TE.NEWS: Krisis Pemimpin

Hari-hari ini kita melihat di mana-mana terjadi krisis pimpinan. Petugas yang memimpin sekarang ditangkap, yang jadi panutan dan ukuran sekarang diadili oleh murid-muridnya, dunia mulai terbalik? Kalau ada seorang pimpinan yang punya tabiat atau karakter yang baik, orang-orang yang tahu langsung berebutan memilihnya, seperti beli barang yang bermutu tinggi tapi tinggal hanya 1! Begitu dahsyat krisis pimpinan yang terjadi sekarang ini, hampir-hampir tidak ada sisanya pimpinan yang berwatak baik.
Juga dalam dunia rohani mulai  terasa munculnya Yerobeam, Ahab, Absalom, dll, yang bisa menarik banyak jiwa-jiwa kepada dirinya sendiri Gal4:17. Mengapa ini semua terjadi?
Apakah ini tanda dari dosa yang meningkat seperti yang dinubuatkan dalam Wahyu 22:11? YA, ini salah satu tanda dari dosa-dosa yang meningkat dengan cepat akhir-akhir ini.
Tabiat atau karakter seseorang itu sangat penting dalam dunia.
Kadang-kadang seorang melamar pekerjaan ditolak hanya karena karakternya, bahkan ada yang dikeluarkan dari pekerjaan hanya karena karakter yang jelek dan tidak berubah.
Sebaliknya seorang pegawai dipilih menjadi manager karena karakternya,  padahal pendidikannya biasa-biasa saja; calon-calon yang lainnya ada yang S2, S3. Pimpinan yang mengangkatnya berkata: buat apa saya menerima orang pintar tapi korup, nanti hancur perusahaan saya..
Waktu Jepang mengalami musibah tsunami, mereka antri dengan tertibnya pada waktu evakuasi. Tidak ada penjarahan dll. Orang-orang melongo!
Tabiat ini juga sangat diperhatikan dalam dunia pendidikan, dalam keluarga dan dalam kehidupan sehari-hari.
Banyak usaha dan pendidikan karakter sudah diusahakan dalam dunia sekuler, dan itu baik, sangat berfaedah untuk hidup bermasyarakat.
Bayangkan kalau satu bangsa tidak mempunyai karakter yang baik, maka bangsa itu menjadi kumpulan bandit yang bersikap garang semaunya sendiri dan dunianya akan berubah seperti dunia binatang dengan patokan, yang kuat yang menang dan berkuasa!
Tabiat dalam dunia sangat diperlukan.
Misalnya ada banyak demo dan gerakan-gerakan mendukung komisi pemberantasan korupsi. Ini suatu tanda yang baik bagi negara kita, Indonesia. Ini adalah tanda bahwa bangsa kita adalah bangsa yang suka kejujuran. Sebab itu semua koruptor harus diadili sekalipun ia pembesar atau jenderal. Ini baik. Karakter yang baik sangat diperlukan dalam masyarakat dan dunia kita ini.
Gereja ikut andil membangun karakter bangsa dengan mendidik karakter pribadi, keluarga dan seluruh bangsa.
Tetapi untuk keselamatan kekal, tabiat yang baik saja belum cukup. Dengan tabiat yang baik saja, itu tidak bisa menyelamatkan orang itu untuk kekal. Sebab manusia itu orang berdosa, dan semua manusia turunan Adam, semua sama-sama mempunyai sifat-sifat dosa. Meskipun baik, tidak ada orang yang bisa melepaskan  dirinya dari dosa dan tabiat dosa. Ini tabiat dasar manusia, meskipun ia bertabiat baik, tetapi jauh di dalam hatinya, masih bisa timbul iri, rasa tidak senang atau benci , suka puji, keinginan sex di luar nikah, sakit hati dll; Mungkin sedikit, mungkin banyak, tetapi masih ada. Kalau hanya sedikit dan masih bisa dikuasai, ini bisa diterima dalam masyarakat, bahkan masih bisa tergolong orang baik.
Tetapi Allah menuntut lebih dari ini, yaitu bebas, merdeka dari semua tabiat Adam yang ada pada semua orang. Ia tidak hanya menuntut, tetapi juga mengasihi manusia, yaitu dengan menyediakan semua fasilitas lengkap untuk bisa berubah!
Orang yang mau percaya pada Tuhan Yesus dilahirkan kembali satu kali lagi, maka baru dengan ini ia bisa masuk Surga Yoh 3:3-5. Mengapa?
Dengan kelahiran: sifat-sifat timbul, yaitu sifat-sifat dari yang melahirkan! Kalau yang melahirkan sapi, sifat-sifat sapi akan ada dalam anak yang dilahirkan. Kalau yang melahirkan burung, pasti  yang dilahirkan itu bisa terbang.
Pada waktu kita lahir baru dari Allah, yaitu waktu percaya Tuhan Yesus, maka semua tabiat baru itu timbul dalam roh atau pribadi kita, lengkap, tetapi masih dalam tingkat dan bentuk benih. Yang lama sudah lenyap, yang baru sudah terbit 2Kor 5:17, kita mendapat bagian dari tabiat ilahi 2Pet 1:4.
Memang kalau masih dalam tingkat benih, faedah dan kenyataannya belum  nampak sama sekali.
Misalnya telur dan burung itu mahluk yang sama, tetapi dalam kenyataannya sangat berbeda. Kalau telur jatuh, pecah dan mati; Tetapi burung tidak pernah bisa jatuh. Meskipun berbeda sangat banyak tetapi kalau telur itu tumbuh maka akhirnya ia menjadi burung yang matang, kita akan melihat bahwa ia bisa terbang sama dengan yang melahirkannya, luar biasa.
Begitu kalau seorang lahir baru, ia akan memiliki tabiat2 Kristus lengkap, tetapi masih dalam bentuk dan ukuran benih, tetapi semuanya sudah ada lengkap, Allah juga memberi semua fasilitas lengkap yang dibutuhkan untuk tumbuh. Kalau kita mengerti dan mau, kita bisa tumbuh seperti Kristus dalam kesucian. Memang kalau masih dalam tingkatan “telur” itu masih sangat jauh berbeda kalau dibandingkan dengan burung yang terbang tinggi.
Tetapi kita bisa terus tumbuh dalam kesucian. Kalau telur itu menetas, sudah mulai nampak sedikit bentuk dari burung itu, meskipun belum bisa apa2, tetapi ia sehat.
Sekalipun belum nampak tabiat yang nyata2 seperti Kristus, tetapi orang yang sudah lahir baru itu sudah dimerdekakan dari dosa Yoh8:36, sudah bisa hidup suci dan mulai nampak tabiat2 yang baru seperti Kristus, muncul dalam hidupnya. Kalau terus tumbuh akan menjadi seperti Kristus, bisa sama, betul2 sama!
Tanggal 22-27 Oktober 2012 ini, di Surabaya (lihat brosurnya di www.tulang-elisa.org) kita akan membuat pameran tabiat (kita hanya membuat satu kali saja), isinya sangat indah tentang tabiat baru dan bedanya dari tabiat lama, bagaimana kita bisa tumbuh dalam tabiat baru yang asli dari Tuhan. Saudara boleh datang dalam tour rohani yang unik ini, pasti berfaedah, dapat berkat-berkat kebenran Firman Tuhan khususnya untuk akhir zaman ini.
Dalam buku Pameran Tabiat ini akan diungkapkan fasilitas2 yang disediakan Allah untuk kita.
Orang Kristen yang mau akan lebih mudah mengerti (apalagi kalau dijelaskan dalam bentuk pameran terpimpin, betul-betul tour yang sangat menyenangkan dan berfaedah). Datang dan daftarkanlah diri saudara, sebab setiap hari dalam pameran tabiat ini, kita hanya bisa menampung 750 peserta. Daftarkan segera sebelum waktunya habis supaya Saudara dapat 1 tempat dalam regu yang keliling untuk tour rohani yang unik, dan pasti berguna bagi umat Tuhan, sebab seluruhnya Alkitabiah. Setiap peserta juga mendapat buku pameran lengkap sehingga bisa dipelajari lebih lanjut.
Mintalah pertolongan Roh Kudus, maka saudara-saudara yang sudah lahir baru akan bisa mengerti semua fasilitas yang sudah disediakan Allah dan dengan bantuan Allah, kita akan bisa tumbuh menjadi seperti Dia.
Tuhan memberkati.
Pdt. Jusuf B.S.