M4005 – Ibrani 11:27, Kejadian 49:14-15. Pengharapan Yang Akan Datang

PENDAHULUAN.

Tidak ada orang mengharapkan yang jelek, tidak ada yang mau masuk Nera-ka! Semua punya pengharapan setinggi langit, tetapi kenyataannya sangat ter-batas bahkan mengecewakan! Dalam tahun yang baru ini kita kembali di-ingatkan untuk memperhatikan dan menilai apa pengharapan kita. Waktu tutup tahun semua dibereskan, jangan ada hutang dosa dan kejahatan atau rencana yang sia2, hutang2 dosa dll itu bisa meledak di hari2 yang akan datang seperti bom waktu, tetapi miliki masa depan yang dari Tuhan, gilang ge-milang! Tentu ada syaratnya!

BAGAIMANA NASIB DAN PENGHARAPAN KITA YANG AKAN DATANG?

Bagaimana nasib kita di hari2 yang akan datang? Lebih2 dalam akhir za-man ini.

  1. Kita tidak tahu, sebab itu hidup benar dan tabur terus yang baik maka kita akan menuai yang baik, pasti sebab Allah adil dan menguasai seluruh dunia dan manusia.
  2. Tuhan sanggup mengolah nasib kita. Tuhan itu tahu yang akan datang dan sanggup membentuk nasib yang ter-baik bagi masing2 kita, asal percaya dan taat. Sebab itu jangan berjalan sendiri, tetapi berjalan dengan Tuhan, mau terus taat dipimpin Roh dalam kesucian, supaya Dia dapat meng-arahkan dan mengolah nasib kita menjadi indah, bahkan bisa sampai puncaknya. Tuhan tahu segala kemung-kinan yang akan datang dari hidup pribadi kita (seperti catur) dan tentu sampai akhir setiap kemungkiann, se-bab itu kalau kita berjalan dengan Tuhan, ia akan mencegah kita dari mengambil keputusan dan tindakan yang salah, sebab Dia tahu semua akibatnya dan memimpin kita pada jalan yang benar. Jangan berjalan sendiri tetapi makin mahir dipimpin Roh (kemahiran akan meningkat kalau terus taat!).
  3. Bila Tuhan datang? Ini sangat erat dengan nasib kita, sebab kita bisa bersedia dan memilih yang terbaik.
  4. Kedatangan Tuhan secara pribadi, bersedialah Amos 4:12. Jangan sampai undur dan mati dalam dosa, itu celaka kekal. Ingat kita tidak tahu umur kita.
  5. Kedatangan Tuhan secara umum. Akan didahului 3,5 tahun masa pena-matan kilat yang akan berjalan dengan sangat cepat Mat 24:27 (seperti contoh Putra manusia Yesus). Dalam 3,5 tahun ini ada 4 kemungkinan.

b.1. Mati dalam dosa, masuk Neraka.

b.2. Tertinggal (sebab ikut dalam arus dosa, tidak mau menyangkal diri, kena polarisasi, yang tidak mati, masuk dalam zaman Antikris yang dahsyat, zaman yang tidak adil, celaka, dikuasai iblis dan Antikris; kalau tahan masih bisa selamat dengan pengorbanan total, sangat amat dahsyat.

b.3. Hidup benar, ikut dalam penamat-an rencana Allah yang dahsyat dan cepat seperti kilat, lalu ikut pengang-katan, tidak mati.

b.4. Masuk golongan 144.000 Wah 14:1.

 

III. APA YANG HARUS KITA PERBUAT SEKARANG.

Sebab kita tidak tahu umur kita dan tanggal kedatangan Tuhan, maka kita harus bersedia untuk semua kemung-kinan.

  1. Bersyukur terus, harus tahu dan me-ngerti berterima kasih, jangan ber-sungut2, itu celaka 1Kor 10:10, Ef 5:20. Tuhan sudah melakukan banyak per-kara yang baik, meskipun kita belum sempurna (masih ada yang salah, tetapi jangan diulangi!). Terus bersyukur sebab Allah cinta, baik dan adil. Orang yang tahu bersyukur dalam segala per-kara akan terpelihara dan akan mene-rima pertolongan Tuhan yang lebih besar, sebab yang akan datang adalah perkara2 yang lebih dahsyat 2Tim 3:1, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel, masuk dalam penamatan kilat!
  2. Setia sampai mati atau sampai pengangkatan Wah 2:10. Baik dalam keluarga jasmani dan keluarga rohani. Yang sering terjadi pindah keluarga rohani, ini rugi kecuali Gerejanya sesat dan jahat (seperti 2Taw 11:13-16). Se-tia dalam hal yang enak dan tidak enak, sekalipun banyak salib dari saudara2 seiman, biasanya oleh yang lalang (se-lalu ada) jangan lari, justru itu peng-olahan yang diizinkan Tuhan. Yang penting jangan lari dari kesukaran te-tapi setiap kali, dalam setiap penco-baan harus lulus, berkenan pada Tuhan bukan untuk memperkenankan daging dan perasaan hati sendiri! Musa setia dalam pelayanan yang sangat menya-kitkan, sebab itu ia tumbuh menjadi sempurna Ibr 3:5.
  3. Tumbuh dalam kesucian sampai tar-get yaitu seperti Kristus. Kita harus bisa hidup suci, mati lepas dari dosa sampai seluruh segi hidup dan MAK DSY (Di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu Sekarang dan Yang akan datang). Terus tekun berjalan dalam Roh dan 7 KPR.

Masa yang akan datang, itu sangat sulit, harus bersedia! Orang2 yang tidak bersedia, tidak bisa hidup dan tumbuh dalam kesucian, akan gugur atautakut dan lari ke Gereja jalan lebar yang aman, sekalipun hidup dalam dosa Kis 5:13. Jangan jatuh bangun dalam dosa, akan masuk golongan yang undur (ma-kin berdosa)dalam Polarisasi dan bina-sa Wah 22:11.

Kalau tidak tumbuh, tidak akan tahan di hari2 yang akan datang, ter-seret arus dosa 2Tim 3:1, Wah 22:11. Tingkat rohani kita harus meningkat makin tinggi, harus ekstra tumbuh. Yang macet akan jatuh dan binasa. (Orang yang tidak tumbuh itu biasanya ada dosa, lepas dari Kristus Yoh 15:2).

  1. Punya jaminan untuk hari2 yang akan datang. Allah menjamin penuh, tergantung dari kita. Kalau kita lekat pada Allah, Dia menjamin, meng-garansi kita dengan penuh 100%. Dia sanggup menyelamatkan kita sampai ke akhir Ibr 7:25.

Kalau kita lekat pada Tuhan Yoh 15:5, 1Kor 6:17 yaitu taat hidup di-pimpin Roh Kudus, tumbuh dalam pe-ngertian Firman Tuhan, bisa bersekutu dalam Roh dalam tubuh Kristus seperti Trinitas, dan 7 KPR, kita tidak perlu kuatir, sekalipun hal2 yang paling dah-syat akan datang.

  1. Ber-jaga2 sekarang sampai Tuhan datang. Jangan takut.

5.1. Kita harus tahu apa yang akan da-tang, Sebab Tuhan berjanji akan mem-beritahu sebelumnya Amos 3:7, Firman Tuhan akan dibuka semua Mat 10:26-27 sehingga kita tidak takut Yoh 16:13. Akan ada kegerakan pengajaran yang luar biasa untuk mematangkan gan-dum, tidak cukup dengan ajaran per-tobatan saja, tetapi langsungkan pada kesempurnaan Ibr 5:11-14; 6:1. Yang malas sehingga tidak tahu (lebih2 ka-rena cinta dunia) akan tertipu, tersesat dan binasa! Tidak sulit memilih yang betul asal sungguh2 mau taat akan Firman Tuhan, Roh Kudus sanggup me-mimpin kita sampai ke akhir yang terbaik, sesuai ketaatan kita.

5.2. Siap Mat 24:42. Ingat Putra manu-sia Yesus baru berumur 30 tahun waktu mulai pelayanan kilat, Ia menyelesaikan pekerjaan penebusan yang terbesar untuk global dalam segala zaman. Yoh 19:30.Juga Gereja akan diselesaikan dengan cepat seperti kilat dari Timur ke Barat (= tumbuh sampai sempurna Mat 24:27). Tuhan menguasai waktu dan kedatangan Tuhan dipercepat juga finishingnya, sebab itu kalau kita tidak bersedia akan gugur. Harus betul2 siap. Tingkatan minimum adalah selalu taat dipimpin Roh bukan menuruti daging, bisa tahan duri, pedang, sensara (2Kor 12:7, Luk 2:35, Yes 53:3). Tidak be-reaksi dosa tetapi terus dipimpin Roh sehingga bisa masuk dalam finishing yang cepat dalam tingkat yang makin tinggi sampai sempurna.

5.3. Perlu tebus waktu. Ef 5:16 supaya dapat waktu lebih banyak dan efisiensi pemakaian waktu sehingga makin cepat tumbuh, yaitu selalu dipimpin Roh. Jangan waktu dibuang sia2 untuk hal yang kurang perlu, duniawi, Luk 12:19-20, apalagi mabuk dalam kesu-kaan dosa sesaat, habis waktunya dan terjerat dalam dosa, akan mudah mati dalam dosa Ul 32:32-33. Buang semua yang jahat, jangan kena tipu daya iblis, apalagi kalau ada ikatan2.

5.4. Jangan kena pikiran yang salah Amos 6:3. Orang2 yang cinta Tuhan itu ber-jaga2 sebab hari kedatangan Tuhan sudah dekat dan akan mengalami pengangkatan seperti ligabis. Tetapi orang yang menganggap hari itu masih jauh, sebab ingin ber-lazat2 dalam dosa sampai mabuk, mereka yakin hari itu masih lama dan akan mati dalam dosa atau tertinggal Mat 24:48-51. Orang yg cinta Tuhan, Roh Kudus akan meya-kinkan dia bahwa Tuhan akan datang tidak lama lagi sebab sudah terjadi Polarisasi Wah 22:11, sehingga ia ber-sedia Mat 24:42. Ini dua arus dalam polarisasi. Jangan tertipu oleh pikiran yang salah, lebih2 yang ingin dan cinta dosa, keduniawian akan mudah terse-ret seperti Lot. Abraham tidak akan terseret sekalipun dipaksa atau dirayu. Memang kita tidak tahu sebelum Minggu ke-70 Daniel mulai, baru kalau masuk kita akan tahu seperti Nuh Kej 7:4, Abraham Kej 18:17,20 dll. Kalau dosa masih tertahan, se-olah2 masih lama saatnya, tetapi keadaan bisa ber-ubah2 dalam sekejab dan dosa lang-sung meningkat tinggi. Sebab itu kita harus tetap ber-jaga2 (baik untuk keda-tangan Tuhan secara pribadi atau ber-sama). Kesucian yang meningkat itu hanya bisa dilihat dalam jalan sempit, dalam Gereja, sebab di dalam dunia jalan lebar, itu tidak tampak, tetapi orang beriman bisa merasakannya, apalagi dengan pembukaan Firman Tu-han, pengurapan Roh Kudus yang ma-kin limpah dll dari 7 KPR. Bersedialah!

Kita harus tahu dan bersedia, ja-ngan mendua atau main2, lebih2 dalam polarisasi Wah 22:11, tidak akan pulih.

5.5. Hari2 yang sangat sulit, dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan, sebab ini adalah:

  1. Ujian akhir untuk semua penduduk dunia Wah 3:10 (yang tidak bersedia akan gugur).
  2. Baptisan api, itu seperti Golgota yang harus dijalani Putra manusia dan Ia sudah lulus Luk 12:49,50. Putra ma-nusia Yesus mati tetapi orang beriman di akhir zaman tidak mati sebab sudah ditebus 1Kor 15:51. Api itu akan me-nyala di seluruh dunia, wai bagi yang tidak bersedia.
  3. Masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17. Yang bersedia justru lulus dan terangkat, tetapi yang tidak bersedia akan jatuh, mati dalam dosa atau hidup tetapi tertinggal.
  4. Hukum yang keras dalam rumah Allah 2Kor 10:6. Keadaannya seperti dalam hujan Awal bahkan lebih tertib Kis 5:1-13.Bersedialah, pasti datang hari2 yang sudah ditentukan dalam rencana Allah.

KESEMPATAN HIDUP DI AKHIR ZAMAN.

Sebelum seorang turun (lahir) ke dunia, Tuhan sudah mengenalinya dan me-nentukan tanggal turun ke dunia untuk masing2 Ef 1:4. Mengapa kita ada di akhir zaman, tidak di hari2 yang lalu? Sebab Tuhan sudah mengenali masing2 dan memberi kesempatan untuk masuk golongan istimewa, yaitu:

  1. Yang tidak mengalami kematian sa-ma sekali, ikut pengangkatan, atau
  2. mencapai golongan 144.000 orang sempurna. Kita hidup sekarang, tidak kebetulan. Jangan ditipu dan disseat-kan iblis, jangan buang kesempatan yg ajaib ini, dengan kesempatan finishing atau penamatan kilat dari Timur ke Barat Mat 24:27. Kita mendapat ke-sempatan untuk bisa mencapai tingkat kemuliaan yang tinggi, bahkan sem-purna.

Apa yang sulit dicapai dalam hari2 yg lalu diberikan pada Gereja akhir zaman.

Ini kesempatan khusus di akhir zaman. Kesempatan khusus bertemu Tuhan Yesus I dan II. Jangan sia2kan kesempatan ini kesempatan waktu Tuhan Yesus I ditulis dalam Mat 13:17, Luk 10:24.sebagian jadi pembunuh Kristus, tetapi sebagian, istimewa orang kafir dapat kesempatan (be-re-but2an) masuk Surga Luk 16:16. Begitu juga pada waktuTuhan Yesus II ada orang ikut dalam golongan peng-angkatan dan 144.000, tetapi yang lain binasa dan tertinggal. Kalau Tuhan beri kesempatan itu berarti pasti dapat, asal kita sungguh2 mau, masuk dalam go-longan yang akan ikut penamatan kilat dari Timur ke Barat, dalam Ruangan Suci sampai Ruangan Maha Suci. Pa-kailah kesempatan ini, pasti tidak rugi, orang yang makin indah di hadapan Tuhan pasti untung besar.

PEMELIHARAAN TUHAN.

Jangan lupa pemeliharaan Tuhan ada syarat2nya. Syarat yang utama adalah jadi satu dengan Kristus, kita di dalam Dia (Dia yang menguasai dan kita taat menurut Dia) dan Dia di dalam kita (Ini hidup dalam kesucian, Dia adalah se-gala2nya bagi kita Yoh 6:56; 15:4).

Jangan takut tetapi mutlak harus bersedia. Yang tidak mau bersedia akan binasa! Mat 24:42. Ini ujian!

Dalam masa sulit, fasilitas Tuhan limpah, tetapi masa sulit ini adalah ujian yang harus dijalani semua orang beriman. Dalam 3,5 tahun I tubuh Kris-tus global (sudah terbentuk) dan keadaannya itu seperti Surga di bumi (zaman keemasan Gereja), termasuk segala fasilitasnya yang lengkap bahkan limpah dan luar biasa untuk menyem-purnakan Gereja, mematangkan gan-dum untuk dituai.

Ada pelayanan orang sempurna seperti zaman Tuhan Yesus. Orang yang lahir waktu Tuhan Yesus  I hanya me-lihat 1 Kristus, tetapi pada akhir zaman ada banyak orang seperti Kristus bah-kan perbuatannya lebih heran Yoh 14:12 (hati2, juga ada Kristus palsu Mat 24:5).

  1. Dalam keuangan. Banyak orang mengharapkan proyeknya bertambah besar. Kemajuan yang wajar tidak sa-lah, tetapi jangan ini nomer 1, tetap hidup benar dan cari kerajaan Surga lebih dahulu Mat 6:33. Proyek besar itu mudah mengambil waktu, pikiran dan percintaan sehingga rohani rusak Luk 12:19-21. Orang yang jatuh cinta pada uang akan limpah menghalalkan segala cara dan dosa. Tuhan masih akan mem-berkati sampai pengangkatan Yes 60:5-7, tetapi jagalah supaya rohani terus meningkat, terus berjalan dalam Roh dan waktu jangan habis. Orang yang bercintakan uang, waktu hartanya tu-run tidak akan tahan dan waktu naik, segala dosa muncul. Ingat Mat 16:26. Belajar berpada, Tuhan pasti pelihara bahkan limpah kalau tahan Ams 30:8, tetapi utamakan Tuhan dan bisa berpada.
  2. Kesehatan. Kalau seorang bisa ma-suk 3,5 tahun I dalam keadaan rohani yang baik, ia akan ikut pengangkatan dan pasti tidak mati, berarti segala penyakit dan celaka lenyap, luar biasa. Juga kalau sisa umurnya hanya 1 tahun,tetapi kalau ia masuk dalam 3,5 th I dengan bersedia, ia akan ikut pengangkatan dan tidak mati. Ini me-mang kesempatan emas bagi orang yang lahir di akhir zaman! Orang yang ikut pengangkatan, sudah terpelihara sejak lahir. Kita sekarang memakai kuasa bilur Yesus 1Pet 2:24, kadang2 sembuh ting-kat I dan II (campuran dengan obat), tetapi dalam 3,5 tahun I kesembuhan tingkat I yang terjadi dan sangat ajaib (Pada waktu ini, semua penyakit 100% sembuh, juga bisa ganti gigi, jantung, kulit dll baru). Tetapi sekarangpun kuasa Tuhan tidak berubah,tetap pakai iman, itu jadi sesuai dengan iman kita Mat 8:13, Mrk 9:23.
  3. Keamanan. Tuhan pelihara dengan teliti Mat 10:30. Tidak ada yang kebe-tulan sekalipun sebelum Minggu ke-70 Daniel. Jangan kuatir, misalnya Petrus kalau belum waktunya mati, Paulus dll tetap hidup, apalagi dalam masa yang sangat berbahaya bagi orang2 beriman dalam 3,5 tahun, Tuhan sanggup me-melihara, dengan kuasa dan cara yang lebih ajaib, sebab itu mudah bagi Tu-han. (Ingat semua yang ikut pengang-katan mulai lahir sudah terpelihara).
  4. Dalam banjir dosa. Hampir segala dosa sekarangsudah meningkat tinggi, benci, sex, sombong, occultisme, mammon, kurang ajar, kejahatan, sadis dll. Sekarang kita sudah harus kuat dalam pengertian Firman Tuhan, dalam pengurapan Roh Kudus dan dalam persekutuan Roh dalam tubuh Kristus dll, kalau tidak, ada banyak yang gugur 1Tim 4:1. Mulai banyak lalang yang terang2an melawan Tuhan dan keluar mencari lalang lain dalam Gereja jalan lebar seperti Sardis dll. Jangan goyah, sebab itu harus teguh dan tumbuh di dalam Kristus Kol 2:7, Ef 4:13.

ORANG2 YANG DIPELIHARA ALLAH.

  1. Tetap di jalan sempit, betul2 bisa hidup suci dan mahir pikul salib, men-dahulukan kerajaan Surga dan kebe-narannya Mat 6:33, Kol 3:1-3.
  2. Tumbuh, tidak macet atau suam. Orang2 yang tidak ada kemajuan ro-hani (bisa diukur dalam skema Kemah Suci) akan gugur. Akan datang saatnya lalang dipisahkan dari gandum kalau sudah saatnya penuaian, tidak diberi kesempatan lagi, langsung lalang dipo-tong dan gandum dituai Mat 13:30. Ja-ngan suam atau macet. Jangan paksa-kan diri se-olah2 tumbuh, padahal ma-sih hidup dalam dosa atau ada ikatan2 dosa. Harus bertobat sungguh2 dan terus hidup dalam kesucian di dalam Kristus.Kalau perlu minta nasehat dari gembala2 kecil dan pemimpin2. Biarlah api Kristus terus me-nyala2 dalam hidup kita Rom 12:11-12.
  3. Hidup dalam kasih bukan kebencian 1Kor 13:1-13. Bukan kasih manusiawi seperti Imam Eli, Ny. Ayub yang mem-binasakan orang2 yang dikasihi Amos 27:5-6. Kasih ilahi bisa mengampuni dan selalu sejahtera, tetapi yang hidup dalam dosa dan kebencian akan gelisah dan tidak ada sejahtera Pil 4:7 dan tidak dipelihara Tuhan, akan gugur.
  4. Makin seperti Kristus dalam semua segi hidup, tabiat dan pelayanan se-perti Kristus itu cocok dengan Firman Tuhan, meskipun menurut akal dan du-nia kadang2 dicela! Tetapi Roh Kudus yang meneguhkan dengan kesaksian Roh dan sejahtera Rom 9:1.

VII. KESIMPULAN.

Pengharapan kita pada Tuhan untuk hari2 yang akan datang tidak ngawur, juga bukan menurut akal manusia, tetapi oleh Roh Kudus yang mence-likkan mata kita, sehingga kita bisa me-lihat yang tidak tampak dan bergumul dengan habis2an untuk mendapatkan pengharapan yang kekal dan mulia. Ibr 11:27, Kej 49:14. Jangan berjalan sen-diri, tetapi percaya penuh dengan pengharapan akan Tuhan yang kita cintai, sebab:

  1. Tuhan punya rencana yang terbaik dan mulia bahkan sempurna.
  2. Tuhan sanggup memimpin dan me-nyelamatkan kita lewat hari2 yang sulit sampai ke akhir Ibr 7:25.
  3. Dengan Tuhan kita akan sanggup melewati hari2 yang sekarang sampai hari2 yang super cepat (penamatan kilat) dalam sikon yang paling dahsyat.
  4. Jangan ragu2, bimbang atau takut, jalan dengan Tuhan itu ajaib (ingat Nuh), sukacita dan penuh kemenangan. Maju terus. Allah tidak pernah gagal dalam semua rencanaNya termasuk rencana pribadi kita, pasti Tuhan sanggup menolong dan menyempur-nakan!

Ingat orang beriman waktunya lebih banyak untuk memelihara kesehatan (makan, tidur, mandi), untuk sekolah, pekerjaan, rumah tangga, tetapi hati-nya harus penuh untuk Tuhan Luk 10:27, baru kita bisa mengalami ren-cana Allah yang indah dalam pribadi kita. (Jangan jatuh bangun dalam dosa, rencana Tuhan bisa cacat atau rusak, tetap dalam kesucian dan taat akan Firman Tuhan, dipimpin Roh. Daud yang indah, sebab berzina dan poligami (sekalipun dalam Wasiat Lama), ren-cana Allah yang terindah batal. He-nokh, Musa, Daniel, Yusuf, Ayub meng-alami rencana Allah yang indah2. Terus berjalan dengan Tuhan sampai akhir.

Nyanyian:

Kutau siapa yang pimpin hari depat hidupku.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top