M3913 – Efesus 6:12-20. Menghadapi Kesukaran Dengan Senjata Ilahi

Kita harus selalu siap menghadapi segala perkara dengan senjata ilahi.

EF 6:12. PEPERAMGAN DENGAN IBLIS.

Tampaknya kita menghadapi manusia yang penuh dengan macam2 kejahatan dan kebencian dll, tetapi sebetulnya kita berperang dengan iblis dan roh2 yang jahat diudara.

Ada banyak perkara jahat bisa terjadi, baik dari bencana alam, malapetaka dan dari kejahatan manusia dalam segala seginya. Lebih2 pada akhir zaman dimana dosa makin meningkat maka kejahatan makin meningkat dan bertambah.

Bagaimana kita harus menghadapi semuanya ini. Kalau kita terpancing oleh iblis sehingga kita berperang dengan manusia , maka kita akan memakai senjata dan cara2 manusiawi (duniawi) untuk berperang yaitu dengan kepintaran, kemampuan,kekuatan politik, ekonomi, pengaruh, golongan dsb, juga dengan benci, (ini yang paling hebat), marah, dendam, ber-bantah2, perkelahian pisik dan segala macam cara siasat dosa.

Degan demikian akan masuk dalam jerat iblis dan dengan mudah iblis menguasai, memperhambakan dan menghancurkan.

Tetapi kalau kita tetap berperang dengan iblis, maka kita sadar, bahwa kita harus memakai selengkap senjata Allah yaitu dengan hikmat dan kuasa Allah. Sehingga kita harus memelihara hidup kita semua dalam kesucian, supaya kita selalu ada di pihak Allah (jangan benci, dendam, marah, berpikir jahat dl) bahkan dalam menghadapi macam2 perkara yang jahat kita harus selalu mengampuni tetapi tetap cerdik Mat 10:16 dan terus limpah dengan doa dalam Roh dan kebenaran (kalau perlu puasa), selalu berharap pada Tuhan dan minta pimpinanNya dan memakai selengkap senjata Allah. Iblis tidak bisa diperangi dengan cara2 manusiawi, baik dengan kepintaran, kekuatan,hukum, uang, bedil dll. Kalau kita sadar bahwa kita berperang dengan iblis, kita akan terus menerus berdoa tanpa hentinya dalam Roh dan kebenaran dan terus menunggu Tuhan.

EF 6:13 MENGAPA SELURUH SENJATA ALLAH.

Perang dengan iblis tidak mungkin sendirian, mutlak harus dengan Tuhan dan dengan selengkap senjata Allah. Berperang dengan iblis di-mana2, bahkan iblis bisa menyelusup diantara kita (seperti lewat Yudas, Absalom, Saul dll) dan peristiwa2 di luar Gereja, baik lewat malapetaka, kerusuhan, kejahatan dll. Kita perlu banyak kuasa Allah dan pimpinanNya yaitu dengan selengkap senjata Allah. Lebih banyak  kita bisa mengerti Firman Tuhan dan dipimpin Roh (mendengar suara Roh dan taat) kita akan lebih kuat menghadapi segala perkara yang dahsyat dari iblis, meskipun menghadapi manusia.

EF 6:14. IKAT PINGGANG DAN ZIRAH KEBENARAN.

Ikat pinggang itu berarti siap tempur dan ikat pinggang kebenaran itu termasuk senjata! Hidup benar Maz 51:8 bahkan sampai angan2 Gal 5:24, itu termasuk senjata yang kuat. Mengapa? Sebab dengan demikian Allah di pihak kita, beserta kita Maz 34:16 ini kuat sekali, sebab Allah sendiri yang ada pada kita Rom 8:31. Allah berperang ganti kita Kel 14:14. Sebab itu jangan ada dosa atau reaksi dosa, sebab dosa adalah titik lemah umat Tuhan, setan bisa masuk! Sebab itu pelihara hidup benar terus menerus.

Sering kali kalau bahaya datang orang2 lalu minta ampun pada Tuhan supaya jangan celaka, itu baik tetapi kadang2 celaka itu sudah terlanjur terjadi, sekalipun dalam banyak hal Tuhan masih mau menolong minimum keselamatan jiwanya, kalau bertobat sungguh2 akanselamat, sekalipun mungkin mati seperti penjahat diatas salib. Kalau masih ada kesempatan dan waktu baginya, Tuhan akan tolong. Paling baik selalu hidup benar dan jangan berbuat dosa 2 Pet 1:10, sehingga sudah siap dan lebih mudah mendapatkan pertolongan Tuhan. Setan tidak berhak mendatangkan hukuman tetapi ujian dan kalau kita lulus, justru hidup kita makin indah, makin meningkat dan sukacita.

Jangan bereaksi dosa

Dalam menghadapi apapun jangan berdosa (Rom 12:21) sekalipun dalam pikiran,  supaya Roh Kudus bisa tetap bekerja penuh di dalam kita.

Zirah kebenaran Yes 59:17. Ini untuk menghadapi pedang, panah, tombak musuh. Sekalipun ini pasif, ini kuat. Dalam 1Tes 5:8 disebut baju zirah iman dan kasih. Ini melengkapi. Kita menghadapi segala senjata musuh dengan iman akan Tuhan, Penolong kita, Pencipta langit dan bumi Maz 121:2., Tuhan yang akan menangkis bahkan jadi kebaikan orang2 yang cinta Tuhan Rom 8:28. Dan kasih, ber-kata2 atau memegang kebenaran di dalam kasih. Ef 4:15. Kita hidup benar, dengan kasih, bukan denganbenci atau kejam, tidak membalas yang jahat Rom 12:21. Kita perlu terus menerus memeriksa diri Maz 139:23-24 supaya ikat pinggang dan zirah kebenaran ini tetap ada pada kita.

EF 6:15. KASUT PERSIAPAN INJIL PERDAMAIAN.

Kaki dengan sepatu itu berarti siap untuk berjalan pergi. Kita berperang itu selalu dengan sikap yang siap untuk memberitakan Injil perdamaian, memperdamaikan orang dengan Tuhan. 2Kor 5:19-20. Dalam setiap kesempatan kita selalu siap. Kaki kita selalu siap dengan kasut injil perdamaian.

Kita harus selalu punya persiapan untuk se-waktu2 bertempur dengan iblis, merebut jiwa2 yang dikuasainya, selalu siap 2Tim 4:2. Orang2 dari Yerusalem dalam ribut yang besar (lari keluar dari Yerusalem itu perkara besar, meninggalkan rumah dan pekerjaannya itu ribut besar) tetapi mereka selalu siap memberitakan Firman Tuhan di mana saja sebab mereka siap Kis 8:4. Jangan justru dalam keributan kita jadi batu sontohan, tetapi jadi berkat, jadi terang dan garam dari Tuhan Mat 5:13-16. Sekalipun ribut bagaimanapun juga kita selalu merebut jiwa2 dari iblis sebab ini peperangan melawan iblis sehingga 3 angka kedatangan Tuhan digenapkan. Tolong mereka yang dalam banyak keributan dan kesusahan, diselamatkan jiwanya. Kita perang dengan iblis artinya hidup benar dan penuh dengan api Roh Kudus, ber-nyala2 dalam kuasa dan hikmatNya dan itu termasuk gairah memenangkan jiwa, bukan mengorbankan jiwa! Sebab itu kita perlu selalu tekun berdoa, penuh dan dipimpin roh dan bisa memenangkan jiwa, itu tanda Allah ada pada kita.

EF 6:16. PERISAI IMAN UNTUK MEMADAMKAN PANAH BERAPI SETAN.

“Di atas semuanya” berarti sangat penting, harus diperhatikan, jangan sampai loyo, lemah, jatuh dalam dosa waktu kena panah berapi si jahat. Panak berapi iblis itu bisa:

  1. Pikiran jahat yang muncul dalam pikiran kita, tetapi dari iblis, pikiran dosa, pikiran hal2 jahat, falsafah dan ajaran dunia atau alasan2 manusiawi yang melawan Firman Tuhan. Hawa langsung diserang sampai dalam pikirannya bahwa Allah punya maksud tersembunyi dengan laranganNya dan Hawa kena.
  2. Fakta yang ada atau terjadi di sekitar kita, sehingga timbul pikiran takut, kuatir, marah, benci, pikiran yang salah dll.

Mengapa disebut berapi? Sebab kalau kena, lalu timbul api, me-nyala2 dalam pikiran kita, seperti kata2 iblis yang me-nyala2 dalam pikiran Hawa sehingga ia terdorong untuk berbuat melawan Firman Tuhan. Hati2, jangan sampai timbul dorongan yang kuat, ber-api2 seperti Hawa, Gehazi, Yudas, Absalom, Amnon, Simson dsb.

Perisai iman itulah Firman Tuhan yang menjadi dasar untuk memadamkan dan melawan panah berapi iblis, Roh Kudus akan mengingatkan kita ayat yang tepat menghadapi segala problem itu Yoh 14:26. Segala macam perisai untuk segala macam panah berapi iblis ada dalam Firman Tuhan, baik tentang uang, sex, sombong, benci, iri, tabiat yang jahat, kejahatan, malapetaka dll. Memang kita perlu tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang lengkap 2Pet 3:18, Kis 20:20,27. Jangan hanya memegang sepotong2, belajar seluruh Firman Tuhan, pakai Alpet (Alkitab per tahun) dan terus tekun belajar Firman Tuhan dalam Gereja Tuhan. Roh Kudus yang akan memberi pengertian dan mengingatkan ayat2 yang tepat untuk segala keadaan atau serangan2 panah berapi iblis, sehingga bisa dipadamkan! Kita juga bisa saling mengingatkan dan menasehati satu sama lain dengan Firman Tuhan dalam menghadapi semua panah2 berapi iblis.

EF 6:17. HELM KESELAMATAN DAN PEDANG ROH.

Kita tahu faedah helm untuk kepala, jangan sampailuka dan mati, untuk keselamatannya. Keselamatan yang ada harus dipelihara, jangan ditipu dan digoyahkan iblis Pil 4:12. Keselamatan bisa hilang oleh dosa dan tipu daya iblis Yez 33:13. Baik falsafah dan pikiran duniawi maupun ajaran yang sesat. Sebab itu kita perlu tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan sehingga jadi pondasi yang kuat Mat 7:24-28.

Pedang Roh yaitu Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus. Kalau seorang hidup dalam daging, maka iblis akan menuduhnya dan seringkali ia memakai Firman Tuhan untuk itu.Sebab itu kalau toh ada dosa segera bertobat, sehingga Roh Kudus dapat menolong kita memakai Firman Tuhan untuk melawan tuduhan iblis dengan pedang Roh ini.

Pedang ini bukan saja untuk bertekun tetapi untuk menyerang iblis. Pakai kebenaran Firman Tuhan untuk melawan iblis. Bongkar semua siasatnya dengan kebenaran Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus 2Kor 2:11. Putra manusia Yesus menolak dan mengusir setan dengan Firman Allah Mat 4:4,7,10 (hati2 iblis juga memakai Firman Tuhan untuk menuduh dan menjerat) Roh Kudus akan membuat Firman Tuhan menjadi pedang Roh dan bisa melawan iblis, dengan aktif menyerang dan mengalahkannya. Kita percaya Firman Tuhan dan itu yang jadi Mat 8:13. Roh Kudus membuat kita jadi yakin, tidak ragu2 akan kebenaran Firman Tuhan yang dengan tajam menusik segala problem dan iblis.

EF 6:18. BERDOA SENANTIASAI DALAM ROH DAN KEBENARAN.

Ini senjata akhir zaman yang kuat sekali sebab bukan kita, tetapi Roh Kudus yang ber-kata2 dalam mulut kita menghadapi segala problem dan iblis. Tekun berdoa, maka kuasa itu ditambahkan terus Luk 24:49, Kis 1:8 untuk menghadapi semua problem dan iblis. Kalau kita berdoa dengan benar, permintaannya benar, maka ada kuasa dalam doa orang benar Yak 5:16.

Minta pimpinan Roh,  sambil terus berdoa dengan limpah, sebab taat dalam pimpinan, Roh Kudus, ada pertolongan dan kuasa Allah. Seperti waktu Petrus ditangkap, jemaat dengan sehati mendoakannya terus menerus, maka Tuhan mengerjakan pertolonganNya bagi umatNya. Kis 12:5.

Pada akhir zaman ini, pimpinan Tuhan, termasuk segala karunia2 Roh Kudus. Sebab itu mulai sekarang kita sudah harus belajar selalu penuh dan taat dipimpin Roh dengan selengkap senjata Allah.

Bertekunlah dalam doa orang benar dan di dalam Roh, maka ini menjadi senjata kita menghadapi segala perkara yang dahsyat di akhir zaman ini. Tidak ada yang sulit asal tulus dan benar dan taat akan Tuhan.

Jangan lupa memelihara dan memakai  persekutuan dalam Roh dengan saudara2 seiman sebab dalam perang dengan iblis yang penting adalah Tuhan yang perang ganti kita, kita hanya alat atau robotNya! Jangan bertindak sendiri tetapi selalu dipimpin Roh dan ber-sama2 dalam persekutuan Roh, juga Roh Kudus yang memimpin semuanya ber-sama2.

EF 6:19-20. PERSEKUTUAN DALAM ROH.

Kerjasama tubuh Kristus pada akhir zaman haruslah persekutuan dalam Roh (Papan2 dalam Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci), tidak cukup hanya 60 tiang2 Pagar Halaman, sebab justru Halaman ini akan di-injak2 Antikris Wah 11:2. Sebab itu belajar penuh dan dipimpin Roh, juga bersekutu dalam Roh, sehingga setiap orang di dalamnya, semua dipimpin Roh, dan Roh Kudus yang mempersekutukan kita (seperti persekutuan Trinitas Yoh 17:23) dan Roh Kudus yang memimpin kerjasama umat Tuhan menghadapi segala perkara iblis dan Antikris pada akhir zaman.

Persekutuan biasa sudah kuat di dalam kasih dankesucian 1Yoh 1:7, lebih2 kalau persekutuan ini dipimpin Roh, Roh Kudus yang nyata dalam setiap orang dan dalam seluruh persekutuan tubuh Kristus, Roh Kudus yang memimpin dan mengatur kerjasama dalam Roh, ini sangat unik dan tidak terkalahkan sebab Allah sendiri yang bekerja. Persekutuan dalam Roh ini akhirnya akan meliputi seluruh tubuh Kristus global sehingga tubuh Kristus seperti ini menjadi ajaib seperti Wah 12:1.

 

KESIMPULAN.

Bunyi gemuruh akhir zaman makin lama makin kuat, jangan takut, asal kita bersedia dan menghadapinya menurt cara Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus. Pakai selengkap senjata Allah dan hadapi semuanya. Jangan kuatir, tetap penuh dan dipimpin Roh sendiri2 dan ber-sama2 dalam persekutuan Roh (Ef 4:13, 1Kor 12:12 dll).

Pakai ikat pinggang + zirah kebenaran, jangan ada dosa! Siap dengan kasut injil perdamaian, bukan jadi batu seontohan. Pakai perisai iman Firman Tuhan untuk memadamkan panah berapi dari iblis, baik pikiran atau fakta2. Pakai helm keselamatan dan pedang Roh untuk menyerang musuh dan terus berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran. Terus penuh dan dipimpin Roh, jangan dipimpin daging atau pikiran manusiawi, itu tidak cukup bahkan dikalahkan iblis; Harus dipimpin Roh dan dicocokkan dengan Firman Tuhan. Jangan takut menghadapi segala perkara di akhir zaman ini, justru dengan selengkap senjata Allah kita akan menang dan mengalami hidup yang indah bahkan zaman keemasan Gereja yang seperti Surga di bumi, luar biasa.

Nyanyian:

Zaman sekarang berjagalah,

lihat dunia bergelora.menhgadapi segala pekerjaan setan dan Antikris