M3667 – Matius 24:22 Menghadapi Hari-hari yang Sulit

I. TIDAK ADA ORANG YANG SELAMAT!
Ini pernyataan yang dahsyat. Jadi keadaan pada akhir zaman itu begitu dahsyat, sampai semua orang jatuh.
Sekarang ini hari2 semakin sulit 2Tim 3:1-5. Dan puncaknya adalah ayat ini, sebab di waktu ini tidak ada seorangpun yang bisa selamat, bahkan juga orang2 yang terpilih, sebab itu Tuhan akan mempersingkat hari2 itu.
II. KARENA ORANG2 YANG TERPILIH ITU, HARI2 ITU AKAN DISINGKATKAN.
Ini saat yang luar biasa, sehingga orang yang terpilihpun tidak tahan kalau tidak disingkatkan waktunya, dengan kata lain kalau dibiarkan sedikit lebih lama, semua orang pilihan itu akan juga jatuh. Dahsyat! Untuk apa kita harus bisa menghadapinya? Yaitu supayajangan sampai jatuh dalam dosa, apalagi tertipu oleh siasat iblis sehingga undur dari Tuhan; tetapi tetap benar, menang dan bisa ikut tumbuh dalam rencana Allah yang mulia.
Kalau seorang jatuh dalam masa pencobaan yang makin dahsyat ini dan sampai terakhir tidak mau bertobat, maka ia percuma ikut Tuhan, ia akan kehilangan jiwanya. Sebab itu Tuhan menyuruh kita supaya bersedia mulai sekarang Mat 24:42, sebab kesulitan ini tidak akan reda tetapi makin lama makin dahsyat dan sampai pada puncaknya dalam Mat 24:22.
III. PRINSIP MENGHADAPI HARI2 YANG SULIT.
Dalam kesukaran2 sekarang cara kita menghadapinya adalah:
1. Jangan bereaksi dosa, (tetap hidup benar dalam jalan Allah) sebab segera timbul dosa, sekalipun dalam hati, itu pintu terbuka untuk iblis bisa masuk dalam hati, itu celaka! Sebab itu dalam segala pencobaan, jangan sampai kita bereaksi dosa, melainkan tetap suci dan menang.
2. Dipimpin Roh. Cara ini cukup aman, dan berhasil, kalau kita mau dipimpin Roh Kudus terus menerus. Jangan bertindak menurut kehendak sendiri, sebab di belakang segala pencobaan itu, iblis siap untuk menerkam kita, segera salah langkah, dia masuk 1Pet 5:8.
3. Perlengkapan akhir zaman. Khusus untuk akhir zaman Tuhan menambahkan lagi perlengkapan akhir zaman, yang benar2 dibutuhkan Gereja atau umatNya untuk menghadapi tantangan2 yang akan memuncak ini.
Prinsipnya untuk menghadapi apa saja adalah tetap Pil 1:21, Gal 2:20, bukan saya, tetapi Kristus yang di dalam saya. Semua orang percaya ada Kristus di dalamnya, ini sama, tetapi berapa banyak Kristus manifest di dalam hidup kita itu berbeda pada setiap orang. Kristus kadang2 begitu nyata sampai orang2 tidak lagi melihat kita, tetapi melihat Kristus, bukan kita lagi (Imanuel Mat 1:23). Kalau ini diukur, ada yang 1% sampai 100%.
Perlengkapan akhir zaman, itu prinsipnya hampir sama (kecuali adanya kelebihan pelayanan orang sempurna), sebab Bapa, Putra dan Roh Kudus sekarang sudah bekerja dalam dunia ini, itu tidak berubah, yang akan datang dan yang sekarang sama saja! Ibr 13:8 (Yoh 5:17. Mereka tetap bekerja di dalam kita di dunia,kecuali sesudah pengangkatan, Mereka meninggalkan dunia 2Tes 2:7).
Hanya efektifitas pekerjaan Allah di dalam kita itu yang sekarang ini masih kecil, mungkin hanya rata2 10-20% (mungkin, tetapi yang jelas, masih kecil!).
Dengan perlengkapan akhir zaman, efektivitas pekerjaan Allah dalam kita bisa mendekati 100% sehingga Gereja itu menjadi ajaib di dalam dunia ini Wah 12:1. Tuhan senang memberi perlengkapan ilahi lebih banyak, tetapi akibatnya juga dituntut lebih banyak Luk 12:48. (seperti pernah terjadi dalam Hujan awal yaitu contohnya Kis 5:1-13). Sekarang Gereja atau umat Tuhan ini belum siap. Sebab itu kita harus terus menunggu kegerakan Roh Kudus yang lebih besar, tetapi jangan nganggur dalam menunggu ini.(Jangan seperti menunggu kereta api datang), melainkan terus dilatih dan diolah supaya meningkat terus.
IV. PERLENGKAPAN AKHIR ZAMAN (EKSTRA) ITU ADALAH:
1. Firman Tuhan kalau makin terbuka, kita makin mengerti dan orang yang mau taat akan berbuahmakin limpah dan penuh kemenangan seperti Elia yang makan roti dan air dari Surga dua kali ganda, ia menjadi begitu kuat, sehingga bisa berjalan selama 40 hari 40 malam sampai di gunung Allah, suatu perjalanan yang sangat jauh (untuk menjadi sempurna) 1Raj 19:7-8. Sebab itu juga di akhir zaman ini kita harus makan Firman Tuhan ekstra banyak (2 gomer) dan terus mengikuti dan mendapatkan pembukaan Firman Tuhan yang akan meningkat sampai penuh 100% Mat 10:26-27 ini Firman Tuhan perlengkapan akhir zaman! Orang yang suka ibadah dan belajar Firman Tuhan belum tentu semua rohani (sebab seperti orang Parisi, tidak melakukannya Yak 1:22-23) tetapi orang yang tidak mau belajar lebih banyak, sudah pasti tidak rohani dan tidak akan mendapat kekuatan ekstra (seperti yang didapat Elia). Sama seperti orang yang makan banyak belum tentu sehat, tetapi orang yang kekurangan makan sudah pasti tidak sehat. Pakai setiap kesempatan untuk belajar Firman Tuhan dan berdoa dalam Roh dan kebenaran.
2. Pengurapan Roh Kudus.
Putra manusia diurapi tanpa batas Yoh 3:34. Sebab itu tabiat, kuasa, hikmat, karunia2 ilahi begitu nyata dalam Dia, sehingga hidupNya itulah Immanuel, Allah dalam manusia Yesus Mat 1:23. Kita harus belajar untuk terus meningkat dalam pengurapanNya yaitu dengan taat akan Firman Tuhan (sehingga selalu hidup benar, suci di hadapan Allah, “MAK”) dan tekun berdoa dalam Roh tanpa stop 1Tes 5:17, maka dengan cara hidup semacam ini Yoh 4:23-24 pengurapan itu meningkat tinggi. Sekarang sudah ada banyak orang penuh dengan Roh Kudus (kadang2 ada Gereja yang hampir semua anggotanya penuh dengan Roh Kudus) tetapi kenyataannya Immanuel masih rendah prosentasinya sebab jadi ligabo, bukan ligabis. Bahkan orang2 yang penuh Roh Kudus ini masih banyak yang berdosa dan tidak hidup dipimpin Roh, maka bentuk ligabo seperti ini bisa jadi seperti Saul; masih “jaya” tetapi dengan kekuatan sendiri dan penuh dengan dosa dan kelemahan2 daging. Seharusnya kita terus menerus hidup dipimpin Roh seperti Kristus Luk 4:1,18, Mat 4:1, sehingga pengurapan limpah dan limpah dengan manifestasi pekerjaan Roh Kudus. Meningkatlah dan bertekun dengan limpah dengan doa dalam Roh dan kebenaran dan selalu hidup dipimpin Roh.
Pada akhir zaman Tuhan akan mencurahkan hujan akhir dan ini akan mendongkrak banyak orang bisa mahir hidup dipimpin Roh seperti Putra mansia Yesus atau ligabis, sebab  rata2 tingkat pengurapannya sangat tinggi, mungkin lebih dari 75%. Tetapi jangan lupa Roh Kudus, Tuhan Yesus dan Bapa tidak berubah. Sekarangpun yang mau, bisa meningkat se-tinggi2nya kalau mau limpah berdoa dalam Roh dan kebenaran dan limpah dengan Firman Tuhan (sehingga tidak mudah tertipu oleh segala macam siasat iblis yang seringkali menjadi “biasa” untuk orang2 beriman, misalnya simpan dosa, lebih banyak hedonism, cinta uang, kemewahan dll), maka pengurapan Roh Kudus akan meningkat makin tinggi. Jangan tunggu Hujan akhir, tetapi mulai sekarang belajar selalu hidup dipimpin Roh seperti ligabis dan kalau mau Roh Kudus sanggup memimpin kita menjadi ligabis.
3. Peraturan yang keras.
Karena peraturan yang keras dalam Minggu ke-70 Daniel 2Kor 10:6 maka orang2 terpaksa harus menyesuaikan diri supaya:
a. Tidak mati di tempat seperti Ananias Safira atau
b. Undur dari Gereja yang betul,
c. Pindah Gereja jalan lebar Kis 5:13 atau
d. Kembali ke dunia.
Hidup yang ketat dalam kesucian, penyerahan (juga dalam hal uang, milik bersama seperti Kis 2:44,45) dalam waktu, taat dipimpin Roh dalam semuanya sehingga Gereja menjadi ajaib.
Tetapi sekarang kita bisa mendisiplinkan diri kita sendiri dengan taat penuh akan Firman Tuhan 1Kor 9:27, dan kalau mau, tidak terlalu sulit sebab Allah yang menolong kita tidak berubah, sekarang atau besok Dia sama saja. Allahnya besok dalam Minggu ke-70 Daniel, juga Allahnya sekarang.Memang kalau kita mendisiplinkan diri kita, kita ada di tengah2 orang yang campuran, yangjuga bisa menertawakan kita sebagai orang ekstrem, fanatik, tidak sama dengan rata2 orang Kristen lainnya, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel, semua orang dalam Gereja jalan sempit itu satu macam (tidak campuran), semua sama2 tertib dan bisa atau cocok hidup dalam hukum yang keras. Tetapi sekarangpun, kalau kita mengerti (dari Firman Tuhan) ke arah mana kita tumbuh (Wah 22:11), maka kita tidak akan ragu2 untuk mendisiplinkan diri kita untuk taat akan Firman Tuhan dengan tertib, meskipun hukum dalam Gereja belum seperti Minggu ke-70 Daniel.
Ada tiga perbandingan, yaitu sekarang dalam 3,5 tahun I dan 3,5 tahun II.
a. Zaman sekarang. Penyerahan dan ketaatan sekarang akan tetap menghasilkan hal besar dari Tuhan sekalipun di lingkungan campuran dan ini membuat kita kuat tidak sampai jatuh dan  bisa mencicil untuk cepat mencapai kemuliaan yang penuh dalam 3,5 tahun I. Ini ber-jaga2 yang betul.
b. Dalam 3,5 tahun I, orang2 yang sungguh2 seperti ligabis, akan tumbuh seperti Elia jadi sangat mulia, sampai sempurna, di tengah2 lingkungan yang suci (sudah terjadi polarisasi Wah 22:11).
c. Dalam 3,5 tahun II (dari antara orang2 yang tertinggal dan mau bertobat sungguh2) tetap dituntut disiplin sampai mati, tetapi hasilnya hanya “selamat menerusi api” dari zaman Antikris. Boleh pilih!
4. Dalam rencana Bapa 1Kor 12:6. Elia dipimpin Roh untuk berjalan 40 hari 40 malam, sampai gunung Allah dan bertemu Tuhan, dan selanjutnya ia terus dipimpin Roh sampai ia diangkat Tuhan. Elisa juga dipimpin Roh, sebab itu ia bisa berjalan bersama dan sehati dengan Elia yang disuruh Tuhan dari Gilgal ke Bethel, lalu ke Yerikho dan ke Yordan (2Raj 2:2,4,6). Kalau kita terus dipimpin Roh, kita dalam posisi yang kuat dan mengalami perlindungan dan penyertaanAllah yang heran, sebab orang yang betul2 dipimpin Roh itu terus penuh dengan Firman dan Roh Kudus. Bapa mempunyai rencana yang terindah bagi setiap kita, sejak kita lahir baru, menikah, keluarga, dalam pekerjaan, dalam ibadah dan pelayanan dalam tubuh Kristus. Ini semua mulai sekarang. Jangan hidup menurut kehendak sendiri tetapi menurut pimpinan Roh. Jangan menurut akal atau perasaan hati, tetapi tetap menurut Roh sekalipun tidak cocok dengan perasaan atau akal kita seperti Abraham Kej 21:11-12 atau Yusuf Mat 2:19-20. Kalau sekarang kita mau taat seperti Abraham, Yusuf, Daud dll, kita akan berjalan dalam rencana Allah maka kita akan masuk dalam rencana Allah yang terindah, ikut pengangkatan atau menjadi sempurna seperti Elia.
Ada banyak hal2 lain lagi dalam Minggu ke-70 Daniel seperti pelayanan jabatan, pelayanan orang sempurna, polarisasi Wah 22:11, macam2 tanda yang di luar dll yang akan mempercepat pertumbuhan iman dalam Minggu ke-70 Daniel. Tetapi semua ini juga bisa kita alami mulai sekarang asal kita terus berjalan dalam rencana Allah, limpah dengan Firman Tuhan dan dipimpin Roh. Sebab itu sekarangpun kita sudah harus bersedia Mat 24:42.
Daud dilatih Tuhan dengan timbulnya gangguan binatang2 buas waktu menggembalakan (ini bukan kebetulan) dan sebab Daud berjalan dengan Tuhan senantiasa (Maz 1:1-3) maka ia bisa mengalahkan beruang dan singa yang tidak mungkin bisa dikalahkan 1Sam 17:34-37. Sesudah ini Daud bisa mengalahkan Goliat bahkan juga Saul (yang lebih sulit, sebab tidak boleh dibunuh dan ber-ulang2 sampai 10 kali). Karena itulah seringkali Tuhan mengizinkan kesukaran2 datang pada kita supaya kita dilatih oleh Tuhan sampai mahir, maka waktu kita menghadapi kesukaran2 yang lebih dahsyat dalam Minggu ke-70 Daniel, kita bisa terus menang, bahkan lebih dari pemenang dan ikut dalam rencana pengangkatan atau penyempurnaan Allah.
III. KEADAAN MAKIN SULIT.
Jangan takut kalau kita sudah bersedia mulai sekarang dengan Bapa, Putra dan Roh Kudus; Meskipun sikon dalam Minggu ke-70 Daniel lebih menguntungkan untuk pertumbuhan rohani, tetapi sekarang kita sudah bisa mulai bersedia. Secara jasmani, dengan mata manusiawi keadaan dalam Minggu ke-70 Daniel itu sangat jahat dan merugikan orang beiman, se-olah2 tidak sebanding seperti Daud melawan Goliat tetapi kalau kita disertai Tuhan, kita tetap akan menang dengan heran.
Mengapa keadaan menjadi makin sulit dan makin jahat?
1. Dosa dan kejahatan meningkat sampai puncak2nya Wah 22:11, terjadi pemisahan 1Kor 11:19 dan polarisasi ke jalan lebar dan jalan sempit Wah 1-3.
2. Orang jahat bertambah banyak, lihai dan memakai tehnologi canggih serta limpah dengan pekerjaan setan. Tetapi mereka tidak dibasmi, Tuhan membiarkannya. Dalam zaman yang lalu, seperti Korah, Datan dkk, Hofni Pinehas dll kalau mereka tidak mau bertobat sampai akhir, mereka cepat dibasmi. Tetapi pada akhir zaman Tuhan membiarkan mereka, sehingga jumlah orang yang makin jahat itu makin banyak. Sebab itu orang2 beriman makin sulit, sebab harus menghadapi makin banyak orang jahat; kalau tanpa bersandar penuh pada Tuhan, penuh dengan hikmat dan kuasa Roh Kudus, orang2 beriman tidak mungkin bisa mengatasinya, bahkan dikalahkan.
Jangan kecil hati melihat orang yang makin jahat makin banyak. Jangan perang sendiri, tetapi sepenuhnya dipimpin Roh dan dengan banyak berdoa. Karena itu kita perlu limpah berdoa dalam Roh dan kebenaran serta hidup dengan hikmat dan kuasa Allah.
3. Setan makin ganas dan makin lihay, apalagi sesudah diusir dari surga Wah 12:12, ia marah besar. Iblis itu lihay dari permulaan tetapi jahat. Ia berhasil masuk dalam hidup dan keluarga Ayub sehingga Ayub dibuat jadi habis sama sekali. Ini kelihayan Iblis, tetapi Tuhan lebih lihay, Ia mengijinkan iblis menguji Ayub sebab sudah waktunya ujian bagi Ayub dan pencobaan itu tidak lebih dari kekuatan Ayub 1Kor 10:13.Akhirnya Ayub lulus. Tetapi orang yang tidak mengerti hikmat Allah kadang2 kecewa dan jatuh. Sebab itu makin lama kita harus makin lekat di dalam Tuhan, jangan sampai lengah 1Pet 5:8, jangan buka celah dalam pikiran (keinginan dosa apapun), pelihara kekuatan dalam Tuhan (7 KPR, lebih2 berdoalah senantiasa dan makin limpah dengan pengertian Firman Tuhan, terus di rel-Nya Allah), jangan turuti perasaan hati, akal, arus atau nasehat orang banyak yang tidak sesuai Firman Tuhan, tetapi terus dipimpin Roh, sebab hari2 yang akan datang menuntut kita bisa makin mahirberjalan dengan Allah. Tampaknya setan makin berani, makin lihay, makin ganasmakin “menang” (sebab Allah mengizinkan dosa dan kejahatan makin meningkat) dll. Tetapi meskipun itu dijinkan Allah, itutetap tidak melebihi kekuatan kita, asal kita lekat dengan Tuhan dalam Firman Tuhan dan doa.
Allah tidak pernah salah atau keliru dalamtindakanNya. Ingat, rencana makin tinggi, ujian makin berat, tetapi itu semua dipusatkan dalam Minggu ke-70 Daniel, sebab Gereja akandisempurnakan dalam waktu yang pendek ini.
V. KESIMPULAN
Kejahatan akhir zaman begitu dahsyat sampai orang pilihanpun tidak ada yang selamat kalau tidak disingkatkan waktunya (hanya 3,5 tahun) dan harus betul2 lekat dengan pokok yang benar, makin mahir berjalan dalam Roh.Ingat rencana Allah tidak pernah cacat, tidak akan gagal, pasti seratus persen digenapkan dengan sempurna, yaitu di dalamorang2 yang mau seperti Elia makan dari roti dan air Surga (Firman Tuhan dan Roh Kudus) dua kali ganda dan taat dipimpin Roh dalam berjalan dengan Tuhan senantiasa (yaitu berjalan sampai di gunung Allah, lalu dari Gilgal ke Baitel, ke Yerikho, ke Yordan dan seterusnya) maka akhirnya Elia jadi sempurna, padahal ini bukan dalam Minggu ke-70 Daniel.
Kita harus dipersiapkan maka sekarang meskipun belum masuk Minggu ke 70 Daniel, paling sedikit untuk bersedia untuk masuk dalam Minggu ke-70 Daniel. Jangan lupa Allah tidak berubah, meskipun sikon masih campuran, tetapi kita bisa dipersiapkan, bahkan tumbuh terus dalam rencana Allah seperti Elia.
Tuhan akan ijinkan “singa dan beruang” datang, sering kali jahat dan kejam, jangan takut tetapi perhatikan, supaya kita terus dalam kesucian (tidak bereaksi dosa) dan terus dipimpin Roh.
Kalau sekarang kita mau mencicil untuk ber-jaga2, hidup akan jadi indah, meningkat, apalagi waktu masuk Minggu ke 70 Daniel, kita bisa tahan bahkan dengan Tuhan kita akan menang dan ada harapan lebih besar untuk menjadi sempurna atau meningkat se-tinggi2nya, itu mulia untuk kekal. Jangan kuatir atau takut, kalau Allah beserta kita dan kita mau dipimpin Roh Kudus, perkara yang paling jahatpun akan menjadi kebaikan dan kemuliaan bagi kita  Rom 8:31,28.
 
Nyanyian: Maz 60:14.
Bahwa serta dengan Allah,
kita lakukan perkara yang besar.