M3844 – Efesus 5:20. Bisa Bersyukur Untuk Yang Lalu, Sekarang Dan Yang Akan Datang.

Bisa bersyukur adalah kehendak Allah, sebab itu kita harus melakukannya. 1Tes 5:18 apalagi untuk yang lalu, sekarang dan yang akan datang, faedahnya besar sekali.

Dalam Luk 17:17, 10 orang kusta, hanya 1 yang tahu berterimakasih sesudah disembuhkan. Apakah hanya 10% orang yang tahu berterimakasih? Itu tergantung dari beberapa faktor, lebih2 mereka yang mengerti bahwa berterimakasih adalah kehendak Tuhan, dipimpin Roh, ingin berkenan pada Tuhan dst, pasti suka berterimakasih dan jauh lebih tinggi dari 10%.

BEDA BERTERIMAKASIH PADA MANUSIA DAN ALLAH.

Apa tanda dari orang yang tahu bersyukur pada manusia:

  1. Berusaha membalas dengan kebaikan sebab penuh syukur (ditolong, dikuatkan, dipelihara, apalagi dalam hal2 yang ia sendiri tidak mampu berbuat). Musuh kita berkati, apalagi pada orang yang kita patut berterimakasih, apalagi kepada Tuhan yang tidak habis kasihNya. Tidak tahu berterimakasih itu jahat 2Tim 3:2, Bil 14:12, Rom 1:21, 2Taw 24:22, Maz 109:5, apalagi membalas dengan jahat Maz 35:12, ia akan celaka Ams 17:13.
  2. Berusaha menyenangkan hatinya se-bisa2nya, bukan mendukacitakan.

Tanda bersyukur pada Tuhan, seperti pada manusia,

  1. Membalas kasihnya.
  2. Menyenangkan hatiNya Kol 1:10.
  3. Tidak lagi berdosa, hidup dalam kesucian.
  4. Dengan gairah mau melakukan kehendak Tuhan dalam dirinya, istimewa membesarkan Tuhan yang sudah menolongnya. Ul 8:10.
  5. MengasihiNya dengan setia sampai akhir.

 

Bedanya bersyukur pada Tuhan dan manusia.

  1. Tuhan tidak berubah, manusia bisa berubah sedikit atau total karena kecewa dll. Tuhan tidak berubah dan adil.
  2. Tuhan maha suci se-lama2nya, manusia bisa jadi dosa dan seringkali sulit membalas kebaikan orang yang hidup dalam dosa, tetapi bagaimanapun juga kita tetap berterimakasih (doakan, lebih2 dalam Roh), meskipun kita tidak bisa setuju dosanya, tetapi Tuhan sanggup menolong orang itu. Kej 12:3.

LAWANNYA BERSYUKUR ADALAH BER-SUNGUT2.

Orang yang ber-sungut2 itu berarti menyatakan bahwa Allah itu jahat, melawan Allah sehingga ia menjadi celaka dan binasa 1Kor 10:10 sesuai dengan persungutannya. Bil 14:27-28. Tetapi orang yang bersyukur kepada Tuhan itu  sebab percaya, bahwa Allah itu baik dan Allah akan tetap baik, cinta, adil maka ia sendiri juga akan mengalami bahwa Allah itu baik, cinta, adil dan murah. Sebab itu jangan ber-sungut2, itu mendatangkan celaka dan kebinasaan. Israel yang begitu banyak ditolong Tuhan habis2an tanpa sebab (hanya karena Abraham) tidak tahu berterimakasih dan terus menerus ber-sungut2 sehingga jadi celaka, nasibnya malang. Seharusnya mereka bisa memusakai negeri Perjanjian, tetapi ternyata mati menyedihkan di padang gurun.

III. BERSYUKUR UNTUK PERTOLONGAN TUHAN DALAM MASA LALU.

Ingat, ada banyak hal yang tidak kita sadari atau kita mengerti, tetapi sudah diperbuat Tuhan untuk kita dan kita belum pernah bersyukur untuk hal2 itu.

Bersyukur pada Tuhan berarti juga mengakui kebaikan Tuhan baginya. Maka fakta ini bisamemperkuat imannya akan kebaikan Tuhan, maka pertolongan dan berkat Tuhan akan lagi mengalir lebih banyak sebab kalau Tuhan sudah mulai memberkati dan menolongnya, Ia akan meneruskan sampai kesudahannya Pil 1:6 kecuali orang itu putus hubungan dengan Tuhan. Orang yang tidak mau berterimakasih, sebabmerasa tidak perlu, tidak berguna, tidak yakin dari Tuhan, matanya ditutup iblis karena dosa2nya, toh sudah selesai, maka orang yang tidak tahu berterimakasih ini menutup berkatnya sendiri, cukup satu kali itu saja. Jadi berkatnya berhenti. Jadi orang yang tidak tahu berterimakasih untuk berkat pertolongan Tuhan yang lalu, itu tidak peduli, tidak percaya dan tidak mengharapkan pertolongan Allah lagi sehingga berkatnya berhenti. Tetapi orang yang tahu berterimakasih untuk yang lalu, yakin Allah itu baik dan masih mengharapkan berkatNya untuk hari2 yang akan datang, sebab itu ia tahu bersyukur dan berkat Tuhan akan datang lagi, mengalir dalam hidupnya. Percayalah Allah tetap benar, adil, murah dan cinta. Haraplah akan Dia selalu, sebab itu bersyukurlah ber-kali2 untuk segala perbuatan, pertolongannya yang sudah kita terima Maz 105:1-2. Kalau bisa buat catatan atau tulisan2 tentang pertolongan Tuhan untuk memberitakan kebaikan Tuhan ber-ulang2, kita sendiri selalu ingat dengan penuh syukur dan berkat Tuhan akan datang lagi.

MENGUCAP SYUKUR UNTUK YANG SEKARANG.

Ini berarti bersyukur untuk pertolongan Tuhan yang:

  1. Baru kita terima, sekarang ini.
  2. Yang sedang kita terima, masih berlangsung.
  3. Yang kita harapkan datang sekarang ini.

Dalam semua keadaan ini, kalau kita bersyukur dengan sungguh2 itu berarti:

  1. Percaya bahwa pertolongan itu dari Tuhan.
  2. Punya rasa syukur, karena untung ditolong Tuhan.
  3. Ada hubungan baik dengan Tuhan, sumber dari segala pertolongan itu.
  4. Termasuk juga korban syukur yaitu meskipun kita belum melihat apa2 atau justru menderita yang tidak enak, yang merugikan, bukan tertolong, tetapi kita yakin bahwa Allah sanggup menolong kita, mengubahkan semua ini menjadi pertolongan dan kebaikan bagi kita, sehingga kita tetap bersyukur Ay 1:21; 13:15, sekalipun justru jadi korban. Im 7:12,13,15 dsb.

Begitu banyak faedah dan keindahan dari orang yang bisa bersyukur, istimewa korban syukur yang membuat celaka jadi untung. (Tentu kita harus periksa diri jangan ada dosa atau reaksi dosa. Kalau ada dosa jangan menaikkan korban syukur tetapi bertobat sungguh2, sebab celaka yang dialami orang yang hidup dalam dosa itu adalah hajaran, bukan ujian).

Kalau hati kita tidak menyalahkan kita, kita tidak beruat dosa (oleh anugerah Tuhan), maka percayalah bahwa asal kita tetap tinggal dalam kesucian dan dipimpin Roh (jangan dipimpin daging atau hawa nafsu) maka dengan bersyukur untuk segala perkara yang terjadi, semua hal itu akan berubah menjadi kebaikan dan keuntungan kita.

BERSYUKUR UNTUK YANG AKAN DATANG.

Untuk orang yang tidak percaya dan tidak mengenal Tuhan ini aneh dan dirasa tidak perlu dan ia merasa tidak salah. Sebab orang baru bersyukur sesudah menerima apa2. Bersyukur untuk yang akan datang ini sulit, sebab kita tidak tahu problem kita dan pertolongan Tuhan yang akan datang.

Tetapi Tuhan tahu yang akan datang dan Ia juga tahu apa yang akan dibuat untuk kita di hari2 yang akan datang sehingga orang yang mengerti dan percaya akan Tuhan, tahu bersyukur tentang yang akan datang dan itu cocok dengan kehendak dan rencana Allah dan ia akan mengalami banyak hal2 yang indah.

Ber-sungut2 itu membuat hari2 yang akan datang jadi gelap dan rusak. Orang yang terus ber-sungut2 seperti orang Israel yang merasa percuma ikut Tuhan, Tuhan tidak akan menolongnya, hidupnya akan pahit, lebih baik kembali cara lama di Mesir. Ini orang Israel yang tidak percaya pada Tuhan, tidak yakin akan pertolongan Tuhan di hari2 yang akan datang. Mereka tidak yakin akan kuasa dan kasih Allah bagi mereka di hari2 yang akan datang, sebab itu mereka ber-sungut2 dan itu membuat hari2 yang akan datang jadi gelap dan rusak dan mereka binasa karena persungutannya. 1Kor 10:10. Sebab itu kita harus mengerti tentang bersyukur ini supaya jangan ber-sungut2, paling tidak diam dan berdoa terus bahkan lebih baik lagi periksa diri dan kalau tidak ada salah, terus bersyukur.

Bagian ini (yang akan datang) adalah yang paling penting, sebab yang lalu dan yang sekarang sudah lewat, kita memang harus tahu bersyukur, tetapi sudah tidak bisa diubah lagi tetapi tahu berterimakasih untuk hari2 yang akan datang itu sangat penting dan indah, sebab dengan percaya dan bersyukur pada Tuhan, kita akan membentuk hari depan kita dengan Tuhan. Sebab itu kita harus mengerti baik2 apa artinya bersyukur untuk yang akan datang dan sungguh2 bersyukur pada Tuhan, yaitu:

  1. Berarti percaya bahwa Tuhan bisa dan masih akan menolong kita dan kita akan menerima dari Tuhan sesuai dengan iman kita Mat 8:13. Ini sebaliknya dari orang yang ber-sungut2 yang membuat masa depan gelap dan rusak. Tetapi orang yang bisa bersyukur pada Tuhan (sebab percaya dan harap Tuhan) membuat masa depan kita indah dan makin indah, terang benderang di dalam Tuhan.

Memang seharusnya kita percaya akan kebaikan Allah pada kita, sebab:

  1. Kalau Dia sudah memulai di dalam kita, Dia akan meneruskan sampai ke akhir Pil 1:6.
  2. Allah tidak berubah kasihNya, kesetiaanNya, kebaikanNya, keadaannya dsb. Ibr 13:8, 2Tim 2:13. Sebab itu orang yang bisa percaya bahwa Allah itu kasih dan tidak akan berubah kepadanya, itu untung besar, sebab ia akan mengalami hal itu lagi bahkan terus menerus. Begitu juga dalam pencobaan, pergumulan, peperangan dll, dengan Tuhan kita pasti akan menang dan sebab itu kita bersyukur untuk yang akan datang, jangan ragu2, jangan kuatir! Jalan dengan Tuhan baik2 dan bersyukur untuk yang akan datang.

Bersyukur lebih dahulu itu berarti uang muka (voorschot) untuk berkat2 dan pertolongan yang akan datang, tetapi ber-sungut2 atau berbuat dosa itu berarti pembatalan dari semua yang baik yang sudah disediakan Allah pada kita!

Mengalami rencana Allah yang terbaik bagi kita. Tuhan punya rencana yang terbaik bagi setiap anaknya (itu bisa rusak, merosot atau batal karena dosa2 dan kekerasan hati Pkh 9:18. Biasanya kalau orang berdosa masih hidup, masih ada sisa2 rencana Allah atau sedikit pemulihan yang ada, ini yang akan diterima orang dosa yang bertobat yang berubah dan kalau sekarang bisa bersyukur untuk yang akan datang). Kalau kita hidup dalam kesucian dan taat melakukan kehendak Allah, maka rencana Allah tidak sampai rusak atau merosot (atau hanya rusak sebagian karena sedikit dosa2 yang lalu) dan itu akan makin nyata dalam hidup kita. Kalau kita tahu berterimakasih pada Tuhan untuk yang akan datang, maka rencana2 yang indah itu akan dijadikan, dinyatakan dalam hidup kita. Sebab itu dengan pengertian dan iman, bersyukurlah terus kepada Tuhan tentang yang akan datang, jangan ragu2 atau kuatir, apalagi ber-sungut2! Jangan bersyukur sebabkebiasaan tradisi atau otomatis, itu kurang faedahnya. Tetapi bersyukur dengan segenap hati dengan pengertian dan dengan iman.(Jangan lupa orang yang bersyukur dengan segenap hati itu juga berarti hidup suci, taat melakukan kehendak Tuhan dan berusaha memperkenankan Tuhan yang kita syukuri). Suatu cara yang mudah (memang Tuhan tidak mempersulit tetapi mempermudah se-banyak2nya; apalagi untuk orang yang mengerti kebenaran Firman Tuhan, ia akan makin mudah taat dan akan makin lebat ber-buah2 Mat 13:23).

Tuhan bisa memaksakan rencana yang indah2 terjadi dalam hidup umat Tuhan, tetapi kalau tidak cocok (orangnya hidup dalam dosa, maka Allah tidak betul, tidak adil, pasti tidak dilakukan. Rencana Allah ada syaratnya dan setiap kita harus memenuhi syaratnya). Kalau kita mau taat melakukan kehendak Tuhan dan berjalan dalam ril kehendak Tuhan, kita akan mengalami rencana Tuhan, apalagi kalau kita mengerti dan terus bersyukur pada Tuhan untuk yang akan datang, maka rencana Tuhan yang indah2 itu akan makin mudah terwujud dalam hidup kita yang akan datang. Justru Tuhan menghendaki dan merindukan hal ini sebab itu kalau kita mengerti dan terus bersyukur, Tuhan sangat senang!

  1. Akan mendapat lebih banyak pengertian dan pengalaman yang indah2 dari Tuhan. Mat 13:12. Sebab orang yang bisa bersyukur tentang yang akan datang itu berarti percaya dan mengerti tentang berkat2 yang indah yang akan datang. Kalau ia percaya, mengerti dan taat, ia akan mengalaminya.Dengan bersyukur tentang yang akan datang kita akan makin jelas mengerti, lalu taat, maka kita akan lebih banyak mengalami rencana2 Allah yang makin kita mengerti. Mat 13:12. Kalau kita mengerti dari Tuhan, maka kita akan mengalaminya. 2Raj 2:10.

Jadi orang yang mengerti, mau taat dan dengan iman bersyukur dengan segenap hati untuk yang akan datang, ia akan terus Meningkat Sampai Puncak, terus ber-tambah2 dalam pengertian, pengalaman dan hal2 yang indah dari Tuhan.

Sebab itu untuk yang akan datang, bersyukurlah dengan iman dan pengertian, dan terus taat di rel Tuhan,maka semua akan makin ber-tambah2 terus, makin baik, makin indah dari Tuhan. Lebih2 pada akhir zaman ini, kalau kita bisa bersyukur setiap kali dan terus hidup dipimpin Roh (bukan dipimpin daging) (meskipun keadaan makin jelek dan gelap), maka kita akan tumbuh terus dan disiapkan untuk hari2 yang akan datang untuk lebih kuat dan indah mengalami rencana Allah, istimewa untuk masuk dalam rencana penamatan Allah yang heran itu, sehingga bisa ikut dalam pengangkatan bahkan sebagian menjadi sempurna.

Jaminan Allah.

Kalau kita terus bersyukur pada manusia untuk kebaikannya dari hari2 yang akan datang, itu tidak ada garansinya. Sebab manusia bisa berubah, mungkin dahulu cinta kita, bisa berubah jadi benci atau bangkrut, tidak berdaya atau matidll. Tetapi Tuhan tidak berubah, tidak pernah salah/ keliru, tetap kasih dan setia, kalau kita mau tetap dalam ril Tuhan dipimpin Roh, sebab Tuhan adalah jaminan yang kuat sekali untuk hari2 yang akan datang,  sampai kekal se-lama2nya.

 

KESIMPULAN.

Kita harus punya pengertian yang betul dari Firman Tuhan tentang bersyukur, bahwa itulah kehendak Tuhan. Jangan ber-sungut2 itu membuat hidup jadi gelap dan rusak, sebaliknya daripada bersyukur.

Orang yang bisa bersyukur dengan betul dan yakin, ia akan:

  1. Hidup terus dalam kesucian.
  2. Melakukan kehendak Allah dalam hidupnya supaya bisa terus berkenan pada Tuhan.

Kita harus belajar untuk bersyukur senantiasa dengan segenap hati dan keyakinan untuk:

  1. Yang lalu (juga yang kita tidak tahu, tidak sadar, tidak mengerti). Kita percaya itu semua dari Tuhan dan kita bersyukur maka berkat yang akan datang akan terus mengalir. Orang yang tidak tahu bersyukur tentang yang lalu, sebab rasa tidak perlu, tidak yakin dari Tuhan dll, berkatnya akan berhenti dan rohaninya akan macet.
  2. Yang sekarang. Yang sudah, sedang atau yang akan kita terima, juga dengan korban syukur, itu berarti memelihara hubungan baik dan masuk dalam hadirat Tuhan, maka Tuhan akan meneruskan pertolonganNya.
  3. Yang akan datang, berarti:

3.1. Percaya bahwa Tuhan bisa dan masih akan menolong kita.

3.2. Uang muka untuk berkat yang akan datang.

3.3. Akan mengalami rencana Allah yang baik yang akan datang.

3.4. Akan dapat lebih banyak pengertian dan pengalaman dari rencana dan berkat Allah.

Kita akan Terus Meningkat Sampai Puncak dengan Allah yang tidak berubah sebagaijaminannya. Betapa untung orang yang bisa bersyukur untuk yang akan datang dengan yakin dan dengan segenap hatinya pada Tuhan, maka ia akan terpelihara sampai hari2 yang akan datang dan kekal.

Bisa bersyukur dengan betul, dengan yakin dan segenap hati itu akan membuat rencana Allah yang akan datang menjadi nyata dalam hidup kita.

Nyanyian:

  1. Kami naikkan syukur padaMu.

Untuk s’mua yang Tuhan t’lah lakukan.

Yang lalu, yang s’karang, yang ‘kan datang.

Kami naikkan syukur padaMu.

 

  1. Syukur 3x pada Tuhan Yesus 2x

Syukur untuk yang telah kut’rima.

Syukur untuk yang sekarang ini.

Syukur untuk yang ‘kan ku t’rima,

syukur padaNya.