M4344 – Ulangan 11:14 Kegerakan Roh Kudus, Hujan Akhir

I. PENDAHULUAN

Tanda-tanda khas akhir zaman itu biasanya:

1. Hal baru, sehingga tidak dipersiapkan.

2. Tiba-tiba.

3. Global sampai seluruh dunia.

Kita mulai mengalami banyak bencana-bencana global, malapetaka di mana-mana, dosa meningkat juga pandemi. ( Dahulu ada perang dunia, tetapi belum kena seluruh dunia ). Tetapi jangan lupa, Allah juga mempersiapkan umat-Nya, Gereja-Nya di seluruh dunia, bahkan lebih dahulu dari pekerjaan iblis dan tanda-tanda akhir zaman. Allah selalu mempersiapkan lebih dahulu. Misalnya sebelum pencobaan besar datang atas Gereja mula-mula, Tuhan mencurahkan Roh Kudus lebih dahulu mempersiapkan orang-orang yang mau bersedia, dipimpin Roh. Begitu juga akan ada kegerakan Roh Kudus, yaitu hujan Akhir global sebelum ujian yang dahsyat dan masa penamatan. Allah tidak pernah terlambat, dan umat-Nya selalu diingatkan Mat 24:42 supaya bersedia seperti lima gadis bijak yaitu selalu hidup benar di hadapan Allah dan limpah dengan 7 KPR plus, sebab tiba-tiba ujian Akhir ( baptisan api ) dan hari Penamatan yang dahsyat akan datang di seluruh dunia, yang tidak bersedia akan gugur.

7 Kebutuhan Pokok Rohani ( KPR ) itu adalah:

1. Hidup suci dipimpin Roh senantiasa.

2. Pikul salib.

3. Bersekutu dalam Roh, dalam kesucian dan kasih 1 Yoh 1:7.

4. Terus bertekun berdoa dalam Roh dan kebenaran.

5. Ibadah dengan tekun.

6. Alkitab, mengumpulkan 2 gomer dan belajar sampai mengerti dan taat Mat 13:23.

7. Melayani dalam Roh sebisa-bisanya, lebih-lebih dalam zaman pandemi ini banyak kesempatan bagi yang mau dan dipimpin Roh.

Tetapi disamping itu kita perlu minta hujan Akhir Zak 10:1. Baik secara pribadi dan bersekutu bersama-sama dalam Roh, dan ikut serta mengalami hujan Akhir, sebab ini perlu untuk bisa menang mengatasi kesukaran-kesukaran yang makin dahsyat ini, tahu siasat dan rencana iblis dan masuk dalam rencana penamatan Allah, siap untuk diangkat dalam kemuliaan Allah yang besar dan abadi.

II. APAKAH KEGERAKAN ROH KUDUS ITU?

1. Roh Kudus dicurahkan dan orang-orang yang mau dipimpin Roh akan bisa hidup suci ( orang-orang berdosa bertobat, luar biasa ), penuh gairah dan berkemenangan atas setiap pencobaan, sebab limpah dengan hikmat dan kuasa Allah, dengan pengurapan yang limpah seperti dalam Zak 4:2-3 ( bandingkan dengan 2 saksi yang hebat dalam zaman Antikris, pengurapannya hanya setengahnya Wah 11:4 ).

2. Tanda-tanda menyertai. Mrk 16:20. Mereka penuh dengan sukcita dan banyak kesaksian-kesaksian yang heran karena hidup suci, dipimpin Roh dan limpah dengan segala perkara-perkara dari Atas. Kuasa dan tanda-tanda mujizat mengikuti mereka, lebih-lebih dalam banyak pencobaan dan kesukaran. Ada banyak kesembuhan, pertolongan Tuhan yang ajaib. Banyak jiwa-jiwa dimenangkan, sehingga 3 angka kedatangan Tuhan cepat dipenuhi.

3. Menang dan berbuah-buah. Keadaan dunia itu selalu campuran antara gelap dan terang; yang hidup suci, taat akan Tuhan tetapi yang hidup dalam dosa itu makin keji dan jahat, tetapi yang hidup dengan Tuhan akan selalu menang; Sebab hidup suci, dan selalu disertai Tuhan Rom 8:31. Banyak orang-orang yang berapi-api, dalam kesucian dengan tegas menolak hidup dalam dosa. Orang-orang yang seperti Kristus dan murid-muridNya muncul di mana-mana karena kegerakan Roh Kudus.

III. APAKAH KEGERAKAN HUJAN AKHIR ITU?

1. Kegerakan Roh Kudus di akhir zaman, lebih besar dari hujan Awal.

2. Terjadi di seluruh dunia.

3. Untuk menggenapkan tanda-tanda penamatan rencana Allah, misalnya 3 angka kedatangan Tuhan dll.

Ini berarti terjadi banyak pertobatan, orang-orang bergairah dan bertumbuh dalam pimpinan Roh Kudus, disertai dengan banyak tanda-tanda ajaib dan mujizat, lebih dari zaman rasul-rasul. ( Ingat, selalu ada yang mau dan ada yang melawan pekerjaan Roh ).

4. Lulus ujian akhir dan masuk penamatan rencana Allah, sehingga timbul 2 golongan besar, yaitu golongan seperti lima gadis bijak yang penuh dan dipimpin Roh, bersekutu dalam tubuh Kristus, tetapi yang menolak pekerjaan Roh Kudus, makin dahsyat dan keji dalam dosa, menarik hukuman Allah. Golongan yang bersedia seperti lima gadis bijak tumbuh dengan cepat seperti kilat Mat 24:27 di seluruh dunia, siap untuk ikut dalam pengangkatan.

Ingat kegerakan Roh Kudus itu bukan tujuan, tetapi perlengkapan untuk menghadapi hari-hari yang begitu jahat dan gelap, begitu dahsyat supaya umat Tuhan bisa melawan dan bertumbuh di dalamnya sehingga siap untuk ikut dalam pengangkatan.

IV. BANYAK ORANG TERLIBAT DARI SELURUH DUNIA

Keadaannya seperti zaman Elia dan Elisa serta zaman Rasul? Tetapi tidak semua orang beriman mau ikut dalam kegerakan Roh Kudus ini. Namun yang mau ikut, hidup sebagai hamba-hamba Allah yang hidup dalam kesucian dan kasih akan nyata dengan mujizat, tanda-tanda dan berkat Tuhan Mrk 16:20. Pakai iman, terima tanda-tanda dan mujizat, perlengkapan dari Tuhan Mrk 16:20. Banyak orang biasa, terbeban untuk bersaksi dan melayani dengan kuasa dan hikmat yang besar di mana-mana, semua bisa dipakai Tuhan dengan heran dan limpah, sebab penuh dengan pengurapan Roh Kudus, sehingga timbul banyak orang heran yang tidak dikenal, seolah-olah semua orang yang mau ikut dalam kegerakan ini jadi orang yang dipakai Tuhan dengan heran, suatu pasukan besar dari Tuhan.

Terjadi kegerakan besar-besar seperti dalam Yez 37:10, tulang-tulang kering, orang-orang yang lemah, tidak berdaya, malas, bangkit berapi-api dan itu timbul di mana-mana. Bukan membuat kerusakan, demo, menjarah dll keributan politik dll. Tetapi menjadi berkat, menyembuhkan, menolong dan membawa orang-orang dalam pertobatan, perdamaian dengan tulus, dalam segala segi hidup dan kelompok-kelompok orang. Di mana-mana orang berdoa dan bersyukur dalam Roh, berpuasa dan menyembah Tuhan. Dari tulang-tulang kering timbul pasukan besar memukul iblis dan semua tentaranya dan menjadi berkat di mana-mana, dengan kasih Kristus yang penuh dengan kuasa, hikmat, dan kesukaan ilahi.

Pengalaman-pengalaman seperti Filipus di Samaria. Juga kegerakan-kegerakan oleh Petrus, Paulus dll tampak terjadi di mana-mana. Kegerakan itu dimulai dari lokal, tetapi menjalar ke mana-mana, sampai seluruh dunia terbakar, itulah puncak-puncak hujan Akhir dan siap untuk pengangkatan.

V. PRINSIP KEGERAKAN HUJAN AKHIR 1 Kor 12:4-6.

1. Pekerjaan Allah Bapa nyata, yaitu orang-orang hidup dalam kesucian dipimpin Roh, melakukan kehendak Allah dalam rencana Allah yang unik dan indah. Banyak hal-hal baru yang suci dan indah penuh dengan kasih dan sukacita dilakukan menjadi berkat bagi banyak orang. Semua yang melayani dalam Roh masuk kembali dalam hidup sesuai rencana Allah, tetapi orang-orang berdosa hidup dalam dosa dengan limpah seperti orang zaman Nuh dan zaman Lot Luk 17:26-28, Kej 6:1-3. Dalam penamatan rencana Allah selalu ada 2 pihak / golongan, yang di dalam dosa dan kejahatan yang keji-keji, tetapi yang lain dalam kesucian dan kuasa, kasih, limpah dengan tanda-tanda ajaib dari Allah. Tentu orang-orang ini dibela oleh Allah dengan kuasa yang besar, sebab tidak mungkin bisa hidup benar, kasih di tengah-tengah hidup dosa dan kejahatan yang limpah. Orang yang dipimpin Roh juga tidak bereaksi dosa, tetap ada kasih, meskipun melihat dan mengalami pencobaan yang jahat dari orang-orang yang tidak mau dipimpin Roh dan orang-orang dosa yang tidak bertobat.

2. Pelayanan jabatan dari Tuhan Yesus. Umat Tuhan limpah dengan pelayanan yang penuh kuasa dan berbuah-buah, sebab semua jabatan akan nyata dan saling mengisi dan memperlengkapi dalam kasih dan kesucian Allah. Baik jabatan-jabatan pemimpin Ef 4:11 dan semua jabatan yang lain bekerjasama dalam persekutuan Roh. Misalnya Rom 12:4-21, 1 Kor 12:27-30 dll.

3. Pengurapan Roh Kudus yang limpah untuk yang mau, sebab sebagian menolak, bahkan berubah dengan daging Gal 3:4-5 dan undur ( lima gadis bodoh ) Mat 12:45, tetapi kuasa Allah makin nyata dan hukum yang keras ada dalam Gereja Tuhan 2 Kor 10:6. Setiap orang yang penuh dengan Roh limpah dengan tabiat seperti Kristus ( didorong oleh buah Roh ) kemampuan ilahi ( dengan karunia-karuna Roh )sehingga terjadi kegerakan ilahi yang besar, tetapi semua dalam kesucian dan dalam hukum-hukum yang sangat tertib. Gereja Tuhan dilengkapi dan disiapkan untuk masuk dalam ujian akhir yang besar dan penamatan rencana Allah siap untuk pengangkatan.

VI. CARA MENDAPAT ATAU MINTA KEGERAKAN ROH KUDUS

Ini sudah terjadi dalam sejarah di mana-mana, tetapi lokal lalu surut. Kegerakan lokal akan muncil di mana-mana, tetapi pada akhir zaman dalam hujan Akhir tidak akan surut, tetapi meluas dan menyatu sehingga akhirnya jadi kegerakan Roh Kudus global dan masuk dalam masa penamatan Allah. Ingat dalam masa penamatan Allah, dosa dan kejahatan pihak iblis itu sangat besar dan hukuman Allah berupa 4 Meterai dan 4 Sangkakala akan membuat keadaan makin dahsyat dan kacau, sengsara, menderita dan banyak korban sampai mati Wah 6,8. Keadaan makin dahsyat, tetapi kegerakan Roh Kudus makin indah dan terus menang.

Kegerakan pekerjaan Roh Kudus ini bisa kita minta lebih-lebih menghadapi pekerjaan iblis, Antikris dan kaki tangannya Zak 10:1. Terus tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, minta kegerakan Roh Kudus dalam keluarga kita, dalam Gereja kita dan terus berdoa sampai makin meluas, sehingga orang-orang jadi sungguh-sungguh bersedia bagi penamatan rencana Allah ( kedatangan Tuhan ). Mintalah kegerakan Roh Kudus, baik secara pribadi dan lebih baik beberapa orang bersama-sama dalam persekutuan Roh Mat 18:19-20. Terus tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, terus berdoa samapi terjadi kegerakan Roh Kudus, sehingga kita bahkan bisa makin meningkatkan doa kita. Jangan bereaksi dosa menghadapi begitu banyak orang dan kasus-kasus yang jahat, keji dan sangat tidak adil. Sebab kalau ada dosa, doa kita tidak ada harganya, tidak didengar Tuhan Yes 59:2; 1:15-17.

Jangan lupa untuk tetap limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani, lebih-lebih dengan pendalaman rahasia Firman Tuhan, sebab itu membuat kita makin mengerti, lepas dari tipu daya iblis, efektif kerjasama di dalam Roh sehingga hasilnya makin nyata dan besar.

Semua segi-segi hidup kita harus dipelihara baik-baik ( taat akan Firman Tuhan, tetap dalam kesucian ), itu jadi pondasi yang kuat menghadapi segala serangan dari iblis dalam bermacam-macam pencobaan Mat 7:24-27. Adalah kehendak Allah untuk menyala-nyala dalam Roh Rom 12:11, baik pribadi apalagi bersama, sehingga terjadi kegerakan lokal yang terus meluas sampai akhirnya jadi global dan Tuhan boleh segera datang 2 Pet 3:12.

Kalau Roh Kudus di atas kita, maka banyak orang biasa menjadi luar biasa seperti Elia Yak 5:17-18. Itu seperti contoh yang diberikan oleh Tuhan, maka akan ada pelayanan yang luar biasa limpah dengan kuasa, hikmat dan  hasil yang besar Luk 4:18-19, Maz 60:14. Sekalipun dilawan iblis dan orang-orangnya,seperti Putra manusia Yesus, jangan takut. Kristus sudah ditetapkan jadi Korban penebusan, sebab itu harus mati, tetapi Gereja Tuhan dalam hujan Akhir justru berkemenangan, bahkan tidak akan pernah mati. Antikris yang sudah keluar dengan seluruh tentara iblis dan pengikutnya tidak terlalu berani dalam 3,5 tahun I, sebab hukuman Allah ditimpakan pada mereka, mereka tahu sebab itu lebih banyak pura-pura, memakai umpan manis, kecuali melawan orang-orang yang ditinggalkan Roh Kudus sehingga tidak berdaya. Baru sesudah pengangkatan mereka terang-terangan bersikap betul-betul seperti iblis, tanpa pura-pura, sebab yang ditakuti, yang menahan mereka sudah tidak ada 2 Tes 2:7. Sebab itu kegerakan Roh Kudus tetap menang dan menyempurnakan Gereja sampai masuk pengangkatan.

VII. HASIL KEGERAKAN ROH KUDUS

Ini adalah hujan Akhir, bukan hujan Awal, yang mulai dari permulaan. Hujan Akhir ini untuk gandum yang sudah dewasa, sudah keluar bunga atau bulirnya yang akan jadi matang lalu siap dituai. Ini bukan untuk mulai menumbuhkan biji gandum jadi benih. Sebab kegerakan Roh Kudus hujan Akhir ini bukan untuk pemula atau yang baru bertobat, meskipun mereka semua diterima, tetapi hasilnya terbatas. Sebab itu bersedialah dari sekarang. Kalau kita termasuk generasi akhir zaman dan tidak bersedia sekarang, tidak akan tahan dalam kesukaran,godaan dan arus tsunami dosa yang begitu dahsyat, sehingga merosot keluar Halaman dan binasa dalam dosa, apalagi dalam masa Penamatan (Minggu ke70 Daniel) ada hukuman 777 ( 7 Meterai, 7 Sangkakala, 7 Bokor ) yang dahsyat! Berulang-ulang Tuhan menyuruh kita berjaga-jaga Mat 24:42, 44, 50; 25:13, 1 Tes 5:6, Mrk 13:37, Luk 12:40. Siapa yang berjaga-jaga seperti lima gadis bijak akan tumbuh, sehingga waktu datang penamatan, ia bisa ikut dan lulus dalam hujan Akhir dan ikut dalam proses finishing dalam 3,5 tahun I, dan kemudian ikut pengangkatan. Jangan mendua atau main-main ini menentukan nasib yang kekal.

Jadi hasil hujan Akhir adalah:

1. Untuk yang tidak bersedia dan menolak untuk bertobat dan taat akan hanyut dalam arus dosa akhir zaman yang dahsyat, tidak lulus ujian seleksi penamatan rencana Allah, masuk golongan orang yang tertinggal atau mati dalam dosa ( ingat hukuman Allah dalam Minggu ke-70 Daniel itu besar, 7 Meterai, 7 Sangkakala, 7 Bokor ).

2. Yang bersedia baik-baik akan lulus dalam seleksi atau baptisan api dan ditentukan ikut dalam golongan yang bisa ditamatkan ( golongan 1551 ). Orang-orang ini bisa ikut dan tahan dalam proses penamatan yang cepat seperti kilat Mat 24:27 mencapai tingkat yang maksimal.

Sekalipun ada pertumbuhan kilat dengan fasilitas-fasilitas yang luar biasa, tetapi kalau baru tumbuh ( seperti orang baru lulus “SD”, ini ilustrasi ) tidak mungkin tumbuh sampai puncak atau sempurna, ( paling-paling lulus “SMP”. Yang sudah lulus “SMA atau S1” ada kemungkinan bisa jadi sempurna ). Sebab itu bersedialah sekarang tumbuh setinggi-tingginya, pasti untung besar sampai kekal. Jangan terus kanak-kanak, lemah dan keras hati, bertobat sungguh-sungguh dan tumbuh!

Scroll to Top