M3699 – 1 Tes 3:3-8 Siap Untuk Masuk Minggu 70 Daniel

I. DUA MACAM KEDATANGAN TUHAN.
Kita harus selalu siap, sebab setiap orang pasti bertemu Tuhan:
1. Waktu mati Amos 4:12, Ibr 9:27.
2. Semua orang akhir zaman akan menghadapi kedatangan Tuhan.
a. Orang yang siap, patokannya adalah “permulaan Minggu ke-70 Daniel”, ini masa persiapan cepat dan terakhir (3,5 tahun) untuk bisa meningkat se-tinggi2nya.
b. Untuk orang yang tidak siap, ligabo (= lima gadis bodoh) dan orang dunia patokannya adalah pengangkatan, tidak bisa berubah lagi.
Sebab itu semua orang harus siap menghadap Tuhan, bukan hanya orang akhir zaman.
II. BILA TUHAN YESUS DATANG?
Jangan main kira-kira, jangan tertipu oleh nubuat-nubuat yang salah. Kita harus mengutamakan tiga hal ini yaitu:
1. Kita tidak menunggu tanggal pengangkatan tetapi tanggal mulainya Minggu ke-70 Daniel, yaitu tiga setengah tahun sebelum pengangkatan.
Kalau orang-orang yang sudah bersedia (hidup seperti ligabis, penuh dan dipimpin Roh senantiasa) sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, mereka akan mengerti oleh Roh Kudus (Yoh 16:13), sehinggamakin lama makin jelas.
2. Lihat tanda-tanda zaman. Mat 16:3. Ada banyak tanda-tanda yang dinyatakan Tuhan, tetapi semua itu bertingkat. Misalnya peperangan, kelaparan, kebencian dsb. Makin lama tanda-tanda itu akan muncul secara global, tiba2 dan belum pernah ada. Kita tidak perlu bingung, sebab Roh Kudus akan memberi pengertian dan meyakinkan kita, membawa kita pada segala kebenaran Yoh 16:13. Yang penting sekarang ini cepat-cepat menyelesaikan tugas kita masing2 Kis 20:24, apakah kita akan bertemu Tuhan dalam kematian atau dalam pengangkatan, itu Tuhan yang menentukan, tetapi kita harus menyelesaikan segala bagian pekerjaan yang dibebankan atas kita. 2Tim 4:6-7.
3. Jalan dalam terang, di ril Tuhan, dipimpin Roh. Kalau kita di ril Tuhan, kalau sudah dekat, yaitu 3,5 tahun sebelumnya, kita akan tahu. Orang yang hidup dalam gelap, kedatangan Tuhan itu seperti pencuri, tahu-tahu ia tertinggal dan tidak ada kesempatan lagi 1Tes 5:3-8. Kalau kita hidup dalam terang, dipimpin Roh, maka kedatangan Tuhan akan kita ketahui yaitu waktu masuk Minggu ke-70 Daniel dan kita bisa mengikuti persiapan terakhir, asal kita hidup benar, dalam kesucian di ril Tuhan, dipimpin Roh. Kita akantahu sebelumnya seperti Nuh, Abraham dan anak-anak terang,
Sebab itu yang penting:
3.1. Hidup dipimpin Roh dalam kesucian dan terus melakukan kehendak Tuhan (ber-tanya2 terus 1Taw 16:11) untuk segera menyelesaikan tugas kita. Yang selesai bahkan bisa jadi sempurna.
3.2. Terus tumbuh dan berbuah, jangan lupa 7 KPR itu perlu untuk pertumbuhan rohani kita. Maka Roh Kudus akan meyakinkan kita kalau kita sudah masuk Minggu ke-70 Daniel atau harus menghadap Tuhan secara pribadi.
 
III. PENCOBAAN GLOBAL, BAPTISAN API.
 
Wah 3:10
Sebab engkau sudah memelihara firman tentang kesabaran-Ku, Aku juga akan memelihara engkau dari masa pencobaan yang akan datang ke atas seluruh dunia, untuk mencobai mereka yang diam di bumi. (KJI)
 
Akan datang masanya terjadi pencobaan untuk setiap orang di seluruh dunia, semua kena. Sinomim lain adalah baptisan api Mat 3:11 dan masa hukuman Rumah Allah 1Pet 4:17, ini semua menceritakan tentang ujian akhir.
(catatan: Baptisan api ini lain dari baptisan air dan Roh Kudus. Juga bukan baptisan kuasa seprti yang dikira banyak orang, sebab baptisan kuasa adalah baptisan Roh Kudus Kis 1:8.
Luk 2:50
Tetapi mereka tidak mengerti akan perkataan yang dikatakan-Nya kepada mereka. (KJI)
Tuhan Yesus menunggu baptisan ini, inilah golgota, ujian akhir.
Cara menghadapi Ujian akhir atau baptisan api ini ada dua macam yaitu:
1. Pribadi.
2. Masaal.
1. Pribadi.
Kalau seorang rohaninya meningkat sampai hampir sempurna, baru ia akan  mengalami ujian akhir atau baptisan api pribadi. Tampaknya orang-orang yang mengalaminya adalah  Abraham, Yusuf, Ayub,  murid-murid Tuhan dll. (mungkin ini terjadi bagi murid-murid Tuhan sewaktu mereka mati syahid Mat 20:23 kecuali Yohanes mati di pengasingan).
2. Masaal. Pada waktu kedatangan Tuhan, api itu akan menyala global.
Luk 12:49
Tetapi siapa yang menyangkal Aku di hadapan manusia, ia akan disangkal di hadapan malaikat-malaikat Allah. (KJI)
Setiap orang di dunia akan kena apinya Wah 3:10, tetapi tidak semua tahu, tidak semua mengerti apa ini. Sebab itu bersedia atau tidak, semua harus masuk dalam ujian akhir. Kalau kita bersedia itu untung, yang tidak bersedia akan jatuh dan binasa. Perhatikan dalam Minggu ke-70 Daniel ini seluruh dunia akan dihukum dan binasa kecuali mereka yang terangkat dan menjadi sempurna, dan 144.000 turunan Abraham yang selamat dan sejumlah orang kafir. Orang beriman yang tertinggal akan mati dalam tangan Antikris. Wah 13:7 dan sisanya binasa Wah 19:21. Kalau tidak bersedia (Mat 24:42) akan binasa dalam api global itu, juga orang beriman.
IV. BAGAIMANA BERSEDIA ITU ?
Hiduplah seperti ligabis, (= lima gadis bijaksana) sebab ligabo akan tertinggal. Ligabis orang yang penuh dan dipimpin Roh terus (selalu punya minyak persediaan, terus penuh dan dipimpin Roh dalam hal apa saja, dimana saja dan kapan saja, tidak jatuh bangun dalam dosa, tidak sebentar dalam Roh dan sebentar dalam daging, tetapi terus penuh dan dipimpin Roh, lebih-lebih dalam Hujan akhir yang akan datang (sebentar sebelumnya ) sehingga orang-orang dipersiapkan baik2. Orang yang bisa dipimpin Roh, hidup dalam kesucian akan tumbuh dengan cepat dalam Minggu ke-70 Daniel sehingga bisa ikut pengangkatan bahkan ada yang menjadi sempurna.
Tetapi mereka yang suam, setengah2, ligabo inilah orang-orang yang masih ada keinginan dan percintaan dosa dan dunia sehingga dalam arus dosa yang besar Wah 22:11, mereka akan hanyut dan jatuh.
Mereka yang masih jatuh bangun dalam dosa (Halaman Wah 11:2) belum bisa hidup dalam kesucian, bisa kena hukuman yang dahsyat waktu itu 2Kor 10:6, bisa mati seperti Ananias. Sebab itu kita harus bersedia.
Yang penting kita harus masuk Minggu ke-70 Daniel dalam keadaan seperti ligabis, meskipun masih baru atau tingkatan rohaninya rendah tetapi waktu itu sudah beres, penuh dipimpin Roh seperti ligabis, baru bisa tahan.
Ilustrasi: Andaikata ujian akhir dianggap S1 maka orang yang masuk Minggu ke-70 Daniel dalam tingkat SD (sebab baru bertobat, atau yangsudah lama, tetapi macet,tidak tumbuh,  baru terakhir sungguh2) mereka sulit untuk mencapai S1, tetapi kalau mereka masuk Minggu ke-70 Daniel sebagai ligabis, maka mereka bisa tahan dan tumbuh cepat, mungkin sudah bisa mencapai SMP, ikut pengangkatan tetapi tidak sampai sempurna. Tingkatan ini mengikuti mereka sampai kekal.
Tetapi kalau sekarang dengan pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan, waktu masuk Minggu ke-70 Daniel kita sudah sampai SMA, maka di dalam Minggu ke-70 Daniel, dengan pertumbuhan yang cepat, mungkin pada akhir 3,5 tahun bisa lulus S1.
Sebab itu bersedialah mulai sekarang dan tetap hidup berkenan pada Tuhan seperti ligabis.
Sekalipun belum sampai Minggu 70 Daniel, sudah mati, tetap untung, sebab ligabis akan Terus Meningkat Sampai Puncak(terus meningkat sampai puncak) dan itu menjaditingkat kemuliaan masing2 untuk kekal.
V. PERTUMBUHAN ROHANI MENJELANG MASUK MINGGU KE-70 DANIEL
Tuhan Yesus waktu menjelma menjadi manusia, Ia dididik oleh Maria dan Yusuf selama 30 tahun. Pada waktu berumur 12 tahun sudah bisa pelayanan dengan heran, sampai orang Farisi, ahli Taurat dan Imam2 yang “mengikuti” seminarNya kagum2. Tetapi waktu itu belum boleh keluar pelayanan, masih harus ikut “bapak” Yusuf menjadi tukang kayu. Sebab hidupNya masih harus terus diolah
lagi 18 tahun baru boleh keluar pelayanan penuh sesudah berumur 30 tahun. Jadi Ia diolah dan dididik selama 30 tahun dengan indah, siap untuk melakukan pelayanan dengan benar dan tumbuh sampai sempurna dalam, lebih kurang tiga setengah tahun dan lulus.
Dalam tiga setengah tahun Ia tumbuh dengan begitu cepat sampai sempurna.
Begitu juga Yusuf, Daniel, Yohanes pembabtis dipersiapkan 30 tahun (Musa empat puluh tahun di Midian baru dipanggil keluar pelayanan dan tumbuh jadi sempurna.
Begitu pada akhir zaman ini, masuk Minggu ke-70 Daniel itu tidak mudah, orang yang masih belum beres dengan dosa2nya, masih jatuh bangun dalam dosa ada kemungkinan macet dalam dosa dan dihukum mati seperti Ananias dalam tiga setengah tahun tersebut. Sebab itu bersedialah baik2 dalam kesucian mulai sekarang,  sehingga tetap bisa hidup suci dan terus terbeban melakukan kehendak Bapa. Orang seperti ini bisa masuk Minggu ke-70 Daniel dengan baik, bisa tumbuh terus sampai lulus, ikut pengangkatan, bahkan ada yang jadi sempurna.
Jangan waktu masuk Minggu ke-70 Daniel, masihselalu jatuh bangun dalam dosa, masih ada ikatan dan keinginan-keinginan dosa, itu berarti belum siap dan bisa gugur dalam Minggu ke-70 Daniel yang dahsyat itu.
VI. MENGAPA PERTUMBUHAN ROHANI DALAM MINGGU KE-70 DANIEL SANGAT CEPAT
Ini direncanakan dan disiapkan Tuhan.
A. Dari pihak Tuhan segala fasilitas sudah diberikan dengan limpah. Tiga pribadi Allah sendiri bekerja dengan penuh untuk GerejaNya pada waktu ini.
B. Sikon di bumi waktu itu sangat dahsyat, dosa bertambah-tambah, juga godaan dan ancaman dari tiga Antikris pertama (Dan 7) begitu nyata, sehingga orang-orang tidak boleh main2, tetapi sungguh2 hidup dipimpin Rohsehingga bisa tahan diolah dalam segala macam pencobaan, sehingga bisa tumbuh dengan cepat.
C. Pihak manusia Orang yang sungguh mau hidup berkenan pada Tuhan, Tuhan sanggup menolongnya, baru bisa tahan dan bisa tumbuh dengan cepat.
Fasilitas yang disediakan Tuhan itu:
1. Wah 12:1. Tiga Pribadi Allah bekerja bersama-sama, sehingga gereja jadi luar biasa indah dan mulia.
a. Ada Hujan Akhir dari Roh Kudus Ul 11:14, pengurapan dan kuasa limpah, orang-orang beriman mahir hidup dipimpin Roh, sehingga pertumbuhannya cepat sekali. Leih2 orang yang penuh dengan 7 Roh Allah seperti Simson Yes 11:1, orang ini akan mengalami pengurapan tanpa batas Yoh 3:34 dan ini membuat banyak orang tumbuh dengan cepat sampai pada kesempurnaan. Segala mujizat terjadi, semua penyakit sembuh. Suasana sangat indah dan ajaib.
b. Firman Tuhan terbuka Mat 10:26-27 dan diberitakan dimana-sama. Orang yang dipimpin Roh akan melahapnya sehingga Firman jadi daging dan mereka tumbuh dengan cepat. Lebih-lebih kalau buku khusus (Wah 5:1) itu dibuka (Wah 10:3), itulah rahasia-rahasia khusus yang baru dibuka terakhir, rahasia akhir zaman dan rahasia kesempurnaan. Kalau seorang mendapatkan isi, mengerti oleh Roh Kudus, maka ia bisa tumbuh dengan cepat jadi sempurna. Ini semua membuat pertumbuhan rohani yang sangat cepat sampai menjadi sempurna.
c. Rencana Allah digenapkan.
Orang-orang berjalan dengan tertib dalam kesucian, dan melakukan kehendak Allah dalam pimpinan Roh sehingga rata2 orang berjalan sesuai dengan rencana Allah Yer 29:11 sehingga tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan, mengalami pekerjaanajaib Allah Bapa 1Kor 12:6.
2. Hukum yang tertib.
2Kor 10:6
Dan bersiap sedia menghukumkan semua ketidaktaatan apabila ketaatanmu sudah sempurna. (KJI)
Perjamuan suci dilakukan setiap hari sampai di rumah2 Kis 2:46 dengan sangat tertib (Luk 17:37, ini salah satu tanda dan tempat dimana orang mengalami penyaliban yang terakhir untuk bisa masuk ke dalam pengangkatan dan kesempurnaan!).
Semua dosa dihukumkan dengan tegas dan keras, mulai dari permulaan dosa dalam pikiran (keinginan2 dosa), permulaan dosa sampai perbuatan2 dosa, semua dihukum dengan keras seperti dalam Kis 5.
Orang-orang yang main2 atau suam, bukan saja hanyut dalam dosa tetapi juga dihukumkan dalam gereja. Yang takut akan lari dari Gereja yang betul seperti Kis 5:13. Mereka masuk Gereja jalan lebar (disini bisa berdosa dengan bebas dan nikmat).
Polarisasi dalam gereja (Mal 3:23, 1Kor 11:19 dituntaskan dengan hukum dengan keras ini sehingga antara yang suci dan yang najis makin jauh terpisahkan dan pertumbuhannya makin cepat diantara orang-orang yang disucikan dalam gereja.
3. Pelayanan Jawatan nyata danmenyempurnakan gereja.
Ef 4:11-13.
Dan Ia memberi beberapa orang menjadi rasul-rasul, dan beberapa menjadi nabi-nabi, beberapa menjadi penginjil-penginjil, beberapa menjadi gembala-gembala dan guru-guru, untuk menyempurnakan orang-orang kudus dalam pekerjaan pelayanan, untuk pembangunan tubuh Kristus, sehingga kita semua mencapai kesatuan iman dan pengenalan tentang Putra Allah, menjadi orang yang sempurna, sampai kepada ukuran yang penuh dari Kristus, (KJI)
Lima Jawatan akan muncul dengan jelas terutama nabi2 dan rasul2 akhir zaman. Jumlahnya untuk setiap tempat tidak banyak (bukan 850 nabi untuk satu tempat Achab, sebab ternyata semuanya nabi palsu), juga akan timbul 12 rasul Hujan Akhir yang tidak mengangkat dirinya sendiri tetapi diangkat Tuhan (banyak yang palsu Mat 24:23-26). Semua ini menumbuhkan Gereja dengan cepat, sehingga jumlah yang sempurna digenapkan (144.000 orang Wah 14:1) dan yang lain tumbuh dan ikut dalam pengangkatan.
4. Aniaya yang besar bagi gereja oleh tiga Antikris pertama. 1Pet 4:17. Timbul banyak tekanan, ketidakadilan, diskriminasi terang2an, aniaya yang jahat dan kejidll. Ini justru menumbuhkan gereja dengan cepat, sebab celaka ini makin melekatkan gereja dengan Kristus.
Bagaimana kita bisa mengahadapinya perkara2 yang dahsyat ini? Dengan penyerahan penuh, berjalan dengan Roh. Jangan bereaksi sendiri, justru kalah. Minta pimpinan Roh, Jangan dengan daging (emosi, marah, benci, dengan kuasa uang, politik, senjata dll) justru jatuh dalam dosa. Kita harus tetap tegas dalam rumah tangga, persekutuan sel dan gereja, tetap disucikan, jangan bersekutu dengan semua yang salah 1Kor 1kor 5:9-11; 2Kor 4:14-16; Ef 5:11. Tetapi dengan kasih Kristus Luk 10:27; Yak 4:17, rebut mereka bagi Tuhan, Selamatkan Yud 23. Dipimpin Roh bukan berarti setuju dengan dosa2nya, tetap punya pendirian dan tidak sampai diracuni tetapi menggarami, menyelamatkan Mat 5:13-16; Luk 9:56. Kalau kita taat dipimpin Roh, Tuhan akan berperang ganti kita dengan kuasa dan kemenangan yang besar, lebih-lebih oleh pelayanan orang sempurna, kemenangan yang besar2 terjadi, sebab itu jangan kita yang membalas Rom 12:19-20. Beri bara api diatas musuh dengan berbuat baik kepadanya, kalau orang-orangitu tidak bertobat, mereka kena hukum Allah.
5. Pelayanan orang sempurna dari tahta Allah Yoh 1:51 seperti pelayan Tuhan Yesus empat puluh hari sesudah bangkit, itu hanya untuk orang-orang tertentu (maksimum lima ratus orang 1kor 15:6). Orang sempurna (itu Ruangan Maha Suci) hanya melayani orang-orang dalam Ruangan Suci, tidak lagi KKR umum untuk semua. Tetapi pelayanan orang sempurna hanya di dalam gereja yang tertib dan suci (yang seperti Ruangan Suci) dan itu luar biasa. Ini lebih dari pelayanan Putra Manusia Yesus di dunia Yoh 14:12, yang matipun dibangkitkan, sebab Tuhan janji tidak ada yang mati dalam masa ini 1Kor 15:51-52.
6. Tidak lagi ada perbedaan orang kaya dan orang miskin. Sebab semua hidup dengan harta bersama seperti Kis 4:44-45 dan semua ini jadi dengan tertib, lebih dari pada zaman gereja mula2 Kis 6:1. Ini salah satu tanda persekutuan yang betul di setiap tempat yoh 17:21-23.
7. Tubuh Kristus gelobal terbentuk. Wah 12:1, Hag 2:10.
Bersekutu dengan latar belakang yang berbeda, tingkat2 dan kedudukan yang berbeda itu sulit (lihat M3699), lebih-lebih mematahkan perasaan hati yang tidak senang, tidak enak, karena adanya perbedaan2 ini, tetapi dengan segala macam fasilitas ini, gereja global terbentuk dengan persekutuan yang makin manis sampai sempurna  Yoh 17:21-23, dengan kekuatan yang ber-lipat2 kali ganda Im 26:8, Yus 23:10. Begitu indah persekutuannya seperti Kristus dan Bapa.
Hasilnya Gereja mengalami masa keemasan, seperti Surga tetapi masih di bumi, sangat indah dan mulia, padahal sekitarnya masih begitu bejad seperti neraka. Pada akhir zaman ini memang surga dan neraka bertetangga seperti yang tertulis dalam Wah 22:11. Jangan ikut dalam kesukaan dosa, itu palsu, itu neraka di dunia, bahkan dalam tertawapun hati sakit sekali. Ams 14:12-14.
VII. KESIMPULAN.
Jangan bingung menghadapi hari kedatangan Tuhan, tetapi siap menghadap Tuhan setiap hari Amos 3:12 yaitu hidup berkenan pada Tuhan seperti ligabis yang selalu berjalan di rilNya Tuhan. Pada waktunya kita akan tahu kapan menghadap Tuhan secara pribadi atau ber-sama2 dalam pengangkatan.
– Jangan takut segala kebutuhan jasmani. Kita harus bekerja (2Tes 3:10) tetapi Tuhan akan mencukupi tetapi jangan hati kita bercintakan perkara2 dunia yang fana tetapi mencari yang kekal. Kol 3:1-3.
– Jalan dengan betul di ril Tuhan itu:
1. Dengan sejahtera Pil 4;7. Jangan sampai sejahtera ini meninggalkan kita. Rom 3:17, 2Pet 3:14. Terus hidup dengan sejahtera, jangan terpancing untuk keluar dari jalan sejahtera dari Allah.
2. Ada kesukaan yang mengalir dalam hati kita Yoh 4:14; 7:38 yang makin dalam. Masih ada susah, derita, pencobaan tetapi tetap ada saldo sukcita Yoh 16:22, Kis 16:25, bahkan bisa tenggelam dalam sukacita. Jangan menuruti daging, tetapi menurut Roh. Tetap lakukan semua tugas kewajiban kita, tetapi menghadapi semua pencobaan dan orang-orang (roh2) jahat, serahkan Tuhan, jangan berjalan sendiri, tetapi terus dipimpin Roh.
3. Dalam kesucian Allah di ril Allah dan berjalan maju melakukan kehendak Allah dalam rilNya, bukan dengan cara dan kehendak sendiri.
4. Harus bisa bersekutu dengan betul (1Yoh 1:7) dengan orang-orang dekat, sekitar kita dalam pelayanan dan dalam Gereja kita. Kalau dalam Gereja tidak bisa bersekutu, juga tidak akan bisa bersekutu dalam tubuh Kristus global, ini terlalu jauh, itu akhirnya, tetapi sekarang kita sudah harus bisa bersekutu dengan betul. Kita tidak bisa sempurna sendiri, harus beres dengan orang-orang dekat kita, bisa mengampuni, bisa bekerjasama dengan dipimpin Roh, bisa sehati di dalam Tuhan seperti Bapa dan Putra (dan Roh Kudus) bersekutu jadi satu. Kalau tidak bisa bersekutu seperti ini, tidak bisa cocok, apalagi dengan seluruh tubuh Kristus global, tidak mungkin.Bisa bersekutu ini bukan dengan orang sempurna tetapi dengan orang yang belum sempurna (bandingkan dengan team Daud yang banyak orang-orang belialnya (1Sam 30:22)). Harus mahir pikul salib, mau menderita. Justru duri2 didekat kita itu menyempurnakan kita, kalau kita tidak bereaksi dosa dan bisa mengampuni, memberkati dan mengasihinya.