POLARISASI

SELEKSI DAN PEMURNIAN AKHIR ZAMAN

(POLARISASI)

 
I. DEFENISI.
 
Arti kata Polarisasi disini ada-lah: suatu proses yang memba-gi orang-orang campuran baik dan jahat menjadi kelompok yang baik jadi kelompok yang jahat (di hadapan Allah); jadi timbul dua kelompok, yang sa-ling bertentangan dan saling menjauh sehingga berpisah dan tidak bisa bersama-sama lagi.
Ada tiga ayat (ada lagi ayat-ayat yang lainnya) yang men-jadi dasar dari polarisasi ini yaitu:
 
Mal 3:2-3 Siapakah yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, apabila Ia menampakkan diri? Sebab Ia seperti api tukang pemurni logam dan seperti sabun tukang penatu.
Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada TUHAN.
 
Wah 22:11. Orang yang tidak benar, biarlah ia terus berbuat yang tidak benar; dan orang yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan orang yang benar, biarlah ia terus mengerjakan kebenaran; dan orang yang kudus, biarlah ia terus kudus.”(KJI).
 
1Kor 11:19 Karena pasti (TB: harus) akan ada beberapa pihak (TB: ada perpecahan) di antara kamu, supaya mereka yang teruji (TB: yang tahan uji) menjadi nyata di antara kamu. (KJI)
 
 
II. MENGAPA TERJADI POLARISASI.
 
Pada akhir zaman tuhan akan melakukan pemurnian dalam GerejaNya Mal 3:23 sehingga yang murni dan campurannya yang kotor dipisahkan ( 1Kor 11:14), maka yang suci makin suci dan yang main-main, duniawi campuran akan terpi-sah ikut dalam arus dosa dalam jalan lebar yang meningkat makin najis Wah 22:11). Gereja yang mau disucikan akan terpe-lihara dalam kesuciannya bah-kan meningkat sampai menca-pai puncak-puncak kesuciannya lalu terjadipengangkatan; juga yang najis mencapai puncak-puncaknya, lalu Antikris me-merintah.
Jadi dosa akan meningkat dengan cepat, sangat keji, tetapi kesucian juga meningkat tinggi, makin seperti Kristus. Ini ter-jadi didalam Gereja atau dian-tara orang-orang Kristen, ter-masuk tekanan, ancaman dan perbuatan jahat dari 3 Antikris pendahulu yang sudah ikut bekerja dalam masa-masa ini (Dan 7), sehingga terjadi pola-risasi atau perpisahan ke dalam dua bagian yaitu yang suci dan yang najis.
 
*). KBBI edisi 3: Pembagian atas 2 bagian (kelompok orang yang berkepentingan, dsbnya) yang berlawanan.
 
 
III. MACAM-MACAM GAMBARAN TENTANG POLARISASI.
 
Semua Gereja zaman sekarang adalah campuran yang suci dan dosa,  tetapi akan datang saat-nya pada hari-hari terakhir, pasti akan ada pemisahan dari semua ini,  (sebab yang suci makin su-ci, dan yang dosa makin jahat).
Kita harus mengenali polarisasi ini baik-baik lebih dahulu, supaya:
1. Jangan karena kebodohan, kita hanyut dalam kelompok yang kelirudan binasa Mrk 12:24, Ams 10:21b.
2. Kalau kita mengenali polarisasi rohani ini, dan pada waktu ini terjadi, ini menjadi salah satu tanda bahwa saatnya Minggu ke-70 Daniel dimulai. Minggu ke-70 Daniel ini ber-jalan dengan sangat cepat dan dahsyat, lalu tiba-tiba sesudah 3,5 tahun terjadi pengangkatan dan sesudah 7 tahun, terjadi perang Harmagedon dan dunia ini dibinasakan semua isinya (7 Milyard orang akan binasa semua, kiamaat bagi mnusia didunia Wah 19:21). Tersisa hanya 144.000 orang yang tidak kena cap Antikris, Minggu ke-70 Daniel ini betul-betul dahsyat!
Ada banyak ayat-ayat dalam Alkitab yang memperingati kita tentang hari-hari terakhir yang dahsyat ini dan kita harus memperhatikannya.
Polarisasi atau pemisahan ini diterangkan dalam gambaran-gambaran sebagai berikut:
 
A. Perpisahan dalam Halaman dan Ruangan Suci. Wah 11:2
Halaman akan diinjak-injak antikris, Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci sudah diangkat, tidak ada.
B. gandum dan lalang  dipisahkan pada akhir zaman Mat 13:30.
C. Gandum dan sekam,  sebelum masuk lumbung Mat 3:12.
D. Yang hina dan yang mulia dalam satu rumah besar dipisahkan 2Tim 2:20-21.
E. Pencuri memisahkan. Yer 49:9.
F. Pemurnian pada hari kedatangan Tuhan Mat 3:2-3.
G. Perpisahan dalam Gereja pada hari akhir zaman 2Kor 11:19.
H. Perpisahan dalam Hujan Akhir Ul 11:14.
I. Ligabo dan Ligabis.  Mat 25:13. Ligabis (lima gadis bijaksana) masuk dalam pesta kawin Anak domba, tetapi ligabo (lima gadis bodoh) tertinggal di luar.
J. Keluar dari antara kita 1Yoh 2:18, akan ada pemisahan, orang-orang yang hidup dalam dosa tidak bisa tahan diantara orang yang sungguh-sungguh.
K. Panas dan dingin. Wah 3:16, yang panas diterima, yang dingin dibuang dan yang suam di ludahkan keluar.
L. Dll.
 
 
IV. RINCIAN PROSES PEMURNIAN (POLARISASI).
Ini sering terjadi dalam ukuran kecil dalam umatNya, lebih-lebih kalau ada pertumbuhan, kegerakan Roh Kudus, maka akan ada pemurnian dalam skala kecil. Tetapi pada akhir zaman, dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan akan ada pemurnian besar-besaran dan dahsyat yang memang direncanakan dan diizinkan oleh Tuhan. Ini seleksi akhir zaman, pemurnian besar-besaran yang juga bisa disebut polarisasi. Ini terjadi dengan:
 
A. PERPISAHAN DI HALAMAN.
Wah 11:2 tetapi biarkanlah halaman yang di luar bait Allah itu, jangan meng-ukurnya, karena ia sudah diberikan kepada orang kafir( Antikris) dan kota yang kudus itu akan di injak-injak mereka empat puluh dua bulan lamanya. 
 
Kemah (yaitu Ruang Suci dan Ruang Maha Suci itu tidak diserahkan pada orang kafir, tetapi diangkat Tuhan.
polar1
Sekarang kita hanya melihat skemanya secara garis besar dalam terang Kemah Suci.
Polarisasi atau pemisahan itu terjadi karena pada akhir zaman, yang suci makin suci dan yang najis makin najis Wah 22:11 maka perbedaannya makin besar sehingga tidak bisa cocok lagi, dan mereka terpaksa berpisah. Ini seperti Abraham dan Lot, karena Lot makin cinta Sodom Gomora dan makin najis oleh dosa-dosanya, ia tidak berani dan tidak bisa cocok lagi dengan Abraham yang justru makin suci dalam pengolahan Allah, sehingga terjadi pemisahan ini 1Kor 11:19.
Memang ini dilakukan Allah pada akhir zaman, sebagai usaha pemurnian dalam GerejaNya Mal 3:2-3, sebab waktunya sudah sampai, gan-dum akan dibawa masuk dalam lumbungnya dan lalang dibakar dalam hukumannya karena do-sanya makin bertambah-tam-bah, tidak mau bertobat.
 
Secara ringkas proses polarisasi itu sbb:
1. Orang-orang di Halaman mulai berubah, sebab yang suci makin suci, disucikan dan yang najis makin menuruti daging sehingga makin najis.
polar2
 
polar3
2. Yang suci terus meningkat sampai masuk dan bertumbuh dalam Ruangan Suci dan yang najis makin keji dan menuruti daging dan arus dosa dunia,mereka makin merosot sampai keluar ke Luar Halaman.
polar4
3. Pemisahan ini makin nyata sehingga terjadilah polarisasi. Halaman jadi kosong, sebagian naik dalam RohKudus, sebagian turun keluar Halaman.
polar5
Inilah polarisasi atau pemurnian yang akan terjadi pada saat terakhir, lalu mulailah M70D.
Ada banyak penjelasan tentang hal ini, akan kita teliti satu persatu.
 
 
B. GANDUM DAN LALANG YANG TUMBUH BERSAMA, DIPISAHKAN.
 
Mat 13:28-30.
28 Lalu berkatalah ia kepada mereka: Musuh telah melakukannya. Hamba-hamba itu berkata kepadanya: Maukah tuan, kami pergi mencabutnya? ( lalang2 itu )
29 Tetapi ia berkata: Tidak, supaya jangan ketika kamu mencabut lalang itu kamu juga mencabut gandum itu besertanya.
30 Biarkanlah keduanya tumbuh bersama-sama sampai musim menuai dan pada waktu menuai saya akan berkata kepada penuai-penuai itu: Kumpulkanlah lebih dahulu lalang itu dan ikatlah dia dalam berkas-berkasnya untuk dibakar, tetapi kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku.” (KJI).
 
Gandum dan lalang tumbuh bersama-sama. Ini memang kehendak dan cara Tuhan Sebab:
1. Yang lalang masih bisa menjadi gandum, Tuhan menunggu dan menggarapnya sebab cinta supaya jangan binasa.
polar6
2. Gandum-gandum masih harus menolong saudara-saudaranya supaya berubah, seperti Israel yang begitu bejat masih dilawat Tuhan, juga Gereja-gereja dalam Wah 2-3 dilawat Tuhan. Kalau waktunya habis baru dilakukan pemurnian.
Tetapi sekarang masih campuran. Orang-orang yang dipakai Tuhan heran, belum tentu masuk Surga Mat 7:23,21 sebab mereka diam-diam atau terang-terangan tetap mencintai dosa.
Tetapi mereka yang terkemudian juga bisa menjadi yang terdahulu Mat 19:30.
Sebab itu kita harus selalu hidup dalam kesucian dan selalu memeriksa diri dan saling menasehati, supaya jangan sampai undur dan menjadi lalangkarena Gereja Tuhan masih campuran. Belum tentu yang masuk Gereja juga masuk Surga, terutama kalau tidak mau disucikan dari dosa dan keinginannya.
 
Pada saat terakhir akan terjadi pembakaran, yaitu hukuman Allah atas dunia ini (belum dan bukan Neraka) dimana lalang akan kena hukuman (3 seri hukuman dari tiga Pribadi Allah yaitu 7 meterai, 7 sangkakala dan 7 bokor murka Allah). Tetapi di tengah-tengah waktu itu, gandum akan dituai dan dibawa masuk dalam lumbung Allah yaitu Surga. Dengan demikian terjadi polarisasi (pemisahan) antara gandum dan lalang.
Tetapi satu kali kelak Tuhan sendiri (pada waktu terakhir) yang akan Pada akhir zaman gandum dan lalang akan dipisahkan, untuk dibawa masuk dalam gudang masing-masing, yaitu gudang gandum dan lalang dibakar.
 
 
C. GANDUM DAN SEKAM.
 
Mat 3:12 PenampiNya ada di tangan-Nya dan Ia akan membersihkan lantai pengirian-Nya, lalu mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi sekamnya akan dibakar dengan api yang tidak terpadamkan.
 
Ini hampir sama seperti gandum dan lalang, tetapi ini campuran yang lebih lekat. Kalau gandum dan lalang itu tumbuhan yang berbeda, tetapi gandum dan sekam, itu buah dan kulitnya itu berasal dari buah gandum yang sama (sering kali ada sedikit campuran dengan daun atau tangkainya). Kulit atau sekam itu berguna dalam pertumbuhan bah gandum, sebab kalau tidak ada kulit, buahnya tidak jadi. Ini orang-orang yang berguna dalam pertumbuhan dan perkembangan Gereja. Betapa menyedihkan bahwa orang-orang ini, yang dahulunya berguna, dipakai Tuhan, tetapi sebab menjadi sombong atau kembali dalam dosa atau keras hati dalam dosa, akhirnya mereka makin jauh dalam dosanya terpisah dalam pemur-nian ini sehingga akhirnya binasa seperti Mat 7:23 atau lima gadis bodoh yag tertinggal.
Kita harus setia sampai akhir dan tetap didalam Roh, jangan berakhir dalam daging Gal 3:3-4. Ini perpisahan yang sangat menyedihkan dan mengerikan.
Ini perpisahan dari Tuhan, bukan dari kita jadi satu kali kelak Tuhan sendiri yang akan memisahkan dengan pemurnian  seperti yang disebutkan dalam Mat 3:12. Gandumnya akan dibawa masuk dalam lumbung, ikut pengangkatan, tetapi sekamnya akan di bakar!
 
 
D. PEMISAHAN ANTARA YANG MULIA DAN YANG HINA.
 
Pemurnian ini sebetulnya terjadi sepanjang zaman seperti yang ditulis dalam:
 
2Tim 2:20-21. Tetapi dalam sebuah rumah besar bukan hanya ada bejana emas dan perak saja (yang mulia), tetapi juga dari kayu dan tanah (yang hina), sebagian kepada yang mulia dan sebagian kepada yang hina.
Oleh sebab itu jikalau seseorang membersihkan dirinya dari ini (dari yang hina), ia akan menjadi suatu bejana kepada yang mulia, dikuduskan dan layak dipakai oleh tuannya, dipersiapkan untuk setiap pekerjaan yang baik. (KJI)
 
Yang hina ( yaitu tanah dan kayu ) dan yang mulia (tembaga dan emas ) sekarang masih bercampur.
Gereja atau orang Kristen zaman sekarang itu campuran, yaitu campuran yang baik dan jahat, suci dan dosa, gandum dan lalang bersama-sama dalam satu Gereja bahkan ada yang suam, sebentar suci, sebentar berdosa, sering tidak menentu.
Meskipun begitu,biasanya mereka masih bisa berkumpul dan bergaul satu sama lain, seperti Abraham dan Lot. Memang mula-mula dosa dalam Lot masih jinak, masih sedikit, masih bisa dikuasai, sehingga seolah-olah tidak menjadi masalah.
Gembala-gembala yang mengerti dan taat melakukan kehendak Tuhan akan berusaha meningkatkan rohani dari semua domba-domba yang ada dalam tanggungjawabnya, kalau bisa semua menjadi lebih baik, lebih suci, lebih indah dan terus meningkat sampai seperti Kristus.
polar7
Biasanya ada sebagian yang bisa ditingkatkan, sebagian yang lambat dan sebagian tidak mau (tetap jadi golongan yang hina, tanah dan kayu) bahkan ada yang lari dan tidak kembali.
Biasanya tidak semua mau meningkat, bahkan prosentasi yang mau taat dan meningkat tidak sama dalam setiap Gereja
polar4 macam
 
Tetapi satu kali kelak Tuhan sendiri dalam akhir zaman (dalam Minggu ke-70 Daniel) akan membuat pemurnian dan ini berjalan dengan sangat nyata dan kuat diseluruh dunia bersamaan, sehingga akan terjadi pemisahan antara yang mulia dan yang hina. Yang hina akan hanyut dalam dosa, akhirnya mati dalam dosa atau tertinggal dan yang mulia akan dibawa dalam pengangkatan.
 
Jangan dibersihkan sendiri, tunggu Tuhan. Kita tidak bisa membersihkan sendiri orang-orang yang jadi duri, yang tidak rohani dan jahat, yang akan hanyut dalam dosa dan tumbuh terus makin jahat dan makin keji. Justru duri dan pengganggu-pengganggu ini akan me-nyempurnakan kita. Mereka tetap perlu didisiplinkan tetapi jangan diusir atau dibuang; seperti Judas, Absalom, Achitofel dll. Kalau sudah selesai mengolah kita, baru Tuhan sendiri yang akan memisahkan orang-orang yang jahat itu pada waktu Ia memurnikan GerejaNya Mal 3:2-3. yang mulia diceraikan dari yang hina, se-perti gandum diceraikan dari lalang, lalu gandum dibawa masuk dalam lumbung dan lalang dibakar.
Emas akan langsung diambil pada waktu orang itu menjadi sempurna, langsung dibawa ke tahta Allah, ini digambarkan “anak laki-laki” dalam Wah 12:5.
Perak adalah orang-orang berharga yang diambil dalam pengangkatan sekaligus bersama-sama.
 
E. PENCURI  MEMISAHKAN
 
Yer 49:9b Pencuri pada malam, bukankah diambilnya hanya seberapa yang cukup kepadanya?(yang mahal, yang mulia saja). (TL)
 
Tuhan Yesus datang seperti pencuri bagi orang yang hidup dalam gelap (golongan yang hina).
polar8
 
1Tes 5:2 Karena kamu sendiri menge-tahui dengan tepat bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.(KJI).
 
Mereka yang tergolong yang hina tidak mengerti kedatanganNya, dan tidak tahu jam berapa Ia datang, tahu-tahu Ia datang seperti pencuri dan tidak diambil sebab tidak ada harganya. Tetapi yang mulia itu tahu datangnya jam berapa (sebab Ia tidak datang sebagai pencuri, tetapi sebagai kekasihnya),  tidak di dalam gelap 1Tes 5:4-5 dan justru yang mulia itu yang dibawa oleh kekasihnya ini.
 
1Tes 5:4-5 Tetapi kamu, Saudara-saudara, tidak berada di dalam kegelapan sehingga Hari itu menimpa kamu seperti seorang pencuri. Kamu semua adalah putra-putra terang dan putra-putra siang. Kita ini bukannya tergolong malam atau kegelapan.(KJI).
 
 
F. PEMURNIAN PADA HARI KEDATANGAN TUHAN.
 
Mal 3:2-3  Siapakah yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, apabila Ia menampakkan diri? Sebab Ia seperti api tukang pemurni logam dan seperti sabun tukang penatu. Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada TUHAN. (TB)
 
Karena fasilitas Allah dalam hari-hari terakhir ini luar biasa (dalam Minggu ke-70 Daniel), maka orang yang sungguh-sungguh taat akan Firman  Tuhan, dapat kesempatan untuk tumbuh makin cepat, makin suci, makin murni, makin indah sehngga tingkat rohaninya makin meningkat sangat tinggi.
Tetapi sebaliknya, sebab arus dosa (atau lebih tepat tsunami dosa) itu sangat kuat menarik orang yang ingin berdosa, sehingga mereka berani berdosa terang-terangan, tidak lagi malu-malu dan menjebur habis-habisan dalam kesukaan dosa yang najis yang begitu limpah pada akhir zaman ini.
Sebab itu orang yang main-main, tidak lagi cocok dengan orang-orang yang makin suci, sehingga memisahkan diri. Timbul orang-orang yang makin lama makin jahat, yang akan bergabung dalam kelom-pok Antikris; orang-orang ini keluar dari antara kita.
 
1Yoh 2:19 Mereka sudah keluar dari antara kita, tetapi mereka itu bukan dari kita; Karena jika mereka itu dari kita, niscaya mereka tetap tinggal dengan kita, tetapi mereka telah keluar, supaya menjadi nyata bahwa mereka semuanya bukan dari kita. (KJI).
n: L: berasal dari   B: termasuk pada
 
Pemurnian ini terjadi karena yang suci menjadi makin suci, dan yang dosa makin dosa dan najis Wah 22:11. Pemurnian inilah polarisasi yaitu orang-orang beriman terpisah menjadi dua bagian atau dua golongan yang saling bertentangan satu sama lain, sehingga dua golongan ini akan makin menjauh satu sama lain, makin lama makin jauh, akhirnya betul-betul terpisah dan tidak ada hubungan lagi. Ini yang akan terjadi pada Minggu ke-70 Daniel yaitu sebelum pengangkatan.
Kita harus mengerti hal ini baik-baik lalu memilih (bukan ditentukan), memilih untuk ikut yang mana?
Ikut yang makin suci dan masuk dalam pengangkatan atau ikut yang makin jahat dan berdosa, untuk masuk dalam golongan Antikris atau Gereja yang di jalan lebar. Yang plin plan akan hanyut dalam yang jahat.
 
G. PEMISAHAN DI DALAM GEREJA PADA AKHIR ZAMAN.
 
1Kor 11:19 Karena pasti (B:harus) akan ada beberapa pihak (B:ada perpecahaan) di antara kamu, supaya mereka yang teruji (B:tahan uji) menjadi nyata di antara kamu. (KJI)
 
Ayat-ayat di atas juga merupakan nubuatan tentang pemisahan  ini, lebih-lebih ayat ini:
Sekarang semua Gereja-gereja terdiri dari campuran  orang yang tidak sungguh-sungguh percaya dan yang sungguh-sungguh percaya, yang setia dan tidak setia (TL) dan yang teruji (tahan uji) dan yang tidak teruji (tidak tahan uji) gugur, hanyut dalam arus dosa akhir zaman.
 
Pada satu saat, menurut 1Kor 10:19, polarisasi atau pemi-sahan rohani ini akan terjadi. Yang suci makin suci, menjadi satu golongan tersendiri dan yang main-main, yang najis makin najis, juga menjadi golongan tersendiri.
Inilah pemurnian yang akan terjadi sehingga orang Kristen yang sungguh-sungguh dan yang suam atau duniawi akan terpisah. Pemisahan ini akan sangat tajam sehingga betul-betul terpisah, tidak bisa bercampur lagi. Orang-orang yang sungguh-sungguh akan makin meningkat, makin disucikan, disiapkan untuk kedatangan Tuhan. Tetapi mereka yang main-main, setengah hati, ikut-ikutan akan, makinberani berdosa terang-terangan, makinnajis dalam dosa-dosa yang makin keji, sehingganyata benar beda dua golongan ini sehingga mereka terpisah sama sekali. Apalagi dalam pemisahan ini Tuhan ikut campur dengan aktif dengan hukuman yang keras, dengan fasilitas yang limpah dari Tuhan dsb.
 
 
H. PEMISAHAN DALAM HUJAN AKHIR.
 
Perpisahan dalam Hujan Akhir
Ul 11:14 Dalam Hujan awal Gereja baru mulai lahir, mulai tumbuh.
Dalam Hujan akhir Gereja sudah matang dan dituai.
Seperti yang terjadi dalam Hujan awal, begitu juga akan terjadi pada Hujan akhir, bahkan lebih lagi.
Kalau Tuhan bekerja dengan nyata dan kuat, Tuhan memberi banyak, Tuhan juga menuntut banyak Luk 12:48 yaitu hidup dalam kesucian di hadapan Tuhan dan taat melakukan kehendakNya. Jadi umat Tuhan harus ekstralebih tertib dan sungguh-sungguh sehingga betul-betul matang dan siap untuk pengangkatan.
polar9a
Dalam Hujan awal Gereja dilahirkan dan ditumbuhkan. Tetapi dalam Hujan akhir, Gereja dituntut untuk jadi matang dan berbuah-buah, tentu Tuhan memberi segala fasilitas yang lengkap untuk hal ini. Mereka yang tidak bisa jadi dewasa dan matang, akan ditinggal, tidak masuk dalam penuaian, sebab itu syarat dan tuntutan akhir zaman dalam Hujan akhir itu lebih tinggi, lebih berat, harus sudah matang dalam imannya, artinya bisa selalu hidup suci dan dipimpin Roh, bahkan ada sebagian yang menjadi sempurna.
polar9b
Memang ini rencana Allah bagi Gereja dalam Hujan akhir yaitu tumbuh menjadi sempurna. Mereka yang bisa hidup dalam kesucian dipimpin Roh akan ikut dalam pengangkatan, berubah dalam sekejab oleh pekerjaan Roh Kudus Rom 8:11, tetapi yang hidup dalam dosa, itu putus hubungan dengan Tuhan dan mati dalam dosa atau yang masih hidup tertinggal dalam zaman Antikris.
 
I. LIMA GADIS BIJAKSANA DAN LIMA GADIS BODOH
 
Mat 25:11-12 Setelah itu datanglah gadis-gadis yang lain itu sambil berkata: Ya Tuan, ya Tuan, bukakanlah kami pintu. Tetapi ia menjawab serta berkata: Dengan sesungguhnya aku berkata kepadamu: Aku tidak mengenal kamu.
 
Ini hampir sama dengan gandum dan sekam, cerita yang sangat memilukan, sebab dahulunya bersama-sama, tetapi sekarang berpisah dan akhirnya tidak bertemu lagi sampai ke-kal, sebab tempatnya berbeda, yang satu di Surga Bumi Baru dan yang lain dalam Tasik api!
Jangan jadi lima gadis bodoh. Jangan sesudah penuh dengan Roh Kudus tetap hidup dalam campuran dengan daging, bisa celaka dan akhirnya terpisah untuk kekal.
Jangan lalai meskipun sudah penuh dan dipimpin Roh, mes-kipun dipakai Tuhan dengan heran, sebab kita harus tetap setia sampai akhir. Kalau kita masih hidup di atas dunia, ini adalah kesempatan untuk makin meningkat, tetapi juga kesem-patan bagi iblis untuk meng-goda dan menjerat untuk menjatuhkan dan menarik sampai neraka. Berjaga-jagalah, jangan sampai dipisahkan seperti ini!
 
J. KELUAR DARI ANTARA KITA
 
1Yoh 2:19 Mereka sudah keluar dari antara kita, tetapi mereka itu bukan dari kita; karena jika mereka itu dari kita, niscaya mereka tetap tinggal dengan kita, tetapi mereka telah keluar, supaya menjadi nyata bahwa mereka semuanya bukan dari kita.
 
Ini perpisahan yang sudah bisa dipantau dari permulaan. Ini orang-orang di dalam kita, diantara kita, beredar-edar di dalam gereja, tetapi hatinya selalu cenderung pada dosa. Hidupnya selalu di jalan lebar (dan kadang-kadang di jalan sempit). Tidak ada lapar haus akan Firman Tuhan, melalaikan hal-hal diatas, lebih cinta akan perkara-perkara di dunia, begitu menyedihkan. Ini seperti Lot yang sudah ikut Abraham keluar dari Urkasdim tetapi tetap membiarkan cinta akan dunia atau hidup lama tumbuh dalam hatinya. Akhirnya waktu ada kesempatan, ia langsung memakai kesempatan itu untuk pindah karena percintaan akan Sodom dibiarkan terus tumbuh sehingga akhirnya tidak lagi mau dengan anggur baru, tetap suka dan mabuk anggur lama Luk 5:39.
Juga seperti Israel yang sama-sama keluar dari Mesir, tetapi tidak sampai masuk Ka-naan, melainkan mati terhukum di padang gurun (sayang, sudah keluar dari Mesir tetap nasibnya tetap sama seperti orang Mesir).
Ini orang-orang yang mening-galkan kita dan biasanya ini menimbulkan kesedihan seperti yang dialami Abraham, namun semuanya akan dan harus terjadi.
 
K. PANAS DINGIN DAN SUAM
 
Semua sama-sama air, tetapi akhirnya berbeda. Ini orang-orang yang sama-sama sudah percaya Tuhan, tetapi ada yang undur, jadi dingin, ada yang setengah hati, tetap dalam gereja tetapi cinta dunia. Ini Orang-orang yang suam yang diludahkan Allah keluar.
 
Wah 3:16 Jadi, oleh sebab engkau suam, dan tidak dingin ataupun panas, Aku hendak meludahkan engkau keluar dari dalam mulut-Ku.
 
Kesempatan yang besar  disia-siakan Ibr 2:3-4 dan mereka akhirnya dipisahkan dari yang sungguh-sungguh bahkan dibuang, diludahkan keluar, tidak akan dijilat kembali. Jangan netral atau ditengah-tengah, tidak punya pendirian, ikut arus, plin-plan, akhirnya sama saja dengan orang yang paling jahat dan kejam, sama-sama masuk di neraka. Harus ambl putusan tegas Luk 12:57 untuk ikut Tuhan sampai mati Wah 2:10  dan berani korban untuk Kristus Luk 9:23, baru bisa jadi indah, sukacita, puas dan terpelihara sampai  masuk dalam Surga BUmi Baru yang kekal. Jangan sampai diludahkan keluar!
 
L. DLL
 
 
V. KESIMPULAN
POLARISASI
Ini semua menceritakan perpisahan yang dahsyat bahkan orang yang begitu dekat dalam satu rumahpun terpisah
 
Luk 12:52-53 Karena mulai sekarang akan ada lima orang dalam satu rumah yang terpecah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga. Bapa akan  terpecah melawan putra dan putra melawan bapa, ibu melawan putrinya dan putri melawan ibunya, ibu mertua melawan menantu perempuannya dan menantu perempuan melawan mertuanya.
 
Sebab itu miliki pendirian yang teguh, lekat di dalam Kristus dan tumbuhlan dalam pimpinan Roh. Orang yang tidak tumbuh, apalagi plin-plan akan terpisah untuk kekal, kecuali kalau masih bisa bertobat!
 
Jangan sedih karena melihat ada yang pergi, ada perceraian, apalagi dari antara orang dekat (seperti Abraham ditinggalkan Lut, Samuel kehilangan Saul), sebab masing-masing dengan kasar, dengan pahit, pergi meninggalkan gurunya seperti Yudas memilih dan pergi ke tempatnya sendiri.
 
Luk 22:48 Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Yudas, dengan suatu ciumkah engkau mengkhianati Putra manusia?”
 
Kis 1:25  supaya ia boleh mengambil bagian dari pelayanan dan jabatan rasul ini, dari mana Yudas sudah jatuh karena pelanggarannya, supaya ia bisa pergi ke tempatnya sendiri.”
 
Supaya ia boleh mengambil bagian dari pelayanan dan jabatan rasul ini, dari mana Yudas sudah jatuh karena pelanggarannya, supaya ia bisa pergi ke tempatnya sendiri.”
 
Sekarang yang suci dan yang najis masih bercampur. Kita harus mengerti baik-baik nubuatan-nubuatan Firman Tuhan ini dan memegang baik-baik, supaya kita tetap hidup benar dan mempunyai pendirian yang teguh dan juga supaya kita bisa menguatkan semua saudara-saudara seiman yang lain, supaya tetap setia pada Tuhan dan terus tumbuh dalam kesucian. Sebab waktunya akan datang, akan terjadi pemisahan yang tegas dan menyedihkan, dan itu akan terus bersambung sampai kekal! Polarisasi!
 
Singkatan.
POLARISASI, artinya menjadi dua bagian yang saling bertentangan.
Ini saringan atau seleksi akhir zaman, yang terjadi dengan sendirinya.
Tetapi menjadi lebih kuat sebab dosa dan kesucian, keduanya meningkat tajam 1Kor 11:19, Wah 22:11.
Dalam zaman polarisasi tidak bisa netral, harus memilih dosa atau suci, sehingga terjadi pemisahan akhir zaman, sebab tarikan dosa kejahatan sangat kuat.
 
Pada waktu Tuhan memurnikan umatNya sebelum kedata-nganNya Mal 3:2,3, tampak sekali polarisasi menghebat, sebab banyak orang pindah dari jalan sempit ke jalan lebar dan sebaliknya dari jalan lebar ke jalan sempit.
Apa yang menyebabkan pemindahan itu:
1. Wah 22:11 dosa dan kesucian makin meningkat sehingga berbeda makin besar. Orang-orang tidak lagi bisa netral tetapi hanyut, terdorong ke jalan lebar dan yang sungguh-sungguh mau bertobat, melihat fakta ini lalu kembali ke jalan sempit. Ini pengaruh sikon.
2. Keputusan dan kehendak masing-masing. Yang tidak mengambil keputusan yang sungguh untuk mencari Tuhan, akan hanyut ke jalan lebar. Sangat penting kemauan dan keputusan tegas.
3. Roh setan bekerja keras membuat orang jadi duniawi tetapi juga Roh Kudus bekerja dengan kuat dalam Hujan Akhir dan orang yang mau dipimpin Roh (atau yang mau kembali ke jalan sempit). Sama seperti Abraham dan Lot, perbedaannya makin lama makin lebar dan rohnya jadi lain sehingga Lot tidak mau lagi bersekutu.
Juga Saul dengan Samuel, sekalipun Samuel cinta Saul dan Saul menghargai Samuel sebagai penolong tetapi rohnya sudah berubah. Saul dikuasai roh setan tetapi Samuel tetap dipimpin oleh Roh Kudus.
4. Fasilitas untuk hidup suci makin limpah, Hujan akhir, pembukaan Firman Tuhan, tiga pribadi Allah bekerja penuh dalam Gereja Wah 12:1, pelayanan jabatan, pelayanan orang sempurna, hukum yang keras, persekutuan tubuh Kristus yang betul Yoh 17:23 dll sehingga orang yang mau meningkat terus dalam kesucian dan sudah meninggalkan cara hidup lama, akan tumbuh terus makin indah.
Tetapi fasilitas untuk berdosa juga makin limpah; yang cinta dunia dan menjadi suam, yang main-main itu semua hanyut masuk jalan lebar.
Kita harus setia dan taat, yaitu hidup dipimpin Roh, dan terus menerus menghisab 7 Kebutuhan Pokok Rohani.
Sekarang masih bisa pindah?
Sekarang masih bisa pindah ke jalan sempit asal sungguh-sungguh mau pikul salib dan taat, masih bisa. Dalam Minggu ke-70 Daniel sulit sekali, tetapi masih bisa pindah ke jalan sempit. Tetapi ke jalan lebar kesempatan makin besar bahkan di dorong kuat-kuat karena polarisasi ini 1Kor 11:19 dan Wah 22:11). Yang tidak punya pendirian akan ikut pindah = jatuh. []