KA-59 – Kidung Agung 6:13 Kembalilah O Sulamit

KID 6:13a. KEMBALILAH, KEMBALILAH O SULAMIT

Nama Sulamit hanya disebut disini, satu kali dalam Alkitab. Dalam bahasa Ibrani ini berarti sempurna atau penuh sejahtera. Suatu nama yang sangat indah, mulia dan sempurna. Memang ini kehendak dan rencana Allah bagi setiap anak-anak Allah Rom 2:11. Tetapi heran, ia lari dan dipanggil-panggil kembali! Apakah ia sudah sempurna? Kok lari?. Ini belum sampai final. Ini adalah calon-calon mempelai Kristus yang sedang dipersiapkan. Sebetulnya Allah ingin bukan hanya selamat, tetapi kalau bisa semua orang menjadi sempurna seperti rencana dari permulaan Kej 1:27. Sebab setiap orang percaya itu langsung diangkat menjadi anak Allah. Kalau anak, itu bisa jadi seperti bapaknya, juga bapak sediakan fasilitas, bahkan kalau bapaknya mati, semua diwariskan pada anak-anaknya Yoh 1:12.

Tujuannya supaya semua menjadi seperti bapaknya! Memang rencana Allah tidak pernah batal, akhirnya ( seperti dalam Kid 4 dan 6 ) rencana Allah jadi, sebagian dari anak-anak Allah ini menjadi sempurna seperti Bapa, yaitu satu kelompok yang terdiri dari 144.000 orang, menjadi mempelai Kristus ( mengapa mempelai begitu banyak, ini bukan poligami, tidak ada kawin-mengawinkan seperti di dunia, tidak ada laki-laki, perempuan dan naluri sex dalam Surga, hanya ada kasih! ). Ini golongan orang yang kasihnya menjadi sempurna, menjadi golongan orang sempurna, golongan mempelai Kristus!

Allah ingin sebanyak-banyaknya yang menjadi sempurna, tetapi Dia tahu lebih dahulu bahwa hanya ada 144.000 orang yang sempurna Wah 14:1. Tetapi kesempatan itu diberikan pada semua orang, sebab Allah adil Rom 2:11.

Sama seperti 10 gadis yang menyambut kedatangan Tuhan. Sebetulnya semua sudah mendapat perlengkapan yang sama, tetapi hanya 5 yang mempunyai minyak cadangan dan waktu berita mempelai datang, 5 gadis bodoh tidak mempunyai minyak cadangan dan tertinggal. Ini seperti Sulamit yang dipanggil-panggil. Sudah diingatkan Mat 24:42. Kadang mereka menyala, kadang-kadang tidak, sebab tidak dipimpin Roh terus menerus. Ini berbahaya. Bisa terikat dengan kesukaan dosa, masuk jerat, sebab tidak mau menyala terus, tidak mau dipimpin Roh.

Sudah dipanggil terus, tetapi lari, belum mau kembali, lari dari Tuhan sampai akhirnya terikat dosa dan tertinggal. Waktu tidak dipimpin Roh, daging bekerja dan dituruti, jatuh dalam dosa, minya habis, terikat dalam dosa dan waktu Tuhan Yesus datang tiba-tiba, mereka tertinggal. Akhirnya ditolak keluar Mat 25:12-13.

Sayang sekali, padahal semua mendapat kesempatan yang sama, tetapi hanya 5 yang mau bersedia dan  menyiapkan dirinya baik-baik dan berhasil!

Ternyata minyak persediaan ini sangat menentukan. Kita harus selalu penuh dan dipimpin Roh baik waktu menyala ( waktu diperlukan, waktu ibadah dll, lebih-lebih waktu ada problem, ada gangguan, serangan, dll ), tetapi juga waktu tidak menyala ( tempat reserve harus tetap ada minyak ). dengan kata lain ada apa-apa atau tidak, ada keperluan atau tidak, dalam keadaan rileks dan nyaman, kita tetap perlu penuh dan dipimpin Roh. Sulit? Kalau seorang cinta Tuhan, penuh Firman Tuhan ia akan sangat bersukacita bersekutu dengan Tuhan selalu ada sejahtera Fil 4:7, selalu ada aliran air sukacita ilahi Yoh 4:14, sebab selalu bersekutu dengan Tuhan, sebab ini sangat indah. Allah dan Putra Allah menghendaki terus tinggal di dalam kita Yoh 14:21, 23, juga Roh Kudus Yoh 14:16. Orang yang mengerti, inilah Surga! Mereka di dalam kita dan kita di dalam Mereka.Surga itu bukan tempat yang indah tetapi Surga itulah Allah di dalam kita dan kita di dalam Dia Yoh 6:56.

Luar biasa. Bapa, Putra dan Roh Kudus, ketiga-Nya menjadi satu 1 Yoh 5:7, dan sekarang kita juga ada di dalam Allah lewat Kristus yang menjadi kepala kita 1 Kor 11:3. Sangat indah kalau kita punya minyak persediaan, terus menjadi satu dengan Allah, baik Bapa, Putra dan Roh Kudus dan makin lama makin nyata, lebih-lebih di akhir zaman, suatu keadaan yang luar biasa, AJAIB Wah 12:1.

Miliki minyak persediaan, itu berarti sudah hidup dalam Surga sekalipun masih di dunia Ef 2:6. Ini juga seperti carang lekat pada pokok dan akan terus tumbuh dan berbuah-buah Yoh 15:4-6. Ini yang diharapkan Tuhan, supaya Sulamit ( termasuk lima gadis bodoh ) tetap di dalam Tuhan, ada persekutuan, punya minyak cadangan. Tetapi Sulamit lari, belum mau kembali ( ditunda-tunda terus ) untuk tetap menjadi satu dengan Tuhan dan terus tumbuh bersama sampai jadi golongan orang sempurna. Ini kesempatan yang indah, tetapi kesempatan itu selalu ada batasnya! Kalau terus lari dengan dunia dan iblis, menuruti daging, akhirnya sangat terikat, tidak bisa dan tidak mau lepas lagi Luk 5:39, akhirnya binasa!

Kesempatan selalu ada batasnya, lebih-lebih pada waktu Allah menamatkan rencana-Nya, tinggal kesempatan terakhir seperti Mat 25:6.

Mengapa kesempatan terakhir? Sebab kalau Minggu ke-70 Daniel sudah mulai, yaitu masa penamatan rencana Allah, kalau orang itu lari, dan tidak mau kembali untuk lekat menjadi satu dengan Kristus 1 Kor 6:17, itu berarti undur dan itu sangat berbahaya. Putus hubungan dengan Tuhan oleh dosa dan kejahatan yang meningkat sampai sempurna ( Wah 22:11 ) jadi pencobaan berat di seluruh dunia Wah 3:10 ( Luk 21:34-36 ).

Kalau undur, tidak bersedia, terikat dalam dosa, tidak bisa, tidak mau kembali, sehingga keluar dari rencana penamatan Allah Rom 9:29. Akan ada goncangan terakhir, yang menggoncangkan seluruh dunia dan Surga Ibr 12:26-27. yang bisa tahan akan masuk dalam rencana penamatan Allah, diolah dan disiapkan untuk pengangkatan. orang-orang yang tidak bersedia, akan gugur. lebih-lebih yang tinggi rohaninya, kalau undur atau jatuh, itu lebih dahsyat akibatnya seperti bintang-bintang yang jatuh dari langit yang tinggi! Wah 12:4. Ini orang yang mulai dalam Roh dan berakhir dalam daging Gal 3:3-4.

Seperti Saul yang mula-mula begitu indah, bisa menjadi sangat jahat. Mengapa? Pasti ada sebabnya, yaitu tertipu oleh daging, dunia dan iblis, sehingga mulai mendua. Itu jahat. Baik mendua dalam Gereja apalagi mendua dengan Tuhan, itu akan diludahkan Tuhan keluar Wah 3:16. Orang yang lebih rohani, kalau jatuh, lebih dahsyat dosanya, sebab orang itu sudah tahu dan tetap keras hati, mereka akan makin bertambah-tambah dosanya, makin bercintakan hal-hal daging dan dosa, dan cepat menjadi sangat jahat. Waktu datang masa penamatan rencana Allah, pedang Tuhan memisahkannya Mat 10:34, Luk 12:51-53. Biasanya orang di jalan lebar dan sempit masih bisa pindah-pindah, tetapi waktu pedang Tuhan datang, tidak bisa lagi. yang suci dan dosa akan makin jauh bedanya, juga hukuman makin keras, sehingga orang-orang yang undur ini, tidak berani dekat, main-main atau pura-pura Kis 5:13, 2 Kor 10:6. Dosa kecil atau pura-pura seperti Ananias dan Safira, langsung mati di tempat Kis 5:1-12.

Kalau proses penamatan rencana Allah mulai, pedang Tuhan datang, pencobaan besar datang, maka orang-orang yang jatuh akan terpisah, seperti lima gadis bodoh ( ligabo ) dan lima gadis bijak ( Ligabis ). dengan demikian orang yang tidak bersedia, tidak punya minyak persediaan, hanya kadang-kadang saja menyala, mereka akan dipisahkan dan tidak ikut pengangkatan seperti Lima gadis bodoh. Sebab itu jangan hubungan kita dengan Tuhan terputus-putus.

yang betul:

a. Selalu bersekutu dengan Tuhan dalam kesucian-Nya.

b. Selalu punya minyak persediaan, selalu penuh dan dipimpin Roh dalam segala keadaan.

c. Kalau toh timbul dosa, langsung bertobat sekarang juga Ibr 3:15. Kalau dibiarkan, setan akan bekerja keras untuk menumbuhkan dosa lebih lanjut dan lebih banyak untuk memutuskan hubungan dengan Allah Yes 59:2. lebih-lebih waktu pedang Tuhan datang ( kesempatan terakhir waktu penamatan rencana Allah ), maka golongan yang undur, lari, ini akan terpisah tidak ikut pengangkatan dan tertinggal dalam pengangkatan.

Sebab itu bersedialah, jangan sampai jadi seperti ini, rileks, mendua, santai, biasa-biasa saja! Pedang Tuhan itu datang dengan banyak pencobaan seperti dalam Luk 21:34-36 ( Mat 10:34, Wah 3:10 ).  Maka orang yang tidak berjaga-jaga, yang suam apalagi yang undur akan terpisah, tidak ikut proses penamatan rencana Allah dan tertinggal; masuk dalam zaman Antikris. Ini menjadi kesempatan terakhir, asal mau setia dalam aniaya yang dahsyat sampai akhir ( sampai mati dalam aniaya Antikris ), masih bisa selamat, tetapi seperti menerus api 1 Kor 3:15.

KID 6:13b. KEMBALILAH, KEMBALILAH SUPAYA KAMI DAPAT MELIHAT ENGKAU ( lagi )

Jangan undur, jangan menyendiri. Kalau undur, menyendiri ( Kej 3:6 TL ), maka setan bisa mudah menipu dan menjatuhkan seperti Hawa lepas dari Adam, tertipu ular Kej 3:6, 1 Tim 2:14, 2 Kor 11:3. Bukan Adam yang terpedaya. Kalau Adam ada, pasti ia tidak mau berbuat dosa yang dahsyat seperti itu. Ini Hawa waktu sendirian! Kalau bersekutu bersama-sama dalam Kristus, maka kalau ada yang salah akan mudah tampak ( misalnya Mat 7:3 ) dan saling menasehati supaya bisa segera diperbaiki. Apalagi diantara suami istri, kalau mau tetap hidup dalam kesucian dan kasih, akan bisa saling tolong menolong dengan efektif dan tumbuh bersama dengan baik. Ingat Im 26:8, Mat 18:20. Secara lahiriah biasanya tidak tampak apa-apa dari luar, tetapi Roh Kudus tahu dengan tepat keadaan masing-masing, bahkan mana-mana yang akan jadi dosa, Roh Kudus sudah tahu lebih dahulu dan memperingatkannya. Roh Kudus tahu dengan tepat. Dan pasti Roh Kudus akan menyatakan hal ini untuk menolong orang-orang yang ditipu setan ini. Petrus ditegur sebab setan ingin menipu dan menariknya Mat 16:26.

Juga ada murid-murid yang lain, lebih-lebih Yudas seorang murid, tingkatannya tinggi, bahkan orang kepercayaan, bisa dipercaya pegang semua uang yang masuk, tetapi ia sudah undur, lari, sehingga terikat oleh dosa, tidak lagi mau kembali, biarpun dipanggil berkali-kali untuk kembali oleh Tuhan Yesus. Akhirnya iblis masuk dan menguasainya dengan penuh Luk 22:3.

Kepada Yudas, Tuhan sudah terang-terangan menunjukkan, bahwa Yudaslah si pengkhianat itu, tetapi semua murid tidak tahu tetapi Tuhan dan Yudas tahu betul, teatpi Yudas tidak mau kembali, sekalipun dipanggil-panggil terus berulang-ulang kali seperti Sulamit Mat 26:24-25.

Jangan tunggu saat terakhirnya baru mau bertobat. Usahakan untuk terus tinggal dalam kesucian dan terus meningkat makin seperti Kristus, tumbuh dalam kesucian, bukan jatuh bangun dan kesukaan dosa sesaat. Kita perlu bisa melihat keadaan rohani kita yang sebenarnya, terus menerus dalam terang Firman Tuhan dan Roh Kudus Maz 139:23-24.

KID 6:13c. APAKAH YANG HENDAK ENGKAU LIHAT DI DALAM SULAMIT?

Ini orang yang lari, seperti lima gadis bodoh. Apa yang kita harapkan bisa kita lihat dalam orang yang mendua dan undur seperti ini?

Perlu saling memperhatikan, lihat kalau ada dosa, jangan diam saja tetapi salahkan Ef 5:11. Jangan seperti anjing kelu Yes 56:10, itu dosa Yak 4:17. Cintai, kasihi jiwanya supaya jangan menjadi mangsa iblis, dan binasa kekal dalam Neraka, tetapi benci dosanya Jud 23. Tegur, mula-mula berdua, lalu panggil saksi, lalu di muka sidang supaya orangnya sungguh-sungguh bertobat Mat 18:12-17 ( lihat M4518). Sela-matkan, jangan sampai terhilang dalam Neraka kekal, tolong, kasihi. Kalau undur dari Tuhan, apa yang bisa kita lihat di dalamnya?

Pasti bukan perkara-perkara yang baik, justru akan tampak banyak dosa dan setan seperti dalam Mat 12:42-45.

Rumah yang dahulu sudah bersih dan ada Tuhan di dalamnya, karena lari dari Tuhan, jadi kosong, sehingga menjadi lebih jahat dari semula. Sebab sudah ditinggal kosong, maka sekarang ada 8 setan kembali di dalamnya dahsyat! Bahkan menjadi pos setan dengan banyak setan-setan di dalamnya. Bukan pemandangan yang baik dan indah, tetapi pemandangan yang mengerikan Wah 22:11 yang suci makin suci, yang najis makin najis dan disini sekarang tampak 8 setan ( ini yang biasa ), tetapi pada akhir zaman akan lebih dahsyat, makin banyak setan-setan bekerja di dalamnya, sebab itu lima gadis bodoh yang kurang lebih sama dengan ligabis, sekarang sama sekali tidak diterima, tetapi ditolak dengan keras seperti menolak orang kafir, tidak boleh masuk sama sekali Mat 25:12-13.

Ini jadi begitu dahsyat, sangat mengerikan. hati-hati sebab pada akhir zaman jumlah orang sempurna dalam dosa yang sangat ganas itu bertambah luar biasa. Jangan main-main, lebih-lebih yang meningkat tinggi rohaninya. Jangan hanya posisi tinggi, banyak dipuji-puji, tetapi sungguh-sungguh lekat dengan Tuhan, jadi satu dengan Tuhan, penuh dengan minyak cadangan, selalu ada minyak kapan saja.

KID 6:13d. ADALAH HALNYA SEPERTI MELIHAT ROMBONGAN DUA PASUKAN TENTARA

Dua pasukan tentara ini bisa jadi pasukan tentara terang atau tentara gelap. sama-sama bisa jadi dua kali ganda, makin jahat atau makin baik. yang rohani, yang suci dari Allah, bisa jadi dua kali ganda lebih indah di hadapan Tuhan, juga yang najis dari setan bisa jadi dua kali ganda lebih jahat.

Yacob bergumul dengan Tuhan menjadi dua kali ganda Kej 32:2.

Juga Ayub lulus, maka ia diberkati dua kali ganda Ay 42:10. Tetapi disini sebaliknya, untuk orang  yang undur dan lari dari Tuhan mereka menjadi dua kali ganda lebih jahat.

Ini perkara yang mengerikan, melihat orang-orang yang undur atau jahat, lebih-lebih orang yang tingkat rohaninya sudah tinggi di akhir zaman, yang paling suci menjadi yang paling keji 1Tim 4:1-2.

Seperti murid ahli Taurat dan orang Parisi, yang diajak masuk dalam umat Tuhan, tetapi kemudian menjadi dua kali ganda isi Neraka Mat 23:15.

Dahsyat sekali. Begitu juga dika-takan, orang-orang yang seharusnya menjadi calon mempelai Kristus, tetapi sebab undur akhirnya jadi mempelai setan, sundal babil Wah 18:4-6

Ini seperti Saul yang mula-mula begitu indah, ada diantara para nabi, penuh Roh Kudus ( dalam Wasiat Lama itu sangat berarti kalau bisa penuh Roh Kudus ) tetapi akhirnya menjadi begitu keji sehingga berbuat dosa yang keji, dengan datang pada roh-roh setan pada dukun Endor dan binasa. hati-hati. Ini bukan pasukan Allah yang baik seperti dalam ayat 10, sangat elok, tetapi disini sangat keji, seperti iblis. Kejatuhan pada akhir zaman jadi sangat jahat dan keji, sehingga jadi begitu keji. Dari Yudas murid Putra manusia Yesus dipercayai jadi bendahara, lalu jadi pengkhianat, dikuasai iblis.

KESIMPULAN

Kid 6:11. Periksa diri dalam terang Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus, supaya kita boleh menjadi tanah subur yang berbuah anggur ( sukacita dan sejahtera Roh Kudus ) dan seperti delima yang bersekutu dengan setia dalam Roh dan kebenaran, sehingga bisa tumbuh kepada kesempurnaan.

Kid 6:12. Biar mata rohani kita makin celik bisa melihat tujuan akhir yang makin jelas, makin mulia, tetapi ingat, kesempatan hanya sekarang selagi hidup di dunia. Tebus waktu, terus bergairah ibadah dan pelayanan bagi Tuhan. Kita harus terus tinggal dalam Allah dan Dia dalam kita, itu Surga! Yoh 6:56.

Kid 6:13. Jangan jadi Sulamit yang indah tetapi lari. Miliki minyak persediaan, selalu penuh dan dipimpin Roh, sehingga selalu ada persekutuan dan siap untuk hari dahsyatyang akan datang tiba-tiba.

Scroll to Top