M4405 – Kisah Para Rasul 2:1-6 Hari Pentakosta

I. APA?

A. DALAM WASIAT LAMA

Ada 3 hari raya (Im 23), yaitu:

1. Paskah, terdiri dari hari raya Pas-kah (tanggal 14, bulan I, diampuni dosa dan dilepaskan dari dosa oleh korban Kristus di Golgota), dan hari raya Fatir (roti tanpa ragi), tanggal 15-21 bulan I (mati lepas dari dosa, bisa hidup dalam kesucian, tanpa ragi dosa).

2. Pentakosta. Terdiri dari hari raya buah sulung, permulaan panen. Kris-tus adalah buah sulung kebangkitan yg jadi sempurna (dgn orang2 Wasiat Lama yg sempurna, ikut bangkit Mat 27:52-53), juga orang2 Wasiat baru yg mau taat dan setia tumbuh terus, bisa sampai sempurna dan hari raya Pen-takosta, panen besar, ini mencerita-kan tentang Roh Kudus turun meng-gantikan Putra manusia Yesus bagi GerejaNya Yoh 16:7.

3. Pondok Daun. Terdiri dari 3 hari raya, yaitu:

– Hari raya Nafiri (tanggal 1, bulan 7). Ini cerita tentang bunyi nafiri untuk pengangkatan.

– Hari raya Grafirat (tanggal 10, bulan 7). Ini berarti penebusan manusia se-lesai (tebus roh + tebus tubuh pada waktu pengangkatan + kebangkitan I, mulai dari saat pengangkatan sampai akhir Minggu ke-70 Daniel, panen su-sulan (gleaning, KJ) dari orang2 yg ter-tinggal dan bertobat, dan mati dalam zaman Antikris lalu bangkit. Kemudian

– Hari raya Pondok Daun (tanggal 15-21, bulan 7). Ini cerita tentang Kera-jaan 1000 tahun.

Jadi hari raya Paskah dan Pen-takosta sudah digenapkan, kita me-nunggu penggenapan kelompok hari raya Pondok Daun yg didahului hari raya nafiri dan grafirat.

B. DALAM WASIAT BARU

Hari raya Pentakosta pertama dalam Wasiat Baru itu terjadi pada hari ke-50 (Pentakost = hari ke-50) sesudah ke-bangkitan Kristus. Ini hari panen ro-hani, karena Roh Kudus = Roh panen. RohKudus turun menggantikan Putra manusia Yesus secara rohani, yaitu masuk dalam orang2 percaya dgn baptisan Roh Kudus. Panen jiwa2 yg terjadi pada hari itu, ribuan orang bertobat dan 3.000 orang dibaptiskan Kis 2:41, maka lahirlah Gereja yg terus bertekun dalam 7 KPR yaitu Kis 2:41.

II. PUTRA MANUSIA YESUS NAIK, ROH KUDUS TURUN

Mengapa Putra manusia Yesus harus diganti oleh Roh Kudus? Ini sangat berguna bagi umat Tuhan Wasiat Baru Yoh 16:7.

1. Tugas Putra manusia Yesus sebagai Korban tebusan sudah selesai Yoh 20:29.

2. Gereja lahir dan Gereja mendapat penggantinya sesuai dgn rencana Al-lah yaitu Roh Kudus, sehingga setiap orang percaya bisa hidup seperti Putra manusia Yesus, yaitu Kristus, dgn bap-tisan Roh Kudus dan terus hidup taat dipimpin Roh, menggenapi rencana Allah, hidup sebagai Kristus, Putra Allah Rom 8:14. Ini kunci hidup Putra manusia Yesus di dunia Mat 4:1, Luk 4:1,18. Maka umat Tuhan, orang Kris-ten adalah pengikut Kristus, orang2 yg seperti Kristus bahkan bisa menjadi seperti Kristus 1Kor 11:1, Kis 11:26. Ini luar biasa. Memang Putra manusia adalah jalan kebenaran dan hidup Yoh 14:6, contoh bagi kita, sangat indah. Ini hanya mungkin dgn cara hidup menurut Firman Tuhan dan taat di-pimpin Roh dgn setia sampai ke akhir. Kalau tidak ada pencurahan Roh Ku-dus, murid2 akan lemah, putus asa, kembali dalam hidup lama, tidak lahir Gereja dan rencana penebusan manu-sia tidak dapat terlaksana. Hanya dgn baptisan Roh Kudus, maka Gereja bisa lahir dan tumbuh sampai sempurna lalu ikut dalam pengangkatan.

3. Prinsip pekerjaan Roh Kudus dite-rangkan dalam Ul 11:14, yaitu dgn hujan Awal yg memulai dan mela-hirkan Gereja dan hujan Akhir yg membuat Gereja menjadi matang se-perti gandum, sehingga bisa dituai. Inilah penggenapan rencana Allah, terjadi penuaian orang2 beriman pada hari pengangkatan.

4. Prinsip rencana Allah dalam ma-nusia dapat dilihat dari:

a. Riwayat hidup Putra manusia Yesus sampai tamat Yoh 19:30, jadi contoh kita.

b. Dalam skema Kemah Suci, yaitu dari lahir baru (Pintung Gerbang sam-pai Pintu Kemah), yaitu rohnya ganti baru, dari anak2 iblis (orang dosa) menjadi anak2 Allah yaitu orang suci di dalam Kristus. Ini perlu lahir baru oleh air (benih2 Firman Tuhan), dan Roh (Roh Kudus) Yoh 3:3,5. Kita men-jadi anak2 Allah Yoh 1:12, luar biasa, orang baru. Tetapi tubuh belum dite-bus (sering melawan kehendak Roh Gal 5:17), menunggu tebus tubuh pa-da kedatangan Tuhan Yesus yg kedua kalinya. Rencana Allah dalam manusia adalah lahir baru (Halaman), lalu tum-buh sampai dewasa (Ruangan Suci), dan sampai sempurna seperti Kristus (Ruangan Maha Suci).

c. Keselamatan itu dikerjakan oleh 3 Pribadi Allah yg adalah satu. Mereka selalu bersatu sebab mereka adalah kasih, sebab itu rencana Allah bagi manusia dilakukan bersama. Roh Ku-dus adalah Allah, kalau tidak, tidak jadi satu ber-sama2 dalam Tiasa (Tiga adalah satu) 1Yoh 5:7. Tetapi yg tidak mengakui Roh Kudus sebagai Allah dan Allah itu hanya terdiri dari dua Oknum, itu sesat, dan menghina atau menghojat Roh, tidak mengganggap Roh Kudus sebagai Allah, ini dosa, ti-dak ada pengampunan Mat 10:31-32. Dan tanpa Roh Kudus, selain Bapa + Putra, tidak akan dapat masuk dalam rencana Allah.

Murid2 sudah dipilih oleh Tuhan, sudah menjadi murid, tetapi tanpa Roh Kudus semuanya tidak jadi, sebab itu adalah rencana Allah (misalnya Kis 1:8). Juga kita tanpa Roh Kudus, hanya bisa jadi pengikut Kristus secara for-mil, tidak bisa tumbuh menjadi seperti Kristus. 

III. PRINSIP HIDUP PENTAKOSTA, DALAM ROH KUDUS

Tujuan utama dipenuhi dan mau taat dipimpin Roh adalah hidup seperti Pu-tra manusia, sesuai dgn rencana Bapa dan berakhir dalam kemuliaan Surga kekal.

Hidup seperti Putra manusia Yesus itu luar biasa, yaitu:

1. Orang biasa jadi luar biasa. Misal-nya Kis 4:13, Yak 5:17-18, bukan untuk kepujian sendiri, tetapi untuk kemu-liaan Allah Rom 11:36.

2. Bisa bersukacita dalam tabiat baru dalam pimpinan Roh, selalu dalam su-kacita dan sejahtera Roh Rom 14:17, Fil 4:4,7, terus tumbuh dalam kasih sampai sempurna 1Kor 13:1-13.

3. Melakukan perkara2 besar dgn Roh Maz 60:14 selalu menang atas segala pencobaan Zak 4:6.

4. Dipelihara seperti biji mata Tuhan Zak 2:8.

Inilah cara hidup Pentakosta, yaitu:

a. Selalu penuh dan terus taat dipim-pin Roh, hidup suci MAK DSY dan ber-kenan pada Tuhan Kol 1:10 dgn setia sampai ke akhir. Memang seharusnya ini adalah ciri2 anak2 Allah Rom 8:14.

b. Dasarnya adalah hidup suci dalam Kristus, tidak bereaksi dosa atau me-nurut daging! Ini tidak sulit asal dgn tulus mau, sebab Roh Kudus tahu yg sungguh2 mau dan sanggup meno-longnya. Langsung praktekkan hal ini seperti murid2 dari permulaan, dgn tulus untuk kemuliaan nama Tuhan se-mata2.

IV. RINCIAN PEKERJAAN ROH KUDUS

1. Mahir mendengar suara Roh dan taat. Kemahiran itu bukan karena me-nguasai tehniknya tetapi karena:

a. Selalu taat akan suara Roh yg didengar. Makin taat makin peka.

b. Makin mengerti kebenaran Firman Tuhan, makin teliti dan tepat mem-bedakan antara suara Roh, suara sen-diri dan suara iblis dan dunia ini. Sebab Roh Kudus selalu bicara sesuai dgn Firman Tuhan Yoh 16:14.

c. Kita harus tetap hidup dalam ting-katan Ruangan Suci Mrk 4:11, supaya makin peka. Orang yg bodoh, suara daging atau berhala dikira suara Allah Hos 8:6; 4:6, Mrk 12:24.

2. Rencana Allah yg heran di jalan sempit, jalan salib, atau Mezbah yg sakit bagi daging Rom 12:1-2, tetapi justru dalam mematikan daging ada sejahtera dan sukacita dan kita tum-buh dalam rencana Allah, makin suci dan makin berkenan pada Tuhan.

Daging dan Roh selalu berten-tangan Gal 5:16-17.Sebah itu kalau seorang mau taat akan suara Roh, ia akan sungguh2 mau mematikan da-ging, maka Roh Kudus memberi ke-kuatan untuk taat dalam kesucian dan Text Box: M4405  /  5 Juni 2022       hal 2      melakukan kehendak Tuhan. Berjalan dalam Roh itu selalu dalam jalan sempit.

3. Tujuan kita adalah hidup kekal di Surga. Dunia adalah sekolah. Sebab itu belajar baik2 mentaati Firman Tu-han supaya selalu lulus dan bisa naik kelas, itu membuat sukacita. Seka-lipun banyak pencobaan, justru mem-perbanyak sukacita kita Yak 1:2. Bukan se-mata2 cari kesukaan atau rekreasi, nanti keliru minum anggur lama jadi mabuk dan keracunan, se-bab anggur lama atau anggur Sodom itu racun iblis Ul 32:32-33. Sukacita kita itu memancar dari dalam hati kita, karena terus lulus dan naik kelas dalam banyak pencobaan, itu yg in-dah, sukacita dari Tuhan. Bukan sebab mencari kesukaan, kalau perlu mem-beli, tidak peduli ada dosa atau terus jatuh bangun dalam dosa, hidupnya akan seperti mati 1Tim 5:6. Ini suka-cita yg salah Yoh 4:13-14. Pikul beban, lakukan kehendak Tuhan dgn sung-guh2 dalam pimpinan Roh dan hadapi semua pencobaan yg ada di dalamnya sampai lulus dan naik, ini cara sekolah atau hidup di dunia yg betul, dgn kuasa Pentakosta ilahi.

4. Ber-buah2 jiwa2, kalau tidak dipo-tong. Yoh 15:5. Orang yg cinta Tuhan itu cinta jiwa2 di sekitarnya dan mau terbeban untuk menyelamatkan me-reka semua. Jangan seperti orang du-nia, ingin sukses supaya menjadi besar dan dipuji. Tetapi lakukan dgn kasih Kristus untuk menyelamatkan dan memenangkan jiwa2 dalam kesucian, dalam segala segi.

Kasihi orang di dekat kita Luk 10:27. Apalagi orang serumah. Orang dunia berkata: “Dekat bau bangkai, jauh bau kembang”, sebab itu lebih sulit memenangkan orang dekat. Te-tapi dalam Tuhan justru sebaliknya. Orang dekat yg melihat akan berto-bat, kalau kita hidupdalam kesucian dipimpin Roh dan dgn kuasa Allah Luk 11:20. Memang  sulit untuk orang du-nia yg tidak mau pikul salib, sebab tidak ada kuasa. Tetapi kalau mau pi-kul salib, tetap dalam kesucian, ada kuasa Allah yg mencelikkan matanya yg betul dan bisa jelas melihat kese-lamatan dan kerajaan Surga dari Tuhan.

5. Lima gadis bijak, punya persediaan minyak. Kita perlu berdoa senantiasa dalam Roh dan hidup benar, sehingga selalu mengalir minyak Roh Kudus dari Tuhan Zak 4: (1-) 14. Jadilah Putra manusia Yesus. Ini berarti kehidupan doa yg betul, dalam Roh dan kebe-naran Yoh 4:23-24, terus menerus 1Tes 5:17, sehingga minyak peng-urapan makin limpah dan terus ber-tambah2 dgn nyata. Baik dalam hujan Awal, lebih2 dalam hujan Akhir. Baik dalam pencobaan atau dalam keadaan “istirahat” atau baik2, sebab hubungan baik ini perlu dijaga terus sehingga bisa terus berjalan dgn Tu-han. Ini namanya ber-jaga2 Mat 24:42, selalu pikul salib dalam kesu-cian dan siap untuk taat melakukan kehendak Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus. Ini kunci dari berjalan dalam Roh terus menerus dan selalu disertai dgn sejahtera dari Tuhan Fil 4:7. Ini suatu tanda yg peka untuk berjalan dalam Roh senantiasa. Segera sejah-tera terganggu atau hilang, lekas ber-tanya2 Tuhan dan ber-jaga2, kadang2 juga dosa sudah masuk dalam pikiran, termasuk panah berapi iblis yaitu pikiran2 yg keliru, sesat atau dosa. Kalau ada hal2 yg salah, langsung buang, kembali pada kesucian Tuhan.

Orang yg selalu punya limpah minyak Roh Kudus, itu seperti punya minyak persediaan, selalu penuh dan dipim-pin Roh dalam segala waktu dan keadaan, tetap dalam kesucian, tidak bereaksi dosa dan bersekutu dgn Tuhan.

Dalam kasus2 yg dihadapi akan selalu ada pimpinan Roh, tahu harus berbuat apa atau menunggu pimpinan Roh, tetapi tetap dgn sejahtera Fil 4:7.

6. Hidup berkemenangan dgn kuasa Roh Kudus. Pada hari Pentakosta itu masa2 yg sulit untuk murid2 sebab orang Yahudi dan para pemimpin2nya merasa sudah menang dan Kristus sebagai musuhnya sudah dikalahkan, lalu murid2 dan pengikutnya juga akan dibasmi lebih lanjut. Aniaya mu-lai timbul tetapi di tengah2 kesukaran dan aniaya orang2 beriman tetap mengalami kemenangan. Jumlahnya bukan bertambah sedikit, tetapi ma-kin ber-tambah2, bahkan terus sam-pai di luar negeri seperti yg disebut dalam Kis 1:8. Juga kuasa, mujizat muncul ber-limpah2 Ibr 2:4, Mrk 16:20, Luk 24:49.

Lebih2 dalam hujan Akhir, mes-kipun keadaan juga akan makin parah, tetapi dgn kuasa Pentakosta umat Tu-han akan berkemenangan dan limpah dgn tanda2 dan kuasa, dan mujizat. Ini terutama terjadi pada masa menje-lang penamatan rencana Allah dalam puncak2 hujan Akhir.

Ada perbedaan penting dari masa kesukaran dalam hujan Awal dan hujan Akhir. Hujan Akhir untuk mema-tangkan Gereja sehingga bisa dituai. Sekalipun keadaannya makin parah tetapi justru kuasa Pentakosta luar biasa dan orang2 yg berkemenangan yg akan ikut pengangkatan, semuanya terlepas sebab mereka tidak akan mati (banyak mati dalam hujan Awal) karena masuk dalam golongan peng-angkatan, itu biasa, ada kesukaan yg besar dan kuasa hujan Akhir begitu limpah, apalagi dgn pelayanan dgn fa-silitas akhir zaman ilahi yg luar biasa. Juga mulai ada pelayanan orang sem-purna selain pelayanan jabatan yg nyata dan rata2 tingkat rohani me-ningkat tinggi, sekalipun kesukaran dan aniaya, dosa dan kejahatan makin meningkat. Keadaan begitu dahsyat sehingga orang2 yg mendengar saja sudah sangat ketakutan sampai mati Luk 21:26. Jangan takut sebab dgn kuasa Roh Kudus, lebih2 dalam hujan Akhir, Tuhan sanggup menggenapkan rencanaNya, bahkan pada waktu ini Gereja jadi ajaib, pekerjaan Roh Kudus luar biasa, juga pekerjaan Bapa dan Putra Allah Wah 12:1.

7. Bahasa lidah. Tanda2 baptisan Roh adalah apa yg didengar (bahasa lidah) dan dilihat (reaksi sukacita dll dari baptisan Roh Kudus) Kis 2:33; 10:44-45; 19:1-6 dll. Orang beriman yg tidak mengerti, tidak mau menerima baha-sa lidah, rugi, ini fasilitas Wasiat Baru yg luar biasa, mereka hanya memakai pekerjaan Roh Kudus versi Wasiat Lama, yg jauh lebih sederhana dari-pada versi Wasiat Baru yg diperlukan untuk penyempurnaan Gereja. Sayg! Bahasa lidah ini tanda utama dan ba-nyak faedahnya. Ada puluhan fae-dahnya bahkan bisa “all in” untuk segala sikon dan kasus, luar biasa. Sebab orang yg berdoa dgn bahasa lidah; Roh Kudus berdoa syafaat ba-ginya  Rom 8:26-27. Dalam segala kea-daan, sekalipun kita tidak mengerti apa2, doa saja dgn tulus, dalam ke-sucian dan mau terus taat dipimpin Roh, maka Roh Kudus yg tahu segala sikon dan orang2 yg kita hadapi dgn lengkap (sampai dalam hati dan ren-cana atau maksud tersembunyi) dan juga tahu yg akan datang, Ia menaikkan doa syafaat bagi kita dgn betul dan sempurna. Bahasa lidah ini luar biasa. Tidak perlu kedengaran orang lain, dalam hati juga bisa dan Roh Kudus yg menguasai sikon di se-kitar kita akan memberi sejahtera, hik-mat, kuasa untuk menghadapi sikon dan orang2 tsb. Sabar, jangan emosi, tetapi terus berdoa dalam Roh dgn bahasa lidah dan dengarkan suara pimpinan Roh Kudus. Juga dalam keadaan “darurat”, sebab bagi Roh Kudus (Allah!) tidak ada keadaan da-rurat atau kebetulan, semua di dalam kuasaNya yg maha besar. Jangan ta-kut, kuatir atau panik. Praktekkanlah tekun berdoa dalam bahasa lidah su-paya kita makin mahir memakai cara ilahi yg tidak terbatas ini, yaitu berdoa dalam Roh (bahasa lidah 1Kor 14:14) dan kebenaran.

8. Berjalan dgn iman. Orang yg di-pimpin Roh itu berjalan dgn iman 2Kor 5:7, sebab dgn akal tidak bisa taat akan suara Roh yg tidak cocok dgn akal dan daging. Kalau kita kurang yakin atau imannya kecil dalam meng-hadapi sikon dan kasus2 yg datang, terus berdoa dalam Roh dan kebe-naran, dan selalu harap pada Tuhan dan mau taat, maka iman kita akan tumbuh makin kuat dgn tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran. Janji2 Firman Tuhan yg se-olah2 mati, tidak masuk akal, akan jadi hidup, bergerak dalam kita dan menimbulkan iman 2Kor 3:6.

9. Buah dan karunia Roh. Ini akan keluar dgn sendirinya dgn sepenge-tahuan kita atau tidak, waktu kita taat dgn penuh pada pimpinan Roh Kudus. Kalau kita mau belajar dan mengerti setiap buah dan karunia Roh, itu me-nolong kita bisa lebih lancar kerjasa-ma dgn Roh Kudus menghasilkan buah, karunia Roh dan tabiat baru (tabiat baru yg ditumbuhkan dalam pimpinan Roh itu sama dgn buah Roh (lihat bukunya). Juga dalam mengha-dapi pekerjaan setan yg banyak se-kali, biasanya tersembunyi, tidak keta-huan, tetapi dgn Roh Kudus, Roh Kudus tahu semua dan sepenuhnya menguasainya dan kalau kita taat, kita juga akan menang penuh pada iblis dan segala setan! Biarpun iblis itu sangat lihai, Roh Kudus lebih besar daripadanya dan 100% menang atas-nya; dalam kasus kita, tergantung dari ketaatan kita pada pimpinan Roh.

Jadi pimpinan Roh itu luar biasa, kitabisa menghadapi segala perkara “all in”, sehingga orang yg taat dipim-pin Roh itu tampaknya seperti Putra manusia Yesus, luar biasa. Sebab itu belajar terus dipimpin Roh.

10. Persekutuan Roh Ef 4:3, 1Kor 12:12-13, Rom 12:5. Ini perlu dipeli-hara dalam kasih Kristus dan kesucian 1Yoh 1:7. Kita ber-sama2 dipimpin Roh dalam satu barisan Gal 5:25 (ba-hasa Yunani G4748),maka ber-sama2 di dalam Roh, kita menjadi jauh lebih kuat, lengkap dan Tuhan makin nyata bekerja lewat kita sebagai tubuh Kris-tus atau bagiannya. Jangan biarkan iblis memecah. Harus bisa membe-dakan roh 2Kor 11:4 (mereka yg tidak dipimpin Roh, tidak bisa membe-dakan, apalagi kalau mendengar suara Roh waktu lalai seperti Petrus, Yoha-nes, Yakobus Mat 16:23, Luk 9:55). Dgn Roh Kudus yg Maha tahu dan Maha kuasa kita aman dan terpelihara kalau selalu taat dipimpin Roh dan bersama akan mengalami perkara2 yg besar untuk kemuliaan nama Tuhan Maz 60:14.

KESIMPULAN

Pentakosta membuat murid2 jadi seperti Putra manusia Yesus dalam hujan Awal, lebih2 dalam hujan Akhir arahnya lebih ajaib, yaitu meningkat terus sampai jadi sempurna seperti Putra manusia Yesus yg sudah sem-purna. Ini semua adalah rencana Allah untuk menyempurnakan tubuh kristus dan itu pasti akan jadi Ibr 2:7-8. Menjadi seperti Putra manusia Yesus, itu harus jadi patokan dan kerinduan kita. Meskipun dari luar masih orang biasa, (sebab semua belum tebus tu-buh), tetapi rohnya bisa menjadi luar biasa (sebab sudah jadi anak Allah seperti Putra manusia Yesus) dan ma-kin lama makin indah makin seperti Kristus. Kita harus belajar hidup dalam roh yg baru dan dipimpin oleh Roh Kudus, sehingga kita bisa menang menghadapi perkara2 yg kecil sampai besar, sebab Allah tidak terbatas. Belajar berjalan dalam Roh. Itu amat indah, penuh sukacita dan sejahtera Roh, dan terpelihara oleh Allah seperti biji mataNya, sampai masuk dalam Surga yg kekal, baik secara pribadi maupun bersama.

Scroll to Top