M3714 – 2Tesalonika 2:1-11. Berjaga-jaga Menunggu Kedatangan Tuhan

2TES 2:1-4. JANGAN BINGUNG TENTANG HARI KEDATANGAN TUHAN
Perhimpunan pada hari kedatangan Tuhan.
Kita tidak tahu kapan tanggal kedatangan Tuhan; orang jadi bingung lalu mulai memaksakan untuk tahu tanggal kedatangan Tuhan Yesus. Tuhan tidak pernah terlambat mengingatkan dan mempersiapkan kita tepat pada waktunya. Kita belajar dalam Roh, mendengar suara dan pimpinanNya, itu yang terpenting. Tuhan tidak pernah terlambat atau keliru. Sebab itu pakai setiap kesempatan, setiap kasus dalam dunia yang kita hadapi, minta pimpinan Roh, apa  yang yang harus kita lakukan dalam pimpinan Roh Kudus sampai mahir Kis 11:12, Mat 4:1.
Pada waktu itu kita akan berhimpun bersama-sama Tuhan dari seluruh dunia dan segala zaman yang dahulu sampai terakhir di awan-awan dalam hadirat Tuhan. Ini perhimpunan yang terbesar dari segala bangsa, segala lapisan orang, segala umur, segala zaman bersama-sama Tuhan dan semua berjalan dengan tertib dan lancar. Setiap orang pada tempat dan tingkatannya masing-masing. Tidak pernah terjadi, orang yang tidak saling kenal dalam jumlah yang paling besar bisa bersama-sama tanpa pendaftaran, tanpa panitia, betul-betul suatu pertemuan yang manis di udara. Wai bagi yang tidak ikut, suatu kerugian yang amat besar. Seperti sel-sel dalam tubuh manusia itu jumlahnya lebih dari triliunan, tetapi bisa jadi satu dengan kompak dan sempurna di surga yang amat indah!
Jangan bingung menghadapi segala problem di dunia sebab Tuhan bisa mengatur dengan sempurna oleh Roh Kudus sendiri.
(Nyanyian. Ada pertemuan di udara, pertemuan yang manis, dst).
Jangan bingung tentang kedatangan Tuhan.
Orang datang dengan berita apapun, Jangan digoncangkan, tetapi cocokan dengan Firman Tuhan. Kalau bukan dari Firman Tuhan hati2, jangan terima.
Pegang Firman Tuhan, sebab ada banyak tipu daya iblis. Kalau dari Tuhan, akan ada peneguhan dari Firman Tuhan dan Roh Kudus. Kalau belum ada peneguhan, jangan dipegang lebih-lebih, kalau bertentangan dengan Firman Tuhan, jangan percaya.
Jangan disesatkan dengan cara apapun.
Misalnya ada orang tidak perduli p ada hari kedatangan Tuhan, lebih penting bagi mereka mengadakan transformasi dunia ini supaya berubah jadi baik, jadi aman makmur, sejahtera dengan pertolongan Tuhan. Yang salah adalah tidak peduli Hari kedatangan Tuhan. Mereka berusaha membangun dunia ini dengan transformasi lewat tujuh tiang2 (pilar), untuk menjadi berkat bagi bangsa dan dunia sehingga dibangunkan satu tatanan dunia yang baik dan sempurna lalu Tuhan turun kembali memerintah dalam dunia. Ada banyak hal yang dikatakan yang tidak berdasar Firman Tuhan, istimewa yang melawan Firman Tuhan yang menyuruh kita siap sedia untuk hari kedatangan Tuhan dan ikut dalam pengangkatan 1Tes 4:16-17, lalu masuk dalam kerajaan surga. Baru sesudah Pesta Kawin Anak Domba kita kembali dalam perang Harmagedon lalu masuk dalam Kerajaan 1000 tahun dan di sini dunia akan berubah menjadi sangat indah dan ideal dalam pemerintahan Tuhan Yesus di atas tahta Daud Luk 1:32. Yang penting sekarang adalah meberitakan Injil, tumbuh dalam rencana Allah, bukan membuat transformasi dunia untuk mengubah dunia seperti yang diceritakan Alkitab dalam kerajaan 1000 tahun.
Kita harus memberitakan Injil sampai seluruh dunia dan menggenapkan tiga angka kedatang Tuhan digenapkan lalu Tuhan Yesus datang, pada pertengahan Minggu 70 Daniel. Dalam Minggu 70 Daniel ini seluruh umat manusia akan dihabiskan dalam perang Harmagedon dan baru sesudah itu, dengan jumlah sedikit orang yang terlepas dari zaman Antikris (yang tidak kena cap atau meterai Antikris) bumi ini dipulihkan untuk kerajaan 1000 tahun, sebagai sebagian rencana Allah yang terakhir untuk Israel.
Kalau tidak disebut dalam Alkitab, jangan dipegang, melainkan terus berdoa dalam Roh dan kebenaran, tumbuh seperti Kristus dan selesaikan apa yang diFirmankan Tuhan, yaitu menggenapkan tiga angka kedatangan Tuhan (yaitu; 1. Seluruh dunia mendengar Injil Mat 24:14. 2. Jumlah orang percaya genap Rom 11:25. 3. Jumlah orang yang tumbuh genap dan ini diketahui dari penggenapan jumlah golongan yang tertinggi yaitu golongan orang sempurna. Wah 14:1, ada 144.000 orang sempurna yang naik ke tahta Allah).
Akan datang kejatuhan.
Dalam Wah 22:11 dikatakan bahawa dosa akan bertambah2 juga kesucian, sehinga hari itu ditandai dengan kejatuhan orang beriman yang begitu banyakbaik jatuh dalam dosa di luar Gereja dalam segala macam dosa dan kejahatan dan kejatuhan di dalam gereja, yaitu orang tetap dalam gereja tetapi tidak lagi berbakti pada Tuhan, tidak hidup dalam kesucian, tetapi dalam  jalan lebar, sehingga empat gereja akhir zaman dala Wah 2 dan 3, penuh dengan kenajisan. (Gereja Sardis, Pergamos, Laodikhea, Tiatira).
Jangan bingung dengan macam-macam berita, apalagi yang mencatut nama2 Tuhan dan tokoh2 orang beriman.  Putra kebinasaan itu (yaitu Antikris) yang pertama sampai ke tiga dalam Dan 7 akan dinyatakan dahulu dengan segala macam kedahsyatan dalam dosa, Kejahatan, kebengisan dan macam-macam hal yang dahsyat dan menakutkan!. Jangan menanti dengan pikiran yanggonjang-ganjing, tetapi terus berdoa dalam Roh dan hidup benar, supaya kita dikuasai pikiran Allah yaitu dipimpin Roh pada segala kebenaran Yoh 16:13. Semua ini terjadi sebelum pengangkatan sehingga gereja mengalami dan menghadapinya. Akan ada suatu peperangan rohani yang dahsyat, jangan terpancing untuk berperang secara jasmani. Sebab itu akan menjerat kita dalam kekacauan dan ketakutan dan celaka. Kalau keluar rel rencana Allah itu sangat berbahaya, sebab segala celaka dan bahaya bisa terjadi. Tetapi kalau kita tetap dipimpin Roh dalam rel Tuhan, kita akan aman dalam perlindungan Tuhan sampai hari pengangkatan dan ikut pengangkatan yang mulia itu 1Kor 15:51-52. Sebab itu yang penting kita selalu berjalan dalam Roh dan bersekutu dalam Roh, saling menguatkan dan tumbuh dalam Firman Tuhan, dalam pimpinan Roh Kudus, sehingga masuk dalam rencana Allah. (7 KPR).
Jangan kuatir, tidak sulit, sebab Roh Kudus sanggup memimpin umatnya dengan tepat sehingga rencana Allah jadi dengan tepat. Sama seperti kedatangan Tuhan yang pertama, terjadi dengan tepat sesuai dengan nubuatan Firman Tuhan, Yusuf Maria juga orang Yahudi, Herodes, Yerusalem dan Israel, bahkan seluruh dunia termasuk orang Majus dari timur, semua dikuasai dan dipimpin Tuhan sesuai dengan rencana dan kehendakNya, sehingga dengan tepat rencana Allah jadi pada kedatanganNya yang pertama, begitu juga rencanaNya akan jadi dengan tepat pada kedatanganNya yang kedua.
Manusia dosa atau putra kebinasaan itu akan betul-betul nyata dan orang-orang yang dipimpin Roh akan tahu dan yakin oleh Roh Kudus. Lebih-lebih kalau kita mengetahui nubutan2 Firman Tuhan, semua akan terjadi dengan lengkap sesuai nubuatan Firman Tuhan.
Dalam tiga setengah tahun pertama akan terjadi keribuatan dan kesesatan besar dalam gereja, sebab Antikris duduk dalam bait Allah dan menyatakan dirinya sebagai Allah. Dalam Wah 1-3 hal ini dikupas dengan jelas untuk yang mengerti. Heran, begitu banyak orang-orang beriman mengakuinya, sebab memang gereja2 atau umat Tuhan, akan mengalami polarisasi yang dahsyat dan jelas, yang suci makin suci dan yang najis makin najis. Sebab itu setiap orang beriman harus punya pendirian, pengertian dan pengalaman sendiri2 berjalan dengan Allah. Kalau kita tidak berjalan dalam Roh akan mudah hanyut dalam arus besar dari akhir zaman ini yaitu gereja + Antikris menjadi satu, bersama2. Gereja diatur oleh orang-orang dunia dan orang beriman ikut serta dalam segala segi hidup orang dunia, sehingga tidak ada lagi perbedaan, tetapi sudah jadi satu dengan erat.
2 TES 2:5-6 YANG MENAHAN ANTIKRIS NYATA PENUH.
Hal2 yang jahat (manusia dosa, putra pembinasa dengan segala rencana dan kejahatannya itu) sudah ada dalam dunia dengan segala rencana yang licin dan jahat, sudah siap untuk diledakkan (apalagi waktunya pendek, hanya tertahan tiga setengah tahun), sehingga jelas tampak segala rencana kejahatannya. Tetapi ia masih tertahan, Kalau “penahannya” itu lepas, maka langsung ia meledak di seluruh dunia dan mulailah kerajaan iblis di dunia yaitu kerajaan Antikris. Kedaaannya itu seperti waduk yang sudah penuh sampai kebatas atas dari pintu air, kalau pintu air itu dibuka, langsung isi waduk itu membanjiri bumi. Begitu dahsyat. Orang bisa melihat dengan mata telanjang segala rencana jahat manisa dosa atu si pembinasa itu sudah kelihatan, tetapi heran itu masih tertahan. Kita tidak perlu bingung atau takut akan perkara2 dahsyat yang akan terjadi sesuai dengan Firman Tuhan, tetapi terus hidup dipimpin Roh, sesuai dengan Firman Tuhan, dan tumbuh dalam kasih, iman dan pengharapan 1Tes 1:5.
Kita harus memperhatikan diri kita sendiri, supaya selalu siap menghadap Tuhan, dipimpin Roh dan terus melakukan rencana dan kehendak Roh sesuai dengan Firman Tuhan yaitu menumbuhkan Gereja dalam rencana Tuhan. Jangan sibuk dengan perkara2 baik dalam dunia, tetapi bukan dari Allah, itu menghabiskan waktu, perhatian dan pertumbuhan rohani kita, keluar dari rel Tuhan.
Seperti Elia terus dipimpin Roh. Sebaliknya Ia bisa bekerja sama dengan Obaja menteri keuangan Achab, untuk bersama2 membangun umat Tuhan yang setia; kalau Elia mau bekerja sama dengan Obaja, apalagi dengan Achab pasti diterima dengan sukacita, tetapi Elia tidak mau, ia berjalan dengan Allah, itu cara yang paling tepat. Makin hari kita harus makin murni, makin mahir berjalan dengan Tuhan supaya kita tidak keluar dari rel rencana Allah supaya bisa masuk dalam kesempurnaan rencanaNya. Sebab kerja sama dalam dunia bisa tiba2 berubah dan berbalik Dan 9:27. Dunia atau Antikris mau berdamai dan ber-janji2an selagi ia kurang kuat, tetapi segera ada kesempatan, ia akan berbalik danmenguasai seluruh dunia.
Jangan keluar dari rencana Allah dan tetap dipimpin Roh dalam perkra kecil, besar sampai mahir dan setia dalam persekutuan tubuh Kristus.
Jangan takut, Tuhan di dalam kita lebih besar dari mereka semua yang di dalam dunia 1Yoh 4:4. Sekalipun bicara dan promosinya besar, tetapi Tuhan kita jauh lebih besar dan lebih kuat.
2TES 2:7-9
Rahasia durhaka itu sudah bekerja tetapi masih tertahan, sehingga gereja bisa betumbuh terus, sekalipun di luar gereja yang benar, keadaan sudah dahsyat, Ancaman sudah merajalela, tetapi tangan Tuhan kuat menahan dengan sempurna, sampai satu rambutpun (dari anggota gereja yang dipimpin Roh, bukan dari anggota gereja jalan lebar) sehingga umat Tuhan bisa tumbuh terus dengan cepat dan kuat di tengah2 dosa yang sangat meningkat seperti neraka.
Dalam dunia orang bisa tumbuh (rahasia durhaka sudah bekerja penuh, memungkinkan orang jadi sempurna dalam dosa) tetapi itu tertahan oleh Roh Kudus yang bekerja dengan hebat dalam gereja (gereja akhir zaman penuh dengan pengurapan dobel, Firman Tuhan terbuka semua, ada 2 Gomer manna,pelayanan jabatan jadi penuh dan pelayan orang sempurna limpah, peraturan gereja begitu kuat dan keras seperti dalam gereja mula2 Kis 5, 2kor 10:6, sehingga dalam gereja suasananya seperti surga dan timbul banyak orang sempurna. Di dunia dibatasi tetapi tetap ada tiga orang sempurna dalam dosa yang timbul bergantian sebagai tiga Binatang pertama dalam Dan 7, Orang-orang sempurna dan orang-orang yang ada Kristus di dalamnya bisa mengalahkan semua orang yang sempurna dalam dosa atau yang hampir sempurna, sehingga mereka tidak bisa tumbuh penuh dan sempurna dalam dosasebab ditahan oleh Roh Kudus yang ada dalam gereja dengan limpah. Dalam segala segi hidup muncul orang jahat hasil rahasia durhaka ini, tetapi ditahan oleh gereja yang sudah limpah dengan orang sempurna (144.000 orang) sehingga gereja sangat menang. Tetapi orang beriman yang tidak dipimpin Roh, keadaannya dahsyat, meraka lari dan sembunyi tetapi banyak jadi korban. Iblis tidak segan ambil korban orang-orangnya sendiri seperti raja Moab mengorbankan putranya yang akan menggantikannya, sehingga suasananya sangat dahsyat 1Raj 3:27.
Baru sesudah pengangkatan Antikris akan nyata dan jutaan orang sempurna dalam dosa muncul begitu cepat, begitu limpah dan begitu keji perbuatan2nya yang bengis dan sangat keji. Betul-betul Antikris jadi raja dan orang yang tertinggal dianiaya sampai mati.
Baru pada perang Harmagedon kerajaan Antikris dan semua penduduknya habis total, iblis cs masuk Abusos dan semua anak buah antikris (ada meterainya) mati terbunuh lalu bangkit kembali sesudah zaman kerajaan 1000 tahun lalu masuk Tasik api dengan hukumannya.
Ini Minggu yang dahsyat dan umat manusia lenyap untuk sementara (tetapi muncul kembali manusia alami dalam kerajaan 1000 tahun).
Zaman Antikris itu dahsyat tetapi tidak akan muncul selama Roh Kudus masih ada dalam gereja. Suatu hidup yang amat indah di dalam Kristus di tengah2 dosa dan kejahatan zaman Antikris.
2TES 2:10 BENCI KEBENARAN MELAWAN CINTA KEBENARAN
Iblis datang dengan tipu daya ketidak benaran, yang palsu dan yang jahat dan diterima orang-orang yang akan terhilang dan binasa. Orang benar dan dipimpin Roh akan tahu segala penyesatan ini, dan mengalahkannya sampai mereka ikut pengangkatan, sebab kuasa Allah dahsyat, dobel. Tetapi orang-orang yang terhilang, yang mau menerima dusta dan tipu daya yang tidak benar itu adalah orang-orang yang memang tidak mau menerima cinta akan kebenaran. Orang yang cinta kebenaran seperti Daud, bersuka cita dengan Firman Tuhan siang malam sebab cinta kebenaran. Mereka pasti diselamatkan. Karena itu jangan bosan, muak akan kebenaran, sebab itu perkara penting dan besar. Ini orang-orang yang akan dihukum dengan dahsyat Bil 21:5-6. Bedanya itu makin nyata. Orang yang benci kebenaran akan di digigit kejahatan sehingga makin keji dan ber-tambah2 dalam dosa sampai mati Rom 6:23. Orang yang menolak cinta kebenaran akan celaka.
2TES 2:11-12
Allah ijinkan macam-macam penyesatan datang dalam gereja, ajaran2 yang tidak betul dan sesat. Begitu banyak ajaran yang sesat dan banyak orang yang percaya, yaitu yang benci akan yang benar, sehingga binasa.
Orang yang cinta kebenaran bisa mengerti, bisa sadar bahwa itu sesat dan menolaknya. Tetapi mereka yang menolak cinta akan kebenaran akan menerima dan hanyut di dalamnya dan jumlahnya besar; lebih-lebih daya tariknya begitu kuat dengan cara2 duniawi, baik kemewahan dan kesukaan daging (dunia), sehingga makin terjerat sampai binasa. Tetapi dasarnya adalah tidak mau cinta kebenaran. Sebab itu kita harus selalu penuh dan dipimpin Roh dan tumbuh dalamcinta kebenaran, ini ciri2 khas dari gereja Minggu 70 Daniel yang limpah dengan Hujan akhir.
KESIMPULAN.
Pelihara pengharapan akan kedatangan Tuhan dan sucikan diri. Jangan kuatir segala fasilitas dunia, Tuhan pasti cukupi, tetapi tumbuh sebagai orang-orang yang cinta kebenaran maka Roh Kudus akan memimpin dan menolong kita sampai ikut pengangkatan bahkan sampai sempurna.
Nyanyian:
Ada pertemuan di udara.