M3353 – Kisah Para Rasul 4:13 Pentakosta, Hidup Menjadi Luar Biasa

Pendahuluan

Petrus dan murid2 hidupnya menjadi lebih dari biasa, luar biasa sebab dipenuhi Roh Kudus.
Hidupnya penuh kemenangan padahal kalau dilihat dari kemampuan maksimalnya tidak mungkin hal itu bisa terjadi, baik dalam hal jasmani dan rohani! Kita bisa hidup luar biasa dengan Roh Kudus dalam seluruh segi hidup kita!

Roh Kudus Membuat Hidup Menjadi Luar Biasa

Sebab Roh Kudus membuat iman kita menjadi kuat sehingga kita menerima banyak janji2 Tuhan sesuai dengan iman kita Mat 8:13; 9:29. Biasanya orang2 yang penuh Roh Kudus, sekalipun orang sederhana dan bodoh, banyak yang dapat kesembuhan ilahi, banyak yang pekerjaannya diberkati atau lepas dari macam2 celaka dan kejahatan. Meskipun belum hidup seperti Kristus, tetapi pengalaman2 luar biasa itu limpah. Orang2 yang penuh Roh Kudus itu mudah bisa percaya akan janji2 Tuhan, ada gairah untuk ibadah, pelayanan, doa, mencari hal2 dari Atas dll. Semua ini karena memang Roh Kudus membuat hidup orang berimanmenjadi luar biasa, dan ini bukan pengalaman sekali2 atau sesaat saja, tetapi terus menerus hidup luar biasa seperti Kristus.
Memang ada orang2 Pentakosta yang hidupnya jelek seperti Saul, Simson, Yudas, tetapi
dibandingkan dengan yang tidak dibaptiskan dengan Roh Kudus, pasti jumlah yang jelek lebih banyak.
Rumus baptisan itu adalah:
manusia + RK = Kristus. (= Seperti Tuhan Yesus waktu di dunia).
Apakah kita sudah mengalaminya? Mengapa hasilnya kurang, tidak seperti yang dijanjikan Tuhan? Bukan sebab janji Allah tidak berlaku lagi atau kadaluarsa, sebabAllah tidak pernah salah dan janjiNya tetap berlaku. Sebabnya atau salahnya terletak pada kita yang tidak tulus atau kurang mengerti. Sebab itu kita harus belajar rahasia Pentakosta ini dengan tepat dari Alkitab dan minta bantuan Roh Kudus.

Penuh atau Dipimpin Roh

Kita harus belajar, bukan saja hidup penuh Roh Kudus, tetapi juga mau taat dipimpin Roh. Penuh Roh Kudus itu pasif, Allah yang mengisikan kita dengan Roh Kudus, kita tinggal menerimanya. Tetapi dipimpin Roh itu aktif. Kita harus mau menyangkal diri, mematikan daging dan dengan aktif melakukan kehendak Allah, mulai dari dalam pikiran kita (dicocokkan dengan Firman Tuhan, dengan pimpinan Roh, juga kehendak kita Pil 2:13). Juga sikap, rencana, kata2, perbuatan
bahkan seluruh hidup ini dicocokkan dengan kehendak Tuhan, sebab hidup kita bukannya milik kita lagi, tetapi milik Kristus, yang kepadaNya kita sudah menyerahkan seluruh hidup ini menjadi
milikNya.
Meskipun kita tidak menyerahkan kepadaNya, seharusnya kita ini memang milik Allah, sebab
sudah dibeli, ditebus dari milik iblis 1Kor 6:19-20. Tetapi kebanyakan orang Kristen tetap memiliki dirinya sendiri, sehingga segala rencana, kehendak, kata2 dan perbuatannya sendiri yang dilakukan. Itu sebabnya banyak orang Kristen tidak nampak hidup seperti Kristus, sebab sudah dibeli, jadi milik Allah,tetapi tetap dimiliki sendiri bahkan beberapa sudah dikontrakkan pada iblis dan mau menurut kehendak iblis, bukan menurut kehendak Allah. Memang ini tidak betul, tidak baik dan tidak berkenan pada Allah, tetapi sudah menjadi mode banyak orang Kristen. Tetapi orang yang mengerti Firman Tuhan dan mau menyerahkan seluruh hidupnya bagi Kristus, maka Kristus akan nyata dalam hidupnya, juga tidak menurut kehendak Allah dalam hal2 jasmani.
Orang2 yang dipimpin Roh dalam sekolah akan melihat Roh Kudus memimpinnya dan
memberi pengertian dan angka yang baik. Juga dalam pekerjaan, nafkah, perdagangan, dalam kelurga tetapi bukan hidup sebagai orang dunia, melainkan sebagai hamba2 Allah, meskipun bukan hamba Tuhan full time (ini sudah dinubuatkan dari dahulu oleh Yes 61:6).
Jangan hanya penuh Roh Kudus, tetapi juga dipimpin Roh, sepenuhnya dikuasai Roh Kudus, sehingga kita tidak melakukan kehendak kita lagi, tetapi kehendak Allah dan pasti itu indah dan luar biasa.

Bagaimana Bisa Menjadi Lebih dari Biasa

Kalau seorang dipimpin Roh, maka dalam menghadapi apa saja, Roh Kudus yang memimpinnya. Kalau ia sungguh2 mau taat, Roh Kudus sanggup membuatnya mengerti pimpinan Roh dan Roh Kudus memberi kekuatan untuk taat. Jadi kalau mau pasti bisa, sebab seperti kita yang menarik tuas versneling, tetapi yang menjalankan mobilnya adalah mesinnya. Begitu kalau kita mau taat untuk melangkah,Roh Kudus yang menerangkan dan memberi kekuatan kepada kita, sehingga pasti bisa.

Roh Kudus akan mengingatkan ayat tertentu yang tepat untuk problem kita Yoh 14:26.

Memang ini tergantung dari orang itu apakah ia sudah belajar dan mengerti seluruh ayat2 Firman Tuhan. Kalau belumpun Roh Kudus tetap bisa bicara, tetapi orang itu tidak punya patokan untuk membedakan dari kata2 sendiri atau dari iblis. Ada orang yang bahkan diberi tahu Roh Kudus dimana ayatnya dan itu tepat. Tetapi ini hanya darurat. Sebab orang yang mau dipimpin roh pasti cinta dan rajin belajar Firman Tuhan sehingga Firman Tuhan limpah dalam hatinya Maz 119:11; 1:1-3.
Ayat yang tepat timbul dalam ingatan kita oleh Roh Kudus sehingga kita jadi terkejut atau tersentak, sebab Roh Kudus menjamah hati kita dengan ayat yang tepat untuk problem/sikon yang sedang kita hadapi.

Huruf2 yang mati menjadi hidup.

2 Kor 3:6. Ayat2 ini se-olah2 hidup, kita bisa melihat dengan mata hati kita sehingga mengerti apa yang dikatakan atau dijanjikan oleh ayat2 ini. Karena dihidupkan oleh Roh Kudus, kita menjadi mengerti, yakin dan itu menjadi iman dalam kita.

Timbul iman.

Memang iman datang dari Firman Tuhan Rom 10:17. Kalau timbul iman, maka seluruh hidup kita menjadi berubah!
10 pengintai yang dikirim Musa sangat berbeda dari 2 pengintai yang punya iman. Se-gala2nya menjadi berbeda, pengertian, pandangan, kata2, tindakan dllnya. 10 Pengintai itu ber-sungut2, ketakutan, protes dan berontak, mereka ingin kembali ke Mesir, bahkan mau membunuh Yusak dan Kaleb yang percaya dan yakin bisa mengalahkan raksasa Kanaan. Punya iman dan tidak itu sangat berbeda. Sebab itu tampak orang yang punya iman itu luar biasa. Semua ini pekerjaan Roh Kudus.
Juga waktu Israel menghadapi Goliat, semua ketakutan, hanya Daud yang diurapi Roh Kudus punya iman dan tidak takut, berani bertindak dan menang. Daud berbeda dari yang lain, sebab punya iman! Daud menjadi luar biasa sebab mempunyai iman hasil pekerjaan Roh Kudus.

Janji2 Tuhan menjadi nyata.

Kalau sudah ada iman, maka Alkitab ini menjadi buku yang luar biasa, sebab semua yang dijanjikan akan nyata, jadi dalam hidup orang yang percaya pada saat diperlukan. Alkitab itu seperti buku resep, sikon seperti bahan mentah lalu iman dari Roh Kudus mengolahnya sesuai resep dan menjadi hasil yang bisa dimakan, bisa dinikmati, bisa dialami, luar biasa! Sebab itu jangan hanya penuh Roh Kudus tetapi hidup dipimpin Roh. Roh Kudus bisa membuat iman yang tepat untuk setiap keadaan sekalipun kritis, genting dan mendadak. Roh Kudus itu Allah dan tidak ada yang mustahil bagiNya! Luk 1:37.
Pakailah pertolongan Roh Kudus yang sudah tersedia, jangan ragu2. Sama seperti kasir yang mengerjakan hitung2annya dengan tangan, kalau pakai kalkulator, cepat selesai dan tidak salah, jadi luar biasa. Bayangkan kalau kasir di toko besar tanpa kalkulator. Perbandingan dalam ilustrasi ini terlalu kecil, sekedar untuk mengerti prinsipnya. Begitulah banyak orang Kristen kurang atau tidak memakai pertolongan Roh Kudus yang sudah disediakan baginya oleh Bapa Surgawi. Rugi besar, kalut, kacau dan bisa celaka besar.

Roh Kudus Bisa Menolong dengan Segala Segi Hidup Kita

Tabiat

Orang lahir baru itu seperti telur. 2Kor 5:17, 2Pet 1:4. Semua tabiat baru sudah ada dan lengkap. Kita berubah dari anak manusia (Adam) menjadi anak Allah, yaitu Tuhan Yesus Adam terakhir. 1Kor 15:45. Jangan ragu2, percayalah. Baik tentang diri sendiri juga dari orang2 yang menjadi beban kita, kalau mau percaya Tuhan Yesus, semua bisa berubah menjadi seperti Kristus.
Jangan bimbang. Baik dalam diri kita sendiri, kadang2 tabiat lama itu muncul kembali (karena masih ada tubuh daging, ini bagian dari orang lama yang belum ditebus, tetapi roh kita sudah ditebus, sudah menjadi baru), tetapi dengan iman dari Tuhan, buang, ganti dan tanggalkan tabiat yang lama Kol 3:9-10. Jangan pakai tabiat campuran. Beberapa orang terpengaruh pengalamannya, tipu daya kata2 iblis, atau falsafah dunia (macan tua, meskipun ompong tetap macan) sehingga putus asa, sebab tidak bisa melepaskan tabiat lama. Jangan percaya semua ini, tetapi percayalah Firman Tuhan, pakai iman. Zakeus yang mata duitan sampai lupa daratan bisa berubah. Saul berubah menjadi Paulus, Musa berubah menjadi orang yang paling lembut dst. Dengan iman pasti bisa, sebab Roh Kudus memberi iman dan kekuatan! Orang yang tidak bisa berubah itu karena tidak mengerti dan terutama karena tidak mau, sebab sudah jatuh cinta, terikat dengan tabiat lama yang cocok dengan daging, nikmat sebab itu tidak mau dibuang, sebab ia diperbudak tabiat yang lama.
Juga melayani orang lain, baik keluarga dan jiwa2 yang kita gembalakan. Jangan ragu2. Kadang2 mereka sulit melepaskan tabiat yang jelek, itu sebab belum lahir baru atau karena cinta tabiat itu, tidak mau lepas. Kalau percaya dan mau pasti bisa. Kadang2 ada tabiat bawaan, sebagian mengatakan kutuk dan dosa bawaan atau turunan. Meskipun itu semua betul, tetapi itu tempatnya di dalam orang lama dan pada waktu lahir baru orang lama sudah mati dan dikubur, lalu bangkit orang baru karena kuasa dan pekerjaan Allah, tidak ada lagi dosa, kutuk, tabiat turunan, sebab semua sudah lenyap dan mati ber-sama2 orang lama. Rom 6:4 yang baru sudah terbit, kita ini ciptaan baru, diciptakan ulang oleh Tuhan. Kadang2 tabiat turunan itu bisa muncul, lebih2 yang hidup menurut daging, tetapi jangan bingung dan pegel, nasehati dan doakan sampai diganti dengan tabiat orang baru! Percayalah, dorongan orang2 yang kita layani, baik anggota keluarga dan domba2 yang Tuhan bebankan atas kita, pasti bisa lepas.
Ahaz yang jahat, lebih dari orang akfir, tetapi anaknya Hizkia yang percaya, jadi begitu indah, tidak memakai tabiat bapaknya. Memang sebelum orang itu sungguh2 bertobat dan mau lepas, tabiat lama dan turunan itu merajalela, tetapi dengan iman doakan sampai bertobat dan semua akan lepas. Bahkan kita harus terus diperbarui Tit 3:5, ditambahi dengan tabiat2 baru dari Kristus sampai akhirnya menjadi seperti Kristus.

Nafkah

Juga dalam nafkah, Roh Allah sanggup menolong dengan mudah, tetapi orang Kristenlah yang sulit atau tidak bisa ditolong. Mengapa? Sebab dalam kesukaran nafkah, mereka bereaksi dosa dengan ber-sungut2, menghalalkan segala cara, benci, dendam dan berbuat ber-macam2 dosa. Ini orang yang tewas, kalah oleh kejahatan Rom 12:21. Kalau salah, bertobatlah dengan segera dan perbaiki lalu kembali di pihak Allah Yak 4:7-8, maka Roh Kudus akan menolong sampai timbul iman dan itu berarti mendapat pertolongan Tuhan. Kalau sudah beres harap dan percaya kepada Tuhan. Kalau iman belum timbul atau terlalu kecil, berdoalah dalam Roh dan kebenaran (kebenaran berarti tidak ada dosa, tidak dikalahkan oleh dosa atau kalau ada dosa/ salah, bertobat dan bereskanlah; meskipun tentu lebih baik tetap benar tidak sampai bersalah!), maka iman akan tumbuh 1Kor 14:4. Jangan ragu2, Tuhan itu lebih dari pedagang yang manapun. Berdoa terus. Sebaiknya isteri dan anak2 juga sama2 ikut berdoa supaya iman tumbuh lebih kuat dan permintaan bersama dan sehati dijawab Tuhan.Mat 18:19-20. Kalau problem itu datang karena dosa, tentu harus bertobat dahulu dan membuat pemberesan. Kadang2 karena dosa yang tidak langsung dan tidak disadari, misalnya karena meninggalkan ibadah atau pelayanan, karena mencuri uang Tuhan, karena cinta uang, karena ber-sungut2 atau karena dosa2 yang bukan tentang uang seperti zina, benci, menghina hamba Tuhan dll. Semua dosa dalam segi manapun harus dibereskan, termasuk dalam ber-kata2 Ams 18:20.
Jadi, yang memberi iman adalah Roh Kudus dan Firman Allah; lebih baik kalau kita belajar banyak Firman Tuhan sebab di dalamnya limpah janji2 Allah tentang nafkah dll.

Kesembuhan

Semua orang membutuhkannya, tetapi Allah sudah menyediakan Mat 6:32 lengkap sejak dahulu Kel 15:26, apalagi waktu kita ditebus oleh darah Yesus 1Pet 4:12. Adalah kehendak Tuhan untuk hidup sehat 3 Yoh 2, atau disembuhkan dengan sempurna. Mat 14:36, perfectly whole, KJV = sembuh sempurna, KJI.
Ini luar biasa, sebab ada banyak penyakit yang tidak bisa sembuh. Tetapi Allah sudah menyediakan kesembuhan yang sempurna. Jangan ragu2. Pelajari Firman Tuhan, doa dalam Roh dan kebenaran (orang beriman perlu “bersih2”, periksa diri), percayalah Tuhan sanggup menyembuhkan dengan sempurna segala penyakit, bahkan matipun bangkit! Mat 10:8. Jangan ragu2, sembuh tidaknya penyakit kita (juga penyakit2 yang tidak bisa sembuh) itu hanya tergantung besarnya iman kita. Tidak ada yang mustahil bagi orang yang bisa percaya Mrk 9:23. Kalau kita pegang janji Tuhan dengan betul, terus berdoa dalam Roh dan kebenaran sampai iman timbul. Tuhan sanggup menolong oleh bilurNya. Jangan mau diikat terus dengan segala macam penyakit. Percaya dan harapkan sembuh sempurna.

Pelayanan

Dalam pelayanan ada banyak dan ber-macam2 kesulitan. Tetapi bagi orang yang berjalan dengan Tuhan (berjalan dalam Roh), tidak ada perkara yang mustahil. Jangan lupa sebelum menyelesaikan problem yang timbul, orang yang sudah berjalan dalam Roh itu berarti sudah mulai dengan baik, sudah membereskan dosa2nya, sudah mulaimencocokkan hidupnya dengan kehendak Tuhan. Juga penyerahan dan ketaatan, macam pelayanan, jabatan dan segala segi pelayanan.
Seringkali pelayanan dianggap seperti pekerjaan sekuler yang bisa dan harus ditentukan sendiri, tetapi dalam ladang Tuhan.Tuhan Yesus adalah Tuan dari ladang Tuhan dan kita harus mau taat kepadaNya dalam pelayanan yang manapun sesuai dengan kehendak Tuhan, bukan menurut selera, kehendak dan rencana kita sendiri. Juga pikiran, angan2, cara kerja dan seluruh hidup ini harus dicocokkan dengan Firman Tuhan. Biasanya Tuhan tidak minta sekaligus sempurna, tetapi terus tumbuh dan terus taat. Ini bagian kita, harus beres. Kalau kita sudah hidup penuh dan taat dipimpin Roh, maka bagian Tuhan adalah bekerja dengan heran dalam pelayanan kita dan menambahi jumlah orang yang percaya Kis 2:47. Kalau kita menyerah dan taat akan pimpinan Tuhan kita, pasti timbul panen yang limpah, sebab Roh Kudus adalah Roh panen dalam pelayanan.

Sejahtera dan Sukacita

Dalam dunia yang penuh dengan dosa, sejahtera itu makin berkurang dan waktu dosa sampai pada puncak2nya (dalam Minggu ke-70 Daniel), damai sejahtera itu hilang dari dunia (Meterai II Wah 6:3-4). Tampaknya sejahtera itu hanya perkara kecil tetapi kalau tidak ada sejahtera, orang menjadi gelisah, pahit dan semua perasaan yang jelek makin ber-tambah2, ini membuat orang mudah putus asa atau mata gelap dan berani berbuat segala dosa yang keji2. Memang di jalan dosa itu tidak ada damai sejahtera Rom 3:17, sebab itu orang2 berdosaselalu mencari hiburan dari luar (penjaja hiburan makin laris) tetapi setiap kali hati orang berdosa itu diisi ber-macam2 kesukaan dosa yang sesaat, seperti bocor, tidak bisa tahan lama Yer 2:13, akan haus lagi, bahkan makin haus Yoh 4:13.
Kalau seorang bisa berjalan dalam Roh dengan betul, maka tandanya adalah sejahtera dari Allah akan memimpin, mengawali hidupnya. Pil 4:7.Kalau hati ada sejahtera dari Allah, itu berarti disertai Roh Kudus dan itu menjadi modal utama untuk mendapatkan segala sukses dalam hal2 rohani dan jasmani. Kesukaan Allah itu kekuatan hidup kita Neh 8:11.
Sebab itu kalau hati gelisah, hilang sejahtera, lekas berhenti dan berdoa sebab itu berarti sudah
keluar ril. Kalau ada sejahtera dari Allah, maka kalau kita mau bersukacita, pasti bisa, tinggal tertawa dengan iman, maka sukacita itu akan mengalir terus Yoh 4:14; 7:38, kecuali kalau ada noda dalam hatinya. 2Kor 3:5. Adalah kehendak Tuhan untuk terus bersukacita Pil 4:4; 3:1. Kalau seorang tidak bisa bersukacita, itu tidak normal di hadapan Tuhan, biasanya karena ada dosa atau kehendak yang salah (keluar ril). Tetapi orang yang hidup di luar ril, bisa juga ber-senang2 dalam dosa sesaat namun prinsip hiduporang berdosa itu tidak ada sejahtera Allah dalam hatinya.

Kesimpulan

Orang yang percaya, itu berarti Roh Kudus sudah bekerja di dalamnya 1Kor 12:3. Itu indah, tetapi baru permulaan, harus dilanjutkan seperti orang2 Samaria dengan baptisan Roh Kudus Kis 8:16. Sesudah penuh, pakailah sebanyak mungkin pertolongan Roh Kudus yang sudah diberikan Tuhan, ini kehendak Tuhan supaya kita menjadi luar biasa, seperti Kristus, dalam kesucian, dengan penuh kuasa dipimpin Roh. Jangan takut, dengan Roh Kudus kita bisa menghadapi sikon yang manapun dengan cara yang luar biasa, yaitu dengan pertolongan Roh Kudus.