M4468 – Yehezkiel 14:12-22 Nuh, Ayub, Daniel Tidak Berdaya

PENDAHULUAN

Ini adalah tentang hukuman rumah Allah dan dunia yg harus kita hadapai dan sedang kita hadapi yg terus me-ningkat.

Ini bukan Nuh, Ayub, Daniel (= NAD) (mereka sudah selesai tugasnya, sudah mati), tetapi inilah orang2 yg hebat dan sukses seperti mereka, te-tapi untuk ukuran akhir zaman, ini adalah ukuran minimum. Mereka ti-dak berdaya menolong orang lain waktu Tuhan menghukumkan Yerusa-lem, juga bait Allah di dalamnya (umat Tuhan).

Ada 4 hukuman yg ditulis, yaitu dalam ayat:

I.  12-14. Putuskan bekal roti.

II. 15-16. Binatang buas. NAD tidak bisa melepaskan anak2nya.

III. 17-18. Pedang menumpas manusia, binatang, dan anak2nya.

IV. 19-20. Bala sampar. 21. Yerusalem diinjak2 musuh.

V. 22-23. Ada anak2 laki2 dan perempuan yg selamat penghiburan dari celaka ini.

Hukuman ini ditulis dalam 1Pet 4:17-18.

Hukuman datang atas rumah Allah pada umatNya lebih dahulu, baru hukuman dunia datang untuk seluruh dunia 1Kor 11:32.

Tuhan menghukum, menyiksa umatNya (hukuman rumah Allah) itu bukannya tanpa sebab Yeh 14:23, tetapi sebab:

1. Dosa umatNya meningkat sangat tinggi, ber-sama2 dgn peningkatan dosa dalam dunia Wah 22:11. Seha-rusnya umat Tuhan justru meningkat makin suci, sebab itu Tuhan menghu-kumkan umatNya, istimewa kanak2 jasmani dan rohani (yg hidup dalam dosa, sehingga tidak bisa bertumbuh dalam kesucian (ini tingkat Halaman), sebab ini dianggap biasa, normal, tidak terlalu perlu hidup suci, apalagi tumbuh (pendapat yg salah).

2. Untuk seleksi/ pemisahan menjelang penamatan rencana Allah Wah 2:10 (Minggu ke-70 Daniel) seperti orangtua menghukum anaknya supa-ya menghadapi ujian akhir baik2. Waktu ini terjadi pemisahan antara umat Tuhan yg meningkat dalam ke-sucian dan yg netral (plin-plan, suam, mendua), sehingga ikut hanyut dalam peningkatan dosa dunia. Terjadi per-ceraian yg tegas, seperti antara lima gadis bodoh dan lima gadis bijak Mat 25:6 (ini salah satu peringatan2 bagi kita, supaya jangan tertinggal).

3. Anak2 laki2 dan perempuan. Disini terutama diingatkan bagi anak2 dalam keluarga Kristen dan anak2 rohani dalam Gereja. Ini golongan kanak2 ro-hani yg tidak mau selalu taat, yaitu golongan tingkat Halaman, selalu mendua dan jatuh bangun dalam dosa 2Pet 2:20-22. Semua orang beriman yg ada percintaan dunia (tidak dimati-kan sama sekali) istimewa banyak juga orang usia muda, yg lebih senang dgn hal2 yg baru dan menarik, lebih dari kesucian dan pikul salib, sehingga ikut hanyut dalam kesukaan dan keme-riahan yg sangat menarik bagi kanak2 ini, lebih dari Firman Tuhan dan hidup suci, sehingga mudah hanyut dalam dosa, tidak mencukupi syarat mini-mum seperti NAD, sehingga kena bala dan hukuman yg dahsyat ini.

Ini dinubuatkan dalam Wah 11:1-2, seleksi global akhir zaman Wah 3:10, Luk 21:34-35.

Dari hasil seleksi ini, orang2 yg jatuh akan makin hanyut dalam arus dosa yg meningkat bahkan sampai mati dalam dosa. Tetapi yg lulus seleksi ini akan ikut dalam proses penamatan yg heran, ajaib, dan sangat indah Wah 12:1.

Penyaringan atau seleksi untuk akhir zaman ini sangat penting, ini saat2 kritis yg menentukan untuk pengangkatan. Ini sangat penting, sebab itu ada lebih kurang 20 ayat se-bagai peringatan untuk hal ini, ter-masuk nubuat ini.

Orang2 yg taat akan Firman Tuhan dan ikut dalampertumbuhan rencana Allah, akan lolos dalam seleksi ini se-hingga boleh masuk  dalam program penamatan rencana Allah untuk ikut dalam pengangkatan (kalau toh mati lebih dahulu, tetap bangkit dan ikut pengangkatan dalam tingkat yg tinggi sesuai tingkat rohaninya). Tetapi me-reka yg mendua, tidak dipimpin Roh akan terseret dalam tsunami dosa akhir zaman (Wah 22:11) sehingga tumbuh dalam dosa yg besar, kena 4 hukuman Tuhan seperti yg dinubuat-kan disini.

4. NAD = Ukuran minimum. Untuk penamatan di akhir zaman, tingkatan seperti NAD adalah ukuran minimal untuk lolos seleksi penamatan sebab mereka tidak bisa menolong anak2nya yg binasa, sebabtidak mau taat, hanya NAD ini saja yg lolos, dan dapat ikut pengangkatan. Anak2 yg taat akan lulus seleksi dan dapat ikut dalam penamatan rencana Allah, untuk ikut dalam pengangkatan.

I. BEKAL ROTI DIPUTUSKAN

Disini Tuhan memutuskan suplay roti = Firman Tuhan, sebab hatinya sudah penuh dgn tipu daya kemanisan du-nia, sehingga jadi benci dan muak akan Firman Tuhan seperti Israel ter-hadap manna Bil 11:5-6, dan ini jadi tanda orang2 yg akan binasa. Kalau hati sudah penuh dgn keinginan Me-sir, padahal mereka tahu itu perbu-dakan yg bengis dan mematikan, mereka ber-sungut2 dan berontak (sampai 10 kali Bil 14:32) dan begitu jahat, mereka melawan Allah, mereka binasa Bil 16:5-6. Ini tanda bahaya! Sebab tidak suka Firman Tuhan, karena sudah cinta dunia ini, kasih Allah habis dalam dirinya 1Yoh 2:15.

Punya kasih Bapa itu berarti cinta akan Firman Tuhan 1Yoh 5:3, Yoh 14:23. Sebab itu orang yg menolak Firman Tuhan, cinta dunia, maka be-kal roti Firman Tuhan baginya dipotong daripadanya dan rohaninya menjadi kering, mudah ditipu kesu-kaan dosa yg sesaat dan setan, dan akhirnya rohaninya mati Mat 13:12. Sebab itu bagi orang2 ini, bekal roti dipotong. Mungkin mereka masih ahli dalam Firman seperti ahli Taurat, te-tapi tidak mengerti arti yg benar. Mereka memutarbalik Firman Tuhan jadi kebinasaan bagi mereka 2Pet 3:16. Orang2 yg cinta dunia, cinta Me-sir, benci Firman Tuhan, akhirnya jadi lemah, undur dan mati rohaninya, sebab bekal rotinya dipotong, tidak lagi mengerti artinya dari Tuhan Mrk 4:11, Mat 13:11.

Mereka menafsirkan Firman Tuhan menurut kehendak daging, sehingga mengizinkan, setuju dgn dosa2 Mesir dan mati rohaninya. Mereka tidak me-ngerti kebenaran Firman Tuhan, itu jadi kebodohan bagi mereka 1Kor 2:14, putus bekal rotinya (ini hukuman!), hidup menurut pikirannya sendiri dalam gelap jadi anak iblis, tumbuh dalam dosa.

NAD tidak bisa menolong orang2 ini sebab cinta dunia (Mesir), hatinya penuh dosa dan menolak untuk taat.  Masing2 kita harus sungguh2 berto-bat, baru Roh Kudus bisa bekerja dan memberi pengertian Firman (Mat 13:11, Yoh 16:13), sehingga bisa me-ngerti dan lulus, lepas dari hukuman2 ini. Allah itu sangat murah hati, tetapi kalau tetap keras hati dalam dosa, bekal roti, akan terpotong, habis sukacitanya akan Firman Tuhan, tidak suka bahkan menghina Firman. Sebab Tuhan tidak lagi memberi hati yg bisa mengerti Mat 13:11, Mrk 4:11. Orang2 ini seringkali masih aktif di Gereja, tetapi dgn sukacita yg cam-puran dan tidak lagi bergairah akan Firman bahkan menghinanya. Ini hu-kuman, menolak Firman sebab cinta yg lain seperti Marta Luk 10:41-42.

Kalau orang itu sendiri tidak mau meninggalkan cinta dunia dan dosa2-nya, NAD pun tidak bisa menolong, padahal dahulu mereka bisa meno-long keluarganya (Nuh, Ayub, anak2 yg berikutnya, juga Daniel bersyafaat bagi bangsanya, yg tetap dalam kesucian, kembali ke Yerusalem).

II. YOH 14:15-16. BINATANG BUAS (HUKUMAN)

Orang yg hidup dalam dosa itu hidup dalam hukuman Allah. Kalau tidak mau mematikan daging, hidupnya di-kuasai daging, sehingga tabiatnya se-perti binatang buas, penuh dosa dan akan menerima hukuman 2Pet 2:12.

Hidupnya liar menuruti daging menjadi mangsa kebinatangan, takluk pada tabiat binatang, tidak bisa Rom 13:14, baik dosa cinta uang, dosa sex dan kesombongan dll. Ini hidup kebi-natangan yg buas dan keji, ini hu-kuman Allah, sebab melawan Allah, ia akan menerima hukumannya yg se-suai dgn kejahatannya. Jangan menu-ruti daging, itu berada dalam hukum-an Allah. Matikan sejak dari dalam hati, dgn terus berjalan dalam Roh, maka daging bisa dimatikan Gal 5:16, Kol 3:5-6. Kalau sungguh2 mau taat 1Pet 4:1, Roh Kudus akan sanggup menolong kita hidup suci, lepas dan berkemenangan atas tabiat daging atau binatang ini Rom 8:31.

Anak2 harus punya kebenaran sendiri.

Anak2 Ayub tidak beres, dimanja apalagi sangat kaya, bisa berbuat bebas menuruti dagingnya sampai dosa2 akhirnya melebihi batas dan hukuman jatuh sesudah ditunda ber-kali2 oleh doa syafaat Ayub.

Jangan seperti Ny.Ayub yg me-manjakan anak2 menuruti kedaging-annya, akhirnya tidak ada yg terto-long. Mereka hidup seperti binatang dan hukumannya datang Ay 1:12. Hidup seperti binatang itu jadi hu-kumannya, bukan suksesnya! Kanak2 rohani harus ditertibkan, jangan orangtua menjadi anjing kelu Yes 56:10 itu dosa Yoh 4:17. Keluarga adalah panci dimana kita ada, dan isi panci itu mutlak harus diasinkan. Jangan biarkan anak2 atau anggota keluarga lain berbuat melawan Firman Tuhan sesuka hatinya. Pergaulan yg jahat (HP), menuruti macam2 rekreasi duniawi (jangan meniru Marta yg penuh variasi tetapi tidak suka Firman Tuhan, tetapi Maria tampak kurang meriah, tetapi limpah dgn Firman Tuhan dan Roh Kudus, itu hidup yg indah dan keberkatan Luk 10:41-42). Anak2 jasmani dan anak2 rohani yg tidak taat akan Firman Tuhan, semaunya sendiri, ber-edar2 ke sana-sini, perlu digembalakan baik2 dalam keluarga dan Gereja sesuai Firman Tuhan; domba yg tidak bergembala itu celaka Mrk 6:34. Setia dalam ibadah dan pelayanan, taat pada pemim-pin2nya Yoh 10:1-5, Ibr 13:17, supaya tumbuh dalam rencana Allah, jangan hanya cari macam2 kesukaan sesuai daging, nanti kena hukuman Allah se-perti disini. Selamatkan anak2 dalam keluarga dan anak2 rohani dalam Gereja.

Patahkan pekerjaan setan yg me-ngikat anak2 dalam macam2 dosa Luk 12:20. Tolonglah kanak2 jasmani dan kanak2 rohani sebelum terlambat dan kena hukuman Allah. Berusaha dgn kesucian, kasih, dan kuasa Allah.

III. YEH 14:17-18. PEDANG TUHAN

Pedang sebagai hukuman (misalnya pedang musuh) itu sudah biasa. Tetapi kalau pedang masuk dalam keluarga (jasmani dan rohani) itu berbeda, se-bab disini pedang itu mendatangkan pemisahan atau perceraian seperti yg disebut dalam Mat 10:34-36, Luk 12:51-53. Ini juga pedang hukuman untuk anak2 yg tidak taat. Akibatnya terjadi perceraian sebab sebagian yg tidak mau bertobat menuruti daging, dosa, dan dunia, yg lain menurut pim-pinan Roh Kudus dan Firman Tuhan. Mula2 perbedaan ini sedikit, tetapi menjelang Minggu ke-70 Daniel se-mua meningkat dan perbedaan ini makin besar, sehingga penuh perla-wanan, pemberontakan dan keben-cian dalam pihak yg berdosa, sehingga tidak lagi bisa bersekutu dalam kese-lamatan, tetapi tercerai! Orang2 yg seperti NAD akan terlepas, tetapi anak2 rohani dan jasmani yg tidak mau taat, hidup semaunya sendiri, menuruti daging dan kehendaknya sendiri, akan kena pedang dan hu-kuman Allah lainnya. Bukan saja ka-nak2 rohani, tetapi semua yg tidak taat akan FirmanNya.

Pemisahan ini makin nyata sekali, sesudah seleksi2 akhir zaman selesai; sampai pengangkatan tidak bisa ber-campur atau pindah, sebab hu-kumnya keras Kis 5:13, 2Kor 10:6, se-karang masih ada kesempatan, garami panci (keluarga, Gereja) masing2, ja-ngan sampai terlambat sebab kalau Minggu ke-70 Daniel datang, akan terpisah sampai pengangkatan, tidak bisa pindah dan nasibnya tetap. Jangan main2, kita harus meningkat, sebab sebagai syarat minimum harus ada dalam Ruangan Suci. Seperti NAD, hidup dalam kesucian dan berkenan pada Allah. Untuk jadi orang2 yg kuat, rohani, indah, tentu ujiannya juga berat (untuk masuk dalam pengang-katan dan sebagian jadi sempurna) tetapi dgn Tuhan kita sanggup Fil 4:13, Zak 4:6. Orang2 yg masuk dalam pe-namatan ini (seperti lima gadis bijak-sana), akan tetap tahan dalam ujian akhir zaman yg berat, bahkan makin mulia sampai pengangkatan. Ukuran NAD adalah ukuran mininum pada akhir zaman, ini = lima gadis bijak. Bersedia dan tumbuh mulai sekarang, jangan terlambat, perlu waktu Mat 24:42. Orang yg lulus seleksi pena-matan akan tahan, tumbuh makin indah dan mulia dalam penamatan ini untuk kekal.

IV. YEH 4:19-20. BALA SAMPAR

Bala ini dicurahkan, sehingga di ma-na2 orang berdarah sampai mati. Ma-cam2 bentuk bala sampar datang, baik penyakit, akan timbul banyak ma-camnya, yaitu perang yg akan makan banyak korban, bencana alam, per-ubahan iklim, goncangan ekonomi dll.

Murka Allah itu adalah darah, yaitu darah orang yg dihukum, berarti mati. Ini mati di hadapan Allah, mati rohnya Ef 2:1, dan binasa kekal. Dosa2nya te-rus meningkat, bahkan sampai sem-purna, sehingga Allah murka. Ini jadi mati rohani yg paling dahsyat, jadi sempurna dalam dosa seperti iblis, tidak bisa bertobat lagi. Begitu keji, jahat, sangat dahsyat, sebab itu hu-kumannya juga dahsyat.

Timbul banyak bencana, celaka, kematian, jasmani dan rohani. Kita melihat hari2 ini makin bertambah dan akan terus bertambah sampai Tu-han Yesus datang! Tetapi orang yg tinggal dalam Kristus, yg bersedia dalam Ruangan Suci dan akan ikut pengangkatan, akan terpelihara mu-tlak, tidak akan mati, tetapi tumbuh makin mulia di hadapan Allah.

Kapan hal ini ditentukan, siapa yg ikut pengangkatan atau tidak? Tanggal penentuannya adalah permulaan Minggu ke-70 Daniel Yoel 3:14, dan sesudah itu kita akan tahu saat pengangkatan yg tepat yaitu 1260 hari lagi, sebab pada hari Penentuan, yg ikut pengangkatan,  ditentukan. Sejak hari ini, tanggal kedatangan Tuhan bukan lagi seperti pencuri (bagi anak2 terang yg akan ikut pengangkatan) 1Tes 5:4. Dgn sukacita yg besar, dgn kuasa dan pengurapan Roh Kudus, dan pembukaan Firman Tuhan yg pe-nuh (Mat 10:26), orang2 ini dipersiap-kan untuk pengangkatan, mereka tumbuh dgn cepat sampai masuk pengangkatan.

Bala sampar ini adalah hukuman bagian terakhir dan orang2 yg jahat itu terus tumbuh sampai sempurna dalam dosa. Jangan meremehkan ber-sedia dalam kesucian dipimpin Roh se-suai Firman Tuhan, kalau tidak dosa di akhir zaman akan tumbuh dgn cepat dan akan kena macam2 hukuman ini.

Sulit dibayangkan, apalagi sempurna dalam dosa, tetapi itu akan terjadi bahkan sekarang sudah mulai muncul, bersedialah. Jangan lupa kita tidak memilih untuk pengangkatan atau ti-dak, tetapi untuk bersedia atau tidak! Pada tanggal penentuan (pada permu-laan Minggu ke-70 Daniel Yoel 3:14) yg sudah bersedia dgn betul akan masuk proses penamatan Allah. Yg ti-dak bersedia akan hanyut dan tumbuh dalam penamatan iblis. Jangan kalau 1-2 tahun sebelum pengangkatan, ba-ru mau bersedia, tidak bisa! Orang yg sekarang tidak mau bersedia dalam kesucian, berarti hatinya mendua atau cinta dosa, dan akan terus terikat, tidak bisa lepas lagi seperti Luk 5:39. Sekarang harus bertobat atau hanyut dalam arus dosa, seperti lima gadis bodoh, hanya kurang minyak perse-diaan, hanya kadang2 bersedia, ini mendua dan celaka Wah 11:1-2.

YEH 14:21. YERUSALEM DI-INJAK2 MUSUH

Seluruh Yerusalem dan Halaman bait Allah kena, kecuali kemah tidak, sebab ikut dalam pengangkatan, yaitu orang2 tingkat Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci. Ini hukuman atas dunia, diserahkan penuh dalam ta-ngan Antikris selama 3,5 tahun 1Kor 11:32; Tetapi orang yg sudah diolah, lolos dari 4 bala hukuman ini, yg lulus (ayat 22-23) akan ikut pengangkatan. Inilah orang2 yg dimeteraikan oleh Roh Kudus Ef 4:30, Rom 8:9, selalu hidup dalam kesucian dipimpin Roh Rom 8:14. Orang yg bersedia dan punya Meterai Roh Kudus (hidup ada meterai Roh Kudus = dipimpin Roh dalam kesucian sesuai Firman Tuhan dimana saja, kapan saja dan dalam hal apa saja) adalah tanda dari orang2 yg akan ikut dalam pengangkatan.

ADA PENGHIBURAN BESAR

Ada anak laki2 dan perempuan yg bertobat dan tumbuh sehingga lolos dari 4 hukuman itu, berarti ada dalam tingkat Ruangan Suci (= Lima gadis bijak). Ini tampak dari jalan hidup dan perbuatannya yg berubah, sebab mau taat dipimpin Roh Kudus yg jadi meterainya sehingga bisa lepas dari 4 hukuman inidgn kemenangan yg ajaib.

Semua ada sebabnya, dalam rencana Allah.

Di tengah2 kehancuran umat Tuhan (sebab sebagian jatuh dan hanyut dalam rencana iblis), tetapi umat Tu-han yg dipimpin Roh mengalami per-kara2 yg indah sesuai rencana Allah untuk penamatannya. Sekalipun ke-adaan amat dahsyat (Antikris adalah kepala dari semua orang yg sempurna dalam dosa) sangat keji, jahat, lihai dan penuh kebencian, dan semua (lebih kurang 1 juta orang) dgn semua anak buahnya dan setan2, menyerang dan melawan Gereja yang benar habis2an, tetapi justru Gereja akan bergembira sebab kemenangan dan mujizat yg terbesar terjadi, dan iblis, Antikris dan nabi palsu dikalahkan. Orang yg mau diolah (dihukum, dima-tikan dagingnya) akan luput dari hu-kuman dunia masuk dalam kemuliaan kekal dalam pengangkatan.

Scroll to Top