1 talenta. 1Kor 6:19-20. Kalau tidak, bukan anak tebusan, tidak masuk Surga. Ini adalah pesan dan perintah ayat2 Firman Tuhan ini.

MAT 25:20-21. NILAI DARI HAMBA YANG BAIK.

Yang menerima 5 talenta, sebab mau langsung menjalankannya, dapat untung 5 talenta. Asal mau, pasti berhasil sebab Allah sanggup menolong semua anakNya. Tuhan memberi 5 macam penilaian, yaitu:

  1. Hamba yang baik, sebab taat dengan sungguh2. Tuhan tahu, siapa yang main2, tidak bisa pura2 atau sembunyi.
  2. Bagus, sebab hasilnya nyata. Yang tidak mau taat itu jelek dan dilempar dalam Neraka!
  3. Setiawan. Ukuran setia dari Tuhan adalah sampai mati Wah 2:10. Terus bekerja dengan segenap hati, bertanggungjawab sampai akhir.
  4. Dari yang kecil.

Seringkali bagi manusia, melakukan kehendak Allah itu perkara kecil Mat 7:21, padahal itu sangat berharga.Allah tidak membedakan pelayanan kepada siapa saja, Allah tidak membedakan orang, tidak membedakan “bajunya”, sehingga bersaksi atau pelayanan kepada orang miskin dan bodoh atau pada raja, di hadapan Tuhan sama nilainya (misalnya Lazarus dan orang kaya di hadapan Tuhan sama Luk 16:19-31). (atau menjalankan talenta) kepada orang yang paling kecilpun (di hadapan manusia) pahalanya besar sekali di Surga untuk kekal, apalagi kalau karena itu rohaninya terus meningkat dan buah2 pelayanannya makin banyak,

kita mendapat yang lebih besar sebab setia dari yang kecil Luk 16:10. Sebab itu sekalipun dalam pelayanan yang kecil tetaplah setia! Yang setia akan dipercayai yang lebih besar. Jangan mengejar yang besar sebab ingin puji, sia2, akan direndahkan Allah 1Pet 5:5, Mat 23:12.

  1. Masuk dalam kesukaan Tuannya yaitu kesukaan Surga. Luar biasa, yaitu mendapatkesukaan seperti Tuannya yaitu kesukaan Allah dalam Surga. Kita baru mengalaminya sedikit demi sedikit Yoh 4:14 dan akanpenuh sesudah Kursi Pengadilan Kristus.

MAT 25:22-23. HAMBA DENGAN 2 TALENTA.

Sekalipun dapat talenta sedikit atau banyak, semua harus berusaha sama ngototnya, sama sungguh2 sebab hasilnya, yaitu tingkat kemuliaan di Surga, tergantung dari tingkat rohani yang dicapai di dunia tetapi pahalanya berbeda, tergantung dari banyaknya perbuatannya di dunia Wah 22:12. Henokh tidak seheran Elia, tetapi tingkatnya sempurna seperti Elia. Ada orang dipakai Tuhan dengan heran tetapi tingkat rohaninya rendah bahkan jelek seperti Mat 7:23. Biarpun tidak jadi pemimpin besar yang populer, tetapi kalau hidupnya indah seperti Kristus, itu tingkat rohaninya tinggi. Bukan hanya orang yang pelayanannya besar bisa menjadi sempurna, tergantung pertumbuhan tingkat rohaninya. Sekalipun pelayanan kecil, tetapi hidupnya seperti Kristus, itu berarti tingkat rohaninya tinggi, bahkan bisa menjadi sempurna. Biasanya orang yang tingkat rohaninya tinggi bisa dipercayai pelayanan yang lebih besar, tetapi jangan mengejar pelayanan besar sebab ingin puji, itu tingkat rohaninya rendah sebab sombong.

Semua yang menerima talenta berapa saja, harus sama2 bergairah dengan segenap hati dan tulus dalam kesucian.

MAT 25:24. PIKIRAN JAHAT DARI HAMBA YANG MALAS.

Semua akan diadili.

Tidak ada yang bisa lari, semua harus memberi pertanggungjawaban.

Kita tidak bisa berdalih, semua nyata di hadapan Tuhan dan sudah ada hukum2nya.

  1. Ya Tuan. Ini tuannya. Semua dari tuannya 1Kor 4:7, sebab itu harus bertanggungjawab; yang tidak mau bertanggungjawab atas semua yang sudah diterima dari tuannya itu berarti melawan tuannya.
  2. Tahu dan yakin, tuannya bengis.

Ini sangat jahat. Tuannya begitu baik, penuh kemurahan untuk hamba2 yang tidak punya hak apa2, diberi semua, tetapi ia menilai bahwa tuannya bengis. Ini sangat jahat, pasti celaka. Dari satu data ini saja ia bisa dihukum. Tuannya yaitu Allah, itu kasih, baik, adil, murah, mau korban untuk keselamatan orang2 jahat dll Rom 5:8 tetapi dikatakan bengis.

Kalau seorang anak berkata bahwa orangtuanya bengis, banyak orang tidak mau percaya, (sebab perkecualiannya, yaitu orangtua yang begitu jahat itu hanya sedikit sekali). Apalagi Allah yang begitu baik, cinta dan murah, dikatakan bengis. Orang seperti ini salah dan jahat, biasanya suka protes, berontak, menfitnah, ber-kata2 jahat dan banyak melakukan perbuatan2 yang melawan dan jahat, sebab pikirannya (yang jahat) itu yakin bahwa Tuannya atau Allah itu sangat jahat.

Seperti orang Israel yang  dimanja, waktu keluar dari Mesir dengan tangan Allah yang kuat dan heran; mereka berkata Allah jahat, mau membunuh mereka di padang gurun dan diKanaan. Sangat jahat. Begitu juga ada orang2 beriman, yang karena tidak percaya dan kena tipu daya iblis dan hasutan orang2 lainnya (kaki tangan iblis) merasa Allah tidak baik, tidak adil dan jahat pada mereka.

Menuai di mana engkau tidak menabur.

Tidak mau mengakui, bahwa apa yang ada padanya itu semua dari tuannya 1Kor 4:7. Lalu kalau diminta pertanggungjawabannya, marah, me-ngata2i bahwa tuannya jahat, mau menuai di mana ia tidak menabur. Ini fitnah yang sangat jahat dan keji.Seperti anak yang ditanya, mengapa tidak membantu apa2 bagi orangtuanya? Anak itu menjawab: bapak tidak berhak, ini semua punya saya. Saya yang sekolah, bekerja, berusaha, dan saya yang berhasil”, padahal andil yang terbesar itu dari orangtuanya. Tidak mau mengakui dari orangtuanya itu sangat jahat dan keji.

Begitu hamba yang jahat ini, sangat keji dan kurang ajar pada tuannya, sebab semua diterima dari Tuannya.

Mengumpulkan di mana engkau tidak menghambur.

Hamba2 yang tidak berhak sama sekali, diberi harta tuannya. Apakah ini tidak meng-hambur2kan hartanya? Ya!

Pikiran hamba ini salah dan sangat jahat. Tidak heran kalau hamba ini disebut bukan saja malas tetapi juga jahat.

MAT 25:25. TAKUT DAN MENYEMBUNYIKAN TALENTA.

Dari pikiran yang jahat, timbul perbuatan2 yang salah dan jahat. Ia mau menyembunyikan se-olah2 mau membuktikan, ia tidak menerima apa2. Coba itu diberikan tuannya pada orang lain, lalu dijalankan, akan keluar hasil2nya.  Kesempatan ini tidak dipakai dan dibuang oleh hamba yang jahat dan malas ini. Ini seperti pohon ara yang memenuhi tanah di kebun anggur, tetapi tidak mau berbuah. Tidak heran orang2 seperti ini dipotong dan dihukum Tuhan. Luk 13:17, Mat 3:10.

MAT 25:26. HAMBA YANG JAHAT DAN MALAS.

Jahat sebab menfitnah dan memakai uang Tuannya dengan sia2, dan ia menuduh tuannya: menuai ditempat ia tidak menabur, mengumpulkan di tempat ia tidak menghambur. Ini suatu fitnahan, bahwa Tuannya jahat, bengis, merampok yang bukan haknya.

Malas: Tidak mau bekerja. Biasanya orang2 berimanyang tidak mau bekerja untuk melakukan kehendak Allah itu ada sebab2nya yaitu:

  1. Bodoh. Tampaknya perkara kecil tetapi bisa membinasakan Ams 10:21b, Hos 4:6. Sebab itu kita belajar dari perumpamaan talenta ini sudah jangan binasa, kehilangan keselamatan yang kekal sebab bodoh, sebab ditipu dan disesatkan oleh pikiran yang keliru dan salah.
  2. Pikiran yang jahat dan salah, se-olah2 Allah tidak adil dan bengis, menuduh yang jahat pada Tuannya.
  3. Cinta dunia dan ingin segala perkara dosa, tidak ada kerinduan untuk hal2 rohani, sebab hatinya bercabang sehingga imannya menjadi suam, tidak ada kemauan untuk melayani Tuhan, sekalipun yang paling sederhana.
  4. Tidak mau pikul salib di jalan sempit.

Melakukan kehendak Allah harus memenuhi syarat, yaitu dengan tulus dan benar, dan untuk itu harus mau pikul salib. Orang yang tidak mau menjalankan talenta2 Tuhan berarti mengingkari bahwa ia adalahmilik Tuhan, tebusan Tuhan dan akibatnya, ia akan dibuang.

Ia dihukum menurut kata2nya sendiri, sebab ia menyebut tuannya jahat, merampas hak orang lain.

Ini orang yang tidak mau taat, ia berani melawan Tuannya, tidak takut, pasti kalah 1Kor 10:22.

MAT 25:27. MENYERAHKAN KESEMPATAN PADA ORANG LAIN.

Kalau hamba yang malas ini takut akan tuannya, ia minta tolong orang lain menjalankan uangnya, maka ia bisa mendapatkan bunganya (misalnya hasilnya dibagi dua), maka masih ada sebagian keuntungan yang bisa diserahkan pada tuannya dan ia masih mendapat sesuatu dari tuannya meskipun sedikit. Tetapi karena tidak takut dan berpikir jahat akan tuannya, ia melakukan hal2 yang jahat, menuduh dan menfitnah tuannya, akhirnya ia kena hukuman yang dahsyat.

Kadang2 untuk sementara, seorang belum dapat menjalankan talentanya, tetapi paling sedikit ia bisa mendukung dan membantu orang2 lain untuk pelayanan (menyerahkan talentanya pada orang lain supaya keluar bunganya). Jangan menyalahkan Tuhan dan mempunyai pikiran dan perbuatan yang jahat. Paling sedikit ia bisa menaruh talentanya pada orang lain. Paling baik, seharusnya ia sendiri langsung menjalankan talenta2 Tuhan se-bisa2nya, menjadi saksi Tuhan, melakukan kehendakNya dengan takut akan Dia.

MAT 25:28. TUHAN AKAN MEMINDAHKAN TALENTANYA.

Baik perkara2 jasmani dan rohani, kalau tidak ada buahnya, apalagi orangnya tidak takut akan Tuhan, akan dipindahkan oleh Tuhan kepada orang lain. Misalnya kesempatan untuk pelayanan membimbing jiwa2, bersaksi memenangkan jiwa, mendidik anak2 Sekolah Minggu dll dan semua ini ada pahalanya. Kerajaan Surga atau talenta2nya diambil dan diberikan pada orang lain yang mau memberi buahnya Mat 21:43.

MAT 25:29. MAKIN BERTAMBAH ATAU MAKIN BERKURANG.

Ini hukum Tuhan, secara jasmani dan rohani. Orang yang mau menjalankan talentanya dengan memakai uang, waktu, harta, pikiran, tenaga, umur dan kesehatannya, sukacita dan pengurapan, kuasa, semua talenta2nyauntuk Tuannya, akan ditambahi makin lama makin banyak.

Tetapi orang yang tidak mau, semuanya itu akan diambil dan orangnya dibuang ke dalam Neraka kekal. Ini adalah Firman Tuhan, kita harus memperhatikannya. Sebab itu hati2, jangan melanggar hukum Allah. Pakai kesempatan dari Tuhan untuk ber-tambah2 atau kalau tidak mau taat, akan ber-kurang2 sampai habis.

MAT 25:30. NASIB DARI HAMBA YANG JAHAT DAN MALAS.

Kalau malas saja, tidak terlalu banyak celakanya. Tetapi hamba ini juga mempunyai pikiran yang jahat, melawan, menuduh, menfitnah, tidak takut dan berontak pada Tuannya, maka hamba ini akan dihukum. Tampaknya hanya tidak mau melayani, tetapi Tuhan tahu apa sebabnya dan akan ada akibatnya. Sebab itu jangan bodoh, jalankanlah talenta dari Tuhan, meskipun hanya 1 talenta, se-bisa2nya dengan tulus dan hidup dalam kesucian.

KESIMPULAN.

Semua orang dapat apa2 dari Tuhan, minimum 1 talenta. Tidak mau menjalankan talenta, ternyata ada hukumannya. Ini dikatakan ayat2 ini yaitu Firman Tuhan, sebab itu kita harus memperhatikan baik2, jangan masa bodoh, bisa kehilangan keselamatannya sebab tidak mau melakukan kehendak Allah. Mat 7:21. Minimum jangan disembunyikan, akui semua dari Tuhan dan ikutlah bersaksi bagi Tuhan dengan tulus dan benar (jangan ada dosa, dosa tidak boleh masuk Surga Wah 21:27). Sebab itu orang beriman yang sehat, yang normal itu menjadi pelita yang bercahaya dan garam yang asin; yang tidak mau akan dibuang! Bergabunglah dalam kelompok kecil Gereja, supaya mulai belajar bisa bersinar dan menggarami orang2 di sekitar kita.

Nyanyian:

Janganlah buang waktu yang sia2,

tolong pada yang mend’rita.