M3831 – 1Korintus 15:58. Laboratorium.

APA?

Dalam dunia peran laboratorium itu sangat penting, lebih2 dalam kesehatan (kesembuhan kelas II), dll. Secara sekuler:

  1. Tujuan laboratorium adalan untuk melihat fakta2 yang sebenarnya tetapi tersembunyi, perlu dipakai ber-macam2 test untuk tahu keadaan sebenarnya.
  2. Ada banyak hal yang tidak diketahui dan harus diperiksa dalam laboratorium.
  3. Banyak tindakan dilakukan berdasar hasil lab. Misalnya dalam pembangunan rumah, lebih2 yang bertingkat, dari hasil analisa tanah ditetapkan bentuk dan macam pondasi bangunan tersebut. Juga dalam kesehatan, berdasar hasil laboratorium ditentukan tindakan yang harus dilakukan, misalnya kalau HB (kadar Hemoglobin, jumlah darah) 6 atau 9, tindakannya sangat berbeda, bahkan bisa menentukan nasib penderita.

MENGHADAPI FAKTA.

Jangan takut menghadapi fakta, sebab:

  1. Semua diketahui atau diizinkan Tuhan Mat 10:30 dan ada maksud tertentu dari Tuhan bagi kita, jangan kuatir.
  2. Jangan takut. Kalau kita tetap di dalam Tuhan, Tuhan menjadi jaminan kita sesuai dengan Firman Tuhan, bahkan fakta2 yang jahat dan jelekpun akan menjadi kebaikan dan berkat bagi orang yang mencintai Tuhan. Rom 8:28.
  3. Ini bukan dosa. Zaman sekarang kesembuhan kelas II (dengan usaha2 manusiawi, dokter dan obat) seringkali tidak bisa lepas dari Laboratorium. Ini bukan dosa, sebab Laboratorium hanya memberi data2 dari fakta yang ada. Kita boleh menghitung dan memperhatikan faktor2 yang jelek dan yang baik secukupnya, tetapi jangan harap pada yang baik atau takut dengan fakta2 yang jahat, melainkan terus lekat dan bersandar pada Tuhan sambil menghadapi fakta2 tersebut.

Sebab itu, hadapi fakta, jangan takut melihat fakta baik atau jahat, tidak ada yang kebetulan. Dalam memelihara kesehatan atau untuk kesembuhan kita seringkali sampai di Laboratorium. Bahkan ada baiknya check up, lebih2 waktu makin tua. Kita perlu tahu fakta2 tentang keadaan kita. Sebab itu pergi periksa ke Lab, itu sama seperti pergi ke dokter, asal tetap dalam kesembuhan kelas II.

Jadi laboratorium (Lab) adalah cara untuk mencari atau menyelidiki fakta2 yang belum kelihatan baik untuk sehat sembuh jasmani juga untuk sehat sembuh rohani yang menentukan umur dan tingkat rohani kita supaya bisa tumbuh setinggi mungkin, supaya jangan sampai berakhir sia2.

 

III. BEBERAPA TEST LABORATORIUM UNTUK HAL2 JASMANI.

Kita memelihara kesehatan rohani dan jasmani, keduanya, bahkan yang rohani lebih utama menurut 3Yoh 2, sebab jasmani akan menyusul. Kita akan melihat dahulu beberapa test untuk kesehatan jasmani sebagai contoh. Misalnya:

  1. Test gula darah, puasa itu mudah, bisa dikerjakan kaum awam, sebagai tanda penyakit Diabetes yang sulit sekali untuk sembuh, tetapi kalau kadarnya dijaga terus normal, praktis seperti sembuh.
  2. Berat dan tinggi badan sehingga didapat Index Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI) supaya tidak terlalu gemuk sebab akibatnya lebih mudah kena banyak penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, Diabetes dll, apalagi ditambahkan panjang lingkar perut.
  3. Osteoporosis (harus dengan alat yang cukup mahal untuk kaum awam) untuk tahu tingkat kekeroposan tulang, lebih2 pada yang tua dan perempuan.
  4. Tensi, tekanan darah tinggi. Seringkali orang tidak merasa, tahu2 tekanan darahnya tinggi, maka kemungkinan terjadi serangan jantung dan stroke lebih besar. Karena itu kalau diukur dan tahu lebih baik, sebab kalau tinggi bisa diturunkan sehingga bisa dicegah kemungkinan2 yang berbahaya.
  5. Dan lain2.

Pada prinsipnya dari hasil2 Laboratorium ini bisa didapatkan data2 untuk pencegahan atau pengobatan dini supaya kesehatannya jangan terganggu (banyak) sehingga tubuh tetap sehat.

MAZMUR 139:23-24. TEST UNTUK KESEHATAN ROHANI.

Meskipun tidak lazim didengar, tetapi sebetulnya test (Lab) untuk kesehatan rohani itu sangat penting dan itu sudah termasuk di dalam Alkitab. Untuk test laboratorium jasmani, harus ada orang2 bahkan dokter yang ahli untuk laboratorium (biasanya dokter Pathology Anatomi, microbiol dll). Untuk laboratorium rohani, seharusnya gembala dan pemimpin itu lebih ahli dalam hal ini (tetapi tidak semua sadar), namun dalam hal rohani semua umat Tuhan harus bisa melakukan test ini sebab ada Roh Kudus, Allah yang maha besar yang selalu siap menolong semua umat Tuhan, sehingga dengan pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan kita bisa jadi cukup ahli untuk mengerjakan, menilai dan memperbaikinya, sehingga rohani tetap sehat dan bisa tumbuh dalam rencana Allah sampai sempurna, maka jasmani juga sembuh dan sehat. 3Yoh 2.

Kita akan melihat hanya beberapa contoh tentang hal ini sebab Alkitab kita ini lengkap, dengan Roh Kudus, semua segi hidup bisa ditest dan dinilai dengan teliti dan tepat.

  1. Test dosa. Dosa itu sumbernya segala penyakit dan celaka bahkan kalau sudah matang jadi perbuatan dosa dan akhirnya (seperti penyakit2 yang tidak disembuhkan, orangnya mati) begitu juga dengan dosa, akhirnya maut Rom 6:23 bahkan sampai kekal. Kita akan melihat:

1.a. Tanda2 ada atau tidak ada dosa.

Kalau tidak ada dosa, maka orang ini akan merasa sejahtera, bisa bersukacita dalam segala saat sekalipun dalam penjara kesukaran Kis 16:25. Tidak kuatir, tenang dll tanda dari hidup benar (= dosa tidak ada).

Tetapi kalau ada dosa, maka timbul gelisah, takut, kuatir, tidak bisa bersukacita sampai dalam hati, kacau, lalu timbul macam2 tanda2 dosa lainnya seperti JMPE (Jengkel Mangkel Pegel dan Emosi). Yang penting kita harus tahu permulaan dosa yang timbul dalam hati supaya bisa segera diatasi, dibuang sehingga tidak tumbuh jadi dosa yang makin besar, matang dan menimbulkan perbuatan2 dosa yang keji dengan akibat yang jauh lebih dahsyat bahkan akhirnya tidak bisa dibetulkan lagi (dosa keras hati dan kemudian dosa sempurna). Lalu segala bentuk dosa akan muncul, semua langsung bisa mengenalinya, tetapi dosa dalam hati, apalagi dengan sikap pura2, itu yang perlu di test! Sebab ada dalam hati tetapi tidak tampak dari luar.

1.b. Cara2 testnya. Semua test rohani jadi mudah kalau:

1.b.1. Kita mau disucikan dari semua dosa dan kesalahan.

1.b.2. Mau berdoa lebih2 dalam Roh dan kebenaran dan bisa mendengar suara Roh Mrk 4:23, sebab Roh Kudus itu Allah yang maha besar, sebetulnya terlalu besar untuk problem kecil2 ini, tetapi Dia mau.

1.b.3. Kalau suka belajar Firman Tuhan, ini seperti kaca, kita bisa melihat dengan jelas kekurangan2 kita Yak 1:23-24.

1.b.4. Dalam persekutuan yang normal 1Yoh 1:7 sehat (bukan persekutuan duniawi yang membela dan menutupi kesalahan kelompoknya, atau segan bicara dll). Harus saling menasehati Pil 2:1, Kol 3:16 (lebih2 dengan kasih 1Yoh 1:7) maka orang lain bisa lebih mudah melihat dosa yang disembunyikan, apalagi kalau bersekutu dekat satu sama lain misalnya suami istri dan dalam kerjasama baik dalam pelayanan dan pekerjaan sekuler.

1.b.5. Dalam Perjamuan Suci.

1.b.6. Masuk lebih jauh dalam hadirat Tuhan dsb.

Kalau kita memelihara rohani kita tetap sehat, maka tanda2 ada atau tidak ada dosa akan makin nyata; Kalau hidup disucikan, maka pelayanan akan limpah dengan pengurapan dan jadi berkat; juga orang ini akan tumbuh dan mengalami rencana Allah yang indah, hati puas, sukacita yang murni, gembira, dan bisa berjalan dengan Tuhan, dengan indah, sehingga bisa mengalami rencana Allah. Ini keadaan yang sangat indah, sebab tidak ada dosa 2Pet 1:8, tetap merdeka dari dosa Yoh 8:36 bahkan dalam pencobaan. Kalau ada sedikit dosa dalam hati, lebih2 pada orang2 yang dipakai Tuhan dengan heran, bisa menimbulkan banyak celaka bahkan bisa fatal. Misalnya Musa, salah sedikit di air Meriba, ia tidak jadi masuk Kanaan Ul 32:50-51. Juga seorang nabi muda (nabi itu tingkat disiplinnya sangat tinggi).

Nabi muda yang selesai menegur Yerobeam, sebab simpan dosa kecewa dan cinta harta duniawi, ia menjadi celaka. Meskipun dari luar semuanya betul, perkataan dan jalannya masih betul, tetapi hatinya sudah salah (sebab kecewa tidak dapat apa2 dalam pelayanan yang heran ini) dan akibatnya dahsyat, ia masuk dalam jerat nabi tua dan binasa 1Raj 13:14-25. Jadi Nabi muda ini dari luar baik2 saja, tetapi dalam hatinya sudah ada dosa yang jahat, menyesali Allah dan ia tidak bertobat seperti Yunus dan binasa. (Kalau nabi muda ini masuk perut ikan bisa bertobat? Mungkin! Sebab itu orang yang berdosa pada Tuhan, kalau masuk perut ikan, masih lumayan! Mungkin masih bisa bertobat!).

Tetap lepas dari dosa Jud 23, tdiak sampai diperbudak kembali Gal 5:1. Kalau test untuk dosa ini negatif boleh ikut makan Perjamuan Suci, boleh ikut pelayanan dan berjalan dengan Tuhan akan mengalami perkara2 yang indah dan besar dengan Tuhan Maz 60:14, sangat indah 1Kor 2:9. Kalau kita bisa mentest hati kita (atau saudara2 kita dalam persekutuan), maka tidak akan sampai jadi celaka seperti dalam Mat 7:23. Beberapa banyak orang2 yang dipakai Tuhan dengan heran, jatuh dan rusak hidupnya seperti Saul, Yudas dll, sebab hatinya tidak pernah di test kalau ada dosa atau tidak. Daud lepas dari akhir yang celaka sebab punya “laboratorium pribadi” dengan Tuhan, ia selalu mentest hatinya dengan Roh Kudus seperti dalam Maz 139:23-24 sehingga aman tidak sampai celaka.

Dalam kesehatan jasmani, test tekanan darah, bisa mencegah kematian mendadak dan akibat2 besar (tetapi ini tetap dengan izin Allah, tidak ada yang kebetulan bagi orang beriman!).

Sebaliknya kalau tensi, gula darah, cholestrol darah, fungsi hati, ginjal, jantung dll baik, orang itu sehat, bisa bergerak dengan bebas, tetapi kalau nganggur, banyak hutang, diancam dll biarpun sehat hidupnya tidak enak. Tetapi umat Tuhan kalau hidupnya bebas dari dosa dan terus taat berjalan dengan Tuhan, maka apa saja yang datang mengganggunya, ia bisa tetap sejahtera Pil 4:7, sebab Tuhan beserta orang benar 1Pet 4:12, pasti hidupnya indah. Sehat rohani itu indah; sehat jasmani belum tentu indah; sebab meskipun tubuhnya sehat, tetapi kalau hatinya kacau orang dunia bisa bunuh diri (ini dosa, langsung masuk Neraka).

Sebab itu kita perlu sering2mencheck ada dosa atau tidak, dan ini bisa otomatis, kalau kita berjalan terus dalam Roh, maka kalau ada kemungkinan bisa jatuh dalam dosa, atau ancaman, dan godaan dosa, Roh Kudus langsung mengingatkan kita. Ini jauh lebih canggih dari tehnologi laboratorium dunia yang paling canggih. Allah kita itu luar biasa.

 

ADA KASIH ATAU BENCI DALAM HATI?

2.a. Tanda2 permulaan (kalau sudah lanjut, semua tahu, tidak perlu test lagi). Seringkali kita (apalagi orang lain) sering tidak tahu kalau ada kasih atau benci sedikit dalam hati.

Tanda kalau ada kasih:

2.a.1. Tuhan hadir, ada sejahtera dan senang 2Pet 1:8.

2.a.2. Tidak ada dosa, tanda2nya seperti di atas.

2.a.3. Ada pengampunan, tidak benci dendam, JMPE dll, sehingga bisa menjadi berkat di mana2 saja sambil tetap minta pimpinan Tuhan supaya tidak dicelakakan atau dirugikan orang2 jahat. Kalau tidak bisa mengampuni, sekalipun wajahnya baik2 saja, itu tanda tidak ada kasih, bocor atau habis kasihnya lalu timbul JMPE dll.

Kalau ada sedikit kepahitan, itu tanda2 ada dosa (ditambah gelisah, kosong, pahit dll) dan hubungan dengan Tuhan kristis sampai putus Yes 59:2. Kadang2 masih ada hubungan dengan Tuhan sebab kemurahanNya, seperti Simson dengan Delila, tetapi pada ke-4 kalinya Roh Kudus meninggalkan dia. Kita perlu bisa mengetest dan membedakan apa yang tersembunyi dalam hati, apa ada kasih atau kebencian, lebih2 dalam keadaan yang penting, sebab kalau ada dosa (benci, iri, tidak suka hati, JMP dll) suara Tuhan tidak datang atau tidak bisa dibedakan, akibatnya bisa besar sekali, lebih2 dalam keadaan2 kritis atau dalam kerjasama tubuh Kristus bisa kacau atau macet. Sedikit dosa bisa membuat celaka besar (seperti robot besar Chalengger meledak karena kesalahan kecil), misalnya dosa Achan, membuat Israel kalah di Ai.

 

2.b. Test untuk dosa juga bisa dipakai untuk ini, hampir sama dengan test untuk dosa (seperti satu alat dalam Lab bisa mengukur banyak macam test), yaitu doa, Firman Tuhan, nasehat dalam persekutuan tubuh Kristus dll. Sebab itu sering2lah mencheck isi hati, bahkan setiap hari dan bisa otomatis kalau kita berjalan dalam Roh, dengan Tuhan.

Banyak hal2 bisa diperiksa, di test, bahkan segala macam dosa, asal kita tahu testnya.

  1. Cinta uang, waktu rugi, kehilangan, tidak bisa tahan.
  2. Ada dosa perzinaan.
  3. Ada benih2 kesombongan, ingin puji dan ambisi.
  4. Ada percintaan dunia.
  5. Rohani suam.
  6. Iri (seperti di dalam hati Saul pada Daud).
  7. Putus hubungan dengan Tuhan.
  8. Gangguan dalam persekutuan tubuh Kristus.
  9. Persekutuan tubuh Kristus yang betul atau salah.
  10. Tanda2 hidup di Halaman.
  11. Tanda2 hidup di Ruangan Suci.
  12. Tanda2 hidup di Ruangan Maha Suci.
  13. Dipanggil Tuhan fulltime.
  14. Suara Tuhan itu betul atau bukan.
  15. Membedakan kehendak daging atau Roh.
  16. Membedakan kehendak dunia atau Roh.
  17. Hubungan suami istri normal atau ada gangguan.
  18. Cinta antara suami istri masih ada atau sudah habis.
  19. Kesetiaan.
  20. Efisien waktu dan tebus waktu.
  21. Ada percintaan lain atau berhala.
  22. Dst, dst. Masih banyak yang lain dan semua bisa ditest sebab hal2 rohani yang tidak tampak itu tampak jelas oleh Allah, tetapi tidak kelihatan bagi orang yang mata rohaninya buta 2Kor 4:4.

Jangan lupa Roh Kudus bisa “men-test”, menunjukkan hasilnya pada kita dengan segala cara, juga dengan karunia2 Roh, istimewa marifat. Kalau kita dengan segala macam test ini bisa melihat seperti Allah, kita tidak akan mudah ditipu atau dijerat iblis 2Kor 2:11.

APA GUNANYA LABORATORIUM ROHANI ?

Hasilnya itu luar biasa. Banyak orang tidak sadar!

  1. Segala kemacetan, kejatuhan yang dahsyat itu bisa dicegah kalau punya “laboratorium rohani”,seperti Yudas, Gehazi, Simson. Salomo dll itu semua dimulai dengan kejatuhan dalam hati. Kalau ini bisa dideteksi, maka kita bisa bebas dari dosa, tipu daya dan “bom waktu” iblis. Jangansampai waktu tiba di hadapan Allah, ditolak seperti Mat 7:23. Ini orang yang jatuh pada saat terakhir. Gal 3:3-4.

Pembersihan itu harus sampai hati, pikiran dan angan2 (MAK DSS). Kalau ada dosa, pasti satu kali akan muncul ke permukaan, dalam perbuatan Yak 1:15.

  1. Pemeliharaan yang betul harus selalu dijaga bersih sejak dari dalam pikiran Ams 4:23. Ini baru namanya memelihara hubungan baik dengan Allah. Seperti Putra manusia Yesus di dunia itu hidupnya bersih sampai dalam hati, pikiran dan angan2 Gal 5:24.
  2. Bisa mengalami rencana Allah yang besar dan indah, sebab bisa terus mentest, hidupnya bersih dari segala perkara dosa dan tipu daya iblis.

Orang seperti ini pasti akan jadi orang luar biasa, orang besar dengan Allah Maz 60:14. Allah tahu tepat siapa yang ada sedikit atau banyak dosa dan yang memang simpan dosa atau tidak. Orang yang betul2 disucikan sampai dalam hati akan mengalami rencana Allah yang heran seperti Daud, Abraham, Ishak, Yacob, Daniel, Paulus, Petrus dll. Baik dalam hal jasmani dan rohani akan jadi besar dan indah. Pada waktu ia masuk dalam ujian yang berat, akan tetap menang dan mengalami rencana Allah yang indah2, bahkan bisa sampai sempurna seperti Musa, Elia, Henokh.

Kita perlu mengerti tentang hal ini supaya betul2 puas, sukacita, indah dan mulia di hadapan Tuhan.

  1. Dalam Minggu ke-70 Daniel, 3,5 tahun I disini tidak lagi pakai Lab tetapi seperti screening yang ketat dan wajar. Seperti screening di bandara dll; sekalipun ada dusta kecil dalam hati Ananias dan Safira, langsung ketahuan dan mati di tempat.

Laboratorium atau screening ini luar biasa, betul2 disucikan dengan penuh, bahkan setiap salah dihukumkan 2Kor 10:6.

Roh Kudus akan terus bekerja sehingga Gereja disucikan dan Gereja yang disucikan jadi ajaib, luar biasa Wah 12:1. Kuasa Allah bekerja dengan limpah seperti yang dialami. Putra manusia Yesus, yang jadi contoh bagi kita, sangat ajaib. Gereja seperti ini akan jadi luar biasa, bahkan melakukan perkara2 yang lebih besar dari zaman Putra manusia Yesus Yoh 14:12.

  1. Sekarang, sekalipun kita belum mengalami Minggu ke-70 Daniel yang luar biasa tetapi kita bisa mulai mengalami pemeriksaan dan test yang luar biasa ini, sebab Roh Kudus + Firman Tuhanyang mengerjakan semua test ini, sekarang tetap ada dengan kita! Ini akan membuat kita sehat dan tidak sampai jatuh dalam dosa dan Roh Kudus + Firman Tuhanakan bekerja luar biasa. Kalau toh ada dosa, jangan kecil hati atau putus asa, bertobat sungguh2 dan dipulihkan baik2, dan jangan sampai berdosa lagi. Belajar memenuhi syarat2 Minggu ke-70 Daniel maka kita juga akan mengalami segala kuasa dan kemuliaan yang ajaib itu secara pribadi. Firman Tuhan, Roh Kudusnya yang akan datang itu sama dengan yang sekarang! Siapa yang mau, ia akan mengalami secara pribadi (dalam Minggu ke-70 Daniel yang mau akan mengalami bersama) sangat indah dan luar biasa. Periksalah baik2 dengan sungguh2 mau taat, dengan Firman Tuhan dan Roh Kudus, dengan persekutuan tubuh Kristus yang betul, pasti bisa mengalami perkara2 besar secara pribadi seperti dalam Minggu ke-70 Daniel. Sebab yang menentukan dan memungkinkan semuanyaadalah Allah yang sama dahulu, yang akan datang dan sekarang.

KESIMPULAN.

Untuk sehat sembuh dan umur secara jasmani untuk kesembuhan kelas II, manusia memerlukan laboratorium yang teliti dan tepat.

Secara rohani kita juga harus bisa memeriksa diri dan melihat dengan teliti persyaratan2 yang ditentukan dalam Firman Tuhan supaya Roh Kudus bisa bekerja dengan bebas dan penuh di dalam kita. Juga kita bisa mentest dan menscreen segala siasat dan tipu daya iblis dalam pribadi kita dan dalam Gereja Tuhan, supaya jangan ia mendapat pintu masuk dan tempat bercokol, supaya jangan keselamatan dan rencana besar dari Allah gagal dalam hidup kita seperti Yudas, Gehazi, Simson, Salomo dll. Sebab itu sukalah memeriksa diri dengan Firman Tuhan dan berdoa dalam Roh, maka kita akan sehat (sembuh) rohani dan jasmani dan bisa mengalami rencana Allah yang besar2 dan mulia.

Nyanyian:

Selidiki aku.