M3615 – Kisah Para Rasul, Pekerjaan Roh Kudus Sejak Pentakosta (19 Mei ’13)

Download MP3 Khotbah: M3615

KISAH PARA RASUL, PEKERJAAN ROH KUDUS SEJAK PENTAKOSTA.

I. KIS 2:1-13. TANDA-TANDA BAPTISAN ROH KUDUS.

Hari Pentakosta adalah hari raya panen, yaitu 50 hari (Pentakosta = 50 hari) sesudah hulu hasil dipersembahkan. Panen adalah hari raya sukacita, sebab panen dikumpulkan dan dibawa masuk ke dalam lumbung. Biasanya setiap hari Pentakosta hanya ada perayaan biasa. Tetapi kali ini ada panen jiwa-jiwa, sebab Roh Kudus dicurahkan dengan limpah dalam orang-orang yang menunggunya di kamar loteng Yerusalem.

Dalam Wasiat Lama Roh Kudus sudah turun, tetapi tanda-tanda dan keadaannya lain dengan Wasiat Baru sebab penebusan oleh Tuhan Yesus belum terjadi. Sebab itu baptisan Roh Kudus dan hidup dipimpin Roh dalam Wasiat Baru itu jauh lebih daripada Wasiat Lama Ibr 11:40 bahkan bisa sampai kepada pengurapan tanpa batas  Yoh 3:34. Murid-murid menunggu janji Tuhan Kis 1:4-8 dan mengalaminya disini dengan tanda.

1. Tanda khas. Ini harus selalu ada seperti yang ditulis dalam Kis 2:33, yaitu tanda-tanda yang kamu lihat dan dengar. Apa yang didengar? Bahasa lidah kIs 2:4. Ini terjadi setiap kali pada waktu orang-orang dibaptis dengan Roh Kudus. Yang dilihat, biasanya ada gejala-gejala waktu Roh Kudus turun, terasa kuasa masuk ke dalamnya, kadang-kadang ia menangis, kadang-kadang berteriak atau bergetar dan bicara dengan emosi sukacita sampai-sampai ingus dari hidung turun, mereka tidak peduli sebab sukacita. Kalau Roh Kudus turun dalam seseorang, senangnya luar biasa, sebab itu tampak dari emosinya sehingga orang-orang yang melihat tahu bahwa ada sesuatu yang terjadi. Maisng-masing mempunyai kesaksian roh dalam hatinya, ada sesuatu yang indah terjadi.

2. Tanda-tanda lain. Ini boleh ada, boleh tidak ada yaitu antara lain:

a. Bunyi angin keras Kis 2:2. Ini tidak selalu terjadi. Pada baptisan Roh Kudus yang pertama pada hari Pentakosta ada banyak gejala atau tanda-tanda diberikan supaya orang tahu sebab rata2 semua belum mengerti.

b. Lidah api di atas setiap orang yang penuh Kis 2:3. Meskipun api, orang-orang tidak terbakar. Allah bisa memberi api yang tidak membakar, ajaib. Ini sebagai tanda saja waktu baptisan pertama.

c. Orang-orang mendengar bahasanya sendiri Kis 2:5-11. Ini lain dengan bahasa lidah yang tidak bisa dimengerti oleh manusia 1Kor 14:2, sebab ini suatu rahasia pembicaraan Roh Kudus dengan Bapa di Surga.

Tanda-tanda lain itu kadang-kadang terjadi seperti yang dilaporkan beberapa orang, bahkan itu menjadi tanda 1Kor 14:23. Bahkan ada yang berkhotbah dalam bahasanya sendiri, tanpa diterjemahkan, dimengerti oleh semua pendengarnya yang bahasanya lain.

d. Sukacita. Ini khas, tidak ada apa-apa (pasti tidak ada pesta, hadiah, tontonan-tontonan dll) tetapi mereka begitu bersukacita sampai dikira minum anggur manis padahal tidak Kis 2:13,15. Sama seperti Petrus, Yohanes, Yakobus di gunung sangat bersukacita pada waktu Tuhan Yesus dipermuliakan. Mereka begitu bersukacita sampai mau tinggal terus di gunung, tidak mau turun Mat 17:1-13.

II. MENJADI SAKSI.

Tanda-tanda penting lainnya adalah perubahan dari orang yang penuh Roh Kudus menjadi orang lain yaitu seperti Tuhan Yesus 1Sam 10:6-7. Mengapa bisa begitu? Sebab:

1. Kita yang percaya mengalami penebusan oleh Tuhan Yesus sehingga berubah dari orang lama menjadi orang baru, dari anak iblis menjadi anak Allah, dahulu dikuasai hukum dosa dan maut sehingga selalu jatuh dalam dosa dalam setiap godaan dan pencobaan, sekarang bisa merdeka dari dosa, bisa memilih untuk taat dipimpin Roh sehingga bisa terus dalam kesucian Tuhan dst, indah!

2. Roh Kudus turun dan tinggal terus di dalam kita Yoh 14:16 maka kalau kita mau terus dipimpin olehNya, kita bisa beroleh hikmat dan kuasa Roh terus menerus, sehingga bisa hidup seperti Kristus. Ini cara hidup yang luar biasa yaitu:

a. Bisa hidup suci, merdeka dari dosa.

b. Bisa taat melakukan kehendak Allah sebab ada kuasa Allah dalam diri kita untuk mematikan daging yang melawan kehendak Allah Kis 1:8. Bisa menjadi saksi Kristus, melepaskan orang dari dosa, menyelamatkan, menyembuhkan, memberkati orang-orang dll.

c. Panen jiwa-jiwa. Orang-orang jadi percaya kepada Tuhan Yesus dan banyak yang dibaptiskan dan menjadi murid Kristus sesuai dengan perintah Tuhan Mat 28:19-20. Ini menimbulkan efek yang nyata dalam masyarakat di sekitarnya sehingga nama Tuhan dipermuliakan. Imam-imam, orang Parisi, ahli Taurat dll yang sudah membunuh Putra manusia Yesus menjadi heran. Mengapa kepalanya sudah dibinasakan, pengikutnya tidak bubar malah semuanya menjadi sama seperti Kristus. Kis 5:32-33. Mereka sakit hati dan mau membunuh murid-murid Tuhan tetapi Gamaliel mencegahnya sebab yakin ini dari Allah. Kis 5:34-39. Heran, setiap orang yang percaya pada Tuhan bisa menjadi seperti Kristus, penuh dengan hikmat dan kuasa Allah. Bukan hanya orang-orang yang ternama, setiap orang N.N. bisa dipakai Tuhan seperti Kristus, semua orang yang percaya kalau mau bisa dipakai dengan heran. Inilah orang-orang yang mau dipimpin Roh sehingga Roh Kudus bekerja di dalamnya seperti dahulu Roh Kudus bekerja di dalam Putra manusia Yesus. Begitu banyak orang-orang berubah menjadi seperti Kristus sehingga semuanya disebut Kristen yaitu orang yang seperti Kristus. Kis 11:26.

III. NUBUATAN TENTANG PENAMATAN RENCANA ALLAH.

Panen jiwa-jiwa ini terjadi karena orang-orang berubah oleh pekerjaan Roh Kudus. Dahulu hanya ada satu Kristus, sekarang sesudah Roh Kudus memenuhi banyak orang, timbul banyak Kristus-Kristus dimana-mana. Laki-laki, perempuan, segala umur, bermacam-macam jenis manusia, tetapi semuanya sama-sama hidup seperti Kristus. Hidup suci, benar dan menjadi saksi-saksi Allah seperti Kristus di mana-mana. Kita akan melihat hal-hal yang lebih besar akan terjadi, sebab:

4 Injil = Kisah Kristus, Putra manusia Yesus.

Kisah Para Rasul = Kisah para rasul2 yang hidup dan melakukan hal-hal yang sama seperti Kristus (Hujan awal).

Akhir zaman = Kisah Gereja akhir zaman yang juga hidup seperti Kristus, bahkan bisa hidup. lebih heran dan lebih ajaib dari yang mula-mula Yoh 14:12, yang biasa disebut sebagai kegerakan Hujan akhir sebelum pengangkatan. Kegerakan Hujan akhir ini dua kali lebih hebat dari Hujan awal sehingga kemuliaan rumah Allah yang akhir ini lebih besar dari yang mula-mula Hag 2:10 (seperti Elisa dua kali lebih heran dari Elia sebab pengurapan Roh Kudus di atasnya dua kali lipat 2Kor 2:9). Kegerakan ini sudah dimulai kira-kira pada tahun 1901, tetapi kita melihat kekuatannya belum seperti Hujan awal apalagi dua kali lipat, sebab itu kita masih mengharapkannya sesuai dengan janji Allah, sebab Hujan akhir itu dicurahkan Allah untuk mematangkan Gereja menjadi sempurna, sehingga seperti buah-buah yang matang bisa dipanen dan dibawa masuk dalam gudang. Kita menunggu panen besar dan harus siap sedia supaya bisa ikut dalam kegerakan besar itu, jangan hanya sebagai penonton, sebab penonton akan tertinggal Kis 5:13. Dosa makin bertambah-tambah, sebab itu kejahatan makin meningkat dan korbannya akan makin bertambah banyak, suatu keadaan yang sangat dahsyatdan pasti banyak orang kena sebagai korbannya. Dalam Wah 6 yang menceritakan tentang 3,5 tahun I dari Minggu ke-70 Daniel, dikatakan begitu banyak orang yang mati dibunuh (lebih dari 30%), belum lagi korban dalam segi-segi lainnya. Kalau kita bersedia, kita tidak akan menjadi korban, bahkan Gereja akhir zaman yang penuh dengan Roh Kudus (pengurapan dobel seperti lima gadis bijaksana) tidak ada yang mati (justru penonton dan ligabo akan banyak kena menjadi korban dan mati atau tertinggal ). Ini jauh-jauh hari sudah dinubuatkan Tuhan dalam 1Kor 15:51-52. Gereja akhir zaman (yang bertumbuh seperti lima gadis bijaksana) semuanya tidak ada yang mati tetapi ikut dalam pengangkatan. Juga tidak ada yang mati oleh penyakit (meskipun penyakit di akhir zaman akan merajalela makin ganas dan makin banyak) sebab semua akan ikut dalam pengangkatan atau menjadi sempurna. Juga dalam bidang lain seperti ekonomi, keamanan, pergaulan dsb Gereja akan mengalami pemeliharaan khusus sehingga Gereja mengalami zaman keemasan, puncak-puncak rencana Allah, keadaannya menjadi ajaib Wah 12:1. Ini sudah dinubuatkan dan Firman Tuhan dan pasti terjadi. Kita bisa memilih, bukan hanya menunggu dan menonton. Tuhan ingin kita memilih dan termasuk yang ikut dalam pengangkatan. Tuhan tidak membedakan orang, tergantung dari reaksi kita maisng-masing.

Kita harus mengerti nubuat Firman Tuhan dan terus belajar dari segenap Firman Tuhan supaya kita bisa disiapkan mulai sekarang. Lebih cepat kita mulai, lebih besar kemungkinannya kita bisa ikut dalam rencana penamatan Allah ini, yaitu hidup sebagai lima gadis bijaksana.

IV. KISAH RASUL2.

Empat Injil dan Kisah rasul menjadi pola bagi kita untuk masuk dalam Kisah Gereja akhir zaman (KGA). Tentu Wasiat Lama juga penting sebagai dasar dari keseluruhannya meskipun artinya dalam bentuk nubuatan dan terselubung 2Kor 3:14. Juga semua surat-surat dari Roma sampai Wahyu diperlukan untuk melengkapi Gereja masuk dalam penamatannya. Tetapi 4 Injil dan Kisah rasul menjadi pola hidup dan pelayanan Gereja akhir zaman, bahkan dalam ukuran yang lebih besar, dobel. Kita tidak bisa melihat semuanya dalam satu kebaktian,tetapi kita bisa berulang-ulang membacanya dalam pengurapan Roh Kudus dan memperhatikan prinsip-prinsipnya, supaya kita bisa mudah dipakai Roh Kudus untuk mengerjakan kegerakan Roh yang sama, bahkan dobel dalam Gereja akhir zaman, dalam hidup kita maisng-masing, siapa saja yang mau taat hidup dipimpin Roh. Kis 11:12, Luk 4:1,18.

Kuncinya adalah hidup dipimpin Roh dalam kesucian yaitu:

A. Berubah menjadi orang yang lain.

B. Hidup sebagai ligabis.

C. Menjadi saksi Allah yang hidup.

A. MENJADI ORANG BARU, ORANG LAIN.

Ada banyak kesaksian bagaimana orang yang jahat, anak yang nakal, orang yang dingin rohaninya pada waktu penuh dengan Roh Kudus, mereka berubah menjadi orang baru yang ber-api-api dan bergairah. Ini masih terjadi sampai sekarang, bahkan akan makin bertambah.

B. HIDUP SEBAGAI LIMA GADIS BIJAKSANA.

1. Orang ini bisa hidup suci dan suka pikul salib di jalan sempit. Tuhan sudah menebus dan memberi kemenangan, tetapi tetap harus pikul salib, mau menderita karena kebenaran (Pil 1:29, Luk 9:23) supaya daging bisa terus dimatikan Rom 6:6 dan tetap merdeka dari dosa. Tubuh kita belum ditebus Rom 8:23, Ef 4:30, Luk 21:28 KJI. Kalau seorang hidup suci dengan betul, bukan terpaksa atau munafik, maka tandanya adalahorang itu ada sejahtera dan sukacita yang meluap-luap, juga meskipun harus menderita karena Kristus (salib), ia makin sukacita Kis 5:41.

2. Selalu hidup dipimpin Roh, itu dalam kesucian dan terus melakukan kehendak Allah. Ini kunci hidup Putra manusia Yesus Mat 4:1, Luk 4:1,18, sehingga hidup kita itu bukannya kita lagi tetapi Kristus yang hidup dalam kita Gal 2:20 sehingga Kristus nyata dalam hidup kita, seolah-olah Kristus sendiri yang hidup dalam kita, baik keberanian, hikmat, kuasa, kata-kata dll, seperti Kristus.

3. Tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran dengan sukacita terus menerus, baik berdoa senantiasa maupun dalam bilik. Hidup ini menjadi rumah doa Mat 21:13, berarti ini timbul karena pekerjaan Roh Kudus dan ini bisa berlangsung terus menerus sepanjang hidup kita seperti ligabis, lebih-lebih dalam akhir zaman yang penuh tantanga-tantangan, kita sangat membutuhkan hidup sebagai rumah doa supaya bisa terus hidup berkemenangan seperti Kristus sebab terus berjalan dalam Roh.

4. Limpah dengan Firman Tuhan, dua gomer Kel 16:22, bukan terpaksa atau kewajiban tetapi dengan lapar haus, penuh sukacita, sebab Firman Tuhan jadi kekuatan, resep dan janji-janji kemenangan dari Tuhan. Hidup ini menjadi rumah roti (Betlehem), limpah dengan Firman Tuhan.

5. Ada persekutuan tubuh Kristus yang manis dan kuat Maz 133:1. Persekutuan ini sangat kuat dan tidak akan kalah sebab limpah dengan perkara2 dari Atas Kis 2:42 dan penuh dengan pengampunan (kasih Kristus) dan terus terang, tulus, suci 1Yoh 1:7. Kekuatan maisng-masing bisa naik 100-1000 kali, luar biasa. Biasanya disertai dengan Perjamuan Suci terus menerus Kis 2:46 dan terus meningkat sampai pengangkatan Luk 17:34-37.

6. Ibadat dengan sukacita Ibr 10:25, Maz 122:1. Ini membuat persekutuan dll jadi makin kuat sebab semuanya bersekutu dalam ibadah bersama.

7. Pelayanan, menjadi saksi2 Kristus yang penuh hikmat dan kuasa Allah Kis 1:8.

C. SAKSI ALLAH YANG HIDUP DAN HERAN.

1. Sukacita. Kis 2:13.

2. Berani. Kis 4:29-31. Gereja itu dapat diringkas sebagai rumah doa dan roti Kis 6:4. Ini yang menjadi kesukaan, kekuatan dan kemenangan orang-orang yang penuh dan dipimpin Roh. Rasul-rasul yang mula-mula penuh ketakutan, hidup di dalam kamar yang terkunci, sekarang bertebaran di jalan menghadapi segala macam ancaman dan tantangan-tantangan dengan berani, sebagai saksi Allah yang hidup. Mereka dijaga, dipelihara dan disertai Allah dengan luar biasa, sekalipun Stefanus di dalam Gereja hanyapelayanan meja (pelayanan jasmani) tetapi ia hidup seperti Kristus, menjadi saksi Allah yang hidup. Mereka berani berkata menentang Sanhedrin Kis 4:19 dan Tuhan tetap memelihara mereka sebab Firman dan doa yang limpah.

3. Menangkan jiwa-jiwa. Petrus yang pernah menyangkal Tuhan dan depresi, berubah total karena kepenuhan Roh Kudus Kis 2:14-41. Ia bangkit berdiri dan bicara dengan terus terang dengan kata-kata dari Allah dalam munculnya sampai ribuan orang dijamah hatinya oleh Roh Kudus dan bertobat sehingga 3000 orang dibaptiskan. Kalau ada pekerjaan Roh Kudus, maka akan ada kegerakan dan panen, banyak orang bertobat Kis 4:4; 6:7; 17:30 dan kesukaan yang besar terjadi. Di mana2 Kis 8:8 Kis 13:52 dan sejahtera Kis 9:31, sekalipun dalam aniaya Kis 8:4; 16:25.

4. Kesembuhan dan mujizat terjadi di mana-mana,apa yang tidak mungkin, bisa terjadi dengan kuasa Allah seperti pertobatan orang yahudi dan imam-imam. Petrus dua kali keluar dari penjara oleh kuasa Allah, Pilipus pindah dari jalan ke Gaza pindah ke Asdod, dll. Segala macam sakit disembuhkan sampai-sampai karena bayang-bayang Petrus dan kain bekas Pauluspun bisa menyembuhkan orang ;Bahkan orang mati dibangkitan Petrus, Paulus dll dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

5. Kesucian dan hukuman yang keras. Kesucian dipegang teguh, dan orang-orang tidak berani berdosa, bisa mati di tempat sebab hukum dalam Gereja sangat ketat 2Kor 10:5-6. Ini salah satu tanda kegerakan yang besar, selalu disertai dengan kesucian. Kalau Tuhan memberi banyak, juga Tuhan menuntut lebih banyak Luk 12:48. Sebab itu kita harus bersedia sekarang tetap hidup dalam kesucian di mana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja, dan mau menyangkal diri untuk taat melakukan kehendak Tuhan maka Tuhan akan bekerja dengan lebih kuat dalam hidup, keluarga dan Gereja itu. Roh Kudus akan memimpin kita dan membimbing menguatkan kita.

6. Segala hal-hal lain, baik nafkah, keamanan, problem rumah tangga, ancaman dll, hadapi dengan hikmat dan kuasa Allah. Jangan dengan kekuatan sendiri. Terus bealjar mulai sekarang berharap pada Tuhan; minta karunia-karunia dan buah Roh, kuasa dan pimpinanNya terus. Hadapi segala perkara dalam jalan Tuhan sampai menang. Jangan bereaksi dosa, tunggu pimpinan dan waktu Tuhan. Jangan mengandalkan pikiran, kuasa, kedudukan, hadiah dll. Semua itu akan tiada gunanya dalam masa-masa yang sulit dalam zaman Antikris, tetapi kuasa dan hikmat Allah akan menolong kita kapan saja, mulai sekarang sampai pengangkatan sampai kekal. Ingat kita perang melawan iblis bukan manusia Ef 6:12. Jangan lawan kejahatan dengan kejahatan, tetapi dengan Allah Rom 8:31, 1Yoh 4:4, Rom 12:21. Kuasa gelap akan makin bertambah di mana-mana, hadapi dengan kelimpahan kuasa dan hikmat pimpinan Allah.

7. Tumbuh seperti Kristus dan berbuah lebat. Tujuan kita bukan populer, bukan menang, bukan sukses dll, tetapi tumbuh seperti Kristus dan melakukan kehendak Allah, istimewa memenangkan jiwa-jiwa, sebab itu Tuhan memberi/mengizinkan kesukaran-kesukaran datang tetapi juga semua fasilitas yang kita perlukan akan disediakan dan pasti dengan Tuhan kita menang. Dalam masa-masa yang sulit, justru kita bisa tumbuh dan bisa berbuah-buah lebat. Jangan lengah, terus berjalan dengan Tuhan, dipimpin Roh. Tujuan kegerakan Hujan Akhir ini untuk menyiapkan Gereja yang akan menang, tumbuh bahkan disempurnakan di tengah-tengah masa kesukaranan besar yang menjadi seperti masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17.