M3685 – Kejadian 6:9, Kisah Para Rasul 2:17-18. Berjalan Dengan Tuhan di Akhir Zaman

Kita melihat pada hari-hari terakhir, istimewa sekarang, berdasar ayat2 ini, Tuhan akan:
1. Mencurahkan Roh Kudus ke atas segala daging.
2. Anak laki-laki dan perempuan akan bernubuat.
3. Orang-orang muda akan melihat penglihatan (visoen).
4. Orang-orang tua akan bermimpi. Roh Kudus dicurahkan atas hamba-hambaKu laki-laki dan perempuan, mereka akan bernubuat.
Hamba-hambaKu laki-laki dan perempuan ini bisa berarti hamba atau budak (hari-hari itu masih ada budak) atau juga hamba-hamba Tuhan yang melayani Tuhan. Baik budak (orang dari tingkat yang paling rendah) dan hamba-hamba Tuhan semua bisa dipakai, bahkan ke atas semua daging = manusia, Roh Kudus dicurahkan dengan limpah.
Jadi Tuhan akan mencurahkan Roh Kudus, nubuat, visoen (penglihatan) dan mimpi.
Hal-hal ini penting sebagai tanda pada akhir zaman ini. Kita juga menunggu hal-hal ini, sebab ini penting dalam hidup pribadi dan Gereja untuk masuk dalam masa2 sulit di akhir zaman 2Tim 3:1-5. Dosa dan kesucian akan meningkat luar biasa Wah 22:11. Tanda2 ini akan menyertai Gereja Tuhan, untuk menghadapi perkara-perkara yang dahsyat bahkan akan mengolah dan menyempurnakan Gereja dan menamatkan rencana Allah.
 
I. PENCURAHAN ROH KUDUS BESAR-BESARAN.
Ini disebut sebagai hujan (Hujan awal dan Hujan akhir), bukan hanya tetesan seperti dalam Wasiat Lama pada beberapa orang saja, tetapi hujan artinya semua yang mau akan kena, semua daging akan mengalami. Kita sudah mengalami hal ini tetapi belum penuh. Roh Kudus dicurahkan supaya setiap orang beriman bisa berdoa dengan limpah bahkan non stop (Ef 6:18, 1Tes 5:17) di dalam Roh (dengan bahasa lidah 1Kor 14:2,14) dan hidup benar Yoh 4:23-24. Ini cara penyembahan yang dikehendaki Allah. Kita harus mengalami dengan betul, sebab ini membuat suatu hasil yang luar biasa. Banyak yang sudah berdoa dalam bahasa lidah, tetapi belum semua (bahkan hanya sebagian) hidup dalam kebenaran. Roh Kudus diberikan kepada kita, supaya kita bisa hidup kudus! bukan hidup dalam dosa. (Hidup suci “MAK”). Juga selain penuh dengan Roh Kudus juga hidup dipimpin Roh, suatu rahasia sukses dari hidup Putra manusia di dunia Mat 4:1, Luk 4:1,18.
Juga murid-murid dan umat Tuhan dalam Hujan awal hidup penuh dengan kemenangan sebab bisa berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran dan terus dipimpin Roh seperti Petrus dll Kis 11:12. Murid-murid yang sangat ketakutan dan tidak bisa meneruskan pekerjaan Putra manusia Yesus, jadi berubah, berani dan berhasil melanjutkan pekerjaan Tuhan Yesus yaitu mulai membangun Gereja dan tumbuh terus sampai ke seluruh dunia, dengan hasil yang luar biasa sebab dua hal ini, hasil dari pencurahan Roh Kudus atas segala daging.
Kalau bagian ini kita pelihara dan alami dengan betul, maka kita akan mengalami yang selanjutnya juga dengan hasil yang luar biasa sehingga Gereja tumbuh dalam kwantitas dan kwalitas seperti Kristus yaitu kepada kesempurnaan. Ini harus kita perhatikan baik-baik, jangan hanya menyembah Allah dalam Roh saja tetapi juga hidup kudus seperti Kristus, dan juga bisa hidup dipimpin Roh seperti Kristus, sehingga bukan kita lagi, tetapi Kristus yang hidup di dalam kita Pil 1:21, Gal 2:19-20.
Kalau hidup doa kita betul dan terus menerus, maka kita juga akan dimampukan untuk hidup dipimpin Roh yang betul, seolah-olah kita ini robotnya Allah, seluruhnya dipimpin Roh. Banyak orang tidak mengerti, dikira ini dalam belenggu perhambaan (perbudakan), sebab kita tidak bisa hidup sendiri lagi, dan menderita, tetapi sebetulnya ini suatu hidup yang luar biasa, penuh kemenangan dan sukses rohani dan jasmani, suatu hidup yang gilang gemilang, sebab Allah sendiri yang hidup dalam kita. Allah bisa membuat hidup kita luar biasa dan menang seperti Putra manusia Yesus. Kita akan sangat sukacita dan mengalami zaman keemasan dalam hidup pribadi kita (kalau bersama-sama, itu waktu Hujan akhir dalam Minggu ke-70 Daniel untuk Gereja akhir zaman).
Sebab itu kita betul-betul harus limpah belajar Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus dan hidup penuh dipimpin Roh, maka kita akan mengalami rencana Allah yang indah dan besar-besar Maz 60:14. Kita bisa hidup secara pribadi dengan heranseperti Wah 12:1.
Lalu kita juga akan mengalami hal-hal yang lain yang disebutkan disini, kalau hal ini sudah kita kerjakan dengan benar dan terus menerus, baik dalam hal-hal sekuler dan rohani! Maka tanda2 akan muncul yaitu 9 buah Roh dan 9 karunia-karunia Roh Kudus serta jabatan-jabatan dari Tuhan akan nyata dengan limpah dan betul. Sebab itu belajar betul-betul berjalan dalam Roh, supaya buah Roh, karunia-karunia betul-betul nyata dan ada pembukaan Firman yang makin limpah dan jabatan-jabatan dinyatakan (5 jabatan pemimpin dan semua jabatan-jabatan lainnya Ef 4:11, Rom 12:3-8). Tidak semua menjadi guru atau gembala, Gereja bukan hanya gembala dan guru,tetapi juga ada penginjil yang mendobrak dunia yang jahat dan membawa banyak jiwa-jiwa yang diselamatkan.
Juga ada rasul-rasul dan nabi-nabi yang diangkat Tuhan (bukan mengangkat dirinya sendiri atau diangkat manusia). Juga jabatan-jabatan lain yaitu seperti tubuh, seluruh anggota atau alat-alat dalam tubuh lengkap, baru Gereja bisa tumbuh dengan baik, penuh kemenangan dan pertumbuhan yang luar biasa. Gereja bukan saja perlu mulut yang bicara tetapi juga kaki untuk berjalan, tangan, mata, telinga dsb. Masing-masing harus belajar penuh dan dipimpin Roh sehingga dengan pimpinan Roh bisa melayanidalam jabatannya masing-masing, baik jabatan pemimpin, atau jabatan untuk pelayanan lainnya. Semua kita lakukan karena Tuhan, oleh Tuhan dan untuk Tuhan Rom 11:36. Kemuliaan itu bukan untuk satu jabatan, juga bukan untuk semua jabatan, tetapi dikerjakan oleh semua jabatan dengan persatuan yang betul untuk kemuliaan Allah saja.
Bagian pertama ini adalah dasarnya dan harus kita alami dengan penuh dalam seluruh segi hidup kita dalam dunia sekuler dan rohani, seperti rasul-rasul dan jemaat Tuhan pada Hujan awal. Lebih-lebih dalam Hujan akhir, itu sangat ditingkatkan untuk masuk dalam kesempurnaan.
Rindukan untuk penuh, limpah dan senantiasa berdoa dalam Roh dan kebenaran, hidup dipimpin Roh, limpah dengan segala buah dan karunia-karunia Roh, dengan pembukaan Firman yang limpah dan jabatan-jabatan nyata, sehingga Gereja Tuhan hidup dan pekerjaan dosa, iblis, kaki tangan setan dikalahkan sampai bersih, maka Gereja akan sangat tertib dalam kesucian yang penuh, dengan hukum2 yang keras sehingga ada kelimpahan kuasa dan hadirat Allah.
II. BERNUBUAT.
Ada tiga macam nubuat yang diterangkan dalam Firman Tuhan, yaitu:
1. Karunia nubuat 1Kor 12:10; 14:3, yaitu ber-kata-kata kepada manusia dari Tuhan (dengan ilham Roh, mendapat kata-kata dari Tuhan, bukan dari dirinya sendiri), yaitu untuk meneguhkan atau membangun iman, menasehati dan menghiburkan. Ini luar biasa, sebab kata-kata ini dari Allah (hasil dari hidup dipimpin Roh) bukan dari orang itu sendiri, untuk orang-orang yang dilayani.
Ini juga harus kita lakukan dengan limpah, sebab ini kehendak Tuhan, ini yang terutama dari semua karunia Roh 1Kor 14:1. Kalau kita mau menyerah dan taat dipimpin Roh, kita akan banyak dapat karunia nubuat. Gereja Tuhan akan teguh dan terbangun imannya, limpah nasehat ilahi (bukan dari manusia) dan penuh penghiburan Roh Kudus (Roh penghibur, Penolong, Yoh 14:16 KJI).
Putra manusia Yesus dalam pelayanan selalu memakai kata-kata dari Allah yaitu karunia nubuat ini Yoh 8:26, sehingga semua kata-kataNya elok dan menjadi berkat Luk 4:18,22. Biar kita belajar mengurangi atau menghapus kata-kata kita sendiri dan menggantikannya dengan kata-kata dari Allah saja seperti Putra manusia Yesus.
2. Jabatan nabi yang bernubuat 1Kor 12:27-30. Nubuatan dari seorang nabi itu menceritakan tentang hal-hal yang akan datang yang pada waktunya akan digenapkan. Ini juga dari Allah. Nabi Agabus bernubuat tentang Paulus dalam Kis 21:10-11. Nabi Ahia tentang Yerobeam, juga nabi Yahaziel bagi Yosafat dan Israel 2Taw 20:20,14-17 dst. Nubuat dari Allah pasti jadi, sebab Allah tahu yang akan datang, bukan menentukan, meskipun Allah bisa menentukan kalau perlu Ia menentukan dengan adil sebagai akibat atau hukuman dari perbuatan orang-orang itu Wah 22:12.
Tuhan juga akan membangkitkan nabi-nabi bagi Gereja untuk menghadapi hari-hari yang sulit ini. Kita masih jarang mendengar nubuatan yang tepat, tetapi pasti akan datang nabi-nabi yang dibangkitkan Tuhan, baik untuk lokal dan global. Apa yang sudah kita dapatkan, itu harus terus ditumbuhkan dan disempurnakan, maka semua yang lain akan ditambahkan.
3. Menyampaikan kata-kata nubuatan dari Firman Tuhan (Firman Tuhan itu kata-kata nubuatan). Wah 10:10-11. Kalau kita penuh dan kenyang dengan Firman Tuhan, sehingga Firman menjadi daging, maka selanjutnya kita akan limpah dengan nubuatan yaitu menyampaikan Firman Tuhan (yaitu kata-kata nubuatan) untuk umat Tuhan. Ini bukan dengan kemampuan kita sendiri tetapi Roh Kudus yang menolong kita bisa menyampaikan Firman Tuhan dengan tepat. Musa tidak petah lidah Kel 4:10, tetapi sebab menerima banyak Firman Tuhan, ia bisa bernubuat, menyampaikan Firman pada umatNya. Setiap orang yang makan Firman Tuhan sampai menjadi daging Yoh 1:14, maka ia akan dapat menyampaikannya pada orang lain dalam pimpinan Roh Kudus, bahkan anak2mupun bisa bernubuat, bukan dari dirinya sendiri, tetapi dari Tuhan.
III. VISOEN (PENGLIHATAN).
Murid-murid melihat visoen pada waktu Tuhan Yesus dipermuliakan atas gunung Mat 17:9. Zakaria Luk 1:22. Petrus Kis 10:19, Paulus Kis 16:10, bahkan Kornelius orang yang belum percayabisa dapat visoen dari Tuhan Kis 10:3.
Orang-orang muda (belum banyak pengalaman) akan melihat penglihatan. Visoen ini seringkali untuk menjelaskan hal-hal baru yang harus dilakukan, misalnya Petrus melihat visoen supaya tidak ragu-ragu pergi ke rumah Kornelius dan memulai penginjilan pada orang kafir Kis 10:11,17. Untuk hal-hal yang baru, yang belum kita mengerti baik-baik, diberikan Tuhan peneguhan dengan visoen (tetap semua harus dicocokkan dengan Firman Tuhan, tidak boleh bertentangan sebab Firman Tuhan yang adalah patokan yang lengkap dan benar). Juga untuk menghadapi hal-hal yang sulit atau membongkar suatu perkara, Tuhan juga bisa melakukannya dengan visoen, misalnya Abraham Kej 15:1, Yakob, Kej 46:2. Juga kepada nabi-nabi Bil 12:6, 2Sam 7:17. Yohanes dan Daniel melihat banyak visoen. Beberapa orang melihat visoen dan itu betul-betul nyata.
Yang penting jangan memaksakan atau dibuat-buat tetapi kita boleh mengharapkannya. Tuhan bicara lewat segala macam cara, istimewa dengan suara Roh.
IV. ORANGTUA MU AKAN BERMIMPI.
Ini mimpi dari Tuhan, bukan dari diri kita sendiri karena kebanyakan tidur. Juga bukan karena hati yang penuh dengan nafsu-nafsu cabul, benci, dendam, tamak dll sehingga timbul mimpi2 yang menajiskan dirinya Yd 8. Mimpi dari Tuhan itu mirip dengan nubuat dan penglihatan, bisa mengandung pesan, pimpinan atau jawaban suatu kebutuhan. Mimpi yang dari Tuhan itu:
1. Sesuai Firman Tuhan 1Kor 14:33, Ul 13:1.
2. Roh Kudus meneguhkan atau menolaknya Pil 4:7, Rom 9:1.
3. Hasilnya membuat kita makin berkenan pada Tuhan, dan dijauhkan dari dosa.
4. Betul-betul terjadi. Ul 18:22.
Ada banyak mimpi-mimpi yang terkenal seperti mimpi Firaun, Nebukadnezar dll yang diberikan oleh Tuhan dan dijelaskan oleh Yusuf, Daniel dll azis Allah.
Kadang2 dalam mimpi Tuhan bicara dengan jelas seperti pada Yusuf dalam Mat 1:20; 2:12,13,19,22
PATOKAN DARI SEMUANYA.
Dasar dari semua hal-hal ini adalah:
1. Firman Tuhan dan Roh Kudus Maz 43:3. Ini yang utama dan lengkap, yang menjadi pegangan kita Maz 119:105, tetapi kita harus terus dipimpin Roh Rom 8:13-14.
2. Orang yang cinta Tuhan itu cinta Firman Tuhan. Yoh 14:21,23, bukan cinta visoen, mimpi atau nubuatan2.
3. Belum sempurna. Nubuat, mimpi, visoen itu belum sempurna 1Kor 13:10 dan satu kali akan ditiadakan, tetapi Firman Tuhan dan Roh Kudus itu kekal Luk 21:33.
4. Contoh kita Putra manusia Yesus tidak mimpi terus atau melihat visoen terus. Tetapi Ia terus melihat dan mendengar dari BapaNya Yoh 5:19; 8:26.
Mata yang melihat dan telinga yang mendengar itu dibuat oleh Tuhan Ams 20:12.
Mendengar itu terutama dalam pikiran oleh Roh Kudus, bukan dengan suara yang audible. Juga melihat itu bukan dengan mata lahiriah, tetapi dengan mata hati atau roh. Semua ini untuk meneguhkan dan memimpin.
Kalau seorang mencari dan mengejar nubuat, visoen atau mimpi, itu tidak betul dan mudah sesat. Jangan kejar hal-hal ini, tetapi hidup dengan Kristus dan cari pimpinan dan peneguhan dari dalam Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus. Misalnya Paulus sudah yakin dipimpin Roh untuk pergi ke Yerusalem dengan menderita sengsara. Kis 19:38, lalu ada nubuat2 yang bertentangan Kis 21:4, ada yang diam Kis 21:9 dan ada yang meneguhkan Kis 21:11. Paulus taat akan pimpinan Roh sehingga ia bisa dengan tepat membedakan nubuatan yang betul dan yang salah atau yang bengkok karena perasaan hatinya Kis 21:4,12. Paulus tetap taat akan kehendak Allah.
Jadi Allah memberi Firman Tuhan dan Roh Kudus untuk segala-galanya bagi kita dan kita harus bisa melihat dan bisa mendengar maka dengan demikian kita punya pegangan yang kuat dan lengkap.
KESIMPULAN
Kita sudah banyak mengerti dan mengalami pencurahan Roh Kudus dan dipimpin Roh serta karunia, buah dan jabatan-jabatan. Ini harus dikerjakan baik-baik, maka yang lain-lain yaitu nubuat, visoen, mimpi-mimpi akan juga diberikan dengan limpah untuk makin meneguhkan dan menyempurnakan pelayanan kita.
Tetapi dasar yang utama dan lengkap adalah Firman Tuhan dan Roh Kudus yang memimpin kita  dalam jalan Allah, sehingga hidup ini bisa tumbuh dengan iman akan Firman Tuhan (bukan dengan penglihatan) 2Kor 5:7, bahkan sampai pada kesempurnaan rencana Allah.
Jangan paksakan untuk mendapat nubuatan2 nabi, visoen dan mimpi, tetapi kita boleh minta atau mengharapkan tetapi jangan dibuat-buat. 2Kor 12:1 dan harus bisa membedakannya daripada yang salah, yaitu dengan dasar utama dan lengkap yaitu Firman Tuhan dan Roh Kudus.
Tumbuhlah terus dalam pimpinan Roh dan Firman Tuhan dalam hal-hal sekuler dan hal rohani.
 
Nyanyian: Berachah no 1003
Hidup sperti Kristus