M4411 Efesus 6:12 Occultisme

I. PENDAHULUAN

1. Meskipun tidak tampak, tetapi Fir-man Tuhan berkata bahwa kita berpe-rang dgn iblis dan tentaranya. Kalau nampak seperti perang yg ada seka-rang, lalu mengabaikannya, berarti bodoh dan mati. Sebab itu kita harus tahu bahwa perang dgn iblis itu betul2 ada dan kita dapat dan harus mengha-dapinya sesuai dgn Firman Tuhan sampai menang.

2. Iblis itu selalu berkeliaran ke sana-sini seperti singa yg mencari kesem-patan untuk menerkam dan menja-tuhkan setiap orang 1Pet 5:8. Meski-pun iblis tidak bisa ada di mana2 ber-samaan (kalau Allah, Ia Maha hadir, iblis seperti kita, hanya hadir pada satu saat di satu tempat), tetapi dgn segala penghulu2 dan anak buahnya ia selalu keliling seperti singa mencari kesempatan untuk melahap manusia, istimewa anak2 Allah yg lengah, le-mah dan bodoh, dan jangan lupa iblis dan setan2 lebih sering datang seba-gai malaikat terang 2Kor 11:14, seba-gai penolong dgn macam2 tawaran dan umpan manis dan nyata, lebih2 dgn occultisme. Putra manusia Yesus juga dirayu dgn umpan manis! Misal-nya Mat 4:8-9. Apalagi manusia, dgn umpan uang, sembuh, pintar, bisa ba-las dendam, dapat kedudukan, jodoh, sukses dll, sehingga banyak orang masuk jeratnya dan jatuh dalam dosa.

3. Cara menghadapinya. Kita harus terus dipimpin Roh yg 100% tahu dan sanggup mengalahkan iblis. Ini kunci mengalahkan iblis yg tidak tampak, tetapi aktif sekali mau menyerang. Juga kita harus tumbuh dalam penger-tian Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus (belajar setiap hari seperti makan, rutin Mat 4:4), maka kita se-lalu diingatkan Roh Kudus tentang siasat iblis dgn ayat2 Firman Tuhan yg tepat Yoh 14:26 untuk menghadapi iblis. Dengan Firman Tuhan dan Roh Kudus, dan selalu taat dipimpin Roh, kita pasti menang, se-olah2 segala se-rangan2 iblis yg dahsyat itu tidak berarti, tetapi sesungguhnya sebab kita disertai dan dipimpin Roh.

4. Occultisme (= kuasa gaib, dari iblis yg jauh lebih tinggi dari kemampuan manusia, untuk tahu dan mendapat kuasa, sehingga mau apa saja bisa jadi, baik untuk menyelesaikan pro-blem dan mencapai keinginannya. Tetapi Firman Tuhan mengatakan bahwa occultisme adalah jerat iblis untuk menjatuhkan dan membinasa-kan manusia.Ini sudah ada sejak za-man dahulu, sebab iblis lebih dahulu diciptakan Allah (sebagai malaikat Lucifer yg jatuh dan melawan Allah).

5. Takhayul dan occultisme berbeda, tetapi takhayul bisa dipakai setan juga untuk menipu dan menyesatkan ma-nusia mempengaruhi, misalnya keja-tuhan cecak, angka 13 dll.

II. PERAN OCCULTISME

1. Menggoda.

Inti dari occultisme adalah membuat manusia, mau apa saja bisa berhasil (dgn pertolongan roh setan). (Kalau dgn Roh Kudus tidak bisa). Ini tam-paknya enak. Occultisme mencocok-kan dgn semua kehendak kita, apa saja. Tetapi kalau ke Gereja, kita yg harus mencocokkan kehendak kita dgn semua kehendak Allah, tidak enak, berat, sakit. Misalnya kalau mau membalas atau membunuh musuh, occultisme bisa. Tetapi Tuhan tidak mau dan tidak boleh, musuh harus diampuni dan diberkati. Tidak enak! Sebab itu banyak orang cari occult-isme, sebab enak sekali, tetapi ikut Tuhan harus menygkal diri, tidak enak. Sebab itu godaan occultisme sangat indah, tetapi akhir dari occultisme adalah mati dan Neraka!

Orang dunia dan orang beriman, lebih2 yg putus asa sangat tergoda oleh tawaran occultisme. Tetapi ba-gaimanapun juga jangan lari ke occult-isme, itu tertipu, tersesat dan binasa. Iblis itu pembunuh Yoh 8:44.

2. Menyerang semua orang, juga orang beriman. Kalau ada Tuhan, ke-mampuan occultisme dibatasi Tuhan, hanya menggoda, menipu dan meng-ganggu, kecuali orang beriman itu pu-tus hubungan dari Tuhan atau bodoh dan tidak percaya akan jadi korban. Dgn Tuhan, dipimpin Roh adalah cara yg canggih dan berhasil melawan iblsi dkk.

3. Occultisme membuat dosa dalam dunia makin cepat meningkat, tetapi tetap dibatasi Tuhan. Sebab dgn occultisme, manusia tertipu, sehingga bekerjasama dgn setan, bahkan sam-pai diikat dan dirusak setan sehingga dosa cepat meningkat sampai akhir-nya bisa jadi sempurna dalam dosa (ingat 3 tingkat dosa). Dari dahulu su-dah banyak orang sempurna dalam dosa. Waktu dosa rata2 melebihi ba-tas,  dihukum Tuhan seperti zaman Nuh, Sodom. Niniwe (batal), juga yg pribadi seperti Herodes, Firaun, Saul, Yudas dll. Tetap ada batas dosa dan yg melebihi, mati karena dosanya seperti Herodes. Tetapi dalam masa pena-matan, batas itu meningkat, sehingga timbul banyak orang sempurna dalam dosa dan kejahatan dunia meningkat, sangat dahsyat dan ngeri. Occultisme cepat menumbuhkan dosa.

III. MENGAPA ORANG CARI OCCULTISME?

Sebab:

1. Ingin kuasa gelap yg besar, dan

2. Ingin tahu hal2 tertentu supaya segala kehendak dan keinginannya jadi, berhasil.

3. Mau terikat, tidak mau lepas sebab segala kehendaknya bisa jadi.

Setan selalu berusaha masuk da-lam orang beriman dgn memberi um-pan yg dicari orang itu, dan kalau setan sudah masuk, akhirnya ia mem-bunuh rohaninya, lalu jasmaninya. Misalnya Yudas, Saul. Sebab itu dgn alasan apapun jangan beri kesem-patan atau tempat pada iblis Ef 4:27. Occultisme biasanya masuk dgn cara halus untuk menolong seperti ma-laikat terang, sehingga ia bisa men-dapat kesempatan masuk dalam orang beriman. Apalagi dalam kebu-tuhan uang, pokoknya dapat uang banyak, jadi kaya. Banyak orang tidak sadar, di belakang pertolongan itu ada iblis. Sebab itu jangan harap pada occultisme, tetapi percaya dan harap Tuhan saja, jangan menghalalkan se-gala cara dan berpadalah Ibr 13:5, 1Kor 7:31. Tuhan tidak lupa meme-lihara anak2Nya lebih dari burung di udara. Kalau ada kesukaran periksa diri dan tanya Tuhan. Jangan sampai dalam kebutuhan apapun lari pada occultisme atau dgn kekuatan sendiri, tetapi tanya, harap dan percaya pada Tuhan. Jangan tergiur oleh godaan iblis akan masuk jerat iblis dan lama2 bisa terikat dan celaka, sebab iblis itu algojo yg lihai tetapi tujuan akhirnya adalah membunuh.

IV. TIGA TINGKAT OCCULTISME

Mengapa? Sebab orang tebusan itu adalah bait Allah 1Kor 3:16.

Kemah Suci adalah prinsip dari bait Allah, ada 3 tingkat persekutuan umat Allah dgn Allah.

Tingkat I: Halaman, menunjukkan persekutuan yg tidak erat, mudah lepas. Kalau tinggal kanak2 rohani akan mudah terseret arus dosa dunia, perlu digembalakan baik2 dan berse-kutu dgn Tuhan dan saudara2 seiman (tubuh Kristus)supaya cepat tumbuh dan tidak lepas dari Tuhan.

Tingkat II: Ruangan Suci, menun-jukkan hubungan erat antara Roh Kudus dgn roh kita dan Firman Tuhan menjadi daging, sehingga ada ikatan yg kuat dan makin bertumbuh.

Termasuk juga 7 KPR.

Tingkat III: Ruangan Maha Suci, lekat menjadi satu dgn Tuhan 1Kor 6:17, menjadi seperti Kristus, sempur-na, ikatan yg tidak bisa dipisahkan lagi.

Sebaliknya persekutuan iblis (occultisme) dgn manusia itu juga terdiri dari 3 tingkat (lawannya dari 3 tingkat ilahi), yaitu:

Tingkat I: Ikatan yg mudah lepas. Ini tingkat permulaan; waktu seorang berdosa, iblis masuk Ef 4:27. Sering-kali orangnya tidak sadar seperti Pe-trus Mat 16:23, atau Yohanes, Yako-bus Luk 9:35. Harus segera bertobat supaya tidak diikat iblis makin kuat Ibr 3:15.

Tingkat II: Roh setan masuk dan mengikat roh orang itu, berdosa da-lam roh setan, sehingga sulit lepas, tetapi masih bisa dilepaskan seperti orang gila di Gadara.

Tingkat III: Roh orang dosa itu menjadi satu dgn iblis dan setan2, tidak dapat lepas untuk selamanya, sebab dosanya sempurna, tidak lagi bisa atau mau bertobat. Ini akan ba-nyak dalam Minggu ke-70 Daniel Wah 9:20-21; 16:9,11,21. Dalam zaman se-karang jumlah orang sempurna dalam dosa bertambah, tetapi tetap terba-tas, sebab orang2 yg melebihi batas dibinasakan Allah seperti Belsyazar, Text Box: M4411  /  17 Juli 2022       hal 2      Achab, Herodes, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel (ambang batas dosa yg diizinkan Allah meningkat sampai puncak Wah 22:11) mereka jaya dan banyak jumlahnya, sehingga menga-caukan dunia dan jadi pencobaan yg sangat berat istimewa bagi orang2 beriman menjadi ujian akhir Wah 3:10, tetapi dgn Tuhan kita tetap menang melawan mereka.

Pintu masuk tingkat I adalah dosa, baik dalam hati, pikiran, sebab itu jaga hati baik2 Ams 4:23, 1Yoh 2:16.

Pintu masuk tingkat II, kalau roh setan masuk dan bersekutu dgn roh manusia (sebetulnya roh setan me-maksa, menguasai dan mengenda-likan roh manusia, misalnya orang gila di Gadara, lain dgn Roh Kudus yg memimpin dan kita mau taat dipim-pin Roh.

Pintu masuk tingkat III adalah me-nyerah penuh dan taat dipimpin roh2 setan/ iblis. Orang lama tidak berdaya melawan iblis sebab jadi ham-banya Yoh 8:34, meskipun dalam be-berapa segi masih bisa menang (karena sisa2 kemuliaan Allah Rom 3:23; 2:14-15), tetapi ini tidak cukup, sebab dalam segi lain iblis mengua-sainya. Contoh: Achab tidak berani membunuh Nabot, tetapi Izebel berani (tentu dgn siasat dan cara halus).

Tetapi dalam orang baru, (sudah lahir baru) setan sulit masuk, hanya dalam orang2 rohani tingkat Halaman (I), yaitu kalau orang itubodoh (tidak mengerti kebenaran Firman), tertipu, tidak percaya, sehingga setan bisa masuk, juga Antikris masuk Surga tingkat I dan di dalam (orang2 tingkat Halaman), sebab itu lekas tumbuh sampai Ruangan Suci, penuh dan terus taat dipimpin Roh (II), setan tidak berdaya.

V. MACAM2 BENTUK OCCULTISME

Bentuknya sangat banyak sebab iblis dan manusia sama2 kreatif. Tetapi orang yg dipimpin Roh akan terlepas, baik dalam hal2 rohani dan sekuler (jasmani) dalam sekolah, pekerjaan dll Tuhan sanggup memberi cukup bah-kan limpah dalam hal2 rohani dan jas-mani, sehingga tidak sampai terjerat karena tamak atau bodoh, lebih2 dgn umpan occultisme yg sangat enak dan menarik, tetapi jahat dan cepat tumbuh dalam dosa.

Prinsipnya occultisme menyediakan kuasa (kemampuan) dan tahu (hal2 yg tersembunyi) jauh lebih tinggi dari kemampuan manusia, sehingga manusia yg memakainya, semua ke-mauan dan keinginannya bisa berhasil dgn mudah dan cepat.

V.I. Ingin kuasa, sehingga bisa mengambil banyakkeuntungan sesuai kehendak dan kemauannya sendiri.

1. Perdukunan.

2. Ilmu ghaib (putih atau hitam).

3. Memelihara setan2, jin, tuyul,

    arwah2, tetapi sebetulnya setan

    1Sam 28:7,13.

4. Hipnotis, sihir.

5. Gendam.

6. Magnetisme.

7. Jimat (keris, batu, gelang, angka,

    hari, juga ada “jimat Kristen” (dari

    setan) dll.

8. Tempat2 keramat, mantera2 dll.

V.II. Tahu yg tersembunyi (spiritisme) dgn bola kristal, jaelangkung, kapur  yg menulis sendiri, suara roh (kesurupan, tidak sadar), telepati, nujum,  horoscope, dgn kartu, garis tangan, bandul, psychometri, kromonatik (hari baik) dll.

VI. MACAM2 AKIBAT OCCULTISME Rom 6:23

Tetapi di dunia hasilnya luar biasa, dgn kuasa dan tahu segala perkara untuk mendapat keuntungan.

Tetapi pengaruh jahatnya juga nyata seperti rohaninya dingin, tidak suka Firman Tuhan, mata rohaninya buta, imannya hilang, perasaan hati-nya mati, berani berdosa apapun tan-pa malu dan tertuduh sehingga dosa-nya tumbuh dgn cepat, depresi, ge-lisah, takut, bingung, menghojat Tu-han, macam2 sakit (banyak keluar darah) benci, marah, rumah tang-ganya kacau, bunuh diri, sakit, gila dll. Kalau tidak dilepaskan, dosa tidak boleh masuk Surga, masuk Neraka Wah 21:27.

VII. CARA KERJA IBLIS

DAN MENGHADAPINYA

A. Halus, tidak terasa, sehingga ada orang2 beriman yg bisa digarap bah-kan diperalat iblis tanpa disadari. Ja-ngan heran kalau 3 murid utama Tu-han berhasil diperalatnya tanpa mere-ka sadar, sampai ditempelak oleh Tu-han (Petrus Mat 16:23, Yohanes dan Yakobus Luk 9:55 KJI). Ternyata iblis lebih cerdik dari 3 murid utama Putra manusia. Juga Yudas, Thomas, Saul dll tampak jelas ditipu iblis tanpa disa-dari. Pada permulaan. Iblis memberi macam2 pikiran yg baik, yaitu mem-beri yg terbaik bagi Kristus, tetapiitu pikiran setan yg tidak berkenan pada Tuhan seperti Petrus, Yohanes, Yako-bus, Saul ingin memberi yg baik bagi Tuhan padahal itu melanggar Firman Tuhan 1Sam 15:15. Sebab itu kita harus mengenali pekerjaan iblis dan mengusirnya pergi (iblis dan setan2 tidak bisa dibunuh seperti Goliat, sesudah ia pergi untuk sementara, ia akan kembali lagi, bahkan lebih segar dan dgn siasat yg lebih lihai Luk 4:13).

Bagaimana cara mengalahkan iblis dgn occultismenya? sebab kita tidak bisa melihatnya? Dgn pertolongan Tuhan yg selalu siap menolong kita, yaitu dgn berdoa dalam Roh dan ke-benaran senantiasa 1Yoh 4:23, 1Tes 5:17. Ini kunci untuk selalu bisa taat hidup dipimpin Roh. Sebab Roh Ku-dus dapat melihat iblis dkk dan leng-kap sampai semua rencananya dan Roh Kudus sanggup mengalahkan iblis 100%, bahkan untuk orang yg selalu taat dipimpin Roh, Roh Kudus bekerja se-olah2 otomatis, semua selesai dgn baik, sekalipun banyak pekerjaan occultisme itusembunyi2, pura2, dgn siasat yg cerdik dll. Hadapilah dgn terus menerus berdoa dalam Roh dan hidup benar itu seperti otomatis me-nang melawan setan. Sebab itu kalau ada yg menakutkan atau hati gelisah, menghadapi apapun, termasuk peker-jaan occultisme, jangan bingung, terus berdoa dalam Roh dan kebenaran dan tunggu suara Roh. Roh Kudus tahu lengkap semua keadaan dan peker-jaan occultisme, itu otomatis me-ngusir pekerjaan setan. Jangan lupa selalu hidup benar, sebab dgn dosa, Tuhan jadi terbatas, dan setan dapat pintu masuk Ef 4:27, atau sudah ada dalam orang itu dan terus menipu, menyesatkan dan mengendalikannya sehingga dikalahkan setan. Jangan bereaksi dosa, itu permulaan keka-lahan atau sudah ditawan iblis. Sekalipun Simson akhirnya celaka dan binasa, sebab tidak mau bertobat dari perzinaannya.

Jangan bereaksi dosa baik dgn kata2, pikiran, atau perbuatan, tunggu pimpinan Tuhan, lebih2 dalam kea-daan kritis. Segala macam serangan occultisme, biarpun di tengah2 ribuan setanpun, kita aman, sebab Roh Kudus di dalam kita lebih besar, lebih kuat dari berapapun banyaknya iblis dan setan2 yg mau menyerang 1Yoh 4:4, Rom 8:31,37. 

Jangan mengusir setan, kalau bu-kan setan, tetapi orangnya sendiri yg menuruti daging, atausetan sudah pergi. Kalau kita rasa perlu usir, satu, dua kali sudah cukup lalu berdoa dalam Roh, sebab didalamnya sudah lengkap ada dalam doa syafaat Roh Kudus pada Bapa dan sudah termasuk mengusir setan yg kita hadapi, sebab ada kuasa dalam doa orang yg per-caya danbenar Yak 5:16. Tunggu pim-pinan Tuhan, kalau belum ada tetapi hati sejahtera, jangan bingung atau kuatir, doa saja terus sampai merasa cukup lalu lanjutkan melakukan apa yg harus kita lakukan dalam pimpinan Roh. Sangat mudah dan enak, hidup penuh dan selalu taat dipimpin Roh dgn berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran. Kalau jalan kita betul, ada sejah-tera, tidak takut, iman tumbuh, yakin pertolongan Tuhan, sangat indah.

Kalau setan sudah ada dalam seseorang itu mungkin:

1. Hanya hinggap, misalnya pada Petrus dll. Setan bisa mendekat dan bicara.

2. Setan sudah masuk dalam orang itu dan menguasainya, sebab orang itu memberi persetujuan atau meminta-nya, maka setan masuk dan mengua-sainya, misalnya orang datang pada dukun dll minta tolong, itu setan ma-suk dgn sah, diminta. Misalnya orang main jaelangkung dan setan minta masuk, ia setuju. Sebaliknya setan mau masuk ia menolak, setan tidak bisa masuk hanya hinggap. Kalau se-tan hinggap, seringkali orang tidak tahu. Tetapi kalau sudah masuk, mengikat, seringkali perlu ditolong. Usir dalam Nama Yesus Mrk 16:17. Orang seperti ini biasanya tidak ber-daya, seperti orang gila Gadara, ter-paksa memukul dirinya sendiri seka-lipun sakit dan ia tidak mau. Juga wak-tu menolong orang untuk bisa per-caya, taat, bertobat, usir dalam Nama Yesus dan berdoa terus dalam Roh dan kebenaran. Contoh dalam Luk 11:20.

Setan diusir, maka mata rohaninya terbuka, bisa tahu dan mengenal kera-jaan Surga (pertolongan datang) ia mau (masuk dalam kerajaan Allah), maka ia tertolong, bisa percaya, ber-tobat, mau taat!

Keras hati, tidak mau bertobat dll itu terutama karena orang itu menu-ruti daging, semaunya sendiri, tetapi biasanya setan juga menguatkannya, apalagi kalau setan sudahada dalam dia. Juga mata hatinya jadi buta, pe-rasaan hatinya tumpul, tidak merasa bersalah, sehingga juga ada banyak dosa lainnya.

Jangan takut kalau kita harus menghadapi orang2 seperti ini.

Tidak semua pekerjaan iblis harus diusir, tanya Tuhan. Misalnya dalam upacara2 mereka, kecuali disuruh Tuhan. Tetapi dalam orang2 yg kita hadapi lebih2 yg jadi beban kita, lawan terus sampai menang dan dgn Tuhan pasti bisa menang (jangan lupa tetap hidupbenar dan jangan bereaksi dosa).         

Kalau harus tinggal dalam rumah atau hotel singit (angker) doa terus dalam Roh dan kebenaran.

Iblis, setan dan orang2 sempurna dalam dosa (seperti Antikris) tidak bisa dilepaskan dari setan, tetapi Roh Kudus di dalam kita sanggup mengusir dan melawan mereka sampai me-nang. Orang gila Gadara dll yg dikuasai banyak setan tetap bisa dilepaskan Mrk 5:8-9. Orang sempurna dalam do-sa itu celaka total, sekalipun masih hidup, tidak bisa dan tidak mau dito-long. Bahkan Putra manusia Yesus berkata pada Yudas yg sempurna da-lam dosa, lebih baik ia tidak lahir, sebab tidak bisa ditolong lagi Mat 26:24. Bahkan Yudas yg mendengar ini dan tahu itu baginya, sama sekali ti-dak pusing, tenang2 saja, tidak sedih, tidak malu, tidak menangis atau ber-tobat, perasaan hatinya sudah mati, tidak malu. Juga kata2 yg celaka dise-but dalam Hos 9:11-17 untuk orang2 yg sempurna dosanya. Hati2, ada ke-mungkinan bagi semua orang berdosa yg keras hati dan terus tidak mau bertobat, dosanya akan tumbuh terus sampai sempurna dan binasa jiwanya. Orang sempurna dalam dosa ini, sekarang ini belum banyak yg nyata (tentu ia tidak mau mengakuinya, bahkan pura2 jadi orang rohani dan terhormat seperti orang Parisi sebab ahli pura2), baru nanti dalam zaman Antikris (dimana tidak ada yg mena-hannya lagi 2Tes 2:7) ia akan te-rang2an membuka kedoknya dan menjadi pembunuh banyak orang dgn kejam. Dgn pikiran kita sulit me-ngenalinya, tetapi Roh Kudus tahu dgn lengkap dan sempurna. Kalau kita di-pimpin Roh Kudus, maka dalam meng-hadapi orang2 yg penuh pekerjaan iblis, apalagi yg sempurna, Roh Kudus akan menyatakannya baik langsung atau tidak langsung, mungkin dgn karunia marifat atau karunia membe-dakan roh (sehingga kita tahu ada roh2 setan dalam orang itu yg me-nguasainya).

Kalau belum bisa membedakan perkara2 occultisme atau siasat atau gerakan2nya, jangan takut, jangan bingung, terus berdoa dalam Roh dan kebenaran, maka Roh Kudus ygtahu tepat, pada saat yg tepat akan me-nunjukkan dan memimpin kita meng-hadapinya. Misalnya Paulus mula2 tidak mengerti kata2 seorang budak perempuan yg dirasuk roh tenung (yg menguntungkan tuannya dgn tenung-an itu) Kis 16:16-19. Mula2 Paulus tidak sadar, sebab kata2nya benar (ayat 17). Tetapi Roh Kudus me-nyatakan ini siasat iblis yg mula2 se-olah2 mendukung, tetapi kemudian akan menyabot dan menyesatkan. Sebab itu Paulus bertindak dgn iman mengusir roh setan itu dan roh setan itu pergi, tuannya marah sebab keuntungan tenungannya hilang.

Dalam pelayananNya, ber-ulang2 Putra manusia Yesus menghadapi orang2 yg nampak biasatetapi ada roh setan di dalamnya dan langsung diusir. Misalnya ada seorang perem-puan bungkuk selama 18 tahun, ter-nyata itu bukan tulangnya yg bengkok, tetapi ada roh setan Luk 13:11-12. Sesudah diusir, bungkuknya hilang. Bahkan dari jarak jauh setan yg merasuk itu mendengar Putra manu-sia Yesus mengusirnya dan ia pergi keluar Mat 15:21,28. Seorang mem-bawa anaknya dirasuk roh bisu, tetapi Tuhan Yesus mengusir roh bisu dan tuli Mrk 9:17,25. Kalau tidak tahu nama setan (semua itu satu golongan dgn iblis) dgn kuasa Allah usirlah semua roh2 setan itu Mrk 16:17, se-bab kita memakai kuasa sAllah dan Roh Kudus ada dalam kita.

Ada ber-macam2 bentuk pekerja-an setan, lebih2 dgn tipu dayanya, tetapi Roh Kudus tahu semua dan kuasa Allah mengalahkan segala pe-kerjaan iblis dan setan2. Jangan lupa, tinggal dalam kesucian, jangan be-reaksi dosa, sebab dosa itu pintu masuk bagi iblis dan setan2, sehingga setan bisa bekerja Yoh 8:34. Jangan lupa kita perang dgn iblis dan me-nyelamatkan manusia kecuali manusia yg keras hati dan sudah sempurna dalam dosa, tidak bisa ditolong lagi.

Scroll to Top