M3845 – 1Tesalonika 5:1-9. Keadaan Akhir Zaman.

(Keadaan dalam Hujan-Akhir, dalam Minggu ke-70 Daniel, dalam zaman Antikris).

MINGGUNG KE-70 DANIEL.

Menurut Dan 9:27 dalam nubuatan 70 Minggu Daniel, Minggu ke-70 Daniel adalah saat terakhir waktu Tuhan Yesus datang. Dalam waktu ini timbul 4 binatang Antikris. Menurut Dan 7, 3 binatang itu bekerja dalam 3,5 tahun I bergantian sebelum pengangkatan.

Disini Gereja dengan Allah di dalamnya yaitu tubuh Kristus global di akhir zaman, mengalahkan 3 antikris ini, lalu terjadi pengangkatan. Sesudah itu binatang Antikris ke-4 mengalahkan Gereja yang tertinggal (tanpa Allah di dalamnya) sampai orang yang tertinggal habis. Antikris yang ke-4 ini meng-injak2 Halaman bait Allah Wah 11:2 (kemahnya sudah terangkat), selama 3,5 tahun. Yang penting adalah pertumbuhan dari Gereja sekarang sampai 3,5 tahun sebelum pengangkatan. Kita harus tahu masa2 ini dan bersedia supaya bisa ikut dalam proyek penamatan Allah dan masuk Surga / ikut pengangkatan.

KEADAAN HUJAN AKHIR LEBIH DAHSYAT DARI HUJAN AWAL.

Hujan Awal. Ul 11:14

Sesudah Putra manusia mati, semua musuhNya (yang sudah menjatuhkan hukuman mati di atas salib), mengharapkan semua habis Kis 5:17-42. Tetapi ternyata timbul banyak orang seperti Kristus dan kegerakan di mana2, danmusuh2nya ini hendak membunuh mereka semua.

Tetapi rasul2 dan orang Kristen waktu itu tetap teguh sekalipun akan dibunuh dan betul2 mati. Stefanus juga dibunuh Kis 7:54-60. Saul menjadi buas dan menyiksa orang beriman, memasukkannya dalam penjara. Sebaliknya Gereja jadi sangat tertib, berlaku hukuman yang keras dalam Gereja, seperti nyata dalam kasus Ananias Safira Kis 5:1-11 dan Gereja justru tumbuh dengan pesat, meskipun terjadi aniaya besar di Yerusalem dan sekitarnya. (Kis 5:12-42). Bahkan akhirnya semua rasul2 mati syahid dan banyak orang dari Gereja mula2. Seorang bernama Gamaliel, orang Parisi, guru Taurat memberi nasehat bahwa ini tanda2 pekerjaan Allah Kis 5:34-40, sebab itu disuruh undur.

Orang2 lari dari Yerusalem Kis 8:1-4. Mereka lari sampai Fenesia, Siprus, Antiokhia dll. Yakobus mati dibunuh dan Petrus juga ditangkap hendak dibunuh Kis 12:1, tetapi Injil berkembang dan makin banyak orang percaya. Semua rasul2 mati syahid (keculai Yohanes mati dalam pengasingan), Paulus mati di Roma 2Tim 4:6-7. Bahkan banyak orang dianiaya sampai mati, bukan hanya di Yerusalem tetapi sampaidi Roma, tetapi Gereja terus berkembang sampai hari ini. Dengan pikiran manusia seharusnya iman yang baru ini habis karena ditindas, ternyata tidak sebab Roh Kudus = Roh Pentakosta = Penuaian justru menumbuhkan Gereja di dalam aniaya. Mengapa Tuhan mengizinkan aniaya ini? Sebab Gereja lahir dan tumbuh di jalan sempit dan sengsara karena Kristus itu justru menumbuhkan Gereja dan memang karena semua orang akan mati dengan atau tanpa aniaya. Aniaya atau salib ini justru membuat pertumbuhan yang cepat dan murni. Bandingkan dengan kegerakan oleh Kaisar Konstantinopel yang justru membuat Gereja hancur. Orang2 mati karena aniaya itu untung cara rohani dan juga sebab belum waktunya pengangkatan (dimana berlaku 1Kor 15:51).Lebih banyak sengsara, lebih banyak kemuliaan yang dicurahkan Tuhan, termasuk mati syahid Rom 8:17-18.

Hujan Akhir.

Secara harfiah, hujan awal itu untuk menggemburkan tumbuhan sehingga gandum bisa ditanam dan jadi. Hujan akhir terjadi sesudah gandumnya mulai tampak mayangnya Mrk 4:28 untuk berbuah dan dengan Hujan Akhir ini panen akan jadi.

Begitu juga rencana Allah akan ditamatkan, Gereja akan disempurnakan, Tuhan mengirim Hujan akhir yang luar biasa (2 kali ganda Hujan awal). Gereja akan masuk dalam kesempurnaanitu melewati ujian akhir dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel. Untuk mencapai tingkatan yang lebih tinggi, ujiannya juga lebih berat apalagi untuk menjadi sempurna. Sebab itu Tuhan mengizinkan 3 Antikris pertama tumbuh (sejalan dengan pertumbuhan dosa yang hebat Wah 22:11) yang menimbulkan banyak kesukaran dalam dunia sekaligus membuat masing2 tumbuh jadi sempurna yaitu dosa meningkat sampai sempurna, juga kesucian sampai sempurna dan ikut dalam pengangkatan, (sehingga hukuman Allah jatuh ke atasnya) lalu rencana Allah ditamatkan!

Kita belum tahu sekarang siapa Antikris yang akan muncul. Banyak tokoh2 jahat yang kejam sudah timbul dalam hari2 yang lalu. Mulai dari Hitler, Idi Amien, Musolini, terorism dll. Pada waktu itu, orang2 sezamannya mengira ini Antikris, ternyata bukan. Ciri2 Antikris ini adalah penguasa dunia yang jahat, bengis, semua tunduk, yang berani melawan dibinasakan, termasuk juga Gereja jalan sempit.

III. PATOKAN BAGI UMAT TUHAN itu bukan tanggal pengangkatan, sebab itu adalah hasil akhir. Kita harus bersedia untuk permulaan Minggu ke-70 Daniel sampai 3,5 tahun I lalu pengangkatan, bukan 3,5 tahun II yang jauh lebih dahsyat sebab binatang Antikris ke-4 menjadi raja dunia(belum pernah ada semacam ini) Dan 7:7 dan sengsara yang terjadi juga belum pernah ada (termasuk sepanjang 7 tahun ini), tiada taranya Mat 24:21-22, dimana hukuman Allah (7 Meterai, 7 Sangkakala, 7 Bokor) dicurahkan dalam dunia. Kita harus bersedia untuk menghadapi Minggu ke-70 Daniel, ujian akhir bersama untuk seluruh dunia (api itu menyala Luk 12:49). Orang yang tidak bersedia cukup, lebih2 dengan Hujan Akhir, akan gugur disini, sebab itu kita harus bersedia mulai sekarang Mat 24:12. Tidak cukup 7 KPR biasa untuk hari2 itu tetapi 7 KPR plus, yaitu dengan pengurapan yang limpah (dobel) dengan pembukaan dan pengertian Firman Tuhan dobel, 2 gomer dengan persekutuan yang kuat dalam kesucian dipimpin Roh dst. Kita perlu mengetahui ini semua supaya dapat bersedia dengan betul, lulus dan ikut pengangkatan (sebagian jadi sempurna) jangan sampai gugur, mati dalam dosa atau tertinggal.

KEMATIAN DALAM MINGGU KE-70 DANIEL.

Dari akibat Meterai 4 saja, 1/4 penduduk bumi mati, belum oleh Meterai dan Sangkakala yang lain (Bokor terjadi sesudah pengangkatan). Bisa2 yang mati sampai 1/3 atau lebih.

Banyak yang mati karena:

  1. Hukuman yang jatuh atas bumi sebab dosa melebihi batas.
  2. Dengan bertambahnya dosa, juga korban dosa dan kejahatan lebih banyak.
  3. Yang undur dari Tuhan sebagian (besar) mati oleh malapetaka, kesukaan2 dosa yang sesaat, kejahatan, aniaya Antikris yang sudah menguasai dunia, malapetaka dll. Tetapi ada satu pengecualian yang besar dan nyata, yaitu anggota2 dari tubuh Kristus global pada waktu itu tidak ada yang mati 1Kor 15:51-52, sebab semua mereka setia dan hidup dalam kesucian yang meningkat tinggi dalam Gereja yang sangat tertib (contoh Kis 5), lebih2 dengan pelayanan orang sempurna dan fasilitas akhir zaman yang menyempurnakan Gereja. Orang2 yang hidup makin suci, mendekati kesempurnaan ini sangat tertib dan semua disiapkan untuk ikut pengangkatan. Ingat, waktunya sangat singkat hanya 3,5 tahun!

Malapetaka, aniaya, kejahatan, dosa2 yang keji, peperangan yang kejam, krisis dll membanjiri dunia, Antikris tidak bisa membedakan orang beriman yang suci atau tidak atau siapapun, semua kena kecuali yang dilindungi secara khusus oleh Tuhan dengan kuasa yang amat besar. Kalau kita bersedia dan masuk dalam tubuh Kristus global, kita bisa berjalan dalam Roh dengan mahir maka kita terpelihara dengan heran bahkan mengalami zaman keemasan Gereja akhir zaman. Jangan kuatir, tetapi harus bersedia dengan pengertian Firman Tuhan yang jelas dalam pimpinan Roh Kudus serta persekutuan tubuh Kristus yang betul.

  1. BAGAIMANA ALLAH MEMPERSIAPKAN GEREJANYA?
  2. Polarisasi Wah 22:11. Nubuat ini pasti digenapi, sekaligus dengan penggenapan 3 Angka kedatangan Tuhan (lihat buku: “Target Ilahi” oleh Pdt. Jusuf BS). Orang yang suci makin suci dan yang najis makin najis sehingga bedanya sangat besar, tidak bisa cocok satu sama lain, dan tidak bisa pindah2 lagi. Sekarang Gereja masih campuran tetapi tendens ini sudah mulai tampak (orang sempurna dalam dosa dan kesucian dalam Wasiat Lama hanya sedikit, tetapi dalam Wasiat Baru bertambah, misalnya dosa zina, mulai banyak dosa S 1000 (Salomo 1000) dan homo, itu tanda2 masuk tingkat dosa sempurna. Begitu dengan dosa2 lain.

Semua dosa termasuk occultisme, kejahatan, kebencian, keduniawian dll akan makin meningkat. Kita harus mahir pikul salib, dipimpin Roh, bisa hidup suci dan melakukan kehendak Allah (taat menurut Firman Tuhan dan taat dipimpin Roh mengerjakan kehendak Allah) dalam zaman sekarang. Kalau sekarang tidak bisa hidup suci dan taat, apalagi hari2 yang akan datang. Sebab itu hiduplah benar, berkenan pada Tuhan mulai sekarang.

Hukuman mulai berlaku dalam rumah Allah

1Pet 4:17 Tampaknya ini belum jelas (Mis: Ananias dan Safira dalam Kis 5. Ini bersamaan dengan peningkatan ketertibandalam Gereja 2Kor 10:6. Tetapi sekarang kita sudah harus belajar menertibkan diti kita sendiri, supaya bisa makin tumbuh pada saat2 yang sangat tertib pada waktu itu.

Tubuh Kristus Global akan terbentuk dan kita harus bisa bersekutu dengan betul dengan kasih KJristus dan kesucian. Kasih, bisa mengampuni, bisa bersekutu dengan siapa saja asal mau hidup benar sekalipun bukan dari golongan kita sendiri atau latar berlakang yang sama; tetapi sebaliknya harus punya pendirian yang teguh dalam kesucian, tidak hanyut dalam dosa “saudara2 palsu” yang lain, tetapi bisa menyalahkan Ef 5:11 mengingatkan Yak 4:17, melepaskanJud 23, Yoh 5:19-20. Juga harus dapat  bekerjasama dengan sehati, sejiwa, sepikir, diatas kebenaran Firman Tuhan. Jangan hanya kumpul golongan sendiri tetapi dengan siapa saja yang dipimpin Roh Allah Ef 4:3, Yoh 1:29, bisa membedakan roh dan bersekutu dalam Roh 2Kor 11:4; 12:18.

  1. Bersedialah, sebab kalau sekarang tidak bisa menghadapi problem2 lahir batin dengan kemenangan, apalagi dalam hari2 yang gelap itu. Belajar makin mahir dipimpin Roh dengan karunia2 dan buah Roh, jadi matang dan setia. Bahkan bisa berjalan dalam lembah bayang2 maut dengan selalu dipimpin Roh Maz 91:7. Paulus dahulu mengalami begitu banyak penderitaan lahir batin 2Kor 11:33, tetapi setiap kali lolos sampai datang saat kematiannya.
  2. Dalam macam2 kekacauan ajaran sesat. Ef 4:15. Kita harus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang betul dan 2Pet 3:18, sebab akan datang banyak pengenceran, penipuan dan pemalsuanajaran dan iblis lihai menipu dan berdusta. Jangan hanya 1 segi ajaran yang dipegang, tetapi seluruh kebenaran Firman Tuhan Kis 20:20,27. Seluruh Alkitab jadi satu2nya dasar yang teguh (jangan keluar dari Alkitab) dan Kemah Suci dalam Kel 25-40 menjadi patokan lengkap untuk seluruh pelajaran Firman Tuhan. Lebih2 dalam belajar Firman Tuhan, Roh Kudus adalah Guru pribadi 1Yoh 2:20,27 yang memimpin kita sampai kepada segala kebenaran Yoh 16:13, sebab kita harus mengerti dan mentaati Firman Tuhan dalam semua segi2 hidup kita, suka atau tidak suka. Roh Kudus yang akan menyatakan kebenaran dan rahasia Allah yang dalam2, dalam pikiran kita sehingga kita bisa mengerti 1Kor 2:10 dan berubah seperti apa yang sudah kita mengerti 2Raj 2:10. Jangan lupa selalu penuh dan dipimpin Roh dalam kesucian dan taat melakukan pimpinan atau kehendak Roh, sebab kita bisa lolos dan lulus dalam semua kasus, keadaan yang sulit bagaimanapun, dengan taat dipimpin Roh.
  3. Ikut serta menggenapkan 3 Angka kedatangan Tuhan sebagai garam dan terang Tuhan. Banyak orang melalaikan untuk memenangkan jiwa, istimewa dalam “panci” dan orang2 sekitar kita yang dikirim Tuhan. Meskipun ini tugas penginjil, tetapi ini juga tugas kita semua danperlu untuk cepat menumbuhkan kita dalam pelayanan dan sesuai dengan kehendak dan kasih Allah.Cabang yang tidak berbuah akan dipotong dan dibakar habis Yoh 15:2,5. Tidak semua menjadi penginjil tetapi semua harus dapat menjadi garam dan terang untuk sekitarnya, kalau tidak, garam yang tidak asin akan diracuni oleh sekitarnya dan rusak. Orang yang taat melakukan kehendak Allah menggenapi 3 Angka ini (Mat 7:21), ia sendiri akan tumbuh dan mendapat upah untuk ketaatannya itu sekaligus menggenapkan rencana penamatan Allah bagi dunia dan Gereja. Orang yang tidak tumbuh rohaninya tidak akan tahan di akhir zaman ini.

SIAP UNTUK LULUS PADA AKHIR ZAMAN.

Kalau api itu sudah menyala di seluruh dunia Luk 12:49 yaitu api ujian akhir bagi seluruh dunia (Tuhan Yesus senang sekali kalau ini bisa terjadi sehingga 3 angka kedatanganNya digenapkan, ini hari yang di-tunggu2 umat Tuhan di seluruh dunia). Tetapi mereka yang gugur akan hanyut dalam arus kematian yang dahsyat pada saat2 ini, lebih hebat dari zaman air bah dan api Sodom Gomora (tetapi anggota tubuh Kristus global yang lulus, justru mengalami masa yang penuh sukacita dalam Surga di bumi yaitu zaman keemasan Gereja yang betul2 tertib dalam kesucian 2Kor 10:6).

Ujian yang harus dihadapi adalah:

  1. Kematian yang begitu limpah di sekitar setiap orang, baik oleh kejahatan, perang, malapetaka, krisis2 ekonomi, pekerjaan dll.
  2. Penguasa2 dunia yang menekan dengan kejam dan jahat (3 Antikris), khususnya orang2 yang tidak mau menyembah Antikris, yang tidak mau bergabung dengan 3 tokoh dunia yang jahat ini.
  3. Dosa dan keduniawian dengan segala kesukaan dosa yang menggiurkan baik dalam zina, hedonism, uang, kekejaman yang sadis, kedudukan dll. Orang beriman seperti lewat lembah bayang2 maut di mana 1000 rebah di kiri dan 10.000 tebah di kanan Maz 91:7. Ujian dan pencobaan lahir batin di dalam dan di luar Gereja yang dahsyat yang akan dialami semua orang beriman juga! Kita hanya bisa lulus dan sekaligus diolah masuk dalam zaman keemasan Gereja, yaitu kalau kita menjadi seperti Wah 12:1. Ini kunci yang ajaib untuk lolos dan lulus dari zaman ini.
  4. Dipimpin Roh dengan mahir. Salah sedikit bisa binasa. Belajar mahir mulai sekarang dalam perkara2 kecil dan besar, sebab gagal dalam perkara2 kecil ruginya hanya sedikit dan bisa bangun kembali, tetapi pengolahan ini membuat kita menjadi mahir, juga akan mahir dalam perkara2 besar yang dahsyat (kalau gugur dalam perkara besar inibisa binasa. Misalnya dusta sekarang rugi sedikit, dusta dalam zaman Ananias 2Kor 10:6, bisa mati).Berdoalah selalu dalam Roh dan hidup benar. Pakai balita (bahasa lidah dan tafsirannya) sehingga hidupnya betul2 berkenan pada Tuhan sebab taat dipimpin Roh terus menerus.
  5. Hidup benar dan suci, tidak ada dosa dimana pun dalam mata Allah, bahkan terus meningkat dalam kesucian dan kasih sampai jadi sempurna seperti Kristus. 2Pet 1:10, Jd 24.
  6. Hidup di atas Firman Tuhan (bulan yang jadi darah) dengan penuh penyangkalan diri, limpahFirman Tuhan yang terbuka dengan sempurna, luar biasa sehingga ketakutan hilang Mat 10:26-27.Semua rahasia terbuka, misalnya 1Kor 15:51 tidak mungkin mati dalam aniaya atau ancaman tetapi harus tepat berjalan dalam Roh.
  7. Anggota tubuh Kristus global (perempuan ini) yang mahir hidup dalam tabiat baru, misalnya bisa rendah hati, tidak pernah tersinggung lagi, tidak bereaksi dosa, bisa mengampuni, tidak benci tetapi cerdik menghadapi orang2 jahat dan keji dll. Seperti kehidupan Putra manusia Yesus waktu di dunia diancam dari segala segi oleh segala macam godaan dan pencobaan tetapi terus lulus. Berubah dan meningkatlah sekarang.

Termasuk dalam keuangan bisa hidup bersama seperti dalam Kis 4:32-37; 2:44-45 yaitu tidak lagi cinta uang, bisa berpada dan tidak berdosa karena uang. Juga mahir dalam pikul salib, ibadah, pelayanan, persekutuan, semua tanpa salah. Dengan singkat, rohani harus tinggi, sebab kalaujatuh dalam dosa, akan ditertibkan dengan keras dalam Gereja, juga di luar Gereja akan dihukum dengan keras dalam dunia (ini sama dengan 7 KPR +).

Mata kita harus melihat hal2 indah, mulia dan kekal dalam akhir zaman ini (Kej 49:14-15) yaitu Wah 12:1, supaya jangan kita terjerat oleh daging, dunia dan iblis, sebab yang tidak mau sungguh2 bersedia akan jatuh bahkan mati dalam hari2 yang sulit ini. Jangan kuatir akan semua kebutuhan rohani, itu akan ditambahkan oleh Tuhan Mat 6:33. Tidak mati bukan berarti tidak ada aniaya dan kesukaran. Justru sangat banyak dan sampai di puncak2nya, tetapi dengan Wah 12:1 bisa menang dengan ajaib.

Nyanyian:

Berjaga berdoa di sepanjang masa.