M4002 – Ayub 7:6. Melaju Dengan Kereta Waktu

KERETA WAKTU.

Kereta waktu tidak pernah berhenti, berjalan terus. Waktu tidak menunggu kita, tetapi kita harus menyesuaikan dengan waktu, ikut dalam kereta wak-tu. Kereta waktu itu kereta ekspres, ti-dak ada stasiun pribadi, hanya ada satu stasiun terakhir ber-sama2 yaitu dalam stasiun kekekalan dan disitu tidak ada lagi kereta waktu, hidup terus untuk selamanya. Stasiun kekekalan itu ada dalam Surga Bumi Baru.

Kereta waktu tidak pernah berhen-ti, semua dilakukan sambil berjalan. Kereta waktu itu kejam sekali, tidak mau berhenti sama sekali. Kalau se-orang habis waktunya, ia dilempar ke-luar begitu saja dari kereta waktu dan ditinggalkan, sebab kereta waktu berjalan terus tidak mau menunggu siapapun! Semua terikat dengan waktu, mau atau tidak mau. Semua akan diseret terus oleh kereta waktu, kecuali habis waktunya (mati).

SIAPAKAH KERETA WAKTU ITU?

Tuhan Yesus yang menciptakannya, dan Ia memegang kemudinya, Ia yang menguasai waktu itu. Kereta waktu ini pernah berhenti oleh Yusak dengan iman kepada Tuhan Yesus, artinya dengan izin Tuhan, maka kereta waktu ini berhenti, sehingga Yusak dan ten-taranya bisa mengejar dan menga-lahkan musuhnya sampai habis. Yus 10:12-14. Sebaliknya Filipus pernah menguasai waktu secara pribadi, se-hingga ia melakukan satu perjalanan tanpa waktu Kis 8:40. Orang2 sempur-na tidak dikuasai waktu, ia bisa mela-kukan banyak hal di luar kereta waktu seperti Tuhan Yesus waktu di dalam tubuh yang sempurna sesudah ke-bangkitan Mrk 16:7, Mat 28:7. Bahkan orang sempurna itu bebas, tidak terikat pada kereta waktu, betapa ajaib dan indah. Sebab itu orang2 yang dipimpin Roh, ada Tuhan Yesus di dalamnya, sekalipun belum sempurna bisa sangat hemat dengan waktu sebab dipimpin Roh. Roh Kudus yang beri pimpinan, hikmat dan kuasa, misalnya Paulus dalam penjara, hanya beberapa jam ia sudah keluar, cepat selesai Kis 16:24-26 tetapi masih dalam kereta waktu. Juga Petrus lepas dari penjara begitu cepat Kis 12:7-9. Waktu di hadapan Sanhe-drin, ia memberi jawaban dari Roh Kudus dan selesailah problemnya Kis 4:3,19,23. Waktu ribut dalam rapat di Yerusalem, Petrus berdiri dalam pim-pinan Roh Kudus, maka problem itu bisa segera selesai Kis 11:2,18. Ada banyak contoh seperti ini, dengan hikmat dan kuasa Roh Kudus semua problem bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat. Sebab itu kita perlu belajar makin mahir hidup dalam kesucian dipimpin Roh, mahir men-dengar suaraNya dan taat, maka de-ngan efektivitas ilahi (dari Roh Kudus) kita bisa menghadapi segala problem dan tantangan dengan lebih mudah, menang dan sejahtera. Justru di hari2 yang makin dekat dengan kedatangan Tuhan, ada lebih banyak problem,dosa dan kejahatan yang harus kita hadapi (Wah 22:11). Kita perlu lekat dengan Tuhan dan limpah dengan 7 KPR se-hingga bisa bertindak cepat dan berhasil di akhir zaman ini.

 

III. WAKTU = HARTA YANG MAHAL.

Waktu itu tidak bisa ditabung atau disimpan. Kalau tidak dipakai, habis dan hilang dengan sia2. Atau kalau dipakai dengan sia2, habis, tidak bisa diulangi atau diambil kembali.

Ada murid yang minta izin me-nguburkan bapaknya, dilarang Tuhan Mat 8:21-22. Mengapa tidak boleh? Ini arti rohaninya, “bapak” itu asal usulnya yaitu hidup lama. Jangan buang2 waktu untuk mengubur “bapak” yang sudah mati. Lupakan saja. Jangan buang2 waktu atau beri waktu dengan hidup  lama, sekalipun untuk menguburkan-nya, buang saja, lalu pakai hidup baru dalam Kristus, tinggalkan semua hidup lama, jangan menghabiskan waktu untuk hidup lama (ngrasani, benci, cari puji, cinta uang dsb).

Juga dalam Luk 9:61-62. Jangan mengucapkan selamat tinggal. Tidak perlu beri waktu untuk ber-sayang2an atau ber-mesra2an dengan hidup  la-ma, buang saja. Orang yang sudah am-bil keputusan untuk ikut Yesus, pakai semua waktu untuk mencari perkara2 dari Atas dengan hidup baru.

Pakai semua waktu yang ada untuk hidup baru, supaya dalam waktu yang tidak bisa berhenti ini, kita pakai se-muanya untuk yang berguna, bukan untuk hidup lama, supaya  lekas tum-buh sesuai target yaitu seperti Kristus. Jangan pakai waktu dengan sia2 untuk hari2 yang akan datang. Yang lalu sudah tidak bisa kembali sekalipun dengan usaha bagaimanapun, justru buang waktu lebih banyak.

JANGAN MENINGGALI HUTANG DARI HARI2 YANG LALU.

Dalam dunia orang bisa lari dari hu-tang, tetapi di hadapan Tuhan tidak bisa, semua harus berhadapan dengan hakim dunia dengan hukumannya. Se-bab itu bereskan baik2. Semua orang yang berbuat dosa, Hakim sudah ber-diri di muka pintu dengan keputusan hukumannya, tinggal tunggu waktu kemurahan Tuhan, kalau habis, lang-sung kena hukuman itu Yak 5:9.

Hutang itu bisa berupa?

  1. Dosa. Bereskan semua dosa (Di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu Sekarang dan Yang akan datang). Jangan ada yang tertinggal. “Ongkos” untuk pemberesan (sekali-pun sudah diampuni ada akibat dosa yang harus ditanggung),makin lama makin mahal, apalagi kalau sudah mati, tidak bisa terbayar, jadi penyebab un-tuk masuk Neraka, sebab mati dalam dosa. Yez 33:13. Menghancurkan telur ular itu lebih mudah, lebih murah dari-pada membunuh ularnya Mat 23:33. Mencabut benih pohon beringin jauh lebih mudah daripada menebang po-hon beringin, apalagi yang sudah besar! Semua dosa dan keinginan, apalagi ikatan2nya harus dibereskan. Jangan ada sisa2 dosa, baik kebencian, den-dam, perzinaan, sombong, tersinggung, iri, cinta uang dll, semua harus dibe-reskan, dibuang sampai habis sehingga berdiri benar di hadapan Tuhan.

Jangan lupa dosa tidak ada kada-luarsanya, tidak ada pemutihan. Seka-lipun dosa Kain sudah 6000 tahun yang lalu, akan tetap diperhitungkan jum-lah2 hukumannya!

Allah bisa mundur dalam waktu, tahu tepat keadaannya, tetapi Dia adil, Dia tidak mengubah apa2, tetapi tidak ada yang tersembunyi dari hidup kita masa lalu, namun yang tidak bertobat akan celaka, semua yang lalu harus beres!

  1. Waktu. Waktu yang hilang dan di-buang sia2 untuk hal2 dosa, duniawi, bimbang, susah, Jengkel, Mangkel, Pe-gel, Emosi, mendua dll tidak bisa di-ambil atau ditebus kembali. Jangan diulang, waktu menjadi makin habis dengan sia2 jadi hutang waktu yang tidak terbayar. Harus mengerti kebe-naran Firman Tuhan, hidup benar dan sungguh2 berusaha dalam pimpinan Roh, supaya jangan sampai kehilangan waktu dengan sia2, pasti target dan buah2 kita juga habis. Usahakanlah supaya dalam hari2 yang akan datang kita bisa memakai waktu dengan lebih efisien, hemat dan tebus waktu yaitu dengan belajar makin mahir berjalan dalam Roh, itu cara yang paling efisien dan tepat. Jangan lupa belajar makin mahir berjalan dalam Roh itu bukan tehniknya tetapi hidup selalu taat dipimpin Roh. Ketaatan ini membuat kita makin mahir, sebab jelasnya suara Roh, kekuatan untuk taat itu semua diberikan oleh Roh Kudus bagi orang yang mau taat.
  2. Tabiat yang salah atau kurang, be-lum sepenuhnya tabiat yang baru. Ja-ngan dicampur dengan tabiat lama, itu bertentangan dengan tabiat baru. 2Kor 5:17, Kol 3:9-10. Misalnya tabiat baru tetapi tercampur sombong, mudah tersinggung, tamak atau cinta uang dll. Semua tabiat daging harus disangkali, dimatikan dengan iman dan kuasa Roh Kudus dan hidup dalam tabiat baru dalam pimpinan Roh Kudus. Tabiat lama akan menarik dalam dosa dan ikatan2nya, harus ada pemberesan dan itu membuat waktunya habis, hutang waktu. Sebab itu semua tabiat lama dan campuran harus dibuang. Tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan dan mau taat serta doa dan persekutuan tubuh Kristus (saling menasehati dan menguatkan, itu perlu untuk menge-nali tabiat baru dan yang lama diber-sihkan. Jangan menuruti daging atau kelemahan2 yang biasa.

Beberapa orang tetap hidup de-ngankelemahan2nya, dianggap biasa, sudah tabiatnya, tetapi dengan iman kita harus membuangnya dan melang-kah dalam hidup yang baru. Perlu bisa mengenali tabiat2 yang salah, lemah dan jahat. Dengan iman harus berubah. Semua  benih yang baru itu sudah leng-kap ada dalam setiap orang percaya 2Pet 1:4; percaya dan tumbuhkan de-ngan iman.

  1. Talenta yang ditanam. Mat 25:24-30. Setiap orang diberi minimum 1 ta-lenta. Semua orang beriman itu ang-gota tubuh Kristus dan harus menja-lankan talentanya, pasti ada. Bersak-silah, berdoalah dll, kalau mau pasti bisa sebab Roh Kudus tidak pernah ga-gal menunjukkan dan membimbing ka-lau kita sungguh2 mau. Tergantung dari kesungguhan dan ketulusan kita ma-sing2. Mulailah dengan apa yang kita tahu dan bisa melakukannya. Misalnya semua orang bisa bersaksi, asal mau dengan tulus seperti perempuan Sa-maria itu, yang berhasil membawa seluruh isi negeri Samaria kepada Tuhan Yesus Yoh 4:39. Kalau belum mengerti, minta bimbingan pemimpin masing2 atau saudara2 seiman yang punya kesaksian hidup dan pelayanan yang baik. Jangan ditanam, itu bukan saja karena malas, tetapi juga karena jahat, sebab cinta dosa, dunia, keda-gingan sehingga mengecilkan dan menanam talenta dari Tuhan.
  2. Sisa target. Hidup ini masa peng-olahan dan masa tugas yang harus diselesaikan baik2 Yes 66:22. Ukuran waktu (akhir tahun, ulang tahun per-tobatan, pelayanan dll) bisa dipakai setiap kali untuk penilaian sampai dimana kita menggenapi target kita apakah sudah selesai seperti Kristus Yoh 19:30. Apa yang masih belum kita lakukan, jangan dibiarkan, itu jadi hutang dan harus dibereskan. Kerjakan-lah selagi masih ada kesempatan, ja-ngan sampai kesempatan ini habis de-ngan sia2 sebab target belum tercapai Pkh 9:10. Berapa sisa target kita?
  3. Pertumbuhan kita. Jangan keting-galan atau merosot seperti Nuh. Harus terus meningkat seperti Musa, seperti Elia, Elisa sehingga sampai di puncak tertinggi, kalau bisa sempurna meski-pun tidak semua orang bisa. Yang ku-rang, merosot jadi hutang, harus dike-jar.
  4. Target pelayanan. Kita harus men-jadi garam/ terang untuk jiwa2 di se-kitar kita, istimewa seisi rumah yg be-lum sungguh2 bertobat dan juga semua orang yang Tuhan berikan pada kita. Ini menjadi hutang kita. Yang tidak mau membayar, ditebang Tuhan Luk 13:6-9. Paulus pada akhir hidupnya merasa sudah menyelesaikan semua tugasnya 2Tim 4:7-8. Jangan utamakan yang fa-na, tetapi yang kekal, yang akan dibawa ke hadirat Tuhan. Ingat Yes 66:22.
  5. Hal2 jasmani, juga harus diatur. Minta hikmat Tuhan supaya semua boleh diatur baik2 tetapi jangan sampai hutang target, harus dipenuhi. Ingat kita tidak tahu sisa umur kita atau sisa waktu sampai pengangkatan. Kerjakan sekarang.

Dalam semuanya ini akan mudah kalau kita berjalan dengan Tuhan, hi-dup benar, limpah berdoa dalam Roh dan kebenaran, tumbuh dalam penger-tian Firman Tuhan, memelihara perse-kutuan Roh dalam tubuh Kristus, se-hingga selalu ada nasehat untuk hal2 yang masih terhutang, yang belum beres, yangmasih kurang, yang tidak betul atau yang cacat. Bereskan hutang yang masih ada!

 

KECEPATAN WAKTU.

Waktu itu konstan, tidak berubah, ha-nya ada 1 voorsneling, sama bagi se-mua orang dan tidak pernah berhenti. Tetapi bagi Tuhan yang menguasai waktu, Ia dapat mengatur kecepatan waktu ini. Ini ajaib. Salah satu bukti yaitu waktu Yusak menghentikan wak-tu. Sebaliknya Tuhan juga bisa mem-percepat kedatangan-Nya, yaitu dengan:

  1. Tanggalnya dipercepat. 2Pet 3:12.
  2. Finishingnya (penamatannya) diper-cepat seperti kilat Mat 24:27 dari Ti-mur ke Barat (tumbuh dalam kesem-purnaan, lihat skema Kemah Suci), dan tampaknya keduanya sama2 diker-jakan.
  3. Tentang tanggal yang dipercepat itu dikerjakan dengan cara meningkatkan dosa dan kesucian Wah 22:11. Dalam waktu yang sangat cepat dosa naik, misalnya dengan era digital, penaburan jahat lewat online begitu efektif dan ini membuat banyak orang jadi jahat.
  4. Tentang mempercepat penamatan-nya ini dilakukan seperti Putra manusia Yesus, sesudah berumur 30 tahun Luk 3:23, maka dalam 3,5 tahun, seluruh beban global dari segala zaman disele-saikan, luar biasa. Kelihatannya Ia ha-nya pelayanan di Kanaan, tetapi efek-nya global dan untuk segala zaman.

Juga Gereja, yaitu tubuh-Nya juga akan diproses, ditamatkan dalam 3,5 tahun. Ini cara yang luar biasa, seperti kilat dari Timur ke Barat. Sebab itu kita harus bersedia dan siap untuk proses penamatan yang dipercepat ini, sampai selesai lalu Tuhan Yesus datang (peng-angkatan). Untuk bisa ikut proses per-cepatan tertinggi, kita harus ber-jaga2 dan bersedia yaitu:

  1. Bisa hidup suci dipimpin Roh (dalam Ruangan Suci). Proses penamatan ini hanya untuk orang beriman tingkat Ruangan Suci, bukan untuk tingkat Ha-laman. Kalau polarisasi sudah jalan, maka orang Kristen pada waktu pe-nuaian akan dipisahkan antara gan-dum dan lalang juga Halaman dan Ruangan Suci. Orang Halaman yg tidak mau bertobat, tidak bisa ikut dan akan gugur semua dalam dosa (keluar Halaman!)
  2. Mahir pikul salib. Bisa tahan men-derita seperti Yusuf, Daud, Musa, Pe-trus, Paulus, Putra manusia Yesusdll diterjang banyak problem, pemberon-takan, duri2 dan pedang yang rutin melukai hati (Luk 2:35, 2Kor 12:7-10). Tetapi itu mematangkan rohaninya. Kalau tidak mahir pikul salib dalam semua segi akan jatuh dalam pengolahan, tim-bul reaksi dosa dan gugur, sebab itu kita harus mahir pikul salib seperti Kristus (Yes 53:3 a man of sorrows and acquainted with grief, sudah biasa menderita) sehingga bisa diolah kilat dan masuk golongan pengangkatan atau 144.000.
  3. Tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang akan terbuka semua pada saat ini Mat 10:26-27. Orang yang mengerti bisa berbuah sampai 100 (= sempurna), sebab itu kita perlu tum-buh, bukan saja dalam rahasia ke-benaran akhir zaman tetapi dalam kebenaran Firman Tuhan untuk semua segi hidup, misalnya nikah, tabiat dll, sebab sempurna itu berarti dalam seluruh segi hidup. Roh Kudus akan memimpin sampai segala kebenaran Yoh 16:13 dan kekuatan untuk taat.
  4. Bisa bersekutu seperti Trinitas. Yoh 17:21,23. Belajar bisa mengampuni dan mencintai musuh, apalagi diantara suami istri, keluarga, anggota Gereja sendiri dan orang2 sekitar. Orang yang bisa bersekutu, maka kekuatannya bisa berlipat kali ganda 100 kali lipat sehingga bisa tumbuh sangat cepat seperti kilatIm 26:8. Ini mutlak perlu untuk finishing kilat, termasuk suami istri bisa mengampuni dan mencintai istri atau suami yang brengsek seperti Ayub, juga dalam Gereja. Kalau sedikit2 sudah bereaksi dosa, cepat jatuh dan terhilang dan ketinggalan.
  5. Bisa berdoa dalam Roh dan kebe-naran Yoh 4:23-24sampai jadi ligabis dan tidak jadi ligabo Mat 25:10-13 (Lima Gadis Bodoh).
  6. Bisa pelayanan dalam Roh dengan karunia2 Roh dan management ilahi. Sangat efektif sebab dipimpin Roh.
  7. Tekun beribadah dengan sukacita dalam kelompok besar dan kelompok kecil. Ini kelompok terhormat sekalipun sekarang masih campuran dengan lalang, tetapi tidak jadi masalah kalau ada kasih Kristus.

 

KESIMPULAN.

* Masih punya hutang dari hari2 yang lalu? Lekas bereskan sekarang juga Ibr 3:15, jangan dibebani hutang dosa atau hal2 jelek dari masa lalu.

* Sudah siap menghadapi tantangan2 dosa dan kejahatan yang dahsyat?

* Sudah siapkah untuk masuk dalam polarisasi Wah 22:11 dan penamatan kilat ini (sempurna dalam 3,5 tahun!!) dan paling sedikit tumbuh dalam Roh, masuk golongan yang tidak akan mati.

Jangan lupa kereta waktu tidak pernah berhenti dan pada saat penamatan akan berjalan dengan sangat cepat (voorsneling naik). Sekarang naikkan sendiri sampai kecepatan rohani kita naik 2 kali lipat, supaya bisa masuk dalam kecepatan akhir zaman! Beres-kan semua hutang dosa, pertumbuhan, target dll, maka kita akan disertai Allah masuk dalam hari2 yang dahsyat dengan kemenangan dan ikut dalam rencana Allah yang indah. Kalau tidak beres, bisa tertinggal dan mati dalam dosa.

Nyanyian:

  1. Jam telah dekat, tahun lenyap lalu

seperti fajar ‘kan merekah

Sekarang tertawa, besok menangis.

O inilah hidup ini.

  1. Hari esok kita tidak tahu

tetap jalan sesuai Firman

Kita ‘kan ikut dalam rencanaNya

Sampai semua sudah genap.

  1. Pegang Firman dan dipimpin RohNya

dengan hikmat dan kuasaNya

Di jalan sempit dalam pimpinanNya

Masuk rencana yang mulia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top