M3463 – Yesaya 54:1-3 Dulu Mandul Sekarang Beranak Banyak (4 Sep 2011)

Yesaya 54:1-3

1 Bersoraklah dengan sukahati, hai engkau yang mandul, yang belum tahu beranak! bertempik soraklah, hai engkau yang belum tahu menyakiti akan beranak! karena orang yang sunyi itu terlebih banyak anaknya dari pada orang yang bersuami, demikianlah firman Tuhan.

2 Luaskanlah tempat kemahmu, hendaklah kelambu kediamanmu dibentangkan makin lebar, janganlah ia itu ditegahkan, panjangkanlah segala talimu dan lantakkanlah segala pasakmu.

3 Karena engkau akan bertambah-tambah ke kiri dan ke kanan dan benihmu akan memusakai segala orang kafir dan meramaikan pula segala negeri yang rusak itu. (TL)

Semua orang beriman harus bisa bersaksi dan memenangkan jiwa. Ini tugas pokok dari Tuhan sebab tujuan Allah di dalam dunia ini hanya satu yaitu menebus dan menyelamatkan manusia Yoh 3:16. Seluruh alam semesta akan lenyap. Allah menciptakan alam semesta ini dari tidak ada apa2 dan pada hari kiamat semua akan lenyap jadi tidak ada apa2 lagi, sisa hanya manusia, sebagian di Surga, sebagian di Neraka. Allah merindukan sebanyak mungkin manusia yang selamat dan kita ditugaskan untuk itu dengan pahala dan upah yang sangat besar. Tidak bisa memenangkan jiwa itu berarti cacat yang besar. Seperti orangtua yang mempunyai 3 anak cacat semua. Yang satu kakinya putus semua, yang lain lengannya buntung dan yang ketiga matanya buta, semua hanya bisa mengemis. Betapa celakanya orangtua yang mempunyai anak-anak yang cacat seperti ini.
Anak-anak Allah yang cacat, tidak bisa memenangkan jiwa itu sebab memang mereka tidak mau, sebab Allah sanggup memberi kemampuan dan hasil orang2 yang tidak mau mentaati Firman Tuhan ini berarti tidak melakukan kehendak Allah dan tidak masuk Surga, celaka yang terbesar Mat 7:21. Tidak mau memenangkan jiwa berarti celaka besar dan binasa, Tuhan tidak berkenan. Semua harus bisa memenangkan jiwa, sebab Allah sanggup memberi kemampuan dan hasil jiwa2 untuk dipersembahkan kepada Tuhan dan menjadi mahkota kemuliaan dari orang2 yang memenangkan jiwa.
Jangan cacat dalam hal ini seperti Pelita tetapi tidak bisa menyala, begitu orang Kristen yang tidak bisa bersaksi dan memenangkan jiwa. Tetapi dalam ayat2 ini justru Tuhan membuat perubahan2 besar sehingga orang2 yang cacat rohani ini, yang tidak bisa memenangkan jiwa, berubah menjadi pemenang jiwa yang sukses besar.

MENGAPA TERJADI PERUBAHAN BESAR.

Yesaya 54:1

Bersoraklah dengan sukahati, hai engkau yang mandul, yang belum tahu beranak! bertempik soraklah, hai engkau yang belum tahu menyakiti akan beranak! karena orang yang sunyi itu terlebih banyak anaknya dari pada orang yang bersuami, demikianlah firman Tuhan. (TL)

Di sini terjadi perubahan besar dalam beranak secara rohani. Dahulu mandul dan tidak mungkin beranak, tetapi sekarang anaknya banyak. Mengapa hal ini terjadi:

A). DAHULU IA SEORANG PEREMPUAN YANG MANDUL DAN DITINGGALKAN, sebab itu ia tidak mempunyai anak lagi karena menjadi janda cerai, ditinggal suaminya. Sekarang suaminya kembali dan sebab itu ia mempunyai banyak anak.

Mengapa dan siapakah orang2 yang ditinggalkan ini ?

Ini orang2 beriman yang menjadi seperti janda yang ditinggalkansebab ia pergi kepada laki2 lain, yaitu mencintai dunia ini. Secara rohani Tuhan adalah suami dari Gereja dan Tuhan tidak pernah salah dalam kasus seperti ini. Yang salah selalu pihak manusia.

Mengapa ditinggalkan secara rohani? Sebab tidak setia, ia mencintai laki2 lain, yaitu dunia ini sehingga Tuhan tidak berkenan. 1Yoh 2:15-16, Yak 4:4. Biasanya ini disebabkan karena rohaninya lemah, sehingga ia menuruti kedagingannya, juga karenabodoh dll. Sebenarnya Tuhan itu lebih besar, lebih baik, lebih mulia dalam segala2nya. Orang karena itu orang yang meninggalkan Tuhan itu biasanya disebabkan karena ditipu oleh Iblis dengan segala kemanisan dunia. Pasti akan celaka besar, apalagi kalau melihat bakal rumahnya di neraka, kalau mau ikut iblis itu betul2 bodoh dan tertipu. Bukan Tuhan yang meninggalkan, tetapi sebab manusia yangmeninggalkan Tuhan. Sebab itu perempuan yang ditinggalkan ini tidak lagi beranak.

Berapa banyak orang Kristen yang masih beribadah tetapi hatinya sudahpenuh dengan percintaan dunia ini 1 Yoh 2:15 sehingga tidak lagi ada hubungan baik dengan Tuhan, tidak lagi ada anak2 yang dilahirkan (tidak bisa memenangkan jiwa).

Ini orang2 yang mandul, tidak pernah mengandung dan sakit beranak lagi dan tidak punya sukacita karena mempunyai anak2. Tetapi kalau orang2 itu bertobat dan rencana Allah di dalamnya belum banyak rusak, apalagi kalau penuh dengan Roh Kudus, maka hatinya akankembali penuh dengan gairah akan jiwa2 dan ber-tambah2 dalam Firman Tuhan, maka ia akan mau lagi menanggung sakit beranak, maumemikul salib, mau menderita dan membayar harganya untuk menjadi saksi Kristus, menjadi garam dunia, maka ia akan kembali beroleh banyak anak.

Bertobatlah, berubahlah, dan terus belajar Firman Tuhan baik2 sampai mengerti bahwa:

1. Adalah kehendak Tuhan supaya kita mengasihi jiwa2, melakukan kehendak Allah Mat 7:21.

Orang yang tidak melakukan kehendak Allah akan ditolak dari surga. Sebab itu kita harus menjadi garam dan terang dunia, menyelamatkan orang2 lain di sekitar kita.

2). Harus mau mati dari dunia, jangan lagi cinta dunia dan isinya 1Yoh 2:15-17. Ini membuat kita ditinggalkan Tuhan, sebab perempuan yang ditinggalkan suaminya tidak akan punya anak lagi. Orang yang cinta dunia, tidak ada kasih Bapa maka tidak ada beban untuk menyelamatkan jiwa2. Kalau ada kasih Bapa, juga Roh Kudus akan menyertai kita maka tidaklah sulit untuk bisa menangkan jiwa, sebab Roh Kudus memberi kita kuasa dan hikmat Allah. Allah yang menarik hatinya sampai bisa percaya.Tanpa kuasa Allah, orang dosa tetap menjadi milik dan harta Iblis. Hanya dengan kuasa dari Orang yang lebih kuat, orang kuat yaitu Iblis bisa dikalahkan dan jarahannya yaitu jiwa2 yang berdosa bisa direbut dan diselamatkan Luk 11:21-22. Dengan kuasa Allah kita akan menangkan banyak jiwa. Kis 1:8.

3). Harus ada belas kasihan Mat 9:13. Jiwa2 yang dibiarkan akan tetap menjadi milik iblis dan dibawa ke Neraka. Tuhan ingin kita bisa melihat dan mengerti hal ini, sehingga timbul belas kasihan yang mendalam bagi jiwa2 yang akan celaka dan binasa. Sebab tanpa Kristus berarti mereka akan masuk neraka yang kekal, dihukum sesuai dengan dosa2nya. Padahal kita bisa menolong mereka pindah dari neraka ke surga sebab ada Tuhan di dalam kita dan itu kehendak dan tujuan Tuhan, supaya semua orang se-bisa2-nya selamat 2 Pet 3:9.

4). Ini jadi pahala kita. Jiwa2 yang kita menangkan itu menjadi pahala kita. Orang yang tidak peduli akan jiwa2 itu tidak melakukan kehendak Tuhan dan bisa ditolak Tuhan. Mat 7:21. Tetapi sebaliknya orang yang menangkan jiwa, justru jiwa2 itu menjadi mahkota kemuliaannya untuk kekal dan diberi segala fasilitas yang diperlukan di dunia 1Tes 2:19; Pil 4:1.

5). Ini tidak sulit. Kalau Roh Kudus ada di dalam kita, Dialah Roh penuai jiwa2. Pada hari Pentakosta ada panenan besar. Begitu juga kalau kita dipenuhi dengan Roh Kudus dan mau taat dipimpin Roh Kudus, maka akan terjadi penuanian yang besar. Jiwa2 akan bertobat sebab Roh Kudus bekerja.

Banyak orang tidak mengerti dan berusaha dengan kekuatan sendiri untuk menangkan jiwa sehingga prosesnya ??? jadi sulit sekali.

Tetapi kalau kita mau berdoa dalam Roh dan kebenaran, penuh dengan Roh Kudus, lalu minta pimpinan Roh Kudus dan kuasaNya, maka Roh Kudus akan bekerja dan jiwa2 akan dimenangkan. Seperti orang yang tidak mengerti cara pakai suatu alat Elektronik rasanya sulit untuk bisa memakai alat yang canggih itu. Tetapi waktu mengerti sangat mudah. Allah tidak menyuruh kita melakukan barang yang sulit atau mustahil. Asal kita mau selalu penuh dan mentaati pimpinan Roh Kudus, pasti ada panen jiwa. Kalau kita dipimpin Roh, buka mulut dan bicara, serta terus difolow up, maka Roh Kudus akan bicara dan hasil yang indah2 akan kita dapatkan, yaitu jiwa2 diselamatkan. Sebab itu berdoa saja dalam Roh dan kebenaran, dengar pimpinanNya dan lakukan, maka Roh Kudus sendiri yang akan bekerja. Buka mulut sebisanya, maka Roh Kudus akan memberi kata2 yang tepat di mulut kita Mat 10:19, ditambahi lagi dengan karunia2 Roh Kudus dan kuasaNya.  Kalau ia sudah mau, doakan! Juga penyakit dan problemnya akan tertolong. Tuhan bisa membuka jalan sampai jiwa itu dimenangkan. Roh Kudus adalah Roh penuaian. Taati saja dan kita akan melihat penuaian yang indah2.

6). Ini tanggungjawab kita. Untuk orang yang percaya, maka isi rumahnya sudah diberikan kepadanya, menjadi pahalanya. Kis 16:31. Sekalipun anggota keluarga sendiri, anak sendiri, orangtua sendiri, tetapi itu jiwa2 yangtersendiri dan Tuhan sudah memberikannya pada kita, lekas2 dilahirbarukan. Sama seperti orang menjadi makelar, segera ada yang dijual, ia langsung menangani kedua pihak, ia selalu mengikutinya sampai transaksi itu terjadi dan ia mendapat rezekinya. Apalagi kalau sudah jadi dan transaksi akan terjadi, hanya tergantung waktunya saja, pasti diikuti terus, sebab ada honornya.

Begitu isi rumah kita itu sudah pasti diberikan Tuhan kepada kita, itu janji Tuhan. Kis 16:31. Sebab itu kejar terus, ikuti, doakan, usahakan terus, tetapi jangan dengan kekuatan sendiri melainkan dengan terus berdoa dalam Roh dan kebenaran, maka pasti mereka dimenangkan dan kita mendapat pahala dari Tuhan. Isi rumah ini tidak bertobat otomatis, tetapi harus kita perjuangkan dengan tulus dan dengan hikmat kuasa Allah. Kejar dan ikuti terus dengan kuasa Roh Kudus dan cocokkan semua hidup kita dengan Firman Tuhan maka pada akhirnya kita pasti akan berhasil, sebab sudah dijanjikan Tuhan. Seperti Elia berdoa untuk hujan yang sudah dijanjikan Allah dengan sungguh2 selama 7 kali akhirnya hujan datang.

Bukan uang, ongkos dll, kita sama sekali tidak boleh menarik ongkos atau untung apapun Mat 10:8. Sebab menangkan jiwa bukan usaha mencari duit tetapi Tuhan tetap memberi kebutuhan2 yang kita perlukan dan memberkati kita, dari Dia.

Juga “isi panci” kita disediakan Tuhan bagi kita Luk 10:27. Tuhan menyuruh kita mencintai orang2 di dekat kita (isi panci adalah orang di dekat kita yang bisa diasinkan oleh kita sebagai garam dunia Mat 5:13), maka mereka juga akan kita menangkan dan menjadi buah2 yang kita persembahkan bagi Tuhan bahkan mereka juga menjadi mahkota kemuliaan kita. (lihat lebih lanjut tentang isi rumah dan isi panci dalam M3464).

7). Tuhan menambahi lagi. Mat 13:12. Orang yang sudah punya akan ditambahi lagi. Sebab itu kalau kita bergairah memenangkan jiwa, maka Tuhan akan makin banyak menambahi rezeki kita. Semua ini akan menjadi kemuliaan dan pahala kita yang akan ikut kitasampai se-lama2nya Wah 14:13. Suatu keuntungan yang kekal. Juga di dunia Tuhan akan memberi fasilitas2 jasmani yang kita butuhkan untuk hidup bagi Tuhan. Jangan kuatir, Tuhan akan memberkati pekerjaan kita sehingga limpah, tetapi pelayanan bukan menjadi tempat mencari keuntungan jasmani. Tuhan akan memberi uang sebagai fasilitas untuk hidup, untuk mencapai kebutuhan jasmani. Kalau kita bisa memakai uang dengan baik, makin banyak kita diberkati dengan uang, makin banyak kita ber-buah2, makin suci dan rendah hati, makin seperti Kristus, maka Tuhan pasti memberi lebih banyak lagi. Tuhan sanggup, asal kita bisa dipercayai dengan berkat2 itu, tidak sampaisalah pakai, tidak menjadi sombong, tidak memberhalakannya, tidak menjadi dosa. Tetapi kalau uang membuat kita makin sombong, timbul banyak dosa, maka kita dibatasi supaya jangan karena berkat uang, kita rusak atau binasa seperti yang  biasanya terjadi pada orang2 dosa Mat 19:23.

B. KEGERAKAN HUJAN AKHIR


Dalam kegerakan Hujan-akhir, seperti halnya dalam Hujan-awal, panen jiwa2 ini akan terjadi dengan limpah. Dalam Hujan-akhir, banyak jiwa2 akan dimenangkan dan jumlahnya akan dengan cepat bertambah, sehingga dengan cepat atau tiba2 jumlahnya (ketiga angka kedatangan Tuhan) akan genap, lalu terjadi pengangkatan.

Sebab itu kita harus bersedia yaitu dengan ikut dalam penuaian. Orang yang ikut dengan tulus akan tahu, sebab ia akan melihat banyak jiwa2 dimenangkan dan rohaninya akantumbuh, dan akan terus dipimpin Roh sehingga juga ikut dalam pengangkatan. Orang yang tidak mempunyai gairah untuk ikut dalam penuaian ini, biasanya sebab hatinya bercintakan perkara2 dunia dan dosa, ini orang2 yang tertidur rohaninya.

Anak2 yang tidur pada musim menuai itu anak yang memberi malu. Ams 10:5. Orang lain penuh gairah dan pengorbanan untuk melahirkan anak2 tetapi ia tidur dalam dosa2nya, maka ia akan terjerat dalam dosa2, terikat dan tertinggal. Jangan menjadi anak yang tertidur dalam dosa pada musim menuai, begitu dahsyat akibatnya, tertinggal!

Penuaian akan terjadi besar2an di seluruh dunia menjelang Minggu ke-70 Daniel, yaitu bersamaan dengan Hujan-akhir. Penuaian itu sekarang sudah terjadi, sudah mulai sebab Roh Kudus sudah dicurahkan di-mana2 dan kita sudah melihat penuaian di-mana2.
Seperti air yang mendidih makin lama makin banyak gelembung2 terjadi di dasar panci dan gelembung2 itu makin banyak, makin besar dan melimpah di mana2 di seluruh dunia. Ini juga menjadi salah satu tanda zaman bahwa tiba2 akan terjadi bahwa seluruh dunia akanmenyala bagi Tuhan Luk 12:49, mendidih di mana2 lalu Tuhan datang.
Sekarang sudah mulai. Dimana ada Roh Kudus, dalam orang yang penuh dan mau dipimpin Roh, disitu akan ada penuaian jiwa2.

Jangan tinggal diam, jangan hanya penuh Roh Kudus tetapi dipimpin daging dalam mengejar perkara2 duniawi dan dosa, menjadi anak yang tidur waktu musim menuai. Biarlah kita yang penuh Roh Kudus,juga dipimpin Roh, sehingga mendapat rezekinya masing2 yaitu menuai jiwa2. Sekarang sudah mulai, belajar terus dipimpin Roh, lebih2 dalam isi rumah dan panci kita sendiri, maka Tuhan akan terus menambahi rezeki kita, sehingga kita makin banyak berbuah sekaligus tumbuh makin cepat kepada kesempurnaan rencana Allah dan ikut dalam pengangkatan.

Jangan buang waktu sia2, jangan cinta dan terikat pada dunia, sehingga menjadi perempuan yang mandul sebab ditinggalkan “suaminya”, tetapi penuh dengan Roh Kudus dan ber-buah2 banyak sekaligus makin tumbuh rohaninya, jugasegala fasilitas diberikan Tuhan dengan mudah, sementara dalam dunia terjadi banyak kesulitan dalam mencari segala fasilitas hidup.

C. SAKIT BERANAK TETAPI SUKACITANYA MELEDAK-LEDAK.

Seperti melahirkan anak itu sakit dan rasanya ada banyak susah dan penderitaan, tetapi waktu anak itu sudah lahir ada kesukaan besar, sehingga orang2 bersukacita, bahkan me-ledak2 dalam nyanyian dan teriakan yang nyaring. Sangat indah.

Kalau seorang tahu maksud hidup ini untuk berbuah jiwa2 (Yoh 15:5,8) dan tahu menggunakan hidup dan segala fasilitasnya untuk berbuah lebih lebat, Tuhan akan memberi kesempatan untuk makin banyak berbuah yaitu dengan kesehatan dan umur serta segala fasilitas2 jasmani dan rohani yang dibutuhkan. Allah sanggup.

Allah yang membiayai prajurit2Nya berperang melawan iblis, bukan prajurit itu sendiri 1Kor 9:7. Jangan bingung dengan problem dan kebutuhan kita sendiri tetapi terus perang melawan iblis, lepaskan jiwa2 yang ditawannya 2Tim 4:3-5. Jangan kuatir akan segala kebutuhan kita, Tuhan akan memberkati pekerjaan dan usaha kita sampai ber-lebih2 sesuai dengan kemampuan kita memakainya. Yes 60:5; 61:5-6. Pengusaha2 yang diberkati dengan limpah disini adalah imam2 Tuhan yang melayani Tuhan, membebaskan jiwa2 dan Tuhan memberkatinya dengan limpah. Ini rencana Allah sekarang dan diakhir nanti dalam Minggu ke-70 Daniel.

Kita akan mengalami kesukaan yang amat besar, yaitu kesukaan yang di hati Tuhan, kesukaan ilahi yang indah, sebab kita memenangkan jiwa2 (Luk 15:7,10).Orang berpikir kalau ia sukses, banyak uang, dapat kepujian, makan enak, jalan2 dll ia akan senang, itu kesenangan dari bawah, terbatas dan hanya sesaat, bahkan seringkali dalam kesukaan dunia ini ada dukacita Ams 14:12. Tetapi kalau kita melakukan kehendak Allah, kita akan dipuaskan dengan sukacita dari Surga yang limpah, sukacita yang tidak bisa habis Yoh 16:22 dan berlanjut terus sampai di Surga dan kekal Yoh 4:14.

YESAYA 54:2 LUASKANLAH TEMPAT KEMAHMU

KEMAH adalah gambaran hidup sementara di dunia ini, tetapi penting artinya untuk kekal, jangan sembarangan, nanti menyesal untuk kekal, sebab sekalipun pendek dan sementara, ini menentukan hidup kita yang kekal!

LUASKANLAH kemah kita, sehingga lebih banyak orang bisa masuk. Jangan hati kita sempit untuk diri sendiri 2Kor 6:11-12. Kalau kita memikirkan kesukaran2 kita, tidak pernah habis. Atau memikirkan keperluan kita, juga tidak pernah habis, sekalipun sudah tahu besok akan mati. Pikirkan orang lain di sebelah kita Luk 10:26. Beri tempat dalam hati kita untuk orang lain, justru nanti kebutuhan dan kesukaran kita akan ditangani oleh Tuhan dengan sempurna!

Menangkan jiwa itu mulai dari dalam kita, yaitu kalau dalam hati kita ada kasih, ada belas kasihan, maka kita mau terbeban dan berkorban sampai orang itu kita lahirbarukan dengan kuasa Roh Kudus. Kita sanggup tetapi terbatas. Tetapi kalau kita terus ber-buah2maka Tuhan akan terus menambahi sampai umur kitahabis. (Mat 13:12).

Kita bisa sebab ini adalah kehendak Tuhan dan Tuhan yang mengerjakan hal ini melalui kita, Tuhan menyediakan segala yang kita perlukan untuk memenangkan jiwa, istimewa Roh panen, yang akan memberi kita hikmat, kuasa dan menjamah hati orang itu. Kita yang menabur, menyiram, Tuhan yang menumbuhkan Mrk 4:26-27.Tuhan sediakan semua, sebab Tuhan ingin semua orang diselamatkan 2Pet 3:9, lebih2 yang menjadi tanggungan kita, isi rumah dan “panci” kita, itu dibebankan atas kita (yang mau).

BENTANGKAN TENDA-TENDA KEDIAMANMU

Bentangkan terus, jangan ditegahkan. Jadikan prioritas utama dalam hidup kita Mat 16:33. Siapa yang menahan? Hati yang tidak percaya, takut, kedagingan, malu, keinginan dan percintaan dunia yang fana ini. Ini semua menahan dan meng-halang2i usaha untuk membentangkan kemah,semua ini harus dimatikan, dan taat akan pimpinan Roh Kudus. Memang beranak itu korban, korban waktu, korban tenaga, harga diri direndahkan, korban uang dll, tetapi itu menarik berkat ilahi yang besar dan sekaligus rohani kita tumbuh, dan Tuhan diperkenankan, Dia sangat semangat Luk 15:7. Untuk ber-buah2 harus mau naik atas Mezbah, maka kuasa Allah akan turun dengan limpah!

JANGAN DIHEMAT, PANJANGKAN TALI-TALIMU DAN KUATKANLAH SEGALA PATOKMU

Untuk apa? Supaya kemahnya berdiri tetap dan tidak roboh. Kita memenangkan jiwa itu berperang melawan iblis yang pasti marah besar dan akan menyerang kembali. Sebab itu tenda kita harus kokoh dengan segala tali dan patok. Tali2 dipanjangkan sebab tenda dilebarkan dan patok2 diteguhkan. Jangan jatuh waktu diserang balik. Jangan simpan dosa, jangan menjadi sombong kalau berhasil, jangan salah pakai uang kalau Tuhan memberkati usaha kita dan jangan justru memberhalakan uang waktu ditambahi oleh Tuhan. Selidiki Firman Tuhan, limpah doa dalam Roh dan kebenaran sehingga pondasi kita makin kuat dan kokoh dan Roh Kudus terus mengamankan kita dalam pimpinan, kuasa dan hikmatNya. Jangan sampai sesudah sukses lalu roboh, penuh kesombongan dan dosa, itu celaka. Setiap kali sesudah menyelesaikan tugas kita, jangan tergoda oleh iblis tetapi kembalikan segala puji kepada Tuhan yang berhak dan tetap berdiri teguh Ef 6:13 sampai Tuhan datang.

KESIMPULAN

Jangan sia2kan kesempatan yang amat indah dalam hidup yang sebentar ini, kita bisa menolong banyak orang lain masuk Surga dan menerima mahkota kemuliaan yang kekal, juga di dunia digaransi, dijamin oleh Allah yang maha besar dan sukacita, sekaligus rohani kita tumbuh sampai tingkat2 kemuliaan yang lebih tinggi untuk kekal. Jangan mandul, bertobatlah dari semua penyebab2 kemandulan dan kembalilah pada Tuhan lalu ber-buah2 mempermuliakan namaNya, itu kehendakNya bagi kita. Yoh 15:8.

Nyanyian


LAPANGKANLAH TEMPAT KEMAHMU – Berachah 796 (Yes 54:2-4)

Lapangkanlah tempat kemahmu
Bentangkan tenda kediamanmu
Jangan menghemat panjangkan talinya
Dan pancangkan kokoh patokmu
Tuhan ini kami hamba-Mu
Jadilah sesuai kehendak-Mu
Kami siap jalankan Firman-Mu
Nyatakan kemuliaan-Mu


Koor:
Sbab engkau ‘kan mengembang
Ke kanan ke kiri
Keturunanmu ‘kan memproleh bangsa-bangsa
Dan mendiami kota-kota sunyi
Siapkanlah dirimu