M4027 – 3YOHANES 2. SEHAT, SEMBUH, UMUR DALAM TANGAN TUHAN.

3YOHANES 2. SEHAT, SEMBUH, UMUR DALAM TANGAN TUHAN.

 

  1. JANJI TUHAN.

Firman Tuhan itu kekal Luk 21:33, jangan ragu2, percayalah dan kita akan menerimanya Mat 8:13.

Janji2 Tuhan adalah:

  1. 3Yoh 2. Tuhan menjanjikan tubuh kita sehat sebagaimana roh kita juga sehat.
  2. Mat 10:30-31. Tuhan memelihara kita dengan teliti sampai rambutpun dihitung, tidak ada yang kebetulan.
  3. Mat 15:26. Tuhan menyediakan kesembuhan sebagai salah satu kebutuhan umatNya, seperti roti untuk anak2Nya.
  4. Kel 15:26. Tuhan adalah penyembuh untuk umatNya yaitu Yehova Rapha.
  5. Ul 7:15. Tuhan menjauhkan segala penyakit.
  6. 1Pet 2:24. Oleh bilurNya penyakit kita sudah disembuhkan.
  7. Kel 23:25. Ibadah dengan baik dalam kesucian, Tuhan memelihara umatNya dari segala penyakit.

 

  1. PERLU MEMELIHARA KESEHATAN SECUKUPNYA.

Jangan ber-lebih2, terutama karena takut, tetapi tetap perlu dipelihara secukupnya. Perlu istirahat Mrk 6:31, perlu makan secukupnya Mrk 5:32, Luk 8:15 (jangan ber-lebih2), perlu tidur Mrk 9:38, Mat 8:24, sebab tubuh ini harus dipelihara, jangan dirusak apalagi dengan sengaja 1Kor 6:19; 3:6-17.

Bisa terganggu kesehatannya (jadi sakit) karena:

  1. Mencobai Tuhan. Orang yang sudah tahu, tetapi sengaja tidak mau memelihara kesehatannya, itu mencobai Tuhan Mat 4:7.
  2. Karena dosa. Luk 5:23-24.
  3. Karena ujian, misalnya Ay 1:22; 2:6.
  4. Karena kebodohan.

 

III. HIDUP DI DUNIA TERBATAS.

Setiap orang punya jatah umur dari Tuhan 2Raj 13:14, Maz 90:12, 1Sam 2:6 Tuhan pelihara Kel 23:26. Memang bertambah tua keadaan tubuh akan mundur, (sudah aus) sehinga lebih mudah sakit, lemah dan kekuatannya mundur, tetapi Tuhan sanggup memelihara sampai habis jatah umurnya supaya bisa tetap tumbuh dan ber-buah2 di dalam rencana Allah.

Orang yang memelihara imannya tidak takut mati Ibr 2:15 (jatah umur habis) sebab itu berarti untung Pil 1:21, menikmati kerajaan Surga dengan segala kemuliaannya. Tetapi seringkali orang2 belum bisa melihat sukacita dalam Surga kekal dengan cukup (kurang mengerti), maka jadi takut, apalagi kalau kehilangan orang2 dekat di dunia.

Mati hanya berarti berangkat lebih dahulu, saudara2 seiman akan menyusul, memang yang tidak selamat akan terpisah sampai kekal di Neraka dan Tasik api. Jangan takut, sengat maut sudah dikalahkan Tuhan Yesus bagi kita 1Kor 15:55. Sebab itu janganlah jadi Kristen se-mata2 karena mengharapkan hidup di dunia ini, tetapi terutama hidup yang kekal 1Kor 15:18. Bagi orang yang hidup dalam dosa, sekalipun kurang mengerti, maut itu menakutkan, sebab ada pengadilan dan hukuman seumur kekal (lebih dari seumur hidup 1Kor 9:27). Sebab itu siaplah mulai sekarang Amos 4:12 sebab kita tidak tahu kapan harus menghadap pengadilan Allah Yak 4:14-15.

Kecuali generasi akhir zaman yang ber-jaga2 (Mat 24:42, bersedia seperti lima gadis bijak), maka kalau betul2 kita termasuk generasi akhir zaman yang bersedia, kita akan mengalami puncak rencana Allah yang terindah di dunia yaitu mengalami Surga di bumi (dalam 3,5 tahun I, tidak ada yang sakit dan menderita, limpah Firman Tuhan dan Roh Kudus, sehingga tumbuh secepat kilat) dan ikut dalam pengangkatan (golongan 1551, 1Kor 15:51,52), bahkan ada sebagian kecil yang menjadi sempurna Wah 14:1-5. Sebab dalam saat ini terjadi proses kedatangan Tuhan yang secepat kilat Mat 24:27, luar biasa. Bahkan orang yang ikut 1551 jatah umurnya diganti kekal, tanpa kematian. Orang yang ber-jaga2, kemungkinan di akhir zaman, untuk ikut golongan 1551, makin lama makin besar, dan pada waktu sudah tahu masuk Minggu ke-70 Daniel, maka bisa 100% aman, masuk golongan pengangkatan, asal tetap setia pada Tuhan dll sesuai Firman Tuhan.

 

  1. JAMINAN UMUR DARI TUHAN.

Pada waktu umur tua, tidak lagi bisa jadi juara olahraga, tetapi tetap sehat sampai habis jatah umurnya. Jangan kuaitr. Kalau ramalan ilmiah dokter berkata kurang 3 tahun, kalau itu sesuai dengan jatah umurnya (seperti 2Raj 13:14), kita tidak perlu takut untuk perpindahan yang indah itu. Kalau jatah umur masih ada, minta kesembuhan sesuai janji Tuhan, maka kita akan sembuh sesuai janji kesembuhan Firman Tuhan. Kalau memang jatah umur habis, kita masih mungkin minta tambahan umur seperti Hizkia (dapat 15 tahun lagi). Paling sedikit kita tetap cukup sehat dalam jatah umur yang sudah ditetapkan Tuhan. Seharusnya hubungan kita dengan Tuhan dipelihara supaya makin baik, seperti carang dalam pokok, dalam segala segi hidup Yoh 15:5 dan aliran 7 Kebutuhan Pokok Rohani tetap berjalan lancar dengan spontan dan sukacita. Pakailah baik2 setiap hari yang Tuhan berikan kepada kita, itu hari yang dibuat Tuhan untuk kita, dengan jaminan dari Tuhan, pakai baik2 untuk memperkenankan Tuhan, untuk kemuliaan nama Tuhan Maz 118:24, maka jatah umurnya bisa ditambah Mat 13:12 oleh Tuhan Ams 3:2,16; 19:11; 10:27, Maz 21:5 (orang yang jahat, bisa  diperpendek, Bil 16:31,32,35 (lihatlah lebih lanjut dalam buku).

  1. KESEMBUHAN DARI TUHAN.

Prinsipnya adalah Tuhan sudah selesai mengangkat segala dosa dan penyakit kita, sudah ditanggung di atas salib Yes 53:4. Ini fakta, sudah selesai, sudah dikerjakan, sudah genap Yoh 19:30. Bagaimana kita menerimanya? Dengan iman, kita mendapatkan Mat 8:13. Sekalipun setia ke Gereja, setia tetapi kalau tidak punya iman, tidak dapat apa2. Sebab itu penting sekalipun punya iman. Orang yang punya iman, itu yakin seperti sudah dapat sekalipun belum melihat faktanya Mrk 11:24. Iman itu menentukan untuk bisa mendapatkan janji2 Tuhan; terimalah dengan iman!

Bagaimana kalau belum dapat kesembuhan dari Tuhan?

  1. Periksa diri. Cari sebabnya, apakah karena dosa, ujian atau kebodohan. Apapun sebabnya, sehat, sembuh, umur itu ada dalam tangan Tuhan, sebab itu jangan pindah dari alamat yang tepat yaitu Tuhan Yesus Kristus! Kalau ada dosa, seringkali ini berhubungan dengan penyakit kita. Segera bertobat; biasanya ada hubungannya dengan penyakit yang diderita; Sebab itu perlu segera bertobat, apalagi kalau sampaimati; Kalau dosa2nya sudah beres, tetap selamat, masuk Surga. Kalau tidak ada dosa (oleh dan dengan anugerah Tuhan) hati kita bebas tidak tertuduh 1Yoh 3:21, mungkin sekali ini ujian, bersikaplah yang betul, minta pimpinan Roh Kudus supaya lulus dan sembuh.
  2. Pakai iman. Orang yang punya iman, tidak lagi ragu2, bisa mencabut kuasa kesembuhan bagi dirinya sendiri dan berhasil Mat 9:21. Apalagi zaman sekarang sesudah Tuhan Yesus mati di Golgota.

Pakailah iman dan sembuhlah. Bagaimana kalau belum sembuh? Coba lagi ber-ulang2, sebab janji itu betul2 ada. Misalnya adalam satu tempat ada emas, maka orang yang menggali tanah, yang belum dapat, terus menggali lagi ber-ulang2, sebab yakin disitu ada emas, maka pada satu saat ia akan menemukannya sebab memang ada emas di dalam tanah itu. Begitu juga ada kesembuhan dalam nama Tuhan Yesus, pasti ada dan Allah tidak pernah ingkar janji, sebab itu berdoalah. Kadang2 ada yang sudah berdoa beberapa kali belum sembuh, jangan putus asa, sebab pasti ada kesembuhan dalam nama Tuhan Yesus oleh bilurNya! Berdoa lagi dengan iman, jangan putus asa, “emas” itu pasti ada dalam nama Tuhan Yesus.

Naaman berusaha 7 kali baru sembuh. Nabi Elia berdoa dan men-check hasilnya 7 kali, baru Tuhan jawab. 10 orang kusta sesudah didoakan belum langsung sembuh, mereka disuruh menunjukkan dirinya pada Imam. Meskipun faktanya belum sembuh, mereka percaya dan pergi mencari imam, entah dimana, tetapi mereka percaya dan waktu berjalanlah mereka sembuh Luk 17:13-14. Tambah iman. Iman itu ada yang sangat kecil seperti biji sesawi, lalu yang kecil dan yang besar, sebab itu baca lagi janji2 tentang kesembuhan, pegang baik2 ayatnya dan percayalah akan Tuhan, Yehova Rapha (ingat definisi iman adalah yakin akan janji Allah yang tertulis dalam Firman Tuhan, bukan pikiran, kehendak atau sugesti kita sendiri, itu bukan iman) dan berdoa lagi. Ada yang berpuasa. Lebih2 berdoa dalam Roh dan kebenaran (hidup benar) Yoh 4:23. Dengan bahasa lidah (berdoa dalam Roh 1Kor 14:14), maka Roh Kudus mengangkat doa bagi kita kepada Bapa, Rom 8:26,27 sehingga iman kita makin kuat dan kita sembuh 1Kor 14:4, atau mungkin Tuhan bicara sesuatu pada kita dengan jelas. Sebab itu bertekunlah memegang janji2 ayat Firman Tuhan dan terus tekun berdoa dalam Roh.

  1. Minta bantuan keluarga di dalam Tuhan dan saudara2 seiman, supaya ber-sama2 kita berdoa pada Tuhan Mat 18:19-20. Terus tekun berdoa. Sembuh atau belum, itu pasti tidak kebetulan, tentu ada sebabnya, sebab itu sabarlah, Tuhan tidak pernah salah dan Tuhan tidak pernah berubah. Memang ada kesaksian beberapa orang yang ber-angsur2 sembuh, atau ada yang ingat salahnya, lalu dibereskan dan sembuh. Cobalah semua yang sesuai dengan Firman Tuhan, Tuhan berkata kalau kita minta, ketok, cari, pasti diberi Mat 7:7. Kesembuhan itu bukan hanya bagi pribadi kita, tetapi juga untuk menginjili orang2 yang belum percaya dan mendoakan saudara2 kita. Ini diperintahkan Tuhan, bukan hanya untuk hamba Tuhan full timer tetapi juga hamba2 Tuhan part time (1Kor 6:19-20, sebabsemua kita adalah hamba2 milik Tuhan) juga dijanjikan Tuhan untuk mendoakan dan menyembuhkan orang sakit Mat 10:1,7-8. Pergilah mendoakan orang yang perlu dan mau didoakan. Jangan ragu2, jangan kuatir tidak sembuh, sebab yang menyembuhkan bukan kita, tetapi Tuhan. Kita tidak bisa menyembuhkan dengan berdoa saja kalau Tuhan tidak bekerja. Sebab itu tentu kita harus berdoa dengan tulus, bukan cari uang, kepujian dll Mat 10:8, tetapi untuk menjadi berkat (jadi garam dan terang) memuliakan nama Tuhan. Mrk 16:17. Tuhan mengutus kita Mat 10:7,8 untuk mendoakan dan menyembuhkan orang sakit. Kerjakanlah dengan iman, dengan tulus, dengan pengurapan Roh Kudus. Selalu hidup seperti ligabis, penuh dan selalu taat dipimpin Roh, maka Tuhan akan menyertai dengan tanda2 dan mujizat Mrk 16:20. Firman Tuhan tidak berubah, pergilah! Kalau kita belum mengerjakan, kita belum melihat kuasaNya. Lebih2 ada sebagian yang mau taat, mendapat jabatan menyembuhkan orang sakit, maka akan tampak mujizat2 yang lebih banyak dan besar1Kor 12:28. Tetapi meskipun jabatannya bukan untuk kesembuhan, tetapi setiap orang percaya bisa melakukan hal ini, sebab ini adalah tanda2 orang yang percaya, bukan hanya orang yang diberi jabatan menyembuhkan. Orang yang penuh dan dipimpin Roh juga biasanya disertai karunia kesembuhan 1Kor 12:9. Ini lain daripada jabatan. Jabatan itu pelayanan khusus yang terus menerus,menjadi pelayanan orang itu, tetapi karunia2 Roh Kudus (ada 9 karunia Roh 1Kor 12:7-11, ini berbeda dari jabatan dari Tuhan Yesus, dan perbuatan ajaib dari Allah Bapa1Kor 12:4-6). Semua orang percaya bisa minta kesembuhan sebab ini kebutuhan orang beriman (roti 15:26) dan seringkali Roh Kudus juga memberi salah satu atau beberapa karunia2 Roh. Tetapi jabatan itu menetap, biasanya dipakai untuk menginjil diantara orang yang belum percaya untuk penginjilan, seringkali besar2an. Tetapi semua orang bisa dan wajib dengan belas kasihan menjadi garam dan terang dan di dalamnya juga termasuk mendoakan orang sakit, baik diantara orang beriman dan orang kafir. Ini kebutuhan umat Tuhan sepanjang masa.
  2. Bersyukur, jangan ber-sungut2. Percayalah pasti sembuh sekalipun belum, sebab itu bersyukur seperti sudah sembuh, maka kita akan beroleh Mrk 11:24.
  3. Kadang2 ada yang meninggal, yang hidup jangan ber-sungut2. Sebab saat kematian itu di tangan Tuhan, kalau memang harus kembali (kebanyakan tidak tahu) dorong untuk selalu berdiri benar dan bersyukur. Rohani terus dipompa, meningkat se-tinggi2nya dengan tetap percaya, bersyukur, makin mengasihi Tuhan dan pakai kesempatan yang ada untuk berdoa terus dan belajar Firman Tuhan atau mendengar Firman Tuhan dari Gembala Sidang sendiri atau hamba2 Tuhan yang tidak diragukan lagi. Sebab sesudah mati, tidak ada kesempatan lagi. Selagi belum mati, masih ada kesempatan, meningkatlah terus.

 

  1. EMPAT KELAS KESEMBUHAN.

Kelas 1, murni dari Tuhan se-mata2, bagi Tuhan ini bisa jadi dengan mudah oleh Tuhan, sebab Tuhan tidak perlu dibantu. Kadang2 dalam keadaan darurat tidak ada pertolongan apa2, sendirian, jangan ragu2, berseru kepada Tuhan.

Kelas 2, kesembuhan dibantu untuk manusianya dengan obat2 ilmiah/ dokter, jamu yang terbukti dll. Ini membantu orangnya bukan membantu Tuhan, Dia sanggup langsung dan tanpa apa2 menyembuhkan orang percaya. Dengan bantuan obat2 dll masih boleh, tetapi haraplah Tuhan, sebab dari Tuhanlah datang sehat sembuh dan umur. Obat2, makanan, dokter dll boleh membantu tetapi yang menentukan sehat sembuh umur tetap hanya Tuhan!

Kelas 3. Ini kesembuhan manusia duniawi dari obat2 yang netral (tanpa occultisme). Bisa sembuh dan ini juga dari Tuhan, Tuhan yang memberikan sekalipun mereka tidak percaya dan tidak mengenal Tuhan sebab Tuhan juga menentukan sehat sembuh dan umur (mati hidup) bagi mereka Mat 5:45. Tentu lebih baik kalau mereka mau bersyukur dan percaya Tuhan sebab semua itu dari Tuhan.

Kelas 4. Ditambah dengan cara2 dukun dan occultisme dari setan2.

Ini 100% melawan Tuhan. Kalau orang beriman memakai cara ini, hukumannya dahsyat Luk 12:48. Kalau orang dunia yang tidak mengerti memakai cara ini, Tuhan masih bisa sabar, sebab mereka belum percaya dantergantung kasus masing2. Apalagi kalau pada satu saat ia mau bertobat, keluar dari berhala dan occultismenya, Tuhan masih membiarkannya hidup.

Cara2 yang berkenan pada Tuhan untuk orang2 beriman hanya kelas 1 dan 2. Yang lain bukan untuk orang beriman.

 

VII. HAL2 LAIN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESEMBUHAN.

  1. Olahraga. Ini tentu baik, sebab seluruh otot2 dan tubuh kita memang perlu bergerak, ini tidak salah, tetapi jangan dipaksakan atau ber-lebih2. Beberapa orang begitu kuatir kalau tidak berolahraga. Seringkali orang yang banyak bekerja seperti kuli2 yang banyak meng-angkat2 barang atau tukang becak, mengayuh sampan, cuci2 baju, ngepel, menimba air, membelah kayu dll sudah tidak perlu berolahraga. Beda kerja dan olahraga adalah pikirannya lebih rileks, tetapi orang2 beriman, sekalipun bekerja ia tetap penuh sejahtera, sukacita dan rileks di dalam Tuhan.
  2. Asuransi dan biaya pengobatan. (Keterangan lihat buku Sehat, sembuh dan umur oleh Pdt. Jusuf BS, 480 halaman).

 

Nyanyian:

BilurNya 3x sungguh heran,

BilurNya 2x membawa kesembuhan.

Asal percaya saja, semua sakit hilanglah.

Oleh Tuhan Yesus tertolong.