M3473 – Yohanes 1:45-51 Natanael Melihat Surga Terbuka (23 Okt 2011)

Nama NATANAEL.

Banyak penafsir mengatakan bahwa Natanael, murid Tuhan Yesus ini sama dengan Bartolomeus, sebab:
1. Yohanes menyebut Natanael dua kali (disini dan dalam Yoh 21:2) dan tidak pernah menyebut Bartolomeus, padahal satu murid Tuhan Yesus.
2. Sebaliknya dalam Mat 10:3, Mrk 3:18, Luk 6:14 semua menyebut Bartolomeus, tetapi tidak pernah menyebut Natanael.
3. Dalam menyebut nama murid-murid Tuhan sepasang-pasang, Petrus dan Andreas, Yohanes dan Yakobus lalu Pilipus dan Bartolomeus dan Bartolomeus inilah Natanael yang dimenangkan oleh Pilipus.

YOHANES 1:45. PILIPUS MENEMUKAN MESIAS.

Dalam ayat 43 Tuhan Yesus memanggil Pilipus untuk ikut Dia. Pilipus sangat bersukacita, sebab ia menemukan bahwa Yesus orang Nazaret, putra Yusuf, Dialah Mesias yang ditulis oleh Musa dan para nabi.
Heran Pilipus bisa menemukan Tuhan Yesus sebagai Mesias padahal orang-orang Parisi, ahli Taurat, imam besar dan imam-imam tidak sadar dan tidak percaya akan hal ini, bahkan mereka menganggap Tuhan Yesus sebagai penyesat dan membunuhnya dan berani menanggung segala resiko akibatnya Mat 27:25. Sampai hari ini sebagian besar orang Israel belum menemukan Mesiasnya, mereka masih menungguNya padahal sudah dibunuh 2000 tahun yang lalu!
Heran, Pilipus bisa mengerti dengan begitu tepat! Mengapa yang lain tidak bisa mengerti? Belum tentu orang pintar, juga yang pintar Alkitab bisa mengerti kebenaran, sebab mereka hanya memakai kekuatan dan kepintarannya sendiri. Pengertian ini diluar kemampuan manusia Luk 10:21. Kalau seorang tidak diberi, karunia untuk mengerti Mat 13:11, orang itu tidak bisa mengerti kebenaran-kebenaran ilahi.
Orang yang “di dalam” (dalam Ruangan Suci, dalam kesucian, dipimpin Roh) bisa mengerti Mrk 4:11 yaitu orang yang mau percaya dan tulus, sebab di dalam orang ini (orang yang hidup benar, suci) Roh Kudus bisa bekerja dan meyakinkannya dan ada sejahtera ilahi. 1Yoh 2:27, 1Kor 2:10, Yoh 16:13. Orang yang percaya dan tulus akan mengerti dan makin mengerti. Orang yang hidup dalam dosa (dosa itu menghalang-halangi Roh Kudus, sehingga tidak bisa bekerja di dalam orang itu), ia tidak bisa mengerti dan yang sudah di mengerti pun sekarang diragukan, bahkan disangkali Mat 13:12. Semua perkara rohani membutuhkan iman dan kesucian.

YOHANES 1:46. NAZARET BISA MENGHASILKAN YANG BAIK?

Biasanya manusia berpikir, dari desa kecil dan tidak berarti tidak mungkin keluar sesuatu yang besar, apalagi Putra manusia Yesus, apalagi Dia yang paling besar di dunia dari siapapun, kapanpun. Misalnya tetangga kita seorang yang pendidikannya SD kelas 3, jual es di tepi jalan, diangkat menjadi menteri, kita akan terkejut seperti Natanael. Mana mungkin Nazaret menghasilkan Mesias?
Bagi Allah yang penting bukan besar kecil asalnya, tetapi apakah itu diperkenan oleh Allah atau tidak! Allah tidak membedakan orang Rom 2:11 dan Dia adil, sebab itu sekalipun asalnya kecil, tidak berarti, rendah, hina, kalau hidupnya memperkenankan Tuhan (seperti Maria, orang miskin dan kecil tetapi sangat diperkenan Allah Luk 1:28), bisa menghasilkan hal-hal yang besar dan kekal! Natanael belum mengerti tetapi ia tulus sebab itu Tuhan akan membuatnya bisa mengerti!
Jangan takut atau kuatir bahwa kita kecil dan tidak bisa apa-apa, jangan minder. (Tentu jangan serakah atau jemawa. Ada orang untuk hidup sehari-hari saja tidak mempunyai uang cukup, lalu beli mobil baru. Lagaknya seperti orang besar sehingga orang percaya, tetapi sesudah 1 bulan dirampas kembali, untung-untung tidak diserahkan polisi sebagai penipuan). Kalau kita diperkenan Tuhan, Tuhan ada di dalam kita, bisa keluar perkara-perkara yang besar oleh karena Kristus Maz 60:14. Juga kalau Tuhan sudah mengangkat kita menjadi besar seperti Yusuf, tetaplah hidup berkenan kepadaNya, maka akan tetap keluar perkara-perkara besar dari kita. Sebab itu hiduplah berkenan pada Tuhan, jalan dengan Tuhan, maka Tuhan sanggup melakukan perkara-perkara besar dalam hidup kita seperti begitu banyak orang yang memperkenankan Tuhan (mulai Habil, Nuh, Abraham, Ishak, Yakub, Daud. Harap pada Tuhan dan terus minta pimpinanNya, maka bersama-sama Tuhan kita akan melakukan perkara-perkara besar.

Mari dan lihatlah!
Waktu Pilipus mendengar sanggahan dari Natanael, Pilipus tidak bisa menjawab pertanyaan Natanael, tetapi Pilipus tidak berdebat, iahanya mengajaknya untuk bertemu Tuhan Yesus, melihat sendiri bukti dan kesaksiannya. Jangan cepat atau suka berdebat. Orang beriman dan sidang Tuhan tidak mau berdebat.
1Korintus 11:16
Tetapi jika seseorang suka berbantah-bantah, kami, maupun Gereja-gereja Allah tidak mempunyai kebiasaan yang demikian. (KJI)
Seringkali berdebat menghasilkan rasa tidak senang atau bahkan penolakan, perkelahian dan perpecahan. Baik dalam rumah tangga, lebih-lebih dalam bersaksi, jangan berdebat. Katakan kata-kata yang diyakini dari pimpinan Roh Kudus dan berdoa. Beberapa banyak suami isteri terus berdebat sampai hidup nikahnya terganggu. Bahkan jadi retak, sebab sama-sama tidak mau kalah. Bahkan sampai tidak menyapa dan tidak terpisah, lama-lama nikahnya retak dan pecah. Jangan berdebat. Pakai kuasa Allah. Lebih-lebih dalam bersaksi. Kita boleh sharing tetapi jangan memaksa, tetapi berdoalah, pakai kuasa Allah. Minta hikmat Tuhan, kalau perlu ajak saja seperti Pilipus, tanpa berbantah-bantah. Kadang-kadang kita bisa menunjukkan suatu buku yang baik, betul dan tepat atau menunjukkanseorang teman atau mengajak ikut kebaktian sambil terus berdoa (apalagi dalam Roh dan kebenaran) supaya Tuhan bekerja dan menjamahnya. Hasil kuasa Allah akan luar biasa seperti disini, sebab Roh Kudus yang bekerja.
Sharing itu seperti pelayanan dengan buku. Buku tidak bisa berdebat, hanya memberikan kebenaran-kebenaran Allah yang tertulis di dalamnya.Kalau orangnya marah dan buku itu dibanting, buku tidak bisa emosi. Belajar bersikap seperti “buku” sambil berdoa minta hikmat dan kuasa Allah)

YOHANES 1:47. KATA-KATA MARIFAT.

(= kata2 pengetahuan, tetapi ini bukan pengetahuan atau ilmu sekuler, tetapi pengetahuan dari Allah, tentang Allah, Hos 4:1).
Tuhan Yesus hidup di dunia sebagai Putra manusia, penuh, seperti kita Ibr 2:14,17; 4:15.
Sebab itu sebagai manusia Ia tidak tahu apa-apa, tetapi Roh Kudus memberi kata-kata marifat kepada-Nya sehingga Ia tahu dan mengenal Natanael. Kita juga bisa minta karunia-karunia Roh Kudus, Dia sanggup menunjukkan pada kita cirri-ciri orang-orang yang kita hadapi. Ini lain dari prasangka yaitu dari diri kita sendiri dan banyak kelirunya. Tetapi karunia Roh Kudus itu dari Roh Kudus yang dinyatakan pada kita sehingga kita bisa mengenali orang-orang yang kita hadapi dengan tepat; Tentu kita juga harus minta pimpinan-Nya (atau karunia hikmat) untuk bersikap atau bertindak lebih lanjut. Asal kita hidup dengan Tuhan, yaitu hidup benar, tulus dan tidak bereaksi dosa, maka kita akan terus dipimpin Roh (kalau ada dosa, pimpinan Roh Kudus akan berhenti). Dalam pimpinan Roh kita bisa berbuat seperti Kristus (bahkan Tuhan menjanjikan kita bisa berbuat lebih banyak lagi. Yoh 14:12).
Semua orang percaya bisa menerima karunia dan pimpinan Roh Kudus, lebih-lebih kalau kita sudah dibaptis dalam Roh, Roh Kudus bisa lebih bebas memberi kita 9 karunia dan 9 buah Roh dan kuasaNya, jangan bimbang, minta dengan iman. Kalau bingung, ragu-ragu, berdoalah dalam Roh. Komputer bisa otomatis, apalagi Roh Kudus jauh lebih dahsyat, bahkan tanpa batas, tidak ada yang mustahil bagiNya, yaitu cara ilahi dan itu sempurna.

Seorang Israel sejati dan tidak ada tipu daya di dalamnya.
Natanael mengalami pergumulan antara daging dan roh dalam hatinya Gal 5:16 untuk bisa tetap hidup benar, dan ia tetap mempertahankan hidup benar dan heran Tuhan Yesus tahu!
Roh Kudus tahu kalau kita bergumul melawan daging, kalau kita seorang Kristen yang sejati. Kalau kita mau hidup benar, Roh Kudus tahu dan mengikutinya sebab Dia selalu siap untuk menolong setiap orang percaya yang mau hidup benar. Pasti bisa, sebab Roh Kudus tahu, mau dan selalu siap membantu.
Jangan kecil hati dalam setiap pergumulan batin kita untuk taat pada Firman Tuhan, sebab daging harus dimatikan setiap saat Luk 9:23. Tuhan tahu, kita tidak sendirian. Dia selalu melihat kita, Dia tidak pernah tidur dan bisa melihat dengan tepat sampai dalam pikiran dan angan-angan kita). Sebab itu kalau dalam bergumul kita bersyukur, atau berseru apa saja, Tuhan langsung menolong, sebab Dia sudah tahu dan pasti akan menolong orang yang mau hidup berkenan kepadaNya, Roh Kudus sanggup menolong sampai kita menjadimampu dan menang Pil 4:13. Percaya dan bersyukurlah dalam pergumulan kita, pasti jadi kuat dengan Tuhan.

YOHANES 1:48. NATANAEL TERKEJUT DAN HERAN.

Natanael terkejut, mengapa orang ini tahu pergumulan berat dalam hatinya. Belum tentu orang lain tahu pergumulan hatinya, apalagi kalau dari luar tenang-tenang saja. Bahkan ia makin terkejut dan makin heran, waktu Putra manusia Yesus juga mengatakan bahwa sebelumnya ia duduk di bawah pohon Ara dan itu benar. Mengapa Natanael bisa percaya dengan begitu mudah seperti Pilipus.Mengapa Natanael tidak curiga? Sebab ada Roh Kudus.
Orang beriman tidak hidupsendirian, selalu bersama-sama dengan Tuhan. Kekristenan bukan agama yang kita buat, tetapi ini hidup atau kerjasama (pengalaman) dengan Allah. Meskipun bagian Allah tidak tampak tetapi itu ada dan sangat mempengaruhi hidup kita yang tampak ini.
Waktu Elisa dikepung di Dotan 2Raj 6:15 hambanya sangat ketakutan tetapi Elisa tenang dan sejahtera sebab yakin bahwa Tuhan menjaganya (waktu itu Elisa bisa melihat lebih dahulu bagaimana Tuhan melindungi Elisa dan semua orang-orang isi rumahnya. Tetapi meskipun kita tidak bisa melihat, kita tetap percaya. Kerajaan Surga ada di dalam atau diantaramu Luk 17:21, sejak kita percaya Luk 11:20. Jadi kita ada dalam dunia dan Surga di dalam Kristus. Di dalam Kristus Surga dan bumi itu erat berhubungan Mat 6:10. Sebab itu setan-setan tidak bisa seenaknya saja mengganggu kita, mereka berhadapan dengan Allah yang maha Kuasa, bahkan segenap Surga memperhatikannya. Kita betul-betul aman dalam perlindungan Tuhan, asal kita menjaga hubungan baik kita dengan Tuhan, sekalipun waktu tidur 2Tes 5:10. Semua yang terjadi pada kita ada di hadapan Allah, kita tidak sendirian! Kita ini hidup dengan iman, kita percaya Firman Tuhan sekalipun belum atau tidak tampak.
Tuhan sudah tahu semua peristiwa-peristiwa terjadi pada kita, bahkan sebelumnya Allah sudah “melihat” lebih dahulu seperti dalam 2Raj 6:8-12. Sebab itu jangan takut akan gosip atau fakta dan rencana yang jahat yang sedang direncanakan atas kita. Tetapi jangan hidup dalam dosa, itu hidup sendirian, putus hubungan dengan Tuhan dan Surga. Berjalanlah dengan Tuhan dalam kesucian dan selalu memelihara hubungan baik dengan Tuhan 1Tes 5:10. Dan kalau Roh bicara, dengar baik-baik dan kalau yakin itu suara dan kehendak Roh, lakukan! (Kalau tidak yakin, tanya lagi, berdoa sampai yakin itu dari Tuhan atau bukan). Yang berbahaya dan merugikan kalau kita hidup dalam dosa, apalagi dikuasai emosi dan daging. Seringkali orang Kristen hidup dalam dosa, sebab itu sulit untuk mengalami janji-janji dan rencana Allah yang aman dan indah. Jangan hidup dalam dosa atau bereaksi dosa, tetapi tetap dalam kesucian dan tetap taat dipimpin Roh.
Dengan demikian kita selalu aman berjalan dengan Tuhan, bahkan tidak ada kebetulan terjadi pada kita. Juga pada anak-anak Allah yang berdosa, tetap diawasi Allah dan yang terjadi itu selalu dengan seizin Allah. Sekalipun hal-hal yang celaka dan tidak baik, itu juga terjadi dengan izin Allah, baik sebagai ujian (seperti Ayub) atau hukuman (seperti imam Eli dan putra-putranya, seperti Uza yang menjamah Tabut Tuhan dan lain-lain). Ibadat kita tidak sendirian. Kita berkata dan bertindak apa saja (baik dalam hidup sehari-hari dan dalam pelayanan) kita tidak sendirian.

Aku telah melihat engkau. Sebagai manusia, Tuhan Yesus tidak bisa melihat Natanael duduk di bawah pohon Ara. Tetapi dalam Roh, Roh Kudus yang melihat dan mentransfer “video” ini kepada Putra manusia Yesus atau memberitahu saja. Ini lebih canggih dari tehnologi manapun dan ini disediakan untuk kita, tetapi bukan menurut kehendak kita, melainkan menurut kehendak Roh 1Kor 12:11.
Orang yang penuh dan dipimpin Roh seharusnya mengalami 9 karunia Roh dan 9 buah Roh serta pekerjaan Roh Kudus yang lain. Rindukan hal ini, sebab dosa dan kejahatan di dunia meningkat terus dengan hebat; tanpa kuasa, pertolongan dan tehnologi ilahi kita tidak akan tahan menghadapi semuanya. Berada di dua dunia, yaitu dalam dunia yang tampak ini dan dalam dunia yang tidak tampak, yaitu duduk dengan Kristus dalam Surga, itu ciri-ciri orang Kristen.
Efesus 2:6
dan di dalam Kristus Yesus, Ia telah membangkitkan dan mendudukkan kita bersama-sama di tempat-tempat Surgawi. (KJI)
Ini bukan hal yang asing bagi kita, tetapi wajar, biasa, apalagi untuk orang yang hidup dipimpin Roh. Kalau hidup kita dipimpin Roh, kita akan hidup berkemenangan sekalipun dosa bertambah-tambah pada akhir zaman ini. Orang yang dipimpin Roh itu penuh dengan kuasa Allah dan ajaib, datang dan perginya seringkali tidak bisa dimengerti orang lain, tidak masuk akal sebab Roh memimpinnya kesana dan kesini Yoh 3:8. Lebih-lebih pada Minggu ke-70 Daniel, Gereja itu menjadi ajaib, sebab berjalan dalam Roh dengan sepenuhnya, kalau tidak, tidak bisa mengalahkan pekerjaan iblis yang luar biasa di akhir zaman ini. Dalam 1Pet 5:8 iblis itu seperti singa, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel (akhir zaman) Dan 7, Antikris, kaki tangan iblis itu seperti singa bersayap, lebih dahsyat lagi!
Atau seperti macam tutul dengan 4 kepala dan 4 sayap. Pekerjaan setan makin dahsyat, seperti yang dikatakan Wah 22:11, luar biasa, tetapi Gereja lebih hebat lagi, karena 3 Pribadi Allah bekerja bersama-sama menyempurnakan Gereja. Mulai sekarang kita sudah harus belajar berjalan dalam Roh.

YOHANES 1:49. NATANAEL TERBUKA MATA ROHANINYA.

Heran, tanpa debat, sekarang Natanael bisa mengerti bahwa “orang” ini Mesias dari Allah, Natanael sadar dan mengerti seperti Pilipus.
Bagaimana Filipus bisa mengerti? Roh Kudus yang bekerja, ini tehnologi ilahi. Kita harus lebih banyak bergantung pada tehnologi ilahi daripada akal dan hasil-hasil akal manusia (tehnologi manusiawi yang sudah hebat, tetapi tehnologi ilahi jauh lebih tinggi dan tanpa batas, tanpa cari programnya, sebab semua langsung dikerjakan oleh Allah sendiri yaitu Roh Kudus).
Roh Kuduslah yang membawa kita kepada segala kebenaran sampai yakin. Yoh 16:13.
Rabbi = panggilan kehormatan, istimewa untuk guru. Natanael bisa yakin dan mengerti bahwa Putra manusia Yesus ini adalah Putra Allah yang mulia dan Raja Israel. Orang biasa yang beranimengatakan dirinya Putra Allah itu termasuk menghojat dan layak dihukum mati Mat 26:63-66. Tetapi disini Natanael bisa mengerti bahwa Orang yang di hadapannya ini adalah Allah, Putra Allah dan raja orang Israel. Suatu pengertian yang luar biasa, sebab Allah mencelikkan matanya. Firaun sudah melihat hasil pekerjaan Allah dalam 10 bala, tetapi ia masih belum sadar bahwa ia menghadapi Allah yang maha kuasa dan terus melawan, tetapi Natanael mengerti dan menghormati Putra manusia Yesus.

YOHANES 1:50. NATANAEL AKAN MELIHAT HAL-HAL YANG LEBIH BESAR.

Natanael percaya, maka ia akan melihat rahasia-rahasia yang besar, tersembunyi dalam Putra manusia Yesus  yang sederhana, itu luar biasa! Mengapa demikian? Sebab pekerjaan Allah itu progresive, makin lama makin maju dan makin tumbuh dan makin sempurna. Natanael akan melihat hal-hal yang lebih besar.
Kita juga bisa mengalami seperti ini, asal rohani kita juga terus tumbuh dalam kesucian, dalam kuasa doa, dalam pengertian Firman Tuhan, ibadah, pelayanan dan seterusnya. Dengan demikian sifat-sifat Kristus (ilahi) dalam diri juga tumbuh, makin mahir dipimpin Roh sehingga ia akan melihat hal yang lebih besar.
Kalau pertumbuhan seorang macet, tidak tumbuh, itu berarti ada halangan, biasanya dosa. Orang beriman yang normal itu terus tumbuh, sebab orang yang sudah lahir baru, itu lebih dari manusia biasa atau dari mahluk-makhluk lain, ada benih Allah di dalamnya. Ia pasti tumbuh makin besar, makin luar biasa.
Jangan puas dengan kebesaran dan keindahan kuasa Allah yang sudah kita alami, sebab kita masih akan mengalami hal-hal yang makin besar dalam segala segi. Ini sudah di Firmankan dan pasti berlaku. Kita mengharapkan perkara-perkara yang lebih besar lagi. Jangan minder sebab kita ini putra-putra Allah yang maha besar bahkan tidak terbatas. Harapkan Ia melakukan di dalam kita hal-hal yang lebih besar, bukan hal-hal yang sama untuk memuliakan namaNya. Jangan lupa, rohani kita juga harus tumbuh.

YOHANES 1:51. MELIHAT LANGIT TERBUKA.

Ini seperti yang terjadi pada baptisan Putra manusia Mat 3:17, maka langit atau Surga terbuka. Juga waktu Stefanus dirajam Kis 7:56, Petrus melihatnya Kis 10:11, jugaYohanes Wah 19:11.
Kalau Surga terbuka maka akan terjadi perkara-perkara yang ajaib. Ini akan makin limpah pada akhir zaman. Berdoalah baik-baik dan tumbuh dalam iman, maka kita akan mengalaminya seperti Natanael. (Kapan Natanael mengalami ini? Tidak disebutkan dalam Alkitab secara harfiah, tetapi paling sedikit ia melihat perkara-perkara besar terjadi dalam pelayanan Tuhan Yesus, istimewa dalam kematian dan kebangkitanNya dan juga dalam zaman Pentakosta dan Gereja mula-mula.

MALAIKAT-MALAIKAT  ALLAH NAIK TURUN KE ATAS PUTRA MANUSIA.

Surga terbuka, lalu malaikat-malaikat naik turun dari Surga ke atas Putra manusia Yesus.
Malaikat itu juga berarti utusan dan disini yang diutus adalah orang sempurna langsung dari tahta Allah. Ini pelayanan orang sempurna. Mereka turun pada Putra manusia.
Siapakah Putra manusia?
Putra manusia sekarang sudah ada di Surga di sebelah kanan Allah Bapa Ibr 7:25. Lalu siapakah Putra manusia yang di bumi ini yang mana?
Di Surga itulah KepalaNya dan di bumi inilah tubuhNya, yaitu Gereja akhir zaman Wah 12:1.

Dalam pelayanan orang sempurna, mereka naik ke Surga mengambil perkara-perkara dari Atas yang luar biasa Kol 3:1-4 dari Ruangan Maha Suci, lalu turun kembali ke bumi dan membagi-bagikan hal-hal yang besar dari tahta Allah kepada tubuh Kristus yang di dunia yang luar biasa, sebab itu dari tahta Allah, umat besar dan mulia. Stefanus waktu dirajam melayani orang-orang yang merajamnya dengan berita dari Surga yang dilihatnya Ia menceritakan bahwa Tuhan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah Bapa dan membawa kasih Allah dari tahtanya bagi mereka yaitu pengampunannya.
Sekarang pelayanan kita dari Ruangan Suci seperti para imam-imam. Tetapi pada akhir zaman akan ada pelayanan langsung dari tahta Allah, baik kuasa, mujizat, hikmat, pembukaan Firman Tuhan, Hujan akhir, meterai, Sangkakala dan Bokor murka Allah yang luar biasa dari Surga ke bumi. Sekarang sudah terjadi hal-hal yang ajaib dari Surga yang dicurahkan ke dunia. Kitalah malaikat-malaikat Nya, tetapi pelayanan zaman sekarang belum sampai ke tingkat Ruangan Maha Suci. Baru sesudah orang sempurna timbul (dalam Minggu ke-70 Daniel), mereka akan melayani dari Ruangan Maha Suci, langsung dari tahta Allah, sehingga ada sangat banyak perkara-perkara rohani yang ajaib dan luar biasa dicurahkan ke bumi, langsung dari tahta Allah (tingkat yang maha suci). Ini pelayanan orang sempurna yang melawat Gereja Tuhan yang sedang tumbuh kepada kesempurnaan. Inilah masa keemasan Gereja yang luar biasa yang akan kita alami, kalau kita tetap tinggal dipimpin Roh. Orang percaya akhir zaman yang dipimpin Roh akan menikmati suasana Surga di bumi dan pelayanan orang-orang sempurna, yaitu bagi Gereja-gereja yang mau tetap hidup dalam kesucian di jalan sempit dan melakukan kehendak Allah.
Orang-orang yang undur Kis 5:13 (sebab hukum-hukum yang keras berlaku dalam Gereja-gereja yang dilawat dari Ruangan Maha Suci 2Kor 10:6), mereka masuk dalam masa yang dahsyat, di-injak-injak tiga Antikris pendahulu yang sudah keluar dari 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel. Pada saat-saat ini ada Gereja-gereja yang heran seperti Surga, tetapi ada juga Gereja-gereja yang penuh dengan dosa dan kejahatan, diinjak-injak perkara-perkara dosa yang dahsyat dari Antikris, timbul homo, zina, bunuh, rahasia-rahasia iblis yang dalam, perkara-perkara yang keji, pengajaran-pengajaran sesat seperti Nicholai dan Balhum, bahkan iblis bertahta di tengah-tengahnya (seperti Gereja Sardis, Pergamus, Laodikea dan Tiatira).

KESIMPULAN.

Natanael percaya dan hidup sebagai Israel yang sejati meskipun tidak dapat apa-apa. Tetapi kemudian ia mengalami hal-hal yang makin besar. Iman jangan luntur, tetapi hidup sebagai Kristen yang sejati, supaya iman kita tumbuh makin besar dan terus dipimpin Roh, maka kita akan mengalami pertumbuhan yang heran, melihat makin banyak hal-hal yang lebih besar dalam pimpinan Roh Kudus. Tumbuh dan bertambahlah mulai sekarang, lebih-lebih dengan karunia-karunia dan buah Roh sesuai dengan jabatan masing-masing.