M3571 – Keluaran19:4 (3-5) Terbang di Atas Sayap Burung Rajawali (25Nov’12)

Download MP3 Khotbah: M3571

I. PRINSIP

Perjalanan rohani dari mulai lahir baru sampai menjadi seperti Kristus, sebetulnya itu semua sudah direncanakan Allah dan dengan Allah kita bisa meluncur tanpa kesulitan sama sekali seperti anak-anak burung Nazar (atau Rajawali, eagle Inggris) di atas induknya. Orang beriman seperti anak burung Nazar, dilahirkan (menetas) ditumbuhkan, digendong dan dibawa sampai ke tempatnya “oleh Allah” sendiri!
Beberapa orang salah mengerti, mengira bahwa menjadi orang Kristen itu sangat menderita, salibnya berat, penderitaannya banyak sehingga banyak yang gugur sebab sulit dan berat. Sebetulnya sama sekalitidak begitu. Allah sanggup mengolah dan mengerjakan sendiri keselamatan kita dari mulai masuk iman Rom 13:11 sampai menjadi sempurna seperti Kristus. Allah sendiri bisa mengerjakannya lengkap, tetapi kalau 100% tergantung Allah kita menjadi seperti robot. Itu bukan rencana Allah. Ia ingin menciptakan kita menjadi seperti Kristus, bukan menjadi boneka atau robot seperti Kristus. Meskipun digoda, dirayu, dihasut, diancam dll tetap tinggal suci seperti Kristus, punya pendirian, ketaatan, kesetiaan, penyerahan dan cinta serta bisa melakukan banyak hal yang mulia seperti Kristus. Kita diciptakan sebagai mahluk yang bisa setia dan cinta kepada kebenaran seperti Kristus, seperti Allah, bukan seperti robot. Sebab itu Tuhan mengolah dengan unik dan memberi fasilitas lengkap dan dengan pertolongan Allah supaya kita bisa menjadi seperti Dia sendiri, seperti Kristus. Asal kita mau percaya dan taat dalam hal apapun sampai mati, maka dengan fasilitas yang diberi Allah, kita bisa tumbuh sampai sempurna seperti Kristus.

II. RENCANA ALLAH

  • Manusia: Percaya, taat, beres
  • Allah: mengatur semuanya beres
  • Firman dan Roh Kudus: kita menjadi sanggup

Jadi Allah sanggup menggendong kita seperti Rajawali sampai datang pada Dia, menjadi sempurna seperti Kristus. Tetapi supaya kita bisa diolah, punya kemauan, penyerahan, ketaatan, pengorbanan dan kasih sampai menjadi sempurna, maka kita ditumbuhkan di tengah-tengah dunia yang penuh dosa dan penderitaan dalam segala segi hidup; tetapi fasilitas lengkap sudah disediakan Tuhan untuk bisa 100% sukses.
Asal kita beres di hadapan Tuhan, tidak simpan dosa, percaya dan taat, kita pasti bisa mencapai rencana Allah dengan penuh. Semua sikon sudah diatur Allah dengan teliti sampai rambut di kepalapun diatur Allah dengan beres dan dengan Firman dan Roh Kudus, dua sayap burung nazar yang hebat, kita akan sanggup tumbuh sampai seperti Kristus. Jadi kita harus tetap beres di hadapan Allah dan mau, bisa memakai semua fasilitas Allah, maka kita pasti menjadi luar biasa; dengan Allah kita bisa melakukan perkara-perkara yang besar Maz 60:14 yaitu tumbuh dan berbuah lebat sampai sempurna seperti Kristus.
Jadi, menjadi Kristen dan tumbuh sampai seperti Kristus itu sama sekali tidak sulit, asal kita beres di hadapan Allah dan mau taat, mengerti semua fasilitas dari Allah dan memakainya, kita pasti bisa mencapai puncak renca-na Allah yang mulia itu.

III. KITA HARUS BERES DI HADAPAN ALLAH

Supaya semua berjalan lancar sesuai rencana Allah, kita harus beres di hadapan Allah yaitu sesudah lahir baru dan tetap tinggal dalam Kristus seperti carang dalam pokok Yoh 15:5, maka kita akan tumbuh dalam kemenangan, ber-buah2 dan menjadi seperti Kristus yaitu:

  1. Tetap hidup suci seperti Allah 1Pet 1:15-16, yaitu suci dalam hal apa saja, dimana saja dan kapan saja, dahulu, sekarang dan yang akan datang sampai akhir; dan orang yang suci itu akan tinggal tetap di jalan sempit yaitu selalu pikul salib. Ini bukannya tanpa pergumulan, tetapi kalau disertai Tuhan Yesus pasti menang terus menerus seperti contoh Putra manusia Yesus.
  2. Tidak menuruti daging atau kehendak sendiri, tetapi terus menerus dipimpin Roh Gal 5:16-17 dan itu selalu sesuai dengan Firman Tuhan. Dengan demikian kita selalu ada di jalan Allah, dan di sini rencana Allah akan digenapkan, membuat hidup kita jadi paling indah, paling bahagia dan tumbuh terus sampai seperti Kristus.
  3. Bersukacita berdoa tanpa stop dalam Roh dan kebenaran 1Tes 5:17. Orang seperti ini akan limpah dengan kuasa Allah sehingga terus hidup berkemenangan dan berbuah-buah.
  4. Menikmati bertekun dalam Firman Tuhan Kis 2:4; 17:11 sehingga tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 1Pet 2:2; 2Pet 3:18. Firman Tuhan menjadi daging sehingga ia tumbuh terus makin dewasa sampai akhirnya penuh seperti Kristus.
  5. Tekun bersekutu dalam persekutuan tubuh Kristus yang betul yaitu dalam kesucian dan kasih Kristus 1Yoh 1:7 sehingga jadi kuat dan tumbuh bersama-sama.
  6. Setia beribadah, bahkan makin lebih pada akhir zaman Ibr 10:25 dan dalam penggembalaan yang baik, semua bisa tumbuh.
  7. Menjadi terang dan garam dunia sehingga berbuah-buah lebat di dalam Kristus Mat 5:14-16, Yoh 15:5.

Kalau kita memelihara Tujuh Pokok Kebutuhan Rohani ini baik-baik, maka kita bisa mengerti dan bisa memakai semua fasilitas yang Tuhan berikan dengan baik, senang dan puas, serta terus tumbuh dan berbuah-buah dengan tidak sulit.

IV. FASILITAS YANG DISEDIAKAN TUHAN

Tuhan tidak memberi alat-alat yang canggih atau malaikat dll tetapi Dia memberi Diri-Nya sendiri seperti yang diminta Musa Kel 33:15. Bapa, Putra dan Roh Kudus, Mereka semua memberi Diri-Nya sendiri untuk kita. Allah itu maha kuasa, maka hadir, bisa hadir di mana-mana, sebab itu Mereka bisa hadir di dalam kita secara pribadi untuk masing-masing kita. Allah ada dalam kita seperti Imanuel Mat 1:23 Tuhan dan Bapa tinggal di dalam orang yang cinta Firman Tuhan Yoh 14:23. Kalau ada Firman dalam hati, jadi daging itu Kristus di dalam kita Yoh 1:14, Wah 10:10. Juga Roh Kudus tinggal di dalam kita sesudah baptisan Roh Yoh 14:16. Jadi kita ini diperlengkapi dengan luar biasa, oleh Allah sendiri. Sebab itu jangan takut, jangan kecil hati, jangan kuatir, kalau takut dll, itu terlalu bodoh. Seperti seorang tentara dengan senjata otomatis lengkap, ketakutan menghadapi penjahat yang cuma main gertak, begitulah orang beriman yang kuatir dan takut kalah melawan pencobaan apapun. Terlalu bodoh, sebab kita disertai Allah, bahkan tiga Pribadi Allah. Mengapa beberapa banyak orang Kristen sampai takut, kuatir begitu? Ini disebabkan karena tidak mengerti penyertaan Allah dan tidak kenal siapa Allah. Kalau tiga Pribadi Allah di dalam manusia, ia akan menjadi ajaib di langit Wah 12:1 sampai semua tentara iblis gemetar sebab Allah yang di dalam kita itu luar biasa! Seharusnya orang yang beres dan berjalan dengan Alalh itu menjadi luar biasa seperti ini, sebab Dia yang ada di dalam kita lebih besar dari dia yang ada dalam dunia 1Yoh 4:4, Rom 8:31. Jangan gemetar apalagi putus asa, yang penting kita harus beres di hadapan Tuhan sehingga hubungan dengan Allah baik (sebab dosa memutuskan hubungan baik ini Yes 59:2) dan selalu taat akan pimpinan Roh Kudus, maka Roh Kudus bahkan tiga Pribadi Allah bisa bekerja bebas di dalam kita, dan hasilnya itu luar biasa, sangat ajaib! Mengerti dan percayalah! Sebab itu belajar Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus sampai mengerti semua fasilitas yang disediakan Allah, membuat kita yakin dan tidak putus asa sekalipun kenyataan ilahi itu belum tampak, kita bisa menunggu dengan iman. Kita dengan Allah itu luar biasa lebih dari siapapun di dunia, tetapi jangan bereaksi dosa atau ada keinginan yang salah melawan Firman Tuhan. Memang orang yang sangat heran dengan pertolongan Tuhan kalau berdosa akan jadi sangat hina dan kecil tanpa Tuhan. Ingat Simson, Saul dll.
Dalam 1Kor 12:4-6 disebutkan pembagian kerja tiga Pribadi Allah (sebab Allah itu begitu kasih dan cocok, bersatu sehingga semua ikut kerja bersama-sama dan membagi Diri-Nya sendiri dalam perkara-perkara tertentu untuk manusia, yaitu:

  1. Roh Kudus. Dia menjadi Penolong pribadi yang memimpin kita Rom 8:14 yang terus memberi hikmat, kuasa dan pimpinan-Nya dalam segala perkara, juga memberi macam-macam karunia dan buah Roh.
  2. Putra Allah memberi penebusan, baptisan Roh, Firman sampai kita tumbuh menjadi dewasa dan mendapat jabatan-jabatan tertentu dari Tuhan dalam tubuh Kristus, baik jabatan pemimpin Ef 4:12 maupun suatu fungsi khusus dalam tubuh Kristus 1Kor 12:18.
  3. Bapa melakukan perbuatan-perbuatan ajaib yaitu membuat rencana yang indah-indah bagi setiap anak-anak Allah Ef 2:10 dan Bapa mengatur semua sikon disekitar kita, juga orang-orang dan Sidang Tuhan lokal (dan global) sehingga semua sikon ikut memungkinkan rencana Allah terjadi dalam setiap anak Allah di dunia ini! Baik dalam benda-benda (domba bagi Abraham untuk pengganti Ishak, rahang keledai bagi Simson melawan orang Filistin dll) juga orang-orang misalnya mengatur bintang-bintang untuk orang Majus sampai di Betlehem, Naomi bertemu Rut dan Orpa, keledai Saul yang hilang dan jutaan kasus yang lain lagi, setiap hari diatur Allah sampai semua rencana yang indah-indah untuk anak-anak-Nya bisa jadi, semua dipersiapkan Allah. Betapa untung kita menjadi anak-anak Allah, lebih dari VVIP sebab Allah sendiri menyambut dan menemani kita, bukankah ini luar biasa. Siapa pernah dilayani raja atau Presiden? Kita dilayani Allah sendiri, ini sangat sangat besar dan heran. Jangan berkecil hati dalam problem apapun, hadapi dengan iman dan lawan semua dengan pimpinan dan kuasa Allah, pasti menang. Kita tidak sendiri, kita disertai Allah yang maha besar, mengapa kecil hati. Usir semua setan dan hadapi siapapun dalam pimpinan, hikmat dan kuasa Roh Kudus, kita pasti menang. Untuk semua gangguan, celaka, penyakit, ancaman dll, hadapi dengan kuasa Allah.

Tetapi kegagalan sering terjadi karena banyak orang beriman bertindak bertentangan dengan kehendak Allah. Dikira ia boleh bertindak semaunya sendiri dengan kuasa Allah seperti Yohanes yang mau menurunkan api sebab ia yakin Allah maha kuasa Luk 9:53-55. Tetapi ini salah, sebab ia memakai iman untuk menuruti nafsu daging. Dengan cara ini banyak orang beriman tidak mengalami apa-apa. Kita harus taat dipimpin Roh, juga taat dalam penderitaan. Yusuf mau menderita seperti juga Tuhan Yesus. Kalau dipimpin Roh untuk mengalah, rendah hati, jadi berkat, merugi karena Kristus dll, kita harus taat,barulah kuasa Allah yang luar biasa menyertai-Nya. Penyertaan Allah jangan dimanfaatkan untuk kehendak kita sendiri, nanti kacau dan batal. Kita harus betul-betul dalam kehendak Tuhan sebab kuasa Allah itu “maha segalanya” sehingga kalau disalahgunakan, bisa celaka sendiri, biasanya tidak sampai terjadi, sebab Allah tidak mau dan tidak mungkin bisa disalahgunakan, tetapi orang yang hendak menyalahgunakan kuasa Allah, hidupnya akan kosong, kuasa Allah tidak nyata sebab ia keluar dari rel Tuhan dan bisa diterkam iblis kalau tidak bertobat!

V. TANDA-TANDA KALAU KITA BERJALAN DENGAN TUHAN

  1. Sejahtera dan sukacita Flp 4:4,7. Kalau tidak ada sejahtera berbahaya, cek! Dalam keadaan kacau dan ancamanpun masih ada sejahtera Kis 16:25, Maz 16:11.
  2. Berkemenangan dalam derita. Kalau kita berjalan dalam Roh akan ada hikmat, kuasa dan pimpinan Roh Kudus, juga karunia dan buah Roh sehingga kita akan menang. Kadang-kadang kita harus menunggu lama seperti Paulus 2 tahun dalam penjara di Yerusalem lalu sampai Roma dan sampai mati bisa makan waktu total 8-9 tahun (Moody Bible Dictionary AD 59-62/65. mati AD 68/67). Dalam waktu-waktu ini ada banyak kesukaran dan penderitaan, sebentar ditahan dalam penjara, sebentar lepas atau bebas terbatas, seolah-olah Allah tidak ada, tetapi Allah tetap menyertainya. Duripun tidak terlepas dari tubuhnya 2Kor 12:7-9. Mengapa? Sama seperti Kristus, sengsara itu menumbuhkan-Nya Ibr 2:10, bahkan sengsara dan tetap taat itu mengolah dengan efektif sehingga makin cepat tumbuh kepada kesempurnaan.
  3. Berbuah-buah lebat. Orang dunia yang sukses menjadi kaya tetapi orang beriman kaya kekal yaitu dengan jiwa-jiwa 1Tes 2:9.Ini termasuk 3 angka kedatangan Tuhan; Ingat, semua ini hanya mungkin terjadi dengan kuasa Tuhan, bukan dengan kekuatan sendiri. Sebab itu pakai semua fasilitas Allah. Kalau kita mengenal Firman Tuhan limpah, kita bisa mengenal segala macam fasilitas ilahi, baik rohani dan jasmani. Allah sanggup memberi limpah bahkan tanpa batas, asal untuk pertumbuhan, buah-buah dan semuanya memuliakan nama Tuhan, bukan nama yang lain atau untuk perkara-perkara dosa Yes 42:8. Orang yang tidak memenangkan jiwa itu gagal, sebab ukuran Tuhan bukan Rupiah, Dollar atau yang lain, tetapi jiwa-jiwa. Sebab itu berbuahlah, itu dihitung oleh Allah, baik angka 1-3.
  4. Fasilitas jasmani. Sebab kita hidup di dunia, kita masih memerlukannya, bahkan pekerjaan Tuhan tampaknya sangat membutuhkan, tetapi tidak terikat. Kalau Allah ikut bekerja, semua fasilitasnya selalu disediakantidak terlambat (hutang)! Waktu Putra manusia Yesus membutuhkan makanan untuk kurang lebih 20.000 orang (5000 laki-laki) ternyata semuanya datang bahkan lebih dari cukup. Untuk ongkos perjalanan Tuhan Yesus dan 12 murid 3,5 tahun, ternyata tidak hutang bahkan lebih sampai bisa dicuri oleh Yudas. Jangan ragu-ragu dalam hal nafkah, dengan pengertian dan iman kita akan mendapatkannya Mat 8:13.
  5. Rencana Allah yang indah. Orang yang berjalan dalam Roh akan mengalami rencana Allah yang indah selama di rel Tuhan. Lebih mudah melihat dalam ukuran tahun-tahun yang lalu, sebab biasanya selalu ada masa pengolahan yang panjang-panjang untuk orang-orang yang indah seperti Yusuf, Daud, Daniel, Paulus dsb. Selama kita jalan dengan Tuhan tanda-tanda di atas terus menyertai, sehingga meskipun menderita, selalu ada sejahtera dan kemenangan seperti Yakob di rumah Laban, Daud, Yusuf, apalagi Putra manusia Yesus! Akhirnya rencana Allah dalam hidup kita akan nyata.

Orang yang dipimpin Roh itu seperti angin yang sulit dimengerti orang-orang yang hanya memakai akal Yoh 3:8. Kita seringkali ingin mematok Tuhan dalam rencana jangka pendek dan panjang, dan kalau kita tetap mempertahankan planning kita, yang jadi hanya rencana kita (seringkali gagal!) bukan rencana Allah. Sebab itu taatlah sepenuhnya pada Tuhan, sebab kalau Tuhan bekerja, hasilnya maksimal. Misalnya tiba-tiba ada orang mengajak Petrus ke Kornelius di Kaisaria dan itu menjadi pintu gerbang penginjilan untuk orang kafir. Paulus ingin ke Asia kecil, Roh mengarahkan ke Makedonia dan Yohanes sampai di pulau Patmos tetapi justru dari Patmos lahir kitab Wahyu. Orang yang dipimpin Roh itu terikat ke mana Roh menyuruhnya pergi Yoh 21:18, Kis 11:12. Sebab itu kalau seorang hamba Tuhan berencana pensiun dan senang-senang “menuai” segala penaburannya, bisa-bisa nasibnya seperti Nuh, tidak TMSP (Terus Meningkat Sampai Sempurna), tetapi Terus Merosot Sampai Pecah. Kita pensiun dan menuai di Surga dimana tidak ada air mata dan kesukaannya kekal.

VI. TUMBUH DAN BERBUAH DALAM SEGALA SIKON

Kita hidup dalam dunia dalam lingkungan keluarga (suami-istri, anak, saudara, orangtua dll) dan dalam Gereja atau masyarakat (tetangga, sekolah, pekerjaan dll). Ini semua bisa memberi efek positif, bisa efek negatif. Kalau itu menguatkan iman untung, kalau mengganggu, merugikan, jangan terpengaruh tetapi jangan bereaksi dosa, sebab biasanya itu semua diizinkan Tuhan menjadi pengolahan, supaya kita tumbuh dan berbuah-buah (atau juga sebagai hajaran karena ada dosa). Jangan kecil hati, kita bisa mengalahkan semua gangguan ini, dalam keadaan apapun kita bisa tumbuh dan berbuah, kita punya kemampuan yang besar di dalam Kristus.

VII. KESIMPULAN

Tujuan kita Surga, Tuhan sanggup menolong kita sampai di Sana dan mencapai keadaan sempurna, asal kita beres di hadapan Tuhan, dan terus berjalan dengan iman bersama-sama Allah. Tetapi bukan dengan cara daging, justru dengan salib. Yang penting dapat Surga, tentang jasmani keadaan kita bisa diantara Lazarus, (tidak dapat apa-apa) atau Abraham, Yusuf (dapat segala). Tuhan memberi tergantung kemampuan kita; sebab kalau kita hanya mengejar yang fana, bisa terhilang seperti orang yang cinta uang Mat 19:23, Luk 12:20-21; 16:23. Asal dapat Surga maksimal (seperti Kristus), tetapi dapat dunia seperti Lazarus atau Yusuf, jangan terpengaruh atau bereaksi dosa, sebab Tuhan tidak pernah salah, itu tergantung dari kemampuan kita, berpadalah dan jangan buang waktu atau jatuh dalam dosa untuk perkara-perkara fana, maju terus.

Nyanyian:

Bahwa serta dengan Allah