M4210 – Tanda-tanda Kedatangan Tuhan Dari Injil dan Hari Penentuan

TANDA-TANDA KEDATANGAN TUHAN DARI INJIL DAN HARI PENENTUAN.

Mat 24:15-21

  1. Sebab itu, apabila kamu melihat kekejian yang mendatangkan kehancuran itu berdiri di tempat kudus, seperti yang disabdakan oleh nabi Daniel (siapa yang membaca, biarlah ia mengerti).
  2. Lalu, biarlah mereka yang ada di Yudea melarikan diri ke gunung-gunung.
  3. Biarlah orang yang ada di atas sotoh rumah, jangan turun ke bawah untuk membawa apa-apa keluar dari dalam rumahnya;
  4. dan biarlah orang yang ada di ladang itu, jangan pulang untuk mengambil pakaiannya.
  5. Tetapi celakalah mereka yang mengandung dan yang menyusui bayinya pada masa itu.
  6. Berdoalah supaya pelarianmu itu jangan terjadi pada musim dingin atau pada hari Sabat.
  7. Karena sesudah itu terjadilah sengsara yang besar, seperti yang demikian belum terjadi sejak permulaan dunia hingga sekarang ini, dan tidak akan pernah terjadi lagi. (KJI)

PERLU TAHU APA?

Murid2 bertanya dan Yesus mau menjawab, ini berarti perlu.

Mat 24:3-4

  1. Dan ketika Ia duduk di atas Bukit Zaitun, murid-murid itu datang kepada-Nya secara pribadi, katanya: Katakanlah kepada kami, kapankah hal-hal ini akan terjadi, dan apakah tanda kedatangan-Mu dan kesudahan zaman ini?
  2. Maka Yesus menjawab serta berkata kepada mereka itu: Waspadalah, supaya jangan seorangpun menyesatkan kamu. (KJI)

Dari ayat2 ini kita mendapat pelajaran bahwa:

  1. Kita perlu tahu tentang tanda2 akhir zaman dan bagaimana menghadapinya, sebab itu Tuhan Yesus menjawab dengan lengkap dan jelas pertanyaan murid2Nya.
  2. Apa yang harus kita ketahui?
  3. Apa tanda2 kedatangan Tuhan, dan
  4. Tanggal berapa Ia akan datang kembali? Ada tanda2 umum yang tidak langsung menunjukkan tanggal kedatanganNya dan tanda2 pasti yang langsung berhubungan dengan tanggal kedatanganNya.

Mengapa kita perlu tahu?

Sebab:

  1. Rencana Allah akan berakhir dan Tuhan Yesus akan datang kembali (dalam 2 tahap).
  2. Ini pasti terjadi.
  3. Supaya yang mau mengerti dan taat, tetap selamat, dan dapat bersedia dengan sungguh2 dan dengan pengertian yang benar dari Firman Tuhan. Dengan demikian ia bisa menunggu dengan efektif sehingga bisa ikut dalam kedatanganNya dan mendapat faedah yang maksimal yaitu mencapai tingkatan rohani yang setinggi mungkin, bahkan ada yang menjadi sempurna.

Jadi tanggal Penentuan itu terjadi sebelum hari Tuhan, bukan pada hari Tuhan, waktu Dia datang. Jadi semua sudah ditentukan sebelum Tuhan datang, kita termasuk golongan Allah atau yang melawan Allah. Ini seperti seruan “Mempelai datang” dalam Mat 25:6 itu adalah saat penentuan, sebab waktu itu terjadi pemisahan antara 2 golongan, yaitu Lima gadis bodoh dan lima gadis bijaksana yang untuk seterusnya tidak bertemu lagi.

Juga disini ada 2 golongan, yaitu umat Tuhan dan musuhnya. Ini ditentukan sebelum Tuhan Yesus datang, sebab itu kita harus bersedia dan ber-jaga2 mulai sekarang Mat 24:42,44! Jangan pada waktu penentuan itu, baru mau bertobat dan mau bersedia, sudah terlambat. Bahkan ternyata Penentuan itu sudah terjadi 3,5 tahun sebelum pengangkatan!

Andaikata 5 tahun lagi Tuhan datang, itu berarti waktunya hanya tinggal 1,5 tahun.

Memang 1,5 tahun untuk bertobat, masih bisa, tetapi kalau hati sudah mabuk dengan dunia, cinta anggur lama, sekalipun sudah tahu, seringkali tidak mau lagi minum anggur baru.

Luk 5:39

Tidak seorangpun yang minum anggur lama, dengan segeranya menginginkan yang baru, sebab ia berkata: Yang lama lebih baik. (KJI)

Kalau hati sudah terikat, tertipu, matanya sudahdibutakan oleh iblis 2Kor 4:4, sekalipun masih bisa bertobat, tidak mau dan tidak percaya kalau sudah datang waktunya.

Lebih2 dalam akhir zaman yang limpah dengan kejahatan dan godaan. Tetapi kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, sama sekali sudah terlambat, sudah jadi keras hati, masuk golongan iblis yang tidak lagi mau atau tidak bisa bertobat, tetapi terus bertumbuh dalam dosa sampai maksimal dan akhirnya mati.Mengerti atau tidak tentang hari penentuan ini, kita harus menurut Firman Tuhan, yaitu jangan terlambat. Sekarang ini sudah harus bersedia, sebab pada waktu mulai Minggu ke-70 Daniel, itu sudah terlambat, tidak lagi bisa berubah atau bertobat. Lebih2 kita belum tahu bila saatnya itu tiba,  apalagi kalau sebelumnya tahu2 mati dalam dosa, langsung masuk Neraka, sebab dosa tidak boleh masuk Surga.

  1. KEDATANGAN TUHAN YESUS KEMBALI itu dalam 2 tahap, yaitu :
  2. Tahap I.

Ia datang di udara dan kita yang siap akan diubahkan oleh suara Bapa, Putra dan Roh Kudus bersamaan, menjadi tubuh kemuliaan (= tubuh kebangkitan) dan naik ke udara (dunia roh) bertemu dengan Tuhan Yesus dan semua orang suci.

1Tes 4:16-17

  1. Karena Tuhan sendiri akan turun dari surga dengan suatu sorak dengan suara Penghulu utusan dan dengan bunyi sangkakala Allah, maka yang pertama, orang-orang yang sudah mati di dalam Kristus akan bangkit.
  2. Kemudian kita yang masih hidup dan tetap tinggal, akan diangkat naik bersama-sama dengan mereka di dalam awan-awan, bertemu dengan Tuhan di udara; dan demikianlah kita akan bersama-sama dengan Tuhan senantiasa. (KJI)

Ini didahului oleh orang yang mati dalam Kristus; mereka bangkit lebih dahuludalam tubuh kebangkitan, lalu naik bertemu dengan Tuhan Yesus.

Sebab itu kalau toh orang beriman mati lebih dahulu, setia sampai akhir dan mati dalam Tuhan (rohnya masuk Surga), perbedaannya tidak banyak. Sebab mereka akan bangkit dan juga ikut pengangkatan. Kematian itu bisa terjadi se-waktu2 sebelum kedatangan Tuhan, sebab itu semua orang beriman harus bersedia untuk menghadap Tuhan secara pribadi waktu mati.

Amos 4:12b

…… hendaklah kamu sedia akan bertemu dengan Allahmu.

Atau kalau sungguh2 bersedia dan termasuk generasi akhir zaman, kita akan ikut pengangkatan dan ber-sama2 bertemu Tuhan dan semua orang suci lainnya.

  1. Kedatangan Tuhan kembali tahap II. Sesudah Minggu 70 Daniel selesai, 3,5 th sesudah pengangkatan, Tuhan Yesus dengan malaikat2 dan orang2 suciNya (yaitu kita yang sudah ikut naik dalam pengangkatan) akan turun dan mendarat di bumi dan semua orang yang di bumi akan melihatnya Wah 1:7.

III. TAHU TANGGAL PENGANGKATAN atau KEDATANGAN TUHAN?

Sekarang ini tidak ada orang yang tahu tanggalnya Mat 24:36, tetapi sesudah masuk Minggu 70 Daniel (masih kurang 3,5 th) kita akan tahu tanggalnya yaitu:

  1. 1Tes 5:4-5.
  2. Tetapi kamu, Saudara-saudara, tidak berada di dalam kegelapan sehingga Hari itu menimpa kamu seperti seorang pencuri.
  3. Kamu semua adalah putra-putra terang dan putra-putra siang. Kita ini bukannya tergolong malam atau kegelapan. (KJI)

Pada saat ini kedatangan Tuhan bagi orang2 yang ber-jaga2, yang hidup dalam terang, itu jelas, tahu. Kedatangan Tuhan bagi anak2 terang, bukan seperti pencuri, tetapi sebagai kekasih (sebagai Mempelai), tidak tersembunyi, tetapi terang2an, diketahui saatnya dengan tepat.

Jadi sesudah tanggal penentuan itu, kita akan tahu tanggal kedatanganNya.

Mat 25:6.

Sebelum mempelai datang, akan ada seruan bahwa mempelai datang dan semua orang beriman tahu, tetapi yang tidak bersedia akan tertinggal yaitu 5 gadis bodoh.  Ini terjadi tiba2 dan sebelumnya tidak ada orang yang tahu saat ini. Tetapi sesudah tanggal ini datang, kita tahu bahwa dalam 3,5 th lagi Tuhan Yesus akan datang kembali untuk menjemput kita di udara.

(lihat buku: Kapan Pengangkatan, Kedatangan Tuhan Yesus, Tanda2 kedatangan Tuhan Yesus, Tanda2 permulaan hari Pengangkatan).

DUA MACAM TANDA2 KEDATANGAN TUHAN.

Yaitu tanda2 umum dan tanda2 pasti (sebagian masih termeterai, tersembunyi).

  1. TANDA2 UMUM itu belum sampai akhirnya, misalnya Mat 24:6 seperti perang, malapetaka, gempa dll, tetapi itu belum yang terakhir, ini bisa terjadi sepanjang zaman, naik turun, baru yang terakhir akan memuncak dan ada ciri2 khusus, ber-sama2 tanda2 lainnya, misalnya:

Ini masih bukan akhirnya.

Mat 24:6

Maka kamu akan mendengar tentang peperangan dan laporan-laporan peperangan; perhatikanlah, supaya kamu jangan terkejut; karena semua hal ini harus terjadi lebih dahulu, tetapi itupun bukan akhirnya. (KJI)

  1. Baru permulaan sengsara.

Mat 24:8

Semuanya ini adalah permulaan sengsara. (KJI)

TANDA2 PASTI. Kalau tanda2 ini terjadi, sudah tidak perlu menunggu lagi:

  1. Langsung bergerak, lari kepada saat kedatangan Tuhan dan
  2. Langsung timbul 2 golongan yang bertentangan, yaitu golongan dari Allah dan iblis. Misalnya: Kalau Yerusalem dikepung, itu berarti sudah dekat, segera lari Luk 21:20-21. Kalau Injil sudah sampai di seluruh bumi berarti kesudahannya sudah sampai Mat 24:14. Kalau kekejian itu sudah berdiri di tempat kudus, langsung lari ke gunung.

Inilah perbedaan yang jelas antara tanda umum dan tanda2 yang pasti.

Kita melihat bahwa pada tanda2 pasti ini,

juga langsung timbul dan nyata 2 golongan yang bertentangan satu sama lain, yaitu:

  1. Golongan Allah yang sudah lama bersedia sungguh2 Mat 24:42, mereka adalah orang2 yang suci dan makin suci dan melakukan persiapan terakhir untuk menyambut Mempelai yang segera akan datang.
  2. Golongan iblis dan Antikris, inilah golongan orang2 dosa dan orang2 beriman yang tidak bersedia, sebab hidup dalam dosa atau mendua, sehingga hanyut dalam arus dosa akhir zaman yang sangat kuat (polarisasi akhir zaman Wah 22:11); orang2 berdosa ini terus meningkat makin keji dalam dosa2nya. Orang2 ini tidak bisa bertobat lagi. Dan dua golongan ini tidak lagi bisa berubah atau berpindah golongan.

Dalam Injil dikatakan ada 3 tanda2 pastiini. Kalau ini sudah tampak langsung larilah, lakukan persiapan terakhir. Wai bagi golongan iblis dan Antikris yang celaka ini, yang tidak bisa lari (sebab ada 3 macam ikatan).

Tiga tanda pasti, yaitu:

  1. Yerusalem dikepung Luk 21:20-24.
  2. Injil sampai di seluruh dunia Mat 24:14.
  3. Kekejian berdiri dalam tempat suci Mat 24:15 Mark 13:14.

Pada waktu penentuan itu terjadi (ada 3 peristiwa), maka umat Tuhan terbagi dalam 2 golongan. Kita akan melihat lebih lanjut perbedaan 2 golongan ini.

GOLONGAN ALLAH.

Mereka lari. Inilah orang2 yang terus ber-jaga2 sebelum datang hari atau tinggal penentuan itu, sehingga ketika tanggal penentuan itu tiba, mereka sudah bisa lari sesuai Firman Tuhan, siap untuk pengangkatan.

Kalau tanda2 yang pasti sudah tampak, maka orang yang sudah ber-jaga2 (lima gadis bijaksana) akan mengalami 3 tanda luar, yaitu:1. Yang di Yudea lari ke gunung Mat 24:16, Mrk 13:24, Luk 21:21.

  1. Yang di sotoh rumah jangan turun Mat 24:17, Mrk 13:15.
  2. Yang di ladang jangan pulang Mat 24:18/ Mrk 13:16/ Luk 21:21 (yang di dalam kota, keluarlah, yang di daerah jangan masuk dalam kota).

GOLONGAN IBLIS DAN ANTIKRIS.

Inilah golongan yang celaka, wai!

Inilah orang2 beriman yang tidak mau ber-jaga2 sehingga undur dan masuk golongan iblis yang celaka dan tidak lagi bisa bertobat atau berubah. Ada 3 WAI, dari orang2 yang tidak mau ber-jaga2 ini:

  1. Mengandung dan menyusui bayinya Mat 24:19/ Mrk 13:17/ Luk 21:23a.
  2. Yang ada dalam musim dingin Mat 24:20 Mrk 13:18.
  3. Yang ada dalam Sabat, akan terjadi hal2 yang dahsyat.

Jadi tanda2 umum itu terjadi tidak langsung menunjukkanpada 1 tanggal tertentu, tetapi tanda2 pastiitu menunjukkan tanggal tertentu dan kalau itu terjadi, yang sudah bersedia, bisa langsung lari, seperti yang dibuat golongan ilahi, tetapi yang masuk golongan orang berdosa, golongan iblis tidak bisa lari, wai, ada 3 ikatan yang mengikatnya.

Contoh orang2 yang sudah bersedia adalah lima gadis bijaksana. Mereka mempunyai Pelita + minyak cukup, se-waktu2 bisa terus menyala, tidak akan padam, se-waktu2 bisa “lari”

BILA TANGGAL PENENTUAN ITU?

Tanggal ini sangat penting, yaitu pada permulaan Minggu ke-70 Daniel, dimana lonceng nubuatan Daniel mulai berjalan lagi dan masa penamatan atau finishing Alalh dimulai sampai selesai, lalu hari Tuhan datang itu pengangkatan.

Yoel 3:14

Banyak orang, banyak orang di lembah penentuan! Ya, sudah dekat hari Tuhan di lembah penentuan. (TB)

Dalam masa ini orang2 yang penuh Roh Kudus, yaitu 5 gadis bijak (seperti orang yang membawa parasut dalam ilustrasi di atas). Mereka sudah mempersiapkan dirinya, sehingga sesudah terdengar seruan Mempelai datang, mereka sudah siap, dan waktu mereka melihat mempelai datang beberapa saat berikutnya, mereka ikut masuk dalam Pesta Kawin Mempelai dan pintu tertutup di belakangnya.

Kita akan mempelajari satu persatu hal ini (dalam garis besarnya, sesuai dengan pengertian yang sudah terbuka), supaya kita bisa mengerti dan bersedia baik2, menunggu hari penentuan itu; jangan sampai masuk golongan Wai yang celaka itu.

Pengangkatan ini hanya terjadi satu kali dalam sesaat, tetapi harusdiingatkan berkali-kali supaya kita bersedia baik2 seumur hidup kita, sebab pada hari Penentuan ini, nasib kita sudah  ditentukan untuk kekal dalam Surga atau Neraka.

Tanggal ini sangat penting, sebab merupakan titik terakhir yang menentukan penggolongan, lalu sesudah itu tidak bisa berubah lagi, tidak bisa pindah tempat atau jalur, selamat atau binasa untuk kekal.

Titik penentuan (terakhir)

sebelumnya        sesudahnya

———- >   *  —————– >

Bisa berubah      tidak bisa berubah lagi

Kita tidak tahu bila tanggal ini datang, tetapi pasti datang pada akhir rencana Allah, yaitu pada masa penamatan rencana Allah. Sebab itu kita harus terus bersedia seumur hidup kita (kalau betul2 bersedia dalam Kristus, rohani pasti akan meningkat, makin seperti Kristus), dan tidak rugi sekalipun mati (tidak semua orang masih tetap hidup pada tanggal penentuan ini), tetapi kalau ia mati di dalam Tuhan (ia selamat 1Tes 4:14)dan kalau ia sudah meningkat setinggi-tingginya, itu untung untuk kekal, itu jadi ukuran kemuliaannya, di Surga untuk kekal.

Tingkat rohani terakhir waktu mati menjadi tingkat kemuliaan yang akan ada pada kita di Surga untuk kekal;

  1. Ada orang yang tingkatan rohaninya pada saat terakhir hidupnya turun, seperti penjahat yang di salib tetapi bertobat, seperti Simson yang mati sesudah undur dalam dosa perzinahan, tetapi untung, pada saat terakhir masih bisa bertobat.
  2. Ada yang undur sama sekali seperti Saul yang mula2 sangat indah, dipilih, tetapi ia mulai dalam Roh berakhir dalam daging, bahkan bunuh diri, sehingga pada saat terakhir ia adalah seorang pembunuh (terus mau membunuh Daud dan itu sudah dianggap dosa pembunuh di hadapan Tuhan, sekalipun Daud lolos oleh tangan Tuhan) dan pembunuh dirinya sendiri (bunuh diri) dan pembunuh tidak boleh masuk Surga Wah 22:15).

Jangan sampai titik terakhir turun, merosot bahkan berbalik seperti Saul, tetapi berusahalah TMSP (terus meningkat sampai puncak di akhir hidup).

  1. DEFINISI TANGGAL PENENTUAN.

Tanggal penentuan itu (dari Yoel 3:14) itu seperti tanggal kematian. Waktu mati nasibnya untuk kekal sudah divonis, masuk Surga atau Neraka dan ini untuk kekal, tidak bisa berubah lagi.

Tanggal penentuan itu seperti vonis waktu mati, tetapi orangnya masih hidup dan ini terjadi  ber-sama2 bagi semua orang yang hidup di dunia pada saat tanggal itu. Pada saat tanggal ini terjadi, semua orang masuk dalam salah satu dari 2 golongan itu, yaitu:

  1. Golongan yang akan masuk Surga (golongan Allah, Gereja yang benar, Gereja akhir zaman) atau
  2. Masuk golongan yang pasti akan binasa (golongan iblis, yaitu orang dosa dan orang fasik, termasuk orang beriman yang undur pada saat itu).

Penentuan ini terjadi ber-sama2 untuk orang2 di seluruh dunia sekaligus pada tanggal itu, sehingga terjadi 2 golongan, yang tidak bisa berubah lagi untuk selamanya. Kalau mau bertobat, berubah sudah terlambat, tidak mungkin bisa bertobat lagi!

Untuk orang yang tidak ber-jaga2, tanggal ini sangat berbahaya, sebab semua orang di dunia tidak tahu kapan tanggal ini akan terjadi, datangnya tiba2, bagi kebanyakan orang, apalagi yang tidak ber-jaga2, tanggal ini mendadak dan tidak di sangka2, tidak masuk akal. Tanggal ini dikatakan dalam Yoel 3:14, yaitu tanggal permulaan Minggu ke-70 Daniel, dimana lonceng nubuatan Daniel mulai berjalan lagi dan inilah masa penamatan atau finishing Allah dimulai

Ilustrasi:

Hal ini dapat diilustrasikan sbb:

Semua orang seperti berjalan di jalan kehidupan, dalam gelap pekat. Ada yang mengerti, ada yang tidak mengerti bahwa pada satu saat jalan itu akan tiba2 berakhir dalam jurang yang sangat dalam. Orang yang mengerti memakai 1 set parasut (untuk terjun payung), sebab mengerti hal ini. Yang tidak mengerti tidak peduli dan berjalan terus, sebab hal seperti ini tidak masuk akal (seperti Kej 19:14, Luk 17:26-30).

Tiba2 hal itu betul2 terjadi, semua jatuh dalam jurang (sebab tidak ada yang bisa melihat jurang itu). Yang tidak mempunyai parasut, jatuh hancur dan mati. Tetapi yang punya parasut, sesaat kemudian parasutnya terbuka dan lewat satu waktu, mereka semua mendarat dengan selamat.

PENENTUAN SEBELUM HARI TUHAN.

Yoel 3:14

Banyak orang, banyak orang di lembah penentuan! Ya, sudah dekat hari Tuhan di lembah penentuan. (TB)

Disini terjadi penentuan dan ini mendekati hari kedatangan Tuhan, lebih dahulu atau sebelum hari Tuhan.

  1. Dalam Yoel 3 ini ada 2 golongan, yaitu golongan umat Tuhan yang disertai Tuhan, jadi pahlawan, yang diajak keluar untuk berperang. Dan yang lain adalah golongan musuh yang akan kalah dan masuk dalam kebinasaannya.
  2. Dekat dengan hari Tuhan, ini berarti penentuan itu dekat dengan kedatangan Tuhan. (= hari pengangkatan). Jadi hari atau tanggal Penentuan itu adalah sebelum hari pengangkatan, yaitu permulaan Minggu ke-70 Daniel, disinilah terjadi penentuan.

Jadi 2 golongan yang akan berperang (seperti Yerusalem dikepung) itu sudah ditentukan saat ini seperti ligabo dari ligabis, seperti gandum dari lalang pada musim menuai.

Jadi tanggal penentuan itu lebih dahulu dari hari Tuhan, yaitu pada permulaan Minggu ke-70 Daniel. Sebab itu sekarang kita sudah harus sungguh2 bersedia dan ada di jalur yang betul, yaitu jalur jalan sempit, jalan kesucian Tuhan.

MASA PENAMATAN RENCANA ALLAH.

Semua rencana Allah akan selesai dengan sempurna, sebab Allah tidak pernah gagal atau membatalkan rencanaNya. Masa penamatan rencana Allah untuk umat manusia itu ada dalam Minggu ke-70 Daniel, 7 tahun terakhir dari rencana Allah.

Dalam masa penamatan Allah ini akan terjadi:

  1. Penentuan dari semua yang ada dalam dunia, akan ikut Allah atau iblis.
  2. Sudah tentu akan masuk Surga atau Neraka.
  3. Masa penamatan atau finishing rencana Allah yaitu Gereja menjadi sempurna (lihat definisiGereja yang sempurna) lalu dibawa Allah besertanya. Dalam masa penamatan ini (finishing), semua orang akan tumbuh sampai maksimal, yang suci makin suci, siapa yang menjadi sempurna seperti Allah (dan jumlahnya genap) dan yang berdosa akan makin meningkat dosanya sampai sempurna seperti iblis.

Mengapa semua meningkat sampai puncak2nya? Ini adalah rencana Allah yang sudah dinubuatkan dalam Wah 22:11. Pada waktu ini  rencana Allah genap, yaitu jumlah orang yang sempurna genap (144.000) Wah 14:1.Iblis juga hendak menyempurnakan orang2nya supaya bisa berperang mengalahkan Allah.

Gereja yang sempurna.

Itulah Gereja yang jumlah dan mutunya sesuai dengan rencana Allah sampai genap, yaitu:

  1. Jumlah semua orang yang selamat genap sesuai dengan rencana Allah.
  2. Jumlah setiap golongan, dari yang paling rendah sampai yang sempurna digenapkan (Pintu Gerbang sampai Tabut). Jumlah orang2nya dalam setiap tingkatan lengkap, genap.

Begitulah nasib orang2 akhir zaman. Kita sudah masuk akhir zaman, dekat dengan kedatangan Tuhan. Bagi orang beriman yang bersedia dengan sungguh2 ada 2 kemungkinan yaitu, hidup2an ikut dalam pengangkatan atau mati dahulu lalu waktu Tuhan datang, bangkit, dan ikut pengangkatan 1Tes 4:17.

Ilustrasi: Kita ini seumpama naik bus kehidupan menuju kedatangan Tuhan. Tetapi ada beberapa orang yang tiba2 berhenti di halte kematian dan mati, dikubur.  Ada lagi yang lain berhenti juga,mati dan dikubur. Begitulah keadaan beberapa orang yang sungguh2 bersedia, mati dalam Kristus. Tetapi sebagian yang lain di akhir zaman ini,meneruskan perjalanan sampai pada hari kedatangan Tuhan dan ikut pengangkatan.

Jadi masing2 mempunyai rencana pribadi dari Allah yang ber-beda2, sesuai dengan keadaannya dan nasib yang ditentukan waktu hidup. Semua ini sudah diketahui Allah lebih dahulu.

Bedanya tidak terlalu banyak, sebab semua yang mati dalam Tuhan, juga akan ikut pengangkatan, yaitu dengan kebangkitan, tetapi yang masuk golongan 1551 (1Kor 15:51) akan ikut terus dalam bus kehidupan itu sampai tiba2 semua yang ada di dalamnya ikut dalam pengangkatan.

VII. MENGAPA ADA TANGGAL PENENTUAN.

Kita akan melihat secara singkat tentang hal ini, yaitu:

  1. Campuran dipisahkan, lalu disempurnakan.

Orang yang bersedia (seperti ligabis), masuk golongan Allah. Untuk bisa disempurnakan dalam masa penamatan ini, mereka harus dipisahkan lebih dahulu, baru sesudah itu mereka (lebih2 orang yang seperti lima gadis bijaksana) bisa diolah dengan keras dan sangat tertib supaya bisa tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan (dalam masa penamatan yang hanya 3,5 tahun itu). Orang2 yang mendua, bercabang, suam atau seperti lima gadis bodoh, sesudah habis kesempatannya, dipisahkan dengan mutlak sebab mereka tidak mau sungguh2 memilih dan taat pada Tuhan. Kalau tidak dipisahkan, mereka tidak akan tahan, mati seperti Ananias dan Safira (Kis 5:1-11) dan juga meng-halang2i dan sangat mengganggu pengolahan yang berat bagi orang2 yang benar ini (1Pet 4:18). Sebab itu harus ada tanggal pemisahan ini, baru golongan yang ber-jaga2 ini bisa diolah dengan api dikirim Tuhan Yesus ke atas bumi Luk 12:49 untuk mengolah mereka yang sudah dipisahkan.

  1. Akhir dari masa kemurahan Tuhan bagi orang yang menghinakan kemurahan Tuhan. Mereka menghinakan kemurahan Allah dengan sikapnya yang tidak mau bertobat.

Rom 2:4

Atau engkau hinakankah kelimpahan kemurahan-Nya, kesabaran, dan ketabahan-Nya untuk menderita? Tiadakah engkau mengetahui bahwa kemurahan Allah itu maksudnya (untuk) menuntun engkau kepada pertobatan? (KJI)

Bagi orang2 yang tidak (belum) mau bertobat sampai saatnya kemurahan Allah bagi mereka habis, datanglah tanggal Penentuan ini dan mereka dipisahkan untuk kekal dari golongan lima gadis bijaksana yang sungguh2 ber-jaga2 sebelumnya. Kedua golongan ini masih hidup, masih bisa bertemu secara jasmani, tetapi hatinya sudah terpisah, masing2 ada dalam jalur atau golongannya sendiri dan tidak bisa berubah atau pindah lagi.Pada tanggal ini, golongan yang tidak mau bertobat sungguh2, tidak mau ber-jaga2, tetapi tetap di jalur jalan lebar, inilah golongan iblis, yang pasti binasa, dan tidak bisa berubah lagi. Ini sudah permanent celaka untuk kekal, sekalipun masih hidup. Ini tanda khas dari orang2 yang masuk dalam golongan iblis pada tanggal penentuan ini, golongan “Wai” yang celaka!

VIII. TANGGAL PENENTUAN INI ADALAH TANGGAL PEMISAHAN.

Sesudah 2 golongan, terang dan gelap, golongan Allah dan iblis dipisahkan, baru masing2 bisa ditingkatkan sampai puncak2 kesempurnaannya.

Tanggal penentuan ini adalah:

  1. Ibr 9:27.

Dan sebagaimana sudah ditetapkan bagi manusia bahwa pada satu saat akan mati, tetapi sesudah itu dihakimi, (KJI)

Ini seperti waktu mati, tidak bisa berubah lagi, langsung sesudah mati ada di Surga atau Neraka.

  1. Mat 13:30.

Biarkanlah keduanya tumbuh bersama-sama sampai musim menuai dan pada waktu menuai saya akan berkata kepada penuai-penuai itu: Kumpulkanlah lebih dahulu lalang itu dan ikatlah dia dalam berkas-berkasnya untuk dibakar, tetapi kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku. (KJI)

Seperti masa penuaian, yang tetap menjadi lalang sampai tanggal ini, sudah tidak bisa berubah lagi.

  1. Yoel 3:14 (TB, KJI).

Banyak orang, banyak orang di lembah penentuan! Ya, sudah dekat hari Tuhan di lembah penentuan. (TB)

 

Ini lembah penentuan untuk banyak2 orang, untuk nasib kekal, tetapi belum mati,yaitu terpisah dalam golongan Allah atau golongan iblis.

  1. Mat 3:12.

Penampi-Nya ada di tangan-Nya dan Ia akan membersihkan lantai pengirikan-Nya, lalu mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi sekamnya akan dibakar dengan api yang tidak terpadamkan. (KJI)

Masa penampian, di mana gandum dan sekam dipisahkan untuk selamanya.

  1. Luk 12:51-53
  2. Adakah kamu menyangka bahwa Aku datang untuk memberi damai di atas bumi? Aku katakan kepadamu: Tidak tetapi justru perpecahan.
  3. Karena mulai sekarang akan ada lima orang dalam satu rumah yang terpecah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga.
  4. Bapa akan terpecah melawan putranya dan putra melawan bapa, ibu melawan putrinya dan putri melawan ibunya, ibu mertua melawan menantu perempuannya* dan menantu perempuan melawan mertuanya*. (KJI)

Tanggal pemisahan, tidak lagi bisa didamaikan, sehingga pemisahan ini (sampai dalam rumah2) akan terus berlangsung selamanya Luk 12:51-53.

  1. Mat 25:6.

Dan pada tengah malam adalah suatu seruan: Lihatlah, mempelai datang. Keluarlah untuk menemui dia. (KJI)

 

Seruan mempelai datang.

Lima gadis bijak dan lima gadis bodoh waktu sama2 mendengar seruan ini, mereka terpisah untuk kekal.

  1. 1Pet 4:18.

Dan jika orang benar hampir-hampir tidak selamat, apakah kelak jadinya orang-orang fasik dan orang-orang berdosa itu? (KJI)

Orang benar sulit beroleh selamat (orang yang bersedia sanggup) tetapi orang fasik dan orang dosa tidak lagi bisa selamat.

  1. Wah 22:11.

Orang yang tidak benar, biarlah ia terus berbuat yang tidak benar; dan orang yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan orang yang benar, biarlah ia terus mengerjakan kebenaran; dan orang yang kudus, biarlah ia terus kudus. (KJI)

Orang Halaman akan hanyut dalam arus dosa akhir zaman yang dahsyat, sebab memang orang yang suam akan diludahkan Allah keluar, tetapi yang bersedia dan tetap suci (ini orang2 Ruangan Suci), akan terus meningkat makin suci. Sesudah ini orang Halaman diserahkan penuh dalam tangan Antikris Wah 11:2, Wah 13:7.

  1. Kej 7:16.

Maka sekaliannya yang masuk itu masuklah jantan betina dari pada segala kejadian, setuju dengan firman Allah yang kepada Nuh itu. Setelah sudah masuk ia, maka ditutupkan Tuhan akan bahtera itu. (TL)

Orang zaman Nuh diberi kesempatan 120 tahun, tidak mau bertobat sampai saat terakhir. Nuh adalah pengkhotbah untuk mengajak orang2 zamannya berubah dan bertobat untuk ikut dalam bahtera 2Pet 2:5, tetapi mereka tidak mau berubah, tidak mau masuk, meskipun mereka sudah melihat arak2an segala binatang bisa berubah menjadi jinak dan dengan sopan dan tertib, teratur masuk bahtera (ini mujizat besar), tetapi mereka tetap tidak mau bertobat, lalu pintu bahtera ditutup sendiri oleh Allah. Yang menolak untuk berubah dan tidakbersedia, semuanya mati pelan2 sesudah pintu bahtera tertutup.

  1. Kej 19:16.

Tetapi berlambat-lambat juga ia, lalu oleh kedua orang itupun dipeganglah tanganya dan tangan bininya dan tangan kedua anaknya, sebab hendak dikasihani juga oleh Tuhan akan dia, lalu dihantarnya akan dia ke luar, dibawanya akan dia ke luar negeri itu. (TL)

Oleh karena doa syafaat Abraham, Lot dikeluarkan (paksa) dari Sodom oleh malaikat Tuhan. Tetapi orang Sodom tidak ada yang mau percaya seperti 2 calon menantu Lot orang Sodom (Lot dan keluarga masih diberi kesempatan terakhir, tetapi tidak mau bertobat). Perpisahan Lot dan Abraham itu punya arti yang sama seperti apa yang terjadi pada tanggal Penentuan dan tanggal Pemisahan, sebab ini memisahkan mereka dan Lot yang setengah hati (suam, bercabang dan ingin hal2 dosa dalam Sodom Gomora), maka mereka dipisahkan untuk seterusnya. Lot punya kesempatan untuk kembali pada Abraham, tetapi ia tidak mau dan tidak lagi bisa kembali, terpisah mutlak untuk kekal, mereka binasa dalam dosa2nya.

Lot juga adalah gambaran dari orang2 yang tertinggal, yang masih dapat kesempatan terakhir.

Sesudah pengangkatan ada orang beriman yang tertinggal, tetapi ada yang bertobat dalam kesempatan terakhir dalam zaman Antikris. Dan mereka yang bertobat kembali, akan mati dalam aniaya Antikris (1Kor 5:5, Wah 13:7, Wah 11:2). Sebagian besar orang2 pada masa itu ikut Antikris dan melawan Allah dan satu per satu mati dalam dosa dan kejahatannya,dan akhirnya semua yang masih hidup, dibinasakan pada waktu Tuhan Yesus datang mendarat ke bumi Wah 19:21.

  1. Mat 7:27.

Maka hujanpun turunlah dan banjirpun datanglah, serta angin bertiup dan menerpa rumah itu, maka robohlah ia, dan besarlah kerobohannya. (KJI)

Pada saat terakhir dosa meningkat hebat, sehingga yang tidak sungguh2, tidak punya dasar, roboh dan besarlah kerobohannya  dan pada saat terakhir ini tidak bisa diperbaiki lagi.

  1. Luk 5:39.

Tidak seorangpun yang minum anggur lama, dengan segeranya menginginkan yang baru, sebab ia berkata: Yang lama lebih baik. (KJI)

Orang yang sudah mabuk anggur lama, tidak mau lagi berubah, minum anggur baru dan binasa.

Memang seharusnya kita siap setiap saat bertemu Tuhan Amos 4:12, terus hidup dalam kesucian, sebab kita tidak tahu hari itu, baik kematian atau tanggal penentuan itu.

Kita akan melihat 3 peristiwa yang  terjadi pada tanggal penentuan itu.

PERISTIWA2 PADA TANGGAL PENENTUAN.

IX.A. TIGA PERISTIWA PENENTU, TIGA TANDA PASTI.

A.1. YERUSALEM DIKEPUNG.

Luk 21:20-22

  1. Dan ketika kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara, maka ketahuilah bahwa kebinasaannya* sudah dekat.
  2. Pada waktu itu hendaklah mereka yang berada di Yudea lari ke atas gunung-gunung dan hendaklah mereka yang berada ditengah-tengah negeri berangkat keluar dan mereka yang berada di daerah-daerah sekitarnya jangan masuk ke dalam negeri.
  3. Karena inilah hari-hari pembalasan, supaya semua hal-hal yang tertulis boleh digenapi. (KJI)

Yerusalem adalah ibu kota Israel, kota suci. Kalau ini dikepung itu betul2 dahsyat, bisa sangat kritis seperti zaman Zedekia. Nubuat ini akan digenapi secara jasmani bagi Israel, dan sudah ber-kali2 digenapi dan akhirnya digenapi dalam Wah 21:9.

Bagi kita, ini akan digenapi secara rohani bagi kita; Kalau ini terjadi itu berarti waktunya sudah sampai pada tanggal penentuan. Waktu mulai dikepung ada 2 golongan yang tampaknya sama kuat, yaitu golongan yang dikepung (golongan Gereja atau tubuh Kristus) dan golongan yang mengepung (golongan iblis). Golongan iblis itu jumlahnya lebih banyak (ini golongan jalan lebar yang jumlahnya lebih banyak dari golongan jalan sempit, yaitu semua orang dosa dan orang beriman yang undur, sehingga hanyut dalam arus dosa akhir zaman) merekayang mengepung golongan Allah, yaitu Gereja (~Yerusalem).

Karena jumlah golongan iblis sangat besar (global), apalagi pada akhir zaman jumlahnya makin bertambah besar, ini saatnya pertarungan besar dalam Minggu ke-70 Daniel. Lebih2 waktu ini juga keluar 3 Antikris, 4 meterai dan 4 sangkakala, keadaannya sangat dahsyat. Ini dimulai pada saat penentuan, dimana timbul 2 golongan yang saling bermusuhan dan mengepung lalu berperang satu sama lain.

Orang beriman yang mengerti tidak perlu takut, sebab pasti Gereja menang karena disertai 3 pribadi Allah, sehingga jadi ajaib dan begitu heran Wah 12:1, bahkan dari Gereja akhir zaman ini akan lahir orang2 sempurna yang langsung naik dan duduk di tahta Allah Wah 12:5, lalu turun lagi melayani tubuh Kristus di dunia dengan pelayanan orang sempurna.

Yang penting bagi kita adalah bagaimana kita bisa mengenali peristiwa yang menjadi tanda dari tanggal penentuan ini, yaitu melihat (mengerti) bahwa Yerusalem dikepung, sehingga kita langsung tahu, bahwa itulah tanggal Penentuan, Minggu ke-70 Daniel mulai, berarti masa penamatan mulai, lalu 3,5 tahun lagi terjadi pengangkatan, ini dahsyat! Mereka yang tidak bertobat sampai saat itu, sudah ditentukan binasa untuk kekal, dahsyat! Mereka yang ber-jaga2 seperti ligabis, ada dalam kesucian dipimpin Roh dalam pengurapannya sangat bersukacita, sebab sudah ditentukan,sudah pasti selamat masuk Surga. Bukan saja nanti waktu pengangkatan, tetapi sekarang mereka sudah merasakan kesukaan, kemuliaan masa keemasan Gereja di dunia.Sudah mulai dan disambung sukacita kekal di Surga, luar biasa. Kalau kita tetap ada dalam kesucian, dengan mudah kita akan langsung ikut lari, dalam zaman keemasan Gereja hari2 ini.

(Pada saat ini kita tidak lagi perlu dipaksa untuk mengambil keputusan untuk lari, sebab saat untuk mengambil keputusan itu sudah dilakukan ber-tahun2 sebelumnya, yaitu untuk mau bersedia Mat 24:42,44; 25:13 dll).

Kita akan melihat beberapa ciri2 khas dari keadaan ini, yaitu:

  1. Gereja global sudah terbentuk, dalam persekutuan Roh dari orang beriman global. Ini bukan oleh tangan manusia yang dikerjakan dengan organisasi yang baik (ini tidak salah, ini baik, tetapi tidak akan mampu, bukan ini caranya, melainkan dalam Roh).
  2. Keadaan global. Tiba2 terjadi rencana dan serangan untuk mengepung Gereja Tuhan di seluruh dunia. (Kalau lokal sudah sering terjadi bergantian di mana2).
  3. Dan ternyata di belakang semua ini ada orang2 yang penuh roh setan menggerakkannya dengan disiplin, sangat tertib dan dengan peraturan yang keras dan kejam, tetapi disetujui hamba2 setan yang benci kepada Allah, cocok dengan daging dan kejemawaannya.
  4. Tingkat kejahatan dan kesucian sangat tinggi seperti zaman Nuh, sehingga kepastian hukum dari Allah sudah keluar Kej 6:1-3 (rata2 setiap orang seperti di zaman Nuh, sudah sangat jahat dan tidak mau percaya, tidak mau bertobat, tidak mau berubah, meskipun sudah melihat tanda2 dan mujizat yang sangat ajaib). Sebaliknya Nuh juga sangat indah di hadapan Allah sekeluarga.

Ini bisa muncul mendadak karena sikon yang tiba2 berubah seperti Pandemi ini, hati2. Juga tidak disangka, sebab kita tidak tahu tanggalnya (baru sesudah itu kita tahu dan bisa mengenalinya).Bentuk dan caranya kita belum tahu, tetapi harus ber-jaga2 dengan (mahir) dipimpin Roh, maka Roh Kudus akan meyakinkan. Sebab itu peliharalah rohani lebih dari jasmani (Mat 10:27, 6:33). Kalau kita mengerti arti tanda kedatanganNya yang pasti ini, maka kita bisa mengenalinya baik2.

Sudahkah kita melihat Yerusalem dikepung hari2 ini?

  1. Tanda2 dan mujizat yang limpah. Fasilitas akhir zaman dari Allah untuk penamatan rencana Allah, dicurahkan dengan lengkap dan sempurna. Ada pelayanan orang sempurna, pengurapan tanpa batas, kuasa Allah limpah luar biasa. Firman Tuhan sudah terbuka semua dll. Tetapi juga Gereja sangat tertib dalam kesucian. Gereja hari2 ini seperti Surga di bumi, mengalami zaman keemasan yang ajaib, sebab 3 Pribadi Allah bekerja dengan limpah ber-sama2 dalam Gereja, luar biasa

INJIL SAMPAI DI SELURUH BUMI.

Mat 24:14

Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi suatu kesaksian bagi segala bangsa; maka barulah tiba kesudahan itu. (KJI)

Ini ber-sama2 dengan A3, sebab pada saat ini datang waktunya kesudahan alam. Ini tugas utama penginjil, tetapi juga semua orang beriman tersangkut di dalamnya, dan ini pasti tejadi.

Sesudah semua orang mendapat kesempatan mendengar Injil, lalu semua harus mengambil keputusan untuk nasib yang kekal (mereka yang plin-plan, termasuk yang akan binasa Wah 3:16), lalu datanglah tanggal penentuan ini.

Bagaimana kita bisa tahu?

Mencari angka2 statistik untuk ini sulit, apalagi kalau diboikot iblis.

Pada saatnya kita akan melihat banyak bukti dan tanda2 dari hal ini, yang akan ditunjukkan oleh Roh Kudus akan meyakinkan Gereja Tuhan, bahwa angka ini sudah digenapkan, maka tibalah kesudahan itu, masa penamatan mulai. Maka orang2 yang sudah bersedia dan ber-jaga2, mulai “lari” dengan segala perlengkapan akhir zaman yang limpah, lari terus sampai ke atas gunung kesucian Allah.

  1. KEKEJIAN TOP BERDIRI DI TEMPAT KUDUS.

Mat 24:15

Sebab itu, apabila kamu melihat kekejian yang mendatangkan kehancuran itu berdiri di tempat kudus, seperti yang disabdakan oleh nabi Daniel (siapa yang membaca, biarlah ia mengerti). (KJI)

Inilah Antikris yaitu manusia tetapi sempurna dalam dosa. Sekarang sudah ada beberapa banyak orang jatuh dalam dosa. Lebih2 istimewa pemimpin2, yang meskipun jatuh dalam dosa, tetapi tetap bercokol sebagai pemimpindalam Gereja, memimpin. (Lihat tanda2 si Antikris dalam buku yang kami terbitkan, tentang Antikris dan Meterainya).

Kejatuhan itu biasanya dalam kesombongan, perzinaan dan uang 1Yoh 2:16. Yang paling menonjol adalah kejatuhan dalam perzinaan seperti Simson, sebab ini menarik perhatian, apalagi pezina yang memang juga memberitakannya di mana2.Tetapi kejatuhan dalam hal uang seringkali masih bisa ditolerir, masih dianggap normal, sebab merasa hal itu adalah manusiawi, sebab semua orang butuh uang. Siapa yang tidak perlu dan ingin uang? Apalagi kalau ia bisa mengatur, sehingga ketamakannya akan uang tidak semua diakui atau kelihatan, sebab lihai meskipun jumlah besar yang haram, apalagi punya alasan yang masuk akal untukjumlah uang yang besar untuk pelayanannya (yang tidak berkenan pada Allah), alasan2 “rohani” yang bisa diterima, yang bisa menyaring nyamuk, tetapi menelan apapun sebesar unta Mat 23:24. Kejatuhan dalam uang, itu terus meningkat. Mula2 cinta uang, makin lama makin terikat sampai menyembah uang atau mammon dan akhirnya dirasuk oleh roh mammon, inilah orang yang dimeteraikan dengan roh mammon, tanda atau meterai Antikris. Orang yang dikuasai, apalagi dimeteraikan oleh roh mammon, itu menjadi musuhnya Allah Mat 6:24. Ini orang2 yang dirasuk oleh roh mammon.

Hati2. Bagaimana kita? Dalam pelajaran tentang Antikris (Buku: Antikris) diterangkan secara Alkitabiah. Justru dirasuk oleh roh mammonini adalah meterai Antikris (666 Wah 13:18, 1Raj 10:14). Ini lawan dari Meterai Allah adalah Roh Kudus.

Ef 4:30

Dan jangan mendukakan Roh Kudus Allah, yang oleh-Nya kamu sudah dimeteraikan sampai hari penebusan. (KJI)

Roh mammon itu roh setan yang akan terus menumbuhkan dosanya sampai sempurna dan inilah Antikris atau orang2 yang setingkat dengan Antikris dan iblis. Tetapi orang2 yang sempurna dalam dosa ini, yang sempurna kekejiannya, mereka justru tinggal tetap bercokol atau bertahta dalam Gereja Tuhan (seperti iblis dalam Gereja Pergamus, Tiatira, Sardis dll.

Orang yang tidak dipimpin Roh, tidak merasa dan masih bisa bekerjasama bahkan mendukungnya, apalagi kalau mereka juga mendapat bagian uang. Lebih2 lagi kalau orang2 yang keji ini juga mahir dalam pengajaran, duduk di kursi Musa Mat 23:2-3, tetapi berdosa dengan emas bait Allah, Mat 23:16-17. Roh mammon ada dalam mereka dan terus menumbuhkan dosanya sampai sempurna. Banyak kali ini kurang disadari, tahu2 mereka berdiri dalam bait Allah dan jadi allahnya.

2Tes 2:3-4

  1. Jangan membiarkan seorangpun menyesatkan kamu dengan cara apapun, karena hari itu tidak akan datang kecuali terjadi kejatuhan lebih dahulu lalu manusia dosa itu dinyatakan, yaitu putra kebinasaan itu,
  2. yang melawan, dan meninggikan dirinya di atas segala sesuatu yang disebut Allah atau yang disembah, sehingga ia duduk di dalam Bait Allah sebagai allah dan menyatakan dirinya adalah allah. (KJI)

Ini sangat jahat melawan Allah, lebih2 didukung banyak orang yang menyembah lembu emas, dan bertuhankan mammon Mat 6:24, Luk 16:13. Dengan kuasa uang yang besar, ia menggerakkan banyak massa umat Tuhan yang tertipu.

Tetapi orang2 yang cinta Tuhan, yang penuh dan mahir dipimpin Roh bisa tahu dan melawannya! Dosa Ananias dan Safira dianggap ringan, tetapi ini dosa mammon dan langsung mati di tempat (pada zaman hujan Awal dan akan lebih parah dalam zaman hujan Akhir! Tetapi Petrus dipimpin Roh dapat mengenalinya dan melawannya! Kis 5:4-5. Berapa banyak orang berubah, jatuh karena uang, bahkan ikut dalam perubahan2di dunia yang digerakkan dengan roh mammon. Begitu juga Gereja jalan lebar yang lepas dari Allah, dengan mudah digerakkan oleh roh mammon.Tetapi “Petrus” mengenali roh mammon.  Apalagi untuk mengenali mereka2 yang sudah sempurna dosanya, dan duduk di bait Allah. Orang yang dipimpin Roh akan tahu. Semua tanda2 ini tidak mudah dilihat mata jasmani, tetapi orang yang mahir dipimpin Roh akan melihat.

Jangan lupa ini terjadi di seluruh dunia bersamaan. Kita juga harus dapat membedakan 3 tingkat dosa, sehingga bisa jelas mengenali Antikris yang tersembunyi, tetapi berdiri di tempat suci dalam bait Allah.

TIGA PERISTIWA BESAR SEBAGAI TANDA PASTI KEDATANGAN TUHAN.

Yang penting:

  1. Bagaimana kita bisa mengenali 3 tanda pasti, peristiwa besar ini. Orang yang mengenali 3 peristiwa atau tanda pasti ini, akan tahu bahwa tanggal penentuan itu sudah datang (sebab sebelumnya tidak ada orang yang tahu), sehingga bisa ikut”lari”, bereaksi dengan betul danmasuk dalam rencana penamatan Allah.
  2. Tahu dahsyatnya hari penentuan ini, dimana orang yang undur, fasikpun tidak mau bertobat, pada tanggal penentuan ini tidak lagi bisa bertobat! Sebab itu mutlak perlu berubah, bertobat dan bersedia mulai sekarang, bukan nanti sesudah hari itu datang baru mau bertobat, terlambat! Supaya tidak tertipu dan jatuh pada hari penentuan itu, bertobatlah sekarang, berjalanlah di jalan Tuhan dengan tuhan, sehingga selalu dipimpin Roh dan tetap dalam kesucian pada hari penentuan itu dan boleh ikut masuk dari golongan yang ilahi.

Hal ini tidak sulit kalau dengan tulus mau terus taat akan Tuhan mulai sekarang!  Terus berjalan dalam kesucian dan taat dipimpin Roh.

Jadi persiapan atau ber-jaga2 itu penting mulai sekarang! Mat 24:42. Kalau pada saat itu baru mau bertobat, sebab baru sadar, dan mulai mengambil sikap untuk ber-jaga2, itu sudah terlambat total, tidak bisa berubah lagi. Orang2 yang tidak mau hidup di jalan sempit, tetapi tetap di jalan lebar, sudah hanyut dalam arus “tsunami dosa” akhir zaman, sehingga dikuasai dan dipenuhi dengan roh2 setan; ia tidak akan peduli dengan hari penentuan itu. Tetapi yang sudah bersedia sungguh2, akan sadar waktu masuk hari penentuan itu, dan dapat melanjutkannya dengan berjalan dalam kesucian, bahkan lari dalam Roh dan ikut dalam pengangkatan. Yang tidak bersedia, itulah golongan Wai dan mereka jadi celaka, sebab kehilangan keselamatan yang besar itu.

IX.B. GOLONGAN ALLAH, YANG BER-JAGA2.

B1. LARILAH.

Yang di Yudea lari ke gunung.

Mat 24:16

Lalu, biarlah mereka yang ada di Yudea melarikan diri ke gunung-gunung. (KJI)

Lari ke mana? Naik ke gunung kesucian Allah.

Maz 48:2

Bahwa besarlah Tuhan dan patutlah Ia dipuji-puji. Bahwa di dalam negeri Allah kami adalah bukit kesucian-Nya.

Ini orang2 yang hidup ber-jaga2 dalam kesucian dan terus taat dipimpin Roh, sebab itu waktu datang tanggal penentuan dan mulai penamatan rencana Allah, mereka dengan mudah dan senang hati dapat lari, naik ke gunung kesucian Allah, meneruskan pertumbuhan rohaninya dengan cepat,

Lari, bukan lagi berjalan pelan2, tetapi lari dengan cepat! Inilah pertumbuhan rohani yang biasanya jalan dengan pelan2, biasanya pertumbuhannya diukur dengan “sudah berapa tahun”, tetapi sekarang lari begitu cepat. Apa yang dahulu biasanya dicapai dalam waktu ber-tahun2/ untuk bisa hidup suci, mahir dipimpin Roh, memakai tabiat yang baru, mengerti kebenaran Firman Tuhan dan terus ber-tambah2, penyerahan dll, tetapi sekarang semua itu berubah dan terjadi dalam waktu beberapa hari, bukand alam waktu ber-tahun2, tumbuhnya sangat cepat! Pertumbuhan rohani yang dahulu dicapai ber-tahun2, sekarang dicapai dalam waktu beberapa hari saja. Sebab itu tidak heran, kalau orang2 yang ber-jaga2 ini tumbuh dengan cepat, sehingga orang2 yang mencapai kesempurnaan (yang dahulu diragukan orang) sekarang terjadi dengan cepat, dalam 3,5 tahun yang menjadi sempurna begitu banyak, sehingga jumlahnya genap dan Tuhan datang! Mengapa? sebab sesudah tanggal penentuan, masa penamatan rencana Allah mulai dilaksanakan. Pada waktu ini semua orang yang ber-jaga2,

semua bisa lari dengan betul dan cepat (= bertumbuh dengan cepat), sebab dalam hari2 ini fasilitas perlengkapan akhir zaman diberikan Allah dengan limpah seperti hujan Akhir, pembukaan Firman Tuhan, jabatan2 nyata bahkan ada pelayanan orang sempurna yang luar biasa, sangat ajaib dll,sehingga Gereja penuh sukacita seperti di Surga, dan “lari” itu menjadi kesukaan dan akan diselesaikan dengan cepat.

Mat 24:27

Karena sama seperti kilat keluar dari timur dan bercahaya sampai ke barat, demikian juga akan terjadi kedatangan Putra manusia. (KJI)

Kedatangan Tuhan itu terjadi dalam sedetik bersamaan di seluruh dunia. Dalam ayat ini dikatakan kedatanganNya seperti kilat dari Timur ke Barat (meskipun kilat itu cepat, kalau melompat dari Timur ke Barat itu perlu ber-jam2 (misalnya dari Jakarta ke Paris). Ini bukan berarti secara jasmani, tetapi secara rohani! (Dari Timur ke Barat itulah arah pertumbuhan kepada kesempurnaan, seperti arah dalam Kemah Suci dari Pintu Gerbang {dari Timur}, sampai Tabut {dari Barat}) dan inilah yang terjadi dengan cepat seperti kilat.

Jadi, seperti kilat itu bukan tentang peristiwa kedatanganNya yang terjadi dalam sedetik, tetapi inilah proses menunggu kedatangan Tuhan itu begitu cepat, dimulai dari saattimbul seruan Mat 25:6, Yoel 3:14 (itulah tanggal penentuan itu, dimana3 peristiwa A1,2,3 terjadi) sampai Dia datang, itu terjadi dengan cepat seperti kilat. Jadi yang dimaksud dengan kilat di sini adalah masa menunggu (3,5 tahun) itu akan berlalu dengan cepat dan orang2 yang bersedia akan tumbuh dari Timur ke Barat dalam 3,5 tahun. Ini adalah kecepatan pertumbuhan yang ideal dari Putra Manusia Yesus, yang dalam pelayanan selama 3,5 tahun menjadi sempurna. Dengan demikian orang2 yang sudah bersedia, dapat lari dengan cepat, tumbuh sampai di puncak2nya dan semua ikut dalam pengangkatan. Jumlah orang yang menjadi sempurna digenapkan, padahal sebelumnya, sampai hari ini, kita belum melihat 1 orangpun yang sempurna. (Dalam Wasiat Lama hanya ada 3 orang yang menjadi sempurna selain Putra manusia Yesus).

Kita melihat rata2 kesucian orang2 dalam Gereja akhir zaman itu tinggi sekali, sehingga  jumlah orang yang sempurna akan genap (yaitu 144.000 orang, Wah 14:1).

B.2. Mat 24:17 yang di sotoh rumah jangan turun, membawa apa2 keluar dari dalam rumahnya.

Sotoh rumah tempat berdoa Kis 10:9 dan memberitakan pembukaan2 Firman Tuhan yang begitu limpah di akhir zaman Mat 10:26-27. Kalau dalam hujan Awal orang2 bertekun dalam doa, Firman Tuhan, persekutuan dan Perjamuan Suci Kis 2:42, apalagi dalam hujan Akhir, sehingga mereka tumbuh dengan begitu cepat dalam rencana Allah, sampai di puncak2nya.Jangan hanya memikirkan hal2 fana (yang di dalam rumah), bahkan dalam 3,5 tahun ini, semua harta akandimiliki bersama seperti dalam hujan Awal (disini hanya sementara) Kis 2:42,45. Mengapa ini bisa terjadi? Sebab semua umat Tuhan sudah tahu dan yakin dalam 3,5 tahun lagi terjadi pengangkatan. Mereka semua yakin, sebab melihat dan mengalami semua fasilitas Allah yang heran, limpah dan sempurna. Sebab itu mereka ber-sama2 bersekutu dalam Roh dan memberitakan pembukaan2 Firman Tuhan yang baru dan lengkap, sehingga Gereja jalan sempit tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan (Gereja menjadi sempurna berarti jumlah yang selamat dan yang ikut pengangkatan genap dan setiap tingkat {dari tingkat Tabut sampai tingkat Pintu Gerbang}juga jumlahnya genap, dan ini adalah jumlah dari seluruh dunia).

B.3. Mat 24:18. Yang di ladang, jangan pulang mengambil pakaian.

Dalam pelayanan ladang Tuhan yang luar biasa, dengan kepenuhan pekerjaan 3 Pribadi Allah, seluruh dunia menjadi 1 tubuh Kristus global dalam Roh dan saling melayani dalam Roh, sehingga tumbuh dengan cepat menjadi Gereja yang siap diangkat Tuhan. Ini selesai dalam 3,5 tahun lalu Tuhan Yesus datang mengambil GerejaNya yang sudah siap dengan sempurna.

Beginilah yang akan terjadi sejak tanggal penentuan itu sampai pengangkatan.

CELAKA.

Golongan orang yang tidak bersedia, yang hidup dalam dosa, sekalipun sudah percaya Tuhan Yesus (seperti ligabo), sebab mereka tidak bersedia, maka mereka akan termasuk golongan celaka, sebab pada tanggal ini mereka tidak lagi bisa berubah atau pindah jalur, tidak bisa bertobat dan tidak mau bertobat.

Lalang tetap jadi lalang, begitu juga sekam, juga ligabo semua masuk golongan celaka! Orang2 yang main2, yang mendua ini semuanya hanyut dalam polarisasi dosa Wah 22:11, sehingga semuanya yang pada tanggal penentuan ada dalam dosa dan ikatannya, makin tumbuh dengan liar dan ganas dalam dosa, makin najis sampai puncak2nya, lawannya dari orang2 golongan yang bersedia (yang tumbuh makin suci sampai pada puncak2 gunung kesucian Allah). Sebab itu, wai bagi orang2 yang tidak bersedia, celakalah mereka yang terikat dan dikuasai perkara2 dosa. Tiga Antikris yang sudah keluar. Juga iblis yang marah besar (Wah 12:12) dan kawan2nya, menyerang, menarik, menggoda, memaksa dengan luar biasa, sehingga orang dosa ini makin berdosa makin najis sampai puncaknya.

C.1.a. Wai, celakalah mereka yang mengandung. Mat 24:19.

Orang2 celaka ini bukan mengandung benih2 Firman Tuhan atau jiwa2 atau hal2 dari atas, tetapi penuh dengan dosa dan segala hal yang membawa kebinasaan.

Pada tanggal penentuan ini keadaan dunia ada dalam 2 extreem, yaitu ekstrem suci atau dosa, yang sudah sampai pada puncak2nya. Mereka yang mengandung dosa begitu banyak, tidak lagi mau dan tidak bisa bertobat. Seperti zaman Nuh, semua orang dalam zaman ini sudah begitu jahatnya di hadapan Allah Kej 6:5, sehingga sekalipun ada tanda2 dan mujijat yang besar (bahtera keselamatan selesai dan binatang2 dengan ajaib datang masuk menurut panggilan ilahi, masuk dalam bahtera, dan berubah jadi jinak ini mujizat 100%); juga Nuh adalah pengkhotbah yang tekun bicara pada orang2 zamannya, tetapi pada saat ini, mereka tidak bisa lagi bertobat, sampai akhirnya pintu tertutup, seperti sesudah 5 gadis bijak masuk Mat 25:10, Kej 7:16. Sebab itu jangan hidup dalam dosa, sekalipun dalam pikiran (ini tempat yang tidak kelihatan! Tetapi sumber utama dari semua dosa). Kita harus merdeka dari dosa, mati lepas dari dosa, sebab orang yang plin plan dan mendua akan hanyut dalam arus dosa yang besar (Polarisasi dosa Wah 22:11), tidak akan bisa bertahan dalam hari2 akhir zaman yang dahsyat ini. Begitu juga dalam zaman Lot, mereka terang2an berzina yang begitu keji, dan Lot menawarkan kegadisan anak2nya tanpa malu atau tertusuk perasaan hatinya Kej 19:7-8, apalagi orang2 Sodom yang sudah hangus dan terbakar perasaan hatinya Ams 14:16.

C.1.b. Dan menyusui bayinya Mat 24:19b.

Ibu dan bayinya begitu lekat jadi satu, yang tidak terpisahkan. Begitu orang2 yang hidup dalam dosa tidak akan lepas lagi dari segala kejahatan dan kekejiannya seperti zaman Nuh dan zaman Lot, sehingga semuanya binasa, kecuali mereka yang ber-jaga2. Sebab itu wai, celaka! Jangan punya bayi atau proyek dosa dan kejahatan, sebab ini lekat pada orang2 yang hidup dalam dosa dan ini yang menyesatkan dan membinasakan orang2 berdosa akhir zaman ini, tidak lagi bisa bertobat 1Pet 4:18.

C.2. Jangan waktu musim dingin Mat 24:20a.

Heran, bagi orang yang ber-jaga2, hari2 itu bukan musim dingin (mereka bisa lari, bisa melakukan semua Firman Tuhan). Musim dingin ini hanya bagi yang tidak ber-jaga2, rohaninya dingin dan ditolak Tuhan Wah 3:16. Ini jauh lebih jahat dari suam, sudah maksimalnya, sebab terang-terangan dingin, melawan Allah, sengaja tidak lagi mau bertobat.

Mereka tumbuh dengan cepat di dalam dosa.

C.3. Pada hari Sabat. Mat 24:20b.

Pada hari Sabat orang dibatasi, tidak boleh berbuat ini dan itu, sekedar yang mutlak untuk hidup. Ini orang2 beriman, sebab mereka mengenal sabat. Mereka tidak bisa berbuat apa2, padahal dalam hari2 ini ada kegerakan Roh Kudus yang luar biasa dan segala macam kelimpahan perkara2 dari atas Kol 3:1-3.

Bahtera Nuh didirikan, sampai akhirnya proyek penamatan Allah ini selesai! Ada sebagian orang ikut bekerja didalamnya (sebab Nuh dan 3 putranya tidak mungkin bisa membangun sendiri), tetapi orang2 yang ikut bekerjasama dengan Nuh, semua binasa dalam air bah, semua tidak mau percaya pada Nuh meskipun tahu dan melihat dengan mata kepala sendiri apa yang dibuat Nuh dalam kesucian (tidak ikut dosa2 orang zamannya) dan dalam pimpinan Allah yang heran!

Begitu banyak orang beriman yang sudah percaya Tuhan Yesus tetapi tumbuh dalam dosa yang makin lama makin dahsyat seperti orang zaman Nuh. Mereka semua mengenal Allah (Adam masih hidup pada waktu kakek dan bapak Nuh lahir!), tetapi mereka terbatas seperti orang dalam hari sabat. Kalau kita di dalam Roh, kita ada kebebasan, bisa melakukan segala perkara dengan bebas dalam pimpinan Roh 2Kor 3:17, bahkan bisa tumbuh sampai sempurna. Tetapi orang2 ini seperti dibatasi dalam segala perkara, tidak bisa taat akan Firman Tuhan yang ini dan yang itu, sebab hidup dalam dosa di luar Tuhan. Akhirnya orang2 ini mendapat pintu tertutup, sekalipun belum mati, sekalipun keadaan sekitarnya belum berubah, baru sesudah itu hujan turun dan celaka itu datang per-lahan2 sampai semuanya mati dalam dosanya dan binasa kekal.

VIII. KESIMPULAN.

Segala tanda2 dan kesukaran yang terjadi hari2 ini adalah permulaan sengsara (belum datang yang penuh pada permulaan Minggu 70 Daniel (yaitu tanggal penentuan). Meskipun begitu,  jangan hanya memikirkan hal2 yang fana seperti penyakit, bahaya kematian, wabah, kesukaran keuangan, ancaman bahaya dll, tetapi terutama pikirkanlah kematian kekal dalam Neraka Mat 10:27. Sebab itu sungguh2lah bertobat dan hidup dalam kesucian, bersedia dan ber-siap2 untuk kedatangan Tuhan, istimewa menghadapi pintu kemurahan Allah yang akan ditutup pada tanggal penentuan itu! Kita harus bersedia untuk 2 hal itu:

  1. Menghadapi hari2 kematian yang bisa tiba2 datang, atau kalau sekarang ini Tuhan sudah hampir datang (ini besar kemungkinannya!), sungguh2lah bersedia untuk kedatangan Tuhan, bahkan siap untuk hari penentuan itu (yang akan terjadi 3,5 tahun sebelum pengangkatan). Jangan 100% pikiran, perhatian dan waktu kita hanya untuk mendengarkan dan mengatasi yang fana. Pakai sedikitnya 50% dari semua kekuatan, pikiran dan waktu kita untuk bersedia secara rohani, bahkan kalau bisa lebih dari 50%. Bersedialah sungguh2, tebus waktu dan pakailah semua kesempatan yang ada, tebus waktu se-bisa2nya untuk bertumbuh dalam 7 KPR supaya kita tinggal dalam kesucian dalam golongan atau pihak Allah, dan terus taat melakukan kehendak Allah dipimpin Roh Kudus. Tekunlah terus berdoa dalam Roh dan limpah dengan 7 KPR*, supaya kita makin mahir berjalan dalam Roh dan disiapkan untuk hari yang mulia dan indah itu, baik secara pribadi atau bersama.

*) SSS DIAM = Salib, Sekutu, Suci, Doa, Ibadat, Alkitab, Melayani.

Lebih lengkapnya lihat buku: 7 KPR.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top