M3650 1Yoh 2:1/ Luk 10:27 Hubungan dalam doa (syafaat)

M3650 1Yoh 2:1/ Luk 10:27 Hubungan dalam doa (syafaat)
 

I. ALLAH DAN ANAK2NYA.

Allah itu kasih 1Yoh 4:8. Sebagaimana Bapaknya begitu juga anak2Nya, hidup dalam kasih. Kita anak2Nya, bukan saja kasih pada Allah tetapi juga pada semua orang lain 1Yoh 4:20. Kalau Allah mengasihi seisi dunia, kita hanya bisa mencintai orang2 yang kita kenal di sekeliling kita, apalagi orang2 yang memang sewajibnya kita kasihi dan jadi beban tanggungan kita.
Tetapi iblis itu penipu dan pembunuh Yoh 8:44, begitu juga anak2nya dalam ukuran yang ber-beda2. 1Yoh 3:10.
 

II. HUBUNGAN DENGAN SESAMA.

Dunia mengenal hubungan lahir batin, kadang2 lahir dan batinnya sama (tu-lus), kadang2 berbeda atau berten-tangan, lahirnya biasa2, tetapi batinnya sangat benci (pura2)Seringkali hal itu (hubungan batin) bisa disembunyikan dalam hati tetapi lama2 akan kelihatan juga sebab apa yang ada dalam hati itu mengalir keluar lewat kata2 Mat 12:34 atau perbuatan Yak 1:15.
Dengan ilmu jiwa orang belajar me-ngenal keadaan batin (jiwanya) sehing-ga bisa lebih tepat me-ngira2nya de-ngan ilmu jiwa(ini adalah kumpulan hikmat manusiawi dari zaman2 yang lalu, tentang orang lain). Memang ada banyak dosa2 bisa disembunyikan (un-tuk sementara) di dalam batin (hati) dan ini membuat orang menjadi mu-nafik. (Luk 12:1, Mat 23).
Untuk orang beriman, dalam hu-bungan lahir batin harus tulus. Dalam hubungan batin, jangan dibiarkan da-lam diri kita sendiri tetapi laporkan, beritahu, daftarkan di hadapan Tuhan, sehingga hubungan kita dengan orang2 itu resmi di hadapan Tuhan, sebab sudah terdaftar, sehingga mudah diga-rap dalam terang Allah, ber-sama2 Allah. Kalau kita menggarap hubungan ini dengan Allah, pasti hasilnya akan lebih baik secara rohani. Sebab itu untuk setiap hubungan dengan siapa saja, selalu daftarkan di hadapan Allah dengan menyebut namanya di hadapan Tuhan dan keterangan2 penting yang kita ketahui, beritahukan pada Allah dengan segala yang diperbuat dan direncanakan dalam hubungan kita dengan dia. Paling tidak kita bisa me-mohonkan berkat baginya, istimewa dalam rohaninya.
 

III. KEUNTUNGAN HUBUNGAN YANG TERDAFTAR.

1. Semua hubungan ini diperiksa Tu-han dan kita bisa mengetahuinya ten-tang keadaan hubungan ini lebih ba-nyak daripada kalau tidak dilaporkan = didaftar. Sebab Roh Kudus akan selalu ikut campur menolong dan menyucikan kita. Misalnya kalau ada benci, (hu-bungan yang terlarang), hal2 yang merugikan atau dosa2 apapun akan mudah diingatkan Tuhan pada kita sebab kita sudah membawanya ( de-ngan menyebutkan namanya) kepada Tuhan.
2. Jadi berkat dalam doa. Kalau kita mendengar apa2 yang tidak baik dari saudara2 kita (berita penyakit, rugi, kecelakaan, kejatuhan dan macam2 kesulitan) kita tidak hanya mendengar dan tahu, tetapi kita bisa aktif men-doakannya, memohonkan pertolongan Tuhan. Doakanlah setiap kali kita ingat atau mendengar apa2 tentang dia, ma-ka itu menjadi rejeki kita dari Tuhan dan kita juga mendapat upah dari Tuhan! Misalnya kalau kita mendengar seorang sakit, kena musibah, bencana, berdosa, undur, maju dll, langsung doakan dengan hati cinta (ingat Luk 10:27), maka kita sudah jadi berkat bagi orang itu dihadapan Tuhan, dalam dunia roh dan kita, juga diberkati Tuhan. Dengan demikian semua orang yang kita dengar halnya atau yang kita ingat atau yang diingatkan Tuhan, itu adalah rezeki kita untuk didoa sya-faatkan kepada Tuhan. Ini seperti pe-kerjaan Kristus di sebelah kanan Allah yang terus berdoa syafaat bagi semua umat Tuhan 1Yoh 2:1. Kalau Tuhan Yesus mendoakan semua orang ber-iman diseluruh dunia dan dari segala generasi, kita hanya bisa mendoakan semua orang (beriman) yang ada di-sekitar kita dalam hari-hari ini saja, selagi kita hidup. Ini juga bisa men-datangkan faedah dan berkat yang nya-ta bagi orang2 yang kita doakan ter-gantung kasusnya. Meskipun doa kita  pendek tetapi kalau dengan tulus dan sungguh2, apalagi  dengan doa dalam Roh dan kebenaran.
Dengan melakukan ini setiap hari kita mendapat rezeki dan punya pelayanan seperti Kristus, yaitu terus berdoa sya-faat bagi semua orang2 atau saudara2 yang kita dengar dan ingat (atau di-ingatkan Roh Kudus), biasakan mela-kukan hal ini, jangan lupa. Segera kita mendengar, segera kita berdoa syafaat, maka semua orang di sekitar kita menjadi rezeki kita dan orang itu juga tertolong oleh doa syafaat kita, tetapi tidak perlu kita beritahukan untuk dapat penghargaan dari orang2 yang kita doakan, sebab mereka tidak minta doa, kita lakukan karena kasih Allah Luk 10:27, seperti Tuhan Yesus 1Yoh 2:1.
Waktu Abraham mendengar tentang malapetaka yang akan menimpa Lot (sebab Tuhan menceritakannya lebih dahulu) langsung Abraham berdoa, mohon kelepasan bagi Lot. Juga kita harus memakai setiap kesempatan atau rezeki yang datang pada kita, jangan malas, lakukan dengan tulus dan cinta.
3. Mendengarkan perintah Tuhan untuk orang itu.
Kalau kita menyebut nama satu sau-dara atau menunjukkan orang itu da-lam hati kepada Tuhan, kalau ada pe-san2 tertentu, seringkali kita bisa men-dengar lebih jelas. Mungkin orang itu dalam kejatuhan, kelemahan, atau sedang menjahati atu sedang punya rencana jahat, maka kita bisa men-doakannya sesuai dengan Firman Tu-han. Misalnya kalau suami istri ber-kelahi, kita mohonkan pertolongan Tuhan untuk penyuciannya supaya ka-sihnya tumbuh kembali; atau problem2 lain, kita doakan sesuai dengan ke-hendak Allah yang kita ketahui dari Fir-man Tuhan. Mungkin juga kita disuruh mengampuni atau mendoakan untuk kesembuhannya atau berdoa syafaat lainnya.
Juga kalau sikap kita sendiri tidak betul terhadap orang itu, waktu kita me-nyebut namanya, maka kesalahan2 kita akan tampak lebih jelas dan lebih kuat Roh Kudus mendorong kit untuk pem-beresannya.
Dengan demikian kalau hubungan kita dengan orang2 itu didaftarkan pada Tuhan dalam doa dengan menyebut namanya, maka akan ada penyelidikan, pemeriksaan, penyucian dan pem-beresan, juga bisa menjadi rezeki kita. Dengan banyak berdoa syafaat untuk setiap orang yang berhubungan kita (keluarga, pelayanan, kasus2 dll) maka hubungan kita disucikan dan kita dapat limpah rezeki dan diberkati Tuhan, indah! Belajar hidup seperti Kristus, di kanan Allah Bapa dengan terus men-doakan setiap nama yang datang pada kita dengan tulus dan dengan kasih meskipun hanya sebentar2 (kalau perlu kita bisa mendoakannya lebih lama).
4. Ber-tanya2 Tuhan tentang halnya.
Kadang2 kita tidak mengerti, apa yang harus kita perbuat terhadap orang atau anak atau domba2 Tuhan ini. Kita sebut namanya dan menanyakannya kepada Tuhan yang tahu dengan tepat apa yang terbaik yang harus kita lakukan dalam hubungannya dengan dia.
Juga kalau ada sesuatu yang akan terjadi pada orang itu atau apa yang akan dibuat kepada kita, maka Tuhan yang sudah tahu lebih dahulu bisa menyatakannya kepada kita seperti tentang Lot pada Abraham, seperti tentang orang2 Israel yang me-nyembah berhala kepada Musa, ten-tang Lazarus yang akan mati kepada Putra manusia Yesus dll.Ttetapi ka-dang2 kita sama sekali tidak tahu apa2 tentang orang tersebut, seperti Elisa tidak tahu apa2 tentang perempuan Sunami yang datang kepadanya.
Jadi kita akan mendapat berita dari Allah lebih banyak tentang orang2 itu, waktu kita menyebutkan namanya di hadapan Tuhan. Sebab itu lebih cepat dan lebih banyak nama2 yang kita bawa naik ke hadapan Tuhan dalam doa syafaat kita, hubungan kita akan terkontrol oleh Tuhan dan kita bisa mendoakan mereka semua, menjadi rezeki kita sehingga kita akan menjadi lebih indah di hadapan Tuhan dan akan lebih berbuah2.
 

IV. HUBUNGAN2 KHUSUS.

Lebih banyak orang yang menyakiti hati kita, membuat jengkel atau kita terikat dan terbeban akanlebih banyak orang2 ini, maka lebih banyak kita me-nyebutkan mereka di hadapan Tuhan. Jangan hanya sedih menangisinya atau jadi jengkel, tetapi doakan semuanya kepada Tuhan sekaligus check up sikap kita sendiri terhadap mereka semua.
1. ORANGTUA – ANAK2.
Biasanya ada ikatan batin dan kasih yang kuat. Jangan berhenti sampai di-sini, terus doakan setiap kali, lebih2 dalam kasus2 yang terjadi seperti ke-nakalan, problem di sekolah, dalam pergaulan atau keadaan rohaninya dll. Mungkin kita harus menegur karena perbuatannya yang jelek, jangan lupa juga minta pimpinan Tuhan dan men-doakannya sehingga tindakan kita tepat sebab ada doa syafaat baginya.
Baik antara suami istri atau orang tua terhadap anaknya dan anak terhadap orang tua dan saudara2nya, bahkan dengan seisi rumah dan keluarganya. Dalam hubungan keluarga sehari2, biasanya ada banyak hal yang terjadi, yang betul dan salah, benar dan dosa, maka dengan mendoakannya diha-dapan Tuhan (lebih2 dalam Roh dan kebenaran) kita bisa terus dipimpin Roh dan hadirat Tuhan dan kuasa Tu-han akan nyata. Kita dibersihkan dari semua angan2, pikiran, sikap dan perbuatan yang salah dan diganti dengan pimpinan dari Roh Kudus da-lam kasih, menjadi jauh lebih indah dan hadirat Tuhan turun dalam diri kita dan keluarga kita.
Mereka yang serumah tetapi belum percaya, juga kita doakan supaya per-caya, supaya Tuhan jamah setiap hari (bahkan setiap kali diingatkan Tuhan apa lagi kalau ada suatu kasus dengan dia) doakan di hadapan Allah, maka hubungan kita diperiksa oleh Tuhan (sehingga di hadapan Tuhan, kita tidak bersalah kepadanya) dan tindakan (ka-ta2, sikap, perbuatan kita benar ter-hadap mereka) dan Tuhan ikut mene-guhkannya, sebab kita taat melakukan perintah Tuhan terhadap orang itu. Begitu pula untuk pertumbuhan roha-ninya, untuk pelayanannya, pergaul-annya kita terus membawanya kepada Tuhan dalam setiap peristiwa yang ter-jadi. Mungkin hanya dengan kata: “tolong Tuhan”, lalu berbahasa lidah dan Roh Kudus yang akan menyem-purnakan doa kita kepada Tuhan Rom 8:26-27. Juga setiap kali ada pikiran yang jelek atau jahat datang (dari daging atau oleh panah berapi si setan Ef 6:16 dengan Tuhan kita bisa mudah menang dan membuangnya dan tetap berpikir suci sehingga Tuhan selalu beserta.
 
2. UNTUK MENANGKAN JIWA
Ini adalah tugas kita, mengasihi orang2 di sekitar kita Luk 10:27 sampai mereka diterangi, diasinkan dan dimenangkan bagi Tuhan, diselamatkan. Ini mulai dikerjakan  dengan doa. Terus doakan setiap kali kita bertemu atau diingatkan atau ada problem. Terus didoakan dan minta pimpinan Tuhan untuk berkata atau berbuat apa bagi saudara ter-sebut. Mungkin kita mempunyai satu daftar yang terus kita doakan atau daftar yang kita ingat terus, apalagi orang2 yang belum percaya yang kita temui setiap hari dan ada hubungan dengan orang itu (hubungan pekerjaan, dagang, sekolah, dll). Kalau kita mau melakukannya dengan sungguh2 dan tulus Roh Kudus akan menolong me-ngingatkan dan memimpin kita terus menerus. Banyak orang sulit meme-nangkan jiwa sebab tidak memakai doa, tidak mendoakannya terus mene-rus sebelum dan sesudahnya. (Kalau kita bertemu dengan orang itu hanya sesaat di kapal terbang, tentu kita hanya bisa berdoa dalam hati waktu itu saja, tetapi Roh Kudus akan memimpin kita dengan tepat). Hasilnya akan indah sebab bukan kita yang menjamah hatinya, kita hanya melakukan bagian kita pada saat2 itu dengan kata2 atau sikap menurut pimpinan Roh, tetapi Roh Kudus yang menjamah hatinya.
 
3,SEBAGAI PEMIMPIN2 (KECIL ATAU BESAR)
Kalau ada daftar yang resmi (misalnya di Sekolah Minggu, Kelompok sel, dll), maka kita bisa mendoakan setiap hari nama2 itu, sambil menggembalakan (memberi nasehat yang perlu, petun-juk, membimbing, menunjukkkan ke-hendak Tuhan,menegur, dll) supaya orang2 yang dibebankan Tuhan atas kita bisa berjalan benar dan tumbuh, berbuah2 jiwa dan diberkati Tuhan dalam segala segi hidupnya, rohani dan jasmani. Kadang2 kita melihat sikap atau perbuatannya yang aneh, sebelum bertanya, berdoalah dahulu kepada Tuhan. Berdoalah dengan  sungguh2, tulus dan berharap penuh kepada Tu-han, maka kita akan dipimpin Roh de-ngan tepat dan hasilnya kita akan bisa menanganinya dengan baik dalam pimpinan Roh Kudus.
Tentu data2 yang penting harus kita baca atau selidiki, misalnya dalam penggembalaan, absensi, keadaan rohaninya, problem2nya dan laporan2 lainnya juga keadaan jasmaninya, se-mua kita bawa dalam doa dan me-nunggu pimpinan Roh Kudus.
 
4. HUBUNGAN DENGAN SAUDARA SEIMAN
Mereka yang ada di dekat (sebelah kita formil atau informil) doakan semua, mintakan pertolongan dan berkat Tuhan, lebih2 kalau ada sesuatu yang mereka hadapi. Dengan demikian kita memulai, membangun dan mene-guhkan persekutuan tubuh Kristus dalam doa dan itu memegang peranan yang sangat penting. Juga serangan2 Iblis dalam hubungan ini sering kali sudah kelihatan lebih jelas pada waktu kita mendoakan orang2 ini, sekarang siasat dan tipu daya Iblis bisa diketahui dan dikalahkan. Sebaliknya sikap dan perbuatan yang baik, saling nasehat, menolong, menguatkan akan lebih nyata dalam persektuan kita.
 
5. HUBUNGAN DENGAN SEMUA ORANG LAINNYA.
Juga “daftarkan” pada Tuhan dan minta pimpinan Roh. Mungkin ada orang2 yang berbuat baik pada kita, doakan mereka supaya Tuhan yang membalas dan memberkatinya. Juga orang2 yang nampaknya punya rencana jahat atas kita, doakan mereka supaya mereka takut dan Tuhan memberi kita sikap yang betul (mengampuni tetapi tetap cerdik supaya tidak jadi korban orang2 jahat ini, dan juga supaya orang2 ini bisa bertobat.
Dengan menyebut namanya atau menunjukkan dalam hati kepada Tuhn, hubungan itu terdaftar dan Tuhan akan memberi pimpinan bagi kita, apa yang harus kita buat, lebih2 dalam hubungan yang genting, jangan hanya berpikir dengan akal kita tetapi doakan kepada Tuhan. Mungkin di sekolah, guru2, te-man sekelas dll. Dalam tempat peker-jaan, pemimpin2, direktur, teman2 sekerja dll.
Kalau kita mengerti Firman Tuhan lebih banyak, kita akan lebih mahir dipimpin Roh dan mendengar suaranya, maka hubungan dengan siapa saja yang su-dah kita daftarkan akan lebih tepat dan sikap, kata2 dan perbuatan kita akan lebih baik, bisa jadi terang dan garam dunia.
 

KESIMPULAN

Kita harus belajar berdoa syfaat untuk semua orang di sekitar kita seperti Tuhan Yesus, dengan kasih seperti Bapa dalam pimpinan Roh Kudus.
Orang dunia sebagian berusaha dengan guna2 dan kuasa gelap untuk bisa me-nyetir bahkan menguasai orang lain dengan maksud2 pribadi dan kadang2 jahat, tetapi orang beriman yang disertai Tuhan akan luput dari padanya.
Kita berhubungan dengan siapa saja, kita bawa dalam doa, maka hubungan kita akan disertai Tuhan dan Roh kudus sanggup meluruskan, mengamankan atau memberkati hubungan kita.
1. Hubungan lahir batin akan jadi baik sesuai dengan Firman Tuhan sebab hubungan kita dengan semua orang yang kita doakan akan di cek up oleh Tuhan supaya tetap benar dan disertai Tuhan.
2. Semua orang2 yang kita doakan akan jadi rezeki kita dan hubungan kita jadi baik dalam persekutuan Tubuh Kristus dan jadi garam dan terang kepada orang luar.
3. Kita bisa menangkan jiwa lebih banyak dengan kuasa doa sebab semua dilakukan dengan banyak doa, lebih2 dalam Roh dan kebenaran.
4. Semua ibadah, pelayanan, dan hubungan dalam dunia sekuler kalau kita doakan, Allah akan ikut campur dan memberkatinya serta mengolah sesuai dengan rencana Allah yang adil, dan meggenapi janji2Nya.
5. Dengan mendoakan semua orang di sekitar kita, juga orang yang memusuhi kita, kita aman dalam perlindungan dan pimpinan Tuhan meskipun dunia makin jahat dan kacau, Iblis merajalela tetapi kuasa doa orang benar itu besar kuasnya Yak 5:16.
 
Nyanyian:
Bait I.
Berdoa selalu dalam Roh kebenaran.
Tiap hari hiduplah sebagai rumah doa.
Hasilnya indahlah jalan dengan Allah
Manis mulia tumbuh sempurna.
 
Koor:
Berdoa senantiasa, berdoa tak henti.
Indah bercakap dengan Tuhan.
Ujian bertambah kasihNya melimpah.
Berdoa2 s’nantiasa.
 
Bait II.
Berdoa selalu dalam Roh kebenaran.
Jangan b’renti doa jadi gua penyamun.
Hasilnya pahitlah pekerjaan setan.
Jangan b’renti doa s’lamanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top